8 Resiko Bahaya Menggunakan Laptop Untuk Kesehatan Tubuh

Sekarang ini, jika diperhatikan orang-orang cenderung lebih suka menggunakan laptop dari pada Personal Computer (PC).

Karena memang diakui laptop harganya cukup bersahabat, kelebihannya yaitu ukurannya yang kecil dan ringan, sehingga bisa dibawa kemana-mana di luar rumah.

Jika diawal-awal kemunculannya, laptop hanya menjadi pilihan bagi mereka yang sering berpergian, kini juga banyak orang secara umum lebih memilih laptop (walaupun hanya di rumah).

Akan tetapi dibalik kepopulerannya, ternyata menggunakan laptop “secara berlebihan” dapat memberikan dampak bahaya kesehatan untuk tubuh yang tidak dapat diremehkan.

Anak-anak mengoperasikan laptop

Resiko bahaya menggunakan laptop untuk kesehatan tubuh

1. Masalah punggung, pundak dan leher
Hal yang cukup sering terjadi dalam penggunaan laptop adalah posisi tubuh yang buruk saat menggunakannya. Yang dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher.

Seperti tidak menyadari bahwa tubuh terlalu membungkuk karena menggunakan laptop dengan meletakannya di lantai, dipangku ataupun di meja kecil.

Untuk itu hal-hal seperti ini hendaknya dihindari karena membuat posisi tubuh dalam menggunakan laptop menjadi sangat buruk.

Kemudian, kebiasaan untuk menekuk leher dalam menggunakan laptop dapat menyebabkan leher menjadi kaku, dan akibatnya sangat berbahaya hingga dapat membuat sakit leher kronis.

Untuk itu, usahakan untuk meletakkan laptop sejajar dengan arah pandangan mata.

Jika ternyata tidak ada tempat untuk meletakkan laptop secara baik, maka gunakan saja sebuah benda (dengan bidang datar) untuk membuat perangkat laptop menjadi lebih tinggi.

Dengan melakukan seperti itu maka sangat penting agar menghindari ketegangan pada otot dan tulang leher ketika menggunakan laptop.

2. Kerusakan kulit
Kebiasaan buruk lainnya dalam menggunakan laptop adalah dengan cara memangkunya di paha, perangkat laptop seperti diketahui ketika dioperasikan akan menimbulkan rasa hangat...

...yang sebenarnya apabila bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama, akan memberikan akibat yang sangat buruk.

Seperti sebuah kejadian nyata dimana seorang anak yang berusia 12 tahun mengalami kerusakan pada kulit.

Dimana kulitnya berubah menjadi cokelat yang berbintik-bintik, dan parahnya sangat menyakitkan pada tubuh.

Kejadian ini disebut dengan “erythema ab igne”, yaitu sindrom kulit yang terpanggang.

loading...

3. Pemanasan sperma
Dalam sebuah bagian pada jurnal Human Reproduction di tahun 2005, disana dinyatakan bahwa panas dari laptop dapat menghangatkan sperma laki-laki, yang mengakibatkan tidak aktif ataupun kualitasnya menurun.

Keadaan seperti ini disebut dengan hipertermia skrotum, dimana bisa menimbulkan problem yang tidak bisa diremehkan.

Keadaan seperti ini bisa diminimalisir dengan menghindari memangku laptop dalam menggunakannya.

4. Jari berkedut
Hal yang tampaknya sulit dihindari adalah tombol pada keypad di laptop yang bentuknya sempit, sehingga pengguna yang mengoperasikan laptop dalam waktu lama bisa terkena masalah pada otot-otot jari yang berkedut.

Bahkan yang parah dapat mengalami mati rasa. Untuk itu kita harus pintar-pintar dalam menggunakan laptop agar terhindar dari hal buruk ini...

Minmal jangan lupa menggerakan tangan (atau olahraga) sehingga terhidar dari masalah kesehatan, utamanya masalah kesehatan tulang.

5. Kerusakan mata
Untuk menghindari masalah kerusakan, maka hindari untuk meletakkan perangkat laptop di depan sumber cahaya yang terlalu terang, misalnya seperti jendela...

...karena adanya dua buah pantulan cahaya yang berasal dari monitor laptop dan juga jendela, mengakibatkan hal buruk seperti mata yang mudah lelah, dll.

Jika sinar terlalu banyak (berlebihan) diserap oleh kornea mata maka dapat meningkatkan resiko terkena pnyakit katarak.

6. Masalah otot pergelangan lengan atas
Usahakan agar mouse dan keyboard laptop dioperasikan dengan setinggi lipatan siku, hal ini untuk menghindari masalah pada pergelangan tangan dan juga ketegangan otot pada lengan atas.

Banyak masalah yang ditimbulkan apabila kita menggunakan laptop kurang baik. Untuk itu, pengguna bisa mengubah (menghilangkan) beberapa kebiasaannya yang ternyata buruk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebuah saran penting, yaitu usahakan untuk setiap satu jam menggunakan laptop... Perlu berhenti untuk menyisihkan waktu beberapa menit istirahat.

Dengan melakukan gerakan peregangan. Kegiatan ini sangat baik agar tubuh tidak menjadi tegang dalam menggunakan laptop, dan juga untuk mengistirahatkan otak sejenak.

7. Sakit Kepala, Mual dan Pusing
Untuk orang yang sudah terlalu lama menggunakan laptop, umumnya akan merasakan hal yang satu ini, hal itu karena problem berupa cahaya yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang (fluorescent).

Dimana pancaran cahaya dari laptop (apalagi jika di-seting full terang) mengakibatkan kepala menjadi sakit dan pusing,

Masalah seperti ini, juga sering terjadi bagi orang yang memang belum terbiasa atau baru dalam menggunakan laptop, akan merasakan sakit kepala, pusing bahkan mual walaupun baru sebentar mengoperasikan laptop.



8. Jari terasa kaku
Salah satu dampak negatif terlalu lama menggunakan laptop yaitu mengakibatkan jari-jari menjadi kaku, hingga bahkan mati rasa beberapa waktu.

Walaupun masalah ini tidak terlalu berbahaya, tetapi tetap perlu diwaspadai dan dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara menghindari resiko buruk bagi kesehatan dalam mengoperasikan laptop

Seorang profesor dalam bidang ergonomis, Alan Hedge, PhD, CPE, menjelaskan tentang hal-hal untuk menghindari atau meminimalisir dampak buruk kesehatan akibat mengoperasikan laptop, berikut:

#1. Letakkan laptop sejajar dengan arah pandangan mata, hal ini untuk meminimalisir terjadinya ketegangan yang terjadi pada otot dan tulang leher.

#2. Gunakan plug in mouse agar bisa menggerakkan kursor secara baik, terutama jika bidang sentuh sulit untuk digunakan.

#3. Pastikan tempat laptop dioperasikan setinggi lipatan siku. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah pada pergelangan tangan dan ketegangan otot lengan atas.

#4. Setiap satu jam sekali, sisihkan waktu hanya 5 menit saja untuk beristirahat, atau melakukan peregangan.

#5. Apabila laptop dibawa seharian, pertimbangkan berat laptop lengkap dengan segala peralatannya. Pastikan itu semua bobotnya tidak lebih dari 3,5 kilogram. Membawa beban terlalu berat berakibat resiko cedera pada otot bahu.

#6. Jangan meletakkan laptop di depan sumber cahaya yang terang, seperti jendela. Pantulan cahayanya berbahaya bagi organ mata.

Semoga bermanfaat.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan