29 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan, Pengobatan, dll (Efek Sampingnya)


Tanaman alpukat mempunyai nama latin “Persea Americana Miller”, ini adalah tanaman asli Meksiko. Sekarang ini, tanaman alpukat sangat populer karena telah dibudidayakan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Bahkan dari masa lampau masyarakat Indonesia telah memanfaatkan daun alpukat untuk kesehatan dan pengobatan alami.

Kalau berbicara tentang buah alpukat maka sudah sangat umum diketahui (jusnya terkenal sangat lezat), tapi tentang khasiat daun alpukat mungkin banyak yang belum tahu.

Pada daun alpukat terdapat kandungan zat querstin. Querstin merupakan kelompok senyawa flavonol terbesar. Manfaat kandungan querstin ini melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit degeneratif.

Daun Alpukat

Daun alpukat yang terasa pahit bisa berkhasiat sebagai diuretik bagi tubuh, serta membunuh berbagai jenis bakteri.

Daun alpukat juga mengadung polifenol. Polifenol banyak juga terkandung di dalam buah anggur, bawang, teh dan lainnya. Senyawa polifenol tidak kalah penting dengan senyawa querstin.

Manfaat Daun Alpukat

1. Menurunkan Berat Badan (Untuk Diet)
Jika Anda ingin menurunkan berat badan maka Anda bisa memanfaatkan daun alpukat. Penelitian menemukan bahwa di dalam daun alpukat mempunyai kandungan yang bermanfaat membantu untuk menurunkan kadar lemak berlebih, serta menekan nafsu makan.

Agar bisa memperoleh manfaat menurunkan berat badan ini maka sangat mudah, sediakan beberapa helai daun alpukat, lalu cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.

Kemudian Anda rebus daun alpukat tesebut dengan air hingga mendidih. Lalu saring ke dalam gelas, lalu minum ketika sudah hangat.

Jika Anda ingin lebih nikmat, maka caranya dengan merebus 4 daun alpukat kering di panci lalu panaskan selama 15-20 menit.

Setelah itu diangkat daun alpukatnya, lalu masukkan ke dalam secangkir teh, lalu Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh madu.

Setelah terakduk rata, maka Anda tinggal minum teh daun alpukat tersebut, Anda bisa melakukannya 3 kali dalam seminggu.

Laman Curejoy.com menyebutkan bahwa daun Alpukat bisa bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Sebuah studi dengan obyek percobaan hewan. Dimana tikus yang sedang mengalami kolesterol tinggi diobati dengan ekstrak daun alpukat dan metanol.

Hasilnya menunjukkan bahwa daun alpukat memiliki kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lemak, sehingga lemak tercegah dari menumpuk di dalam tubuh, yang dengan demikian berkontribusi pada menurunkan berat badan berlebih.

[Brai, B. I. C., A. A. Odetola, and P. U. Agomo. “Effects of Persea americana leaf extracts on body weight and liver lipids in rats fed hyperlipidaemic diet.” African journal of Biotechnology 6, no. 8 (2007).]

2. Mengobati Sakit Kepala

Sakit Kepala
Sakit Kepala | Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Dari laman Boldsky.com menyebutkan bahwa Anda bisa mengobati sakit kepala dengan cara mengonusmsi teh daun alpukat (caranya telah diapaparkan diatas).

Hal itu karena di dalam daun alpukat terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi, yang berfungsi untuk memperbaiki atau memaksimalkan aliran oksigen ke daerah kepala.

Dengan aliran oksigen yang lancar ke organ otak atau kepala, maka manfaatnya akan bisa mencegah munculnya sakit kepala, atau juga mengurangi sakit kepala akibat kelelahan, sinusitis, migrain, dll.

Selain itu, daun alpukat juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh masalah hipertensi (tekanan darah tinggi).


3. Mencegah Resiko Stress 
kandungan zat aktif di dalam daun alpukat seperti flavonoid, querstin, saponin, dan alkaloida memiliki manfaat penting dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Daun alpukat memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah atau menghambat perkembangan oksidatif stres yang berkaitan dengan penyakit.

Dari laman Boldsky.com bahwa adanya antioksidan di dalamnya, maka teh alami daun alpukat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak, serta menghambat pelepasan hormon kortisol di dalam tubuh.

Hormon kortisol merupakan hormon pemicu timbulnya stres dan rasa tidak nyaman di dalam diri.

Dengan keberadaan senyawa antioksidan di dalam tubuh yang memadai, maka mencegah produksi hormon kortisol yang tinggi, sehingga manfaatnya adalah Anda akan bisa lebih terhindar dari stres.

4. Mengurangi atau Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi banyak dialami orang-orang, penyebabnya karena gigi yang berlubang, adanya peradangan gusi, dan lainnya. Sakit gigi yang terjadi cukup lama akan membuat seseorang tidak bisa menjalankan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari dengan baik.

Bahkan sakit gigi membuat seseorang tidak nyaman dalam menguyah makanan. Bagi penderita sakit gigi maka hendaknya menghindari makanan atau minuman yang manis-manis, selain itu pastikan pada bagian gigi yang sakit jangan sampai tersenggol, sehingga menimbulkan sakit.

Sakit gigi yang sangat mengganggu ini bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit.

Selain itu, untuk cara alami dan murah maka Anda bisa membuat teh daun alpukat, yang manfaatnya akan mengurangi peradangan pada gusi dan meredakan nyeri pada gigi. Namun, pastikan Anda ingat selalu untuk menghindari konsumsi gula.

5. Mencegah dan Membasmi Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal merupakan sebuah masalah dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut terbentuk dari kumpulan sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal, yang setelah itu mengendap dan membentuk kristal.

Masalah batu ginjal ini cukup serius, karena apabila dibiarkan maka lama-kelamaan batu ginjal semakin membesar ukurannya, sehingga menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang semakin parah, bahkan bisa menyebabkan penyakit komplikasi.

Gejala yang bisa dirasakan oleh penderita batu ginjal umumnya yaitu  urine tampak keruh, urine berbau tidak sedap, demam tinggi, badan lemas, dan menggigil.

Rebusan daun alpukat diyakini bisa berkhasiat untuk mengobati batu ginjal, kandungan senyawa alkoloid bekerja untuk membantu meluruhkan batu ginjal sedikit demi sedikit. Alkoloid juga berfungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja organ ginjal.

Kandungan alkolid, flavonoid, saponin dan lainnya yang dtemukan di dalam daun alpukat bermanfaat untuk kesehatan ginjal, dan menghindari Anda dari penyakit batu ginjal.

Laman Boldsky.com menyebutkan bahwa teh herbal daun alpukat berkhasiat untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit batu ginjal. Yang berfungsi sebagai detoksifikasi di ginjal, serta membantu mengoptimalkan proses pembuangan limbah (zat tidak berguna) dari dalam tubuh.

Anda juga bisa memanfaatkan daun alpukat dengan cara lain, yaitu:
  1. Sediakan 5-8 lembar daun alpukat yang tua (berwarna hijau).
  2. Cuci daun alpukat hingga bersih dengan air mengalir.
  3. Lalu rebuslah daun tersebut bersama 1 gelas air.
  4. Biarkan air dalam kondisi mendidih, matikan kompor ketika air rebusan tinggal 1/2 gelas.
  5. Lalu saring air rebusan tersebut.

Minum air ramuan daun alpukat ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Sebagai tips juga dalam mengatasi batu ginjal, Anda harus minum cukup air putih yang banyak dalam setiap harinya.

Loading...

6. Mengobati Bengkak
Pembengkakan pada kaki akan membuat orang-orang kesulitan dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan. Di dalam daun alpukat terkandung querstin yang memiliki manfaati untuk meredakan pembengkakan pada tubuh.

Nah, cara menggunakan daun alpukat untuk memperoleh manfaat ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menumbuk daun alpukat sampai lumat atau halus. Setelah itu tinggal ditempelkan pada bagian kulit yang terdapat bengkak.

Anda juga perlu setelahnya membungkus dengan memakai perban, biarkan dalam kondisi itu selama 3-4 jam.

7. Meredakan Nyeri Asam Urat
Penyakit asam urat menyebabkan munculnya rasa nyeri yang tidak tertahankan, dan rasa panas di persendian. Walaupun semua bagian sendi tubuh bisa berpotensi mengalami asam urat, tapi bagian tubuh yang umum diserang asam urat yaitu bagian sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Munculnya rasa nyeri bahkan pembengkakan akibar tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi. Kristal tersebut terbentuk karena adanya penumpukan zat-zat racun dan yang tidak diperlukan, terutama berasal dari jenis makanan yang memicu asam urat seperti jeroan, daging merah, dsb.

Demikian juga kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol akan memicu resiko tinggi seseorang terkena penyakit asam urat.

Daun alpukat bisa membantu Anda untuk meredakan nyeri asam urat. Cara memanfaatkannya yaitu:
  1. Pertama-tama sediakan daun alpukat sebanyak 25 gram. 
  2. Lalu potong-potong, dan rebus bersama 4 gelas air.
  3. Biarkan air rebusan sampai hanya tersisa setengahnya yaitu 2 gelas air. 
  4. Setelah itu angkat dan saring air rebusan tersebut.
  5. Tunggu sampai air rebusan tidak terlalu panas, lalu minum.

8. Menghilangkan Nyeri Sakit Pinggang

Sakit Pinggang
Sakit Pinggang | Sumber gambar: Flickr.com

Sakit pinggang akan membuat Anda kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa membuat ramuan dari daun alpukat untuk pengobatannya.

Cara membuatnya, pertama-tama sediakan 5 lembar daun alpukat, lalu cuci hingga bersih dengan air mengalir.

Setelah itu Anda rebus daun alpukat tersebut bersama dengan satu gelas air.

Setelah airnya tersisa setengahnya maka angkat dan saring, masukan ke dalam gelas, tunggu agar tidak terlalu panas, lalu minum.

Senyawa pinene dalam daun alpukat bisa menurunkan gejala rasa sakit di semua bagian tubuh, terutama pada masalah nyeri punggung.

Selama Anda mengalami sakit pinggang ataupun punggung, maka hindari mengangkat benda yang berat-berat, karena dikhawatirkan bisa membuat sakit pinggang yang dialami semakin parah.

9. Untuk Pengobatan Sariawan
Sariawan akan sangat menganggu saat berbiacara ataupun saat makan. Makanan enak menjadi tidak terlalu nikmat akibat sariwan.

Sariawan dapat berasal dari bakteri atau adanya kerusakan pada bagian rongga mulut. Kandungan polifenol dalam daun alpukat berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat.

Untuk mengobati sariwan, maka cobalah untuk menggigit daun alpukat sampai agak halus, setelah itu Anda tempelkan pada bagian bibir yang mengalami sariawan. Lakukan sebantak tiga kali dalam sehari.


10. Untuk Melancarkan Haid
Beberapa penyebab dan pemicu haid yang tidak lancar yaitu karena terlalu sering kelelahan, sering mengalami emosi (marah-marah), ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, dan obesitas (kegemukan).

Bagi Anda para wanita yang mengalami masalah siklus haid tidak teratur, gunakan bahan alami daun alpukat ini guna melancarkan haid.

Konsumsi air rebusan daun alpukat. Pastikan sebelum direbus, Anda mencuci daun alpukat hingga besih menggunakan air mengalir.

11. Mengatasi Masalah Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi merupakan kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Bahaya hipertensi ini sangat serius, salah satunya memicu penyakit jantung, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyebab hipertensi ada banyak, seperti mengonsumsi asupan garam dalam jumlah banyak, kondisi tubuh yang obesitas, kurang makan buah dan sayuran, jarang berolahraga, dan mengonsumsi minuman keras.

Ramuan air rebusan daun alpukat (ataupun dalam bentuk teh) bisa berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi ke tingkat aman (normal).

Senyawa limonene yang ditemukan di dalam daun alpukat bisa berfungsi sebagai obat alami untuk menstabilkan tekanan darah, serta mencegah hipertensi.

12. Untuk Kesehatan Lambung
Mengonsumsi air rebusan maupun teh daun alpukat, di dalamnya terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan lambung, dan juga mencegah terjadi luka lambung ataupun iritasi pada lambung.

Resiko kerusakan lambung, luka dan iritasi pada lambung akibat dari terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas dan asam. Manfaat kandungan daun alpukat ini juga untuk mengobati penyakit maag dan asam lambung.

13. Mengatasi Konstipasi dan Rasa Tidak Nyaman di Perut

Sakit Perut
Sakit Perut | Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Masalah konstipasi yang dialami akan membuat perut menjadi terasa sangat tidak nyaman, dan juga bisa mengganggu aktivitas sehai-hari.

Laman Boldsky.com menyebutkan bahwa kombinasi daun alpukat dan madu (bisa dibuat dalam bentuk teh) kaya akan kandungan serat dan antioksidan.

Manfaatnya bisa melembutkan tinja dan juga melumasi usus tubuh. Hal ini menjadikan feses lebih mudah dikeluarkan, sehingga akan mengurangi masalah sembelit.

14. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Organ Pencernaan 
Daun alpukat kaya akan serat dan madu memiliki kandungan antioksidan berdasarkan paparan dari laman Boldsky.com.

Manfaatnya bisa membantu merangsang produksi cairan pencernaan yang menyehatkan, sehingga bisa meningkatkan kinerja organ pencernaan, serta juga bisa mengobati sakit perut, termasuk juga masalah gastritis dan keasaman.

15. Mengobati Infeksi Saluran Kemih 
Laman Boldsky.com menyebutkan bahwa infeksi saluran kemih merupakan infeksi bakteri yang bisa mengakibatkan rasa sakit yang cukup parah dan bisa menimbulkan sensasi terbakar di daerah genital.

Konsumsi teh alami daun alpukat bermanfaat untuk membantu membasmi bakteri penyebab infeksi saluran kemih, sehingga secara perlahan bisa menyembuhkan dan mengurangi rasa sakitnya.

16. Membantu Mencegah Masalah Kejang-kejang
Laman Curejoy.com menyebutkan bahwa pengobatan tradisional masyarakat di Afrika menganjurkan untuk menggunakan daun alpukat guna mengobati masalah kejang dan epilepsi, terutama pada anak-anak.

Pada sebuah penelitian dengan obyek hewan membenarkan tentang khasiat daun alpukat untuk mengobati kejang-kejang.

Tikus percobaan diberikan akstrak ekstrak daun alpukat. Peneliti menemuan bahwa efek dari pemberian ekstrak tersebut bekerja untuk mencegah gangguan aktivitas neurotransmitter di otak dan menjaga fungsi aktivitas saraf.

[Ojewole, John AO, and George J. Amabeoku. “Anticonvulsant effect of Persea americana Mill (Lauraceae)(Avocado) leaf aqueous extract in mice.” Phytotherapy Research 20, no. 8 (2006): 696-700.]

loading...

17. Membantu Mengatasi Diabetes
Daun alpukat bisa membantu mengobati diabetes. Laman Curejoy.com menyebutkan bahwa daun alpukat menjadi kabar baik bagi pasien diabetes, karena kandungan di dalam memiliki efek penurunan kadar gula darah atau hipoglikemik.

Pada sebuah sebuah penelitian ilmiah dengan hewan percobaan tikus yang mengalami diabetes. Peliti menemukan bahwa ekstrak daun alpukat mengandung efek hipoglikemik yang tergantung pada kekuatan dosisnya. Penurunan gula darah terjadi sekitar enam jam setelah satu dosis ekstrak daun alpukat diberikan

18. Kesehatan Saluran pernafasan
Infeksi pada saluran pernafasan umumnya menyerang bagian hidung atau faring yang bisa memberikan efek berupa demam, atau keadaan badan menjadi lemas untuk beraktivitas.

Anda bisa memanfaatkan rebusan dari daun alpukat dapat untuk meringankan dan mengobati penyakit saluran pernafasan, caranya:
  1. Siapkan daun alpukat yang masih muda secukupnya.
  2. Lalu cuci bersih daun alpukat tersebut dengan air mengalir.
  3. Rebus daun alpukat di dalam panci bersama air satu gelas. 
  4. Biarkan sampai mendidih dan air tersisa setengah gelas.
  5. Lalu campurkan dengan air hangat biasa hingga menjadi satu gelas penuh.
  6. Air ramuan siap diminum.

19. Menurunkan Kolesterol
Konsumsi teh atau rebusan daun alpukat bisa secara alami untuk membantu menurunkan kolesterol. Kandungan senyawa antioksidan dan lainnya dalam daun alpukat bekerja untuk membantu mencegah tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Senyawa limonene di dalam daun alpukat berfungsi untuk mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol total secara efektif, yang bermanfaat untuk membantu meurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga hal ini juga akan mencegah resiko penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.

20. Melindungi Tubuh dari Penyakit Degeneratif
Senyawa flavonol di dalam daun alpukat mempunyai mekanisme untuk melindungi tubuh dari jenis-jenis penyakit degeneratif, salah satunya osteoarthritis. Dengan manfaat ini juga membuat daun alpukat bisa dijadikan alternatif sebagai bahan alami untuk mencegah penuaan dini.

21. Khasiat Sebagai Diuretik
Daun alpukat mempunyai kandungan quercetin yang berfungsi sebagai agen diuretik, manfaatnya untuk memperlancar proses buang air kecil, membersihkan sisa-sisa metabolisme di dalam tubuh agar tidak menumpuk, dan manfaat lainnya.

22. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Kandungan polifenol dan pinene di dalam buah alpukat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, serta juga bisa mencegah infeksi serius.

23. Mengurangi Serangan Asma
Kandungan senyawa pinene di dalam daun alpukat berkhasiat untuk menurunkan frekuensi serangan asma melalui beberapa mekanisme. Senyawa ini memiliki fungsi mengurangi peradangan, bronkodilator dan juga dapat memperlancar aliran udara ke paru-paru. Sehingga hal inilah yang menjadikan daun alpukat berkhasiat untuk mengatasi penyakit asma.

24. Menurunkan Resiko Kanker
Kandungan pinene dan limonene yang ada di dalam daun alpukat bisa bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kanker, mekanismenya dengan cara mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker dan juga berfungsi sebagai chemoprotective agent.

25. Untuk Proses Detoksifikasi
Di dalam daun lpukat terkandung Senyawa flavonol yang bermanfaat untuk membantu membersihkan darah dari zat beracun, untuk kemudian dibuang melalui proses urinisasi. Daun alpukat memiliki fungsi sebagai agen detoksifikasi yang kuat.

26. Mengobati Diare
Kandungan limonene di dalam daun alpukat berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada pencernaan tubuh, serta meningkatkan kierja usus. Hal ini bisa sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit seperti diare dan gangguan pencernaan lainnya.

27. Mengatasi Susah Tidur

Tidak Bisa Tidur
Tidak Bisa Tidur | Sumber gambar: Flickr.com

Mafaat kandungan di dalam daun alpukat dapat mengurangi rasa kecemasan dan juga mencegah insomnia. Mengonsumsi daun teh alpukat bisa memicu pelepasan serotonin di dalam otak.

Dimana serotonin memiliki fungsi sangat penting dalam mengatur baiknya mood (suasana hati), mengendalikan nafsu makan, menghilangkan rasa cemas dan stres, dan juga berperan dalam menjadikan tidur lebih nyenyak.

28. Menghaluskan Kulit
Daun alpukat berkhasiat untuk kulit Anda, untuk menjadikan kulit terasa lebih halus. Daun alpukat memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat besar untuk kesehatan kulit, membuat pori-pori kulit menjadi lebih bersih, dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Untuk memperoleh manfaat ini, tumbuk daun alpukat muda, lalu oleskan pada kulit Anda selama 10 menit, setelah itu bersihkan kulit kembali.

29. Kegunaan Daun Alpukat Untuk Masakan
Daun alpukat segar sering digunakan sebagai bumbu. Penggunaan daun alpukat lebih umum dilakukan oleh orang-orang di negara-negara Amerika Selatan.

Adapun untuk daun alpukat kering biasanya digunakan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Di negara-negara tersebut daun alpukat biasanya digunakan untuk masakan rebus, sup, hingga campuran bumbu berbekyu.

Efek Samping Daun Alpukat
Anda harus tetap untuk memperhatikan dosis yang diperbolehkan dalam mengonsumsi daun pepaya. Jangan sampai Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Hal itu karena beberapa peneliti menjelaskan tentang adanya efek samping daun alpukat berupa toksisitas.

Dimana peneliti menyebutkan bahwa beberapa jenis tanaman alpukat memiliki efek toksik (racun).  Beberapa peneliti menyebutkan bahwa daun tanaman alpukat guatemala memiliki kandungan racun, adapun daun tanaman alpukat meksiko dinyatakan aman.

Pada beberapa kasus daun alpukat tanaman Guatemala, peneliti juga menyebutkan bahwa efek racun bisa terjadi jika daun alpukat jenis itu dikonsumsi dalam jumlah besar.

Secara umum dalam meracik ramuan herbal, tetap saja sangat penting untuk memiliki ilmu pengetahuannya yang memadai dan informasinya yang jelas. Obat herbal memang pada dasarnya diyakini tidak memberikan banyak efek samping, tapi jika penggunaannya keliru maka tetap saja akan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Perlu diketahui, konsumsi obat herbal alami akan membuat ginjal bekerja dengan ekstra, sehingga jika tidak benar dalam penggunaa bahan herbal maka dampaknya bisa fatal bagi organ ginjal.

Sangat ditekankan agar dalam mengkonsumsi minuman herbal berdasarkan perunjuk dari herbalis atau orang yang paham tentang bahan tumbuh-tumbuhan alami. Sehingga dengan takaran yang cocok atau benar, maka akan menyembuhkan penyakit tanpa memberikan efek samping.

Khusus penggunaan daun alpukat, telah disebutkan oleh para ahli bahwa mengonsumsinya terlarang jika terlalu banyak atau berlebihan secara membabi buta, karena dikhawatikan menimbulkan efek racun pada tubuh.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman