35 Kebiasaan & Makanan Penyebab Cepat Tua

Ada yang mengatakan (sepertinya benar juga perkataannya) bahwa wajah seseorang ketika sudah tua akan tergantung dari cara dirinya menjalani hidup ketika pada masa muda.

Jika ada orang tua, ternyata terlihat masih bugar dan segar pada masa senjanya, kemungkinan karena gaya hidupnya selagi muda yang baik dan sehat.

Pada beberapa kebiasaan tertentu, memang ada yang dapat mengakibatkan penampilan seseorang menjadi terlihat cepat tua.

Pengaruh makanan juga bisa membuat Kamu terlihat lebih cepat tua atau sebaliknya.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan gaya hidup yang diterapkan.

Pemilihan gaya hidup sangat mempengaruhi diri tampak lebih tua dibandingkan dari usia sebenarnya, selain tentunya juga kesehatan tubuh secara umum.

Memang, menjadi tua adalah sesuatu yang pasti terjadi, tetapi terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang lebih cepat tua, dimana penyebabnya tersebut sering tidak disadari.

Kebiasaan menjadi penyebab cepat tua

Beberapa rutinitas yang kita lakukan sehari-hari, yang tidak disadari mungkin saja membuat cepat tua, sehingga kebiasaan tersebut perlu diminimalisir, berikut poin-poin penjelasannya di bawah ini.

1. Menonton TV secara berlebihan

Duduk hingga berjam-jam di depan TV tidaklah baik untuk kesehatan organ tubuh terutama, pinggang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Queensland, hasil penelitian menyatakan bahwa setiap jam yang digunakan untuk menonton TV, maka dapat mengurangi umur selama 22 menit.

Penelitian tersebut, intinya menyatakan bahwa duduk berlama-lama (menonton) di depan TV tidaklah baik.

Hendaknya perlu mencari aktifitas lain yang lebih menggerakan badan.

Masih dari penelitian tersebut, bahwa orang yang menonton TV dalam waktu yang lama akan beresiko tinggi terkena penyakit Alzheimer.

2. Kebiasaan merokok

Bukan sebuah hal yang samar lagi bahwa merokok sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh...

...buruknya rokok juga ternyata dapat merusak penampilan seseorang.

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli bahwa selain merokok dapat memperpendek umur hidup, membuat seseorang terkena resiko penyakit jantung dan paru-paru yang sangat tinggi.

Selain itu, ternyata merokok juga dapat berakibat aktifnya enzim yang dapat memecah elastisitas kulit.

Dan walaupun seseorang yang bukan perokok berat, maka juga tetap mendapatkan efek buruknya berupa kerutan halus serta kulit yang pucat, karena disebabkan aktifitas merokok tersebut.

3. Minum dari botol dengan menggunakan sedotan

Mungkin Kamu akan terkejut dengan pernyataan bahwa meminum minuman dengan menggunakan sedotan dapat menjadi penyebab seseorang cepat tua.

Hal itu karena ketika minum menggunakan sedotan, maka mulut akan mulai mengerut, sehingga akan menimbulkan kerutan di sekitar mulut, hal ini sama juga seperti ketika merokok.

Untuk itu sangat disarankan agar Kamu minum dari gelas untuk menghindari terjadinya kerutan.

4. Jarang atau tidak pernah berolahraga

Memang manfaat olahraga ini tidak dapat diukur secara pasti untuk membuat seseorang tetap terlihat muda.

Adapun jarang olahraga berakibat buruk berupa meningkatnya risiko kegemukan, serta juga resiko terkena sakit jantung meningkat .

Kemudian manfaat olahraga juga bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer, memberikan perasaan dan mood baik, sehingga tubuh akan terasa lebih bertenaga.

Selain itu, ternyata olahraga bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah ke kulit, sehingga hal ini bermanfaat agar Kamu kulitnya tetap terlihat bercahaya, serta terlihat muda.

5. Terlalu banyak berolahraga

Dan sebaliknya, terlalu banyak olahraga ternyata tidaklah baik, karena dapat membuat persendian menjadi kaku dan menambah risiko radang sendi...

...olahraga berlebihan seperti ini justru membuat seseorang menjadi cepat tua.


6. Terlalu sering menggunakan pemanas dan pendingin ruangan

Pemanas maupun pendingin ruangan yang umum digunakan oleh banyak orang, ternyata dapat berakibat kulit menjadi kering...

...sehingga akan menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini, serta rentan terkena kerutan sebelum waktunya.

Untuk itu, disarankan ketika menggunakan pemanas maka gunakan secukupnya, dengan kecilkan tingkat pemanas ruangan.

Kemudian jangan lupa untuk menyimpan segelas air di dalam ruangan yang bermanfaat untuk membantu menambah kelembapan udara dengan mengkonsumsi air yang cukup.

7. Diet rendah lemak yang keliru

Mungkin ada orang yang ingin melakukan diet rendah lemak dengan tujuan tentunya untuk mengurangi berat badan...

Akan tetapi dengan mengurangi makan yang mengandung lemak sehat Omega-3 dapat mengakibatkan hal negatif, yaitu beresiko membuat cepat tua.

Zat Omega-3 ini yang terkandung pada minyak ikan, kacang kenari, dan biji-bijian ini tidak hanya penting untuk membuat kulit sehat dan terhindar dari kerutan yang berlebihan...

...tetapi juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan otak, serta membuat jantung menjadi sehat.

Untuk itu, walaupun sedang diet, tubuh tetap perlu memperoleh asupan Omega-3 dalam sehari-harinya.

8. Malas / jarang mengkonsumsi buah dan sayuran

Ketika tubuh semakin tua, maka tubuh hanya akan membutuhkan kalori lebih sedikit.

Agar ketika pada masa penuaan tetap dalam keadaan sehat dan mengurangi kulit keriput, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berkalori dari sumber yang bergizi.

Sumber yang terbaik yaitu buah-buahan dan juga sayuran berwarna.

Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup maka sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah cepat tua.

Demikian sebaliknya juga, ketika malas atau jarang mengkonsumsi sayuran maka sangat beresiko untuk membuat cepat tua pada seseorang.

9. Memendam dendam di dalam dada

Ini tidaklah baik, perlu diketahui bahwa hidup terlalu singkat dan berharga, sehingga jangan habiskan waktu dengan lama memendam dendam di dalam dada.

Untuk itu, sangat baik jika kita melupakannya saja (ikhlas), walaupun untuk memaafkan memang cukup sulit, tetapi dengan melupakannya maka akan membuat dada Kamu menjadi lebih lapang.

Sehingga dengan dada yang lapang akan membuat dirimu akan tetap terlihat muda.

Adapun jika terus-terusan memendam dendam dan terus mengingatnya, maka membuat dada menjadi sesak, sehingga dapat membuat Kamu lebih cepat tua.

10. Pekerjaan yang berat

Tentunya memiliki pekerjaan merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki, tetapi perlu diketahui bahwa pekerjaan menjadi sumber stres untuk banyak orang, yang akibatnya mempercepat penuaan.

Kecuali jika Kamu dapat menjalani pekerjaan sehari-hari tersebut dengan rasa yang fun dan enjoy maka tidaklah bermasalah.

Yang menjadi masalah adalah tekanan pekerjaan yang sangat berat sehingga menimbulkan rasa stres dan frustasi.

Tentunya ini sangat tidak baik, untuk itu cobalah bagaimana caranya supaya merasa enjoy dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

11. Kurang tidur

Tubuh membutuhkan waktu tidur minimalnya adalah 6 jam untuk kebanyakan orang, sehingga dengan begitu kesehatan akan dapat kembali optimal.

Kurang tidur mengakibatkan tubuh tidak dapat kembali optimal, sehingga apabila kebiasaan ini terjadi terlalu sering, maka dapat membuat seseorang lebih cepat tua.

12. Mendengarkan musik dengan suara keras

Kehilangan pendengaran menjadi gejala penuaan yang umum diketahui.

Sebagian orang kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik dengan volume sangat keras melalui headphone.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik memengaruhi turunnya fungsi (kemampuan) pendengaran untuk sementara waktu.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa mendengar musik yang terlalu keras, beresiko tinggi menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen.

loading...

13. Bekerja berlebihan

Pekerjaan yang menjenuhkan sehari-hari (apalagi jika bekerja di pabrik yang sangat menguras tenaga), dapat menjadi penyebab stres dan depresi, yang hal ini menimpa banyak orang.

Perlu diketahui, bahwa rasa stres yang dialami bisa memicu resiko serangan jantung, selain itu membuat tubuh rentan mengalami penuaan sel.

Selain itu, pekerjaan yang menghabiskan terlalu banyak waktu (lebih dari 9 jam dalam sehari) membuat seseorang kesulitan dalam menyediakan waktu berolahraga, lebih suka mengkonsumsi makanan instan dari pada makanan sehat, serta tidur juga terganggu.

Rajin bekerja boleh-boleh saja, tetapi jika terlalu lama waktunya, perlu menguranginya sehingga dapat mengirangi risiko yang disebutkan diatas.

Dengan waktu kerja yang standar, maka di waktu sore dan malam hari dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya, serta untuk bersantai menenangkan pikiran dan tubuh...

...sehingga dengan pola hidup yang teratur, Kamu dapat terhindar dari masalah cepat tua (termasuk terhidar dari wajah yang cepat tua karena stress).

14. Penggunaan sabun mandi yang tidak baik

Kulit memiliki lapisan asam yang berfungsi untuk melindungi kulit secara alami.

Saat membersihkan kulit dengan sabun akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak tersebut...

...yang menyebabkan kulit menjadi kering dan juga bisa keriput. Hal ini disebabkan sabun mengandung zar alkali.

Untuk itu perlu hati-hati dalam menggunakan sabun. Tetapi bukan berarti Kamu berhenti mandi menggunakan sabun.

Kamu hanya perlu, sering menggunakan sabun dengan PH-netral, serta sabun tanpa bahan kimia. Selain itu jangan berlebihan dalam membersihkan kulit, secukupnya saja.

15. Menggunakan produk kosmetik tidak tepat

Hal ini dapat menimbulkan keriput. Sekarang, produk kosmetik murah sangat menjamur dipasaran. Produk kosmetik dengan harga murah biasanya memiliki kandungan yang tidak baik bahkan berbahaya bagi kulit.

Manfaat yang diberikan memang terbukti ampuh, tetapi jika berhenti memakainya menyebabkan kulit berubah seperti semula.

Masalah seperti ini banyak terjadi pada krim pemutih kulit, yang jika digunakan dalam jangka waktu lama, menyebabkan kulit keriput, timbul bintik hitam, hingga penyakit kanker.

Sehingga, penting untuk jeli dalam menggunakan produk kosmetik yang aman bagi kesehatan, dan juga tentunya ampuh untuk keindahan kulit.

16. Terlalu banyak terkena sinar matahari

Sinar matahari bagus, terutama ketika pagi hari (jam 7-9 pagi), adapun sinar matahari diatas jam 09.00 perlu dihindari...

...karena dapat membakar kulit dan membuat kulit keriput, terutama jika terlalu lama berada langsung di bawah sinar matahari.

Terlalu banyak kulit terkena sinar matahari menimbulkan munculnya garis-garis halus, yang lama kelamaan garis halus tersebut menjadi lebih tajam bentuknya, karena hal ini terbentuklah keriput.

17. Kurang minum air putih

Para ahli menjelaskan bahwa kekurangan konsumsi air menimbulkan stress pada kulit, yang menyebabkan kulit rentan berubah menjadi kusam dan keriput.

Untuk menghindarinya, minumlah minimalnya 8 gelas dalam sehari.

Selain dapat mencegah keriput, meminum air yang mencukupi untuk tubuh memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan seluruh organ tubuh.

18. Kekurangan vitamin dan mineral

Kekurangan vitamin dan mineral seringnya dialami wanita yang menjalankan program diet, tetapi salah caranya.

Mereka salah karena menghilangkan menu-menu “penting” yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seringga tubuh kekurangan kandungan penting tersebut.

Akibatnya, kulit sangat rentan terkena masalah kusam dan keriput yang lebih cepat.

Adapun kandungan vitamin dan mineral yang penting dikonsumsi, terdapat pada buah-buahan dan sayuran.

19. Stres berlebihan

Stres tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental, tetapi juga berdampak pada masalah fisik, salah satunya membuat tubuh menjadi tampak lebih tua dari yang seharusnya.

Hal yang sangat penting, agar Kamu berusaha mencoba melepas stres yang dialami, ketika pikiran sudah penat maka perlu merelaksasikan diri. Kamu juga dapat menambahkan aromaterapi di kamar tidur sehingga memperbaiki mood atau suasana hati.

20. Meremehkan tidur

Perlu diketahui, tidur sangatlah bermanfaat, dimana sel-sel tubuh (termasuk sel kulit) melakukan regenerasi atau perbaikan.

Ketika beraktivitas di luar rumah saat siang hari, sel-sel kulit berjuang untuk melawan paparan sinar UV dari matahari, serta radikal bebas.

Sehingga dengan tidur yang cukup, bermanfaat agar sel-sel kulit melakukan perbaikan dengan baik.

Adapun kekurangnya tidur menyebabkan proses regenerasi sel tersebut menjadi tidak maksimal, yang akhirnya beresiko menyebabkan penuaan dini pada kulit, yang ditandai kulit wajah yang kusam dan timbulnya lingkaran hitam di area mata.

21. Tidur tanpa menghapus make-up

Setelah lelah seharian beraktivitas di luar rumah, mungkin membuat malas untuk menghapus riasan pada wajah (make up).

Kebiasaan seperti ini bisa menjadi penyebab cepat tua sebelum waktunya.

Hal itu karena debu dan polusi yang menempel di kulit pada saat di luar rumah, menyebabkan timbulnya masalah kulit, seperti flek hitam, jerawat dll.

Sehingga jangan malas untuk membersihkan dan mencuci wajah sebelum tidur.

22. Mudah mengeluh

Terlalu sering mengeluh terhadap hal-hal yang tidak disukai ternyata bisa membuat Kamu terlihat jadi lebih cepat tua.

Karena biasanya saat mengeluh, tanpa disadari akan menyernyitkan dahi.

Secara psikologis, mengeluh juga tidak lah baik, karena dapat memicu stres dan depresi, yang akhirnya membuat seseorang cepat tua.

Untuk itu mulai dari sekarang, jadilah orang yang tidak mudah mengeluh, TEGAR dan KUAT dalam menghadapi segala persoalan.

23. Kebiasaan mengucek mata

Ini biasanya saat mengantuk atau saat mata terasa gatal, maka akan mengucek mata.

Kebiasaan mengucek mata ini bisa mempercepat munculnya keriput di daerah sekitar mata.

Sehingga untuk menghindari terjadinya penuaan dini, apabila memang tidak terlalu diperlukan maka hindari (minimal kurangi) mengucek mata.

24. Polusi udara

Polusi udara seperti asap dari pembakaran bahan bakar  dapat menyebabkan penuaan dini, dimana kulit menjadi stres, serta radikal bebas yang dihasilkan memicu resiko terjadinya pemecahan kolagen dan elastin pada kulit.

25. Pengaruh genetik.

Apabila seorang anak terlahir dengan mengikuti gen salah orang tuanya yang cepat tua, maka sang anak akan mengalami resiko tinggi yang demikian juga.

Makanan penyebab cepat tua

26. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonisasi, berkadar gula tinggi dan rendah nutrisi mengakibatkan seseorang terkena resiko obesitas, selain juga resiko penyakit berbahaya lainnya seperti hipertensi, diabetes, sakit jantung dan stroke.

Minuman soda yang tinggi gulanya, akan cenderung mengeringkan tubuh. Serta tidak baik untuk gigi dan kulit. Soda sangat asam yang menipiskan enamel gigi.

Dengan begitu, tidak diragukan lagi bahwa berlebihan mengkonsumsi minuman berkarbonisasi sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk itu kurangi mengkonsumsi minuman dengan jenis seperti itu, utamakan untuk meminum air putih.

27. Gula

Mengkonsumsi terlalu akan berakibat buruk untuk lingkar pinggang tubuh kita, selain itu mengkonsumsi gula secara berlebihan beresiko membuat kerutan pada kulit.

Saat gula dalam darah tinggi maka dengan begitu proses glikasi akan dapat merusak kolagen yang ada di dalam kulit.

Dengan rusaknya zat kolagen yang lentur sebelumnya dapat berubah menjadi keras, sehingga akhirnya memunculkan kerutan pada kulit.

Ahli Facelift, Doris J. Day, MD berkata bahwa gula dapat membebani jalur insulin. Hal ini memengaruhi pembuluh darah dan mempercepat proses penuaan kulit.

28. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol (apalagi berlebihan) maka sangat brbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi mental.

Kemudian juga sangat berbahaya untuk kesehatan organ-organ tubuh, yang termasuk dapat berakibat terjadinya penuaan dini.

Dr Hari menjelaskan bahwa alkohol dapat mempercepat keriput di sekitar mata.

Dr. Oz, konsultan kesehatan dalam Oprah Show, mengatakan bahwa terlalu banyak alkohol bisa mengurangi cairan dalam tubuh, yang kemudian menyebabkan keriput, kehilangan kolagen, kemerahan, dan bengkak. 

29. Kopi

Kopi bukan hanya menimbulkan noda pada gigi, tetapi juga mengakibatkan resiko dehidrasi.

Dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering dan terlihat tua. Selain itu menimbulkan kerutan di sekitar mata yang sangat terlihat, hal ini ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

Dr Waldorf menjelaskan bahwa kopi bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit tertentu, akan tetapi ia menyarankan untuk minum teh hijau.

"Teh hijau memiliki antioksidan yang sangat baik karena kandungan kafeinnya juga lebih rendah". ujar Dr Waldorf .

30. Garam

Jangan sepelekan akibat yang ditimbulkan dari garam, karena bisa membuat kulit keriput lebih cepat.

Berdasarkan penjelasan dari seorang ahli diet bernama Jen Brewer, bahwa garam menyebabkan tekanan darah tinggi, yang bisa melemahkan kulit dan juga memengaruhi kolagen, terutama pada bagian kulit yang tipis, seperti di sekitar mata.

31. Daging Merah

Sebuah penelitian dari Institut Kesehatan di Klinik Cleveland, menunjukkan hasil penelitian bahwa makan daging lebih dari sekali dalam seminggu memiliki kaitan dengan resiko kerutan, bahkan kesehatan yang serius.

Menurut penelitian tersebut, bahwa daging memiliki tingkat karnitin (senyawa protein ) yang tinggi, dimana itu dapat mengeras di dinding pembuluh darah.

Hal inilah yang memicu terjadinya kulit cepat keriput.

Walaupun daging merupakan sumber yang baik dari vitamin B12, sel-sel darah merah dan fungsi otak. Tetapi Dr Hari menyarankan bahwa kandungan protein juga bisa diperoleh dari makanan laut dan produk susu.


32. Makanan pedas

Dr Waldorf dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa makanan pedas bisa menyebabkan melebarnya pembuluh darah, dimana ini menyebabkan resiko mempercepat menopause.

33. Lemak trans

Lemak trans biasanya terdapat pada makanan cepat saji dan margarin, yang mengkonsumsinya dalam jumlah banyak menyebabkan Kamu terlihat lebih tua, hal itu karena kandungan lemak trans yang bisa menyumbat arteri.

Kandungan di dalam lemak trans beresiko menghilangkan elastisitas kulit, disebabkan sulitnya air ketika lewat di tubuh.

Untuk itu, disarankan menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa yang kaya vitamin E, Jika Kamu ingin mengkonsumsi makanan berminyak.

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menstabilkan dinding sel dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

34. Banyak makan permen

Permen memiliki sifat yang bisa menghancurkan kolagen, yang menyebabkan kelembaban kulit tidak terjaga dengan baik...

...akibatnya orang yang punya kebiasaan banyak memakan permen mengakibatkan kulitnya cepat tua.

Pemanis buatan seperti aspartam juga memiliki kaitan dengan sakit kepala dan nyeri sendi, serta bisa membuat Kamu ingin yang manis-manis terus (ketagihan).

35. Makan gorengan

Lemak jahat yang terkandung di dalam minyak beresiko membuat kulit cepat keriput.

Sehingga, penting untuk meminimalisir mengonsumsi gorengan, serta perlu memperbanyak mengkonsumsi makan sayur dan buah, sehingga kulit dapat terjaga kesehatan dan keindahannya.

Baca juga:
  1. 9 Dampak dari Akibat Olahraga Secara Berlebihan
  2. 11 Cara Meningkatkan IQ Otak
  3. Tips Ampuh Supaya Bisa Tidur Tepat Waktu di Malam Hari

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan