22 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan (Untuk Diet, Pencernaan, Mengatasi Stroke dll)

Buah lemon ini dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Adapun pohon lemon bentuknya seperti pohon jeruk.

Buah ini termasuk dari Genus Citrus (keluarga jeruk) yang dikenal memiliki banyak khasiat, serta punya kemiripan satu dengan yang lainnya...

...tetapi sebenarnya pada masing-masingnya memiliki manfaat yang khas, karena pada setiap jenis dari (keluarga) jeruk memiliki presentase kandungan atau nutrisinya yang berbeda-beda.

Khusus untuk jeruk lemon, mungkin bisa dikatakan tidak terlalu populer dibandingkan dengan buah dari jenis jeruk lain, karena memang harganya yang dinilai lebih mahal.

Adapun jeruk lemon, kalau kita perhatikan, umumnya digunakan untuk penambah cita rasa masakan, serta untuk membuat lebih segar tampilan minuman.



Manfaat buah Lemon bagi kesehatan tubuh

Mengonsumsi lemon bermanfaat bagi kesehatan kesehatan tubuh yang membuat tubuh lebih bugar, lalu untuk memberkuat sistem imun tubuh, serta juga bisa digunakan untuk pengobatan alami.

Berikut di bawah ini penjelasan dari manfaat buah lemon bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada buah lemon terdapat cukup banyak kandungan vitamin C, yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri, parasit, jamur, dan virus.

Buah Lemon juga berkhsiat untuk menyembuhkan penyakit cacingan, bahkan hebatnya bermanfaat untuk membantu melawan penyakit kanker, hal itu karena pada buah lemon terdapat sekitar 22 nutrisi anti-kanker di dalamnya.

Dengan kendungan vitamin C yang tinggi dan kandungan bioflavonoid di dalamnya, bermanfaat agar tubuh terhindar dari flu atau pilek.

Lemon dicampur madu dan air hangat membantu untuk menyerap lebih banyak zat besi, yang khasiatnya agar fungsi kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Pada lemon hangat juga terdapat kandungan saponin yang memiliki sifat antimikroba.

Menurut The World's Healthiest Foods, vitamin C akan membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh.

2. Menyeimbangkan keasaman (pH) tubuh

Dimana tubuh manusia cenderung bersifat asam (ph rendah) yang mengakibatkan tubuh beresiko terserang penyakit, yang cukup sering yaitu asam urat asam lambung.

Adapun lemon sebenarnya ketika masuk ke dalam tubuh, berubah menjadi basa. Yang memiliki manfaat sebagai alkalize darah.

Sehingga dengan mengkomsumsi lemon hangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan basa yang seimbang...

...tujuannya untuk menetralisir masalah asam urat yang diderita, serta bisa mengatai peradangan, termasuk nyeri akibat asam urat.

Dengan buah lemon yang punya sifat alkalinic, bermanfaat agar menyeimbangkan pH internal di dalam tubuh.



3. Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan konsumsi jus lemon secara teratur berfungsi untuk memperlancar proses pembuangan sisa-sisa di pencernaan .

Lemon bermanfaat untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut, alhasil berkasiat agar buang air besar (BAB) dapat lancar dan teratur, dan Kamu terhindar dari masalah penyakit perut atau pencernaan.

Jus lemon membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu menjaga makanan bergerak melalui tubuh dan saluran pencernaan menjadi lancar. membantu meredakan gangguan pencernaan sehingga brkhasiat meringankan sakit perut.

Khasiat lemon lainnya yaitu mengatasi masalah mual karena naiknya asam lambung.

Perlu diketahui, lemon tidak cocok dengan susu. sehingga jangan mengkonsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan.

Yang disarankan untuk kesehatan pencernaan yaitu menambahkan jus lemon ke dalam air hangat, kemudian minum di pagi hari.

4. Memutihkan gigi.

Kandungan kalsium juga terdapat pada perasan air lemon, yang bisa Kamu gunakan sebagai cairan pemutih gigi.

Dengan mencampur jus lemon dan baking soda, kemudian oleskan campuran pada gigi (yang mungkin menguning), setelah dioles tunggu sekitar 60 detik...

....maka zat asam dan natrium bikarbonat yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk memutihkan gigi, dengan menghancurkan lapisan warna pada gigi

Kemudian sikat gigi dan kumur-kumur dengan air bersih.

Tetapi jangan lakukan ini terlalu sering, karena kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

5. Membersihkan usus.

Umumnya masyarakat sekarang ini (apalgi yang hidup di kota-kota besar), dalam menkonsumsi makanan memiliki jenis makanan fast food atau makanan cepat saji...

...yang perlu diketahui, bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji memberikan akibat buruk terhadap kesehatan, utamanya pada organ usus besar.

Penelitian medis menjelasan makanan cepat saji (termasuk makanan junk food) lebih sulit dicerna, karena rendanya kandungan enzim, serat, dan nutrisi pada makanan jenis itu.

Hal ini menyebabkan waktu transit kotoran melambat. Sehingga keberadaan "limbah" bekas makanan di dalam perut ini, bisa menimbulkan rasa mual, muntah, diare, perut kembung, sakit perut, hingga rasa nyeri di sendi dan otot tubuh.

Buah lemon berkhasiat untuk meningkatkan kontraksi otot di usus, yang dengannya mempu membuat gerakan usus menjadi lancar teratur, hal ini sangat berguna untuk mengeluarkan berbagai racun di dalam usus.

Untuk melakukannya, caranya dengan mengkonsumsi segelas air lemon pada pagi hari, dan usahakan melakukan hal ini di pagi hari.

Membuat ramuan dengan bahan lemon untuk kesehatan usus

Berdasarkan penjelasan Stanley Burroughs, seorang praktisi kesehatan alternatif, dalam bukunya Master Cleanser (1976), berisi tentang cara mengatasi masalah usus, dengan menggunakan bahan seperti jus Lemon, madu murni, serta merica bubuk.

Untuk membuat ramuannya, pertama-tama belah jeruk lemon, ambil setengah bagian lalu peras hingga didapatkan air perasan sebanyak dua sendok makan.

Setelah itu campur dengan madu murni sebanyak dua sendok makan, lalu tambahkan sedikit merica bubuk (seujung sendok teh).

Setelah itu, larutkan semuanya di dalam setengah gelas air. Dan ramuan siap diminum.

Lakukan ini setiap hari, atau beberapa kali dalam seminggu.

6. Mengatasi rambut dan ketombe 

Lemon memiliki khasiat yang positif untuk rambut, seperti untuk mengatasi rambut rontok. Penyebab terjadinya rambut rontok biasanya karena ketombe dan kerusakan pada akar rambut.

Untuk menghilangkan ketombe serta menguatkan akar rambut. Caranya dengan menggunakan air lemon untuk masker sebelum Kamu melakukan keramas.

Usapkan air lemon secara rata pada rambut (sembari dipijat), setelah itu diamkan sekitar 5-10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Setelah itu, barulah melakukan keramas menggunakan shampo seperti biasa.

Sebuah penelitian dari karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di situs undip.ac.id, menjelaskan bahwa jeruk lemon (Citrus limon Burm) bisa digunakan untuk untuk mengatasi ketombe.

Kandungan dlimonene yang terdapat di dalam jeruk lemon memiliki efek anti jamur, yang berasal dari air perasan lemon, yang baik untuk rambut.

Lihat karya tulis ilmiahnya pada link di bawah ini:
http://eprints.undip.ac.id/23058/1/Agustina_N.pdf

7. Kesehatan jantung dan mencegah stroke

Pada buah lemon terkandung vitamin C, yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin C ini berperan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan menurunkan tekanan darah

Selain itu berfungsi untuk membantu tercukupnya HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh, dengan manfaatnya ini maka mengkonsumsi buah lemon sangat baik untuk kesehatan jantung.

Berdasarkan penjelasan dari American Heart Association, jeruk lemon memiliki manfaat untuk menurunkan risiko seorang perempuan terkena stroke otak.

Data penelitian menunjukkan bahwa kelompok perempuan yang menkonsumsi lemon memiliki risiko terkena stroke yang lebih rendah sebesar 19% dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi lemon.

Jeruk lemon juga mampu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, dimana perannya yang melindungi pembuluh darah dari terjadinya penimbunan kolesterol di dalam tubuh.

8. Kesehatan otak

Pada kulit lemon terkandung zat phytonutrient, atau yang disebut dengan tangeretin, yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah pada otak seperti penyakit Parkinson.

Selain itu juga bermanfaat dalam melindungi sel-sel otak.

9. Mengatasi kanker

Munculnya penyakit kanker karena sel-sel di dalam tubuh membelah diri di luar kendali (sel-sel abnormal), yang menyerang jaringan terdekat, serta bisa berpindah ke daerah tubuh yang jauh...

...yang cara masuknya, biasanya ke dalam pembuluh darah atau sistem limpatik.

Semua jenis kanker bebahaya apabila kita tidak ditangani sejak dini.

Dan jeruk lemon ini ini memiliki manfaat untuk membantu mengatasi kanker.

Keterkaitan antara kanker dan lemon bukanlah sesuatu yang baru sekarang ini, karena pada beberapa dekade terakhir, para ilmuwan sudah memiliki dugaan bahwa lemon berkhasiat untuk menghancurkan penyakit kanker, yang kemudian terus mengembangkan banyak penelitian tentangnya.

Hasil penelitian sudah menunjukkan bahwa ekstrak lemon memiliki khasiat untuk menghancurkan sel-sel ganas dalam berbagai jenis kanker di tubuh, termasuk kanker usus, kanker payudara dan kanker paru-paru.

Pada beberapa penelitian yang dilakukan para ahli, memperoleh hasil penelitian bahwa lemon mampu untuk menghancurkan kanker dengan efektif, bahkan lebih efektif dibandingakan kemoterapi, disamping pemanfaatan lemon ini juga bersifat alami...

....sehingga lebih aman dan sehat.

Selain itu, penelitian yang lainnya menunjukkan penggunaan ekstrak lemon berkhsiat untuk mempengaruhi sel-sel ganas, dan tidak menganggu atau merusak sel-sel sehat.

loading...

10. Kesehatan hati

Mengkonsumsi air lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.

Dimana buah lemon ini akan membantu proses detoksifikasi organ vital hati, yang merangsang produksi empedu, melarutkan asam urat, dan membuang racun.

Asam sitrat yang terkandung di dalam lemon brkhasiat untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati, yang dapat memaksimalkan proses detoks pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing.

11. Kesehatan dan kecerahan kulit

Kolagen menjadi salah satu zat penyusun kulit, dimana pembentukan zat kolagen menjadi sangat baik dan optimal ketika kandungan vitamin C jumlahnya mencukupi di dalam tubuh.

Lemon yang memilki kandungan vitamin C yang banyak, nantinya dapat memicu zat kolagen di dalam tubuh untuk memelihara kesehatan kulit, meminimalisir kerutan kulit dan menyehatkan kulit secara umum.

Lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, tidak hanya mampu menghilangkan sel kulit mati pada kulit tubuh, tapi juga mampu menghilangkan sel kulit mati yang terdapat di wajah.

Dengan sel kulit mati yang terangkat, maka membuat wajah menjadi terlihat cerah, bersih dan sehat.

Untuk penggunaannya, yaitu pertamat-tama iris lemon menjadi beberapa bagian, setelah itu oleskan merata pada wajah, atau juga beserta kulit tubuh, lalu diamkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air yang hangat.

Sehingga, disamping itu jika khawatir dengan adanya noda dan bintik-bintik gelap pada kulit.

Maka dapat diatasi dengan mengoleskan sedikit sari lemon pada bercak-bercak atau bintik hitam di kulit tersebut.

Beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Tetapi, apabila terdapat luka di kulit wajah, maka JANGAN menggunakan tips ini .

Karena kandungan asam pada lemon dapat membunuh zat anti bakteri yang sedang memperbaiki kulit yang terluka.

Selain itu, jika sari lemon mengenai luka di wajah (atau kulit tubuh secara umum), tentunya akan terasa sangat perih.

12. Mengatasi bibir pecah-pecah.

Kandungan vitamin C di dalam lemon berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir.

Keberaaan sel-sel kulit mati itulah yang membuat bibir kering.

Cara penggunaan, oleskan irisan lemon segar pada bibir secara perlahan (tidak banyak, sekedarnya saja).

Diamkan selama 2-3 menit saja, lalu basuh dengan air hingga bersih.

Kamu bisa melakukan cara alami ini secara teratur, bisa setiap hari atau setiap 2 hari.

Dengan mengoleskan lemon ke bibir,  maka bermanfaat untuk mencegah munculnya pecah-pecah di bibir.

13. Mencegah dan mengobati jerawat.

Kandungan antibakteri yang dimiliki oleh buah lemon bermanfaat untuk membunuh bakteri jerawat pada wajah.

Selain itu juga berguna untuk menghindari infeksi, peradangan dan membersihkan pori-pori yang tersumbat pada wajah.

14. Bisa dimanfaatkan sebagai sabun cuci muka (facial foam)

Umumnya orang-orang menggunakan facial foam untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Tetapi facial foam yang merupakan buatan pabrik, (seperti diketahui) tentunya banyak mengandung bahan-bahan kimia, yang bisa memberikan resiko bagi kulit.

Untuk itu ada cara alami dalam membersihkan wajah. Seperti menggunakan buah lemon.

Caranya mudah, Kamu hanya perlu menggosokkan perasan air lemon pada wajah. Perasan atau sari lemon ini terbukti dapat dengna baik untuk mengangkat kotoran dan bakteri di wajah, terutama setelah melakukan pekerjaan atau aktifitas.



15. Melawan radikal bebas. 

Salah satu pemicu resiko tubuh terkena kanker karena radikal bebas yang berlebihan, yang dapat mengacaukan sistem tubuh.

Bahaya radikal bebas secara umum yaitu merusak sel-sel tubuh.

Di dalam lemon terdapat kandungan antioksidan (vitamin C) yang berkhasiat untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari timbulnya pemicu kanker.

Vitamin C dan antioksidan ini yang paling utamak dibutuhkan kulit, karena dapat menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari (yang berlebihan), serta karena faktor usia.

16. Untuk menurunkan berat badan

Lemon sering digunakan oleh orang-orang yang melakukan diet. Air perasan lemon dapat mengurangi berat badan. Lemon juga membantu untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Untuk menggunakannya sebagai penurun berat badan, pertama-tama campurkan jus lemon dengan sedikit madu dan air, setelah itu minum dua kali sehari, atau boleh juga sekali sehari, tergantung kondisi dan keadaan.

Beberapa penelitian awal menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi lemon mampu untuk menekan nafsu makan dan juga menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian oleh Asnaashari S dan timnya yang dipublikasikan di jurnal Phytotherapy Research (Desember 2010).

Dengan melakukan peenelitian pengaruh pemberian minyak atsiri jeruk nipis terhadap penurunan berat badan tikus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian minyak atsiri jeruk nipis mampu menurunkan berat badan tikus, dan mengurangi konsumsi makanannya.

Selain itu juga dilakukan analisia terhadap kandungan minyak atsiri jeruk nipis, ditemukan terdapat 22 komponen utama di dalam minyak atsiri jeruk nipis, adapun komponen terbanyak yaitu limonen sebanyak 28.27%.

Gunakan URL pendek artikel ini: http://goo.gl/hiQAZs (untuk share ke Twitter)

17. Mencegah sesak nafas atau asma

Asma atau sesak nafad bisa dicegah dengan mengkonsumsi kandungan vitamin C yang mencukupi untuk kebutuhan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin C yang mencukupi untuk tubuh, ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan dengan mereka jarang mengkonsumsi vitamin C (mengkonsumsi tetapi tidak teratur).

Walau masih dalam tahap awal penelitian, bahwa mengonsumsi kandungan vitamin C sebanyak 1 gram per hari berkhasiat untuk mencegah asma.

18. Mengatasi nyeri inflamasi. Buah lemon bermanfaat untuk melawan asam urat secara alami, dengan mengurangi kehadiran kristal yang mengakibatkan rasa nyeri pada tubuh.

19. Menstabilkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium pada lemon banyaknya hampir sama seperti kandungan kalium pada pisang, yang berkhasiat mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing dan mual. Sehingga lemon dapat berguna untuk mengatasi pikiran yang berat dan kalut, serta mengurangi rasa stres dan depresi.

20. Mempercepat proses penyembuhan. Kandungan vitamin C pada lemon berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pemulihan. Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi.

21. Membuat nafas segar. Aroma lemon terbukti mampu mengangkut aroma yang tidak sedap di dalam mulut, sehingga mulut menjadi segar. Tetapi ingat!!! JANGAN terlalu sering berkumur dengan air lemon, karena bisa merusak email gigi. 

22. Meningkatkan mood. Peneliti dari McGill University menunjukkan hasil penelitiannya bahwa pemberian suplemen vitamin C (sebanyak 500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang kekurangan vitamin C, berkhasiat meningkatkan suasana hati (mood) mereka.

Cara membuat air lemon hangat

Minimalisir mengkonsumsi produk jus jeruk olahan dari pabrik, utamakan untuk mengkonsumsi lemon organik (buatan sendiri).

Caranya peras 1-2 lemon, lalu tambahkan air hangat hingga 1 gelas. Setelah itu tinggal dikonsumsi.

Disarankan menfkonsumsi air lemon hangat di pagi hari, ketika akan memulai aktivitas atau sebelum sarapan.

Dan tidak disarankan mengkonsumsi lemon menggunakan air dingin, karena khasiatnya akan menurun.

Semoga bermanfaat.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan