Cara Gunakan Parfum Agar Wangi Seharian


Selain memperhatikan penampilan saat bertemu orang-orang, tentu juga harus memperhatikan kondisi bau badan.

Nah, pastinya Anda ingin wangi seharian agar bisa terus percaya diri.

Parfum
Photo credit: Pexels.com

Menggunakan parfum juga dapat memberikan energi positif, serta meningkatkan mood dan kinerja otak.

Oleh karena itu, orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan parfum akan merasa sangat tidak nyaman ketika lupa menggunakan parfum saat keluar rumah.

Berikut Berbagai Tips Menggunakan Parfum

Jika Anda selama ini suka menyemprotkan parfum ke pakaian atau baju dalam jumlah banyak, ternyata ini adalah hal yang KELIRU.

Parfum akan cepat habis tapi wangi parfum yang diperoleh tidak maksimal. Tentu Anda tidak mau seperti ini karena akan boros uang membeli parfum.

Beberapa titik semprot yang efektif yaitu bagian belakang telinga, ketiak, rambut, lipatan siku (dan belakakangnya), lipatan lutut, bawah punggung dan pusar.

Bagian belakang telinga memiliki temperatur hangat, hal ini membuat wanginya menyebar dan bertahan lama.

Anda disarankan menyemprot parfum ke bagian belakang telinga karena wanginya akan dapat tercium lawan bicara, sehingga membuat aktivitas mengobrol menjadi lebih menyenangkan.

Semprotkan parfum secukupnya saja ke bagian belakang telinga. Anda menyemprotkan sedikit tapi wanginya bisa tahan lama.

Menyemprot ke bagian rambut bisa dilakukan jika parfum yang Anda gunakan bebas alkohol. Semprotkan sedikit saja ke rambut, atau bisa juga menyemprotkan parfum ke sisir yang digunakan.

Menyemprotkan parfum ke rambut dapat membuat wanginya tahan lama.

Tapi jika parfum mengandung alkohol maka jangan disemprotkan ke rambut, karena bisa menyebabkan rambut kering dan kusam.

Jika Anda ingin menggunakan parfum ke bagian ketiak maka disarankan menggunakan deodoran terlebih dahulu.

Setelah menggunaan deodoran lalu oleskan sedikit parfum ke ketiak sembari menepuk-nepuk,

Ketiak merupakan bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat sehingga menimbulkan bau tidak enak.

Ingat, gunakan parfum ke ketiak dengan cara dioles atau ditepuk-tepuk, JANGAN SECARA LANGSUNG MENYEMPROT PARFUM KE KETIAK karena dampaknya akan menimbulan peradangan.


Menyemprotkan parfum ke bagian lipatan siku akan membuat aroma wangi awet. Lipatan siku memiliki suhu hangat sehingga wangi parfum menyebar.

Anda juga disarankan menyemprotkan ke bagian belakang siku dalam kadar yang sedikit saja.

Semprotkan parfum ke bagian karpal tangan yang merupakan area denyut nadi terderas. Hal ini penting dilakukan karena Anda tentunya sering bersalaman dengan orang lain dan melakukan kontak fisik lainnya.

Tentunya kita harus menjaga kewangian tangan sebelum bersalaman dengan oang lain.

Bagian tubuh lainnya yang memiliki tempreatur hangat sehingga disarankan untuk disemprotkan parfum yaitu bagian pusar dan bawah punggung.

Amankah Parfum Disemprotkan ke Kulit Tubuh?
Seorang dokter spesialis kulit bernama Edwin Tanihaha menjelaskan bahwa kulit pada dasarnya memiliki mekanisme alami untuk mempertahanan diri dari paparan zat asing. Jika penggunaan parfum tidak sampai menimbulkan masalah alergi maka tidak mengapa.

Adapun jika muncul alergi yang tanda-tandanya yaitu kulit terasa perih, panas dan muncul kemerahan, maka jangan menyemprotkan parfum ke kulit tubuh.

Pastikan parfum yang Anda beli telah mendapatkan izin peredaran dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Selain itu perhatikan kandungan di dalam produk parfum, kandungan alkohol dan metanol berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

Adapun kandungan CFC (chloro fluoro carbon) bisa menyebabkan peradangan kulit, dan dalam jangka panjang menyebabkan resiko kanker kulit.

Sebagai pengguna parfum, Anda perlu mengenali berbagai jenis wangi. Dimana pada masing-masing jenis wewangian parfum, memiliki ketahanan yang berbeda-beda.

Sebelum Anda menggunakan parfum maka pastikan Anda mandi terlebih dahulu, sehingga wangi parfum akan maksimal karena tidak terkontaminasi dengan keringat.

Gunakan body lotion dengan wangi netral jika Anda ingin menyemprotkan parfum ke kulit. Anda bisa memilih pelembab tanpa aroma, ataupun pelembab dengan aroma yang sesuai dengan aroma parfum.

Jaga kelembapan kulit yang baik sesaat sebelum menggunakan parfum, hal ini agar wangi parfum bisa menempel lebih lama.

Kalau bisa semprotkan parfum tepat setelah mandi dan sebelum berpakaian. Kelembaban di kulit akan membantu mempertahankan wangi parfum, sehingga awet seharian wanginya.

Anda boleh menyemprotkan parfum 2-3 kali pada titik penting, bertujuan agar wangi parfum bisa terus ada seharian.

Simpan Parfum dengan Baik
Pentingnya menyimpan parfum dengan benar bertujuan agar wanginya awet. Jangan menaruh parfum pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

Jika parfum terkena sinar matahari langsung atau berada di dekat benda-benda berbau tajam, maka akan menyebabkan menguapnya zat-zat tidak terlihat penghasil aroma wangi, sehingga kualitas parfum menurun.

Jangan menyimpan parfum di tempat basah seperti kamar mandi, maupun di tempat hangat / panas (seperti dekat kompor, tempat terkena sinar matahari dan semacamnya).

Letakan parfum di tempat yang aman dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung karena bisa menurunkan kualitas aroma.

Semprot Parfum dari Jarak 15-25 cm 
Jangan semprot parfum terlalu dekat, atur jarak menyemprot yaitu 15-25 cm dari kulit, hal ini bertujuan agar penyebaran parfum merata dan lebih luas.

Adapun jika menyemprotkan terlalu dekat (misalnya 5 cm) maka hanya mengenai sedikit titik di kulit tubuh. Dengan mengatur jarak semprot yang baik maka diharapkan wangi parfum bisa lebih awet.

Referensi:
Shunatona, Brooke. Cosmopolitan (Internet). 19 Fragrance Hacks to Make You Smell Amazing All the Time. 2015. Diakses: 14 Agustus 2018.
Ratnasari, Elise Dwi. CNN Indonesia (Internet). Seberapa Amankah Parfum Dikenakan di Tubuh?. 2017. Diakses: 14 Agustus 2018.

Loading...

Tulisan Terkait: