15 Bahaya Tidur Terlalu Malam (Diatas Jam 23.00)

Tidur sangat dibutuhkan tubuh guna menjaga kesehatan dan kebugaran. Jangan sampai tidak memenuhi “hak”tidur malam, baik itu berupa tidak tidur malam ataupun tidur terlalu malam yaitu diatas jam 11 malam...

...hal itu karena berakibat langsung pada kesehatan tubuh, dan berefek buruk pada aktivitas (yang tidak maksimal) di keesokan harinya.

Bahkan, beberapa sumber menyebutkan, bahwa tidur terlalu malam ataupun kekurangan tidur bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

Bahaya Tidur Terlalu Malam

Sehingga, masalah kurang tidur di malam hari (karena bagadang) merupakan masalah serius yang dampaknya tidak bisa disepelekan.

Berbagai kegatan rutin yang dilakukan, jangan sampai membuat kita tidur terlalu malam, bak itu tugas kuliah, kerjaan yang padat, atau bahkan nonton serial drama televisi dan game online, jangan sampai ini semua membuat kita melupakan waktu tidur.

Bahaya tidur terlalu malam

#Konsentrasi Berkurang
Tidur malam yang dilakukan dengan baik dan tepat waktu, memiliki manfaat penting dalam mengoptimalkan memori dalam pikiran, yang membantu dalam berkonsentrasi.

Sehingga sering tidur larut malam (yang berimbas pada kurang tidur ataupun bangun kesiangan) berakibat pada penurunan drastis tingkat konsentrasi, penurunan keampuan menalar, penurunan kewaspadaan, penurunan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Masalah-masalah tersebut akhirnya menjadikan proses belajar menjadi lebih sulitm dan aktivitas secara umum akan terganggu.

Jika seseorang kekurangan tidur maka akan mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal yang sebenarnya sudah sering  alami pada siang hari.

Masalah dapat semakin parah jika melakukan hal-hal buruk, seperti meletakkan HP di bawah bantal saat tidur, lampu tetap menyala saat tidur, dsb.

loading...

#Jam biologis tubuh terganggu
Jam biologis tubuh bisa dikatakan “tugas otak” dalam mengatur selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati (mood) seseorang.

Akibat sering tidur larut malam, mengakibatkan otak kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal tersebut, sehingga jam biologis menjadi kacau, yang bisa berfek buruk pada kondisi fisik serta mental.

#Insomnia
Sering tidur diatas jam 11 malam, membuat seseorang rentan menderita insomnia, yang terjad dalam jangka sangat lama.

Akibat yang dirasakan yaitu tubuh merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam, maka ini adalah hal yang buruk.

Yang akhirnya berakibat tubuh menjadi lemas saat bangun di keesokan harinya.

#Obesitas
Hormon pengendali nafsu makan bisa bermasalah akibat tidur terlalu malam, selain itu tidur terlambat tentunya akan meningkatkan keinginan untuk ngemil...

...dimana kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan.

Orang yang sering tidur larut malam, bukan hanya nafsu makannya saja yang terangsang, selain itu muncul hasrat berlebihan untuk menyantap berbagai jenis makanan, yang tidak bisa dikontrol, utamanya makanan tinggi lemak atau tinggi kabohidrat.

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam cenderung menjadi lebih gemuk bahkan obesitas, dibandingkan orang-orang yang tidur cukup (dan tidur tepat waktu).

#Menurunkan gairah seksual
Tingkat libido dan gairah seksual pada pria maupun wanita dapat menurun karena jadwal tidur yang tidak baik, atau karena tidur yang terlalu malam...

...karena energi menjadi terkuras dan tensi darah mereka meningkat.

Sebuah penelitian yang dirilis di Journal of Clinical Endocrinology & Metablolism, menemukan hasil  bahwa kaum pria yang menderita masalah pernapasan sehingga tidurnya terganggu (sleep apnea), kadar testosteronnya rendah pada malam hari...

...dimana kadar testosteron memiliki peran dalam mendorong libido seks seseorang.

Para ahli juga banyak yang mengatakan bahwa pria maupun wanita yang sulit tidur memiliki tingkat libido yang sangat rendah, yang cenderung mengurangi gairah seks.



#Produktivitas terganggu
Tidur larut malam, mengakibatkan pada siang hari saat berada di tempat kerja, akan cenderung mengantuk, sehingga secara langsung berdampak pada penurunan produktivitas kerja. Mengantuk juga berisiko timbulnya kecelakaan saat perjalanan dari dan ke tempat kerja.

#Sistem imun menurun
Saat tidur, sistem kekebalan tubuh memproduksi zat sitoksin, membentuk antibodi dan sel untuk melawan infeksi.

Sitoksin dan antibodi berfungsi untuk mencegah radikal bebas, mencegah masuknya bakteri dan virus.

Sitoksin juga merupakan zat yang dapat membuat anda tidur dan memberikan waktu bagi sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat, sehingga tubuh tdak mudah jatuh sakit.

#Penuaan dini
Kalau diperhatikan, banyak orang mengalami mata panda seusai begadang pada malam hari, dan hal ini sudah banyak kita lihat.

Efek tidur terlalu malam juga menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah, serta lingkaran gelap di sekitar mata yang sulit dihilangkan.

Tidur yang terlambat atau kurang tidur, mengakibatkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol (hormon yang menyebabkan stress).

Tingginya kadar hormon kortisol (berlebihan), dapat berdampak pada kolagen kulit yang merupakan protein kulit untuk menjaga keelastisan dan kehalusan kulit.

Saat tidur, tubuh membuang toxin yang seharian masuk ke dalam tubuh, memulihkan stamina dan menjaga kondisi organ kulit.

#Merusak sistem syaraf pusat
Sistem syaraf pusat adalah tempat penyimpanan segala informasi. Kondisi sistem syaraf pusat harus dijaga, cara utamanya adalah menerapkan pola tidur yang sehat.

Saat tidur, otak akan mengistirahatkan syaraf yang sangat sibuk di siang hari, kemudian membentuk sel-sel baru yang menjadikan tubuh dan pikiran kembali segar di pagi hari.

Selain itu, selama tidur tubuh memproduksi makanan yang mengandung protein yang berfungsi memperbaiki sel-sel yang rusak termasuk pada sel otak.

Dengan begitu, tidur yang tidak sehat atau bahkan tidak tidur sama sekali mengakibatkan masaah besar.

#Menjadi Pelupa
Jika sering lupa akan sesuatu, memperbaiki pola tidur bisa menjadi solusi terampuh untuk mengatasi maslaah ini.

Organ otak melakukan proses alami untuk mengembalikan dan menggabungkan memori-memori yang sudah dialami sebelumnya, dimana proses ini hanya bisa terjadi saat tidur.



#Depresi
Banyak penelitian telah menemukan hasil bahwa kurang tidur menjadi penyebab depresi. Bahkan bisa bertimbal balik bahwa susah tidur menjadi salah satu gejala depresi.

Pada tahun 2005, penelitin di Amerika menemukan bahwa orang-orang yang didiagnosa mengidap depresi memiliki kecenderungan masalah tidur (pola tidur buruk atau kurang tidur).

Pada tahun 2007, sekitar 10 ribu orang yang menderita insomnia terbukti mengalami depresi, mulai dari tingkat depresi ringan hingga depresi berat.

Kondisi seperti ini (karena tidur terlalu malam) mengakibatkan depresi, mudah stres, mudah putus asa, mudah marah, sulit berfikir sehat, dan semacamnya.

#Berpengaruh pada kesehatan kulit
Orang yang kurang tidur juga bisa menjadi pucat, termasuk kulit terlihat kusam, muncul garis-garis halus pada kulit wajah, dll. Hal ini karena masalah hormon kortisol yang jumlahnya berlebihan.

Tingginya kadar hormon kortisol akibat dari tidur yang terlalu larut malam (lebih parah lagi baru tidur menjelang shubuh), sehingga tubuh lebih banyak dalam melepaskan hormon kortisol.

Hormon kortisol dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk, berupa memecahkan kolagen kulit...

...dimana kolagen kulit berfungsi untuk menjaga kehalusan, keelastisan dan kesehatan kulit.

#Meningkatkan resiko meninggal secara mendadak
Dampak dari kurang tidur yang paling menakutkan adalah meningkatnya risiko kematian. Peneliti Inggris, menyatakan bahwa pola tidur yang buruk atau kurang tidur meningkatkan risiko kematian dua kali lebih besar akibat penyakit kardiovaskuler.

Pada tahun 2007, para peneliti dari Inggris menemukan bahwa para pekerja mengurangi durasi tidur mereka dari tujuh jam menjadi lima jam...

...kondisi ini membuat mereka lebih cepat meninggal dunia dengan berbagai sebab dibandingkan mereka yang cukup tidur.

#Mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan
Tidak hanya kecelakan mobil di jalan raya, tetapi kecelakan secara umum. Terdapat banyak kecelakan fatal yang tercatat dalam sejarah dan menghebohkan dunia, seperti pada tahun 1979 terjadi kecelakaan nuklir di Three Mile Island, kebocoran minyak Exxon Valdez dan kebocoran nuklir di tahu Chernobil pada tahun 1986, dan banyak lainnya.

Dalam skala lebih kecil, tubuh yang tidak fit ataupun mengantuk (karena pola tidur yang buruk) dapat memperlambat reaksi terhadap sesuatu, dan problem ini sangat dikhawatirkan saat di jalan raya.

Di negara Amerika Serikat terjadi hampir 100 ribu kecelakaan yang diakibatkan oleh kualitas tidur pengendara yang buruk.

#Gangguan kesehatan yang serius
Tidur larut malam atau bahkan tidak tidur di malam hari, dapat meningkatkan resiko banyak penyakit berbahaya, yaitu:
  1. Tekanan darah tinggi
  2. Penyakit jantung
  3. Serangan jantung
  4. Gagal jantung
  5. Detak jantung tidak teratur
  6. Stroke
  7. Diabetes

Hal itu karena pola tidur yang baik dansehat, sangat diharapkan untuk bisa melancarkan peredaran darah, memperbaiki sel-sel tubuh dan membantu produksi enzim dan hormon...

...sehingga orang yang memiliki masalah pada kualitais tidurnya akan berisiko terserang gangguan kesehatan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. Artinya, jangan tidur di atas jam 11 malam, sangat disarankan untuk tidur di awal waktu yaitu jam 8-9 malam.

Siklus tubuh yang penting diketahui

Malam hari, jam 21.00 – 23.00:
Waktu untuk pembuangan zat-zat / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Pada waktu ini usahakan dilalui dengan suasana tenang, hindari aktivitas berat, bak itu yang memberatkan fisik maupun yang memberatkan pikiran.

Malam hari, jam 23.00 – dini hari jam 01.00 :
Waktu proses de-toxin di bagian hati, pada waktu ini maka tubuh seharusnya sudah dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari, jam 01.00 – 03.00 :
Waktu ketika Proses de-toxin di bagian empedu.

Dini hari, jam 03.00 – 05.00 :
Waktu ketika De-toxin di bagian paru-paru. Sehingga bisa terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk pada masa ini, hal itu karena proses pembersihan (de-toxin) sudah mencapai saluran pernafasan.

Pagi, jam 05.00 – 07.00 :
Waktu ketika De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil. Sehingga pada waktu ini seharusnya sudah bangun tidur, dan tubuh sudah dalam kondisi fit.

Pagi jam 07.00 – 09.00 :
Waktu yang sangat baik untuk penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, sehingga usahakan makan pagi (sarapan) yaitu jam 07.00. Bagi orang yang sakit, sebaiknya makan lebih pagi yaitu jam 06:00.

Tidur larut malam lalu baru bangun di waktu siang, mengakibatkan hal buruk yaitu kacaunya proses pembuangan zat-zat racun dan sampah dari dalam tubuh.

Selain itu, waktu dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan