8 Tanda Penting Seseorang Ingin Bunuh Diri

Depresi seperti tekanan jiwa karena keadaan yang tidak dapat ditanggung, merupakan sebuah kondisi yang sangat serius.

Depresi yang berlarut maka dapat meningkatkan risiko seseorang ingin melakukan bunuh diri, karena dengan pikirannya yang pendek bahwa bunuh diri sebagai penyelesaian.

Nah, untuk dapat menghindarkan hal-hal seperti itu dapat terjadi, maka sangat baik untuk kita agar dapat mengenali tanda-tanda depresi yang mengarah pada risiko bunuh diri.

Yang harus diingat adalah bahwa selalu ada harapan bagi seseorang yang mengalami tekanan atau depresi agar dapat kembali pada kehidupan normalnya.

Dengan mengenali tanda-tanda depresi yang mengarah pada risiko bunuh diri  maka akan lebih cepat disadari oleh orang-orang yang di sekitarnya, sehingga depresi pada seseorang itu akan lebih mudah diobati. Berikut di bawah ini tanda-tandanya.
  1. Dia berbicara tentang atau mengancam untuk menyakiti dirinya sendiri.
  2. Menyimpan barang-barang yang berbahaya dan aneh, seperti pisau di kamar, senjata api, pil (bukan obat), dan lainnya yang mencurigakan digunakan untuk bunuh diri.
  3. Jiwanya yang merasa mengalami tekanan tinggi, merasa putus asa, sering tersulut rasa marahnya, dan juga dendam.
  4. Dirinya terlihat merasa terjebak, seperti tidak ada jalan keluar dari sebuah situasi.
  5. Dia sering mengkonsumsi sesuatu yang aneh seperti penyalah gunaan obat / zat kimia.
  6. Menarik diri dari bergaul dari teman-teman dekat atau akrabnya, dan yang sangat berbahaya menarik diri dari keluarganya.
  7. Dirinya akan sering terlihat cemas, tidak bisa tidur, dan bahkan sebaliknya tidur sepanjang waktu, padahal sudah tidak mengantuk.
  8. Mengalami perubahan / penurunan mood yang sangat dramatis.

Jika Kamu menemui sebagian dari tanda-tanda di atas pada seseorang, maka berusahalah untuk berbicara langsung secara terbuka...

Dan juga bersabar menjadi pendengar yang baik untuknya, biarkan dia mengekspresikan perasaannya, dan hindarkan sikap untuk menghakimi.

Intinya bangkitkan semangatnya kembali, memotivasinya dan jangan mencelanya.

Semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan