21 Tips Penting Agar Jantung Selalu Sehat


Munculnya masalah yang sangat serius yaitu penyakit jantung dan stroke, terjadi karena kebiasaan atau pola hidup yang kurang sehat.

Beberapa hal umum pemicu penyakit jantung yaitu merokok, minum-minuman beralkohol, tidak pernah berolahraga sampai mengeluarkan keringat (dalam seminggu atau bahkan lebih), mengonsumsi makanan yang kandungannya membahayakan kesehatan, dll.

Kesehatan Jantung
Sumber gambar: Pexels.com

Ada bayak faktor yang bisa mempengaruhi baiknya kesehatan jantung, langsung saja berikut di bawah ini berbagai tips agar jantung bisa sehat kembali:

1. Jadilah Orang yang Rajin Untuk Menggerakan Fisik / Tubuh

Jennifer Mieres MD, dari American Heart Association (AHA) menjelaskan bahwa: “Agar bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan jantung, Anda perlu untuk membuat detak jantung Anda naik”.

Nah, terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga kondisi organ jantung agar tetap sehat. Dimana intinya Anda harus memiliki aktivitas fisik yang cukup dalam setiap harinya.

Aktivitas fisik tidak melulu tentang melakukan olahraga, yang penting Anda bisa membuat tubuh untuk sering-sering bergerak, baik itu saat di rumah, di tempat kerja, di taman, di jalan maupun lainnya.

Adapun jika berbicara tentang jenis olahraga yang perlu dilakukan untuk menyehatkan jantung, maka pastikan segala olahraga yang Anda lakukan menyenangkan, sehingga hal ini membuat Anda bisa melakukan olahraga secara rutin.

Untuk beberapa saran jenis olahraga, Anda bisa melakukan latihan aerobik selama 20-30 menit dalam sehari, tidak perlu terlalu lama karena yang penting rutin olahraganya.

Melakukan aerobik sangat bagus untuk meningkatkan denyut jantung Anda. Anda bisa melakukan oahraga dengan cara jala cepat, memanjat tangga, treadmill, atau yang lainnya (yang bisa meningkatkan detak jantung Anda).

Anda bisa melakukan permainan sehat. Atau yang menyenangkan yaitu Anda bisa membuat acara tertentu, dimana satu keluarga (termasuk anak-anak) membuat acara olahraga kecil.

Seperti melakukan aktivitas bersepeda, permainan bulu tangkis atau olahraga lainnya. Anda bisa memvariasikannya dengan latihan intensitas sedang seperti jogging dan berenang. Hal ini akan sangat menyenangkan nantinya, sehingga membuat jantung menjadi semakin sejat

Olahraga Bersepeda
Olahraga Bersepeda | Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Ingat, Anda tidak perlu melakukan olahraga yang mahal atau yang menyulitkan. Olahraga adalah sebuah aktivitas yang sederhana, yang penting modalnya adalah rajin dan tekad yang kuat.

Tanpa mengeluarkan uang, Anda tetap bisa melakukan olahraga. Jika kondisi memang tidak memungkinkan, Anda tidak perlu memaksakan diri ke gym.

Apabila Anda sangat sibuk sehingga ‘tidak punya waktu’, maka Anda bisa berolahraga singkat selama 5-10 menit, yang penting badan Anda bergerak.

Anda bisa melakukan peregangan selama 2 menit, lalu larilah dengan kecepatan sedang selama 5-10 menit, maka hal ini sudah sangat bagus jika dilakukan secara rutin, kalau bisa dalam sehari lakukan hal tersebut beberapa kali.

Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan (stretching). Meregangkan otot-otot secara perlahan adalah hal yang bagus untuk sering-sering dilakukan.

Ketika Anda telah duduk selama 30 menit atau 1 jam, maka berdirilah selama 2-3 menit saja untuk melakukan peregangan tubuh.

Lakukan juga tugas sedehana di rumah seperti menyapu, mencuci baju, mencuci piring, memotong rumput, atau lainnya, ini akan membuat tubuh Anda bergerak. Lakukan berbagai aktivitas fisik yang disebutkan diatas secara kontinyu, maka manfaatnya sangat bagus untuk organ jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, menemukan bahwa dengan kebiasaan jalan ringan selama 2,5 jam saja dalam seminggu, maka bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan serangan jantung sebesar 34%.

Sebagai catatan, berjalan ringan selama 2,5 jam dalam seminggu, itu artinya 22 menit dalam sehari.

Pastikan Anda harus melakukan aktivitas fisik yang bisa mengeluarkan keringat dalam setiap harinya, hal ini sangat penting dan baik bagi jantung Anda.


2. Berjemurlah di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari (terutama yang sangat sehat yaitu saat pagi hari) memiliki kandungan vitamin D, ini memberikan manfaat besar bagi tubuh, salah satunya membantu mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Banyak orang takut terkena paparan sinar matahari. Sebenarnya jika tubuh terkena sinar matahari pagi selama beberapa saat, maka hal ini sangat bagus karena memberikan manfaat kesehatan.

Hanya saja, tidak boleh terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung, apalagi jika matahari di tengah siang bolong yang sedang terik-teriknya.

Dilansir dari laman Lifestyle.kompas.com, tubuh yang terkena sinar matahari pagi ternyata dapat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari bisa meningkatkan pelepasan serotonin di otak. Hormon ini berfungsi dalam menjaga kestabilan suasana hati (mood).

Pada musim dingin, banyak orang yang mengalami peningkatan resiko depresi. Menurut penelitian hal itu terjadi karena kurangnya tubuh mendapat sinar matahari. Ke luar rumah dan terkena paparan sinar matahari bermanfaat untuk menurunkan stres dan meningkatkan mood.

Jantung yang sehat ini dapat Anda peroleh dengan menjemur tubuh beberapa saat di bawah sinar matahari pagi. Fungsinya untuk membantu produksi vitamin D di dalam tubuh.

Keberadaan vitamin D ini sangat penting, karena jika tubuh kekurangan vitamin D berakibat pada resiko penyakit kardiovaskular.

Paparan sinar matahari ini juga berfungsi untuk melancarkan sinar matahari pagi, serta membantu sel-sel dalam tubuh dalam menjaga organ jantung.

Paparan sinar matahari juga untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan otot. Produksi vitamin D yang dibantu paparan sinar matahari bermanfaat besar dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan otot.

Banyaknya manfaat sinar matahari pagi, menjadi penyebab banyak orang untuk melakukan olahraga sekaligus “berjemur” saat pagi hari.

3. Buang Kebiasaan Buruk Merokok

Dilarang Merokok
Dilarang Merokok | Sumber gambar: Pixabay.com

Rokok mengandung ratusan bahkan ribuan zat kimia berbahaya, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan organ jantung. Merokok akan menghabiskan uang Anda, membuat gigi dan kuku menjadi kuning, serta membuat pakaian beraroma tidak enak.

Merokok meningkatkan resiko terkena serangan jantung secara signifikan. Demikian juga penyakit jantung koroner yang merupakan bagian dari penyakit kardiovaskular.

Bahkan, merokok diperkirakan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 4 kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok (dan tidak terpapar asap rokok).

Merokok telah terbukti mengakibatkan kerusakan pada hampir semua bagian organ tubuh, termasuk jantung. Merokok bisa merusak lapisan arteri, memicu penumpukan lemak dan plak, yang menghambat aliran darah di sepanjang arteri.

Ketika arteri yang fungsinya memasok darah ke jantung mengalami penyempitan, mengakbiatkan pasokan darah dan oksigen yang menuju jantung mengalami hambatan. Hal ini memicu penyakit jantung koroner.

Dengan begitu untuk kesehatan jantung Anda, maka jangan merokok, demikian juga jangan duduk bersama orang-orang yang merokok agar Anda tidak terkena paparan asap rokok.

Perokok pasif juga mengalami resiko yang sama seperti perokok aktif, yaitu penyakit jantung dan berbagai penyakit serius lainnya.

4. Miliki Tidur Malam yang Nyenyak dan Berkualitas

Anak Tidur
Anak Tidur | Sumber gambar: Pixabay.com

Kurang tidur di malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur menyebabkan seseorang memiliki risiko hingga dua kali lipat untuk terkena serangan jantung.

Tidur berkualitas selama 6-8 jam dalam sehari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, dengan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas maka tubuh akan merasa segar dan fit pada esok harinya.

Penting untuk memiliki tidur yang berkualitas, ketika tidur maka akan terjadi pelepasan hormon melatonin, fungsi dari hormon ini sangat banyak, yaitu:
  • Menjaga keteraturan sistem metabolisme tubuh. 
  • Menjaga kesehatan dan fungsi sel tubuh.
  • Membantu memperlancar aliran darah.
  • Memperlancar aliran darah ke otak.
  • Membantu menurunkan kadar kolestrol jahat.
  • Meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

Para peneliti dari Dutch National Institute untuk Public Health and Environment, menjelaskan bahwa dengan tidur malam yang cukup berguna untuk meningkatkan manfaat kesehatan yang diperoleh dari aktivitas olahraga.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat dari aktivitas olahraga secara optimal jika Anda memiliki tidur malam yang cukup, nyenyak, dan berkualitas.

Ingat, banyak peneliti yang menyebutkan bahwa rendahnya kualitas tidur menyebabkan masalah serius seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan faktor lain yang berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, sekarang bagaimana cara memiliki tidur malam yang berkualitas? Caranya yaitu hindari menggunakan gadget, laptop dan semacamnya 30 menit sebelum tidur, matikan lampu saat tidur, malam malam dilakukan 2 jam sebelum tidur, pastikan kamar tidur bersih, dan jangan banyak pikiran ketika tidur (kondisikan pikiran dan tubuh agar rileks).

loading...

5. Konsumsi Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Cokelat dibuat dari biji pohon kokoa, di dalamnya terkandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi.

Banyak penelitian telah menemukan akan manfaat cokelat hitam yang dapat menjaga kesehatan jantung (tapi bukan cokelat manis yang umum dijual).

Ingat yang memberikan manfaat untuk kesehatan jantung adalah cokelat hitam, bukan produk cokelat yang di dalamnya telah dicampur kandungan gula, mentega, atau susu.

Belilah produk cokelat yang mengandung setidaknya 70 persen kakao. Konsumsi cokelat hitam yang merupakan sumber antioksidan, yang mencakup polifenol, flavanol, serta katekin.

Senyawa dalam cokelat hitam ini dapat bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL, sehingga meminimalisir kolesterol yang mengendap di arteri, hal inilah yang menjadikan konsumsi cokelat hitam bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Pada sebuah studi yang melibatkan 470 lansia. Hasil studi menemukan bahwa manfaat kokoa mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 50 persen, dalam periode 15 tahun studi yang dilakukan ini.

Studi lainnya menemukan bahwa makan cokelat hitam (asli) 2 kali dalam seminggu, dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penumpukan plak di arteri sebesar 32 persen.

Selain itu, banyak penelitian dan uji coba yang berhasil menemukan tentang manfaat konsumsi cokelat hitam untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, walaupun efeknya tidak begitu signifikan. Cokelat hitam juga berkhasiat untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatan HDL.

Dark chocolate (cokelat hitam) yang mengandung flavonoid dan magnesium yang menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Juga berbagai senyawa antioksidan berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang merusak dinding arteri.

Terdapat banyak penelitian yang membuktikan akan manfaat cokelat hitam ini. Namun, bukan berarti Anda bisa sebanyak-banyaknya makan cokelat setiap hari. Konsumsi cokelat juga harus dibatasi.

6. Hindari Stres dan Terlalu Banyak Pikiran

Menurut Centers for Disease Control, penyebab utama kematian orang-orang di Amerika Serikat adalah karena penyakit jantung. Sementara itu, kondisi stress atau depresi semakin umum terjadi pada penduduk dewasa di Amerika.

Stres dan penyakit jantung tampak tidak berkaitan, namun faktanya kedua jenis penyakit tersebut saling terkait. Dimana hubungan antara kedua penyakit ini cukup kompleks.

Dimana pada banyak penelitian yang telah dilakukan pada ahli, terutama dalam dua dekade terakhir, menemukan sebuah permasalahan yang serius.

Dimana orang-orang yang menderita penyakit jantung akan lebih rentan untuk mengalami stress.

Dibalik itu, orang yang mengalami stres akan memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang dalam kondisi kejiwaan yang baik (tidak stres). Hubungan antara keduanya benar-bena kompleks.

Kondisi stress ataupun depresi ini perlu segera diatasi, karena bisa mempengaruhi emosi dan pikiran seseorang. Kondisi stres bisa membuat energi tubuh untuk beraktivitas menurun, mudah marah, hingga hilangnya nafsu makan.

Kodisi stress bisa memberikan pengaruh pada irama jantung, menyebabkan tekanan darah meningkat, dan memicu gumpalan darah. Hal-hal seperti ini yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung pada seseorang.

Untuk menghindari stres, maka kondisikan tubuh dan jiwa benar-benar untuk selalu rileks, hindari terlalu banyak pikiran, dan jangan memikirkan hal yang tidak-tidak.

Anda bisa membeli produk aromaterapi untuk meminimalisir rasa stres dan memberikan kenyamanan pada tubuh dan pikiran.

Dimana aroma memiliki efek yang bisa mempengaruhi emosi manusia, karena indra penciuman manusia berhubungan dengan sistem limbik yang merupakan pusat kendali emosional dalam otak manusia. Aromaterapi bisa bermanfaat untuk memperbaiki kondisi emosi seseorang.

7. Konsumsi Makanan Laut yang Sehat

Konsumsi makanan yang berasal dari laut bisa bermanfaat besr untuk kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya.

Kandungan omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar LDL, menurunkan risiko aritmia jantung, mencegah hipertensi, dan mencegah penggumpalan darah.

Seafood (makanan laut) ini makanan yang sehat sekaligus lezat. Beberapa jenis seafood juga yang kaya akan kandungan kalsium, zinc dan lainnya.

Ikan salmon mengandung lemak baik, vitamin A dan D. Manfaatnya untuk kesehatan jantung, menajga fungsi sistem saraf, tidak jarang iklan salmon disebut sebagai makanan untuk memori otak

Ikan sarden bermanfaat untuk kesehatan jantung. The American Heart Association menyebutkan ikan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang menjaga jantung tetap sehat, serta bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tiram tinggi kandungan protein, seng, omega-3 dan juga rendah kolesterol. Selain itu, tiram mengandung banyak asam amino tirosin yang berfungsi meningkatkan suasana hati dan mencegah stres.

Makanan lainnya yang sehat untuk jantung adalah udang, lobster, dan cumi-cumi. Hanya saja, tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah banyak (berlebihan).

8. Jaga Kesehatan Gigi

Gigi Putih
Gigi Putih | Sumber gambar: Wikimedia.org

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Sidney Dental Hospital tahun 2006, menemukan bahwa bakteri bisa memasuki pembuluh darah dari gusi yang tidak sehat. Yang nantinya bisa mengakibatkan masalah peradangan yang merusak lapisan arteri.

Oleh karena itu, untuk memiliki jantung yang sehat, maka Anda juga harus memiliki gigi yang sehat. Sikatlah gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu setelah bangun tidur dan ketika ingin tidur.

9. Selalu Utamakan Makanan Sehat

Pentingnya untuk memastikan bahwa setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang sehat, yaitu agar jantung bisa tetap terjaga kesehatannya.

Jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan, Anda harus memilih makanan dengan baik. Pastikan makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi merupakan makanan yang rendah kolesterol, rendah lemak jahat, rendah garam dan rendah gula. Sehingga dengan begitu, jantung bisa terjaga kesehatannya.

Untuk beberapa jenis makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu sayur-sayuran, buah, biji-bijian dan susu rendah lemak.


10. Periksa Kesehatan Secara Teratur

Anda perlu mengunjungi dokter untuk mengecek tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini menjadi hal penting sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Terutama pengecekan tekanan darah dan kadar kolesterol perlu dilakukan ketika muncul gejala-gejala yang tidak baik, seperti mudah pusing, mudah marah, sering mual, tubuh mudah mengalami kesemutan, kehilangan keseimbangan, otot kaki lemah, nyeri dada, dan sulit bernafas.

Itu merupakan gejala-gejala dari kondisi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, anda perlu mewaspadainya karena bisa mengarah para penyakit jantung.

11. Makanlah Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Sayuran dan Buah Sehat
Sayuran dan Buah Sehat | Sumber gambar: Wikimedia.org

Di dalam sayur-sayuran dan buah-buahan terkandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan sekali oleh jantung.

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, seperti bayam, bawang, brokoli, paprika, buah alpukat, buah naga, dan buah berry (seperti blueberry, stroberi, raspberry dan blackberry).

Untuk buah alpukat, maka konsumsinya harus dibatasi (jangan berlebihan).

12. Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Anda harus berusaha untuk meninggalkan dan menjauhi yang namanya minuman beralkohol. Ini adalah jenis minuman yang berbahaya, karena bisa menyebabkan kerusakan pada otot jantung Anda.

Secara umum kandungan di dalam minuman beralkohol, akan menurunkan kesehatan tubuh, yang bisa membahayakan fungsi dan kesehatan semua bagian organ tubuh.

13. Lebih Baik Membuat Makanan Sendiri di Rumah

Jangan mengutamakan makan di luar rumah atau membeli makanan siap saji. Hendaknya jenis makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang Anda masak di rumah Anda sendiri.

Dengan memasak makanan sendiri, maka Anda bisa sepenuhnya mengontrol apa yang masuk ke dalam hidangan Anda, hal ini sangat penting untuk memastikan makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang menyehatkan tubuh.

14. Konsumsi Kacang-kacangan Sehat

Jika Anda suka mengonsumsi cemilan, maka pilihlah kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan. Anda bisa mengonsumsi kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan yang sehat lainnya, yang manfaatnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Hanya saja jangan berlebihan dalam mengonsumsi kacang, hal itu karena di dalam kacang-kacangan terdapat kalori yang tinggi. Anda perlu membatasi konsumsi kacang-kacangan.

15. Minumlah Teh Hijau Tanpa Gula

Nah, jika Anda selama ini sangat suka minum minuman bersoda, maka gantilah dengan yang jauh lebih sehat. Seduhlah sendiri teh hijau tapi tanpa gula, karena ini sangat menyehatkan.

Teh hijau tersebut memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, peran senyawa antioksidan ini membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

Minum dua cangkir teh hijau tanpa gula dalam sehari telah terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

16. Turunkan Berat Badan

Turunkan Berat Badan
Turunkan Berat Badan | Sumber gambar: Wikimedia.org

Kondisi berat badan yang berlebihan bisa mengakibatkan jantung melemah, serta jantung rentan mengalami masalah akibat banyaknya lemak pada tubuh.

Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan menurunkan berat badan 10 hingga 20 pon, ternyata sudah bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Usahakan agar Anda memiliki berat badan yang ideal.

17. Minum Air Putih

Pastikan Anda setiap hari minum air putih yang cukup, utamakan untuk memilih air putih dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda karena kurang sehat.

Dengan minum air ptuih, manfaatnya sangat banyak, seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga kestabilan suhu tubuh, menyehatkan kulit tubuh, mencegah dehidrasi, meningkatkan konsentrasi, dan puluhan manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari minum air putih.

18. Pastikan Anda Memiliki Waktu Bersantai

Jika Anda sudah sangat lelah dan jenuh akibat pekerjaan dan rutinitas sehari-hari, maka Anda harus mengambil waktu istirahat.

Hal itu karena jika terus memaksakan diri bekerja dalam kondisi yang kurang baik, maka dapat menimbulkan masalah stres. Kondisi stres bisa meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang akhirnya memicu masalah bagi organ jantung.

Dengan begitu, jangan memasakan diri untuk terus-terusan bekerja jika kondisi memang tidak memungkinkan.

19. Kurangi Konsumsi Garam

Jika Anda berlebihan dalam mengonsumsi garam, maka bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Penting untuk sebisa mungkin menghindari makanan olahan, dan berbagai jenis makanan yang tinggi akan kandungan garam.

Batasi konsumsi makanan yang asin-asin. Demikian juga hati-hati terhadap makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak, jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.

20. Buang Rasa Dendam di dalam Hati

Jika di dalam hati diisi dengan hal-hal yang membuat emosi atau marah, maka ini tidak baik bagi diri Anda sendiri sebenarnya, terutama organ jantung.

Menyimpan rasa dendam dan rasa sakit hati justru hanya merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, tidak ada gunanya menyimpan “sesuatu” yang tidak baik di dalam hati. Hendaknya Anda mengikhlaskan segala hal yang telah terjadi, sehingga hidup bisa lebih nyaman, bahagia, dan sehat.

21. Tersenyumlah

Anak Tersenyum
Anak Tersenyum | Sumber gambar: Pixabay.com

Senyum ternyata menjadi cara termudah dan termurah untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki susana hati, dan menambah kebahagiaan di dalam jiwa.

Tersenyum akan merilekskan tubuh, yang hal ini baik untuk kesehatan jantung. Tersenyum akan menghindari diri Anda dari masalah stres.

Tersenyum akan memicu pelepasan hormon endorfin yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Dengan kondisi jiwa yang sehat, maka jantung pun bisa ikut sehat.

Tidak ada ruginya untuk tersenyum, bahkan manfaatnya sangat besar, yang membuat Anda bisa lebih baik. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari yang namanya cemberut.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman