13 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Perkembangan otak Anak yang sangat tergantung pada masa pertumbuhannya dari bayi, hingga masa remajanya.

Pada masa-masa seperti ini orang tua dituntut untuk dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak.

Kita dapat memberikan nutrisi dan gizi yang mencukupi untuk sang anak, agar pertumbuhan otak anak dapat berjalan dengan baik.

Dengan perkembangan otak anak yang baik, maka akan baik juga memori otak dan keterampilan dari sang anak.

Perkembangan otak anak yang kurang baik, maka dapat menyebabkan sang anak akan kesulitan dalam menghafal sesuatu, dan juga daya pikirnya lemah.

Sehingga sejak dini kita harus dapat memantau pekembangan otak sang anak, agar dapat berkembang dengan baik.

Makanan untuk kecerdasan otak anak

Makanan yang bermanfaat untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak

1. Ikan salmon

Ikan merupakan sumber terbaik untuk kandungan asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk perkembangan oak anak. Para ahli sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan salmon yang memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang tinggi.

Penelitian yang dilakukan para ahli, bahwa dengan mengkonsumsi salmon dapat membuat memori pkiran menjadi lebih kuat dan tajam.

Berdasarkan hasil studi di Goteborg University, Swedia, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur akan mengalami perkembangan otak yang lebih baik.

Terutamanya pada jenis ikan berminyak, seperti ikan tuna, salmon, dan makarel, yang jenis ikan-ikan tersebut paling banyak mengandung asam lemak omega 3.

”Kalau mau pintar, sering-seringlah makan ikan.” kata dr. Maria Aberg 

Menurut dr. Maria Aberg, yang merupakan salah seorang peneliti, ikan salmon memiliki peran penting untuk pertumbuhan otak pada anak-anak, bahkan kandungan yang di dalamnya juga berperan dalam memelihara fungsi otak pada orang dewasa.

Asupan lemak sehat omega 3 juga bermanfaat untuk menjaga kelenturan otak.

”Kelenturan otak terkait erat dengan kemampuan otak mengorganisasi hubungan antarsel di dalamnya. Sehingga memengaruhi tingkat inteligensi serta tingkah laku emosional dan sosial pada seseorang,” kata dr. Maria Aberg.

Ikan salmon juga mengandung yodium, kandungan ini bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, menjaga suasana hati (mood) agar tetap baik.


2. Sayuran berwarna

Berbagai macam saturan berwarna seperti wortel, kangkung, tomat, labu, bayam dan yang sebagainya merupakan makanan yang kaya akan antidioksidan.

Makanan tersebut dapat menjaga kesehatan dan kekuatan otak. Pada umumnya, semakin warna sayuran cerah dan segar, maka semakin banyak kandungan antidioksidannya. Selain itu masih banyak manfaat kandungan yang dimiliki oleh sayuran.

Penjelasan dari beberapa jenis sayuran yang manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdaasan daya pikir, terutamanya lagi bagi anak-anak, yaitu:.
  1. Bayam. Kandungan penting yang ada di dalam sayuran berdaun hijau ini seperti folat, vitamin E dan vitamin K. Manfaatnya untuk mencegh resiko demensia, mencegah (menurunakn resiko) berkurangnya fungsi otak karena masalah usia, melindungi otak dari stress okdidatif, kandungan flavonoid di dalam bayam berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer
  2. Ubi Jalar. Ubi jalar kaya akan karbohidrat, vitamin B6, dan antioksidan yang manfaatnya untuk membantu tubuh dalam membersihkan darah dan meningkatkan kemampuan otak.
  3. Wortel. Wortel sumber vitamin B, vitamin C, dan beta karoten, yang khasiatnya membantu tubuh untuk meningkatkan memori dan fungsi otak serta memperlambat tanda-tanda penuaan.
  4. Tomat. Tomat mengandung licopene yang khasiatnya mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh, mencegah penyakit demensia dan penyakit Alzheimer.
  5. Brokoli. Brokoli kaya vitamin K yang manfaatnya untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak, dan memperlambat efek penuaan.
  6. Kubis Merah. Kubis merah (kol merah) kaya akan kandungan antioksidan, yang sering disebut polifenol, manfaatnya untuk menurunkan resiko kerusakan sel, serta mencegah dan mengobati Alzheimer.
  7. Bawang Putih. Bawang putih mengandung antioksidan yang manfaatnya untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan, memperlancar sirkulasi darah, menurunkan kolesterol dan memperkuat sistem kardiovaskular.


Penelitian tentang manfaat bayam untuk kecerdasan otak
Sebuah studi yang diterbitkan di dalam "Experimental Neurology" pada tahun 2005, dengan penelitian menggunakan hewan. Bahwa hewan yang diobati dengan suplemen makanan bayam menunjukkan penurunan kerusakan otak.

Para peneliti percaya bahwa sifat antioksidan kuat yang ada pada bayam, dengan vitamin C dan beta-karoten mampu untuk memerangi efek neurodegenerative dari radikal bebas, serta mencegah molekul tidak stabil yang menyebabkan penyakit.

Kandungan flavonoid di dalam bayam juga membantu untuk mengurangi penumpukan plak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Selain itu, bayam berperan untuk melindungi otak dari degenerasi terkait usia.

Penelitian tentang manfaat ubi
Ubi mengandung vitamin B-6, karbohidrat dan antioksidan, yang bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Sebuah studi yang diterbitkan di "Journal of American College of Nutrition" pada tahun 2009, menemukan bahwa ubi jalar, yang kaya kandungan antioksidan ampun untuk melawan radikal bebas.

Kandungan vitamin A, C dan E, protein polifenol, ampuh untuk melawan peradangan dan permasalahan umum degenerasi usia. Sehingga diet dengan ubi jalar mampu menjaga kesehatan dari permasalahan yang ditimbulkan dari efek alami penuaan.

Penelitian tentang manfaat kankung
Kangkung adalah sayuran berdaun hijau yang sarat dengan kandungan antioksidan. Berdasarkan dari penjelasan Asosiasi Alzheimer. The American Academy of Neurology menyatakan bahwa sayuran berdaun hijau menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan otak.

Antioksidan yang terjadi secara alamiahpada kangkung, dengna kandungan seperti vitamin A, C, E dan selenium, memiliki peran panting untuk kesehatan otak dan menurunkan resiko tubuh terkena Stroke.

Sumber informasi penelitian manfaat bayam. ubi, kankung: Healthyeating.Sfgate.com

3. Susu dan yogurt

Susu sangat kaya akan manfaat, di dalam susu terdapat sumber protein, kalsium, vitamin D, vitamin B dan kalium. Sangat bermanfaat untuk perkembangan jaringan otak, enzim, dan neurotransmiter. Susu sangat baik dikonsumsi, terutama untuk anak-anak dan juga remaja.

Kandungan protein dan vitamin B penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan enzim dalam tubuh. Mengonsumsi susu atau yogurt membuat perut bertahan dari lapar, hal itu karena kandungan protein dan karbohidratnya. Adapun vitamin D juga penting untuk otot dan saraf sistem dan sel-sel tubuh manusia secara keseluruhan.

Kandungan di dalam susu juga dinyatakan bermanfaat untuk memori otak, setelah sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur minum susu, atau produk susu lainnya seperti yoghurt, keju dan es krim, ternyata mendapatkan hasil lebih baik dari tes kunci yang dilakukan guna mengetahui kekuatan dan kecerdasan otak mereka. Demikian seperti dilansir dari Dailymail.co.uk

Para ilmuwan bertanya pada 972 pria dan wanita, dalam rangka survei tentang diet yang mereka lakukan, termasuk mengenai seberapa sering mereka mengkonsumsi produk susu, hingga bertanya mengenai apakah mereka menyertakan susu dalam teh dan kopi mereka.

Rata-rata peserta berusia 23 hingga 98 tahun, untuk menyelesaikan serangkaian tes yang ketat untuk memeriksa konsentrasi mereka, memori dan kemampuan belajar.

Penelitian ini diterbitkan dalam International Dairy Journal, menunjukkan orang dewasa yang mengkonsumsi produk susu setidaknya 5-6 kali seminggu, (umumnya) jauh lebih baik dalam menjalani tes memori dibandingkan dengan mereka yang jarang makan atau minum susu atau produk susu.

Para peneliti menyimpulkan dari penelitian ini, menyaranakn agar memulai hari dengan susu rendah lemak atau susu bebas lemak.'

Para peneliti, dari Universitas Maine di AS, percaya nutrisi tertentu dalam produk susu, seperti magnesium, mempu  mencegah masalah kehilangan memori otak.

loading...

4. Buah berry

Buah Berry diantaranya seperti BlueBerry, Ceri, Stawberry, dan Blackberry. Buah-buahan tersebut sangat baik sebagai nutrisi untuk perkembangan otak anak, dan juga meningkatkan daya ingat.

Jus yang berasal dari buah ataupun sayuran kaya akan kandungan vitamin dan mineral, mampu untuk meningkatkan fungsi kinerja otak dan memori. Seperti yang manfaatnya besar dan rasanya nikmat yaitu membuat jus blueberry (buah berry).

Buah berry kaya akan kandungan antioksidan yang mampu untuk memerangi radikal bebas penyebab terjadinya kerusakan sel dalam tubuh dan otak. Buah berry sangat populer dengan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya, yang berperan sebagai polifenol, atau lebih khususnya anthocyanin.

Buah blueberry dapat meningkatkan fungsi BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor), merupakan sinyal kunci yang merangsang produksi sel otak baru, yang juga menghasilkan efek anti penuaan pada kulit.

Khusus pada ekstrak dari blueberry, berkhasiat untuk mengurangi dan mencegah peradangan pada otak, selain itu secara alami membantu gen yang terdapat di otak, membantu kerja otak supaya lebih efisien, serta menurunkan masalah rasa stres.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang secara umum mudah ditemukan dan juga murah harganya, tetapi memiliki manfaat kandungan yang sangat tinggi. Kuning telur memiliki kandungan kolin, yang sangat berguna dalam membantu perkembangan otak, terutama untuk anak-anak dan remaja.

Ayam dan telur dapat meningkatkan memori Anda. Diet kaya akan kandungan kolin membantu melindungi otak Anda dari efek alami penuaan. Para peneliti di Boston University menemukan bahwa orang-orang yang rajin mengkonsumsi makanan yang tinggi kolin, mengalami lebih baik pada tes memori, serta mengalami resiko lebih rendah masalah demensia. Demikian seperti dilansir dari Dailymail.co.uk

Untuk studi terbaru, seorang peneliti senior Dr Rhoda Au menyisir melalui hasil dari survei kesehatan jantung yang sudah lama berjalan.

Hampir 1.400 orang dewasa yang berusia 36 sampai 83 menjawab kuesioner diet antara 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001, mereka menjalani tes memori dan kemampuan kognitif lain.

Studi menemukan, bahwa pria dan wanita dengan asupan kolin yang baik mampu melakukan tes memori dengan lebih baik. Ini dinyatakan benar, dengan sudah mempertimbangkan faktor lainnya seperti pendidikan hingga asupan lemak dan kalori para peserta.

Dr Au mengatakan bahwa melihat efek manfaat dari mengkonsumsi kolin tidak dapat hanya dari waktu singkat. Akan tetapi, (dari temuan ini) dapat diketahui bahwa orang dengan asupan kolin yang lebih rendah, lebih beresiko terkena masalah penurunan mental (di masa depan) dibandingkan mereka yang memperoleh asupan kolin yang mencukupi bagi tubuh.

6.  Selai kacang

Kacang tanah dan selai kacang menjadi sumber vitamin E, yang merupakan antioksidan berguna untuk melindungi membran sel saraf. Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam pengelolaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh

Dari informasi yang dikutp dari Webmd.com, Steven Pratt, MD, penulis "Superfoods Rx: Fourteen Foods Proven to Change Your Life" menjelaskan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak, terutama bagi anak-anak.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari vitamin E, kata Steven Pratt. Vitamin E yang tinggi mampu mengatasi masalah penurunan kognitif saat usia bertambah tua.

Steven Pratt menyarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti walnut, hazelnut, kacang Brasil, filberts, almond, kacang mete, kacang, biji bunga matahari, biji wijen, biji rami, mentega kacang, selai kacang dan mentega almond.

Jika Anda sedang diet sodium, sehingga perlu membatasi konsumsi sodium, maka Anda bisa membeli kacang tanpa asupan garam di dalamnya.

7.  Biji-bijian gandum

Selama ini Anda tahu bahwa gandum ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Ada banyak sekali kandungan nutrisi dari gandum. Berdasarkan penelitian, gandum memiliki kandungan kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, zat besi, mineral, serat, saponin, fitosterol, squalen, dan orisanol serta tokotrienol yang dapat menurunkan kandungan kolestrol di dalam darah.

Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh, dimana itu bersifat harus terus menerus, sehingga makanan seperti gandum bisa kita andalkan untuk mendukung kebutuhan tubuh.  Di dalamnya memiliki kandungan serat yang dihasilkan dari biji-biji nya. Serat yang terdapat pada biji-bijiannya tersebut bermanfaat dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap tetap berfungsi sehat.

Biji gandum kaya serat yang mampu mengatasi permasalahan pada pencernaan, tubuh seperti masalah susah buang air besar (BAB), berfungsi mengikat lemak jenuh yang berasal dari makanan, serta memiliki komponen prebiotik untuk kesehatan saluran pencernaan.

8.  Oat / Oatmeal

Oatmeal menjadi sereal yang banyak dikonsumsi orang-orang, terutama anak-anak banyak yang menyukainya. Oatmeal kaya akan nutrisi penting bagi otak, yang menyediakan energi untuk otak sehngga oatmeal sangat tepat jika dikonsumsi sebagai sarapan.

Kandungan serat di dalam oatmeal mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan otak anak. kandungan vitamin E, vitamin B, seng dan kalium di dalam oatmeal membantu agar fungsi otak menjadi mampu maksimal dalam bekerja.

Informasi dari Menshealth.com, Peneliti dari University of Toronto menemukan bahwa konsumsi makanan kaya karbohidrat tertentu seperti oatmeal memberikan suntikan glukosa atau gula darah, yang disalurkan ke otak.

Arnold Scheibel, M.D. mantan direktur UCLA Brain Research Institute. Menjelaskan manfaat glukosa dalam darah untuk menjaga kualitas memori dan konsentrasi.

Dalam satu studi, peneliti Inggris menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kafein sekitar satu cangkir kopi mengalami peningkatan perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.


9.  Kacang-kacangan

Kacang punya kandungan energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin dan juga mineral, yang sangat baik untuk otak anak, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Menurut hasil penelitian, menemukan bahwa kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya, asan lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak anak.

10. Cokelat

Setiap anak pastinya menyukai cokelat. Akan tetapi perlu diketahui, cokelat di sini adalah cokelat asli yang terbuat dari 60% kakao atau cokelat hitam.

Hal ini berbeda dengan cokelat pada umumnya. Cokelat hitam memiliki rasa yang sedikit lebih pahit, akan tetapi manfaatnya mampu meningkatkan kecerdasan otak anak yang menkonusmsinya.

Kandungan flavonoid pada cokelat hitam juga berkhasiat untuk menurunkan resiko  demensia dan penurunan kognitif ketika masa lansia.

Dari Bebrainfit.com, bahwa dark chocolate meningkatkan suasana hati, melindungi otak dari kerusakan, meningkatkan memori dan fokus, mengurangi stres dan manfaat lainnya.

Makan coklat hitam dapat membuat Anda bahagia, dimana dark chocolate meningkatkan produksi hormon endorfin. Endorfin mampu mengikat reseptor opiat di otak menyebabkan perasaan euforia., yang juga mengurangi rasa sakit dan stres.

Cokelat juga menjadi sumber kaya tryptophan, sebuah prekursor asam amino untuk serotonin, yang manfaatnya agar suasana hati menjadi baik dan positif.

Dark chocolate juga meningkatkan aliran darah ke otak, guna meningkatkan memori, meningkatkan konsentrasi, dan kemampuan memecahkan masalah. Flavonoid dalam cokelat terbukti memperlancar aliran darah ke otak.

Sebuah studi di Harvard Medical School, menemukan bahwa minum dua cangkir cokelat panas memberikan fek peningkatan aliran darah ke otak selama 2-3 jam.

Tetapi bukan berarti kita harus setiap waktu mengkonsumsi cokelat, akan tetapi yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai mengkonsumsi cokelat, entah itu 1 kali dalam sehari ataupun 1 kali dalam seminggu.

Cokelat hitam juga melindungi otak dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan pembelajaran, memori, dan fokus, karena kandungan flavonoid dari kakao (buah cokelat).

Lactobacilli dan Bifidobacteria adalah dua jenis bakteri baik yang paling umum di dalam usus, yang itu ditemukan di sebagian besar suplemen probiotik. Bakteri tersebut mampu bertindak sebagai antioksidan, yang salah satu fungsinya melindungi otak Anda dari kerusakan radikal bebas. Cokelat bertindak sebagai prebiotik.

Mengkonsumsi cokelat “organik” umumnya merupakan indikator yang sangat baik, guna mendapatkan makanan cokelat dengan kualitas yang baik pada umumnya. Sehingga hindari memilih yang berasal dari cokelat yang terkandung bahan kimia yang tidak alami

11. Kunyit

Kunyit sering disebut dengan substansi yang disebut dengan curcumin, yang manafatnya untuk pertumbuhan otak. Curcumin dari kunyit bermanfaat dalam melawan peradangan dan pembentukan plak blok Alzheimer.

Kunyit yang dicampur madu, dapat menjadi suplemen tradisional yang cukup ampuh bagi ksehatan otak anak, dimana resep tradisional ini seringkali digunakan oleh orang-orang tua dulu untuk menjaga kesehatan anak secara umum.

12. Daging segar

Daging segar memiliki manfaat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan memori anak, selain itu memiliki manfaat besar dalam membangun kekuatan tulang Anak.

Akan tetapi, perlu diketahui dan selalu diingat, bawha daging yang dikonsumsi haruslah segar, bebas dari zat-zat pengawet, dan juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi daging sapi dan kambing.

Profesor emeritus neurobiologi, Robert Pickard dari Universitas Cardiff mengatakan bahwa (seperti dikutip Daily Mail) walaupun otak hanya dua persen dari berat tubuh seseorang, akan tetapi otak menggunakan sekitar 20 persen dari asupan energi tubuh.

Selain itu, menurutn Robert Pickard daging merah menyediakan jenis asam lemak omega 3 (DHA) yang sangat penting untuk perkembangan otak.

Apabila tingkat DHA rendah, dapat mempengaruhi berbagai aspek fungsi kognitif dan kesehatan mental. Terutama pada anak-anak dan remaja.

Sumber DHA yang baik seperti minyak ikan, jika anak-anak tidak bisa makan ikan atau seafood karena alergi, maka sebagai alternatifnya daging merah bisa menjadi pilihan baik, tetapi batasi juga konsumsinya.

Studi menunjukkan bahwa daging dari hewan yang diberi makan rumput sehingga menjadi daging organik, punya kandungan omega 3 yang lebih tinggi.

Daging merah juga merupakan sumber yang kaya vitamin B12 yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel otak.

13. Brokoli

Brokoli  menjadi makanan sehat untuk kecerdasan otak anak, yang hal ini tidak perlu diragukan, karena brokoli menjadi sayuran yang punya nutrisi dan gizi yang sangat tinggi.

Bokoli juga kaya akan Vitamin C, Vitamin K dan kolin. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak anak, untuk meningkatkan kognitif anak.

Khusus kandungan kolin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan anak, dan menjaga kesehatan neurotransmitter. Kandungan vitamin C pada brokoli berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi kuat, selalu fit dan bersemangat, dan tubuh tidak mudah jatuh sakit.

[BONUS]
Agar otak anak lebih pintar dan cerdas:
  1. Beri minum ASI saat bayi. Sudah banyak penelitian yang menyatakan ASI yang terbaik untuk si kecil, yang gizinya terbaik sehingga wajib memberikan ASI pada bayi, jangan susu formula.
  2. Ajak berbicara sejak bayi. Seorang peneliti dari Sydney University, menjelaskan bahwa meskipun seorang bayi belum bisa berbicara, tetapi terkadang mereka dapat merespon perkataan anda dengan sebuah ekspresi. Otak bayi menyerap semua perkataan yang didengar.
  3. Membacakan cerita. Menurut seorang pakar pendidikan Dr. Rosmarie Truglio, mengatakan bahwa membacakan anak cerita akan membuat anak mencintai buku bacaan, memberi kosakata baru dan menambah keterampilan berbahasa pada anak. 
  4. Ikut bermain. Dengan mengajak bermain si buah hati akan menambah keintiman hubungan antara orang tua dan anak, meningkatkan kemampuan otaknya, mengenali bakatnya, menambah kebutuhan emosionalnya, dan mendapatkan hal-hal baru. 
  5. Olahraga secara teratur. Olahraga dapat dilakukan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa, yang akan berdampak baik untuk kesehatan otak. Metabolisme yang lancar bermanfaat untuk memacu kecerdasan anak, pada orang dewasa berolahraga juga berguna menghindari stress dan depresi.
  6. Sarapan pagi. Sejak tahun 1970, banyak penelitian yang membuktikan bahwa seorang anak yang mendapatkan sarapan pagi memiliki ingatan yang lebih tajam dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.
  7. Pupuk rasa ingin tahu. anak. Anda bisa memberikan berbagai keterampilan dan berbagai didikan, yang lambat laun anak berani bertanya hal-hal yang menurut mereka menarik. 
  8. Hindari junk food. Junk food (makanan cepat saji) mengandung kadar gula dan lemak yang berlebihan, yang berbahaya bagi perkembangan otak anak. 
  9. Batasi menonton TV. Menurut para ahli psikologi anak, bahwa memberikan waktu 2 jam per hari untuk menonton TV sudah cukup untuk anak. Umumnya acara TV berdampak negatif bagi psikologis anak.
  10. Hidupkan kehangatan keluarga. Dengan kehangatan keluarga meningkatkan keterampilan anak. Lakukan komunikasi yang baik, berikan rasa kasih sayang, berikan perhatian sepenuhnya untuk anak. Ini menjadi langkah awal yang baik untuk mendapatkan anak yang cerdas. Sebaliknya, orang tua yang memiliki karakter keras dan menyiksa anak, maka malah memberikan tekanan dan beban berlebihan pada anak, menghancurkan kreativitas anak, hingga berakibat menurunkan kecerdasan anak.
  11. Mengenal Alam. Ajak bermain dan mengenali alam disekitarnya selama 20-30 menit dalam sehari. Manfaatnya agar mengimpuls daya konsentrasi dan memori otak. Dengan berjalan-jalan disawah, bermain sepak bola dll akan menambah kepuasan tersendiri pada anak.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan