24 Cara Ampuh & Sederhana Untuk Meningkatkan IQ Otak

IQ (Intelligence Quotient) sebuah ukuran yang biasanya dimanfaatkan untuk melakukan pengukuran serta perbandingan tingkat intelijensi otak manusia. 

Tapi, tingginya IQ tidaklah dapat menjamin berhasilnya seseorang dalam bisnis dan hal lainnya, IQ yang tinggi hanya untuk membantu seseorang agar lebih baik dalam mengatur dan memecahkan suatu persoalan, dengan lebih baik dan rapih.

11 Cara Meningkatkan IQ Otak
Cara Meningkatkan IQ Otak

Kemampuan IQ diyakini tergantung bawaan dari lahirnya, yang maksudnya kecerdasan orang tua akan menurun kepada anaknya...

...bahkan ada yang  mengatakan bahwa faktor keturunan ini akan mempengaruhi atau membantu baiknya kecerdasan seorang anak hingga 50%. 

Akan tetapi tentunya kemampuan IQ ini dapat diasah dan ditingkatkan berdasarkan penjelasan dari para ahli.

Seseorang dengan IQ yang tinggi maka dapat lebih mudah dalam proses belajarnya dan juga memahami penjelasan pelajaran oleh guru atau dosen.

Cara meningkatkan IQ otak

1. Melakukan Sarapan Pagi.
Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah sarapan pagi, karena orang yang melakukan sarapan telah dibuktikan melalui penelitian, bahwa sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi seseorang.

Kemudian juga dapat mengatasi berbagai problem dengan lebih baik, memiliki mood yang bagus, serta peningkatan daya ingat.

Sarapan dapat dikatakan menjadi “kesempatan emas” untuk secara baik memenuhi akan kecukupan glukosa kembali setelah sebelumnya Kamu tidur malam sekitar 8 jam. 

Glukosa ini bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh.

Cara meningkatkan glukosa darah...

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa orang yang melakukan sarapan maka akan mendapatkan manfaat yang sangat besar berupa salah satunya meningkatkan glukosa darah.

Dengan melakukan sarapan ini maka sangat berguna untuk memperbaiki mood, meningkatkan memori dan tingkat konsentrasi serta suasana hati akan menjadi lebih baik.

2. Menjauhi makanan yang mengandung kadar gula tinggi
Makanan seperti pasta, roti putih, keripik kentang dan yang semacamnya jika dikonsumsi terlalu banyak maka mengakibatkan hal yang negatif seperti timbulnya rasa yang mudah lelah dan juga rasa malas yang berlebihan atau tubuh sering merasa lesu. 

Hal itu karena adanya efek dari makanan yang mengandung kadar gula tinggi sehingga membuat otak menjadi sulit untuk “diajak” berpikir dengan baik dan jernih.


3. Jogging
Dengan rajin melakukan jogging maka akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan mood, menguatkan memori, mempertajam otak untuk berpikir.

Selain itu bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Dengan manfaat-manfaat tersebut maka memiliki perang yang lumayan besar dalam memacu kecerdasan IQ.

4. Mengkonsumsi makanan mengandung Antioksidan.
Zat antioksidan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, yang diantaranya termasuk sel otak, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan IQ. 

Beberapa makanan yang mengandung antioksidan yang sangat baik seperti strawberry, kismis, blueberry, blackberry, bawang putih, cranberry, bayam, dan raspberry.

5. Biasakan bernafas melalui hidung
Mungkin hal ini menurut Kamu hal yang sepele, sebenarnya sangat penting bagi kita untuk bisa bernafas melalui hidung karena memiliki manfaat yang sangat besar, kemudian mengeluarkannya boleh melalui hidung maupun mulut, tetapi utamakan melalui hidung. 

Dengan kebiasaan bernafas melalui hidung memiliki manfaat yang tidak kecil dalam meningkatkan kadar oksigen yang ada di dalam darah dan juga otak.

Otak kamu membutuhkan pada pernapasan yang dilakukan secara baik dan benar, yang berguna agar meningkatkan kemampuan  konsentrasi dan kecerdasan IQ otak. Dan otak yang dalam keadaan sibuk maka akan tetap dingin.

6. Belajarlah sebanyak mungkin.
Dengan kata lain juga, kita harus belajar terus selama masih hidup, dan kita harus mencari segala sesuatu untuk dipelajari, tentunya hal-hal yang baik dan bermanfaat. 

Banyak pihak yang mengatakan bahwa tempat pendidikan atau secara umum yaitu sekolah merupakan sebuah wadah yang ternyata paling berharga dalam dunia pendidikan, hal itu karena ketika belajar di sekolah maka otak akan membuat jalur saraf...

...Dimana dengan semakin banyaknya jalur saraf yang tercipta maka membuat kemampuan IQ otak menjadi lebih cerdas.

Dengan mendidik seorang anak pada usia dini, maka sangat bermanfaat ketika anak tersebut tumbuh menjadi dewasa. 

Untuk itu tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa ketika seseorang telah tamat sekolah atau bahkan kuliah, maka dirinya baru hanya berada pada langkah awal, di dalam perjalanan dirinya untuk belajar seumur hidup. 

Jka otak jarang diasah untuk berfikir, maka akan menjadi tumpul dan kemampuan IQ pun menjadi sangat menurun. Demikian sebaliknya, rajin mengasah otak dengan terus belajar hal baru memberikan manfaat untuk kecerdasan IQ.

7. Belajarlah Membaca Cepat
Jika memang Kamu kesulitan dalam melakukan hal pada poin ke-7 ini, maka ketahuilah bahwa dengan membaca cepat maka sangat bermanfaat agar kita juga bisa memahami dengan cepat, sehingga hal ini akan membuat otak menjadi benar-benar terlatih, yang membuat kemampuan IQ menjadi meningkat.

Untuk itu sangat disarankan agar kita dapat berlatih membaca dengan cepat. Memang perlu waktu dan usaha yang kuat agar memiliki kemampuan membaca cepat yang baik

8. Tarik Nafas Dalam-dalam.
Ada kalanya kita juga sekali-kali menarik nafas dengan dalam-dalam, karena memiliki manfaat agar asupan oksigen menjadi sangat baik di dalam darah anda, serta juga asupan oksigen ke otak juga menjadi sangat baik. 

Apabila tingkat oksigen rendah pada darah maka hal ini mengakibatkan kemampuan fungsi otak menjadi menurun.

Ambil napas yang dalam, lambat dan rileks ketika sedang berpikir.

9. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.
Dengan memanfaatkan pada setiap waktu yang kita miliki, seperti ketika waktu senggang kala mengantri, maka dari pada bengong Kamu dapat melakukan berbagai hal yang bermanfaat, dan baik untuk mengasah kemampuan otak. 

Dengan rajin menggunakan dan mengasah pikiran maka akan sangat baik agar IQ menjadi baik dan tajam dalam berpikir.

10. Beristirahat Secara Berkala.
Ini sebenarnya memiliki manfaat yang lumayan besar, karena dengan membiasakan diri beristirahat sejenak, seperti setengah jam sekali, Kamu hanya perlu mengistirahatkan otak dan tubuh sekitar 3 menit saja...

Maka hal ini sangat baik untuk me-refresh otak atau pikiran menjadi segar kembali, dan hal-hal yang Kamu ingat atau pelajari sebelumnya akan dapat lebih kuat untuk diingat.

loading...

11. Latih semua indra pada tubuh
Berdasarkan yang dijelaskan oleh para ahlinya bahwa otak manusia itu akan dapat terlatih secara efektif dengan melakukan hal-hal yang melibatkan indra tubuh.

Dimana baik itu anak-anak maupun orang dewasa akan dapat dengan baik jika melakukan hal-hal (kegiatan) yang melibatkan pendengaran atau suara, penglihatan, emosi, orientasi ruang, bahkan juga pada indra perasa sekalipun.

Semua itu berkaitan dengan otak.

Ada penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas atau sekolah, yang inti dari hasil penelitiannya adalah bahwa seorang murid yang sebelum pelajaran melakukan aktifitas berjalan-jalan di lingkungan sekolah, maka ketika belajar di kelas dirinya akan  dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik. 

Untuk itu hendaknya melatih organ atau indra yang ada pada tubuh, karena hal itu akan merangsang otak yang bermanfaat untuk meningkatkan IQ.

[Update]
Cara meningkatkan IQ otak

12. Rajin (selalu) membaca
Kalau kita perhatikan masyarakat Jepang, seringkali mereka dalam keadaan membaca, seperti ketika di kereta api, bus, tempat menunggu dll, mereka semua "kompak" untuk membaca. Karena sifat rajin membaca inilah yang membuat Negara Jepang menjadi maju.

Manfaat rajin membaca, selain menambah pengetahuan, juga membuat Kamu terpacu untuk menggambarkan teks-teks yang Kamu baca. Dimana, otomatis otak akan “memanggil” informasi terdahulu, untuk dikaitkan dengan informasi yang tengah Kamu dapatkan sekarang.

13. Biasakan otak "rajin" menggambarkan ciri-ciri dari sesuatu
Misalnya, saat dikatakan "semut", maka yang dibayangkan adalah hewan yang sangat kecil bentuknya, dan sering berkumpul di suatu tempat yang terdapat manis atau gula.

Sebaliknya, saat dikatakan "gajah", maka yang ada di benak Kamu yaitu seekor hewan, dengan tubuh yang sangat besar, warna abu-abu, telinganya besar, belalainya panjang dan lucu.

Lalu jika dikatakan, “Dia bersungguh-sungguh”, maka yang ada di benak adalah orang tersebut memiliki kemauan yang kuat, tidak mudah menyerah, rela capek dll.

Walaupun hal ini dinilai sepele, akan tetapi ada manfaat besar berupa otak yang semakin terbiasa digunakan dan dilatih, ini akan memacu kescerdasan atau IQ Kamu.

Kita dapat membedakan barang seperti radio, ponsek, TV dan laptop, Karena ada ciri-cirinya, sehingga kita hanya perlu membuat gambaran tentang sesuatu tersebut, guna melatih pikiran agar jernih serta terhindar dari "gaje".

14. Biasakan konsentrasi pada satu hal Dulu
Dengan melakukan ini akan membantu Kamu agar dapat lebih fokus dalam mmecahkan suatu masalah.

Pad dasarnya, pikiran tidaklah baik digunakan untuk memecahkan beberapa masalah sekaligus dalam satu waktu yang sama (multi-tasking). Hal ini perlu dihinari karena dapat "menghancurkan" kemampuan fokus yang Kamu miliki.

Jika masalah A belum selesai, tetapi dalam waktu singkat malah pindah ke masalah B, lalu ke masalah C, D dan seterusnya, maka ini bisa merusak mood Kamu dan membuat Kamu nantinya kesulitan untuk fokus, konsentrasi, serta menurunkan kemampuanmu untuk tahan dan kuat dalam menghadapi suatu kondisi yang berat

Sehingga hal yang baik dilakukan, yaitu biasakan fokus pada suatu hal dahulu, ketika masalah berhasil dibereskan, maka baru pindah ke masalah lainnya untuk diselesaikan.

15. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup dan berkualitas tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk keseehatan dan kecerdasan otak, Saat tidur tubuh akan mengalami regenerasi sel-sel dan mengehilangkan (mengeluarkan) racun-racun di dalam tubuh.

Tidur yang berkualitas yaitu di awal malam (pada jam 8-9 malam), kemudian biasakan berwudhu sebelum tidur karna sangat menyegarkan tubuh (sesuai dengan ajaran Rasulullah), hindari makan 1 jam sebelum tidur, dan matikan lampu ketika tidur


16. Mulai dari sekarang rajinlah menulis
Dengan menulis, menjadi hal yang sangat jelas untuk membuat Kamu rajin berpikir, yang nantinya kemampuan IQ meningkat.

Di jaman sekarang sangatlah enak, (tidak perlu kertas) karena ada banyak media yang dapat Kamu gunakan untuk menulis, seperti Blog, Facebook, Twitter, dll.

Dengan menulis maka Kamu telah memanfaatkan waktu Kamu dengan cukup baik, dari pada hanya nongkrong "diem-dieman" gak jelas, maka gunakan waktu untuk menulis, ataupun dengan mambaca hal yang bermanfaat.

Ingat!! Menulislah hal-hal yang baik di Blog, Twitter, Facebook dll.

17. Selalu berpikir positif
Ini sangat penting, karens rasa stress dan kecemasan berlebih mengakibatkan tenganggunya perkembangan neuoran otak. Alhasil dapat berakibat buruk pada IQ seseorang. Sehingga penting untuk membiasakan diri untuk berpikir positif serta berpikir solutif, dimana manfaatnya mempercepat proses produksi neuron otak, yang sangat baik untuk meningkatkan IQ seseorang.

18. Perlu juga memiliki rasa penasaran yang positif
Dimana rasa penasaran menjadikan seseorang akan suka bertanya-tanya, yang hal ini membuat Kamu terpicu karena terus berpikir untuk mencari tahu jawaban. Manfaat dari hal itu adalah Kamu dapat menemukan sesuatu yang baru.

Dimana kalau kita flash back kebelakang, penemu-penemu terkenal terdahulu, mereka adalah orang yang memiliki IQ yang sangat tinggi, hal itu karena mereka terus menggali hal-hal yang baru, berangkat dari rasa penasaran mereka.

Akan tetapi rasa penasaran juga perlu diarahkan, yaitu gunakan rasa penasaran pada hal-hal yang positif dan sederhana.

19. Miliki sifat kasih sayang dan lemah lembut
Dengan berkasih-sayang terhadap sesama, memiliki manfaat agar pikiran menjadi tenang dan fresh, selain ada seguang manfaat lainnya.

Adapun ketika Kamu dalam keadaan bermasalah, sedang marah, sedang kesal karena selalu memikirkan kesalahan orang lain pada diri kita, maka hal ini cenderung membuat pikiran Kamu panik dan tidak tenang, alhasil membuat kita kesulitan untuk menggunakan akal sehat dalam keadaan emosi seperti itu.

20. Rajin mengevaluasi
Orang-orang jenius ber-IQ tinggi ternyata memiliki hobi untuk mengevaluasi berbagai hal dalam kehidupan mereka. Sehingga mereka bisa terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, yang tidak terus-terusan mengulangi kesalahan lama yang dilakukan. Sehingga mereka umumnya menjadi orang yang sukses.

21. Menulislah dengan tangan setiap kali ada kesempatan
Kamu bisa menulis bebas seperti catatan biasa, catatan kejadian dalam aktivitas sehari-hari, catatan untuk garis besar naskah sebuah karangan, dan berbagai jenis catatan lainnya. Lebih baik untuk menulis dengan menggunakan tangan dibandingkan mengetik di komputer atau laptop. Dimana manfaat ekstra dari mnulis menggunakan tangan yaitu meningkatkan rangsangan visual dan fisik.

22. Jangan mudah bosan
Penting untuk SELALU menggiatkan diri dengan berbagai hal yang bermanfaat untuk kemajuan diri kita. Hal sederhana yng bisa Kamu lakukan yaitu melakukan hal kreatif seperti mencoret-coret atau melukis, bisa juga membaca buku bermanfaat yang berisi pengetahuan (bukan komik).

Hindari sering bersantai di depan TV karena Kamu akan kehilangan poin IQ yang berharga untuk diri Kamu, hal itu karena menonoton TV ataupun bermain Facebook dan Twitter tidak bisa merangsang otak. Kamu perlu mencari kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

23. Tantang otak dengan sesuatu yang baru
Kamu perlu sesekali mencoba melakukan hal-hal atau kegiatan yang baru, yang manfaatnya membuat pikiran menjai erpacu untuk inovatif dan kreatif. Dimana pikiran akan terlatih dengan sesuatu yang baru dikenal, yang bisa meningkatkan kualitas intelektual otak.

24. Kunyah permen karet
Para ahli kesehatan mnyatakan bahwa mengunyah permen karet membantu untuk mengurangi pembentukan bakteri dan juga memperkuat otot rahang.

Manfaat lainnya, menguyah permen karet dapat membuat seseorang bisa lebih waspada dan berkonsentrasi.

Mengunyah permen karet dengan rasa mint juga bermanfaat sebagai stimulus untuk mengatasi mengurasi rasa lelah dan dapat meningkatkan memori otak.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan