6 Aktifitas Pagi Hari Yang Menyehatkan Tubuh & Pikiran

Kesehatan tentu menjadi dambaan banyak orang, bagaimana tidak? Siapa orang yang ingin sakit?

Dan biasanya kita baru menyadari akan pentingnya kesehatan ketika tubuh dalam keadaan yang tidak nyaman atau sakit.

Masalah tubuh yang tidak nyaman akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Untuk itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh serta pilihan yang juga sehat, baik dalam hal fisik maupun batin, sehingga perlu menerapkan pola hidup yang baik dan menyehatkan.

Adapun yang paling utama untuk melakukan aktifitas agar tubuh dan pikiran tetap sehat adalah pada pagi hari.

Ya.. pagi hari merupakan saat yang tepat, adapun kegiatan atau aktifitas penting di pagi hari yang akan Kamu ketahui pada artikel kali ini.

Aktifitas pagi hari yang menyehatkan tubuh dan pikiran

Langsung saja, berikut di bawah ini beberapa aktifitas di pagi hari yang dapat menyehatkan tubuh dan pikiran.

1. Berolahraga pagi

Kegiatan bersepeda yang semakin di minati oleh warga Jakarta

Aktifitas inilah yang seakan wajib untuk dilakukan, Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit (atau lebih lama) untuk melakukan olahraga tubuh, seperti lari, jogging atau sekedar jalan-jalan pagi dengan suasana santai.

Hal itu perlu dilakukan secara rutin, usahakan setiap hari, tetapi kalau tidak bisa minimal 3-4 kali dalam seminggu.

Terdapat banyak manfaat dari olahraga pagi, sperti dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sebuah penelitian dari pihak Nihon Fukushi University di Handa, Jepang, menemukan hasil penelitiannya bahwa olahraga pagi mampu mempengaruhi kecerdasaan otak.

Orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi. Berikut di bawah ini manfaat lainnya dari olahraga pagi:

Menguatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Hal itu karena saat olahraga pagi tubuh terkena hangatnya sinar matahari pagi yang terkandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari diolah menjadi antibodi di dalam tubuh, yang berfungsi untuk menangkal serangan penyakit. Waktu yang bagus agar tubuh terkena sinar matahari pagi adalah sebelum jam 9 pagi.

Menghilangkan rasa sakit kepala. Pada sebuah penelitian menemukan bahwa rasa sakit kepala terjadi akibat tidur terlalu lama. Hal itu karena neurotransmitter (sistem saraf) otak terganggu jika kita tidur terlalu lama. Olahraga pagi membantu untuk mengatur intensitas tidur menjadi lebih sehat dan teratur


Mencegah penyakit alzheimer. Pada sebuah studi dari pihak University of South Carolina, menemukan hasil studinya bahwa latihan treadmill dan jogging di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otak, serta membuat otot lebih tahan dari rasa letih. Hal ini sangat baik untuk menurunkan resiko alzheimer.

Menyehatkan jantung. Olahraga akan mempengaruhi aktivitas jantung, dimana meningkatnya hormon adrenalin saat berolahraga membuat jantung berdetak lebih cepat, jika olahraga dilakukan dengan cukup (tidak berlebihan) maka hal ini mampu memberikan manfaat untuk menjaga kerja atau fungsi jantung tetap baik dan optimal.

Memperlambat penuaan. Berolahraga membuat metabolisme tubuh meningkat. Pertumbuhan sel-sel baru menjadi lebih cepat dengan gerakan-gerakan yang dilakukan saat berolahraga. Sehingga para pakar meyakini, dengan melakukan olahraga membuat lebih efektif proses pergantian sel-sel tua dengan sel yang baru.

Bersemangat sepanjang hari. Berolahraga pagi membuat tubuh melepaskan hormon yang membuat jiwa merasa senang, seperti hormone endorfin yang keberadaannya untuk meningkatkan mood dan energi tubuh.

Adapun kurangnya berolahraga membuat jiwa tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas panjang seharian. Tubuh rasanya mudah sekali mengalami penat.

Dari analisa yang dilakukan para pakar menunjukan bahwa rutin olahraga dapat meningkatkan kenyamanan kita untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga, teman dan orang lain secara umum.

2 Hiruplah udara pagi sebanyak-banyaknya

Udara pagi di pegunungan

Keadaan udara pagi yang dalam keadaan yang segar, serta waktu yang paling aman dari polusi, maka saat-saat seperti ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk menghirup udara dengan sebanyak-banyak.

Disamping sangat segar, juga bermanfaat untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh. Hiruplah udara pagi secara dalam-dalam maka rasakan kesegarannya dari udara yang bersih tersebut.

Adapun udara pada siang hari sudah menurun tingkat kesegarannya dan juga sudah tercampur dengan hal-hal yang menurunkan kualitas udara yang dihirup, seperti asap kendaraan bermotor, mobil, asap pabrik, debu yang banyak berterbangan, dll.

Udara yang segar di pagi hari memberikan gairah hidup dan juga memberikan mood dan semangat yang tinggi untuk menjalani aktivitas panjang seharian. Dari sisi kesehatan, oksigen sangat tinggi jumlahnya di pagi hari sehingga memberikan peran penting bagi kesehatan tubuh.

3. Minum air putih

Air putih

Kamu bisa lakukan ini cukup sering di pagi hari, atau juga setelah beberapa saat setelah berolahraga yang biasanya akan membuat tubuh merasa haus.

Yang paling disarankan adalah meminum air putih, karena ini yang paling baik untuk tubuh, serta bebas dari bahan kimia. Air putih adalah minuman yang sangat menyehatkan tubuh.

Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih adalah pagi hari, di pagi hari tubuh baru terbangun dari istirahat dan proses pemulihan, saat itu juga tubuh mulai kehilangan banyak cairan.

Banyak manfaatnya minum air putih di pagi hari, yang pertama membuat kulit lebih berkilau, karena mengonsumsi air putih membantu untuk proses pembuangan racun dari dalam tubuh, hal ini membantu agar kulit terhindari dari masalah kusam

Lalu, minum air putih di pagi hari juga berguna untuk memperbaharui organ otot dan seluruh sel darah di tubuh, manfaatnya selanjutnya yaitu  membantu menyeimbangkan sistem limpa, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

Minum air di pagi pagi juga bermanfaat untuk memperlancar proses buang air besar (BAB) di pagi hari, sehingga kita terhindari dari berbagai masalah yang berkaitan denga BAB di pagi hari, karena masalah BAB ini sering dialami banyak orang di pagi hari.

Sehingga, untuk orang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, disarankan untuk selalu minum air putih setelah bangun tidur.

loading...

4. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah umumnya mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, antioksidan serta kaya serat. Kamu dapat mengkonsumsi buah yang disukai di pagi hari, dengan variasi buah yang juga sangat baik

Para ahli merekomendasikan konsumsi satu buah di pagi hari, karena manfaatnya untuk meningkatkan energi tubuh dalam menjalani aktivitas seharian. Adapun buah-buahan yang memberikan energi bagi tubuh yaitu buah jeruk, apel, pisang, buah beri, dan melon.

Anda bisa menyantapnya bersama dengan menu oatmeal di pagi hari. Manfaat konsumsi buah di pagi hari lainnya yaitu sangat baik untuk kerja pencernaan. Hal itu karena buah adalah makanan pembersih tubuh, yang membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh ketika pagi hari.

Hal baik lainnya dari konsumsi buah di pagi hari adalah kandungan enzim yang berperan penting untuk meningkatkan beberapa fungsi dalam tubuh dan membantu pengoptimalkan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi di pagi hari bisa mempengaruhi mood (suasana hati) pada sepanjang hari. Sehingga memulai pagi dengan makan buah dapat menjadi cara cerdas untuk menambah stamina dan semangat di pagi hari.

Hal itu karena buah menyediakan glukosa alami untuk tubuh, bermanfaat agat tubuh bisa merasa lebih aktif dan bersemangat. Buah-buahan juga mengandung gula dan serat alami yang bisa meningkatkan mood.

Adapun buah yang kaya vitamin C memiliki manfaat besar untuk mencegh timbulnya stres di pagi hari. Vitamin C mampu mengurangi peradangan yang disebabkan permasalahan fisik hingga masalah mental, jiwa dan mood.

5. Menyiram tanaman di halaman rumah

Menyiram tanaman

Pada pagi hari tentunya menjadi waktu yang paling tepat untuk merawat dan menyiram tanaman, karena pada waktu seperti ini tanaman akan sangat membutuhkan air.

Sehingga nantinya tanaman akan tumbuh dengan baik, disamping itu membiasakan aktifitas menyiram tanaman juga masuk kategori gerakan fisik, sehingga dapat menjadi olahraga tubuh yang memberikan manfaat kesehatan.

6. Menyapu halaman

Sama seperti yang diatas, menyapu halaman juga olahraga tubuh. Dengan menyapu di pagi hari maka selain tubuh menjadi sehat juga membuat rumah dan halaman rumah menjadi bersih.

Disarankan untuk menggunakan alat masker ketika menyapum tujuannya untuk menjaga kesehatan pernapasan dari debu yang bertebangan.

Semoga bermanfaat.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan