Hati-hati! 16 Akibat Fatal Kurang Minum Air Putih

Jangan menganggap remeh kurang minum air putih, karena menimbulkan gangguan serius di dalam tubuh.

Sebagaimana diketahui, tubuh sebagian besar diisi oleh air. Jadi dapat dibayangkan, jika tubuh kekurangan cairan maka fungsi berbagai organ tubuh menjadi terganggu.

Air putih dinilai sebagai air minum yang paling sehat dan baik baik tubuh, hal itu karena air putih masih murni tanpa dimasukan campuran bahan-bahan apapun.

Hati-hati! 16 Akibat Fatal Kurang Minum Air Putih

Tubuh pada setiap harinya membutuhkan asupan air putih sekitar 2 liter per hari. Kurang minum air putih berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Bahaya akibat kurang minum air putih:

#1. Dehidrasi
Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang  tidak cukup mendapatkan cairan. Beberapa hal yang memicunya tidak minum air dalam waktu lama...

...atau melakukan olahraga atau kerja berat tetapi tidak menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh (karena saat olahraga berat akan mengeluarkan banyak keringat sehingga tubuh butuh kecukupan cairan pengganti).

Dehidrasi cukup berbahaya, karena jika dehidrasi berlangsung dalam waktu lama dan cukup parah maka bisa menyebabkan syok hingga bisa berakhir dengan kematian.

Beberapa pemicu dehidrasi lainnya adalah muntah, diare, dan terjadinya perdarahan.

Beberapa gejala dehidrasi yaitu menurunnya nafsu makan secara tidak wajar, sakit kepala, tubuh terasa lemas dan jiwa mudah cemas .

Untuk itu, penting untuk minum air yang cukup guna menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

#2. Gangguan pada sistem pencernaan
Saluran pencernaan meruapakan sebuah bentuk sistem yang sangat kompleks, yang sangat memerlukan air untuk melancarkan proses mencerna makanan di dalam tubuh.

Kurang minum air putih mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Tubuh sangat butuh air untuk mencerna makanan maupun menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Sehingga kurang minum air putih menimbulkan masalah seperti sembelit dan berbagai penyakit pencernaan. Jika berlangsung dalam jangka waktu lama berakibat fatal berupa terjadinya kanker usus.

Kurangnya asupan air putih juga membuat lamung dan usus mengalami penurunan lapisan yang melindungi bagian luarnya. Hal ini cukup berbahaya karena memicu terjadinya asam lambung dan luka pada usus.

Mulas dan sembelit menjadi masalah yang paling sering terjadi akibat kurang asupan air putih

loading...

#3. Tubuh mudah lelah
Seseorang yang kurang dalam konsumsi air putih bakal mudah merasakan lelah, hal itu karena ketika tubuh hanya memperoleh asupan cairan yang sedikit, mengakibatkan metabolisme tubuh menurun drastis, sehingga membuat tubuh mudah sekali lelah.

Metabolisme tubuh yang terganggu, membuat sel-sel maupun jaringan tubuh tidak mampu bekerja secara maksimal.

Tubuh yang kekurangan air putih membuat badan terasa lemah, letih, lesu dan kurang bersemangat. Sedikit-sedikit sudah capek walaupun hanya melakukan aktifitas ringan.

Air juga memiliki fungsi untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Jika tubuh kekurangan air akan membuat tubuh mudah lelah dan tidak bertenaga.

#4. Masalah serius pada organ ginjal
Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting yaitu menyaring cairan di dalam tubuh, di mana zat (nutrisi) yang berguna bagi tubuh akan diserap melalui peredaran darah...

...adapun zat yang tidak berguna dan bersifat racun akan disaring untuk dibuang keluar tubuh melalui proses urine.

Dalam meyaring, organ ginjal sangat membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Apabila kondisi tubuh kekurangan cairan mengakibatkan ginjal menjadi bekerja terlalu keras, sehingga membahayakan ginjal...

...selain itu, kotoran atau zat-zat beracun (yang harusnya dapat disaring) tidak dapat dikeluarkan secara sempurna keluar tubuh, sehingga racun masih berada di dalam tubuh.

Kondisi ginjal yang bekerja terlalu keras dalam waktu lama sangat membahayakan, karena bisa membuat organ ginjal menjadi rusak.

Masalah lainnya, apabila proses penyaringan oleh organ ginjal mengalami masalah, dapat memicu penyakit batu ginjal, infeksi bakteri di dalam ginjal (karena racun di dalam tubuh yang tidak mampu dibuang)...

...hingga yang terburuk (jika berlangsung dalam jangka waktu lama) berakibat seseorang mengalami gagal ginjal.

Fungsi air putih pada organ ginjal yaitu mencegah terbentuknya batu ginjal.

#5. Gangguan pada fungsi syaraf
Kurang minum air putih dapat mengakibatkan gangguan fungsi syaraf, karena ketika tubuh kekurangan cairan maka penyaluran oksigen ke otak mengalami masalah serius.

Dimana otak merupakan pusat koordinasi, yang merupakan pusat syaraf yang mengendalikan fungsi sensorik maupun motorik tubuh manusia.

Terjadinya gangguan fungsi syaraf ini karena kurang cairan tubuh, membuat orang yang mengalaminya akan menurun kemampuan konsentrasi, mudah lupa, mudah bingung dan mudah mengantuk.



#6. Mudah terserang radang sendi
Radang sendi bisa tinggi resiko terjadinya akibat kurang minum air putih, hal ini karena air merupakan penyusun tulang rawan, serta pelumas bagi sendi tubuh.

Tulang rawan di setiap persendian terdiri dari sekitar 80% air. Tulang rawan sendi memiliki permukaan yang halus, untuk memungkinkan pergerakan tubuh yang lebih mudah sehingga harus tetap dilumasi.

Malas minum air putih mengakibatkan kurangnya pelumasan pada sendi tersebut, yang membuat timbulnya gesekan yang besar...

...sendi yang kehilangan pelumasan, maka fungsiaya menjadi menurun. Asupan air sangat penting dalam menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik, serta mencegah ataupun mengurangi nyeri karena penyakit arthritis.

Dengan begitu, kekurangan cairan di dalam tubuh memicu gangguan serius pada sendi, termasuk reumatik dan osteoarthritis.

#7. Tekanan darah tinggi
Kurang minum menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah, hal ini resiko memicu tekanan darah tinggi.

Pembatasan pergerakan darah mengakibatkan tekanan darah tinggi karena organ jantung dibuat bekerja terlalu keras untuk memompa darah. 

Selain itu, jika aliran darah ke ginjal bermasalah karena kekurangan air, maka menimbulkan maslaah pada konstraksi pembuluh darah dan arteri, yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Sehingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah ke tahap normal. 

Tubuh yang tercukupi akan cairan, maka komposisi darah sangat baik dan tingkat keencerannya normal. Adapun ketika tubuh kekurangan cairan mengakibatkan darah akan sangat mengental yang memicu hipertensi.

#8. Gangguan kulit
Kurang minum air putih membuat kulit kehilangan kesegaran dan elastisitasnya. Yang membuat kulit terlihat kusam, kasar dan mudah rusak.

Dimana kurang cairan tubuh membuat enzim tidak mampu berfungsi dengan baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Resistensi dan fungsi enzim yang tidak optimal, membuat struktur lapisan kulit luar akan memburuk dan menyebabkan kulit kering dan kasar.

Dengan begitu jika ingin memiliki kulit yang selalu segar, halus dan tentunya sehat, minumlah air putih yang cukup pada setiap harinya.

Terbiasa minum air putih secara teratur, juga menjaga kesegaran tubuh. Tubuh terhindari dari masalah terlihat pucat dan seperti tidak bersemangat.



#9. Urin berwarna pekat
Tanda-tanda yang paling mudah diketahui saat tubuh kekurangan cairan adalah urin yang berwarna sangat pekat. Apabila urin yang normal, maka akan berwarna bening atau warna bening agak kekuningan.

Pada orang yang kurang minum air putih maka urinnya akan berwarna kuning pekat. Warna urin yang pekat jika berlangsung cukup lama maka akan memberikan masalah kesehatan yang cukup serius.

#10. Nyeri ketika buang air kecil
Tanda lainnya dari kurang minum air putih adalah rasa sakit ketika buang air kecil. Hal ini karena kandung kemih membutuhkan cairan yang cukup agar bisa melakukan pembuangan cairan urine dengan lancar.

Kondisi cairan yang sangat sedikit di dalam tubuh menyebabkan kandung kemih mengalami infeksi dan menyebabakan rasa nyeri saat buang air kecil

#11. Kurang konsentrasi
Daya konsentrasi sangat tergantung dari kondisi kesehatan organ otak. Jika malas minum air putih membuat organ otak akan mengalami kekurangan cairan...

...yang mengakibatkan tubuh kekurangan asupan oksigen, termasuk asupan oksigen ke otak bermasalah sehingga sel-sel otak menurun kinerjanya.

Organ otak yang mengalami kekurangan cairan membuat timbulnya masalah, seperti kemampuan konsentrasi yang menurun, membuat seseorang sulit dalam memecahkan masalah, sering salah dalam mengambil keputusan, mudah melakukan kesalahan, mudah lupa, sering melamun, dsb.

#12. Mengalami halusinasi
Halusinasi dapat dikatakan sebuah kondisi seperti melihat sesuatu, namun sebenarnya benda / objek yang dilihat tidaklah nyata.

Penyebab halusinasi salah satunya dipicu oleh efek kekurangan minum air putih. Masalah halusinasi ini dapat mengganggu akivitas yang dilakukan sehari-hari, terutama pada aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

#13. Mudah mengantuk
Untuk mengetahui yang kekurangan minum air putih, diasanya dirinya akan mudah sekali mengantuk. Hal itu karena air putih memiliki kegunaan yang salah satunya untuk menjaga kesegaran tubuh.

Jika setelah bangun tidur, kondisi tubuh belum sama sekali minum air putih, maka pada hari itu tubuh dipastikan akan terasa lemas, tidak bertenaga dan mudah mengantuk.

Sehingga, mencukupi kebutuhan minum air putih membuat tubuh menjadi segar dan tidak mudah mengantuk.

#14. Radang tenggorokan 
Kurangnya minum air putih akan membuat tenggorokan menjadi kering, setelah itu akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan.

Salah satunya yang sangat tidak diinginkan adalah menyebabkan radang tenggorokan, yang akan sangag menganggu kegiatan sehari-hari karena rasa perihnya, membuat sudah menelan makanan serta membuat suara bisa hilang.

#15. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit
Kurang minum air putih akan berakibat pada keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Air menjadi tempat dimana elektrolit larut yang nantinya tersebar ke bagian-bagian tubuh.

Elektrolit memiliki fungsi utama dalam kerja jaringan tubuh, sehingga menjaga keseimbangan kadar elektrolit sangat penting untuk membantu sel-sel tubuh bekerja dengan baik.

Ketidakseimbangan elektrolit menyebabkan hal-hal buruk, seperti kejang otot, kelemahan jantung dan detak jantung yang tidak teratur.

#16. Gangguan pengaturan suhu tubuh
Air putih yang dikonsumsi sangat penting untuk mejaga suhu tubuh agar tetap stabil, sehingga enzim dalam sel-sel dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Air bekerja untuk menyerap dan membuang panas yang terbentuk dari efek samping metabolisme, dan kelenjar keringat juga mengeluarkan cairan ke kulit ketika lingkungan panas, hal ini sangat penting untuk kondisi suhu tubuh agar tetap stabil.

Dengan begitu, masalah dehidrasi yang dialami membuat tubuh akan kesulian dalam menjaga suhu tubuh dan mendinginkan tubuh jika kondisi lingkungan panas.

Jika kondisi tubuh sedang dehidrasi dan lingkungan panas maka dapat berakibat tubuh mengalami sakit kepala, lemah, kejang hingga yang terburuk yaitu kematian.

Penutup...
Selain minum air putih yang cukup, agar tubuh dapat terus dalam kondisi sehat, maka hal lainnya yang juga penting dipenuhi adalah konsumsi makanan dengan gizi seimbang, penuhi kebutuhan tubuh akan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Selain itu, batasi konsumsi makanan berlemak yang menyebabkan tingginya kolesterol jahat dalam tubuh. Lakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan jaga hati dan pikiran yang baik untuk menghindari stres yang berlebihan.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan