18 Rahasia Menjadi Pintar (Dipraktekan, Bukan Hanya Sekedar Teori)


Kecerdasan bisa diasah sehingga menjadi tajam, hanya dibutuhkan kemauan yang kuat untuk terus mengasah kecerdasan. Pada asalnya tidak ada orang bodoh di dunia ini, yang ada adalah orang yang malas untuk mengembangkan dirinya, sehingga dia dipandang orang sebagai orang yang bodoh.

Terutama untuk pada pemuda, maka jangan habiskan waktu Anda untuk hal yang tidak berguna, apalagi kerjaannya sampai tawuran seperti yang kita lihat beritanya di TV.

Lakukanlah berbagai hal yang bermanfaat, yang bisa membuat Anda bertambah pintar dan wawasannya Anda semakin luas. Dengan begitu Anda akan menjadi orang yang lebih berkualitas.

Rahasia Menjadi Pintar

Untuk bisa menjadi pintar bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan, Anda tidak perlu sampai mati-matian untuk bisa menggapainya. Menjadi pintar itu adalah hal yang sederhana, hanya Anda harus memiliki tekad yang kuat. Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Anda Harus Rajin Membaca Buku
Orang yang membaca buku identik dengan sebutan orang yang cerdas, hal ini benar adanya. Adapun jenis buku yang Anda baca bukanlah novel dan semacamnya, akan tetapi buku-buku yang bisa menambah wawasan Anda, sehingga Anda bisa menjadi orang yang berilmu.

Selain Anda harus melatih diri untuk rajin membaca buku (dalam waktu lama), Anda juga harus cerdas dalam memilih buku yang berkualitas. Tentunya, yang diutamakan mencari buku yang isinya bermanfaat, dan isinya juga membuat rasa penasaran tinggi untuk Anda.

Oleh karena itu, Anda dalam hidup ini minimal harus menyukai satu bidang yang akan didalami secara detail, silahkan pilih yang Anda suka seperti bidang sejarah, teknologi, politik, militer, ekonomi, agama, kesehatan dan banyak lainya. Semakin banyak bidang yang Anda bisa kuasai maka Anda semakin luar biasa.

Dengan banyak membaca maka wawasan Anda akan semakin luas, yang dengan begitu Anda bisa menjadi orang lebih produktif dalam menghasilkan ide dan gagasan.

Yang utama dalam membaca adalah kualitas bukan kuantitas, pastikan Anda bisa memahami dengan baik atas apa yang telah Anda baca.

Saat membaca maka otak akan bekerja untuk berusaha mengingat informasi-informasi yang masuk. Sering membaca buku bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, membaca buku menjadikan konsentrasi dan daya tangkap semakin baik.

Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang rutin membaca buku mengalami lebih lambat penurunan fungsi kognitif sebesar 32 persen dibandingkan orang-orang yang malas membaca buku. Penelitian juga menyebutkan bahwa rajin membaca buku mampu mencegah Alzheimer.

2. Manfaatkan Waktu (Hal Ini Membuat Otak Selalu Berfikir dan Terlatih)
Ketika sedang tidak ada pekerjaan atau kegiatan, banyak orang yang menggunakan waktu lowong tersebut hanya untuk bermain game atau media sosial.

Hal ini cukup disayangkan karena hendaknya Anda memanfaatkan waktu untuk melakukan hal yang lebih berkualitas lagi, hal ini nantinya dapat mengasah otak secara otomatis dan realtime, yang manfaatnya bisa meningkatkan ketajaman pikiran Anda.

Tidak hanya membaca buku, karena tampaknya hal yang berat jika aktivitas tidak divariasikan. Anda juga bisa melakukan aktivias olahraga, ikut kursus keahlian tertentu (online ataupun offline), bergabung dengan komunitas sosial tertentu, dan hal-hal yang positif lainnya.

Tapi, dari semua waktu Anda yang 24 jam dalam sehari, sangat disarankan agar Anda meluangkan sekitar 1 jam saja dalam sehari untuk menghafal (membaca buku dan menghafal itu berbeda). Hal itu karena saat menghafal maka otak benar-benar akan dilatih secara maksimal ketajamannya.

Manfaatkan waktu Anda untuk menghafal, minimal 1 jam dalam sehari. Hafalah hal-hal yang penting untuk Anda, tetapi jangan menghafal lagu karena tidak memberikan manfaat yang signifikan.

Anda bisa menghafal perkataan-perkataan ‘emas’ para tokoh dunia, menghafal Al-Qur’an dan lainnya. Pokoknya hafal hal-hal yang bermanfaat.

Momen menghafal yang paling pas adalah saat suasana sedang sepi dan tenang, dimana tidak ada gangguan yang membuyarkan konsentrasi.

Adapun waktu menghafal yang baik, umumnya adalah pada malam hari dan pagi hari. Buatlah kondisi tubuh yang fresh saat meghafal, sehingga disarankan sebelum menghafal agar Anda mandi atau mencuci muka.


3. Biasakan Untuk Menulis Berbagai Informasi Yang Anda Anggap Penting
Memang faktanya tidak semua orang memiliki kebiasaan menulis informasi yang masuk ke pikirannya. Betapa banyak orang yang menghadiri suatu seminar, tetapi hanya sedikit yang menulis.

Demikian juga saat rapat dan mendengarkan berbagai masukan penting, tetapi jarang sekali orang yang menulisnya. Jika Anda model orang yang seperti ini, maka mulai sekarang jadilah orang yang terbiasa untuk menulis.

Anda bisa menlis di laptop, gadget ataupun buku tulis. Segala informasi penting yang masuk dan berhasil dicerna pikiran Anda maka hendaknya ditulis. Melakukan kebiasaan ini akan bermanfaat untuk melatih otak, serta juga memperkuat daya ingat dan daya pikir

4. Usakan Untuk Memilih Teman-Teman Yang Berkualitas
Teman-teman Anda akan sangat mempengaruhi banyak hal pada diri Anda, termasuk juga tingkat kecerdasan Anda. Dengan berada di tengah orang-orang yang memiliki intelektualitas yang bagus, saat Anda berdiskusi bersama mereka maka Anda akan ‘dipaksa' untuk berpikir kuat.

Hal ini bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih tajam, semakin sering berdiskusi dengan orang-orang pintar maka semakin bagus.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih teman-teman yang pintar (disamping juga harus baik dan bisa dipercaya). Dengan begitu, Anda dapat belajar banyak hal dari mereka pada setiap waktu.

Usahakan diri Anda untuk berada di sekeliling orang-orang yang ‘hebat’, baik dalam hal pengetahuannya, pendidikannya, sifatnya dan akhlaknya. Yang nantinya lama-kelamaan Anda secara otomatis akan meniru mereka.

Anda Jangan merasa rendah diri, justru seharusnya bersyukur karena Anda memperoleh hal penting yang membuat Anda bisa lebih pinar.

Besenang-senang bersama teman boleh-boleh saja, seperti jalan-jalan, dll. Tetapi sangat penting dalam pertemanan yang Anda lakukan, masing-masing bisa saling mengambil manfaat dari pertemanan mereka. Masing-masing saling bertukar pengetahuan.

5. Jadilah Orang Yang Suka Mengajarkan Orang Lain
Jika punya ilmu pada suatu bidang, maka jangan pelit untuk men-sharenya. Sebenarnya metode ampuh agar ingatan pada suatu informasi bisa lebih melekat di pikiran, yaitu dengan mengajarkan apa yang Anda ketahui tersebut.

Sehingga Anda nantinya secara otomatis akan mengulang-ulang informasi yang ada di pikiran Anda, dengan kata Anda belajar kembali pada hal yang telah Anda dengar / baca sebelumnya.

Dengan berhasil menjelaskan suatu hal secara baik dan lancar, berarti Anda juga telah memahami dengan baik atas informasi yang Anda ketahui sebelumnya.

Suka mengajarkan hal bermanfaat pada oang lain, ternyata juga membuat Anda akan terbiasa untuk berpikir. Hal ini membuat daya pikir Anda menjadi lebih kuat.

loading...

6. Tingkatkan Daya Ingat Anda
Yang namanya kecerdasan seringkali dikaitkan dengan kemampuan mengingat yang baik. Pada tiap orang, punya timgkat memori dan konsentrasi yang berbeda-beda. Untuk bisa meningkatkan daya ingat, maka beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Yang pertama, Anda harus memiliki jadwal rutin olahraga, dan juga miliki tidur yang nyenyak, hendaknya mematikan lampu saat tidur.

Agar daya ingat dan konsentrasi Anda bisa lebih tajam, maka hindari memikirkan terlalu banyak hal-hal yang tidak penting. Kebiasaan memikirkan banyal hal yang tidak penting ternyata bisa membuat Anda nantinya sering lupa.

7. Kembangkan Rasa Ingin Tahu dalam Diri Anda
Jika kita merenungkan, bagaimana ada orang-orang yang tahu begitu banyak hal, dengan kata lain wawasannya sangat luas? Ingatan yang baik mungkin hanya menjadi salah satu jawabannya. Disamping itu, yang harus dimiliki adalah rasa ingin tahu yang besar.

Sebuah kesalahan jika seseorang sudah puas dengan kondisi wawasan dan pengetahuan yang minim, sehingga terlalu banyak hal-hal penting yang tidak diketahui. Hal ini akan membuatnya kesulitan dalam berdiskusi dengan orang-orang, dan juga kesulitan dalam memberikan gagasan dan ide yang baik.

Sebenarnya, pada dasarnya semua orang memiliki rasa ingin tahu. Tumbuhnya rasa ingin tahu pada sesuatu hal yaitu dengan mengetahui “apakah hal tersebut penting dan menarik?”

Disinilah pentingnya agar kita menjadi orang yang memiliki wawasan luas, sehingga hal ini nantinya akan terus berkembang. Dimana jiwa akan terus ingin terpacu untuk mengetahui secara lebih mendalam (detail) dari hal-hal yang baru diketahui secara garis besarnya saja.

Ingatlah, segala penemuan bersejarah yang telah terjadi di seluruh dunia, hal itu didasari dari rasa keingintahuan yang kuat dari para penemunya. Milikilah rasa ingin tahu yang positif, yang manfaatnya bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih pintar dan berkualitas.

8. Jika Ingin Bermain, Pilih Permainan Yang Edukatif dan Menyenangkan
Permainan identik dengan hal yang menyenangkan. Namun, permainan yang dilakukan hendaknya juga memiliki nilai edukatif sehingga bagus untuk otak. Silahkan Anda mainkan berbagai jenis permainan yang menyenangkan, namun membuat Anda juga berpikir lebih baik. Seperti sudoku, teka-teki silang, tic tac toe, halma, minesweeper, lego, rubik dan scrabbles.

9. Miliki Motivasi Yang Kuat Untuk Menjadi Orang Pintar
Hakekatnya orang yang pintar adalah mereka yang rajin belajar dan mau bekerja keras. Orang pintar itu sebenarnya hanyalah orang yang sudah “tahu duluan” atau lebih dahulu paham. Sehingga perbedaan kepintaran itu hakekatnya adalah masalah waktu saja.

Tidaklah ada sesuatu yang secara mutlak di luar jangkauan untuk dipahami, itu berarti dengan bersungguh-sungguh dengan menyediakan segalanya berupa pikiran, waktu dan tenaga maka Anda berpeluang besar untuk bisa memahami banyak hal.

Entah Anda percaya atau tidak, segala ilmu bisa Anda peroleh jika Anda bersedia untuk mencaritahunya. Anda bisa untuk menguasai ilmu dalam bidang apapun, namun tentunya dengan pengorbanan berupa pikiran, tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

Yang perlu Anda ingat, bahwa di luar sana ada banyak orang yang lebih pintar dari Anda, dimana mereka mengetahui sesuatu hal yang tidak Anda ketahui.

Sehingga, untuk bisa menjadi pintar maka Anda harus menjadi orang yang mau menjadi murid pada mereka yang memiliki ilmu lebih banyak. Anda akan terkejut, banyak hal yang bisa kita Anda pelajari darinya.


10. Miliki Tujuan Yang Jelas Dalam Belajar
Munculnya keinginan belajar karena ada tujuannya. Sehingga orang yang memiliki tujuan yang jelas dalam belajar akan memiliki motivasi jauh lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak tahu apa tujuan dari belajarnya.

Kalau melihat fakta miris di jaman sekarang, bisa dikatakan sebagian besar murid ternyata malas-malasan untuk belajar saat disekolah. Hal itu disebabkan banyak pelajaran (yang dari mereka pelajari), mereka tidak mengetahui apa tujuan dan manfaat nyata-nya dalam kehidupan sehari-hari.

Para murid tidak mengetahui secara nyata, apakah ilmu yang dipelajarinya nantinya akan bisa digunakan atau tidak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan suatu kegiatan. Hal itu karena semakin kuat tujuan Anda maka nantinya akan semakin besar motivasi yang Anda miliki.

Anda bisa jauh lebih cepat dan pintar dalam belajar jika Anda memiliki minat atau ketertarikan pada hal yang ingin Anda pelajari.

Ketika di sekolah, sangat sulit bagi murid agar bisa memiliki ketertarikan pada semua pelajaran yang ada.

Hal itu karena kondisi mayoritas sistem yang ada di sekolah saat ini yaitu memaksa murid untuk diisi otaknya dengan terlalu banyak hal, bahkan termasuk hal yang tidak disukai si murid. Kondisi ini bisa menjadi pembunuh passion dan kreativitas anak.

Belajar adalah hal yang penting untuk dilakukan secara berkesinambungan. Walaupun Anda sudah bekerja, bukan berarti menjadi alasan Anda untuk malas belajar.

Carilah dan pelajari sesuatu yang Anda suka, dengan kata lain Anda harus menemukan passion yang cocok untuk diri Anda sendiri, hal ini akan membuat Anda bisa lebih cepat belajar.

Anda tentu mempunyai bakat, pada setiap orang mempunyai kelebihannya masing-masing. Tetapi bakat yang dimiliki bisa menjadi tidak istimewa jika tidak diasah dengan baik.

Saat kuliah maka Anda bisa memilih jurusan yang lebih fokus, hal ini sangat baik karena membuat waktu Anda menjadi sangat efektif. Anda bisa lebih fleksibel dalam mengasah bakat Anda, dan menguasainya dengan baik.

Jika seseorang ahli (bakat) dalam pelajaran biologi sejak SMA, dia juga suka mempelajari tentang kehidupan alam dan makhluk hidup, serta dirinya memiliki impian untuk menjadi seorang dokter. Maka dengan begitu dirinya akan bisa belajar 3x lebih cepat dari mereka yang tidak memiliki bakat yang tujuanya yang jelas.

Sebagai contoh di dunia nyata yaitu Mark Zuckerberg. Saat kuliah dirinya mengambil jurusan psikologi dan ilmu komputer.

Hal ini membuat dirinya yang memiliki kemampuan programming, sangat suka untuk membuat sebuah wadah yang menghubungkan orang satu sama lainnya, maka dari bakat dan passionnya tersebut akhirnya bisa muncul situs jejaring sosial sekelas Facebook.com.

Coba bayangkan jika Mark Zuckerberg tidak paham ilmu coding dan tidak suka ilmu psikologi, maka dia tidak bisa membuat situs jejaring sosial raksasa tersebut.

11. Jalani Pola Hidup yang Sehat
Tidur cukup dan nyenyak sangat diperlukan agar Anda di pagi hari sudah kembali dalam kondisi fresh, sehingga bisa berpikir dengan lebih jernih. Orang-orang yang pintar tentunya mereka yang bisa berpikir secara jernih, dan memiliki tingkat konsentrasi yang baik.

Saat tidur, otak juga memproses semua informasi yang telah diperoleh sebelumnya, sehingga Anda tidak mudah lupa pada informasi yang telah diketahui sebelumya.

Selain tidur yang berkualitas, Anda juga harus mengonsumsi asupan yang bergizi. Dimana organ otak sangat membutuhkan energi agar dapat bekerja dengan baik.

Makanan yang disarankan untuk sering dikonsumsi, dimana kandungan di dalamnya baik untuk otak yaitu telur dan ikan. Di dalamnya terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Hal penting lainnya, di pagi hari Anda harus selalu sarapan, serta hindari makanan seperti gorengan, mie instan, minuman bersoda, minuman beralkohol, makanan cepat saji dan junk food.

12. Ketahui Teknik Para Jenius dalam Pemecahan Problem
Mereka orang yang jenius sudah terbiasa untuk melihat suatu permasalahan dari beragam perspektif. Adapun orang pada umumnya hanya melihat suatu permasalahan hanya dari satu persepktif saja.

Orang-orang yang jenius sangat produktif. Dimana terbiasanya mereka untuk berpikir, membuat mereka banyak menghasilkan karya-karya dalam bentuk apapun. Orang jenius mampu dengan sangat baik dalam memaksimalkan pemanfaatan dari kapasitas otaknya.

Pikiran jika dioptimalkan secara baik bisa merangsang neuron otaknya yang jumlahlah sekitar 1 triliun (bahkan bisa jauh lebih dari itu).

Para ilmuwan menjelaskan bahwa triliunan neuron itu bisa saling berkaitan antara satu sama lainnya, yang nantinya akan membentuk synapsis (sambungan). Informasi di pikiran (otak) bisa berjalan lancar dengan mempunyai zat protein yang disebut myelin.

Ketika menerima informasi baru, lalu jika ingin mereview atau memikirkan kembali informasi yang masuk tersebut, maka myelin akan membentuk di sepanjang akson. Dengan rajin untuk memasukan informasi bermanfaat ke pikiran, maka selubung myelin nantinya terbentuk semakin kuat dan kebal.

Oleh karena itu, berdasarkan fakta tersebut maka mulai sekarang Anda harus menjadi orang yang rajin membaca. Dimana membaca akan memberikan rangsangan pada otak, yang membuat Anda bisa menjadi lebih cerdas, menangkap informasi dengan lebih baik, peningkatan kemampuan dalam menganalisa.

Hal lainnya, jika Anda sering menggunakan kalkulator, maka mulai sekarang kurangi kebiasaan menggunakan kalkulator, gunakan kalkulator jika memang darurat saja.

Hal itu karena ketergantungan pada kalkulator akan membuat pikiran Anda menjadi ‘manja’. Kondisi ini mengakibakan selubung Myelin melemah, yang membuat daya pikir menjadi lambat serta menurunkan tingkat kreatifitas.

13. Orang Jenius Terbiasa Untuk Selalu Mencoba 
Hal luar biasa pada mereka yaitu hampir tidak pernah berhenti untuk mencoba. Ketika strateginya atau rencananya belum berhasil, hal ini justru membuat mereka SEMAKIN TERPACU untuk bisa berhasil dan menguasainya. Ketika tidak berhasil dalam satu metode, maka dengan mudah mereka bisa membuat metode lainnya yang lebih efektif.

Umumnya orang jenius sangat luar biasa dalam membuat sistem belajarnya sendiri, dimana mereka adalah orang-orang yang tidak mudah tegantung pada orang lain.

14. Lakukan Kebiasaan-kebiasaan yang Mengasah Otak
Beberapa contoh yang bisa Anda lakukan (tidak semuanya perlu dilakukan), yaitu  menghafalkan sesuatu yang disukai, menghafal nomor telepon teman-teman, mengingat kisah perjalanan hidup Anda, meneliti pengeluaran finansial Anda, melatih diri untuk mengamati sesuatu secara lebih detail, menekuni hobi dengan sungguh-sungguh, mempelajari hal baru yang bermanfaat, dll.

Anda bisa memelajari kosakata baru pada setiap harinya, dengan cara mengeksplor isi kamus kemudian mencari istilah atau kata yang diketahui, lalu dipahami dan dihafalkan dengan baik. Ketika Anda menemukan kata atau istilah baru, maka segera cari artinya di kamus. Hal ini lebih baik daripada hanya sekedar berdiam diri (bengong).

Selain itu, kalau mau dan tidak merepotkan silahkan Anda untuk memperlajari bahasa baru, hal ini tentu bermanfaat dan juga sangat melatih otak untuk lebih pintar.

Anda juga bisa menekuni hobi yang Anda sukai, jika Anda berada di bidang komputer, maka bisa mencoba untuk menguasai pemograman C++, membuat software dan lainnya.

Hal Lainnya:

15. Jadilah Orang Yang Hidupnya Teratur. Anda harus melatih diri untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Dimana jika manajemen waktu buruk akan mengakibatkan Anda menjadi tidak produktif.

16. Mengetik memang lebih praktis, namun menulis dengan tangan ternyata bisa memberikan stimulasi pada munculnya ide.

17. Selalu bawa buku catatan, karena Anda tidak pernah tahu kapan ide itu akan datang. Hal ini memudahkan Anda untuk mecatat ide-ide.

18. Jadilah orang yang berpikir kritis, sehingga tidak semua informasi boleh ditelan mentah-mentah. Jika ada informasi yang tidak benar maka Anda harus membuangnya.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman