20+ Manfaat Daun Kemangi (Kandungan & Efek Sampingnya)


Daun kemangi biasa dimakan sebagai lalap. Selain itu juga bisa menjadi bumbu yang digunakan pepes, yang memiliki aroma kuat, dengan sedikit aroma limau.

biasa di sajikan bersama dengan irisan ketimun, daun kubis, dan sambal untuk disantap bersama ikan goreng ataupun ayam goreng.

Kandungan Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung energi sebesar 43 kilokalori, protein 5,5 gram, karbohidrat 7,5 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 106 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu terkandung vitamin A sebanyak 1017 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 30 miligram.

Hasil tersebut diperoleh dari penelitian pada 100 gram Daun Kemangi. Informasi secara rinci komposisi kandungan nutrisi / gizi pada daun kemangi:
  • Nama Bahan Makanan : Daun Kemangi
  • Nama Lain / Alternatif : -
  • Banyaknya yang diteliti (food weight) = 100 gr
  • Bagian yang dapat dikonsumsi (bdd / food edible) = 65 %
  • Jumlah kandungan Energi = 43 kkal
  • Jumlah kandungan Protein = 5,5 gr
  • Jumlah kandungan Lemak = 0,3 gr
  • Jumlah kandungan Karbohidrat = 7,5 gr
  • Jumlah kandungan Kalsium = 35 mg
  • Jumlah kandungan Fosfor = 106 mg
  • Jumlah kandungan Zat Besi = 1 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin A = 1017 IU
  • Jumlah kandungan Vitamin B1 = 0,06 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin C = 30 mg

Sumber informasi gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

20+ Manfaat Daun Kemangi (Kandungan & Efek Sampingnya)

Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin.

Daun kemangi memiliki senyawa minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Daun kemangi rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, disamping itu kaya nutrisi penting, mineral, dan vitamin.

Daun kemangi tinggi akan beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini berfungsi dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS), dampaknya seperti penuaan dini dan meningkatkan resiko penyakit berbahaya.


Zea xanthin adalah senyawa karotenoid flavonoid yang berfungsi untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina mata. Studi menunjukkan bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zea xanthin, berbukti bermanfaat untuk melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan mata. Hal ini terutama bagi orang yang berusia lanjut.

Manfaat vitamin A sudah populer memiliki sifat antioksidan dan baik untuk organ mata. Selain itu, mengkonsumsi makanan alami yang kaya vitamin A mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium menjadi bagian penting berkaitan dengan sel-sel dan cairan tubuh, serta membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Zat besi berfungsi sebagai komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, bekerja dalam pembawaan oksigen dalam darah.

Vitamin K sangat dibutuhkan darah dan juga menjaga fungsi tulang, penguatan tulang, mencegah penyakit tulang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun kemangi mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi, beta karoten juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Mengatasi Kanker

Dikutip dari draxe.com, studi klinis yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa daun kemangi mengandung phytochemical, yang bermanfaat membantu secara alami mencegah kanker, pada kulit, hati, lidah dan paru-paru.

Kemangi mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, guna menghentikan tumor kanker yang terus menyebar, dan lainnya. Dalam studi menggunakan obyek hewan, ekstrak kemangi telah menunjukkan perlindungan terhadap serangan kanker.

Juga melindungi jaringan normal dan sel-sel dari efek negatif pengobatan kanker seperti radiasi atau kemoterapi. Ini berarti bahwa menggunakan ekstrak kemangi bermanfaat sebagai pengobatan kanker tambahan.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat daun kemangi untuk membantu pembuluh darah dan jantung agar rileks, serta aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar. Hal ini karena di dalam daun kemangi memiliki kandungan magnesium.

Mencegah Adanya Kemandulan

Kemangi memiliki kandungan zat arginin yang manfaatnya membuat daya hidup sperma semakin kuat, sehingga mencegah kemandulan.

Loading...

Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Daun kemangi mengandung magnesium dan beta karoten yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Magnesium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh organ jantung.

Kemangi juga kaya antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut beberapa penelitian, daun kemangi dapat melindungi tubuh dari aksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi organ-organ tubuh.

Mengobati Sariawan

Penyebab terjadinya sariawan, yaitu mulut tergigit, kebersihan mulut yang tidak terjaga, daya tahan tubuh melemah, kelainan pencernaan, produk pasta gigi tidak cocok dengan mulut, konsumsi makanan terlalu pedas atau asam, dan kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin B 12 dan vitamin C.

Pengobatan sariawan menggunakan daun kemangi sederhana sekali, yaitu dengan mengunyah daun kemangi sekitar tiga menit (daun sudah dicuci bersih). Lalu minumlah air hangat. Lakukan 1-3 kali dalam sehari.

Anda juga bisa mengatasi sariawan dengan air kelapa, karena air kelapa memberikan efek menenangkan bagi organ pencernaan. Air kelapa juga menghidrasi tubuh, sehingga cocok dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan.

Selain itu, juga bisa menggunakan tomat, yang mengandung vitamin C mampu menyembuhkan sariawan.

Disarankan memenuhi kebutuhan asupan vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

Membantu Perkembangan Tulang

Daun kemangi ternyata juga membantu perkembangan tulang, karena kandungan fosfor dan kalium didalamnya yang bermanfaat dalam pembentukan dan perkembangan organ tulang, sehingga juga mencegah masalah tulang keropos.

Mengobati Panu

Penyakit panu bisa disembukan dengan daun kemangi, pertama-tama haluskan daun (sebelumnya dicuci bersih), lalu campurkan dengan sedikit kapur sirih, terakhir oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Mengurangi Bau Keringat

Apabila Anda mengalami bau keringat... maka coba konsumsi daun Kemangi sebagai lalapan selama satu minggu saja, rasakan khasiatnya.

Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Daun kemangi efektif mencegah timbulnya jerawat karena fungsinya yang memurnikan darah dengan membuang racundi dalam darah. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang manfaatnya mencegah peradangan.

Daun kemangi mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B dan kandungan bahan antiseptik yang mampu menyembuhkan jerawat. Antiseptik berfungsi untuk membunuh bakteri dan memperlancar peredaran darah di kulit.

Untuk penggunaan luar: pertama-tama haluskan daun Kemangi, lalu campur dengan air panas. Aduk sampai sarinya keluar, dan tunggu hingga agak dingin.

Peras daun kemangi dan simpan airnya dalam botol. Terakhir  oleskan  pada wajah. Hal ini bermanfaat agar jerawat bisa segera kering dan wajah menjadi lebih bersih.


Pencegahan Komedo

Caranya, ambil daun Kemangi, lalu cuci hingga besih, lalu haluskan daun Kemangi. Gunakan ramuan itu ke wajah yang berkomedo. Biarkan saja menempel di wajah, kalau bisa selama 20 menit (atau lebih) agar kandungan meresap ke kulit secara maksimal. Setelah itu, baru bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Konsumsi daun kemangi juga membantu membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah, karena fungsinya yang memurnikan darah dan menghilangkan racun dari dalam tubuh, hingga membantu menyembuhkan masalah kulit.

Mencegah Rambut Beruban

Untuk membuat ramuannya: pertama-tama rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalaman, lalu cuci rambut dengan ramuan ini pada keesokan harinya. Manfaatnya mencegah rambut beruban hingga rontok.

Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang terjadi karena gatal di kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut, kemudian dioleskan pada kulit kepala bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan juga menguatkan rambut.

Mencerahkan Kulit Kusam

Untuk mencerahkan kulit kusam, bisa dengan  menggunakan bubuk daun kemangi, atau membuatnya dengan cara menghaluskan daun kemangi yang masih segar.

Yang nanntinya digunakan sebagai masker alami secara rutin. Anda bisa mencampurkan madu di dalam daun kemangi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Obat Alami untuk Ketombe

Untuk mengatasi dan mencegah ketombe dan rambut rontok, ramuannya: campur beberapa tetes minyak kemangi dengan minyak kelapa.

Hangatkan campuran, lalu pijat dengan lembut ke kulit kepala Anda. Kalau bisa, disarankan dilakukan sebelum tidur, biarkan semalaman dan cuci rambut, lalu sampo saat mandi.

Manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa gatal, dan membersihkan kotoran pada rambut dan kulit kepala.

Anti Aging

Zat antioksidan di dalam kemangi berkhasiat untuk melindungi kulit dan tubuh dari bahaya serangan radikal bebas, efek buruk radikal bebas ini semakin parah dengan semakin banyaknya polusi di lingkungan hidup.

Kandungan antioksidan menjaga kulit agar tidak dimasuki zat asing berbahaya, serta mencegah penuaan dini.

Kesehatan Gigi dan Mulut

Kemangi menjadi obat herbal yang populer untuk mengobati gigi dan mulut. Sifat antibakteri dari kemangi mampu menghancurkan bakteri merusak di dalam mulut, yang manfaatnya untuk mencegah penyakit gigi dan mulut. Juga membuat gusi lebih kuat dan mempercepat penyembuhan ulkus.

Mengobati Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

Rasa gatal setelah gigitan serangga dapat diredakan dengan daun kemangi. Caranya: siapkan daun kemangi yang masih segar dan bersih, lalu hancurkan daun, lalu oleskan pada bagian tubuh yang gatal.

Diamkan selama beberapa menit, membeirkan manfaat untuk mengatasi rasa gatal.

Mencegah Batu Ginjal

Kemangi memiliki sifat diuretik dan baik untuk proses detoksifikasi. Hal ini memiliki manfaat sangat besar dan penting, untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah, yang mencegah terjadinya batu ginjal.

Meredakan Demam & Masuk Angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin, terutama pada balita. Caranya membaut ramuannya, siapkan beberapa lembar daun kemangi, lalu dihancurkan bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung.

Efek Samping Daun Kemangi

Walaupun tidak menyebabkan efek samping yang serius, seseorang yang menderita diabetes dan sudah mengambil obat resep untuk diabetes, maka jika ingin menggunakan daun kemangi harus berkonsultasi dengan dokter.

Daun kemangi berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah, yang akibatnya bisa beresiko menimbulkan pusing (jika juga mengkonsumsi obat diabetes).

Beberapa penelitian pada obyek hewan telah menunjukkan bahwa konsumsi ramuan dari bahan daun kemangi bisa beresiko menurunkan kesuburan.

Meskipun tidak ada bukti yang cukup kuat tentang efek samping dari kemangi pada ibu hamil, disarankan ibu hamil hati-hati dalam konsumsi daun kemangi.
Sebagian sumber menyebutkan bahwa daun kemangi, daun kol, buncis, kacang panjang dan wortel kurang baik bagi ibu hamil ini karena:
  • Sayur mentah mengandung banyak bakteri, bakteri yang ada pada sayuran tersebut bisa membuat ibu hamil muntah, mual dan pusing.
  • Ibu hamil bisa terkena diare atau bahkan disentri.
  • Janin juga bisa terinfeksi dengan bakteri.

Disamping itu ada pihak yang pro mengenai konsumsi daun kemangi bagi ibu hamil, bahwa tidak mengapa ibu hamil konsumsi daun kemangi.

Dengan begitu (karena ada yang pro dan kontra) maka ibu hamil tetap boleh konsumsi daun kemangi, tetapi harus DIBATASI konsumsinya agar menghindari hal yang tidak diinginkan.

Referensi:
Katie. Wellness Mama (2018). 10 Uses for Basil Leaf.
Nordqvist, Joseph. Medical News Today (2018). Why everyone should eat basil.
WHFoods. Basil.
Draxe. 12 Benefits of Basil + Recipe Ideas.
Organisasi.org. ISI KANDUNGAN GIZI DAUN KEMANGI - KOMPOSISI NUTRISI BAHAN MAKANAN.

Loading...

Tulisan Terkait: