15 Khasiat Air Zam-Zam Bagi Kesehatan (Dalam Pandangan Sains & Spiritual)


Air zam-zam ada di kota Mekkah, negara Arab Saudi. Letaknya dekat dengan Ka’bah, berjarak sekitar 38 hasta.

Zam-zam merupakan minuman khas bagi umat muslim dengan khasiat-khasiat kesehatan yang banyak.

Air yang berasal dari sumur yang belum pernah kering selama ribuan tahun ini, menurut para pakar terdapat 30 unsur di dalam air zam zam, yang memiliki kualitas air yang sangat baik, alami, dan higienis.

Air zam-zam terlihat sangat bening, tanpa terlihat campuran warna. Air zam zam sering disebut sebagai mukjizat bagi umat manusia dan alam.

Kandungan mineral yang ditemukan di dalam air zam-zam yaitu kalsium, kalium, selenium, natrium, dan kromium. Selain itu terdapat zat-zat alami seperti klorida, magnesium, sulfat, nitrit, mangan, zat padat, dan zat-zat organik.

Di Masjidil Haram Air Zam-zam Bisa Diperoleh Secara Gratis
Di Masjidil Haram Air Zam-zam Bisa Diperoleh Secara Gratis | Sumber gambar: Muslim.or.id

Manfaat Air Zam Zam Bagi Kesehatan

1. Mengoptimalkan Proses Metabolisme Tubuh
Fungsi metabolisme tubuh ini untuk mengubah zat-zat yang masuk ke dalam tubuh seperti lemak menjadi energi. Dengan dihasilkannya energi bagi tubuh, maka tubuh nantinya memiliki tenaga dalam menjalankan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari.

Minum air zam-zam berguna agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar dan optimal, proses pembakaran (metabolisme) yang berjalan dengan baik juga berguna untuk mencegah terjadinya timbunan lemak pada bagian-bagian di dalam tubuh, khususnya bagian-bagian tubuh yang rentan untuk menimbun lemak yaitu paha, lengan, dan perut.

Adapun terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh akibat dari metabolisme tubuh yang berjalan lambat. Adapun hal umum yang menyebabkan metabolisme tubuh berjalan lambat yaitu kurang berolahraga.

Mury Kuswari, Pengurus Pakar Gizi Pangan Indonesia menyarankan agar orang Indonesia bisa meminum air zam-zam satu kai dalam sekali, karena keterbatasan untuk bisa memeroleh air zam-zam.

Meminum air zam-zam hendaknya dilakukan sebelum tidur malam atau pagi sesudah bangun tidur.

Hal itu menurut Mury Kuswari karena proses metabolisme tubuh saat tidur tinggi. Mineral dari air zam-zam sangat baik dalam memaksimalkan proses metabolisme, serta berfungsi untuk mengganti dengan segera mineral yang digunakan saat metabolisme.

2. Menghilangkan Lapar (Air Zam-Zam Bisa Mengenyangkan)
Secara medis, air zam zam juga terbebas dari mikroorganisme, keberadaan mikroorganisme bisa mengurangi kesegaran air.

Hal seperti ini dapat diketahui dari kondisi sumur zam zam yang tidak adanya lumut yang tumbuh disana. Hal yang sangat baiik, air zam zam mengandung dua jenis mineral penting berupa kalsium dan magnesium.

Kedua kandungan mineral tersebut membuat air zam-zam bermanfaat untuk menyegarkan tubuh. Hal ini bisa dilihat, dimana para jamaah haji yang melakukan berbagai aktivitas ibadah sehingga mengalami kelelahan, kemudian hanya dengan minum air zam-zam maka bisa mengembalikan mendapatkan energi tubuh menjaidi fit kembali.

Air zam-zam menjadi air yang penuh berkah, yang bisa menyegarkan, mengenyangkan, dan memberikan energi bagi tubuh.

Keberkahan air zam-zam ini bisa berfungsi seperti layaknya makanan, bisa mengenyangkan bagi orang yang meminumnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Air zam-zam itu air yang diberkahi. Makanan yang mengenyangkan.”

[HR. Muslim 6513 dan Ibn Hibban 7133].

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمْ ، وَفِيْهِ طَعَامُ مِنَ الطَّعْمِ ، وَشِفَاءُ مِنَ السَّقَم

"Air terbaik yang ada di muka bumi adalah air zam-zam. Bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan obat dari penyakit."

[HR. Thabrani dalam Mu’jam al-Ausath 8129 dan dishahihkan al-Albani]

Ibnul Qayyim (751 H) berkata, “Saya mendapati orang yang bertahan beberapa hari dengan hanya minum air zam-zam, kurang lebih setengah bulan, dia thawaf seperti manusia lainnya, bahkan dia bercerita padaku bahwa kadang-kadang dia bisa bertahan selama empat puluh hari lamanya.”

[Lihat kitab Zādul Ma’ād 4/393]

Abu Dzar al-Ghifari berkata, “Selama 30 hari, aku tidak mempunyai makanan kecuali air zam-zam. Aku menjadi gemuk dan lemak perutku menjadi sirna. Aku tidak mendapatkan dalam hatiku kelemahan (karena) lapar.”

[Lihat Shahih Muslim, 4/1919. Lihat Shahih Sirah Nabawiyah, al Albani, 129.]

Syaikh Abdurrasyid Ibrahim (1364 H) berkata, “Saya bertahan beberapa minggu dengan air zam-zam untuk menghilangkan rasa laparku. Ini adalah pengalaman nyata yang tidak diragukan padanya.”

[Lihat Fadhlu Māa Zamzam hlm. 105-106 oleh Sa’id Bakdasy]

Riwayat lainnya mengenai mukjizat air zam-zam ini:

عَنْ جَابِرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ (أخرجه أحمد وابن ماجه)

Dari Jabir dan Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Air Zam-Zam, tergantung niat orang yang meminumnya.”

[Hadits shahih. Lihat Irwa-ul Ghalil, al Albani, 1/218.]

Air zam-zam tergantung dari niat orang yang meminumnya, ini adalah mukjizat air zam-zam, jika seseorang berharap hanya kepada Allah untuk minum air zam-zam agar bisa mengenyangkan tubuh, maka hal ini bisa benar-benar terjadi.


3. Mukjizat Air Zam-Zam Tergantung dari Niat Orang yang Meminumnya

Masjidil Haram, Mekah
Masjidil Haram, Mekah | Sumber gambar: Wikimedia.org

Berhubungan dengan poin no. 2 bahwa keistimewaan dan mukjizat air zam-zam yaitu bisa menjadi pengabul atas niat atau keinginan yang disampaikan kepada Allah.

Seperti disebutkan sedikit diatas, jika Anda meminumnya sembari meminta hanya kepada Allah agar perut bisa kenyang, maka dengan izin Allah perut bisa benar-benar kenyang nantinya.

Demikian juga untuk hal-hal lainnya, seperti orang yang pelupa, maka ia bisa minum air zam-zam sembari memohon kepada Allah agar ingatannya dan hafalannya bisa kuat, maka dengan izin Allah ini bisa benar-benar terjadi. Orang yang sebelumnya pelupa bisa benar-benar kuat hafalannya.

Berbagai riwayat dan kisah tentang air Zam-Zam ini sangat banyak.

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله ِصَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ إِنْ شَرِبْتَهُ تَسْتَشْفِي شَفاَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِشَبْعِكَ أَشْبَعَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِقَطْعِ ظَمْئِكَ قَطَعَهُ اللهُ وَهِيَ هَزْمَةُ جِبْرَائِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَسُقْيَا اللهِ إسْمَاعِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
رواه الدارقطني والحاكم وقال صحيح الإسناد

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.”

[Hadits hasan li ghairihi. Lihat kitab Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/19.]

وَعَنْ أَبِيْ الطُّفَيْلِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ كُنَّا نُسَمِّيْهَا شَبَّاعَةً يَعْنِيْ زَمْزَمَ وَكُنَّا نَجِدُهَا نِعْمَ الْعَوْنُ عَلَى الْعِيَالِ (رواه الطبراني في الكبير)

Dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah bersabda,”Kami menyebut air Zam-Zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan air Zam-Zam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinanan).”

[HR. Tabrani. Lihat kitab Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/19.]

Ibnu Taimiyyah berkata,”Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya (bebas). Namun tidak disunnahkan mandi dengannya (air Zam-Zam).”

[Lihat kitab Hajjatun-Nabi, al Albani, 1/117.]

إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَا بِسِجِلٍّ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ فَشَرِبَ مِنْهُ وَتَوَضَّأَ) رواه أحمد)

Dari Usamah, bahwasanya Rasulullah meminta untuk didatangkan segantang air Zam-Zam, lalu beliau meminumnya dan berwudhu dengannya

[HR Ahmad. Lihat kitab Mukhtasar Irwa-ul Ghalil, al Albani, 1/3.]

كَانَ يَحْمِلُ مَاءَ زَمْزَمَ ( فِيْ الأَدَاوِيْ وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلىَ الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ ) ] . ( حديث صحيح)

Disebutkan dalam Silsilah Shahihah, adalah Rasululllah membawa air Zam-Zam di dalam kantong-kantong air. Beliau menuangkan dan membasuhkannya kepada orang yang sedang sakit.

[Lihat kitab Silsilah Shahihah, 4/232.]

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله – صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: “خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ، فِيْهِ طَعَامُ الطَّعْمِ، وَشِفَاءُ السَّقْمِ”،

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

[Hadits hasan. Lihat kitab Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/18.]

: كُنْتُ أُجَالِسُ ابْنَ عَبَّاسٍ بِمَكَّةَ فَأَخَذَتْنِيْ الحْمُىَ فَقَالَ أَبْرِدْهَا عَنْكَ بِمَاءِ زَمْزَمَ فإَِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ( الْحُمَى مِنْ فيَحْ ِجَهَنَّمَ فَأَبْرِدُوهَا بِالْمَاءِ أَوْ قاَلَ بِمَاءِ زَمْزَمَ ) .

Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba`i, ia berkata, “Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu ‘Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air Zam-Zam, karena Rasulullah mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zam-Zam”

[Lihat kitab Shahihul-Bukhari. Lihat kitab Musnad Ahmad.]

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : أَنَّهَا كَانَتْ تَحْمِلُ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ وَتُخْبِرُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ كاَنَ يَحْمِلُهُ

Dari ‘Aisyah, ia membawa air Zam-Zam. Ia mengkabarkan, "Sesungguhnya dahulu Rasulullah membawanya (sebagai bekal perjalanan -pen.)."

[Hadist hasan, sebagaimana dikatakan oleh Tirmidzi, dan dishahihkan oleh al Albani. Lihat kitab Sunan Tirmidzi.]

Ibnul Qayyim berkata,”Aku dan selain diriku telah megalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan air Zam-Zam. Dengan izin Allah, aku telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpaku. Aku juga menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air Zam-Zam sebagai makanan selama beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga mempunyai kekuatan untuk berjima’, berpuasa dan melaksanakan thawaf. “

Ibnu Qayyim juga berkata,”Ketika berada di Mekkah, aku mengalami sakit dan tidak ada tabib (dokter) dan obat (yang bisa menyembuhkannya). Akupun mengobatinya dengan meminum air Zam-Zam dan membacakan atasnya berulangkali (dengan surat al Fatihah), kemudian aku meminumnya. Aku mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Akupun menjadikannya untuk bersandar ketika mengalami rasa sakit, aku benar-benar banyak mengambil manfaat darinya.”

[Lihat kitab Zaadul Maad.]

Hal-hal tersebut memang di luar kemampuan logika manusia. yang membuat air zam-zam memiliki khasiat berupa mukjizat yang luar biasa yaitu karena keimanan (keyakinan) yang kuat di dalam diri seseorang terhadap kemahakuasaan Allah.

4. Memaksimalkan Proses Regenerasi Sel Kulit Mati
Selain untuk kesehatan, air zam-zam juga memiliki manfaat dalam menjaga penampilan kulit tubuh. Dengan minum air zam-zam maka manfaatnya bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit mati untuk nantinya diganti dengan kemunculan sel-sel kulit baru.

Baiknya atau lancarnya proses regenerasi kulit ini berguna untuk mencerahkan kulit tubuh dan wajah. Selain itu bermanfat agar kulit wajah bisa lebih kenyal dan tentunya sehat.

Anda bisa minum air zam-zam untuk memperoleh manfaat ini, ataupun Anda bisa membasuh wajah menggunakannya. Kalau bisa lakukan wudhu dengan air zam-zam, karena dengan wudhu maka Anda nantinya akan membasuh wajah.

Dengan melakukan hal tersebut, maka semua lapisan sel kulit mati pada tubuh yang terkena air zam-zam bisa secara maksimal terangkat. Sehingga proses regenerasi kulit tubuh bisa berjalan dengan sangat lancar.

Loading...

5. Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat dari minum air zam-zam ini bisa melancarkan peredaran darah. Adapun terjadinya masalah hambatan peredaran darah di dalam tubuh karena terjadinya menumpukan lemak pada pembuluh darah.

Terjadinya penumpukan darah di dalam tubuh akibat pola makan yang buruk, seperti sering mengonsumsi makanan berlemak, junk food, makanan jenis siap saji, makanan berkolesterol, gorengan, dan semacamnya. Selain itu, masalah juga terjadi akibat jarang berolahraga.

Terjadinya masalah penyumbatan pembuluh darah adalah hal yang serius, karena akibatnya bisa menyebabkan kematian.

Nah, selain memperbaiki pola makan dan pola hidup secara umum, usahakan Anda agar minum air zam-zam karena sangat menyehatkan, sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit berbahaya.

6. Memberikan Rasa Bahagia di dalam Hati

Ilustrasi Bahagia
Ilustrasi Bahagia | Sumber gambar: Audiojungle.net

Rasa bahagia bisa muncul dengan  minum air zam-zam, selain menyehatkan bagi tubuh, minum air zam-zam juga bisa menyehatkan hati dan jiwa.

Sehingga dengan minum air zam-zam bisa memunculkan rasa bahagia, serta jauh dari penyakit hati seperti sombong, iri, dengki, suka marah-marah dan lainnya. Saat minum air zam-zam niatkan hal tersebut, mohon kepada Allah agar selalu memasukan cahaya kebahagiaan ke dalam hati.

7. Menyehatkan Tulang dan Gigi
Agar tulang dan gigi bisa selalu sehat dan kuat maka kebutuhan harian tubuh akan asupan kalsium perlu dipenuhi. Di dalam air zam-zam terkadung kalsium bermanfat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Rutin minum air zam-zam bisa mencegah terjadinya masalah pengereposan tulang dan ggi sebelum waktunya. Agar tulang dan gigi bisa selalu sehat maka disarankan juga minum susu yang kaya akan kandungan kalsium.

8. Mengobati Berbagai Macam Penyakit
Secara medis, konsumsi air zam-zam akan menyehatkan tubuh dan membuat daya tubuh semakin kuat, sehingga tubuh pun tidak mudah terserang penyakit.

Adapun seperti diutarakan sebelumnya, bahwa mukjizat air zam-zam yaitu bisa mengabulkan keinginan atau doa sesuai dengan niat saat meminumnya, caranya yaitu dengan fokus dan khusyu ketika meminum air zam-zam untuk memohon kepada Allah agar mengabulkan permintaan.

Ketika seseorang sedang sakit, maka cobalah untuk minum air zam-zam sembari meniatkan untuk memohon kepada Allah agar menyembuhkan penyakit dideritanya.

Cobalah untuk melakukan ini, dan yakin kepada Allah bahwa doa akan dikabulkan. Hal itu karena hukum awal doa adalah pasti dikabulkan (cepat atau lambat), dengan syarat kita benar-benar hanya memohon kepadanya, dan berusaha menjauhi perbuatan syirik dan maksiat.

Ada banyak keajaiban yang sangat menakjubkan dari air zam-zam ini, bahkan banyak riwayat menyebutkan tentang manfaatnya dalam menyembuhkan penyakit-penyakit kronis.

Ibnul Qayyim berkata, “Saya dan selain saya telah mencoba untuk berobat dengan air zamzam pada berbagai macam penyakit, akhirnya saya mendapati keajaiban yang luar biasa, dan saya mendapatkan kesembuhan dengan izin Allah.”

[Lihat kitab Zādul Ma’ād 4/393]

Dikisahkan oleh Taqiyuddin al-Fasii bahwa seorang pegawai Masjidil Haram yang bernama Ahmad Syarifi pernah minum air zamzam dengan niat memperoleh kesembuhan dari kebutaan yang dialami dirinya, lalu akhirnya dia pun sembuh dari buta yang menimpa dirinya.

[Lihat kitab Syifāul Ghirām 1/255]

Dikisahkan oleh al-Azraqi bahwa ada seorang yang makan, lalu ternyata ada jarumnya (pada makanannya) sehingga jarum tersebut tersendat di tenggorokannya, dirinya seakan-akan sudah mau mati, lalu dia minum air zamzam (dengan memohon pertolongan kepada Allah), akhirnya rasa sakit yang dialaminya hilang, dan masalah pun terselesaikan.

[Lihat kitab Akhbār Makkah 2/35]

Berbagai riwayat atau kisah tentang mukjizat air zam-zam ini sangat banyak disebutkan oleh para ulama dan sejarahwan Islam sepanjang sejarah.

Bahkan al-Qazwini berkata, “Air zamzam berkhasiat untuk semua penyakit apa pun, bahkan seandainya semua orang yang disembuhkan oleh para dokter dikumpulkan, niscaya tidak sampai melebihi separuh orang yang disembuhkan oleh Allah melalui zamzam.”

[Lihat kitab ’Ajāibul Makhlūqāt hlm. 93]

Hanya saja, mukjizat air zam-zam itu bisa diperoleh dengan syarat niat yang tulus dan menyandarkan diri secara kuat hanya kepada Allah saja.

Sehingga jangan hanya sekadar coba-coba saja atau terdapat keraguan di dalam hati tentang kemahakuasaan Allah. Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang bertawakkal (menyandarkan diri hanya kepada Allah), hal ini seperti yang telah dijelaskan di dalam kitab Ahkāmul Qur‘ān 3/1124 karya Ibnul Arabi.


9. Memberikan Energi Bagi Ibu Hamil
Keadaan tubuh Ibu hamil ketika masa kehamilan sering mengalami keletihan. Minum air zam-zam bisa membantu untuk mengatasi rasa lelah pada ibu hamil, yang bisa menjadi tambahan energi bagi Ibu hamil.

Selain itu minum air zam-zam juga akan sangat menyegarkan tubuh dan bisa menumbuhkan semangat dalam diri, hal seperti ini penting bagi Ibu hamil.

10. Menutrisi Janin di dalam Kandungan
Janin di dalam kandungan ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi yang mencukupi, itu sebabnya ibu hamil sangat ditekankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, karena hal ini nantinya juga untuk kebaikan bayi di dalam kandungan.

Kalau bisa Ibu hamil minum air zam- zam asli dari mekah (kalau beli yang abal-abal sama saja bohong). Kandungan di dalam air zam-zam memiliki nutrisi lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. Yang nantinya untuk menutrisi janin di dalam kandungan, agar pertumbuhannya bisa maksimal.

11. Menguatkan Rahim Saat Hamil
Rahim yang merupakan tempat tumbuhnya janin, kondisi rahim yang kuat sangat penting agar proses kehamilan selama 9 bulan bisa berjalan dengan baik.

Disamping juga agar ibu hamil tetap bisa aktifitas dengan baik. Adapun jika kondisi rahim ibu hamil tidak kuat, maka harus berhati-hati karena jika dibawa untuk melakukan pekerjaan yang berat bisa menyebabkan keguguran.

Minum air zam-zam bermanfaat untuk menyehatkan dan menguatkan rahim ibu hamil, dan secara umum untuk menyehatkan tubuh Ibu hamil.

12. Memiliki Zat Bersifat Anti-Kuman
Penelitian yang penah dilakukan oleh Arab Saudi, menemukan bahwa di dalam air zam-zam terkandung zat flourida yang kegunaannya bisa sebagai zat anti-kuman, yang berfungsi untuk menghilangkan atau membunuh kuman.

Selain itu, zat di dalam air zam-zam tersebut bersifat alami dan tanpa adanya tambahan bahan kimia oleh manusia, maka bisa dipastikan manfaat yang bisa diperoleh dari kandungan tersebut bisa maksimal.

Sumur zam- zam yang menjadi mata air zam-zam, ternyata lokasinya sama sekali tidak ditumbuhi oleh lumut dan mikroorganisme merusak lainnya, hal ini membuat kesegaran air zam-zam menjadi yang terbaik di dunia.

13. Mencegah Osteoporosis
Minum air zam-zam secara rutin bisa membantu untuk mencegah resiko penyakit osteoporosis. Penelitian tentang manfaat air zam-zam ini dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

Penyakit osteoporosis terjadi akibat tubuh kekurangan asupan kalsium. Penyakit ini menyebabkan masalah kesehatan di Indonesia terutama pada usia dewasa dan lansia.

Air zamzam disebutkan peneliti memiliki kandungan mineral kalsium yang tinggi, sehingga bisa diandalkan sebagai alternatif untuk pencegahan osteoporosis.

Peneliti menyebutkan bahwa kandungan kalsium di dalam air zam-zam antara 300 mg/L sampai 340 mg/L, sedangkan air mineral biasa (umumnya) hanya memiliki kandungan kalsium sebanyak 28 mg/L sampai 32 mg/L.

Hal inilah yang menyebabkan orang-orang yang minum air zam-zam bisa menjadi bugar, selain itu dengan kalsiumnya yang tinggi bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang.

loading...

14. Penjelasan Manfaat Air Zam-Zam Oleh Dr. Yahya Koshak, Dr. Knut Pfeiffer, dll
Menurut  Dr. Yahya Koshak, seorang ilmuwan asal Mekkah, air zam-zam sangat bersih dari kuman dan bakteri. Peneliti melakukan pengetesan pada air zam-zam menggunakan sinar ultraviolet, hasilnya diketahui bahwa pada air zam-zam tidak ditemukan adanya kuman dan bakteri.

Jika ditelisik dari sisi kimia, berdasarkan Saudi Geological Survey, air zam-zam mempunyai kandungan alkali sebesar pH 7.9-8.0. Sehingga air zam-zam termasuk dalam air alkali yang tidak memiliki warna (terlihat sangat bening) dan tidak memiliki bau, tapi mempunyai rasa yang berbeda dengan air lainnya.

Air alkali memiliki kandungan mineral penting seperti kalsium, magnesium, silika, potasium, bikarbonat. Terdapat kandungan bikarbonat di dalam air zam-zam dalam kadar yang tinggi yaitu 366mg/l.

Hal ini menjadikan air zam-zam sebagai air termurni di dunia, bahkan dibandingkan dengan air yang berasal dari pegunungan Alpen yang memiliki kadar kandungan bikarbonat sebesar 357mg/l.

Selain itu, di dalam air zam-zam ditemukan kandungan senyawa klorida, fluoride, nitrate dan sulfate. Berbagai senyawa tersebut diperlukan bagi tubuh.

Dengan berbagai kandungannya yang penting tersebut, air zam-zam memiliki banyak manfaat berupa menurunkan kadar gula darah tinggi, mengatasi diabetes, mencegah alzeimer, dan mencegah penyakit penyakit liver.

Lalu, ilmuwan Jerman Dr. Knut Pfeiffer, yang merupakan kepala pusat medis terbesar di Munich, Jerman, mengungkapkan bahwa air zamzam bisa secara luar biasa untuk meningkatkan energi tubuh.

Selain itu, Mury Kuswari, Pengurus Pakar Gizi Pangan Indonesia, menyebutkan tentang manfaat dan kehebatan dari minum air zam-zam, yaitu:
  • Menjadikan tubuh lebih segar karena air zam-zam tinggi akan kandungan mineral.
  • Menyehatkan dan mengobati gangguan pada lambung.
  • Menyeimbangkan cairan tubuh dengan sangat baik, karena air zam-zam mengandung kalium dan natrium.
  • Menyehatkan dan menguatkan tulang karena air zam-zam tinggi kalsium.
  • Secara umum membuat tubuh lebih sehat setelah minum air zam-zam.
  • Mudah diserap oleh tubuh.

15. Penjelasan Dr. Masaru Emoto dari Hado Institute Tokyo Tentang Air Zam-Zam
Di dalam buku yang berujudul 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr. Zakir Naik' karya Ramadhani, dan timnya, di dalamnya menyebutkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto dari Hado Institute Tokyo, seorang ilmuwan asal Jepang,.

Penelitian yang dilakukan Dr. Masaru Emoto pada 2003 menemukan adanya keajaiban pada air zam-zam. Penelitian dilakukan dengan menambil lebih dari dua ribu contoh foto kristal air dari seluruh penjuru dunia.

Dr. Masaru Emoto mengatakan bahwa air bisa merekam pesan. Pesan yang disampaikan akan direkam oleh molekul air, yang kemudian ketika air diminum maka akan merambat ke dalam tubuh, dimana itu bisa memberikan pengaruh molekul air di dalam tubuh secara keseluruhan.

Air zam-zam dalam kemasan botol
Air zam-zam dalam kemasan botol | Sumber gambar: Okaz.com.sa

Hal ini menjadi sedikit pengetahuan bagi Kita mengapa air yang dibacakan doa yang baik-baik bisa memberikan manfaat, seperti menyembuhkan dan sebagainya.

Dr. Masaru Emoto juga di dalam bukunya yang berjudul “The True Power of Water” mengatakan bahwa dari sejumlah molekul yang diteliti, diketahui bahwa cuma molekul pada air zam-zam yang bentuknya teratur.

Peneliti menemukan bahwa air zamzam mempunyai struktur molekul yang unik, berbentuk heksagonal. Dimana kristal molekul air zam-zam bisa pecah menjadi berantakan ketika disampaikan pesan-pesan yang negatif.

Oleh karena itu, minimal hal yang perlu diucapkan agar bisa memperoleh khasiat air zam-zam dan keberkahannya, yaitu ucapkan Bismillah sebelum meminumnya.

Air Zam-Zam Sempat Difitnah Beberapa Kali di Eropa

Pada tahun 1304 H, pihak konsultan Inggris di Jeddah mempublikasikan sebuah tes penelitian mengenai air zam-zam. Dalam pernyataannya, mereka mengaku mendapatkan air zam-zam dari seorang muslim yang bekerja di konsultan.

Setelah dilakukan tes pada air tersebut, maka mereka membuat sebuah pernyataan yang penuh dengan kedengkian, “Sesungguhnya air zam-zam banyak mengandung bakteri berbahaya dan virus penyakit kolera, bahkan air zam-zam lebih berbahaya dibandingkan air got.”

Maka dipublikasikanlah pernyataan miring tentang air zam-zam ini ke khalayak umum. Masa itu adalah masa dimana masih berdirinya kerajaan Turki Usmani.

Ketika khalifah saat itu, Shulthan Abdul Hamid ats-Tsani (1263–1339 H) mengetahui pernyataan yang tedensius tersebut, maka dengan cepat beliau mengirim dokter ahli yang profesional ke Makkah, agar secara langsung melakukan penelitian tentang air zam-zam, hasilnya diketahui bahwa air zam-zam tidak seperti apa yang diberitakan pihak konsultan Inggris tersebut.

Setelah itu, pihak kerajaan Turki Usmani membuat sebuah pernyataan bantahan secara resmi kepada konsultan Inggris, sebagian isinya:

“Sesungguhnya orang pembawa air yang kalian tes itu merupakan seorang Yahudi yang dirinya berpura-pura sebagai orang Islam, dia mengambil air got untuk kalian, bukan air zamzam. Maka hasil tes kalian itu benar terhadap air got yang dia bawa, tetapi itu bukan air zamzam. Kami sudah melakukan tes pada air zam-zam yang asli, dan ternyata hasilnya bersih tanpa ditemukan di dalamnya terkandung zat zat berbahaya atau penyakit kolera.”

Dokumen tentang pernyataan Konsultan Inggris beserta juga bantahannya disimpan dalam bentuk sebuah manuskrip dalam bahasa Turki. Manuskrip tersebut pernah dimuat dengan menggunakan bahasa Arab di dalam Majalah Liwāul Islām, Kairo, edisi 2, Dzulhijjah 1367 H. (Lihat Fadhlu Māa Zamzam hlm. 163–164 oleh Sa’id Bakdasy)

Lalu, pada tahun 1971, seseorang doktor dari Mesir menyampaikan terdapat kabar tidak sedap di Eropa bahwa air zam-zam diisukan tidak sehat dan aman.

Alasannya karena air zam-zam yang bersumber dari kota Mekkah, ada di bawah garis permukaan laut. Dimana mereka mengatakan bahwa air zam-zam berasal dari air sisa buangan masyarakat kota Mekah yang meresap, lalu terbawa bersamaan dengan air hujan, lalu muncul di telaga zam-zam.

Kabar ini kemudian diketahui oleh Raja Faisal yang kemudian secara cepat meminta untuk dilakukan penyelidikan mengenai masalah ini. Bahkan sampel air zam-zam dikirim ke banyak laboratorium di Eropa untuk sekalian diuji.

Sejarah kembali berulang, pada masa sekarang ini, sebuah media terkenal di Inggris yaitu BBC pada tanggal 5 Mei 2011 menyebutkan bahwa air zam-zam sudah terkontaminasi zat berbahaya. Bahkan BBC mengatakan bahwa meminum air zamzam bisa menyebabkan penyakit kanker.

Menanggapi hal tersebut, maka dengan segera otoritas Arab Saudi menyatakan bahwa pemberitaan BBC tersebut adalah sebuah kesalahan. Berita BBC ini menimbulkan kehebohan bagi umat Islam se-dunia, namun kondisi kmbali tenang setelah adanya pernyataan resmi dari Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey (SGS), yang menyatakan bahwa tuduhan BBC tersebut tidak benar.

Bahkan lembaga SGS seringkali menegaskan bahwa pihaknya sudah mempunyai langkah-langkah yang baik untuk menjamin keamanan sumur air Zamzam. Dimana kualitas air Zamzam akan terus dipantau kondisinya setiap hari.

Sudah banyak berbagai bukti kebencian orang-orang yang tidak suka Islam yang melemparkan segala fitnah mengenai air zam-zam ini. Menteri Urusan Haji Arab Saudi menjelaskan bahwa berbagai tuduhan tersebut adalah “pencemaran publik” yang dilancarkan oleh mereka yang sangat membenci Islam. Beliau menegaskan bahwa pengelolaan air zamzam selalu dipantau setiap harinya, dan telah melalui proses panjang dari para ahli di bidangnya.

Selain itu, jika kita melihat sejarah, maka lihatlah fakta air zam-zam dari dulu, apakah mengonsumsinya menyebabkan sakit? Atau bahkan sakit kanker seperti yang dituduhkan?

Bahkan kenyataannya, banyak orang-orang yang sembuh dari penyakit setelah mereka minum air zamzam.

Keunikan dan Keistimewaan Air Zam-Zam

Tidak seperti air mineral pada umumnya, air zamzam memiliki komposisi ion positif seperti:
  • Kalsium (200 mg per liter)
  • Magnesium (50 mg per liter)
  • Sodium (250 mg per liter)
  • Potassium (20 mg per liter)

Adapun komposisi ion negatif berupa seperti fosfat (0.25 mg per liter), sulfur (372 mg per liter), bicarbonates (366 mg per liter), nitrat (273 mg per liter), dan ammonia (6 mg per liter).

Dengan kandungan-kandungannya tersebut menjadikan adanya rasa khas pada air zam-zam, yang juga mmeberikan khasiat penting bagi kesehatan.

Hal lainnya, selama ribuan tahun sumur zam-zam tidak pernah kering, bahkan airnya tidak pernah habis walaupun digunakan oleh jutaan umat manusia. Apalagi saat musim haji tiba.

Hal ini ajaib karena sulit masuk logika dimana sumur zam-zam ini yang luas permukaannya hanya selebar 3-4 meter dan kedalamannya 30 meter, sehingga bisa dikatakan ini merupakan sumur yang sangat kecil untuk bisa menghasilkan air sedemikian banyak untuk memenuhi kebutuhan jutaan manusia.

Dimana perlu diketahui, bahwa pada satu musim haji terdapat lebih dari 2 juta orang yang masing-masing membawa 5-20 liter air zam-zam. Walaupun diambil terus-menerus tetapi sumur zam-zam airnya tidak pernah habis.

Loading...

Tulisan Terkait: