22 Khasiat Daun Sirsak (dan Air Rebusannya): Untuk Mengatasi Diabates, Kanker, Asam Urat, Rematik, dll

Tanaman sirsak adalah salah satu tanaman herbal yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan sebagaiobat. Mulai dari buahnya, batangnya, daunnya, hingga akarnya...

...semua bagian tersebut memiliki khasiatnya masing-masing yang sangat luar biasa. Khusus daun sirsak mungkin rasanya tidak semenggiurkan daging buah sirsak.

Akan tetapi daun sirsak memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan buahnya sendiri. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 1965, menemukan bahwa daun sirsak memiliki kegunaan untuk mengatasi kanker.

22 Khasiat Daun Sirsak (dan Air Rebusannya): Untuk Mengatasi Diabates, Kanker, Asam Urat, Rematik, dll

Di dalam daun sirsak memiliki senyawa proaktif seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, dll.

Kandungan-kandungan tersebut cukup berkhasiat 100 kali lipat (bahlan lebih) untuk mengatasi kanker dibandingkan kemoterapi.

Sebuah penelitian dilakukan oleh pihak National Cancer Institute pada tahun 1976, menemukan bahwa daun dan batang sirsak mampu membunuh sel kanker. Penelitian ini diperkuat dengan adanya bukti uji klinis yang dilakukan para ilmuwan di Korea Selatan.

Pengolahan daun sirsak terdapat dalam bentuk kapsul dan seduhan teh. Banyak perusahaan yang membuat obat-obat herbal dari pembudidayaan tanaman sirsak ini.

Manfaat daun sirsak (dan rebusan daun sirsak) bagi kesehatan tubuh:

#1. Mencegah dan mengobati kanker
Tentang khasiat daun sirsak untuk mengobati kanker masih dalam perdebatan panjang, dimana pada ummnya kanker merupakan penyakit yang sampai saat ini masih sangat sulit disembuhkan.

Dimana banyak penderita kanker dan keluarganya banyak yang mencoba metode pengobatan dengan herbal dan tumbuhan, yang salah satunya adalah daun sirsak. Dari penelitian medis, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirsak...

...dimana sudah cukup umum diketahui bahwasanya kandungan antidioksidan dapat diandalkan untuk melawan masalah penyakit kanker. Dan, penelitian lebih lanjut tenang daun sirsak, masih terus-menerus dikembangkan oleh para ahli.

Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel-sel kanker, dimana zat proaktif mampu memilih untuk membunuh sel-sel yang berbahaya, dan membiarkan (tidak membunuh) sel-sel yang sehat.

Sehingga khasiat daun sirsak ini dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan metode kemoterapi dalam pengobatan kanker.



Untuk memperoleh manfaat ini, hanya perlu minum rebusan air daun sirsak secara rutin (setiap pagi dan sore) selama beberapa minggu. Setidaknya dalam 3 minggu, Anda akan mulai merasakan efek atau manfaatnya. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang berbagai tindakan kesehatan yang dilakukan.

Untuk memperoleh khasiat air rebusan daun sirsak, cara membuatnya dengan merebus 10 lembar daun sirsak bersama 3 gelas air, lalu biarkan air mendidih hingga menjadi berukuran 1 gelas. Setelah itu saring dan masukan ke gelas. Tunggu hingga dingin dan minum.

Disansir dari Pikiran-rakyat.com, melalui serangkaian proses ekstraksi, kandungan kimiawi bioaktif di dalam lembaran daun sirsak terbukti efektif mematikan sel kanker.

Prof. Dr. Okid Parama Astirin, MS dosen Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, bersama Adi Prayitno (Fakultas Kedokteran) dan Anif Nur Artanti (Fakultas Farmasi)...

...selama setahun melakukan eksplorasi aktivitas bioaktif pada daun sirsak untuk anti kanker nasopharynx dan serviks. Hasil uji laboratorium di Fakultas MIPA menunjukkan, kandungan bioaktif daun sirsak mampu mematikan sel kanker.

Hasil penelitian tim gabungan antar-fakultas tersebut masih memerlukan uji klinis, guna memastikan efektivitasnya.

Menurut peneliti yang dibantu beberapa mahasiswa FMIPA, bentuk daun sirsak yang memiliki kandungan bioaktif paling baik yaitu daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Jika daun terlalu tua bahan bioaktifnya sudah tidak berfungsi. Sedangkan daun yang terlalu muda, bahan bioaktifnya kurang maksimal.

“Untuk dijadikan obat, harus diuji klinik dan kami sudah bekerjasama dengan perusahaan farmasi,” katanya.

Prof. Okid menjelaskan, dalam penelitian laboratorium, formula yang disebut isolat sirsak itu belum bisa digunakan sebagai obat. Isolat sirsak itu harus diuji secara klinis yang melibatkan ahli farmasi.

Para mahasiswa yang membantu Prof. Okid menjelaskan, pembuatan isolat sirsak tersebut melalui proses relatif panjang. Daun-daun sirsak lebih dahulu dicuci dan dikeringkan, lalu dipanaskan dalam oven dengan suhu maksimal 50 derajat Celcius.

Daun yang telah kering diblender, sehingga menghasilkan serbuk daun sirsak seberat 600 gram. Serbuk itu lalu dijadikan pasta melalui proses ekstraksi dengan ethanol 95 persen.

"Setelah melalui beberapa tahap proses, dihasilkan isolat sirsak untuk disuntikkan pada sel kanker. Berdasarkan beberapa kali pengujian, hasilnya menunjukkan sel-sel kanker mati," kata Prof. Okid.

loading...

#2. Mengatasi rematik
Daun sirsak sebagai anti-radang, yang mampu mengatasi masalah rematik. Penggunaannya dengan menghaluskan daun sirsak, setelah itu oleskan pada bagian yang sakit, dan (insya Allah) akan memberikan manfaat untuk menurunkan gejala penyakit.

Lakukan hal tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari.  Adapun biasanya penyakit rematik dialami orang-orang yang telah lanjut usia. Penderita rematik merasakan sakit pada bagian tulang, yang dapat membuat mereka tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasanya.

Dalam pembuatan ramuannya, penting untuk menghaluskan daun sirsak hingga benar-benar halus, yang sebelumnya juga perlu dibersihkan. Penggunannya, bisa dengan mengoleskan ke area tubuh yang terasa nyeri, baik itu karena masalah rematik, eksim ataupun arthritis.

#3. Mengatasi penyakit keputihan
Keputihan pada wanita sebenarnya adalah kondisi wajar. Dimana keputihan menjadi tidak wajar jika terjadi gatal, cairan berbau menyengat, serta cairan atau lendir berwarna keruh kehijauan. Ciri keputihan yang wajar adalah tidak gatal, tidak berbau dan tidak berwarna.

Penyebab keputihan salah satunya karena infeksi bakteri. Sebagai orang yang tinggal di daerah tropis, pertumbuhan bakteri rentan mengakibatkan penyakit keputihan. (sebenarnya tidak semua bakteri menimbulkan penyakit, ada juga bakteri baik yang mendukung fungsi sistem pencernaan)

Adapun bakteri penyebab keputihan adalah bakteri jahat, pemiunya karena lingkungan kotor, ataupun pola hidup yang kurang menjaga kebersihan. Daun sirsak mampu meringankan dan mengobati penyakit keputihan.

Selain meminum ramuan obat keputihan ari daun sirsak ini, juga penting merubah pola hidup yang lebih sehat, konsumsilah makanan yang sehat, hindari junk food dan makanan instan (cepat saji), jagalah kebersihan tubuh, dan hindari stress.

Khasiat daun sirsak ini bisa lebih maksimal dengan tambahan kunyit dan madu, yang juga punya khasiat anti bakteri.



#4. Mencegah perkembangan tumor
Dalam dunia medis, tumor disebabkan sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan dan regenerasi yang tidak wajar. Dimana sel tubuh pada manusia akan beregenerasi jika sel tubuh yang lama sudah waktunya untuk diganti.

Adapun kondisi tumor, sel tubuh tumbuh sebelum sel yang lain mati (pertumbuhan sel yang belum seharusnya), yang akhirnya menimbulkan benjolan. Langkah yang biasanya diambil oleh dokter untuk mengatasi tumor adalah dengan operasi.

Metode lainnya (jika kondisi tumor belum parah) adalah menggunakan obat herbal seperti daun sirsak. Cara membuat ramuannya, pertama-tama ambil dan siapkan 10-15 lembar daun sirsak...

...lalu rebus daun sirsak dengan 3 gelas air putih (jumlahnya sekitar 600 cc). Lalu tunggu hingga mendidih. Lalu angkat dan saring air rebusan dari ampasnya. Minumlah ramuan ini selagi hangat (bukan panas).

Dalam metode pengobatan tradisional, reaksi yang ditimbulkan lebih lama dibandingkan dengan pengobatan medis, sehingga perlu bersabar.

#5. Menghambat pertumbuhan parasit dalam tubuh
Manusia, terutama anak-anak sangat rentan terjangkit cacing parasit, karena anak-anak sering bermain di tempat-tempat kotor, apalagi tidak menggunakan alas kaki saat bermain.

Minum air rebusan daun sirsak memiliki fungsi untuk mematikan cacing parasit di dalam tubuh (jangan berlebihan atau terlalu sering konsumsi air rebusan daun sirsak).

#6. Obati asam urat
Hasil penelitian menunjukan bahwa minum air rebusan daun sirsak membantu mengatasi penyakit asam urat. Penyebab asam urat karena adanya zat purin yang berlebihan, organ ginjal tidak lagi mampu mengeluarkannya dari tubuh, sehingga menumpuk di persendian.

Zat purin di dalam tubuh harus dalam batas normal, jika jumlahnya berlebihan menyebabkan timbulnya asam urat. Penyakit asam urat mengakibatkan rasa nyeri di persendian, yang membuat tidak nyaman dan menganggu kegiatan atau pekerjaan sehari-hari.

Untuk pembuatan ramuannya:
  1. Siapkan 10-15 lembar daun sirsak
  2. Bersihkan daun-daun sirsak tersebut dengan air bersih, pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  3. Masukkan daun yang sudah dicuci tersebut ke dalam wadah untuk merebus. 
  4. Lalu tuangkan air minum hingga daun sirsak itu terendam semuanya.
  5. (Ingat!! Masukkan daun sirsak ke dalam wadah sejak awal, bukan saat air sudah mendidih)
  6. Rebus terus daun sirsak hingga mendidih dan sisa air kira-kira 2 gelas saja.
  7. Lalu minum airnya selagi hangat.
  8. Konsumsi air rebusan daun sirsak sebanyak dua kali dalam sehari (pagi dan sore).



Zat purin bisa terdapat di dalam makanan. Unutk itu, pola makan jangan asal-asalan. Hindari makanan pantangan penderita asam urat seperti:
  1. Seafood (cumi-cumi, kepiting, sotong, ikan sarden, tiram, kerang, remis, ikan teri dan udang)
  2. Kacang-kacangan (kacang tanah, melinjo, kacang hijau, kacang kedelai)
  3. Jeroan (limpa, hati, otak, usus, paru dan ginjal)
  4. Makanan kaleng (kornet, sarden)
  5. Makanan gorengan
  6. Jamur kuping, daun pepaya, buncis, bayam, daun singkong, kembang kol dan asparagus.
  7. Makanan gorengan
  8. Daging kuda, daging sapi dan daging kambing. Disehat.com 

#7. Menghambat kanker usus besar
Peneliti UI temukan khasiat daun sirsak untuk kanker usus besar, sebuah penelitian yang dilakukan oleh doktor ilmu gizi, Lili Indrawati dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Dalam penelitiannya, ia menemukan bahwa daun sirsak terbukti berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker, pada kasus kanker kolorektal (usus besar).

Peneliti melakukan pengujian terhadap 30 responden yang merupakan pasien kanker usus besar dalam dua kelompok. Sebanyak 15 responden pada kelompok pertama diberikan ekstrak daun sirsak sebanyak tujuh gelas sehari. Sementara kelompok kedua hanya diberi plasebo.

"Sel kanker pada responden yang diberikan esktrak daun sirsak terbukti terhambat sebanyak 17 persen," ujar Lili dalam hasil disertasinya.

Dosis ini, lanjut dia, hanya berlaku untuk kasus kanker stadium dini. Ia juga mengingatkan bahwa penggunaan daun sirsak sifatnya hanya sebagai pengobatan tambahan atau pendampingan. Pengobatan medis tetaplah diperlukan untuk mengobati kasus kanker. Suara.com

#8. Mencegah rambut rontok dan mengatasi kutu rambut
Daun sirsak bisa dimafaatkan untuk menghambat perkembangan kutu di rambut, yang membuat kutu sulit untuk bertahan hidup. Selain itu, kandungan vitamin di dalamnya mampu untuk menghilangkan ketombe, sehingga rambut menjadi bersih, sehat, bebas kutu dan bebas ketombe.

Untuk penggunaanya, yaitu dengan merebus daun sirsak secukupnya, setelah itu dinginkan, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh seluruh bagian rambut.

#9. Penyembuhan luka diabetes
Dilansir dari Suaramerdeka.com, sejumlah mahasiswa UGM melakukan penelitian untuk mengetahui potensi khasiat daun sirsak dalam menyembuhkan luka penderita diabetes.

Peneliti terdiri dari Elsa Mukti Atmaja, Nurulita Ainun Alma, Muhamad Rendi, Afifah Khoiru Nisa, dan I Gede Agus Brahmantya N dari Fakultas Kedokteran.

Penelitian ini dilandasi dari keprihatinan mereka terhadap penderita diabetes yang mengalami ulkus diabetikum pada kaki.

”Kaki yang tidak sembuh ini menyumbang 85% total kasus amputasi ekstremitas bawah,” kata Elsa.

Sementara dari beberapa studi yang sudah dilakukan sebelumnya, ditemukan bahwa daun sirsak mampu menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi diabetes hingga 75%, tanpa memberi efek toksik bagi tikus yang sehat.

Manfaat daun sirsak juga bisa mempercepat pernyembuhan luka, hal itu karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi.

Dari penelitian ini, peneliti mengharapkan khasiat daun sirsak ini bisa menjadi alternatif terapi terhadap penyembuhan luka pada penderita diabetes.

Dari sumber lainnya disebutkan bahwa daun sirsak mengandung Lipid yang berfungsi untuk menetralkan kadar gula di dalam tubuh. Jika Anda ingin mengolah daun sirsak, caranya cukup mudah.
  1. Pertama-tama cuci hingga bersih 5 helai daun sirsak.
  2. Lalu rebus air sekitar 3 gelas.
  3. Lalu masukkan 5 helai daun sirsak tersebut.
  4. Tunggu hingga air rebusan tadi menyusut menjadi 1 gelas.
  5. Lalu saring dan konsumsi saat hangat, lakukan secara rutin setiap hari, pagi dan sore

Manfaat lainnya (perlu bukti penelitian ilmiah):

#10. Menguatkan saraf

#11. Mempercepat penyembuhan penyakit malaria

#12. Mengobati radang atau pembengkakan, caranya dengan mengoleskan daun sirsak yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh yang radang atau bengkak

#13. Memperkuat antibodi, kandungan antioksidan pada daun sirsak mampu meningkatkan daya imun tubuh dan menghindari infeksi.

#14. Menurunkan demam tinggi, baik pada anak-anak ataupun orang dewasa.

#15. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

#16. Membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah

#17. Meredakan pusing

#18. Melebarkan pembuluh darah pada tubuh agar darah mengalir dengan lancar, sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke.

#19. Memperlancar pencernaan

#20. Mengobati bisul

#21. Mengatasi jerawat, komedo, dan flek hitam pada wajah. Ramuannya bersihkan daun sirsak sebanyak 7 lembar hingga bersih (dengan air mengalir), tumbuk daun sirsak hingga halus, lalu masukkan daun sirsak yang sudah halus ke rendaman air mawar, setelah itu gunakan sebagai masker (untuk satu kali pakai).

#22. Menghilangkan keriput dan kerutan, serta mengencangkan kulit wajah secara alami.

Tips dalam memanfaatkan daun sirsak:
Jika ingin menggunakan daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan, hendaknya mengikuti beberapa tips yang disebutkan di bawah ini:
  1. Pastikan untuk membersihkan daun. 
  2. Bersihkan daun dengan air mengalir karena terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.
  3. Jangan konsumsi berlebihan, yang menimbulkan beberapa hal buruk.
  4. Konsultasikan ke ahli herbal terkait. Untuk memperoleh informasi yang benar tentang manfaat daun tanaman sirsak.

Efek samping jika konsumsi rebusan daun sirsak secara berlebihan:
  1. Akan terlalu banyak mengeluarkan keringat
  2. Terkena diare
  3. Susah BAB
  4. Lambung terasa perih (bagaikan terlalu banyak makan makanan pedas)
  5. Punggung terasa panas
  6. Nyeri sendi
  7. Dehidrasi.
  8. Gangguan organ ginjal dan hati
  9. Suhu badan meningkat
  10. Menggigil

Referensi lainnya: Wikipedia.org | Stylecraze.com | Healthbenefitso.com | Makassar.tribunnews.com | dll


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan