16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll


Jenis kunyit sebenarnya ada bermacam-macam, tidak hanya kunyit bewarna kuning yang umum kita ketahui, tapi juga ada kunyit hitam yang memiliki khasiat luar biasa.

Kunyit hitam yang memiliki nama ilmiah “Curcuma Caesia” adalah tanaman asli dari daerah india atau timur laut.

Adapun masyarakat Indonesia telah melakukan budidaya tanaman kunyit hitam, namun tidak sebanyak budidaya kunyit bewarna kuning,

Hal itu karena pemeliharaan dan pengembangbiakan kunyit hitam tidak semudah kunyit umumnya, dimana lebih rumit pembudidayaan kunyit hitam dan juga butuh ketelatenan lebih.

Kunyit Hitam

Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan pemanfaatan tanaman herbal, dimana tanaman herbal dinilai memiliki khasiat yang sangat besar. Bahkan, orang-orang banyak yang lebih memilih pengobatan dengan penggunaan bahan herbal.

Kunyit hitam sendiri telah populer digunakan sebagai obat tradisional herbal, khususnya di negara asalnya yaitu india. Banyak masyarakat India yang memanfaatkan khasiat kunyit hitam untuk pengobatan demam, batuk dan pilek, pneumonia, penyakit asma, dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, kunyit hitam juga sudah cukup populer, yang bahkan sudah biasa digunakan sebagai bahan membuat minuman jamu berkhasiat. Berikut di bawah ini berbagai khasiat kunyit hitam:

1. Agar Awet Muda

Gadis Cilik Tersenyum
Sumber gambar: Pixabay.com

Orang-orang tentunya ingin terlihat tetap muda walaupun sudah berumur diatas 30 tahun, sehingga agar terlihat awet muda perlu perawatan dan menjaga kesehatan kulit dengan baik.

Kunyit hitam mengandung zat antioksidan yang tinggi, kandungan antioksidan memiliki peran penting dalam menghambat penuaan pada tubuh. Dengan memanfaatkan kunyit hitam ini bisa bermanfaat agar Anda bisa terlihat beberapa tahun lebih muda .

Kunyit hitam memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan dan tampilan kulit. Dengan mengonsumsinya bermanfaat bagi kesehatan kulit, serta membuat kulit lebih kencang dan lembab. Selain mengonsumsinya, Anda bisa memanfaatkan kunyit hitam sebagai lulur.

Di dalam buku “Basmi Kanker dengan Herbal oleh Bambang Sudewo (Mas Dewo)” halaman 38-39, disebutkan bahwa di Indonesia kunyit hitam adalah pendatang baru dalam khazanah pengobatan herbal, yang sekarang menjadi prirnadona, bahkan sering diburu oleh kalangan para pebisnis herbal.

Di negara asalnya India, Pakistan dan Turki, kunyit hitam sudah dinyatakan sebagai bahan herbal yang terancam punah, hal itu disebabkan permintaan dan penggunaan herbal kunyit hitam sangat tinggi, sehingga menyebabkan eksploitasi secara berlebihan terhadap bahan kunyit hitam.

Berdasarkan berbagai uji yang telah dilakukan, di dalam kunyit hitam ditemukan kandungan karbohidrat, protein, fenol, minyak tetap dan lemak, steroid, terpenoid, alkaloid, glikosida, dan tanin.

Dilaporkan kandungan kimia di dalam kunyit hitam mengandung a-pienne, b-pienne, b-ocimene’ (E and Z), camphor, linalool, caryphyllene, borneol, camphene, menthol, dan cis-b-ocimene.

Secara tradisional, kunyit hitam banyak dimanfaat untuk pengobatan seperti asma, demam tinggi, kista, kanker, impotensi, epilepsi, gangguan haid, alergi, luka bakar, jerawat, sakit gigi, dan untuk perawatan kulit.


2. Untuk Pengobatan Penyakit kanker

Alat MRI Scan
Sumber gambar: Wikimedia.org

Penyakit kanker sudah umum diketahui merupakan penyakit yang sangat mematikan. Cara terbaik menangani kanker yaitu mendeteksi gejala paling awal yang sedang berkembang di dalam tubuh. Berikut gejala penyakit kanker:
  • Kanker tenggorokan ataupun kanker perut memiliki gejala rasa sakit saat menelan, muncul rasa ingin muntah, penurunan berat badan, suara cenderung serak.
  • Kanker pankreas, kanker perut, dan kanker paru-paru ditandai dengan gejala awal berupa penurunan berat badan secara drastis tanpa alasan.
  • Tanda-tanda kanker kulit umumnya terjadi perubahan warna permukaan kulit, gatal-gatal, kulit dan mata menjadi kekuningan, kulit memar tanpa penyebab, pertumbuhan rambut yang berlebihan, terjadinya hiperpigmentasi (warna kulit cenderung lebih gelap), hingga bisa juga rriterma (warna kulit cenderung kemerahan).
  • Kanker payudara ditandai dengan gejala awal berupa benjolan pada payudara, lalu puting yang melesak, terdapat cairan tertentu yang keluar dari puting, kulit payudara berkerut (bisa juga kemerahan).
  • Kanker ovarium ditandai dengan gejala perut kembung yang terasa terus-menerus dan diiringi perdarahan dari vagina. Selain itu bisa disertai dengan terjadinya penurunan berat badan secara drastis tanpa penyebab yang jelas.
  • Gejala adanya kanker ovarium, kanker tenggorokan dan kanker perut adalah terjadinya nyeri ulu hati yang tidak kunjung reda.
  • Kanker mulut ditandai dengan gejala berupa bercak kemerahan cerah (terkadang putih) di dalam mulut dan lidah. 
  • Leukimia atau kanker darah ditandai dengan gejala awal demam yang berkepanjangan.
  • Anda perlu waspada apabila ada riwayat kanker pankreas di dalam keluarga, dimana gejala depresi yang disertai sakit perut berkepanjangan bisa menjadi gejala kanker pankreas.
  • Kanker testis ummunya diawali gejala berupa benjolan pada testis pria.
  • Buang air kecil yang tidak sulit dikendalikan (bahkan bisa mengompol) dan air kencing yang susah keluar bisa menjadi gejala kanker prostat. 
  • Munculnya darah pada tinja bisa menjadi gejala kanker usus.
  • Terjadinya kencing darah bisa menjadi gejala kanker ginjal atau kandung kemih. 
  • Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dan tidak wajar bisa menjadi gejala awal tumor otak. 
  • Nyeri punggung yang tidak wajar (berkepanjangan) bisa menjadi gejala kanker ovarium, kanker usus, dan kanker dubur. 
  • Gejala kanker lainnya yaitu kelelahan pada tubuh yang tidak kunjung reda walaupun sudah beristirahat yang cukup, munculnya darah pada tinja, batuk yang tidak kunjung reda hingga empat minggu, batuk darah.

Pada buku “Basmi Kanker dengan Herbal Oleh Bambang Sudewo (Mas Dewo)” halaman 39-40, sebuah Penelitian oleh M. Krishnaraj, dkk (2010) dan Biocontrol and Microbial Mictrobial Metabolities Lab, Centre for Advanced in Botany, University of Modras, Chennai-600 025 Tamil Nadu, India, melakukan perbandingan kandungan senyawa fenol dan aktivitas antioksidan antara curcuma caesia (kunyit hitam) dan curcuma amada (kunyit mangga).

Hasilnya, zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah atau mengobati kanker pada kunyit hitam lebih tinggi dibandingkan kunyit mangga.

Peneliti menemukan bahwa kandungan fenol total pada kunyit hitam adalah 44,33 mg TAE/g bahan kering, adapun kandungan fenol total pada kunyit mangga adalah 37,64 mg TAE/g bahan kering.

Hasil penelitian menyebutkan kandungan senvawa fenol di dalam kunyit hitam terbukti mempunyai efek biologis yang kuat. Fenol berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh yang bekerja untuk mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping sel darah, melebarkan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Kadungan antioksidan di dalam kunyit hitam juga berkemungkinan bisa memberikan khasiat untuk pengobatan penyakit jantung dan stroke. Ekstrak dan kunyit hitam (curcuma caesia) mengandung antioksidan alami yang murni dan hampir tidak menyebabkan efek samping pada tubuh yang bisa membahayakan.

Mengetahui adanya manfaat besar pada kunyit hitam, pengarang buku ini mengharapkan agar Pemerintah Pusat (yaitu Kementrian Pertanian dan Kementrian Kesehatan) dan semua pakar yang berkepentingan bisa secara serius untuk mengembangkan pemanfaatan bahan herbal kunyit hitam agar bisa menjadi tanaman obat fitofarmaka yang unggul.

Untuk pemanfaatan kunyit hitam secara tunggal, maka cara membuat ramuannya:
  1. Sediakan kunyit hitam rajangan kering 20 gr.
  2. Setwlah itu kunyit hitam dicuci hingga bersih dengan air mengalir.
  3. Setelah itu direbus bersama 600 ml air hingga mendidih.
  4. Biarkan air rebusan dalam kondisi mendidih hingga air rebusan tersisa hanya satu selengah gelas. 
  5. Setelah itu saring dan dinginkan. 
  6. Diminum tiga kali dalam sehari  (sekali minum setengah gelas).
  7. Supaya rasanya tidak terlalu pahit, maka Anda bisa menambahkan dua sendok teh madu murni sehingga lebih nikmat diminum.

Untuk pemanfaatan kunyit hitam dengan tanaman obat lain, cara membuat ramuannya:
  1. Sediakan kunyit hitam segar sebanyak 40 gr.
  2. Sediakan juga daun sirih merah sebanyak lima Lembar, jinten hitam sebanyak 20 gr. 
  3. Lalu Anda cuci hingga bersih semua bahan alami tersebut dengan air mengalir. 
  4. Lalu kunyit hitam dirajang kecil-kecil.
  5. Lalu rebuslah semua bahan sampai mendidih.
  6. Biarkan dalam kondisi mendidih hingga  air rebusan tersisa hanya satu setengah gelas.
  7. Lalu saring dan tunggu agar tidak terlalu dingin.
  8. Air ramuan tersebut diminum tiga kali dalam sehari (sekali minum setengah gelas).

3. Untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Khasiat dari mengonsumsi kunyit hitam adalah bisa membuat kulit lebih halus, kandungan di dalam kunyit hitam bekerja untuk menghaluskan kulit, dan membantu membersihkan atau mengurangi bintik-bintik merah pada kulit, yang masalah ini sering dialami banyak.

Berbagai bentuk bintik pada kulit yang bisa dihilangkan dengan kunyit hitam yaitu mencangkup berbagai jenis bercak, radang kulit, dan ruam. Pada sebagian produk obat untuk mengobati ruam, menggunakan bahan utama berupa ekstrak kunyit.

Selain itu, kunyit hitam bisa dimanfaatkan sebagai alternatif kosmetik alami, sehingga mencegah ketergantungan pada produk komestik yang harganya cukup mahal.

Loading...

4. Mengobati Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak (seperti yang dikira banyak orang), tapi juga bisa berpotensi dialami  orang dewasa. Hal yang menyebabkan penyebaran infeksi akibat cacing adalah akibat kurang menjaga kebersihan.

Gejala-gejala penyakit cacingan terkadang kurang dirasakan sehingga tidak disadari keberadaannya, dan apabila penyakit cacingan tidak ditangani dengan benar maka bisa mengakibatkan gangguan kesehatan.

Orang-orang yang mengalami penyakit cacingan (terutama anak-anak) akan kehilangan nafsu makannya. Anda bisa membuat jamu yang berasal dari campuran herbal kunyit hitam untuk diminum secara rutin, yang khasiatnya dapat mengobati penyakit cacingan.

Untuk menghindari dan mencegah penyakit cacingan, berikut tipsnya:
  1. Sebelum memasak, pilih daging dan ikan yang segar dan disimpan di tempat yang bersih.
  2. Jika ingin memasak suatu makanan, maka pastikan Anda memasak hingga benar-benar matang.
  3. Sebelum dimakan, buah dan sayuran harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir.
  4. Pastikanmengganti pakaian dalam setiap hari.
  5. Hindari menggaruk di sekitar area anus yang gatal. Anda perlu menggunting dan membersihkan kuku secara teratur, dan hindari menggigit kuku.
  6. Anda harus rajin cuci tangan, apalagi setelah buang air.
  7. Hindari berjalan tanpa alas kaki.
  8. Jika terinfeksi, basuh bagian anus pada pagi hari untuk mengurangi jumlah telur cacing, karena cacing biasa bertelur pada malam hari.

5. Mengobati Kulit gatal

Badan Gatal-Gatal
Credit: Shutterstock.com

Penyebab terjadinya gatal-gatal pada kulit umumnya akibat bakteri yang menyerang kulit, demikian juga keadaan cuaca yang kurang baik bisa memicu timbulnya rasa gatal pada kulit.

Kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah kulit gatal. Dimana di dalam kunit hitam memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengobati kulit gatal. Manfaat kunyit ini juga bisa untuk melawan peradangan pada kulit.

6. Membantu Mencegah Pengeroposan Tulang

Penderita Osteoporosis
Credit: Shutterstock.com

Terjadinya pengapuran atau pengeroposan pada tulang bisa benimbulkan masalah cukup serius, dimana ketahanan tulang yang melemah bisa memicu penyakit osteoporosis. Penyakit ini membuat seseorang akan kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Terjadinya pengeroposan tulang hingga penyakit osteoporisis akibat tulang tidak memiliki cukup kalsium, vitamin D dan juga lemahnya penyerapan tulang terhadap berbagai nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Mengonsumsilah kunyit yang dicampur dengan madu (atau dijadikan jamu) bisa membantu untuk menghindari masalah ini.


7. Meminimalisir Rasa Sakit Akibat Penyakit Osteoartritis

Credit: Shutterstock.com

Penyakit osteoartritis merupakan kondisi dimana tubuh mengalami rasa nyeri di bagian tulang dan sendi, dampaknya tulang menjadi menjadi terasa kaku dan tidak fleksibel. Kandungan di dalam kunyit hitam memliki fungsi seperti halnya ibuprofen, yang bekerja untuk meredakan rasa sakit atau nyeri akibat penyakit osteoarthritis.

8. Mengobati Gangguan Maag

Penderita Maag
Credit: Freegreatpicture.com

Beberapa kebiasaan yang memicu timbulnya gangguan maag yaitu terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, merokok, sering cemas atau stres, serta berlebihan dalam konsumsi makanan berminyak, makanan yang pedas-pedas, makanan berlemak, cokelat, minuman berkafein, minuman soda, dan minuman beralkohol.

Penderita gangguan maag bisa mencoba mengonsumsi kunyit, dimana kandungan di dalamnya berkhasiat untuk menetralisir asam lambung, sehingga membantu mencegah terjadinya gangguan maag yang seringkali muncul.

9. Mengobati Penyakit Kulit

Sudah sering kunyit hitam dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit kulit seperti kurap, kudis, dan penyakit kulit lainnya. Anda hanya perlu menumbuk beberapa rimpang kunyit hitam, lalu dicampurkan dengan minyak kelapa, setelah itu oleskan pada bagian kulit yang bermasalah.

10. Meredakan Sakit Kepala dan Migren

Penderita Sakit Kepala
Credit: Pixabay.com

Migren, pusing atau sakit kepala bisa sangat mengganggu pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Untuk mengobatinya, Anda bisa menghaluskanlah rimpang kunyit hitam. Lalu oleskan pada bagian dahi yang mengalami sakit kepala atau migren.

Adanya efek hangat di dalam kunyit hitam memberikan khasiat untuk meredakan sakit kepala. Hati-hati, sakit kepala jika tidak mendapatkan penanganan yang baik maka bisa menjadi lebih parah.

11. Obat Alami Untuk Radang Usus

Konsumsi kapsul hasil ekstrak kunyit hitam bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit radang pada usus. Anda bisa mengonsumsi satu kapsul ekstrak kunyit hitam, dua kali dalam sehari (pagi dan sore) setelah makan, kegunaaannya akan meredakan gejala radang usus dan melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.

loading...

12. Meningkatkan Stamina Bagi Penderita Jantung Koroner

Bagi penderita jantung koroner, mengkonsumsi kapsul ekstrak kunyit hitam 2 atau 3 kali dalam sehari setelah makan, bisa bermanfaat untuk menjaga ketahanan dan kebugaran tubuh, serta meningkatkan stamina untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

13. Mengobati Sakit Perut

Kandungan di dalam kunyit hitam bisa memberikan khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit pada perut. Seperti untuk mengobati perut yang terasa mulas, hingga mengobati sakit perut yang terjadi secara terus-menerus sehingga membuat seseorang bolak-balik ke toilet. Khasiat kunyit hitam ini mampu menjaga saluran pencernaan agar berjalan dengan baik.

14. Melancarkan ASI

Manfaat kunyit hitam ini sangat berguna bagi para ibu muda, yaitu untuk melancarkan ASI. Tentunya anak yang berusia di bawah 1 tahun hendaknya diberikan minuman ASI ketimbang susu bubuk formula.

Dengan anak-anak memperoleh ASI yang berkualitas dan mencukupi kebutuhan tubuhnya, maka sangat penting agar tumbuh kembang mereka bisa berjalan dengan baik dan optimal. Khasiat kunyit hitam ini dipelukan bagi para ibu menyusui.

15. Melancarkan Menstruasi

Seorang wanita yang mengalami menstruasi kerap merasa tersiksa ketika muncul gejala sakit perut yang luar biasa. Bahan alami kunyit menjadi salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan menstruasi.

Sebagian minuman atau jamu untuk melancarkan menstruasi menggunakan bahan dasar utama berupa kunyit. Baik itu, kunyit kuning ataupun kunyit hitam sama-sama berkhasiat untuk melancarkan menstruasi.

Khasiat kunyit hitam mampu menormalkan jumlah darah yang keluar ketika menstruasi, mengontrol siklus haid, menghindari warna darah menstruasi yang tidak normal, dan mencegah masalah pre-menstrual syndrome (PMS) seperti perut kembung.

Hanya saja masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis secara pasti tentang khasiat kunyit hitam untuk menghilangkan gejala mengganggu saat menstruasi ini.

16. Menyuburkan Organ Reproduksi
Kandungan antioksidan yang ditemukan di dalam kunyit hitam sedikit banyak memberikan khasiat untuk menyuburkan organ reproduksi sehingga menjadikan wanita lebih produktif, serta juga bermanfaat bagi kesehatan vagina dan payudara.

Penutup
Dibalik manfaatnya, Anda tetap harus menjaga dosis konsumsi kunyit hitam ini. Ahli kesehatan dan herbal menyarankan agar orang-orang tidak mengonsumsi kunyit hitam lebih dari 500 mg dalam setiap harinya.

Apabila melebihi dosis tersebut maka akan menimbulkan masalah atau efek samping seperti gangguan kantong empedu dan alergi.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman