14 Manfaat Penting Mengkonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan salmon cukup populer dan banyak disukai orang-orang karena tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya enak, disamping itu juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Ikan salmon sering dianggap sebagai super food, karena kandungannya yang sangat banyak dan bergizi, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan di dalam ikan salmon yaitu omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, protein kualitas tinggi, asam amino, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan fosfor

Daging ikan salmon

Manfaat Kandungan ikan salmon bagi kesehatan tubuh

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan asam lemak omega-3 dan asam amino pada ikan salmon, sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya pandang, serta dapat mengatasi masalah mata kering (kronis) dan masalah keletihan mata.

Mengonsumsi salmon 2 kali dalam seminggu telah terbukti mampu menurunkan risiko degenerasi makula (penyakit mata kronis) yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.

Untuk mencegah bahkan mengobati penyakit yang disebut sindrom mata kering ini, maka yang disarankan adalah mengkonsumsi 2-4 porsi dalam seminggu.

Minyak ikan salmon juga sangat baik untuk meningkatkan penglihatan, selain untuk menghindari degenerasi makula (karena faktor usia).

Kandungan lemak Omega-3 dinilai efektif dalam memerangi masalah degenerasi makula dan mata kering kronis.

2. Melindungi Kulit

Asam lemak Omega-3 selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, juga dapat membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga dapat juga membuat kulit menjadi lebih awet.

Manfaat lainnya adalah mencegah terjadinya kanker kulit dan serangan penyakit lainnya. Selain itu, manfaat dari ikan salmon adalah menjaga kekuatan rambut.

Sebuah penelitian dari The University of Manchester, memberikan hasil penelitian tentang menkonsumsi salmon...

...bahwa orang yang rajin mengkonsumsi omega 3 ternyata memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat dari paparan sinar matahari terhadap kulit.

Sehingga mengkonsumsi ikan salmon sangat efektif dalam mencegah tubuh terkena kanker kulit.

3. Memaksimalkan fungsi otak

Dengan kandungan gizi ikan salmon yang melimpah, sehingga dapat mendukung perkembangan otak, terutama pada anak-anak.

Ikan salmon juga mengandung vitamin A dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang aktifitas otak.

Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, stroke, kolesterol tinggi dan beberapa lainnya.

Ikan salmon dikaitkan dengan manfaat penurunan depresi, serta beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara IQ dengan makanan asam lemak yang kaya akan kandungan omega-3 .

Yang menarik, sebuah penemuan terbaru yang disebut dengan protectins, itu adalah senyawa khusus yang terbuat dari DHA.

Hasil studi menunjukkan bahwa ikan salmon bermanfaat sebagai anti-inflamasi molekul, terutama yang diproduksi jaringan saraf.

Ada spekulasi mengatakan bahwa kemampuan otak atau daya pikir terkait dengan asupan omega-3, karena konversi dari DHA untuk protectins, yang juga membantu dalam mencegah terjadinya masalah peradangan.

Kandungan vitamin D (yang ada di dalam ikan salmon) juga sudah terbukti menjadi faktor yang utama dalam mendorong kemampuan fungsi kognitif semaksimal mungkin.

4. Meningkatkan konsentrasi

Ikan salmon dengan kandungan Omega-3 di dalamnya, yang bermanfaat menjaga kondisi mood, semangat dan meminimalisir terjadinya depresi...

Alhasil dengan kondisi psikologi yang baik, maka membuat kemampuan fokus atau konsentrasi menjadi lebih baik.

Sebuah penelitian di Australia, mendapatkan hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan kaya folat memiliki memori yang lebih kuat, bahkan kemampuan penyampaian informasi ke otak juga lebih cepat. Buah-buahan yang kaya folat seperti melon, pisang, jeruk, strawberry dan lemon.

Adapun pada kacang polong, kacang almond, mete, kenari mengandung asam lemak dan folat yang berguna juga untuk meningkatkan mood.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang terdapat pada ikan Salmon membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh, dan mempertahankan kelenturan pembuluh darah.

Sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung, mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi), dan menguatkan otot jantung.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of the American Assosication, menjelaskan bahwa adanya keterkaitan antara mengkonsumsi ikan kaya akan kandungan lemak omega 3 dengan mengatasi penyakit jantung koroner.

Selain itu, ada beberapa riset penelitian lainnya yang menyebutkan beberapa manfaat dari mengkonsumsi lemak ikan (termasuk salmon) bagi kesehatan tubuh

6. Menurunkan resiko diabetes

Kandungan Asam lemak omega-3, vitamin D dan juga selenium pada ikan salmon membantu meningkatkan kerja insulin, untuk mengontrol kadar glukosa darah di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan American Journal of Nutrition, bahwa Asam lemak Omega-3 ternyata membantu menurunkan risiko penyakit diabetes.

Berdasarkan data dari WHO, penderita penyakit diabetes di seluruh dunia mencapai 220 juta penderita dan yang meninggal mencapai 3,4 juta penderita pada setiap tahunnya.

WHO memperkirakan jumlah penderita meninggal akan bertambah dua kali lipat (bahkan lebih) pada 2030. Hal yang cukup memprihatinkan.

Penelitian lainnya dari American Health Study, dengan partisipan 3.000 orang pria dan wanita paruh baya, menyatakan bahwa mengkonsumsi kandungan Omega-3 baik dari sumber tumbuhan ataupun sumber hewani berkhasiat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 2x lipat...

...dan mengkonsumsinya (termasuk ikan salmon) bisa dijadikan sebagai perawatan untuk penderita diabetes.

7. Mengendalikan Berat Badan

Ikan salmon bisa dijadikan makan diet, karena kandungan lemak pada ikan salmon menimbulkan rasa cepat kenyang.

Pada sebuah penelitian, menyatakan bahwa orang yang makan salmon beberapa kali dalam seminggu dapat menurunkan berat badan hingga 3 pon.

Selain sebagai sumber protein tinggi, ikan salmon ternyata memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon tidak memberikan resiko gemuk.

Kandungan ikan salmon juga membantu untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat meminimalisir terjadinya tumpukan lemak berlebih di dalam tubuh.

8. Membentuk otot

Kandungan protein tinggi pada ikan salmon tidak bisa dicerna secara mudah seperti karbohidrat.

Akan tetapi, manfaat dari kandungan protein tersebut, ternyata dapat membentuk otot yang membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh secara lebih maksimal.

Dengan kandungan protein yang tinggi pada ikan salmon, yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot yang rusak.

Selain itu, ikan salmon tidak mengandung senyawa karsinogenik,  sehingga mencegah terjadinya penyumbatan di dalam arteri.

9. Pencegahan Kanker

Vitamin D telah terbukti memiliki manfaat dan peran sangat penting dalam menurunkan risiko kanker, seperti jenis kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal.

Ikan Salmon memiliki kandungan vitamin D tinggi dan selenium, yang kedua kandungan tersebut sangat diperlukan untuk melawan beberapa jenis kanker tersebut.

Dengan memperoleh asupan omega-3 yang sesuai kebutuhan tubuh, sudah terbukti mampu melawan sel darah atau kelenjar getah sel yang berhubungan dengan timbulnya masalah kanker, seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma.

Menurunkan resiko kanker payudara

Para peneliti dari China menganalisa 26 studi internasional yang melibatkan 900.000 wanita, termasuk diantaranya terdapat 20.000 wanita yang menderita kanker payudara.

Hasil analisa menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan, umumnya mengalami penurunan risiko kena kanker payudara 14 persen lebih kecil.

Hasil studi juga menunjukkan bahwa adanya hubungan penurunan risiko dengan dosis. Disebutkan, setiap 0,1 gram peningkatan konsumsi kadar omega-3 per hari, dikaitkan dengan 5 persen penurunan risiko kanker payudara.

Sebagai perbandingan saja, bahwa pada satu sajian ikan salmon mengandung 4 gram asam lemak omega-3. Hal ini, bukan berarti membuat kita berlebihan dalam menkonsumsi sumber kandungan omega-3, tetap harus sesuai dengan kebutuhan tubuh (jangan berlebihan).

Asam lemak omega-3 adalah tipe lemak tidak jenuh yang telah diketahui berkhasiat mencegah penyakit jantung dan kanker.

Tetapi, para peneliti menjelaskan bahwa mengkonsumsi asam lemak omega-3 dari tumbuhan memilki khasiat yang lebih rendah dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Manfaat omega-3 bersumber dari ikan dinyatakan yang paling baik dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Sementara tidak jelas, apakah memberikan manfaat mengkonsumsi omega-3 dari suplemen dalam usaha menurunkan resiko kanker payudara.

Bahkan, dari tinjauan 48 studi, memperoleh kesimpulan bahwa masih belum jelas apakah omega-3 dari suplemen mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

10. Untuk kesehatan tulang

Matahari membantu tubuh untuk mensintesis vitamin D yang ada di dalam tubuh, vitamin D sebenarnya bisa diperoleh dari makanan dan juga suplemen.

Ikan salmon menjadi salah satu jenis makanan kaya akan sumber vitamin D, yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Selain itu, pada ikan salmon terdapat kandungan kalsium yang juga tinggi, yang berkhasiat untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga untuk kesehatan tulang yang baik dan maksimal, maka jangan lupakan mengkonsumsi ikan salmon, minimal 1-2 kali dalam seminggu.

Penelitian ahli kesehatan menemukan bahwa mengkonsumsi omega-3 secara rutin bermanfaat untuk membantu menjaga osteoporosis.

Sepeti yang dipublikasikan di Women’s Health Initiative (WHI), bahwa peneliti Ohio State University melakukan pengamatan, yang menemukan hasil bahwa wanita yang memiliki kadar kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi (mencukupi) dalam darah, memiliki resiko lebih rendah terkena patah tulang punggul.

11. Mencegah terjadinya peradangan

Penelitian yang dilakukan tentang manfaat kandungan ikan salmon, salah satunya menunjukkan bahwa kandungan asam omega-3 lemak dapat dikonversi oleh tubuh menjadi tiga jenis senyawa, yang manfaatnya untuk mencegah peradangan kronis.

Peneliti dari pihak Harvard Medical School dan Brigham dan Women’s Hospital, menemukan bahwa diet tinggi dalam minyak ikan berkhasiat membantu meningkatkan kondisi tubuh dan menghindarkan dari sakit radang

12. Meredakan Depresi

Asam lemak omega-3 dinilai bermanfaat untuk meredakan depresi, akan tetapi ini bisa terjadi jika penderita depresi mengonsumsi ikan salmon bersamaan dengan obat antidepresan (tentunya sesuai resep dokter).

Pada sebuah studi, menemukan hasil penelitian bahwa wanita hamil yang mengonsumsi kandungan asam lemak omega-3 yang mencukupi untuk tubuh, selama menjalani proses kehamilan bermanfaat menurunkan risiko depresi pasca kehamilan.

Ikan salmon yang di dalamnya terdapat kandungan triptofan, berkhasiat sebagai obat penenang alami untuk mengatasi susah tidur.

Dimana tidak terpenuhinya kebutuhan tidur, dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, seperti penakit jantung, rasa stres, depresi, bahkan kanker.

Gunakan URL singkat: http://goo.gl/6AnZKz (untuk share artikel ini ke Twitter)

13. Mengkonsumsi salmon saat hamil turunkan risiko asma pada anak

Sebuah penelitian di Negara Inggris menemukan bahwa adanya hubungan antara konsumsi ikan dan risiko asma pada anak.

Ilmuwan dari Southampton University mengklaim, bahwa mengkonsumsi salmon saat hamil dapat menurunkan risiko asma ketika anak memasuki usia tiga tahun.

"Ikan salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, mencegah reaksi alergi bulu binatang, dan serbuk sari yang kerap memicu asma," ujar peneliti, Profesor Philip Calder, seperti dikutip the Sun.

Pada usia tiga tahun, satu dari sepuluh anak-anak didiagnosis asma, dimana kasus tersebut umumnya bukan dari kelompok yang mengonsumsi salmon.

"Temuan kami menunjukkan, bahwa intervensi gizi awal selama kehamilan bisa memberikan efek jangka panjang bagi kesehatan," lanjutnya.

Walaupun hasil penelitian dari studi ini belum dipublikasikan di jurnal, akan tetapi sudah dipresentasikan pada Experimental Biology Conference di Amerika Serikat.

Dimana yang diharapkan dari studi ini, guna meningkatkan harapan hidup anak.

14. Manfaat ikan salmon untuk anak

Bersumber dari situs Fitnea.com, disana dikatakan bahwa  asupan ikan salmon menjadi pilihan yang tepat bagi orangtua yang ingin anaknya berprestasi di sekolah. Karena kandungannya yang sehat, rendah kalori, dan juga rasanya lezat.

Ikan salmon atlantik memiliki kandungan 415 kalori, 46 gram protein, nol karbohidrat, dan 23 gram lemak.

Kemudian kaya aan kandungan asam lemak omega-3 esensial, eicosapentaenoic, dan asam docosahexaenoic.

Ikan salmon memiliki peran berar untuk meningkatkan kecerdasan otak atau daya pikir seseorang, terutama anak-anak.

Ikan Salmon juga memasok banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan otak.

Perhatian!!

Walaupun ikan salmon memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat, ikan salmon juga dilaporkan mengandung sedikit merkuri, sehingga jangan berlebihan  dalam mengkonsumsinya.

Akan lebih baik jika menu makanan berganti-ganti atau bervariasi.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan