10 Tips Penting Mandi yang Baik, Sehat dan Menyenangkan

Mandi umumnya dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari, dengannya tubuh terhindar dari kotoran penyakit, dan badan juga menjadi segar.

Karena orang yang jarang mandi, beresiko besar terkena problem kesehatan kulit seperti kulit terasa gatal-gatal, dan malas mandi ini membuat kita menjadi terlihat kusam dan kelihatan tidak segar...

...masalah lainnya yaitu merusak penampilan, serta dibayang-bayangi penyakit kulit, kotoran, keringat dan debu yang menempel pada kulit. 

Tips Penting Mandi yang Baik, Sehat dan Menyenangkan

Mandi juga menjadi cara terbaik untuk relaksasi diri dari segala kepenatan kegiatan yang dilakukan dalam seharian, dan juga membantu merefesh pikiran.

Yang menjadi masalah, mungkin  kita justru merasakan sesuatu yang LEBIH BURUK setelah melakukan Mandi, seperti muncul masalah kulit yang terasa kering, gatal, rambut terasa kusut dan berbagai masalah lainnya.

Masalah seperti itu bisa terjadi karena metode dan pola mandi yang kurang baik, entah itu dalam penggunaan sabun, shampoo dan hal lainnya yang membuat kita setelah mandi, justru merasakan hal-hal yang buruk setelahnya.

Menurut penelitian terbaru, memperoleh hasil penelitiannya bahwa mandi tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran serta meminimalisir stress, tetapi mandi punya peran yang besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu untuk membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan membantu dalam menyembuhkan masalah medis yang serius.

Pada sebuah studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, disana dijelaskan bahwa penderita diabetes yang melakukan terapi berupa setengah jam berendam di dalam bak air hangat, berhasil menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

Penelitian lainnya yang terpisah dilakukan di Negara Jepang, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 10 menit berendam dalam air hangat bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu dalam menjalani test olahraga menjadi lebih baik dan mengurangi rasa sakit di tubuh.

Tips Mandi yang sehat dan menyenangkan...

Langsung saja berikut di bawah ini tips mandi yang baik dan benar, sehingga nantinya dapat menyehatkan tubuh.

1. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi memang hal yang harus dilakukan setiap hari, minimal dua kali dalam sehari, tetapi jika mandi terlalu lama justru merupakan hal yang tidak baik.

Apalagi untuk Kamu yang suka mandi berendam yang terlalu lama, yang malah mengakibatkan kulit menjadi kering nantinya, sehingga bukannya kulit menjadi sehat nantinya, malah sebaliknya.

Berdasarkan penjelasan dari parah ahli bahwa mandi itu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja, bahkan itu sudah waktu yang paling lama.

Sehingga hindari mandi sampai setengah jam, bahkan lebih, selain menghabiskan waktu, juga tidak sehat.



2. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Mandi dengan air yang sangat panas harus dihindari, karena air yang terlalu panas tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering-kering.

Direkomendasikan mandi dengan menggunakan air biasa saja, kecuali jika memang udara yang dingin, sehingga Kamu merasa tidak kuat.

Untuk itu, Kamu bisa mandi dengan menggunakan air yang panasnya suam-suam kuku saja. 

3. Sabun yang Lembut

Yang amat penting diketahui dalam membersihkan badan ketika mandi dengan menggunakan sabun, maka usahakan untuk tidak menggunakan sabun yang berpotensi membuat kulit menjadi kering dan kasar.

Hendaknya menggunakan sabun yang memiliki daya pembersih yang lembut, serta memiliki tingkat pH yang seimbang, hal ini sangat perlu agar kulit terhindari dari yang namanya iritasi.

4. Jangan membiasakan menggosok tubuh dengan handuk

Untuk poin keempat ini mungkin Kamu menganggapnya aneh, karena umumnya setelah mandi maka pastinya akan menggunakan handuk, yang mungkin Kamu selalu lakukan selama ini (selama bertahun-tahun).

Penting diketahui, bahwa hal ini tidak baik dilakukan jika terlalu sering, dimana menggosokan tubuh ke handuk sehabis mandi dapat merusak kulit, serta juga menghilangkan kelembapan.

Untuk itu jangan terlalu sering menggosokan handuk ke tubuh...

Atau sebagai cara amannya Kamu boleh sering menggunakan handuk, syaratnya gunakan handuk yang permukaannya sangat halus.

Selain itu jika tidak terburu-buru, Kamu bisa mengganti kebiasaan menggosok menggunakan handuk diganti dengan menepuk-tepukan tangan pada kulit untuk mengeringkan badan.

Dengan begitu, jangan lupa untuk menghindari mandi yang terlalu lama, hindari juga mengeringkan badan dengan menggunakan handuk terlalu keras sehingga merusak badan, serta hindari menggunakan sabun yang terlalu keras menekan pada kulit.

Adapun untuk keramas maka cukup maksimalnya 1 kali saja dalam sehari.

loading...

5. Urutan mandi yang baik

Umumnya kebanyakan orang mandi dengan secara langsung mengguyur semua bagian badan, cara mandi seperti itu menimbulkan resiko kita bisa terkena masuk angin dan influenza...

Serta hawa panas tubuh menjadi “terperangkap” di dalam tubuh, yang dengan begitu keseimbangan hawa di dalam tubuh dengan lingkungan menjadi kurang baik.

Hal ini menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit dan tubuh juga kurang nyaman jadinya.

Berikut di bawah ini cara mandi yang benar sehingga nantinya dapat meningkatkan kesehatan tubuh:
  1. Pertama-tama menyiram tubuh mulai dari ujung jari kaki hingga ke arah atas sampai bagian lutut (bagian kanan dan kiri sekaligus).
  2. Lalu menyiram air dari lutut hingga ke perut 
  3. Menyiram air mulai dari perut hingga ke pundak
  4. Menyiram air mulai jari ujung jari tangan hingga ke pundak
  5. Menyiram air dari leher hingga ke kepala. 
  6. Setelah itu baru Kamu bisa dengan bebas mengenai atau menyiram seluruh tubuh.

Dengan begitu, secara umum kita hendaknya mandi mulai dari bagian bawah terlebih dahulu, yang tujuannya agar hawa panas tubuh nantinya terangkat ke bagian atas tubuh, agar dapat dengan mudah dibuang / keluar lewat lubang-lubang (rongga) tubuh, seperti melalui mulut, hidung dan telinga. 

Juga ketika menyiram perut dan dada maka seringnya akan merasakan dingin atau merinding, karena sedang bergeraknya hawa panas tubuh dari bagian bawah badan ke bagian atas.

Dengan mandi menggunakan metode ini selama 3 bulan, maka Kamu akan merasakan badan menjadi lebih segar dan ringan.

6. Menggunakan sabun yang mengandung scrub

Usahakan membeli dan menggunakan sabun yang mengandung scrub, dimana manfaatnya  agar sel-sel mati pada tubuh mengelupas, sehingga dengan begitu semua kotoran dan sel mati menjadi hilang / terbuang  dari tubuh.

7. Hindari terlalu sering menggunakan air panas

Terlalu sering menggunakan air panas, selain akibat buruknya yaitu mengeringkan kulit, air panas juga menyebabkan minyak alami di dalam tubuh keluar sehingga membuat pembuluh darah halus bisa muncul di wajah.

8. Disarankan mandi menggunakan gayung

Hal itu karena mandi menggunakan gayung ternyata dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, serta menggunakan gayung akan lebih menghemat air dibandingkan dengan menggunakan shower..

9. Jika ingin juga mandi air hangat... maka bisa diselang-seling saja mandi air biasa dan air hangat

Kamu bisa secara “bergantian” mandi menggunakan air biasa dan air hangat, karena ini juga dinilai bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi dan metabolisme darah di dalam tubuh,..

Sehingga sedikit banyak dapat bermanfaat untuk menghilangkan nyeri dan rasa lelah berlebih, serta jiwa dan tubuh menjadi lebih terasa segar.

Tetapi ingat, hindari selalu mandi dengan air hangat. Bahkan lebih bagusnya yaitu sering mandi dengan air biasa, sehingga mandi dengan air hangat sesekali saja.

[PENELITIAN]
Mandi air dingin lebih menyehatkan dari pada air hangat

Hasil penelitian yang dipublikasikan Healthmeup, dikutip Dechacare.com, bahwa mandi air dingin bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, mencegah terjadinya cedera otot dan mengatur kadar asam urat agar tetap baik.

Manfaat mandi air dingin (biasa) selanjutnya yaitu untuk kesuburan pria. Yang sebaliknya, mandi air panas jutru tidak baik untuk testis Anda, karena bisa mengakibatkan resiko penurunan jumlah sperma.

Manfaat selanjutnya yaitu membangun kekebalan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dimana mandi air biasa dapat meningkatkan sel darah putih, sehingga meningkatkan metabolisme. Yang setelahnya, meningkatkan panas tubuh dan sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

Saat tubuh disiram air dingin, secara otomatis tubuh nantinya menghasilkan panas, yang hal ini membuat metabolisme tubuh cepat meningkat. Ketika kondisi ini, maka karbohidrat dan lemak dibakar sehingga membuat tubuh merasa hangat (padahal sebelumnya mandi air dingin / biasa).

Manfaat lainnya dari mandi air dingin yaitu menurunkan resiko tubuh terkena nyeri kronis dan termasuk nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, menjaga fungsi ginjal, menurunkan resiko pembengkakan, hingga bermanfaat dalam mengatur sistem saraf otonomik.

Sumber:
http://makassar.tribunnews.com/2015/08/05/hasil-penelitian-mandi-air-dingin-lebih-baik-daripada-air-hangat

10. Hindari mandi pada malam hari

Hal itu karena sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, serta “mengundang” berbagai penyakit, disarankan mandi pada pagi dan sore hari.

Apabila pada siang hari terasa sangat panas, maka Kamu bisa mandi ringan pada siang hari yang sangat panas itu.



[UPDATE] 

Perhatikan 7 area tubuh penting saat mandi:

  1. Leher. Apabila tidak bersih (dalam membersihkan leher) mengakibatkan kulit kemerahan, gatal, bersisik disebabkan kuman epidermofiton dan trikofiton.
  2. Kaki. Apabila tidak bersih mengakibatkan kutu air / tinea pedis karena kuman epidermofiton dan Trikofiton.
  3. Belakang Telinga. Apabila tidak bersih menyebabkan bisul atau impetigo, karena berkmbangnya bakteri stafilokokus aureus disana.
  4. ketiak. Apabila tidak bersih mengakibatkan timbulnya bisul, budukan dan gatal akibat kuman pediculus humanus.
  5. Punggung. Apabila tidak sampai bersih mengakibatkan timbulnya panu.dan jerawat di punggung.
  6. Lipatan Tangan. Apabila tidak sampai bersih bisa membuat bagian lipatan tangan mengalami kemerahan dan gatal.
  7. Selangkangan. Apabila tidak sampai bersih mengakibatkan timbulnya, budukan, gatal akibat kuman phthirus pubis, kandidiasis (infeksi akibat jamur Candida), Tinea Cruris / kurap (akibat infeksi jamur dermatofita)

[UPDATE]
Tips mandi lainnya

Mandi untuk mengatasi stress
Ketika mengalami stress, depresi atau pikiran yang berat, maka mandi air dingin bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Untuk temperatur yang dianjurkan yaitu sekitar 12-18 derajat Celsius. Mandi air dingin berkhasiat untuk meredakan ketegangan.

Mandi untuk mengeluarkan racun
Untuk mengeluarkan racun maka yang disarakan mandi dengan air hangat, yaitu sekitar 32-35 derajat Celsius yang akan membuka pori-pori tubuh guna melancarkan proses mengeluarkan toksin (racun) dari alam tubuh.

Manfaat lainnya mandi air hangat yaitu membantu menurunkan tingkat gula darah, mengurangi nyeri akibat sakit otot dan membantu menjaga kesehatan usus besar. Adapun waktu yang dianjurkan untuk mandi hangat adalah selama 10-20 menit, jangan lebih dari itu karena justru kurang baik.

Mengatasi Eksema
Jika mengalami masalah kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal, maka bisa memasukan baking soda (sodium bicarbonate) secukupya ke dalam bak mandi, karena ternyata memberikan manfaat yang besar.

Dimana zat sodium bicarbonate berperan sebagai antiseptik. Untuk melakukannya, isi air dengan air hangat kuku, setelah itu masukan kira-kira satu pound baking soda, lalu aduk sampai rata (bisa menggunakan tangan).

Dianjurkan untuk berendam selama 10-20 menit. Jangan lebih dari itu.

Mengatasi flu dan Sakit Kepala
Dengan hanya berendam kaki dalam air hangat memberikan manfaat untuk membantu mengatasi penyakit sakit kepala dan flu, disamping juga pastinya akan menyegarkan kaki.

Untuk melakukannya, hanya perlu memasukan air hangat dalam bak, tidak usah banyak-banyak yang  penting bisa menutupi kaki, setelah itu masukan beberapa tetes minyak, seperti lavender, peppermint maupun lemon.

Adapun waktu merendam kaki adalah 10-20 menit, setelah itu basuh dengan menggunakan air dingin atau biasa.

Insomnia
Merendam kaki menggunakan air dingin memiliki manfaat untuk mengatasi masalah insomnia atau masalah susah tidur di awal malam.

Kamu hanya perlu memasukan kaki sampai kaki terasa dingin, lakukan beberapa menit saja, jangan lama-lama, sesuai dengan kemampuan kaki, jika kaki sudah terasa kedinginan atau tidak nyaman maka segera hentikan.

Dengan melakukan ini juga bermanfaat untuk mengatasi kaki lelah.

Semoga bermanfaat.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan