Apakah Alpukat Membuat Gemuk? Manfaat Alpukat? Bolehkah Makan Banyak?


Banyak wanita ingin berdiet tetapi dengan menghindari konsumsi alpukat...

...Mereka yakin bahwa buah alpukat mengandung banyak lemak, apakah anggapan ini benar?

Ternyata tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya memang alpukat mengandung lemak, tetapi dalam bentuk lemak tidak jenuh tunggal.

Apakah Alpukat Membuat Gemuk? Manfaat Alpukat? Bolehkah Makan Banyak?
Alpukat | Sumber gambar: Pixabay.com

Asam lemak tak jenuh pada alpukat bisa bermanfaat untuk memperbaiki kadar kolesterol dan memproteksi kerusakan pada arteri tubuh.

Asam lemak yang banyak terkandung dalam alpukat adalah asam oleat.

Asam lemak oleat bekerja sebagai antioksidan pada tubuh, yang berguna untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat kolesterol jahat.


Lalu alpukat juga banyak yang mengandung glutation, dimana itu mengandung antioksidan kuat.

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada pembuluh darah sehingga menghindarkan seseorang dari resiko penyakit jantung, stroke, serta kanker.

Mengkonsumsi alpukat tidak menyebabkan tubuh kegemukan, tapi justru alpukat memiliki beberapa manfaat kesehatan yang penting.

Sehingga anggapan bahwa alpukat itu harus dihindari untuk orang yang kolesterolnya tinggi atau gemuk adalah hal yang tidak benar. Alpukat nyatanya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Yang perlu diperhatikan adalah cara penyajian alpukat, seperti menghindari penambahan susu kental manis ketika minum jus alpukat, ini kurang baik.

Berikut di bawah ini manfaat alpukat...

Menurunkan kolesterol, dimana buah alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikan jumlah kolesterol yang baik.

Tekanan darah, dimana buah alpukat membantu untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

Mengontrol gula darah, dimana alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu untuk mengatasi resistensi insulin. Kandungan ini membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

Melindungi dari kanker, dari penelitian para ahli bahwa alpukat membantu untuk mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Walaupun penelitian ini masih perlu pengembangan.

loading...

Mencegah peradangan, dimana selain alpukat itu nikmat, juga memiliki nutrisi yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya peradangan.

Menyehatkan kulit dan rambut, alpukat juga mengandung bahan yang bermanfaat membantu rambut untuk sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi yang berbahaya sinar matahari.

Sumber tentang manfaat alpukat diambil dari laman Authoritynutrition.com

Bolehkan makan banyak alpukat?

Walaupun manfaat alpukat sangat banyak, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi alpukat...

...Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam alpukat, maka Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Hal itu karena di dalam alpukat memiliki kandungan kalori yang lumayan tinggi.

 Walaupun alpukat memiliki lemak sehat yaitu lemak tidak jenuh tinggal. Tetap saja makan banyak alpukat akan meningkatkan berat badan.

Untuk itu juga, Alpukat jangan dianggap 100% tidak akan menaikan berat badan. Walaupun lemak yang ada di dalamnya adalah lemak sehat yang tak berbahaya untuk kesehatan.

Meskipun alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan dan tidak akan berbahaya bagi jantung, namun menurut peneliti lemak tetaplah lemak.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mengonsumsi satu buah alpukat sudah termasuk banyak. Ingat, hal itu karena asupan lemak dan kalori di dalam alpuat.

Berdasarkan standar MUFA, untuk orang yang berdiet sebanyak 2000 kalori sehari, asupan lemak yang dikonsumsi hanya boleh 65 gram jumlah keseluruhannya.


Sementara itu, satu buah alpukat dengan berat lima ons mengandung 23 gram lemak. Itu sekitar sepertiga kalori hariannya, serta sudah termasuk 250 kalori. Demikian seperti yang dilansir dari Pop Sugar.

Sebagai pembanding, satu buah apel hanya mengandung 100 kalori dan bebas lemak. Jika Anda sedang berdiet, maka Anda hanya diperbolehkan makan dua atau tiga iris saja (berati sekitar satu ons alpukat).

Julie Upton, seorang ahli nutrisi menyarankan orang-orang tidak usah takut mengonsumsi alpukat. Meski sedang berdiet, mereka bisa makan setengah buah alpukat setiap hari.

Mengonsumsi alpukat sesekali saja (tidak sering) bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, sebaliknya jika terlalu banyak konsumsi alpukat akan membuat tubuh gemuk.

[Tips]
Jangan masukkan alpukat ke dalam kulkas sebelum matang
Alpukat akan matang sempurna jika dibiarkan di suhu ruangan, bukan dengan cara dimasukkan ke kulkas. Kalau ingin lebih cepat matang, taruh alpukat dalam kantung kertas cokelat. Setelah matang, Anda baru disarankan menaruh alpukat di dalam kulkas.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman