28 Manfaat Lidah Buaya: Untuk Kesehatan, Rambut, Kulit, Pengobatan, dll


Lidah buaya (aloe vera) sudah umum digunakan oleh masyarakat, bahkan di Indonesia penggunaan lidah  buaya sangat populer.

Penggunaan lidah buaya dilakukan agar memperoleh manfaat kesehatan, pengobatan, untuk rambut, dan lainnya. Adapun bagian dari lidah buaya yang sering digunakan adalah bagian gel dan lateks.

Untuk mendapatkan kandungan gel maka terdapat di dalam daging (daun) lidah buaya, adapun kandungan lateks bisa ditemukan di bawah kulit yang berwarna kekuningan.

Lidah Buaya
Lidah Buaya | Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Laman Draxe.com menyebutkan berbagai kandungan lidah buaya, yaitu:
  • Lidah buaya mengandung vitamin yang memiliki fungsi antioksidan berupa vitamin A, C dan E. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin B12, asam folat dan kolin.
  • Mineral penting yaitu potassium, kalsium, magnesium, tembaga, selenium, kromium, mangan, natrium dan seng.
  • Asam lemak seperti campesterol, beta-sisosterol dan lupeol (semuanya bersifat anti-inflamasi).
  • Mengandung delapan enzim yaitu: aliiase, alkaline phosphatase, amylase, bradykinase, carboxypeptidase, katalase, selulase, lipase dan peroksidase.
  • Mengandung senyawa yang dikenal sebagai obat pencahar yaitu aloin dan emodin, yang berfungsi sebagai analgesik, antibakteri dan antiviral.
  • Lidah buaya mengandung gula seperti monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida.

Ada banyak manfaat lidah buaya yang bisa Anda peroleh, hal ini karena kandungannya yang kaya akan nutrisi dan senyawa penting.

Lidah buaya bisa didapatkan dengan harga murah, bahkan tidak jarang orang-orang menanam sendiri tanaman lidah buaya di perkarangan rumahnya.

Berikut di Bawah ini Berbagai Khasiat Lidah Buaya:

1. Melembabkan Rambut dan Kulit Kepala
Pemanfaatan gel lidah buaya sebagai kondisioner alami rambut sangat mudah dilakukan, caranya:
  1. Pertama-tama belah daun lidah buaya, lalu Anda ambil gelnya. 
  2. Setelah gel didapat, maka tinggal dioleskan yang dimulai dari kulit kepala hingga bagian ujung rambut. 
  3. Anda perlu melakukan pengolesan gel secara perlahan (agar pengolesan merata), setelah itu bungkus rambut menggunakan handuk hangat.
  4. Biarkan dalam kondisi demikian selama 15 menit, tujuannya supaya kandungan gel lidah buaya itu benar-benar meresap secara maksimal.
  5. Setelah itu, barulah bilas rambut kembali dengan air bersih, Anda juga bisa melakukan keramas dengan sampo setelahnya.

Laman Draxe.com menyebutkan bahwa khasiat lidah buaya bisa melembabkan rambut. Dimana lidah buaya menjadi perawatan alami yang bagus untuk rambut, terutama bagi mereka yang mengalami masalah rambut kering dan kulit kepala yang gatal.

Lidah buaya memiliki sifat bergizi, banyak vitamin dan mineral di dalamnya yang bermanfaat sekali agar rambut tetap kuat dan sehat. Selain itu terdapat kandungan yang bersifat antibakteri dan antijamur yang berkhasiat untuk mengatasi masalah ketombe, membersihkan kulit kepala dari penumpukan sel-sel mati, serta membantu kelancaran proses regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.

Gel lidah buaya bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal akibat ketombe dan kulit kepala yang kering. Kandungannya efektif untuk menjaga kulit kepala agar terbebas dari bakteri yang menyebabkan rambut terasa tidak nyaman.

Terlalu berlebihan dalam penggunaan shampo dan conditioner yang penuh dengan bahan kimia justru menyebabkan kerusakan rambut, bahkan bisa menyebabkan tejadinya radang dan iritasi kulit.


2. Untuk Pertumbuhan Rambut
Lidah buaya yang dikenal kaya akan vitamin, bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut dengan lebih cepat dan secara alami, manfaat ini benar adanya karena terbukti dari banyaknya produk shampoo dan perawatan rambut yang memanfaatkan bahan baku dari tumbuhan lidah buaya.

Berikut cara memanfaatkan lidah buaya untuk pertumbuhan rambut:
  1. Sediakan satu batang (daun) lidah buaya.
  2. Lalu patahkan dan ambil lendirnya (gelnya).
  3. Lalu oleskan pada rambut secara merata.
  4. Setelah itu diamkan saja selama 30 menit dalam kondisi seperti itu.
  5. Saat keadaan seperti itu, Anda bisa memijat-mijat kepala agar kandungan nutrisi dari gel lidah buaya dapat meresap secara optimal pada kulit kepala dan rambut, sehingga rambut bisa tumbuh dengan lebih baik.
  6. Setelah 30 menit tersebut, maka bersihkan rambut kembali dengan cara membilas dengan air bersih.
  7. Bersihkan kepala hingga tidak ada lendir (gel) yang tersisa di rambut.

Melakukan hal ini satu kali dalam seminggu sudah bagus sekali, tapi jangan mengoleskan gel lidah buaya pada rambut terlalu sering (misalnya setiap hari) karena justru akan merusak rambut.

Pada sebuah tulsan berjudul “Benefits Of Aloe Vera For Hair” bahwa lidah buaya memiliki manfaat sangat baik bagi rambut, dengan kandungan asam amino dan enzim proteolitik berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan enzim proteolitik bekerja untuk membantu menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Yang sangat baik untuk untuk kesehatan folikel rambut dan secara tidak langsung akan bermanfaat bagi pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih cepat.

Enzim proteolitik juga berfungsi untuk menstimulasi folikel rambut yang tidak aktif, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaatnya juga mengurangi rambut rontok, mencegah penipisan rambut, sifat anti-inflamasi berguna untuk menjaga kulit kepala dari masalah iritasi, dan lainnya.

Manfaat yang diperoleh bisa lebih besar lagi berkat adanya kandungan protein, vitamin, dan mineral di dalam lidah buaya yang juga membantu nutrisi folikel dan rambut secara efisien. Selain itu, lidah buaya memiliki kandungan air yang menghidrasi rambut dan kulit kepala.

Artikel berjudul “Benefits Of Aloe Vera For Hair” ini juga menyebutkan tentang penggunaan campuran madu dan lidah buaya untuk pertumbuhan rambut, berikut di bawah ini caranya.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:
  • 5 sdm Aloe Vera Gel
  • 3 sdm minyak kelapa
  • 2 sdm madu
  • Topi mandi

Langkah-langkahnya:
  1. Pada sebuah mangkuk, campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur rata, dan campuran tersebut halus.
  2. Lalu oleskan (sembari memijat) campuran ini mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. 
  3. Setelah semua bagian rambut  sudah diolesi, maka tutuplah dengan menggunakan topi khusus mandi, biarkan dalam kondisi demikian selama 20-25 menit.
  4. Setelah itu barulah mencuci rambut Anda dengan air biasa, lalu lakukan sampo. 

Seberapa sering perlu melakukan ini ? Sekali seminggu (jangan terlalu sering).

3. Mencegah Dan Mengurangi Ketombe
Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya ketombe. Dimana ketombe bisa terjadi karnea kondisi kulit kepala yang kering, terkena infeksi jamur, ataupun kulit kepala yang kelebihan minyak dan mengalami iritasi.

Manfaat gel lidah buaya ini bisa berperan sebagai anti-mikroba, anti-radang dan bekerja untuk membasmi infeksi jamur yang bersarang di kulit kepala.

Kegunaan gel lidah buaya ini juga menghidrasi kulit kepala agar tetap lembab, dan juga menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala agar tercegah dari hal-hal buruk.

Pada sebuah tulisan berjudul “Aloe Vera Gel Hair Benefits” menyebutkan gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan fungisida alami. Manfaatnya mencegah perkembangan jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Gel lidah buaya juga memiliki karakteristik enzim proteolitik yang bekerja untuk memecah protein, berfungsi sebagai exfoliant pada kulit kepala, dan membersihkan sel kulit mati agar nantinya mencegah munculnya ketombe yang membuat seseorang tidak percaya diri. 

4. Mencegah Rambut Rontok

Rambut Rontok
Rambut Rontok | Sumber gambar: Pixabay.com

Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok seperti karena gaya hidup kurang sehat, sering mengalami stres, konsumsi obat-obatan, ketidakseimbangan hormon, gangguan kulit kepala dan lainnya.

Masalah rambut rontok ini menjadi momok, baik bagi kaum wanita maupun pria. Rambut yang semakin lama semakin tipis bisa berakibat pada kerontokan dan kebotakan permanen pada rambut, sehingga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Menurut Diane Gage, penulis buku “Aloe Vera: Nature’s Soothing Healer”, menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki kandungan yang mirip dengan keratin, yang bermanfaat untuk membuat rambut kembali awet muda, serta membuat tekstur rambut menjadi lebih elastis dan fleksibel, sehingga rambut tidak kaku dan tidak mudah patah.

Pada tulisan berjudul "Pure Aloe Vera & Hair Loss" menyebbutkan bahwa lidah buaya diyakini bisa menenangkan kulit kepala, hal itu karena gel lidah buaya mengandung polisakarida dan glikoprotein, yang diperkirakan dapat merangsang pertumbuhan kulit baru.

American Academy of Dermatology mencatat bahwa lidah buaya dapat bermanfaat untuk menghentikan kerontokan rambut, bahkan dalam beberapa kasus bisa mempromosikan pertumbuhan rambut kembali. 

Loading...

5. Mencegah Rambut Bercabang
Berbagai manfaat lidah buaya juga dapat mencegah terjadinya rambut bercabang. Tanaman bunga bisa berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang nantinya untuk merangsang pertumbuhan rambut, mencegah rambut bercabang, dan menunda munculnya uban.

Untuk mengkombinasikannya dengan lidah buaya, maka caranya: pertama-tama campurkan 2 sdm pasta hasil lumatan bunga sepatu ke dalam ½ cangkir yang berisi gel lidah buaya.

Aduk rata kedua bahan tersebut hingga tercampur rata, setelah itu tinggal Anda pakai sebagai kondisioner.

Adapun untuk Anda yang mengalami masalah rambut kering, maka bisa mencampurkan lagi dengan 1 sdt minyak zaitun.

Alternatif lainnya untuk perawatan rambut menggunakan lidah buaya, yaitu dengan mencampurkan 10 tetes perasan lemon bersama 3 sdm jel aloe vera.

Setelah tercampur, gunakan campuran tersebut untuk dioleskan (sembari memijat) pada kulit kepala, lakukan secara perlahan agar semua bagian kulit kepala bisa terkena secara merata.

6. Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala
Kandungan di dalam lidah buaya bekerja untuk menutrisi dan melembutkan rambut, sehingga rambut menjadi tampak indah. Pemanfaatan lidah buaya sebagai kondisioner bisa membantu Anda untuk memiliki rambut berkilau, serta menjaga vitalitas rambut.

Berbeda dengan produk kondisioner yang dibuat di pabrik-pabrik, menggunakan bahan alami lidah buaya tidak meninggalkan residu di kulit kepala. Sehingga dari segi keamanannnya, penggunaan lidah buaya secara langsung lebih baik dibandingkan produk buatan pabrik.

7. Menjaga Keseimbangan pH Kulit Kepala
Keidakseimbangan pH kulit kepala bisa berdampak buruk bagi rambut, dan akan memunculkan banyak masalah. Nah, khasiat penggunaan lidah buaya ini bisa menjaga keseimbangan pH kulit kepala, sehingga menghindari rambut Anda dari mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Sebagai Kondisioner Rambut Tanpa Perlu Dibilas
Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner rambut yang tak perlu dibilas (Leave-in treatment). Dimana dalam menggunakannya, Anda hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dan air bersih (dengan kadar perbandingannya sama).

Setelah itu, campurkan juga minyak esensial (beberapa tetes saja), lalu Anda aduk merata pada semua bahan tersebut.

Lalu cairan campuran tersebut Anda tuangkan ke dalam sebuah botol semprot.

Lalu kocok botol semprot tersebut agar semuanya bisa benar-benar tercampur merata.

Setelah itu tinggal disemprotkan pada rambut.

Gel lidah buaya yang memiliki tekstur ringan ini tidak memberikan efek lepek pada rambut, sehingga bagi orang-orang yang mempunyai kulit kepala berminyak tetap dapat memanfaatkan bahan alami lidah buaya ini.

Hal yang menarik bahwa lidah buaya bersifat humektan, yaitu bisa mengambil kelembaban dari udara sehinga memberikan manfaat hidrasi pada rambut.

9. Menjadikan Rambut Mudah Diatur
Manfaat penggunaan bahan alami lidah buaya, selain dapat melembabkan rambut, juga bisa membuat rambut menjadi lebih mudah diatur.

Seperti yang telah dipaparkan pada poin no.8 diatas tentang cara memanfaatkan lidah buaya, Anda bisa menyemprotkan botol tersebut pada rambut supaya rambut nantinya lebih mudah diatur, dan penataan rambut bisa lebih mudah dan cepat dilakukan.

Laman Organicfacts.net menyebutkan manfaat kesehatan lidah buaya yang sangat banyak, berupa:
  • Menjaga fungsi sistem pencernaan
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi masalah menstruasi
  • Menunda proses penuaan
  • Menyembuhkan dermatitis
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mengurangi nyeri artritis
  • Menghilangkan rasa mual
  • Menyembuhkan luka
  • Mengatasi asma.
  • Mencegah diabetes
  • Mengurangi stres oksidatif
  • Menurunkan resiko kanker
  • Menyembuhkan penyakit gusi
  • Mengurangi nyeri sendi dan otot
  • Menurunkan kolesterol dan trigliserida
  • Menjaga fungsi kardiovaskular
  • Dan lainnya.

Studi masih dilakukan untuk menemukan lebih banyak manfaat dari lidah buaya ini, yang membuatnya semakin penting dalam praktik kesehatan, pengobatan dan lainnya di seluruh dunia.

10. Meningkatkan Sistem Pencernaan
Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa sifat adaptogenik pada lidah buaya bermanfaat baik bagi fungsi pencernaan, agar penyerapan nutrisi lebih baik dan membantu membuang zat-zat berbahaya dari dalam tubuh melalui prsoes ekskresi.

Dengan pencernaan yang sehat maka bermanfaat agar menghindari sindrom iritasi usus besar, sembelit dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lidah buaya memiliki senyawa polisakarida yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis gangguan pencernaan dan menyembuhkan borok.

Bisul menjadi salah satu dampak yang menonjol dari adanya masalah di pencernaan, yang masalah ini bisa disembuhkan dengan ekstrak tumbuhan lidah buaya.

Jika Anda menderita bisul dan mengkonsumsi ekstrak lidah buaya ini selama 3-4 minggu, maka Anda kemungkinan bisa melihat hasil yang positifnya.


11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang bekerja untuk memecah protein dari makanan yang dikonsumsi menjadi bentuk asam amino, memaksimalkan fungsi sel-sel tubuh dan lainnya. Enzim bradikinase di dalam lidah buaya berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan melawan serangan infeksi.

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of clinical and diagonostic research (JCDR) tahun 2014 menemukan khasiat lidah buaya yang bisa berfungsi sebagai antiseptik, anti inflamasi, anti virus, dan anti jamur. Lidah buaya terbukti tidak menimbulkan tidak alergi dan sangat baik dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Bahkan lidah buaya semakin populer di bidang kedokteran gigi karena sangat alami dan tidak ada efek samping yang dilaporkan dalam penggunaannya.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa minuman jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang efektif dalam membersihkan sistem pencernaan dan peredaran darah. Hal ini bermanfaat agar penyerapan nutrisi dan sirkulasi darah berjalan dengan baiik, sehingga meningkatkan kualitas gizi di dalam sel tubuh.

Sel tubuh yang sehat ini akan sangat penting agar tubuh mampu bekerja dengan baik dalam menangkal serangan infeksi dan menetralisir bakteri berbahaya, sehingga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Cara Membuat Jus Lidah Buaya
Lidah buaya bisa dikosumsi secara eksternal dan internal. Salah satunya lidah buaya bisa dibuat menjadi jus. Langsung saja berikut cara membuat jus lidah buaya.

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan:
  • Daun lidah buaya yang telah berumur
  • Perasan air jeruk nipis
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Alat-Alat yang Perlu Disiapkan:
  • Pisau berbahan stainless steel
  • Saringan yang halus
  • Tangki pencuci yang terbuat dari stainless steel
  • Sendok makan
  • Panci atau baskom

Langkah-langkah membuatnya:
Ambil daun lidah buaya yang masih terlihat segar. Dimana daun lidah buaya yang sudah cukup usia dan juga tidak tipis. Tanda dari daun lidah buaya yang telah cukup usia yaitu berwarna hijau tua, dan duri di pinggirnya lebih lunak.

Sebelum Anda kupas, cucilah hingga bersih dengan air mengalir.

Kupas daun lidah buaya yang berwarna hijau tersebut, sampai tampak daging dari daun lidah buaya yang tampilannya lebih bening.

Lalu Anda ambil dan potong dagingnya tersebut dengan berbentuk kubus (kotak-kotak).

Daging Lidah Buaya

Jika sudah, lalu Anda cuci daging lidah buaya tersebut dengan air bersih mengalir, hal ini agar lendir yang ada pada lidah buaya bisa hilang seluruhnya.

Langkah selanjutnya, rebuslah air sampai mendidih, kemudian Anda masukan potongan daging tersebut. Biarkan selama 10 menit lalu matikan kompor (jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan lidah buaya menjadi lembek).

Setelah itu, Anda rendam daging lidah buaya tersebut ke larutan asam yang terbuat dari 1 liter air masak, kemudian masukan ke dalamnya perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok makan.

Terakhir, masukan daging daun lidah buaya tersebut ke dalam wadah berisi air masak, lalu masukkan larutan gula dan simpan di dalam kulkas agar dingin.

Beberapa hal yang perlu diketahui
Agar tampilan jus lidah buaya lebih eye catching maka Anda bisa memberikan beberapa variasi komposisi buah yang beraneka warna.

Tujuan menambahkan air perasan jeruk nipis pada minuman jus lidah buaya agar bisa memperkaya rasa, serta menghilangkan adanya bau menyengat . Air perasan jeruk nipis menjadikan jus lidah buaya menjadi lebih nikmat.

Cara lainnya agar jus lidah buaya lebih nikmat:
  • Memasukkan es serut (jika mengolahnya dengan alat blender).
  • Memberikan air es sebagai pengganti air putih biasa.
  • Mengunakan air putih yang kemudian ditambahkan potongan es batu.

Setelah jus lidah buaya dibuat maka segera diminum, jus lidah buaya jangan terlalu lama disimpan di kulkas karena menyebabkan penurunan kualitas khasiat dan rasa.zzz2

12. Menghentikan Pertumbuhan Kanker
Pada sebuah tulisan berjudul “The aloe vera miracle: A natural medicine for cancer...” menjelaskan bahwa lidah buaya berkhasiat untuk menghancurkan tumor kanker. Penelitian ilmiah menunjukkan sifat imunomodulator dan anti-tumour yang kuat di dalam lidah buaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sekaligus menghancurkan tumor kanker.

Lidah buaya mengandung acemannan, penguat kekebalan alami. Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat anti-kanker dari kandungan acemannan, sebuah fitonutrien yang ditemukan di di dalam lidah buaya.

Pada penelitian dengan meneliti hewan anjing dan kucing yang menjalani terapi radiasi karena kanker, dan diberikan asupan acemannan sebagai terapi tambahan.

Hasilnya, pada kelompok yang diobati dengan acemannan mengalami penuyusutan tumor dan peningkatan ketahanan tubuh secara signifikan.

Kandungan acemannan dari lidah buaya mempercepat penghancuran tumor kanker, dan menghasilkan pemulihan yang jauh lebih baik dari perawatan kanker beracun.

Studi menunjukan bahwa acemannan meningkatkan produksi oksida nitrat sel (NO), yaitu zat kimia anti-kanker yang sangat terkait dengan menyusutnya tumor kanker.

Semakin banyak oksida nitrat yang dihasilkan (sampai titik tertentu) maka semakin sedikit resiko kanker yang akan dialami.

Organicfacts.net menyebutkan bahwa penggunaan gel lidah buaya bisa menghancurkan tumor kanker secara efektif. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Immunopharmacology (1995), kandungan polisakarida lidah buaya bekerja untuk menghasilkan oksida nitrat dalam jumlah besar, yang memiliki fungsi sebagai anti-tumor. 

13. Menghilangkan Efek Samping dari Pengobatan Radioterapi
Dari laman Organicfacts.net, bahwa umumnya pasien perawatan kanker sering mengalami rasa tidak nyaman pada tubuh akibat dari efek samping melakukan pengobatan radioterapi.

Mengaplikasikan gel lidah buaya ke daerah radiasi bermanfaat untuk memberikan efek menenangkan pada pasien, serta mempercepat penyembuhan dari masalah efek samping yang dirasakan.

loading...

14. Mengurangi Nyeri Radang Sendi
Organicfacts.net menyebutkan bahwa lidah buaya terkenal dengan sifat antiinflamasi-nya yang bermanfaat untuk menurunkan rasa sakit, serta mengatasi pembengkakan akibat artritis.

Mengonsumsi jusnya bisa memberikan khasiat berupa efek menenangkan pada bagian tubuh yang mengalami radang sendi atau pembengkakan yang berkaitan dengan kondisi arthritis.

15. Meredakan Nyeri Otot

Nyeri Otot
Nyeri Otot | Sumber gambar: Gemfive.com.my | Shutterstock.com

Organicfacts.net menyebutkan bahwa sifat anti-inflamasi pada lidah buaya berkhasiat untuk meredakan nyeri otot dan rasa sakit pada sendi. Dengan mengaplikasikan gel lidah buaya akan sangat membantu untuk meredakan peradangan pada persendian tubuh.

Konsumsi jus lidah buaya juga bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan di semua bagian tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi jus lidah buaya minimalnya selama dua minggu, mengalami proses penyembuhan yang cepat dari masalah peradangan yang dialami. 

16. Mempercepat Penyembuhan Luka di Kulit

Tangan Luka
Tangan Luka | Sumber gambar: Pxhere.com

Lidah buaya mengandung senyawa glukomanan dan gliberelin yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit, dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan proses pembentukan kolagen di bagian tubuh sekitar luka, hal ini membuat proses pembentukan jaringan baru bisa berjalan dengan sangat baik dan cepat.

Senyawa aktif tersebut juga bekerja untuk menghindari terjadinya kematian sel di area sekitar terjadinya luka, hal ini meminimalisir timbulnya banyak bekas luka. Berikut cara memanfaatkan lidah buaya untuk hal ini:
  1. Pertama-tama bersihkan bagian tubuh (kulit) yang mengalami luka.
  2. Anda juga perlu memastikan bahwa perdarahan pada luka telah berhenti, sehingga tidak ada lagi luka yang keluar.
  3. Setelah dipastikan tidak ada luka yang keluar lagi, maka barulah mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang mengalami luka tersebut dengan perhalan.
  4. Selesai.

Hal yang penting untuk diketahui, bahwa yang namanya penanganan luka terbuka maka wajib untuk senantiasa dikondisikan dalam keadaan bersih. Selain itu, lidah buaya sebelum digunakan juga harus dibersihkan sampai benar-benar bersih dengan air mengalir.

Draxe.com menyebutkan bahwa lidah buaya berkhasiat untuk mengobati luka bakar, dimana gel lidah buaya juga mempunyai fungsi perlindungan dari kerusakan radiasi pada kulit.

Sebagai contohnya, untuk mengantisipasi ancaman perang nuklir yang dikhawatirkan terjadi, pihak pemerintah Amerika Serikat melakukan penelitian mengenai khasiat lidah buaya untuk mengobati luka bakar termal dan radiasi, dengan tujuan nantinya lidah buaya bisa digunakan dalam militer AS.

Pada tahun 1959, Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat menyetujui penggunaan salep lidah buaya sebagai obat bebas untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. Kandungan di dalam gel lidah buaya membantu untuk mengobati luka bakar agar bisa sembuh dengan lebih cepat.

Organicfacts.net menyebutkan bahwa dalam banyak penelitian, lidah buaya telah terbukti mampu secara efektif untuk mengobati korban luka bakar tingkat tiga, dan menyembuhkan kulit akibat terbakar.

Bahkan diketahui bahwa gel lidah buaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan luka tembak. Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan kulit.

17. Mengatasi Gangguan Menstruasi
Organicfacts.net menyebutkan bahwa penggunaan ekstrak lidah buaya telah terbukti sebagai stimulan uterus yang sangat baik. Asupan jusnya sangat bermanfaat selama haid dan mengatasi berbagai gangguan tersebut.

18. Meringankan Rasa Mual

Mual
Mual | Sumber gambar: Masala.tv | Shutterstock.com

Seringkali perasaan mual berasal dari gangguan pada perut atau sistem pencernaan tubuh. Organicfacts.net  menjelaskan bahwa Jus lidah buaya sangat baik untuk perut, dengan memberikan efek menenangkan pada perut dan tubuh secara umum. Dimana hal ini secara tidak langsung bermanfaat untuk meredakan rasa mual yang dialami.

19. Menurunkan Tingkat Gula Darah
Lidah buaya juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah ke tahap normal. Organicfacts.net menyebutkan bahwa konsumsi lidah buaya memberikan manfaat menguntungkan untuk penurunan kadar gula darah. Hal ini berdasarkan hasil sebuah studi yang menemukan manfaat lidah buaya untuk pengobatan diabetes.

20. Untuk Menyehatkan dan Memutihkan Gigi

Gigi Sehat dan Putih
Gigi Sehat dan Putih | Sumber gambar: Wikimedia.org

Dari tulisan berjudul “Aloe Vera to Whiten Teeth”, bahwa proses pemutihan gigi umumnya melibatkan pemutihan lapisan email luar gigi. Menurut American Dental Association, sebagian besar produk yang digunakan untuk memutihkan gigi memakai bahan kimia seperti peroksida karbamid.

Gel lidah buaya bisa menjadi pilihan alami untuk memutihkan gigi, sehingga Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia. Gel lidah buaya umumnya tidak berbahaya bila dioleskan langsung ke gigi atau mulut, tapi jika sengaja menelan gel lidah buaya bisa menyebabkan kram usus ataupun diare.

Meskipun belum ada bukti penelitian tentang penggunaan gel lidah buaya dalam pemutihan gigi, namun efek anti-inflamasi alami di dalam lidah buaya memberikan manfaat kesehatan bagi gigi, sehingga menghindari berbagai masalah dan hal-hal yang merusak penampilan pada gigi. Manfaat lidah buaya ini membuat gigi tetap sehat dan indah penampilannya.

21. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida
Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh adalah hal yang sangat serius, yang bisa memicu resiko banyak penyakit berbahaya. Organicfacts.net menyebutkan bahwa kandungan di dalam lidah buaya bermanfaat untuk menyeimbangkan kembali komponen di dalam darah seperti kolesterol dan glukosa.

Sehingga hal itu bisa secara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Buah bluberi juga menjadi agen penurun kolesterol yang sangat baik, sehingga adalah hal yang sangat bagus jika Anda menggabungkan khasiat blueberry dan lidah buaya untuk menurunkan kolesterol.

22. Menunda Proses Penuaan
Lidah buaya sering dijadikan bahan utama dalam produk perawatan kulit. Organicfacts.net menyebutkan bahwa penggunaan bahan alami lidah buaya bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat, membantu proses peremajaan kulit, dan memperlambat proses keriput pada kulit. Sehingga menjadikan kulit tetap segar, lentur, cerah dan bebas kerutan.

23. Mengobati Jerawat
Lidah buaya memiliki kandungan senyawa aktif polifenol yang berfungsi sebagai agen anti bakteri. Manfaatnya bisa untuk menghilangkan jerawat pada wajah dan menghambat perkembangan bakteri. Keberadaan bakteri pada kulit wajah menyebabkan terjadinya jerawat.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:
  1. Pertama-tama cuci wajah hingga bersih.
  2. Lalu oleskan gel lidah buaya pada bagian wajah yang mengalami jerawat.
  3. Oleskan secara perlahan agar semua bagian kulit yang mengalami jerawat bisa mendapatkan gel.

Pada tulisan berjudul “The Benefits Of Using Aloe Vera For Skin Care And More” menyebutkan bahwa gel lidah buaya mengandung dua hormon: Auxin dan Gibberellins. Kedua hormon ini bekerja untuk memberikan penyembuhan luka dan bersifat anti-inflamasi untuk mengurangi radang kulit.

Kandungan giberellin juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel baru. Hal ini memungkinkan berbagai masalah kulit (termasuk jerawat) bisa disembuhkan secara cepat dan alami.

24. Menghilangkan Panu
Gel lidah buaya juga berkhasiat sebagai anti-jamur, yang bermanfaat untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan jamur di kulit. Serangan jamur pada kulit menyebabkan munculnya panu.

Untuk penggunaan gel lidah buaya ini, maka hanya dengan mengoleskannya ke bagian kulit yang terkena panu.

25. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan
Sumber gambar: Wikipedia.org

Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, maka Anda bisa menggunakan campuran gel lidah buaya bersama air bersih untuk berkumur. Selain itu bisa dengan mengoleskan secara langsung gel lidah buaya pada bagian yang terkena sariawan atau luka.

Kandungan di dalam gel lidah buaya memberikan efek menenangkan, memiliki sifat antiseptik dan meredakan rasa nyeri di mulut.

26. Mengobati Psoriasis
Penyakit kulit ini cukup mengganggu, dimana timbulnya bercak-bercak merah disertai rasa gatal akibat reaksi autoimun di dalam tubuh.

Dimana terjadinya penyakit kulit ini karena sistem imun tubuh yang salah dalam mengenali antibodi sendiri sebagai musuh.

Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan psoriasis, di dalamnya terkandung senyawa alprogen yang berfungsi untuk menghambat reaksi autoimun yang mengganggu tersebut.

Anda bisa memanfaatkan ekstrak lidah buaya yang sudah dikemas dalam bentuk produk krim dan dijual bebas di pasaran.

Penggunaannya cukup ampuh untuk mempercepat penyembuhan bercak psoriasis. Dimana sifat lidah buaya yang memberikan kelembapan sangat berguna untuk meredakan rasa gatal di kulit, dan membuat nyaman kulit.

27. Mengatasi Sembelit
Kandungan di dalam lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Pada bagian korteks lidah buaya memiliki kandungan aloin/barbaloin yang memiliki efek laksatif, yang bermanfaat sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar, menjaga fungsi dan pergerakan usus agar tetap baik, dan juga melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan.

Minum jus lidah buaya yang memiliki kandungan serat tinggi juga memberikan manfaat untuk pengobatan sembelit.

Tapi penting diketahui, bahwa konsumsi jus lidah buaya tidak diperbolehkan pada ibu hamil karena memberikan efek samping berupa gangguan pada perkembangan janin di dalam kandungan.

28. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan | Sumber gambar: Wikimedia.org

Lidah buaya yang memiliki kandungan serat tinggi bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat bekerja untuk mengikat lemak, mencegah terjadinya penimbunan lemak dan melancarkan pencernaan.

Pada sebuah tulisan berjudul “The Benefits of Aloe Vera Juice for Weight Loss”, menyebutkan sebuah sebuah studi hewan yang dipublikasikan dalam jutnal Obesity Research & Practice pada 2008, menunjukkan potensi sterol tanaman yang ditemukan pada lidah buaya dapat memperbaiki komposisi tubuh.

Dalam studi tersebut, tikus gemuk yang diberikan sterol tanaman lidah buaya memiliki kadar lemak lebih rendah dibandingkan tikus yang tidak diberikan sterol ini. Penelitian ini dilakukan selama 35 hari.

Manfaat ini juga bisa terjadi pada manusia. Pada sebuah studi yang diterbitkan pada bulan September 2013 di Nutrition, menemukan bahwa penderita obesitas dengan diabetes atau pradiabetes yang mengonsumsi suplemen asam lidah buaya kompleks selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan orang-orang yang tidak diberikan suplemen ini.

Studi jangka panjang yang lebih besar masih tetap diperlukan untuk memastikan tentang manfaat lidah buaya ini untuk penurunan berat badan

Lidah buaya bisa menyebabkan penurunan berat badan karena efek pencaharnya. Hanya saja mengonsumsi jus lidah buaya (dan semacamnya) dalam jangka panjang dan sering bisa beresiko pada penyakit diare, kram perut, mual, muntah dan kadar kalium rendah.

Bagi Anda yang mengalami alergi terhadap tulip, bawang merah dan bawang putih kemungkinan juga akan terkena reaksi alergi pada lidah buaya.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman