14 Kebiasaan Tanpa Sadar yang Bisa Bikin Sakit Punggung


Anda harus memperhatikan rutinitas Anda sehari-hari, mungkin saja terdapat rutinitas atau kebiasaan yang menimbulkan dampak buruk pada punggung.

Sakit atau nyeri punggung tentunya sangat tidak mengenakan, yang membuat Anda kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sakit Punggung
Photo credit: Istockphoto.com / Paul Bradbury

Langsung saja, berikut kebiasaan-kebiasaan yang memicu sakit punggung:

1. Duduk dalam Waktu Lama

Mungkin memang tugas atau pekerjaan Anda sangat padat/menumpuk, namun perlu diketahui bahwa terlalu lama duduk di depan meja kerja bisa menyebabkan nyeri pada punggung.

Sakit punggung dapat terjadi akibat bekerja berjam-jam dalam posisi duduk tanpa adanya istirahat, berdiri, berjalan atau gerakan lainnya.

Duduk berjam-jam akan menekan punggung bawah yang cukup berat.

Dengan begitu, pastikan Anda jangan lupa beristirahat ataupun melakukan gerakan peregangan di sela-sela bekerja di kantor.

2. Posisi Tidur yang Salah

Salah posisi tidur berdampak buruk pada kondisi tulang punggung Anda, akibat adanya tekanan yang cukup berat pada lengkungan tulang belakang dan juga leher.

Posisi tidur dengan gaya meringkuk dengan lutut ditarik ke atas (seperti tidur janin di dalam kandungan) mungkin dianggap nyaman, akan tetapi posisi tidur seperti ini menyebabkan tulang belakang cenderung melengkung dan juga bisa menyebabkan masalah pada kaki.

Adapun tidur telungkup akan mendorong pinggul belakang, hal ini bisa memicu kelengkungan punggung bawah sehingga perlu dihindari.

Tidur telentang terus-menerus juga bisa membuat punggung bagian bawah melengkung, ini apabila kondisi kasur sudah kurang baik.

Hindari posisi tidur meringkuk dan telungkup, lalu gunakan bantal dengan ketinggian yang sedang (jangan terlalu tinggi), serta hindari menggunakan dua tumpuk bantal. Ini penting untuk mencegah ketegangan pada leher.


3. Posisi Duduk Membungkuk

Anda yang sering duduk dengan posisi membungkuk sangat rentan mengalami nyeri punggung, dimana lekukan pada tulang belakang tidak lagi normal.

Dampak buruk lainnya yaitu bisa merusak piringan sendi tubuh. Selain duduk membungkuk, bejalan dengan posisi membungkuk juga tidak baik bagi punggung.

4. Malas Olahraga atau Bergerak

Seseorang yang malas berolahraga akan mudah terkena sakit punggung. Pastikan Anda melakukan kegiatan fisik yang cukup dalam sehari-haei untuk menghindari sakit punggung.

5. Merokok

Zat-zat berbahaya dalam rokok bisa merusak tulang belakang Anda. Merokok akan meningkatkan resiko sakit punggung karena zat nikotin dalam rokok menghambat aliran darah normal di sekitar tulang belakang dan tubuh secara umum.

Hal itu nantinya berdampak buruk pada tulang dan menyebabkan degenerasi dini. Merokok juga menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

6. Terlalu Sering Mengangkat Benda Berat

Jika Anda sering membawa tas berat atau benda lainnya, maka usahakan agar beratnya diminimalisir.

Hal itu karena terlalu sering mengangkat atau membawa benda berat menyebabkan tekanan pada tulang punggung secara berlebih, yang nantinya memicu rasa nyeri.

7. Menggunakan High Heels

Menggunakan high hells menimbulkan rasa pegal atau lecet di kaki. Selain itu juga, penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu lama bisa menyebabkan sakit punggung bagian bawah.

loading...

8. Latihan Angkat Beban Secara Berlebihan

Latihan angkat beban memang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang (termasuk tulang belakang) serta memperkuat otot-otot tubuh.

Hanya saja jika olahraga angkat beban dilakukan secara berlebihan akan berdampak buruk pada punggung.

Oleh karena itu, walaupun latihan angkat beban memiliki manfaat besar tapi jangan memaksakan diri (berlebihan).

9. Kurang Waktu Istirahat

Punggung sebenarnya sangat penting untuk diistirahatkan, sehingga Anda harus memenuhi waktu tidur dan istirahat yang cukup, jika tidak maka akan berdampak buruk pada kondisi punggung Anda.

10. Pekerjaan yang Sangat Membebankan Mental

Pekerjaan tertentu yang bisa sampai memeberatkan pikiran Anda sehingga memicu stres, ternyata berdampak buruk pada kondisi fisik tubuh, termasuk punggung.

Seseorang yang terlalu lama menjalani pekerjaan yang menguras mental dan pikiran, akan lebih rentan terkena masalah sakit punggung.

11. Melakukan Pekerjaan yang Tak Disukai

Penelitian oleh para ilmuwan di Australia menemukan bahwa orang-orang yang kurang/tidak menyukai pekerjaan yang sedang dijalaninya mengalami resiko lebih besar terkena sakit punggung. Ilmuwan menjelaskan bahwa rasa sakit punggung tersebut murni karena faktor psikologis.

12. Malas Menenuhi Asupan Kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, Anda harus memenuhinya sesuai dengan AKG (angka kecukupukan gizi harian).

Dampak dari kekurangan asupan kalsium yaitu menyebabkan tubuh terpaksa untuk mengambil kalsium yang tersimpan di tulang. Hal ini menyebabkan tulang melemah, termasuk tulang bagian belakang.


13. Jajan/Makan Sembarangan

Tubuh memerlukan berbagai nutrisi penting. Jika Anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan rendah gizi akan menyebabkan beberapa masalah yaitu:
  • Petumbuhan tulang tidak berlajalan dengan baik.
  • Terjadi penambahan berat badan tidak sehat (kegemukan).

Jika Anda jajan sembarangan maka kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi makanan rendah gizi dan tinggi kalori.

Asupan kalori yang sangat tinggi menyebabkan seseorang mengalami kegemukan, yang menyebabkan tekanan pada tulang sekitar punggung juga akan bertambah. Hal ini akan meningkatkan resiko sakit punggung.

14. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu bisa melemahkan tulang, diantaranya yang paling umum yaitu steroid. Mengonsumsi obat steroid dalam waktu lama berdampak pada tulang, termasuk tulang belakang.

Loading...

Tulisan Terkait: