17 Cara Mudah Tidur Tepat Waktu di Malam Hari (dan Manfaatnya)


"Matikan lampu ketika tidur, selain membuat tubuh lebih sehat juga membuat Anda mudah tidur nyenyak dan tepat waku."

Tidur menjadi sesuatu yang wajib agar mengistirahatkan fisik dan pikiran yang lelah, hingga nantinya tubuh dapat kembali segar.

Kebutuhan manusia akan tidur ini sangat penting, setelah sebelumnya bekerja selama seharian penuh. Tidur malam biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 jam pada setiap harinya.

Adapun jadwal tidur yang terlalu sering berubah-ubah mengakibatkan kualitas tidur menjadi buruk, apalagi jika hal ini berlangsung dalam waktu lama.

Tentunya kita menginginkan agar bisa tidur tepat waktu, ini sangat penting agar Anda memiliki ritme tidur yang baik dan berkualitas.

Penyebab susah tidur tepat waktu di dalam hari karena kebiasaan begadang berlebihan, banyak berpikir menjelang tidur, terbawa suasana tertentu, kondisi jiwa sedang labil, dll.

Kamar Tidur

Manfaat Tidur Malam Tepat Waktu

Banyak manfaat tidur malam tepat waktu yaitu membuat tidur menjadi berkualitas, yang membuat tubuh menjadi sehat, di pagi hari tubuh benar-benar segar dan fit, sehingga bisa berkonsentrasi dengan baik dalam beraktivitas sehari-hari.

Mencegah Stres dan Depresi

Kurang tidur menyebabkan produksi serotonin menurun, ini mengakibatkan Anda rentan terhadap perasaan stres. Hormon kortisol penyebab stres akan meningkat yang membuat pikiran menjadi tegang, tidak tenang, suasana hati buruk dan kondisi emosi yang tidak stabil.

Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas (tidur dalam keadaan gelap) membuat Anda fit dan segar di pagi hari, sehingga mencegah timbulnya stres.

Adapun yang membuat kualitas tidur memburuk adalah kebiasaan bergadang, termasuk menonton televisi hingga larut malam.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Hormon melatonin merupakan antioksidan alami yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan serangan penyakit secara umum serta mendetoksifikasi tubuh, sehingga sistem imun tubuh kuat.

Manfaat tidur tepat waktu lainnya (tidur yang cukup) yaitu mencegah hipertensi dan serangan jantung. Hasil sebuah penelitian, menunjukkan bahwa kekurangan tidur selama 2 jam dari waktu tidur seharusnya, meningkatkan risiko hipertensi hingga 39%.

Manfaat lainnya yaitu untuk melancarkan proses pembuangan racun di dalam tubuh, meningkatkan kemampuan otak (daya pikir), mencegah sakit kepala, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Produksi hormon melatonin secara optimal dapat dilakukan tubuh saat kondisi gelap, dimulai sekitar pukul 9 malam. Hormon melatonin terletak di dalam otak, berfungsi untuk mengatur ritme biologis dan sistem kekebalan tubuh. Inilah alasan utama tidur malam yang cukup sangat penting bagi kesehatan.


Tips Agar Mudah Tidur Malam Tepat Waktu

1. Ketahui waktu tidur, ini menjadi hal pertama yang harus diketahui. Waktu tidur tiap orang memang berbeda-beda, namun umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 7 jam untuk tidur tiap malam.

2. Buat ancang-ancang, maksudnya pastikan Anda sudah mengetahui dan menyadari jam berapa lama akan tidur malam, jangan sampai karena tidak direncanakan Anda masih saja sibuk beraktifitas di jam 10 malam (bahkan lebih), yang saat-saat itu merupakan jam tidur malam.

Untuk itu, penting merencanakan waktu tidur malam dengan baik.

3. Kebiasaan tidur malam diatas jam 21.00 malam membuat kualitas tidur menurun, dimana hal itu juga mengakibatkan jam tidur malam menjadi kacau. Alhasil tidur malam sesuai jadwal yang sudah diatur akan sulit dilaksanakan. 

Loading...

4. Atur tubuh mengikuti alur waktu tidur. Sebagai contoh Anda memutuskan untuk tidur pukul 21.00, lalu bangun pukul 4.00 pagi (ini jadwal tidur yang bagus).

Maka keesokan harinya taatilah jadwal ini (untuk setiap harinya). Apabila ternyata suatu ketika Anda baru tidur pukul 22.00 (bahkan lebih), maka usahakan untuk tetap bangun pukul 4.30 semampunya.

Hal ini berguna agar nantinya tubuh tetap mampu menyesuaikan diri dengan ritme atau jadwal yang sudah ditetapkan.

5. Hindari stres dan tekanan pikiran yang berlebihan, ini sangat tidak baik karena membuat Anda kesulitan tidur di malam hari. Hindari banyak pikiran ketika tidur, karena apabila pikiran terus digunakan maka Anda tidak akan bisa tidur. 

6. Hindari makan makanan yang berat (seperti nasi) menjelang waktu tidur, kekenyangan membuat Anda sulit tidur. Lakukan makan berat 2 jam (atau lebih) sebelum tidur.

7. Agar tidur malam dapat berjalan terencana dan tepat waktu, maka jauhkan gadget dari tangan Anda di saat-saat menjelang jam tidur malam.

8. Dibutuhkan komitmen atau keseriusan untuk menjaga kebiasaan baik, serta menghindari dari segala kebiasaan buruk yang dapat mengganggu tidur.


9. Buatlah ritual tidur yang membuat Anda nyaman saat akan tidur. Misalnya, beberapa jam sebelum tidur meminum teh herbal hangat, membaca buku ringan, menulis jurnal, atau aktivitas lainnya yang membuat otak rileks.

10. Bila jadwal tidur sudah ditetapkan, jangan menunggu sampai rasanya mengantuk, hendaknya taati jadwal yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Jangan menunda-nunda tidur.

11. Hindari mengonsumsi kafein (seperti kopi dan teh) menjelang tidur.. Efek negatif dari kafein yaitu ketergantungan dan membuat sulit tidur saat dikonsumsi malam hari.

12. Gosoklah gigi sebelum tidur, hal ini membantu Anda tidur lebih nyaman dan nyenyak. Perlu diketahui, bahwa menunda tidur nantinya membuat Anda malas menggosok gigi dan mengganti baju. Sehingga jangan menunda tidur, dan rajinlah menggosok gigi saat malam hari.

13. Hindari mengakses internet (paling tidak) satu jam sebelum waktu tidur. Demikian juga jangan menyalakan televisi menjelang waktu tidur, karena layar komputer maupun TV memberikan rangsangan pada otak untuk tidak tidur.

14. Lakukan aktivitas olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda, sekitar 15-30 menit pada setiap harinya (utamakan lakukan olahraga di pagi hari).

15. Buatlah kondisi tempat tidur senyaman mungkin, bersihkan debu-debu yang ada di atas kasur, dan kepak-kepakan selimut.


16. Matikan lampu ketika tidur, ini selain membuat tubuh lebih sehat juga membuat Anda mudah tidur nyenyak dan tepat waku.

17. Paksa diri untuk tidur tepat waktu meskipun dalam keadaaan sangat sulit, karena dengan membiasakan tidur pada waktu tersebut, Anda akan dapat dengan mudah tidur tepat waktu pada setiap harinya.

Waktu Tidur Ideal yang Sesuai dengan Usia

Lamanya waktu tidur juga perlu disesuaikan dengan usia dan kondisi seseorang. Ahli kesehatan memberikan panduan-panduan tidur untuk semua kelompok umur.

Mereka merekomendasikan bahwa bayi (0-3 bulan) harus tidur 13-17 jam dalam sehari.

Bayi berumur 4-11 bulan harus tidur 12-15 jam sehari.

Balita (1-2 tahun) harus tidur jam 11-14 jam dalam sehari.

Anak-anak yang mulai pra sekolah (3-5 tahun) harus tidur selama 9-13 jam dalam sehari.

Usia anak sekolah (6-13 tahun) harus tidur selama 8-11 jam dalam setiap harinya.

Setelah lepas dari umur-umur tersebut, menginjak usia remaja (14-17 tahun), idealnya membutuhkan waktu tidur 8-9 jam dalam sehari.

Saat menginjak usia dewasa muda (18-25 tahun), waktu tidurnya antara 7-8 jam dalam seharinya.

Sama halnya dengan dewasa muda, orang dewasa pun juga memiliki waktu yang sama, yakni memiliki waktu ideal untuk tidur selama 7-8 jam dalam sehari.

Untuk umur seseorang yang menginjak umur 65 tahun ke atas, maka mereka hanya perlu waktu tidur selama 6-8 jam dalam sehari.

Baca juga: Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap / Mematikan Lampu

Loading...

Tulisan Terkait: