17 Gaya Hidup Sehat Yang Penting Untuk Anda Lakukan


Tidak sedikit orang yang hingga saat ini belum tahu caranya menjalani gaya hidup yang sehat.

Kalau diperhatikan pada orang yang menjalani gaya hidup yang buruk, mengakibatkan hidupnya amat menderita, karena sering mengalami sakit, stres, atau minimal mengalami penurunan kondisi kesehatan tubuh.

Kondisi tubuh dan jiwa yang tidak fit mengakibatkan aktivitas yang dilakukan menjadi tidak maksimal, jiwa juga menjadi mudah tersulut emosinya.

Untuk itu, hal yang penting untuk mengetahui gaya hidup sehat, agat tubuh tetap sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit, dan jiwa lebih tenang.

Ayah dan Anak Olahraga Bersama
Ayah dan Anak Olahraga Bersama | Sumber gambar: Pixabay.com

Terdapat banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan untuk bisa menjalankan gaya hidup yang sehat. Akan tetapi kalau diperhatikan dari hari ke hari, justru gaya hidup sehat semakin ditinggalkan banyak orang, apalagi anak muda sekarang yang merupakan penerus generasi bangsa, sukanya yang serba instan.

Mulai dari pola makannya, pola tidur, pola pikir. Pokoknya dalam masalah gaya hidup pengennya yang instan-instan, sehingga jauh sekali dari kata sehat.

Gaya hidup yang buruk seperti...

Sudah umum menjadi kenyataan di masyarakat, kalau kita lihat banyak yang lebih suka untuk menyantap mie instan (dengan penuh bahan kimanya) dari pada makan sayur lalapan (yang sehat karena berisi sayuran hujau).

Kemudian, banyak yang lebih suka begadang nonton DVD dari pada tidur di waktu yang lebih awal.

Manfaat tidur di waktu yang baik (jam 8-9 malam) agar dapat bangun lebih pagi ketika waktu shubuh. Ini sangat menyehatkan, tetapi masih jarang yang melakukan.

Hal negatif lainnya, banyak yang lebih suka nongkrong nggak jelas disana-sini dibandingkan dengan olahraga, membaca buku bermanfaat dan semacamnya.


Gaya Hidup Sehat yang Perlu Dilakukan Setiap hari

Hal seperti disebutkan diatas menunjukan bahwa godaan untuk melakukan hal-hal yang negatif memang jauh lebih besar, karena memang sangat sesuai dengan hawa nafsu orang.

Cobalah membuat daftar kebiasaan sehari-hari, kemudian bandingkan kegiatan negatif dengan kegiatan positif yang dilakukan, mana yang lebih banyak?

Yang sangat diharapkan bahwa anak-anak muda dapat lebih peduli dengan gaya hidup yang sehat, sehingga nantinya tidak menyesal sakit-sakitan ketika sudah tua.

Berikut di baawh ini beberapa gaya hidup sehat yang perlu untuk dilakukan sehari-hari:

1. Tidur Yang Cukup
Tidur adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, terutama untuk tidur malam adalah hak tubuh yang harus dipenuhi pada setiap harinya.

Sehingga dengan tidur yang cukup akan memberikan tubuh menjadi segar di pagi hari esoknya, terutama bagi buruh di perusahaan yang bekerja dengan aktivitas fisik yang tinggi, maka sangat membutukan kondisi tubuh yang fit.

Untuk waktu tidur yang dianjurkan yaitu jam jam 9 sampai jam 4 pagi atau waktu shubuh, dimana ini adalah waktu tidur yang sangat sehat bagi tubuh.

Manfaat tidur di awal malam

Menyehatkan Jantung
Para peneliti di Jepang memberikan hasil penelitiannya, bahwa seseorang yang tidur melebihi tengah malam akan mengalami resiko tinggi berupa pengerasan pada pembuluh darahnya jika dibandingkan orang yang tidur lebih awal. Dimana pengerasan pembuluh darah dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya yaitu penyakit jantung.

Tidur Pulas
Membiarkan diri tidur larut malam adalah hal yang buruk. Dan lebih buruk lagi jika membiarkan dirinya terus menerus tidur di larut malam, karena beresiko tinggi terserang insomnia yaitu sebuah penyakit yang membuat kita susah tidur. Sehingga, berusahalah... untuk memaksakan diri untuk tidur di awal malam, jangan di waktu larut malam.

Lebih Bugar dan Produktif
Kebugaran dan produktif ini bisa dengan mudah Anda peroleh dengan tidur yang nyenyak dan berkulitas di malam sebelumnya. Dimana seseorang yang tidur lebih awal terbukti memperoleh energi yang lebih di pagi harinya.

Memperbaiki kualitas berfikir otak
Sebuah penelitian menemukan, bahwa tidur lebih awal terbukti bermanfaat untuk memudahkan seseorang dalam berfikir, sehingga mampu dengan baik dalam menyelesaikan semua pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

2. Sarapan Pagi Yang Sehat
Sarapan menjadi kunci utama untuk memulai hari melakukan berbagai aktivitas yang padat, dimana menu sarapan yang paling tepat dan sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat.

Kemudian di waktu sarapan, jangan berlebihan mengkonsumsi karbohidrat, karena malah dapat mengakibatkan tubuh menjadi mengantuk.

Sarapan Lebih Penting Dari Makan Siang Dan Malam

Sarapan adalah rahasia untuk tetap sehat, demikian penjelasan Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School.

Penelitian yang dilakukan tim dari Dr. Pereira menemukan hasil bahwa orang-orang yang sarapan pagi dengan rutin cenderung lebih sehat dari pada yang tidak melakukannya.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan serangan jantung.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.500 partisipan untuk menganalisa pola makan mereka.

Dr. Pereira dan timnya menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan sarapan maka memiliki resiko yang kecil menderita obesitas daripada yang tidak sarapan.

Kemudian, dengan memiliki kebiasaan sarapan di pagi hari akan menurunkan resiko tubuh terkena penyakit gula darah dan kolesterol, serta juga membantu tubuh terhindari dari penyakit diabetes dan serangan jantung.

Dimana brdasarkan penjelasan dari tim peneliti, bahwa sarapan membantu untuk menstabilkan kadar gula darah, karena sarapan juga membuat seseorang mampu dengna baik dalam mengendalikan nafsu makan.

“Hasil penelitian kami membuktikan sarapan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, ini kenapa sarapan adalah makanan paling penting,” ujar Dr. Pereira.

loading...

3. Rajin Berolahraga
Dimana tubuh yang jarang digerakan, atau memiliki sifat malas berolahraga maka sama saja dengan menabung penyakit di dalam tubuh, padahal olahraga tidak perlu yang berat-berat,

Anda bisa melakukan olahraga santai seperti jogging, bersepeda, atau bermain basket dan lainnya,

Anda hanya perlu olahraga di pagi hari sekiar 15-20 menit, akan tetpai lakukan secara rutin.

4. Banyak Minum Air Putih
Mengapa air putih? karena air putih sangatlah sehat, dimana yang cukup menyedihkan bahwa banyak anak muda sekarang ini lebih suka untuk minum-minuman yang berwarna dan raanya manis, atau yang juga sangat sering dikonsumsi adalah minuman bersoda...

Sesekali boleh saja meminum minuman seperti itu karena memang rasanya lezat, akan tetapi yang paling utama adalah minum ai putih.

Dimana air putih memiliki banyak manfaat kesehatan yang utama untuk tubuh, karena tubuh memerlukan cairan untuk berbagai hal kebutuhan tubuh seperti untuk proses metabolisme, cadangan air di dalam tubuh, kesehatan dan kelancaran proses pencernaan, serta mempertahankan kondisi kelembaban kulit.

Selain itu dengan minum air putih untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit.

5. Senyum
Cara yang paling mudah agar Anda disenangi banyak orang yaitu dengan membiasakan diri tersenyum, dimana manfaatnya bukan hanya untuk orang lain karena senang melihat orang tersenyum, manfaatnya juga unutk diri sendiri karena dengan tersenyum dapat membuat suasana hatimu menjadi membaik.

Dimana senyum terbukti dapat menyehatkan jiwa dan tubuh. Untuk itu jangan sampai kita sudah pelit bersedekah, ternyata juga pelit seyum, sungguh keburukan diatas keburukan.

Manfaat Senyum bagi Kesehatan

Para ilmuwan menemukan hasil pennelitian bahwa tersenyum bisa membantu menurunkan kadar stres dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah riset di University of Kansas meneliti tentang besarnya manfaat dari tersenyum, dengan melihat berbagai jenis senyum dan kepedulian terhadap senyuman. Dimana senyum mampu mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatasi stres yang dihadapinya.

“Peribahasa lama mengatakan, 'tahanlah rasa sakit tanpa mengeluh', telah menunjukkan bahwa tersenyum tidak hanya penting untuk indikator kebahagiaan nonverbal, tetapi juga menjanjikan obat bagi semua jenis masalah yang membuat stres,” ujar Tara Kraft, seperti dikutip Daily Mail.

“Kami meneliti apakah peribahasa ini mempunyai efek ilmiah, yakni apakah tersenyum benar-benar memiliki hubungan dengan kesehatan.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersenyum memang memilih pengaruh pada ksehatan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil bahwa emosi positif bisa membantu selama masa stres dan tersenyum bisa mempengaruhinya (untuk mengatasi stres dan depresi). Namun, penelitian seperti ini baru pertama kalinya, yang tujuannya untuk mengetahui dampak senyum pada kadar stres.

Untuk penelitian, maka para ilmuwan merekrut 169 partisipan dari Midwestern University.

Riset ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu latihan dan pengujian.

Dalam latihan, partisipan dibagi menjadi tiga kelompok dan dilatih melakukan berbagai jenis ekspresi wajah.

Pada tahap pengujian, partisipan diminta untuk melakukan berbagai aktivitas sekaligus dan aktivitas yang cukup sulit, yang tidak mereka ketahui akan membuat stres.

Sunber “Manfaat Senyum bagi Kesehatan”


6. Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Hal yang penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan dibutuhkan tubuh, berupa buah-buahan, makanan pokok, sayur-sayuran, lauk pauk seperti ikan dan lainnya, serta susu, atau bisa juga mengkonsumsi madu, karena manfaat madu yang sangat besar.

Hindari atau minimalisir berbagai makanan dengan model junk food, makanan instan dan semacamnya.

7. Perhatikan Waktu Kerja Anda
Dimana maksimal waktu bekerja adalah 10 jam dalam sehari, apabila sampai lebih dari itu (apalagi jika kenis pekerjaan cukup menguras fisik) maka dapat menganggu keseimbangan tubuh, yang membuat Anda terkena beberapa masalah kesehatan.

8. Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol
Jika Anda serius ingin sehat, dimana tidak diragukan lagi kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

Hal ini sudah menjadi kesepakatan pada ahli kesehatan dan dokter, sehingga para perokok perlu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa berhenti merokok, caranya kurangi sedikit-demi-sedikit konsumsi rokok hingga akhirnya dapat berhenti merokok.

9. Jadikan Kamar Tidur yang Bersih dan Sehat
Kamar tidur yang rapi dan bersih tentunya akan membuat Anda sangat nyaman, dan ini merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

Yang disayangnya, tidak sedikit orang yang ternyata malas untuk bersih-bersih kamar, yang akhirnya membuat mereka tidur di kamar yang di dalamnya menumpuk debu dan barang-barang yang berantakan.

Sebenarnya sangat mudah agar Anda bisa rutin membersihkan kamar tanpa adanya muncul rasa malas. Berikut langkah-langkah yang disarankan Anda melakukannya:
  1. Singkirkan makanan yang tergeletak di lantai dan tempat tidur, taruh di kulkas atau tempat lainnya.
  2. Ambil pakaian yang kotor yang masih berada di kamar, segera taruh di mesin cuci agar nantinya bisa segera dicuci.
  3. Adapun untuk pakaian yang bersih, pastikan Anda meletakannya di lemari. Meja dan di atas tempat tidur bukanlah tempat untuk menyimpan pakaian bersih Anda.
  4. Pada tempat tidur, lipat selimut serta rapihkan peletakan bantal dan guling
  5. Bereskan meja jika dalam kondisi berantakan, serta pindahkan barang-barang milik Anda ke tempat seharusnya.
  6. Lalu Anda perhatikan dan rapikan pada setiap sudut kamar tidur. 
  7. Bereskan juga aksesoris dan barang-barang yang kecil, masukan ke dalam sebuah kotak, sehingga Anda nantinya bisa mudah mencarinya. 
  8. Buang barang yang tidak diperlukan keberadannya. Hindari terlalu banyak menyimpan barang yang tidak penting.
  9. Jika sudah selesai membersihkan kamar, maka rileksasi sejenak. Anda bisa berbaring selama 20 menit untuk membuat rileks tubuh dan pikiran. Anda akan merasa nyaman dengan kondisi kamar yang benar-benar rapi dan bersih.

10. Mulailah Membiasakan Diri Untuk Konsumsi Makanan Sehat
Penuhi kebutuhan tubuh akan asupan nutrisi yang penting, mulai dari asupan protein, serat, vitamin, dan mineral. Anda harus berusaha untuk memiliki pola makan yang sehat. Sebagai saran, hendaknya Anda lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah.

Jangan teralalu sering membeli makanan dari luar. Anda perlu mencoba untuk lebih sering memasak makanan sendiri. Sebagai tips, ketika Anda akan memasak untuk makan malam, maka buatlah masakan yang lebih banyak, yang nantinya disisakan untuk dimakan pada esok hari, baik itu pagi maupun siang hari.

Oleh kaena itu, untuk makan malam maka buatlah makanan yang bisa dihangatkan serta tidak cepat basi. Dengan cara ini maka Anda bisa lebih mudah untuk lebih sering mengonsumsi masakan sendiri. Buatlah masakan yang sehat yang kaya akan asupan penting seperti disebutkan sebelumnya.

Anda bisa merencanakan sebelumnya pada menu makanan sehat yang ingin dikonsumsi. Dengan memiliki rencana yang matang, maka ini penting untuk mencegah Anda memilih jenis makanan kurang sehat seperti junk food atau makanan cepat saji.

Anda bisa membuat menu makanan, dengan mencari informasi resepnya di majalah, internet maupun bertanya pada orang lain.

Selain itu, Anda bisa menyiapkan camilan bagi Anda yang super sibuk. Hal ini berguna untuk mencegah Anda salah dalam memilih makanan. Anda bisa menyiapkan camilan sehat yang dibawa, bisa berupa biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur dan lainnya.

11. Biasakan Diri Untuk Selalu Berpikir Positif
Segala hal yang dilakukan maka tentu sebelumnya memerlukan peran dan koordinasikan dengan otak. Sehingga memiliki pikiran positif sangat penting, manfaatnya untuk mencegah terjadinya stres, meningkatkan rasa percaya diri, serta membuat Anda bisa lebih produktif. Memiliki pikiran yang negatif hanya akan menghambat diri Anda.

Untuk bisa berpikir poisitif, hindarkan bergaul dengan orang-orang yang kurang baik. Carilah teman yang bisa membuat Anda memiliki jiwa yang lebih baik.

Penting untuk menumbuhkan sikap optimis dalam menjalani kehidupan. Dengan optimis dan pikiran yang positif, tidak hanya baik untuk jiwa, tapi juga berdampak positif pada kesehatan tubuh.

Berpikir positif akan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan Anda, Anda bisa lebih optimis dan memiliki motivasi yang kuat. Berpikir positif dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dimana para peneliti menemukan bahwa berpikir positif membuat Anda bisa tetap sehat, terhindar dari stres dan memperpanjang usia.

Sebuah penelitian oleh dr. Suzanne Segerstrom dari Mayo Clinic Amerika, menemukan bahwa sikap optimis di dalam hidup sangat baik untuk kesehatan fisiologis dan psikologis seseorang, hal ini menurutnya bermanfaat untuk mencegah terjadinya proses penuaan yang terlalu cepat.

Berpikir positif dapat menghilangkan stres, dimana berpikir positif membuat Anda mampu berpikir lebih luas, sehingga membuat Anda nantinya bisa berpikir dari sudut pandang yang lebih baik. Hal ini sangat penting agar Anda mampu dengan baik dan tepat dalam mengatasi segala problematika kehidupan.

Dengan berpikir positif akan dapat meningkatkan kesehatan, termasuk penurunan resiko penyakit kardiovaskular. Dengan berpikir positif juga menjadikan Anda bisa lebih tangguh dan tahan banting dari berbagai tekanan dan masalah yang datang menerpa.

Untuk bisa berpikir positif, kita perlu melatih diri untuk memiliki akal yang sehat dan jernih. Sebagai contoh, perhatian kondisi di jalanan, Anda akan melihat banyak hal yang tidak masuk akal. Salah satunya: ada orang yang mempertaruhkan nyawanya di jalanan untuk bisa pulang lebih cepat, atau bahkan melakukan itu hanya karena emosi.

Untuk bisa berpikir positif maka jangan hanya berfokus pada apa yang tidak Anda miliki. Anda perlu melihat adanya hal-hal baik di dalam diri Anda, pasti ada kok. Sehingga nantinya Anda bisa bersyukur dalam hidup dan menghargai apa yang Anda miliki. Hal ini berguna agar Anda bisa berpikir positif.

Selain itu, berbuat baik pada orang lain memberikan manfaat sangat besar. Saat membantu orang lain maka akan timbul secara otomatis rasa bahagia dan puas di dalam hati, sehingga nantinya hal ini menimbulkan pikiran positif.

Anda harus berhenti menghabiskan banyak waktu dari berpikir yang tidak-tidak, hindari pikiran yang tidak bermanfaat dan tidak produktif, hindari pikiran yang membuat timbulnya rasa stress, khawatir maupun ragu-ragu. Otak memang senjata manusia yang sangat penting, tetapi jika digunakan dengan benar justru bisa menjadi bumerang yang mencelakakan.

Dengan rileks dan realistis (apa adanya) dalam berpikir, maka sangat membantu Anda untuk memiliki pikiran yang positif. Hindari memikirkan hal-hal bodoh dan yang tidak penting.

Untuk berpikir positif, maka Anda harus menjauhi pikiran negatif. Pikiran negatif bisa benar-benar muncul di pikiran Anda ketika Anda bergaul dengan orang-orang yang membenarkan pikiran negatif tersebut.

Berpikir positif membuat kita bisa menemukan adanya hikmah dan pelajaran dibalik kesalahan. Walaupun hal yang salah tetaplah salah, tapi dibalik hal yang buruk pasti tetap ada hikmahnya. Hikmah inilah yang seharusnya Anda ambil dan manfaatkan dalam hidup Anda.

12. Pastikan Udara Bersih di Sekitar
Untuk Anda yang berdomisili di wilayah pedesaan yang masih hijau, maka bisa dengan mudah untuk memperoleh udara yang segar dan bersih. Akan tetapi untuk mereka yang berdomisili di wilayah perkotaan maka diperlukan usaha untuk memiliki udara yang bersih di sekitar rumah.

Salah satunya Anda bisa menanam tanaman di sekitar rumah, yang manfaatnya sangat penting untuk kebersihan dan kesehatan masyarakat sekitar.

13. Pilih Yang Alami
Pilih yang alami seperti pada perawatan wajah, rambut dan tubuh secara umum. Maka jika ingin memakai produk-produk perawatan tubuh seperti itu, maka pastikan bahan kandungan di dalamnya tidak berbahaya bagi tubuh, usahakan untuk sebisa mungkin memilih menggunakan bahan yang alami.

Kalau bisa yang 100% alami, sebagai contohnya, Anda bisa menggunakan masker mentimun untuk perawatan wajah. Atau Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami lainnya yang sebenarnya jumlahnya sangat banyak.

14. Buang Kebiasaan Buruk
Beberapa bentuk kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari yaitu makan yang berlebihan, begadang yang terlalu sering, malas mandi, malas menggosok gigi, merokok, minum alkohol, banyak konsumsi makanan manis dan makanan tinggi lemak, dll.

15. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Penyebaran bakteri dan virus mengakibatkan penyakit banyak muncul di tempat yang kotor. Oleh karena itu, hal yang sangat penting untuk secara rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal Anda. Seperti pekarangan rumah, atau yang paling utama adalah membersihkan pada tempat yang Anda sering berada disitu.

16. Evaluasi Kondisi Kesehatan Anda
Seperti salah satunya Anda mengevaluasi aktivitas fisik yang dilakukan. Anda perlu merenungi sebentar tentang apa yang Anda lakukan selama ini, apakah rutin berolahraga? Atau apakah aktivitas Anda dari pagi sampai malam adalah duduk mengetik di depan komputer? Anda perlu merenungkan hal-hal seperti ini.

Pakar kesehatan sudah menjelaskan dan memberikan anjuran untuk berolahraga dengan waktu total setidaknya adalah 75 menit pada setiap minggu.

Anda juga perlu mengevalusi tentang makanan apa saja yang telah Anda konsumsi. Sehingga hal ini nantinya bisa menyadarkan diri Anda agar tercegah dari asupan makanan yang kurang sehat.

Anda juga mengevaluasi kesehatan relasi sosial yang dilakukan selama ini. Anda perlu memikirkan agar hubungan Anda dan pasangan bisa berjalan dengan harmonis. Demikian juga memikirkan agar hibungan Anda dengan rekan kerja dan atasan bisa selalu baik.

Anda juga perlu berusaha menemukan orang-orang dan lingkungan yang bisa memberikan support pada Anda dengan baik.

17. Gaya Hidup Sehat Seperti Rosul
Rasulullah adalah orang yang tidur di awal waktu (setelah waktu shalat Isya) dan bangun sebelum waktu azan shubuh. Rasulullah kurang suka berbincang-bincang setelah waktu isya, yang diperintahkannya kepada umatnya adalah tidur setelah waktu shalat Isya.

Rasulullah sering berpuasa. Dan ternyata dari penelitian para ahli kesehatan, menemukan bahwa berpuasa mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa. Termasuk yang sangat penting adalah mencegah resiko penyakit hipertensi, serangan jantung, kanker dan diabetes.

Rasullullah juga bukan orang yang pemarah. Beliau suka menasehatkan agar jangan marah. Nasihat ini menunjukan bahwa kebersihan jiwa adalah hal yang super penting. Penelitian menunjukan bahwa tidak mudah marah ternyata sangat menyehatkan tubuh.

Rasul sangat menjaga kebersihan gigi dan mulut. Beliau seringkali bersiwak secara rutin. Selain itu, pola makan Rasulullah tidak berlebihan, bahkan beliau sering berpuasa.

Makanan atau minuman yang sering beliau konsumsi adalah air putih, kurma, madu, minyak zaitun dan daging kambing. Beliau terbiasa untuk mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa dalam setiap harinya.

Beliau juga menganjurkan umatnya berolahraga. Jenis olahraga yang suka beliau lakukan adalah berlari, bergulat, dan memanah. Beliau juga menganjurkan umatnya untuk berbekam.

Dalam bersosialisasi, Rasullullah adalah orang yang mudah tersenyum, tidak mudah marah, suka menyambung tali silaturahmi, serta memiliki sifat jujur dan amanah.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman