Waktu Yang Baik & Dilarang Untuk Mandi [Manfaat & Bahayanya]

Pada dasarnya kita perlu mandi dalam setiap harinya, agar badan dapat menjadi lebih segar dan pikiran menjadi fresh.

Sehingga dapat berfikir dengan jernih dan semangat kembali akan memuncak untuk melakukan aktivitas padat sehari-hari.

Akan tetapi yang perlu diketahui bahwasannya aktivitas mandi juga ada aturannya...

Mengenai kebiasaan mandi ini, maka tentunya setiap orang memiliki waktu dan frekuensi yang berbeda.

Adapun rata-rata orang minimal dalam sehari mandi sebanyak 2 kali. Ada hal-hal yang perlu dilakukan dalam mandi dan aturannya.

Selain ada waktu yang paling baik untuk mandi, terdapat juga waktu-waktu yang berbahaya atau kurang baik untuk melakukan mandi.

Waktu Yang Baik & Dilarang Untuk Mandi [Manfaat & Bahayanya]

Waktu-waktu yang Berbahaya untuk Mandi...

Hindari mandi setelah shalat ashar hingga 1 jam setelahnya

Yaitu hindari mandi sekitar jam 03.10 hingga sekitar jam 4.20. Hal itu karena keadaan pada jam-jam tersebut, kondisi darah dalam tubuh dalam keadaan yang cukup panas.

Akibatnya jika dipaksakan mandi pada saat itu, maka malah membuat tubuh menjadi terasa letih, sehingga kurang sehat dan dapat mengganggu aktivitas yang akan dilakukan setelahnya.

Untuk itu maka hindari atau minimal jangan membiasakan mandi pada waktu tersebut, sehingga tubuh dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hindari mandi setelah shalat maghrib

Hal itu karena pada sekitar jam 6 sore hingga jam 7 malam, kondisi jantung mulai melemah setelah aktivitas yang dilakukan seharian.

Sehingga jika dipaksakan untuk mandi maka akan sangat bahaya bagi kesehatan tubuh kita, utamanya yang sangat berbahaya yaitu tubuh rentan terkena penyakit paru-paru basah.

Hindari mandi sesudah isya hingga jam 12 malam

Demikian juga pada jam-jam ini, dimana pada waktu ini seharusnya tubuh sudah mulai untuk dikurangkan aktivitasnya dan memulai untuk beristirahat.

Dimana dalam waktu tersebut, kondisi jantung tidak siap lagi untuk menerima siraman air, dimana penyakit sangat rentan menyerang tubuh karena mandi di jam-jam ini, seperti penyakit rematik.

Waktu yang baik / dianjurkan untuk mandi

Disarankan mandi di waktu subuh atau sebelum subuh

Ketika bangun jam 4 pagi atau subuh, menjadi waktu yang sangat baik untuk mandi.

Karena pada saat itu kondisi air mengandung ozon yang lebih tinggi, sehingga dengan kandungan ozon yang tinggi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lalu membuat tubuh menjadi lebih segar nantinya....

...sehingga aktivitas yang dilakukan pada pagi hari dan siang hari dapat menjadi lancar dan maksimal. Manfaat lainnya meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Kamu agar menjadi awet muda.

Adapun, riwayat bahwa Rasulullah suka mandi sebelum subuh, ternyata belum pernah ditemukan riwayat yang sah (shahih) mengenai hal tersebut.

Yang ada riwayat shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh (semoga Allah memberikan taufik kepada kita agar selalu bisa melaksanakannya). Adapun riwayat yang shahih bahwa Rasulullah mandi sebelum subuh, belum pernah ditemukan.

Tapi jangan sedih dulu...

Dari sisi medis, Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan tenang manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun (setengah jam) sebelum waktu Subuh, lalu mandi pada waktu itu.

Pada waktu fajar (shubuh) kandungan gas O3 sangat melimpah, yang setelah itu akan berkurang sedikit demi sedikit hingga habis saat matahari terbenam pada sore hari.

Gas O3 memberikan manfaat positif pada urat syaraf, mampu mengaktifkan kerja otak dan menjaga kesehatan tulang.

Saat seseorang menghirup udara fajar, akan merasakan kenikmatan dan kesegaran yang tiada tara saat itu. Setelah itu akan lebih baik dan sehat lagi jika mandi sebelum waktu dimulainya adzan shubuh.


Mandi shubuh menurut dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan

Mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan.

Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak, alhasil aliran darah di dalam tubuh menjadi sangat baik, termasuk aliran ke kulit. Sehingga bermanfaat membuat kulit tampak lebih fresh.

Mandi shubuh menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra.

Mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah serta membuat syaraf menjadi lebih aktif.

Hal ini karena adanya reaksi tubuh terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, mandi subuh atau sebelum subuh akan memberikan efek positif karena tubuh nantinya ‘dicambuk’ oleh temperature rendah.

Manfaat mandi shubuh

1. Melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, mnemukan bahwa seseorang yang sering mandi pagi dengan air dingin (air biasa), bermanfaat agar peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar.

Sehingga tubuhnya menjadi terasa lebih segar dan bugar, yang memiliki efek positif pada aktivitas sehari-hari yang dilakukannya.

Menurut situs Venusbuzz.com, mandi pagi sangat baik untuk kelancaran sirkulasi darah, mengendurkan ketegangan di otot dan sendi, mengatasi masalah bahu kaku, merangsang penyembuhan agar lebih cepat, meredakan rasa sakit pada tubuh dan mengurangi peradangan.

2. Menurunkan resiko darah tinggi

Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, bahwa mandi air biasa bermanfaat menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, mencegah varises dan mencegah mengerasnya pembuluh darah.

Hal ini karena mandi dengan air biasa (terutama waktu shubuh) mampu melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

3. Meningkatkan kesuburan

Mandi di pagi hari dengan air biasa memiliki manfaat panting bagi kesehatan dan kesuburan reproduksi manusia. Yang mampu meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. 

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of California, menemukan hasil penelitian bahwa produksi sperma pada laki-laki secara signifikan meningkat setelah melakukan mandi di pagi hari dengan air biasa selama 1 minggu.

Sedangkan mandi menggunakan air panas memiliki efek yang sebaliknya, yang beresiko menurunkan kesuburan.

4. Meningkatkan sel darah putih

Pada sbuah studi di Inggris, menemukan bahwa mandi dengan air dingin mampu meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh. Dengan sel darah putih yang meningkat, bermanfaat agar daya tahan dan kemampuan tubuh semakin kuat dalam melawan virus penyakit.

Tubuh akan akan menjadi lebih sehat, fit dan tidak mudah sakit karena fungsi daya tahan tubuh yang bekerja dengan baik.

Menurut venusbuzz.com, mandi pagi merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih, bagaikan pasukan tentara terhadap virus dan penyakit.

5. Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh

Kebiasaan mandi subuh dalan suasana yang dingin memiliki manfaat positif untuk jaringan tubuh yang semakin membaik, kulit terhindar dari kering dan kulit menjadi lebih lembut, dan kuku lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak

Mandi dengan air dingin dapat mengurangi noda dan lingkaran hitam yang ada di bagian bawah mata. Sehingga, tubuh dan wajah akan terlihat segar dan sehat.

Adapun mandi dengan air hangat, beresiko membuat kulit mudah keriput dan kulit juga kekeringan.

6. Meredakan depresi

Dahulu, kebiasaan mandi pagi dengan air dingin (biasa) sering diterapkan oleh para pejuang samurai di Jepang, yang sering disebut ritual misogi dalam bahasa Jepang.

Kebiasaan mandi pagi dengan suasana dingin ini bertujuan untuk menjernihkan pikiran sehigga lebih tenang dalam bersikap, serta agar dapat menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Dan memang cukup logis alasannya, karena mandi dngan suasana dingin di pagi hari tersebut bermanfaat untuk meredakan depresi dan rasa stress.

Ketika tubuh keadaan suntuk, jiwa dala keadaan tidak tenang, tegang hingga depresi. Maka setelah mandi dengan suasana dingin membuat tubuh menjad lebih segar, dan pikiran menjadi fresh, jernih dan lebih tenang.

loading...

7. Meningkatkan suasana hati untuk aktivitas sehari-hari

Menurut Lifehack.org, mandi air dingin di pagi hari sebelum Anda pergi bekerja, membuat pernapasan Anda menjadi lebih baik, guna merespon shock dingin, tubuh mencoba membuat hangat dengan meningkatkan asupan oksigen secara keseluruhan.

Selain itu, denyut jantung juga akan meningkat, sehingga aliran darah melalui tubuh menjadi labih baik untuk membantu Anda mendapatkan energi yang cukup dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

8. Memperkuat kekebalan tubuh

Menurut Lifehack.org, mandi air di pagi hari (dalam suasana dingin) mampu mempercepat tingkat metabolisme tubuh, yang membantu untuk menurunkan lemak berlebihan, meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh guna melawan virus dan penyakit, serta menjaga sel-sel darah putih sehingga tubuh dapat lebih jarang trjatuh sakit.

Mandi dingin meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, yang dapat menurunkan resiko hipertensi (tekanan darah tinggi) dan menurunkan resiko pengerasan arteri.

9. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Menurut Lifehack.org, mandi air dingin mampu mengurangi munculnya jerawat, adapun mandi air panas (jika keseringan) malah menimbulkan mmasalah berupa kulit kering.

Mandi air dingin berfungsi untuk mengencangkan kutikula dan pori-pori, serta mencegah terjadinya penyumbatan.

Anda juga memberoleh manfaat lainnya untuk kesehatan dan keindahan rambut. Air dingin dapat menurunkan resiko kotoran dapat menumpuk di kulit kepala.

Perhatian!!
Bagi kalian yang memiliki penyakit berat, maka yang disarankan adalah mandi dengan suhu air hangat.

Karena kondisi tubuh yang sedang sakit, terutama demam, maka hindari mandi dalam kondisi udara dingin, karena dapat membuat penyakit bertambah parah.

Mandi setelah waktu shalat Ashar (sekiar jam 4.00/4.30 sore sampai sebelum maghrib)

Mandi sore, yang disarankan adalah 1 jam setelah waktu ashar hingga sebelum maghrib, yaitu sekiar jam 4.00/4.30 sore sampai sebelum waktu maghrib, ini menjadi waktu mandi yang baik, bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Utamanya mandi sore ini, sangat dianjurkan bagi bayi dan anak-anak. Beberapa manfaat dari mandi sore yaitu:

1. Mencegah kotoran dan kuman menempel lebih lama

Karena orang yang jarang mandi sore memiliki resiko lebih besar dihinggapi kuman dan bakteri jahat yang lebih banyak dibandingkan orang yang rutin mandi sore.

Hal itu karena setelah beraktivitas selama seharian (terutamanya lagi di luar ruangan) maka tubuh menjadi kotor, terkena debu dan kuman bakteri.

Apabila mengabaikan mandi sore, kuman dan kotoran akan terus menempel semalaman penuh hingga keesokan paginya. Tertunya hal ini sangat tidak baik untuk tubuh, termasuk kualitas tidur juga menurun karena tidak mandi.

Dimana tubuh akan terasa gatal-gatal dan susah untuk tidur malam. Dan jika terbangun dari tidur, badan malah terasa gerah, gatal-gatal dan tidak nyaman. Sehingga tidur menjadi tidak nyenyak dan kualitasnya rendah.

2. Mencegah stress dan depresi

Pekerjaan padat dalam seharian dari pagi hingga sore hari, mengakibatkan otot dan syaraf di tubuh menjadi tegang dan terasa kurang nyaman.

Sehingga tubuh terasa lelah, keram bahkan pusing. Keadaan seperti beresiko tinggi menimbulkan masalah stress dan depresi.

Untuk menghindari masalah stres kaena kelelahan, maka Anda bisa membuat tubuh nyaman dan rileks, hanya dengan mandi sore, sehingga pikiran akan fresh kembali seperi ketika di waktu pagi, tubuh menjadi segara, kepenatan menghilang, dan otot menjadi lebi rileks.


3. Menghilangkan bau badan karena keringat

Keringat yang timbul karena pekerjaan dan aktivitas yang panjanga dan melelahkan, juga menimbulkan bau badan, sehingga rasanya tidak sedap dihirup, baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

Dengan mandi sore tubuh akan kembali “wangi”, serta menjadikan jiwa akan menjadi lebih bersemangat.

Perhatian!!
Jangan mengguyur badan dengan air setelah baru saja langsung terkena paparan sianr matahari, karena berbahaya, membuat panas tubuh terperangkap.

Yang baik, tunggu dahulu sekitar 10 menit hingga panas tubuh kembali stabil setelah terkena paparan sinar matahari, setelah itu baru lakukan mandi sore.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan