9 Manfaat Sirup Maple (Mencegah Kanker, Kerusakan Hati dll)

Sirup Mapel punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yang terbuat dari getah pohon maple. Umumnya, sirup maple digunakan sebagai sirup untuk "pancake", dengan dikucurkan tepat di atasnya.

Dan sirup maple juga sering digunakan dalam resep kue atau hidangan penutup, karena memberikan rasa yang khas.

Adapun tingkat kepopuleran sirup mapel di masyarakat Indonesia sangat tinggi, karena kandungan didalamnya yang sangat menyehatkan untuk tubuh, membantu orang-orang baik itu tua maupun muda yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Sirup Maple

Manfaat Sirup Maple Untuk Kesehatan Tubuh

1. Tinggi akan kandungan zat antioksidan
Dimana pada sirup maple memiliki kandungan sekitar 24 jenis zat antioksidan, dimana manfaatnya sangat besar yaitu untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat tubuh, (menjadi penyebab utana penuaan dini). serta membuat tubuh kuat terhadap serangan berbagai penyakit.

Zat antioksidan juga berfungsi untuk menghambat kerusakan oksidatif di dalam tubuh

2. Menyehatkan pencernaan
Dengan menkonsumsi sirup maple maka memberikan manfaat besar pada kesehatan organ pencernaan, dengan fungsi untuk melawan gangguan pencernaan, seperti masalah sembelit, perut kembung, bergas dan masalah pada perut dan organ pencernaan lainnya.

Untuk itu, hal yang menarik mengganti penggunaan gula dengan mengkonsumsi sirup maple sehari-hari, walaupun tidak diwajibkan setiap hari.


3. Kaya akan kandungan mineral
Pada sirup maple tedapat kandungan mineral yang cukup tinggi, yaitu berupa kandungan zinc dan mangan yang diperlukan oleh tubuh

4. Mencegah kanker
Pada sebuah studi yang dilakukan para ahli, ditemukan hasil bahwasanya sirup maple yang ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal ketika sarapan memiliki manfaat besar untuk menangkal penyakit kanker, osteoporosis hingga masalah penyakit alzheimer.

Karena pada sirup maple mempunyai sebuah kandungan yang bernama polifenol, yang merupakan sebuah senyawa nabati yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh

5. Menghambat penuaan
Sifat zat antioksidan yang ada di dalam kandungan sirup maple berfungsi unutk mencegah atau menghambat berbagai tanda-tanda penuaan. 

6. Dapat dimanfaatkan sebagai obat pilek
Pada sebuah penelitian ang dilakukan di Wayne State University dari kota Detroit, ditemukan hasil penelitian bahwa di dalam sirup maple terdapat kandungan mineral sangat diperlukan tubuh seperti zink dan mangan, yang bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

Beberapa fungsi dari kandungan Zinc di dalam tubuh yaitu membantu tubuh dalam proses meningkatkan sel darah putih, serta membantu mempertahankan tubuh dari serangan infeksi.

Demikian juga kandungan mangan bermanfaat untuk melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan

7. Untuk anti-penuaan
Kandungan sirup maple yang kaya akan zat antioksidan memiliki fungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan, yang utamanya karena masalah radikal bebas yang sering menimpa banyak orang, serta karena masalah polusi udara yang sangat buruk, terutama di kota-kota besar.

Adapun sirup maple ini sendiri terbuat dari campuran gula dengan kandungan tepung yang berasal dari pohon maple, setelah itu akan menjadi gula ketika di musim panas.

loading...

8. Menjaga kesehatan hati
Sebuah studi yang dilakukan terhadap sejumlah tikus di laboratorium University of Tokyo's Graduate School of Agricultural and Life Sciences, Tokyo. Tikus-tikus itu dibagi dalam dua kelompok diet sehat yang berbeda.

Dari hasil percobaan tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa kelompok tikus yang mengkonsumsi sirup maple murni dari Kanada (sebagai pengganti sejumlah karbohidrat) memiliki fungsi hati yang lebih baik dibandingkan kelompok tikus kedua yang hanya mengkonsumsi sirup campuran, yang memiliki kandungan gula serupa dengan sirup maple murni.

Dr Keiko Abe, ketua tim studi menjelaskan bahwa sirup maple murni adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang suka rasa manis.

Karena kandungan sirup maple yang baik, berupa kaya akan kandungan polifenol antioksidan, vitamin dan juga mineral.

Hasil studi ini akan diterbitkan di jurnal Bioscience, Biotechnology and Biochemistry.

Perlu diketahui, bahwa hal-hal yang dapat merusak organ hati yaitu pola makan yang buruk (termasuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat), rasa stres yang berlbihan, kurang aktivitas olahraga dan polusi yang memicu tubuh terserang radikal bebas.

9. Mencegah kerusakan pada sel-sel otak
Sebuah kelompok peneliti internasional mempublikasikan sebuah penelitian besar. Tim peneliti menguji hasil dari 24 penelitian berbeda mengenai kesehatan otak.

Para peneliti menemukan bahwa sirup maple asli bisa membantu mencegah 2 jenis protein di otak agar tidak menggumpal bersama.

Ketika sel-sel protein ini, beta amyloid dan tau peptide, secara tidak wajar bisa menutup dan berakumulasi bersama membentuk sebuah plak di otak, yang setelahnya bisa menimbulkan masalah, karena dapat menjadi akar atau asal mula penyakit Alzheimer, serta jenis penyakit otak lainnya.

Para ilmuwan meneliti pada sejumlah pasien yang sudah terdiagnosis Alzheimer, penelitian tersebut menemukan hasil bahwa menggunakan ekstrak sirup maple berkhasiat untuk memperpanjang harapan hidup pasien, karena manfaatnya yang mampu melindungi sel-sel otak agar tidak menjadi kusut (fibrilasi).

Ketika sebuah serpihan protein bernama beta-amyloid menggumpal, gumpalan kecil yang terbentuk memberikan dmapak buruk, karena beresiko menghambat sinyal diantara sel, menyulitkan kerja otak dalam mengirimkan pesan komunikasi kepada area lainnya.

Terjadinya masalah hambatan, maka membuat sel-sel sistem kekebalan tubuh menjadi aktif bekerja, tetapi efeknya dapat memicu terjadinya peradangan dan menghancurkan sel-sel yang lemah.


Kemampuan sirup maple untuk menjaga beta-amyloid agar tidak menggumpal sangat ampuh dalam melindungi kesehatan dan fungsi otak.

"Kami semua mengetahui bahwa maple memiliki lebih dari 100 senyawa bioaktif, yang beberapa dari senyawa tersebut memiliki zat anti-inflamasi,” ujar Serge Beaulieu, Presiden Federasi Produsen Sirup Maple Quebec, 

Para peneliti menduga, konsentrasi phenol memiliki efek antioksidan, yang berkhasiat untuk menangkap radikal bebas berbahaya serta mencegah kerusakan serius pada sel-sel tubuh.

Menerapkan pola makan yang baik, berguna untuk mencegah penyakit yang mengkibatkan penurunan kemampuan syaraf. Para peneliti berencana untuk terus menggali, untuk melanjutkan investigasi guna mengkonfirmasi lebih jauh manfaat dari sirup maple.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan