Apa Saja Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan?


Namanya anak-anak tentunya suka bermain. Aktivitas bermain sebenarnya diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak.

Usahakan untuk mengajak anak bermain di luar ruangan. Adapun anak seharian hanya bermain gadget tidaklah baik, bahkan bisa berbahaya untuk perkembangan anak.

Anak Bermain di Taman Kota
Anak Bermain di Taman Kota | Photo credit:-

Berikan anak aktivitas bermain yang bisa mengasah kemampuan fisik dan geraknya.

Ajak anak Anda ke taman kota publik (umum), bermain berkelompok bersama anak-anak sebayanya nantinya dapat melatih keterampilan sosial dan berbahasa anak Anda.

Manfaat bisa secara optimal diperoleh dengan beraktivitas di luar ruangan. Bermain di luar ruangan tentunya lebih sehat dan menyegarkan (khususnya di pagi hari).

Bermain di luar ruangan juga membuat anak lebih peka terhadap lingkungan nya. Anak akan melihat pohon, bentuk dedaunan, langit, awan, dan banyak hal lainnya yang disaksikan anak.

Bila anak Anda sering melihat-lihat gambar hewan, pohon dan lainnya, dengan mengajaknya bermain di luar anak akan melihat secara 3D wujud benda yang dilihatnya digambar. Anak melihat perbedaan dan bentuknya, otak akan terstimulasi untuk mempelajarinya.

Otak anak membutuhkan stimulasi, stimulasi yang sangat baik yaitu dengan mengajak anak bermain di luar ruangan (daripada hanya sekedar bermain di dalam ruangan), ini bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan anak nantinya.

Bermain di luar juga dapat melatih anak untuk terkena paparan suhu di luar rumah. Jika anak hanya berman di dalam rumah saja, nantinya saat di luar rumah dia akan kaget.

Pergerakan anak akan lebih bebas (luas) saat bermain di luar ruangan, sehingga bisa membuat anak lebih aktif, ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan ototnya yang optimal.

Bermain di luar ruangan juga dapat menurunkan resiko anak terkena obesitas (kegemukan).

Hal yang juga sangat penting, anak yang punya aktivitas bermain di luar ruangan umumnya memiliki keterampilan sosial yang baik.

Aktivitas bermain di luar membuat anak bertemu dengan orang lain, khususnya teman sebayanya, yang setelah itu tentu anak akan mulai berinteraksi.

Dengan begitu, usahakan setidaknya setiap akhir pekan untuk mengajak anak bermain ke luar ruangan, bisa dengan pergi ke taman kota, atau jalan-jalan lainnya.

Loading...

Tulisan Terkait: