20 Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat Musim Hujan


Apabila cuaca dalam keadaan yang tidak menentu, seperti pagi hingga siang hari suhu udara terasa sangat panas, tetapi saat malam hari dan menjelang sore tiba-tiba hujan lebat turun yang membuat suhu menjadi mendadak dingin.

Dengan kondisi seperti ini maka bukan tidak mungkin daya tubuh seseorang, terutama anak-anak akan mudah terserang penyakit seperti flu.

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak. influenza pada anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor diri si anak, faktor virus dan faktor lingkungan.

Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat Musim Hujan
Hujan | Sumber gambar: Pixabay.com/

Bagi sang ibu yang memiliki si kecil, maka perlu menjaga suhu badan sang anak agar tetap stabil dan tidak mudah terserang flu.

Tips menjaga anak agar terhindar dari penyakit saat musim hujan:

#1. Terapkan pola hidup sehat
Sangat dianjurkan untuk sang Ibu mulai membiasakan pola hidup sehat pada diri anak sejak dini.

Beberapa hal yang diajarkan seperti membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan (terutama sebelum makan) lalu membilasnya hingga bersih dengan air yang mengalir.

Ajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, saat mandi, dan setelah dari toilet.

Contoh lainnya: saat di meja makan, motivasi anak untuk mengonsumsi makanan sehat, terutama sayuran yang sangat besar manfaaat bagi anak-anak. Selain itu juga buah-buahan, ikan dan lainnya.

#2. Pastikan istirahat anak cukup
Untuk mengembalikan kebugarannya, maka dorong sang anak untuk beristirahat sekitar 8 jam dalam sehari. Hindari dirinya dari kelelahan secara berlebihan, dan juga hindari stres pada anak yang menyebabkan daya tahan tubuh anak menjadi menurun.

Kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres dan menyebabkan tubuh meradang sehingga tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit.


#3. Banyak Minum
Banyak minum adalah cara untuk menjamin kecukupan cairan tubuh anak, yang penting untuk kelangsungan metabolisme tubuhnya.

Hal itu karena dehidrasi atau kurang cairan membuatnya sangat rentan terkena penyakit karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun.

#4. Jauhkan anak dari udara dingin dan lembab
Virus influenza akan lebih lama hidup dan semakin kuat (berbahaya) di udara yang bersuhu dingin dan lembap. Untuk itu hindari sang anak dari terpapar udara dingin dan lembab.

Demikian juga hindari mengkonsumsi minuman dingin seperti es atau lainnya dalam keadaan seperti itu.

#5. Berikan makanan yang cocok
Dengan memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup, diharapkan daya tahan tubuh anak dapat tetap kuat. Anda perlu memberikan menu empat sehat lima sempurna yang dapat diperoleh dari nasi, telur, susu, daging, ikan, sayuran dan buah-buahan.

#6. Hindari kontak dengan penderita flu
Untuk menghindari anak dari penularan virus flu, yang tampaknya paling perlu dilakukan adalah hindari kontak langsung dengan penderita melalui bersin, sehingga dapat masuk melalui hidung, mulut, dan mata.

Untuk itu para Ibu hendaknya memperhatikan dengan baik lingkungan sekitar dari sang anak. Pada musim hujan usahakan tidak mengajak si kecil bepergian ke tempat-tempat umum dan ramai seperti mal, terminal, stasiun, pasar dan lainnya.

#7. Dorong anak agar rajin olahraga
Olahraga yang rutin dan teratur seperti yang sederhana yaitu jogging ringan, maka akan memberikan manfaat pada tubuh yang membuat daya tahan tubuh anak kuat. Sehingga tubuh pun tidak mudah untuk terserang virus penyakit.

loading...

#8. Cegah anak berlama-lama bermain mandi hujan
Hal ini juga sangat penting, hindari anak-anak melakukan yang namanya mandi hujan, karena bisa berbahaya bagi dirinya. Jika kita lihat, banyak anak-anak yang sengaja mandi hujan sehingga tubuhnya kedinginan.

#9. Jaga dan perhatikan kebersihan si kecil
Kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit yang paling umum. Untuk itu bagi para orang tua terutama ibu, sedapat mungkin untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi si kecil.

Selain itu, perhatikan kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut bisa menjadi sumber kuman dan penyakit untuk menyerang tubuh.

#10. Dorong anak untuk konsumsi buah dan sayur
Jenis makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan bagi tubuh anak. Dengan mengkonsumsinya akan sangat baik karena membantu tubuh terhindar dari penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh.

Selain untuk kekeblan tubuh, terdapat segudang manfaat sayuan dan buah yang membantu tumbuh kembang anak dengan baik hingga masa dewasanya.

#11. Berikan minum madu pada anak
Untuk bayi dengan usia berada diatas 2 tahun, maka orang tua sudah bisa untuk memberikan madu alami, manfaatnya menajaga fungsi sistem kekebalan tubuhnya.

Kandungan di dalam madu memiliki zat anti-kuman, anti-virus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

#12. Disarankan segera mandi jika anak kehujanan
Jika Si Kecil kehujanan, segeralah ajak mandi untuk melindungi dirinya dari berbagai jenis infeksi. Hindarkan ia dari ruangan ber-AC setelah terguyur hujan, karena bisa memicu demam atau batuk.


#13. Bersihkan rumah dari nyamuk
Saat musim hujan membuat nyamuk berkembang dengan cepat. Jangan biarkan hal tersebut terjadi. Bersihkan selalu rumah Anda secara teratur.

Perhatikan tempat-tempat yang biasa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti pot bunga, selokan dekat rumah dan jendela. Bersihkan semuanya.

Pastikan juga air di baik, ember dan lainnya ditutup agar tidak menjadi kembang biak nyamuk.

#14. Hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan
Virus flu dapat masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut, terutama jika belum mencuci tangan. Untuk itu, kondisikan tangan selalu bersih dan cegah kebiasaan suka menyentuh wajah.

#15. Konsumsi makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang harus diperbanyak dikonsumsi adalah sayuran dan buah-buahan.

Pilih sayur dan buah berwarna hijau gelap, kuning, dan merah. Perbanyak pula mengonsumsi asupan protein seperti telur atau ikan.

#16. Pakaikanlah baju hangat, jaket, sarung tangan, kaos kaki, sarung tangan, dan sepatu hangat saat anak melakukan aktivitas di luar rumah.

#17. Di saat musim penghujan waktu anak bermain harus dibatasi. Disaat kondisi udara yang dingin minta anak agar sering di dalam rumah untuk menghangatkan badan. Hal ini untuk mencegah hipotermia.

#18. Saat mengantarkan anak ke sekolah, pakaikan padanya perlengkapan hujan yang lengkap. Tidak hanya jas hujan atau payung, siapkan pula sepatu bot, untuk melindunginya dari air hujan, genangan air, serta cipratan air yang mengalir di jalan-jalan.

#19. Pastikan selalu anak Anda dan keluarga mengkonsumsi air dan makanan yang bersih. Beberapa jenis penyakit seperti kolera dan diare dapat menyerang, disebabkan oleh air yang telah terkontaminasi.

#20. Berikan vaksinasi untuk anak Anda. Bawalah Anak anda ke dokter dan minta rekomendasai vaksin yang tepat untuk Anda.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman