22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll


Daun pegagan memiliki nama ilmiah “Centella Asiatica”. Bentuk daunnya cenderung lebar, asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia, yang tepatnya di daerah-daerah tropis di Asia.

Dengan kondisi negara Indonesia yang tropis, maka tidak mengherankan daun pegagan mudah untuk ditemukan di Indonesia.

Sudah banyak pihak yang memanfaatkan daun pegagan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan pengobatan.

Daun pegagan sering digunakan untuk membuat teh herbal, selain itu ada juga yang mengonsumsi daun pegagan dengan dimakan mentah-mentah (sebagai lalapan).

Daun Pegagan
Daun Pegagan | Credit: Wikimedia.org

Daun pegagan menjadi bahan herbal (alami) yang kaya akan kandungan antoksidan. Pemanfaatannya daun ini sebagai obat tradisional bahkan sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Dimana orang-orang dulu sering memanfaatkan daun pegagan untuk pengobatan penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, pengobatan gangguan saraf dan lainnya.

Bahkan di negara Malaysia, daun pegagan ini telah dijadikan bahan baku untuk produk kesehatan dan kecantikan, seperti produk krim untuk mencegah kerutan pada kulit, krim untuk mengencangkan kulit wajah, dan berbagai jenis krim lainnya dengan fungsi-fungsinya.

Pada laman Stylecraze.com menyebutkan nilai gizi daun pegagan atau Gotu Kola yaitu:
  • Beta Carotene 6.58 mg
  • Fosfor 30 mg
  • Kalsium 170 mg
  • Niacin 1,2 mg
  • Potassium 414 mg
  • Tiamin 0,15 mg
  • Riboflavin 0,14 mg
  • Asiaticoside 40%
  • Asam askorbat 2.1 4 mg
  • Asam Asiatik 29- 30%
  • Asam Madecassic 29-30%
  • Madecassoside 1-2%

Berikut di bawah ini berbagai khasiat daun pegagan:

1.Meredakan Kecemasan, Stres dan Sebagai Penenang Alami

Stress
Stress | Credit: Pixabay.com

Daun pegagan bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menenangkan pikiran. Dimana di dalam daun pegagan terkandung senyawa triterpenoid yang memiliki efek menenangkan pada tubuh dan jiwa. Bahkan senyawa triterpenoid juga bekerja untuk membantu melancarkan proses peredaran darah ke otak.

Laman Livestrong.com menyebutkan bahwa senyawa triterpenoid pada daun pegagan dapat berkhasiat mengurangi kecemasan dan juga meningkatkan fungsi mental pada beberapa individu.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Psychopharmacology tahun 2000 menyebutkan bahwa para pasien yang diberikan asupan daun pegagan kurang terkejut dengan suara (60 menit setelah mendapat dosis tunggal) dibandingkan pasien yang tidak mengkonsumsi asupan daun pegagan tersebut.

Peneliti menyatakan bahwa daun pegagan memiliki potensi khaiat anti-kecemasan pada manusia.

Laman Healthyeating.sfgate.com juga menyebutkan sebuah penelitian manfaat daun pegagan untuk mengobati atau mengurangi gangguan antianxiety (kecemasan).

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Ethnopharmacology. Para peneliti menemukan adanya perbaikan yang signifikan pada beberapa perilaku akibat stres pada hewan, dimana hewan percobaan diberikan suplemen daun pegagan.

Peneliti menyatakan bahwa hasil awal ini menunjukkan bahwa daun pegagan memiliki potensi untuk mengatasi stres kronis secara alami.


2. Menyembuhkan Luka

Daun pegagan bisa Anda manfaatkan untuk mengobati pendarahan atau luka pada kulit (metode pengobatan luar). Bahkan daun pegagan bisa secara alami membantu menghentikan pendarahannya.

Laman Livestrong.com menyebutkan bahwa daun pegagan secara tradisional bisa digunakan untuk mengobati luka ringan. Di dalam daun pegagan terkandung zat yang disebut dengan triterpenoid yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan di area kulit yang mengalami luka, serta menjaga agar suplai darah ke area yang terluka berjalan dengan baik.

Pada sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Lower Extremity Wounds tahun 2006, melakukan penelitian untuk mengetahui khasiat daun pegagan untuk penyembuhan luka. Penelitian dilakukan dengan obyek tikus percobaan.

Hasil penelitian menemukan bahwa luka yang diobati dengan ekstrak daun pegagan memberikan khasiat penyembuhan secara signifikan. Peneliti mengatakan bahwa studi lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Laman Organicfacts.net menyebutkan saponin dan senyawa organik lainnya yang ditemukan di tanaman seperti daun pegagan ini berkhasiat untuk merangsang proses penyembuhan pada luka. Senyawa tersebut bekerja untuk merangsang aliran darah ke sel dan juga melindungi kulit dari serangan infeksi, sehingga hal ini sangat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Menyembuhkan Luka Bakar

Laman Stylecraze.com menjelaskan bahwa daun pegagan juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Dimana daun pegagan memiliki kandungan zat yang berpotensi sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi dan anti-virus.

Sehingga daun pegagan dapat bermanfaat untuk pengobatan luka bakar pada kulit, psoriasis, dermatitis dan lainnya. Dengan menggunakan ramuan yang berasal dari bahan alami ini, sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka hingga jenis luka bakar.

Kandungan di dalam daun pegagan memiliki fungsi untuk meningkatkan suplai darah ke daerah yang mengalami luka, dengan demikian juga meningkatkan tingkat antioksidan pada area itu.

Asupan antioksidan yang banyak akan mempromosikan produksi fibroblas. Dimana fibroblas membantu dalam mensintesis kolagen, hal ini berguna untuk membantu proses penyembuhan serta mengurangi timbulnya bekas luka yang timbul di kulit.

4. Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Otak

Otak Cerdas
Otak Cerdas | Credit: Flickr.com

Kandungan senyawa antioksidan memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk kesehatan otak, memperkuat daya ingat, dan meningkatkan kesiapsiagaan.

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam daun pegagan berfungsi untuk membantu melancarkan aliran darah, oksigen dan nutrisi ke organ otak, serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel otak.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh R. Uthaya Ganga dan B. Sathya dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Tim peneliti melakukan pengujian terhadap manfaat ekstrak pegagan untuk perkembangan IQ anak.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa serbuk daun pegagan bermanfaat untuk meningkatkan intelegensia.

Bahkan sebanyak lima belas anak yang sedang mengalami masalah gangguan mental diberikan asupan 500 mg serbuk pegagan selama satu bulan. Hasilnya, IQ mereka meningkat hingga 4,6%.

Semua anak dalam penelitian ini yang diberikan asupan ekstrak daun pegagan mengalami peningkatan kemampuan konsentraasi.

Selain itu, anak yang berperilaku pasif dan sering gelisah, mengalami perbaikan kondisi mental dimana mereka berubah menjadi periang, aktif dan juga komunikatif terhadap lingkungannya. Kandungan zat asiaticosida di dalam daun pegagan dipercaya memberikan manfaat luar biasa ini.

Laman Healthyeating.sfgate.com menyebutkan bahwa daun pegagan memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan otak. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal "Neurological Sciences" edisi Desember 2012 menemukan bahwa daun pegagan bermanfaat untuk membantu melindungi otak dari kerusakan akibat paparan logam beracun.

Penelitian tesebut dengan menggunakan obyek hewan percobaan yang diberikan dosis harian 150 atau 300 miligram per kilogram berat badan selama enam minggu.

Hasilnya asupan ekstrak daun pegagan yang diberikan tersebut,  memberikan manfaat berupa menurunkan stres oksidatif akibat paparan racun dan produk limbah alumunium.

Peneliti menyatakan bahwa daun pegagan memiliki manfaat untuk perlindungan dari masalah disfungsi kognitif, menghindari berbagai bentuk kerusakan saraf lainnya akibat paparan aluminiun, dan juga meningkatkan daya ingat.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa efek antioksidan dari daun pegagan bekerja untuk menghilangkan plak dan radikal bebas di otak sehingga merangsang jalur saraf. 

Banyak orang yang mengonsumsi suplemen daun pegagan untuk pencegahan penyakit yang terkait dengan usia. Dimana terdapat beberapa bukti penelitian yang menemukan bahwa daun pegagan mampu menurunkan resiko penyakit alzheimer dan demensia.

Loading...

5. Pencegahan Kanker

Alat MRI Scan
Credit: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Scan_MRI.jpg

Daun pegagan memiliki kandungan yang baik, seperti beberapa kandungan mineral penting yaitu kalsium, potassium, magnesium, mangan, fosfor, selenium dan seng. Kemudian terdapat kandungan vitamin C, B-1, B-2 dan B-3, juga terkandung senyawa phytochecmicals beta-karoten, campesetol, camphol.

Para ilmuwan di Amala Cancer Research Center di Kerala, India, melakukan penelitian mengenai keterkaitan daun pegagan (centella asiatica) dan tiga bahan alami lainnya terhadap sel tumor atau kanker yang berbahaya.

Pada tiga bahan herbal lainnya seperti ketumbar, jintan, dan adas, ketiganya hanya menunjukkan aktivitas yang sangat terbatas (dalam mengatasi sel kanker). Adapun bahan alami centella bekerja secara efektif untuk menghancurkan sel-sel tumor atau kanker berbahaya.

Daun pegagan kaya akan kandungan antioksidan yang merupakan benteng utama tubuh dalam perlindungan dari serangan radikal bebas.

Senyawa radikal bebas ini sangat berbahaya karena menyebabkan resiko penyakit kanker dan berbagai penyakit degeneratif.

Laman Healthyeating.sfgate.com menyebutkan sebuah studi yang dipublikasikan di "International Journal of Molecular Medicine" edisi Desember 2012. Studi tersebut menemukan bahwa daun pegagan dapat berkhasiat untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker kulit akibat serangan radiasi ultraviolet.

Kandungan di dalam daun pegagan melindungsi sel kulit manusia dari kanker dengan cara mengurangi efek toksik dari radiasi ultraviolet.

6. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Anda bisa memanfaatkan daun pegagan untuk kesehatan organ hati. Anda bisa merebus daun pegagan lalu diambil air rebusannya. Minum secara rutin dalam setiap harinya.

Laman Healthyeating.sfgate.com menyebutkan bahwa daun pegagan bermanfaat bagi kesehatan hati. Senyawa ekstrak dari daun pegagan yang dinamakan asiaticoside, bermanfaat untuk membantu perlindungan organ hati dari kerusakan, hal ini berdasarkan dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal Phytomedicine tahun 2010.

Penelitian dilakukan dengan obyek hewan percobaan. Peneliti memberikan dosis asiaticoside sebanyak 5, 10 atau 20 miligram per kilogram berat badan dalam setiap harinya.

Hasilnya, kandungan senyawa di dalam daun pegagan tersebut terbukti bermanfaat untuk mencegah kerusakan organ hati akibat zat kimia beracun yang ada di hati, serta meminimalisir kerusakan pada jaringan dan meningkatkan fungsi hati secara signifikan.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun pegagan memiliki khasiat penting berupa melancarkan sirkulasi darah di dalam semua bagian tubuh. Peredaran darah yang lancar sangatlah penting untuk menghindari terjadinya masalah penyumbatan pembuluh darah yang memicu penyakit-penyakit berbahaya.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa daun pegagan memiliki dua manfaat penting dalam sistem peredaran darah tubuh. Pertama, ekstrak daun pegagan mampu menjaga dinding pembuluh darah dan kapiler sehingga mencegah kebocoran dan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar.

Kedua, khasiat daun pegagan ini bekerja untuk merangsang aliran darah di dalam tubuh, yang kemudian akan meningkatkan oksigenasi di berbagai bagian tubuh (terutama organ-organ penting).

8 Untuk Detoksifikasi Tubuh

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa daun pegagan telah lama dikenal sebagai diuretik ringan yang alami. Manfaatnya bisa membantu proses pembuangan racun yang menumpuk, garam berlebih, dan juga lemak berlebih di dalam tubuh.

Dengan khasiat daun pegagan ini maka memberikan manfaat bagi organ ginjal agar terhindar dari bekerja terlalu berat. Dimana ginjal bekerja untuk menyaring dan membuang racun dari dalam tubuh.

9. Mengatasi Rasa Gelisah

Jiwa Gelisah
Jiwa Gelisah | Credit: Flickr.com

Kandungan triterpenoid di dalam daun pegagan memiliki potensi untuk mengurangi tingkat kecemasan seseorang, serta bisa meningkatkan fungsi mental. Konsumsi daun pegagan bisa memberikan manfaat pada jiwa agar lebih tenang dan tidak mudah terkejut.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa ada bukti signifikan bahwa daun pegagan memiliki efek positif dalam menyembuhkan kecemasan. Penelitian menemukan bahwa daun pegagan bermanfaat untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan kegelisahan.


10. Untuk Kesuburan dan Memperlancar Hubungan Intim

Logo Pasangan Suami-Istri
Credit: Wikimedia.org

Laman Organicfacts.net menyebutkan ada beberapa bukti tradisional yang menunjukkan bahwa daun pegagan memiliki khasiat untuk meningkatkan tingkat energik tubuh di kamar tidur.

Umumnya manfaat berupa peningkatan libido bisa biperoleh dari banyak jenis herbal, termasuk daun pegagan. Selain itu, daun pegagan juga bermanfaat untuk mencegah kelelahan mental dan menambah energi dalam hubungan Anda dengan pasangan.

11. Menghindari Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi Tekanan Darah Tinggi
Credit: Pixabay.com

Daun pegagan bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya akibat tekanan darah tinggi. Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa studi telah menemukan adanya keterkaitan antara daun pegagan dengan banyak penurunan resiko penyakit sangat berbahaya, termasuk gagal jantung kongestif.

Kandungan di dalam daun pegagan bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di arteri dan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap dalam kondisi stabil, serta mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular secara umum.

Hal ini sangat penting bagi kesehatan organ jantung, agar tercegah dari aterosklerosis, serangan jantung, stroke dan penyakit mematikan lainnya.

12. Mengatasi Gangguan Nervous

Laman Organicfacts.net menyebutkan adanya efek menenangkan dari daun pegagan yang bisa meredakani stres dan juga membantu tubuh agar memiliki tidur yang sehat dan berkualitas, selain itu juga menenangkan sistem saraf tubuh secara langsung.

Manfaat daun pegagan ini bisa untuk membantu penyembuhan epilepsi, insomnia, dan meningkatkan kualitas hidup.

13. Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan dan Pengobatan Kulit Tubuh

Laman Forbes.com menyebutkan bahwa Centella asiatica (daun pegagan) kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan fitokimia poten. Ekstrak daun pegagan diketahui bisa bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan sel baru, membangun kolagen, memperbaiki sirkulasi dan meredakan peradangan.

Penelitian telah menyebutkan bahwa daun pegagan memiliki khasiat dalam penyembuhan dan peremajaan kulit tubuh, sehingga mulai dimanfaatkan dalam sejumlah perawatan kulit baru.

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences tahun 2012 telah menemukan berbagai manfaat daun pegagan, diantaranya memiliki aktivitas pelindung kulit dan penyembuh luka di kulit.

Dalam sejarahnya, daun pegagan diyakini memiliki khasiat penyembuh kulit yang manjur selama ribuan tahun, serta bermanfaat untuk perawatan dan kesehatan kulit, mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, mengobati luka yang terinfeksi, sifilis, lupus, eksim, psoriasis, dan juga gangguan wanita.

Di Inggris, awalnya daun pegagan dimanfaatkan sebagai salah satu perawatan awal untuk kusta. Di Prancis, daun pegagan diteliti dan diterima sebagai agen farmasi di tahun 1800an, penggunaannya untuk mengobati diare, dan mengatasi masalah ketidaksuburan pada wanita.

Baru-baru ini, periset meneliti bagaimana daun pegagan berkhasiat untuk menyembuhkan luka, peneliti menemukan kandungan sariot triterpenoid yang telah terbukti membantu menyembuhkan luka dengan meningkatkan antioksidan, melancarkan suplai darah, dan menguatkan kulit.

Dalam sebuah studi tahun 2012, para periset memberikan asupan konsentrat centella asiatica (daun pegagan) ke kulit tikus yang mengalami luka terbuka. Peneliti menemukan bahwa formulasi tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan kekuatan kulit.

Peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak centella asiatica mendorong proses penyembuhan luka sayatan maupun luka bakar. Asam amino dalam ekstrak etil asetat nampaknya sebagai komponen yang paling aktif dalam proses penyembuhan luka.

Terdapat bukti bagus bahwa gdaun pegagan membantu memperbaiki pembuluh darah. Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2012 menunjukkan bahwa centella tidak seperti beberapa ekstrak herbal lainnya, dimana cantella mampu menembus kulit dengan cukup baik untuk dimanfaatkan secara efektif.

Para ilmuwan bereksperimen bahwa daun pegagan dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar, mencegah bekas luka, mengobati psoriasis, dan juga mengurangi stretch mark. Manfaat cantella yang dapat meningkatkan sirkulasi sehingga efektif untuk pengobatan varises dan kapiler yang rusak.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa daun pegagan memiiki khasiat untuk memperbaiki penampilan kulit. Dimana banyak perusahaan kosmetik dan farmasi yang menggunakan bahan alami ini, guna dijadikan bahan utama produk untuk menjaga keindahan kulit, mengurangi munculnya bekas luka, keriput, dan noda lainnya. 

14. Memperkuat Daya Ingat

Daya Ingat
Credit: Pixabay.com

Anda bisa memanfaatkan daun pegagan untuk meningkatkan daya ingat, serta mencegah penyakit yang terkait dengan usia seperti kepikunan atau alzheimer. Sebenarnya penyakit-penyakit semacam itu tidak hanya menyerang mereka yang berumur tua, namun juga bisa menyerang orang-orang yang masih muda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2012 menemukan bahwa khasiat centella asiatica (daun pegagan) bisa untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi depresi dan kecemasan.

Laman Stylecraze.com menyebutkan bahwa daun pegagan berkhasiat untuk meningkatkan memori dan kecerdasan, serta mencegah penyakit alzheimer, rasa cemas dan depresi.

loading...

15. Melawan Infeksi Bakteri

Laman Stylecraze.com menjelaskan bahwa daun pegagan memiliki khasiat untuk pengobatan flu biasa, infeksi saluran kemih, disendtri, influenza, kolera, herpes zoster, tuberkulosis, kusta, H1N1 (Flu Babi), dll.

Daun pegagan dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat serangan berbagai jenis bakteri, virus dan Infeksi parasit pada manusia.

16. Bermanfaat Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut Rontok
Rambut Rontok | Credit: Flickr.com

Laman Stylecraze.com menyebutkan bahwa daun pegagan terkenal memiliki khasiat untuk perawatan rambut rontok. Kandungan di dalamnya bekerja untuk merangsang pertumbuhan rambut kembali.

Adapun terjadinya kerontokan rambut akibat adanya gangguan atau masalah pada folikel rambut, umunya karena minimnya asupan nutrisi dan kotoran yang menumpuk di folikel rambut.

Kandungan di dalam daun pegagan memiliki khasiat penting untuk memperkuat folikel rambut dan menutrisi kulit kepala.

17. Membantu Kelancaran Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

Laman Stylecraze.com menjelaskan bahwa peredaran darah yang lancar merupakan hal yang penting bagi pembuluh darah. Daun pegagan memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Dimana lancarnya peredaran darah di kulit kepala, maka sangat penting agar melancarkan juga peredaran oksigen dan nutrisi penting di kulit kepala.

Nutrisi pada kulit kepala yang bisa terpenuhi dengan baik, berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih kuat, berkilau dan indah, serta mencegah kerontokan rambut.

18. Mengobati Demam

Demam
Credit: Flickr.com

Anda bisa memafaatkan daun pegagan untuk membantu agar demam bisa sembuh lebih cepat. Untuk melakukannya, sediakan beberapa lembar daun hijau lalu gunakan sebagai kompres pada bagian dahi. Dau pegagan memiliki zat alami yang memberikan manfaat untuk meredakan panas demam.

19. Menghindari Varises dan Pembengkakan

Saat kondisi elastisitas pada pembuluh darah menurun, hal ini memberikan potensi terjadinya penumpukan darah di bagian kaki dan potensi kebocoran cairan yang keluar dari pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada kaki.

Pada beberapa studi kecil yang pernah dilakukan, menemukan bahwa daun pegagan memiliki khasiat untuk mengurangi pembengkakan dan juga melancarkan aliran darah.

Pada sebuah studi, peneliti mengevaluasi orang-orang yang mengalami varises. Hasil tes USG menunjukkan bahwa orang-orang yang diberikan asupan daun pegagan mengalami penurunan kebocoran cairan.

20. Menjaga Kepadatan Tulang

Di dalam daun pegagan terdapat kandungan kalsium, magnesium, kalium dan zat besi, yang itu adalah kandungan-kandungan yang utama dalam menjaga kesehatan, kepadatan, dan menguatkan tulang, sehingga mencegah resiko terjadinya masalah tulang keropos.

21. Untuk Mengobati Maag

Daun pegagan memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat untuk membantu menyembuhkan penyakit maag atau penyakit gangguan lambung secara umum.

22. Sumber Antioksidan Alami

Daun pegagan kaya akan sumber antioksidan, yang perannya sangat penting dalam menangkal serangan radikal bebas. Paparan radikal bebas sangat berbahaya, karena menyebabkan peningkatan resiko penyakit kanker, diabetes, stroke, jantung, alzheimer dan penyakit berbahaya lainnya.

Serangan radikal bebas mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sitokinin yang berfungsi dalam komunikasi antara sel tubuh dan sistem imun. Jika terjadi kerusakan fungsi pada sitokinin, mengakibatkan sel-sel imun tubuh tidak lagi bisa memperoleh sinyal ketika terjadi serangan virus penyakit ke dalam tubuh.

Fungsi antioksidan ni sangat penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Salah satu cara alami agar Anda bisa mendapatkan asupan antioksidan adalah dengan mengonsumsi daun pegagan.

Dimana di dalamnya terkandung senyawa karetenoid dan asiatikosida, kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas, dan merangsang kerja enzim penghasil antioksidan alami di dalam tubuh agar maksimal.

Manfaat senyawa antioksidan sangat banyak dan penting sebenarnya, selain menurunkan resiko penyakit kanker, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya, juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, melancarkan aliran oksigen serta nutrisi, dan mencegah kerusakan sel-sel otak.

Manfaat Lainnya

Livestrong.com menyebutkan bahwa daun pegagan telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit selama ribuan tahun (obat tradisional) yaitu kusta, eksim, sifilis, psoriasis, hepatitis, demam, infeksi saluran pernapasan, epilepsi, bisul, pilek, kelelahan, dan asma.

Laman Organicfacts.net menyebutkan beberapa manfaat kesehatan yang paling menarik dari daun pegagan yaitu memperbaiki kesehatan kulit, mempercepat penyembuhan luka, melindungi jantung, meningkatkan daya ingat & konsentrasi, menenangkan gangguan saraf, mengatasi masalah pernafasan, mengurangi toksisitas dan melancarkan sistem peredaran darah.

Efek Samping Daun Pegagan

Wanita yang dalam masa kehamilan dan menyusui hendaknya tidak mengkonsumsi daun pegagan, hal ini karena belum diketahui adanya bukti keamanan daun pegagan bagi ibu hamil dan menyusui.

Daun pegagan dapat menyebabkan efek kantuk, sehingga hindari “dikombinasikan” dengan obat-obatan yang digunakan selama dan setelah operasi yang juga memiliki efek kantuk. Anda perlu menghindari ramuan pegagan setidaknya 2 minggu sebelum operasi dilakukan.

Livestrong.com menjelaskan bahwa praktisi medis atau kesehatan di Amerika Serikat dan Eropa baru-baru ini menaruh minat untuk menggunakan ramuan daun pegagan. Meskipun centella asiatica (daun pegagan) terlihat aman saat dikonsumsi sesuai petunjuk, namun ilmuwan dari University of Maryland Medical Center memperingatkan agar tidak mengkonsumsinya lebih dari enam minggu berturut-turut tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Orang-orang yang sedang mengalami penyakit organ hati sebaiknya tidak mengkonsumsi centella asiatica.

Organicfacts.net menjelaskan bahwa jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap daun pegagan maka kemungkinan menimbulkan efek samping berupa kulit kemerahan, gatal, sakit perut, mual, dan mengantuk.



loading...

Tulisan Terkait:

Loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari