10 Hal yang Membuat Ayah Menjadi Sosok Super Penting Bagi Anak Gadisnya


Sosok seorang ibu tidak akan penah untuk tegantikan untuk selamanya-lamanya, tidak akan pernah...

Seorang ibu adalah pengayom bagi anak-anaknya, terutama anak perempuan yang biasanya paling sering mengalami kegalauan. Sang ibu menjadi peneman anak anaknya, yang memberikannya support tak terbatas bagi anak-anaknya.

Yang tidak bisa dipungkiri lagi, Ibu yang telah mengandung selama 9 bulan, melahirkan, dan membelai anak-anaknya tanpa ada rasa pamrih dan keluhan.

Disamping ibu, ada seorang sosok yang juga penting, yaitu sosok ayah. Walaupun jasanya tidak sebesar Ibu yang telah merasakan sakit saat melahirkan, tetapi ayah juga memiliki peran sangat besar, dirinya sangat sabar dalam menemani dan bermain dengan anak-anaknya, terutama lagi untuk anak gadisnya.

Sosok seorang Ayah yang paling sering memberikan petualangan-petualangan baru dan menyenangkan untuk anak gadisnya. Bahkan, Ayah tidak pernah mengeluh karena kelelahan menjadi tulang punggung keluarga.

Ayah dan Putrinya
Ayah dan Putrinya | Sumber gambar: Sweetsharing.com

Ada beberapa hal yang menjadikan seorang ayah menjadi sosok penting bagi anak gadisnya.

1. Ayah Selalu Sabar Meladeni Kelakuan Anak Gadisnya
Jika seorang gadis mengingat-ingat masa kecilnya, maka dia akan mengingat  berbagai polah tingkah laku yang menyebalkan orang tuanya. Tapi apakah karena hal itu Ayah akan menampakan kemurkaannya, bahkan lebih buruk lagi yaitu ayah akan memukul? Tidak.

Justru Ayah tidak ada jemu-jemunya untuk selalu menjaga dan menemani anak gadisnya bermain-main. Dirinya akan berusaha untuk membawa anak gadisnya ke tempat terbaik, yang akan menyenangkannya.

Hal yang lebih menakjubkan lagi, ketika seorang gadis semakin dewasa umurnya, seringkali kelakuannya masih kurang adab pada ayahnya sendiri, bahkan suka melawan ayahnya. Tetapi sang Ayah masih tetap saja menampakan kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi sikap anak gadisnya itu.


2. Ayah akan Menegur Anak Gadisnya dengan Penuh Kasih Sayang
Biasanya dari kedua orang tua, yang lebih suka mengomel dan berteriak karena kelakukan anak perempuannya adalah Ibu. Hal ini yang umumnya terjadi di masyarakat, dan hal yang wajar bila sang Ibu sering mengomel kepada anak perempuannya jika salah, itu karena sang ibu-lah yang telah melahirkannya dengan susah payah.

Adapun sosok seorang  ayah biasanya hanya memberikan teguran pada momen yang pas. Teguran berupa nasehat-nasehat beharga yang akan sangat bergun untuk anak gadisnya.

Tanpa adanya teguran dan nasehat sang ayah, seorang gadis akan sulit untuk menjadi sosok wanita hebat di masa dewasanya. Seorang ayah menegur anak gadisnya, karena semata-mata hanya ingin memberikan hal-hal yang terbaik pada anak gadisnya.

3. Ayah Sudah Jelas Adalah Cinta Pertama Anak Gadisnya
Ayah merupakan sosok lelaki pertama yang mucul di hadapan anak gadisnya. Dia lelaki pertama dan terdekat yang berada disisinya. Demikian juga, hal ini terus berlanjut hingga anak gadis menjadi seorang wanita dewasa, yang tetap menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya.

Hal yang luar biasa, bahwa tidak jarang sosok seorang ayah dijadikan sebagai patokan dan panutan buat kaum wanita dalam mendapatkan pasangan seumur hidupnya.

Cinta sang ayah pada anak gadisnya, lebih besar daripada lelaki manapun.

4. Ayah Sebagai Pelindung Keluarga
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa ayah-lah yang menjadi tulang punggung keluarga, yang menafkahi keluarga. Selain itu, ayah juga bertugas penting dalam menjaga keluarganya, yang berada di garda terdepan dalam dalam hal keamanan keluarga.

Saat seorang anak perempuan mengalami suatu problematika kehidupan yang rumit. maka tidak peduli si anak perempuan masih kecil atau sudah besar, sang ayah akan tetap menjaga, menolong, dan membela dengan sekuat tenaga.

5. Seringkali anak gadis cuek pada ayahnya. Tetapi sebaliknya, ayah dengan kesibukan tidak akan melupakan putrinya.
Ayah akan sangat khawatir ketika anak gadisnya belum pulang seperti waktu yang dijadwalkan. Dia akan segera menghubungi lewat ponsel, dan pertama kali bertanya tentang keadaannya dan ada dimana? Lalu kapan kira-kira sampai rumah? Dan terakhir ayah tidak akan lupa mengatakan “Hati-hati di jalan...”.

Jika sedang mengkhawatirkan anak gadisnya, ayah tidak akan bisa tidur. Dia duduk menunggu berjam-jam tanpa rasa jemu. Ayah ingin memastikan anaknya tiba di rumah dalam kondisi baik dan selamat.

Adapun si anak saat di jalan, malah melupakan sosok ayahnya yang selalu mengkhawatirkannya. Si anak sibuk bersenang-senang di luar, bahkan tidak jarang ada SMS dari ayahnya justru diabaikan begitu saja.

loading...

6. Di balik lelahnya dan kerasnya kehidupan di luar saat mencari rezeki, ayah tetap terseyum pada anak anaknya di rumah.
Saat ayah bekerja di luar untuk mencari uang,agar bisa mencukupi kebutuhan hidup. Dimana pekerjaan yang dilakukan penuh dengan berbagai problematika dan tanggung jawab yang besar. Sehingga membuatnya merasa lelah, penat dan jenuh. Tetapi Ayah tetap bisa mengontrol dirinya agar tetap terlihat menyenangkan bagi anak-anaknya.

Ayah berusaha agar tidak kaku wajahnya, walaupun saat bekerja di luar dirinya bekerja dengan penuh tekanan. Dengan piawainya, Ayah mampu mengubah wajah yang penuh lelah dan penat menjadi wajah yang berseri-seri dan menyenangkan.

7. Ayah Membimbing Anak Gadisnya Agar Menjadi Sosok Wanita yang Mandiri
Dibandingkan ibu, mungkin sebagian anak gadis akan menganggap bahwa adalah sosok ayah yang lebih keras. Kerasnya sikap seorang ayah, adalah karena ada tujuannya. Tahukan apakah tujuannya itu? Karena sayangnya seorang ayah pada anak gadisnya.

Ayah memiliki beban yang sangat berat untuk membimbing anak gadisnya (selain juga membimbing anak lelaki). Ayah sangat ingin anak gadisnya memiliki kekuatan yang cukup untuk menjalani samudra kehidupan yang luas.

Apalagi sang gadis suatu saat akan dilamar oleh calon suaminya, dan sang gadis harus memiliki bekal yang cukup untuk bisa menjadi istri yang baik bagi suami dan anak-anaknya.

Ayah sangat ingin mendidik anak gadisnya agar memiiliki berkepribadian teguh dan mandiri. Walaupun ayah juga ingin melihat anak gadisnya menjadi seorang yang lembut, disamping juga kuat dalam menjalani kehidupan.

 8. Ayah menjadi sosok penting saat Anak Gadis bersitegang dengan Ibu atau Saudara-saudaranya
Ketika seorang anak gadis terlihat berselisih dengan ibu ataupun kakak adiknya yang laki-laki, maka sosak seorang ayah menjadi penengah yang baik bagi keluarganya.

Sangat menyedihkan setelah barusan cekcok dengan saudara-saudara atau orang lain, maka sosok sang ayah akan segera datang dan menjadi penghibur bagi anak gadisnya.

Ayah tidaklah tenang jika melihat anak gadisnya bersedih. Dia akan memikirkan seribu cara agar bisa membuatnya ceria kembali. Dibalik sosok ayah yang sangat tegas dan cenderung keras, tetapi dirinya sangat khawatir ketika anak gadisnya terlihat galau dan bersedih.


9. Ayah sosok lelaki yang tak ternah tergantikan oleh anak gadisnya
Sampai kapanpun, ayah adalah sosok lelaki spesial bagi anak-anak perempuannya. Tidak ada lelaki manapun yang dapat menggantikan posisi sang ayah di hati anak perempuannya. Bagi Ayah, sampai kapanpun juga akan menganggap anak perempuannya sebagai gadis kecilnya yang tetap lucu dan menggemaskan.

Sekeras apapun sifat yang dimiliki seorang ayah, tetapi khusus kepada anak gadisnya maka ayah akan BERJUANG untuk menahan emosi dan sifat kerasnya agar tidak dikeluarkan ketika di hadapan anak gadisnya. Hal itu karena begitu cintanya ayah pada anak wanitanya. Ayah biasanya cuma menegur dan meminta agar si anak gadis untuk memahami nasehat yang diberikan.

10. Contoh sosok ayah yang benar-benar sayang anak perempuannya
Semua yang disebutkan diatas berupa hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang ayah, selain itu ada hal yang jauh lebih penting dari itu. Langsung saja diketahui dari bentuk dialog di bawah ini, yang menjadi pelajaran bagi banyak Ayah.

Contoh dialog antara ayah (A) dan anak gadis (G).

G : “Ayah.. Diriku ingin menikah dengannya??”
A : “Anakku.. Tapi ayah sudah mempunyai calon yang bagus untukmu .”
G : “Tapi ayah, dia adalah lelaki yang sangat tampan dan kaya. Aku juga mencintainya .”
A : “Anakku sayang, coba dengarkan beberapa kelebihan lelaki pilihan ayah, bila kamu tidak suka, ayah tidak ingin memaksamu”
G : “Baiklah ayah .”
A : “Lelaki pilihan ayah merupakan sosok pemuda yang ayah sangat kagum padanya. Dia selalu hadir dalam shalat berjamaah di masjid. Bahkan semangatnya untuk pergi shalat ke masjid tidak kendur saat terjadi hujan.”

“Ayah sebenarnya malu pada kesolehannya itu. Dia juga bukan orang yang kaya, tetapi dirinya selalu terlihat selalu berseri-seri wajahnya. Dia sangat mensyukuri apa yang dimilikinya, tidak seperti kebanyakan orang yang kurang bersyukur.”

“Ayak perhatikan, disaat para pemuda lainnya asyik dengan acara jalan-jalannya, dirinya justru selalu hadir dalam majelis pengajian.”

“Dia benar-benar sosok lelaki yang luar biasa... Bagaimana tidak? Ketika kebanyakan lelaki sibuk memperhatikan aurat perempuan yang lalu lalang, tetapi dirinya menundukan pandangannya dari aurat wanita. Waktu ayah tanya, dia menjawab bahwa hanya ingin memandang yang halal.”

“Nah putriku.. Sekarang sebutkan apa hal yang membanggakan dari lelaki pilihanmu?”

G : “Ayah, bolehkah aku untuk segera menikah dengan dia? Lelaki pilihan ayah itu? .”

A : “Kenapa kamu berubah pikiran nak?? ”

G : “Walaupun dia bukanlah lelaki yang banyak harta, tetapi aku yakin dia adalah lelaki yang aku butuhkan untuk kebahagianku. Bila ayah saja begitu mengaguminya, maka saya kira dia adalah seorang lelaki yang luar biasa?”

Loading...

Tulisan Terkait: