25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan dan Pengobatan


Di masyarakat Indonesia, batang daun serai bukanlah hal yang asing didengar, seringkali daun serai dijadikan bumbu untuk berbagai masakan khas.

Hal itu karena pada bumbu masakan serai nantinya akan memunculkan aroma masam seperti lemon, yang berguna untuk meningkatkan cita rasa makan.

Selain serai bermanfaat untuk bumbu masakan, juga daunnya maupun air rebusan serai memberikan manfaat kesehatan yang sangat penting.

Bahkan daun serai sering dibuat sebagai bahan obat-obatan herbal karena manfaat kandungan di dalamnya.

Daun Serai
Daun Serai | Sumber gambar: Fast-growing-trees.com

Laman Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa sereh memiliki nutrisi yang sangat banyak, yaitu mengandung vitamin A dan C, folat, asam folat, magnesium, zat besi, seng, tembaga, potasium, fosfor, kalsium dan mangan.

Adapun laman Organicfacts.net menyebutkan kandungan serai berupa sumber vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), folat dan vitamin C.

Kemudian terkandung mineral penting seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng dan zat besi.

Selain itu memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, kuersetin, kaempferol, eliminin, catecol, asam chlorogenic, dan asam caffeic. Bahkan serai bersifat sebagai anti jamur dan antimikroba.

Berikut di bawah ini berbagai manfaat serai yang memiliki nama ilmiah “Cymbopogon citratus” ini.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Air rebusan serai bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, hal itu karena di dalamnya terkandung zat anti-mikroba yang berfungsi untuk melawan dan membunuh bakteri jahat dan parasit.

Sehingga akhirnya dapat menjaga kesehatan dan fungsi usus agar tetap baik. Manfaat ini sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti diare, mual, maag, kembung, gastritis, sembelit dan lainnya.

Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa kandungan di dalam serai berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Dimana kandungan senyawa antiseptik di dalam serai bekerja secara efektif untuk membunuh bakteri jahat dan parasit di saluran pencernaan, sehingga juga bakteri baik yang ada di dalam di usus besar bisa berfungsi dengan baik.

Sehingga keberadaan senyawa antiseptik ini memiliki fungsi penting dalam menghindari masalah pencernaan seperti sembelit, diare, muntah dan banyak lainnya.

Selain itu, sereh juga mempunyai khasiat sebagai antimikroba untuk membantu meringankan gastroenteritis.

Agar Anda bisa memperoleh pencernaan yang sehat, maka disarankan untuk minum teh sereh secara teratur. Hanya saja, teh sereh tidak untuk anak kecil.

2. Melawan Kolesterol Jahat

Pada daun batang serai terkandung zat anti-kolesterol yang sangat penting dalam mencegah menumpuknya kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi ini maka Anda disarankan untuk mengonsumsi air rebusan serai secara rutin. Kandungan di dalam serai bekerja untuk meminimalisir penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Serai juga memiliki khasiat sebagai anti atesklerosis, yang berfungsi untuk membersihkan dan menghambat terbentuknya plak pada pembuluh darah.

Manfaat kandungan di dalam serai ini sangat penting dalam menghindari masalah penumpukan lemak dan kolesterol pada tubuh, sehingga menghindari resiko serangan jantung koroner.

Dari laman Livestrong.com. Ronald Ross Watson, seorang penulis buku "Vegetables, Fruits, and Herbs in Health Promotion" menjelaskan bahwa minyak sereh mengandung senyawa terpenoid seperti geraniol dan citral yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol,

Senyawa ini bekerja untuk menghambat produksi asam mevalonic (sebagai penyebab tingginya kolesterol).

Peradangan kronis bisa mengakibatkan penyakit kardiovaskular, dimana masalah ini dapat dicegah dengan kandungan di dalam minyak sereh. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di India yang diterbitkan dalam jurnal "Food and Chemical Toxicology" edisi Oktober 2010.

Pada sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam jurnal "PPAR Research" edisi Juni 2010. Menyebutkan bahwa kandungan senyawa yang ada di dalam serai mungkin bermanfaat untuk mengatasi permasalahan serius seperti diabetes, obesitas dan kadar kolesterol tinggi.


3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pemeriksaan Tekanan Darah
Pemeriksaan Tekanan Darah | Sumber gambar: 59mdw.af.mil

Menghindari masalah tekanan darah tinggi bisa dibantu dengan mengkonsumsi air rebusan serai, lakukanlah secara rutin, khasiatnya akan menjaga tekanan darah agar normal dan stabil, serta membuat sirkulasi darah bisa berjalan dengan lancar.

Serai mengandung potassium yang tinggi yang kandungan ini bermanfaat dalam mengatasi masalah tekanan darah yang tidak stabil pada tubuh.

Laman Food.ndtv.com menyebutkan serai sebagai formula alami untuk mengatasi dan menormalkan kembali tekanan darah tinggi. Dimana serai kaya akan potasium yang manfaatnya bisa meningkatkan produksi urin di dalam tubuh, yang pada gilirannya hal ini bisa merangsang sirkulasi darah dan juga membantu menurunkan tekanan darah ke tahap normal.

Lancarnya sirkulasi darah sangat penting untuk membantu memurnikan organ. Serai juga bekerja untuk meminimalisir penyerapan kolesterol di usus, sehingga manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan organ jantung secara keseluruhan.

4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan sebuah kondisi kurang optimalnya fungsi pankreas pada tubuh, sehingga kondisi ini memicu masalah diabetes. Konsumsi air rebusan serai bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit diabetes, utamanya jenis diabetes tipe 2.

Meminum air rebusan serai secara rutin bermanfaat agar menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh, guna mencegah terjadinya masalah tinggi gula di dalam darah.

Keberadaan insulin di dalam tubuh sangat penting untuk menghindari penyakit diabetes ini. Produksi insulin ini sangat ditentukan dari baiknya kondisi organ pankreas (kerja atau fungsinya).

Pada laman Sfgate.com menyebutkan bahwa kandungan di dalam serai bisa bermanfaat untuk mengobati secara alami pada penyakit diabetes dan juga penyakit jantung.

Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam "Journal of Ethnopharmacology" pada tahun 2007, studi dilakukan untuk mengetahui dampak pemberian sereh pada tikus percobaan.

Percobaan dilakukan dengan memberikan konsumsi serai sebanyak 125 sampai 500 miligram per kilogram berat badan tikus, pemberian serai dilakukan satu kali dalam sehari.

Setelah 42 hari, hasilnya tikus tersebut mengalami penurunan kadar glukosa, kolesterol dan trigliserida menuju tahap stabil.

Dengan hasil studi tersebut, peneliti mengatakan bahwa mengkonsumsi sereh dapat membantu mengobati atau mencegah diabetes, dan penyakit jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi tingkat efektivitas kandungan di dalam serai pada tubuh manusia.

5. Membantu Menormalkan atau Menurunkan Berat Badan

Turunkan Berat Badan
Turunkan Berat Badan | Sumber gambar: Flickr.com

Kandungan di dalam serai bisa berkhasiat untuk memaksimalkan proses membakar lemak di dalam tubuh. Mengonsumsi air rebusan serai dapat melancarkan proses BAB, hal ini baik untuk mencegah terjadinya obesitas pada tubuh.

Anda bisa merebus serai bersama 400ml air, rebuslah dan biarkan dalam kondisi mendidih hingga hanya tersisa setengahnya saja, setelah itu barulah dikonsumsi.

Lakukan tiga kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya karena justru bisa berdampak buruk.

Demikian juga meminum teh serai juga bermanfaat dalam pencegahan kegemukan, minum teh serai dapat mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Selain itu memiliki efek diuretik yang berrfungsi untuk melancarkan BAB.

Pada sebuah tulisan berjudul “Can You Lose Weight With Lemongrass?” menyebutkan bahwa sereh paling sering digunakan untuk membuat teh atau digunakan sebagai bumbu. Minum teh sereh bisa menggantikan sumber kalori lain, sehingga bagaimanapun hal ini berguna dalam menyukseskan usaha penurunan berat badan.

Selain untuk pencernaan yang lancar, serai juga disebut-sebut membantu menenangkan saraf dan kemungkinan memiliki khasiat antiinflamasi.

Saat meminumnya sebagai teh, maka sereh hanya memberikan asupan sedikit kalori. Minum secangkir teh sereh polos sebelum makan bisa membantu untuk menurunkan berat badan, dimana nafsu makan Anda akan ditekan agar tidak berlebihan nantinya.

Dalam pemanfaatan serai, Anda bisa memotong daunnya dan menambahkannya ke salad atau sayuran. Anda bisa menumis atau membuat sup darinya.

Dalam konsumsi serai ini, beberapa orang telah melaporkan mengalami pusing dan kantuk setelah mengkonsumsi sereh.

Meminumnya terlalu banyak bisa merusak organ hati atau lapisan perut, menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center. Selain itu, hindari minum teh sereh jika sedang hamil. 

loading...

6. Membantu Mengobati Anemia

Penyakit anemia terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Adapun gejalanya yaitu tubuh sering terasa lemas, mudah lelah, lesu, terlihat pucat, kepala mudah pusing, mata berkunang-kunang, dan semacanya.

Mengkonsumsi air rebusan serai bisa membantu Anda untuk meminimalisir dari dampak masalah anemia. Hal itu karena tanaman serai mempunyai kandungan zat besi yang lumayan tinggi.

Pada laman Curejoy.com, menyebutkan bahwa kandungan zat besi berlimpah di dalam serai. Kandungan zat besi ini penting untuk sintesis hemoglobin, itu adalah protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

7. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Khasiat sangat penting dari mengonsumsi serai adalah menurunkan resiko penyakit kanker. Mengonsumsi batang serai yang diseduh (direbus), di dalamnya terkandung senyawa citral. Aroma khas seperti lemon pada serai diyakini sebagai senyawa sitral.

Senyawa ini bekerja untuk membunuh sel-sel rusak pemicu kanker di dalam tubuh. Mengkonsumsi rebusan serai ini bisa Anda lakukan secara teratur (namun jangan berlebihan), sehingga tubuh bisa lebih tercegah dari penyakit kanker.

Pada laman Top10homeremedies.com, menyebutkan sebuah penelitian oleh ilmuwan dari Ben Gurion University di Israel, hasil penelitian menunjukkan bahwa teh sereh dapat membantu melawan penyakit kanker.

Peneliti menyebutkan di dalam serai terdapat kandungan citral, yang bermanfaat untuk melawan sel kanker tanpa merusak sel sehat. Sehingga sel kanker yang tidak nomal ini akan mati.

Untuk membantu proses penyembuhan, sering para pasien kanker di Israel disarankan untuk minum teh sereh segar, ketika para pasien sedang dalam masa-masa perawatan khusus seperti radiasi atau kemoterapi.

Studi lainnya yang diterbitkan pada tahun 2009 di jurnal Fundamentals of Clinical Pharmacology menemukan bahwa citral di dalam serai bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Selain itu, terdapat beberapa sifat antioksidan di dalam serai yang berfungsi sangat penting dalam menurunkan risiko kanker, dengan cara melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Pada laman Sfgate.com, menjelaskan bahwa sebagian besar makanan nabati mengandung senyawa kuat antioksidan, yang berfungsi untuk menghentikan pembentukan radikal bebas pada tubuh, sehingga bermanfaat untuk pencegahan kanker.

Serai mengandung banyak jenis antioksidan, seperti asam caffeic, chlorogenic acid dan isoorientin, yang menangkal serangan radikal bebas.

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, karena penelitian ini dilakukan hanya dengan menggunakan sel darah merah, namun hasil telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi serai yang tepat (mencukupi) bisa membantu menangkal pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

8. Meringankan Gejala Insomnia

Susah Tidur | Sumber gambar: Army.mil

Masalah kesulitan tidur ini terjadi karena berbagai faktor, seperti karena mengonsumsi alkohol, terlalu banyak beban pikiran, dll.

Mengkonsumsi rebusan serai membantu agar meminimalisir gangguan insomnia. Kandungan di dalam serai memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran, sehingga hal ini sedikit-banyak bisa membantu untuk memperbaiki kualitas tidur.

Dari laman Organicfacts.net, menyebutkan bahwa kandungan di dalam serai membantu untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga mendorong seseorang agar bisa tidur dengan nyenyak.

Penelitian telah menunjukkan, bahwa pada teh sereh terdapat sifat sedatif dan hipnosis yang membantu dalam meningkatkan kualitas dan kenyamanan tidur.

9. Membunuh Bakteri Jahat dan Detoksifikasi

Kandungan zat di dalam daun batang serai memiliki sifat sebagai antiseptik. Zat antiseptik ini bekerja di dalam tubuh untuk membunuh bakteri mikroorganisme perusak dan juga jamur, hal ini penting dalam proses detoksifikasi tubuh dan membersihkan darah kotor.

Demikian juga penggunaannya sebagai obat oles, akan juga bermanfaat untuk mengatasi jamur dan bakteri, dimana yang menyebabkan penyakit kulit umumnya adalah bakteri dan jamur.

Laman Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa minum teh serai secara teratur ternyata mampu untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh.

Sereh memiliki sifat diuretik yang bisa menghilangkan atau menghancurkan racun, asam urat dan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Khasiat lainnya juga dapat membantu membersihkan ginjal.

Teh herbal sereh ini juga berkhasiat untuk memberishkan organ hati, ginjal, kandung kemih dan pankreas. Ini menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan atau melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


10. Mengoptimalkan Pembuangan Racun dari dalam Tubuh

Dengan minum rebusan serai atau teh serai maka membantu untuk mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Selain itu akan membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal.

Nantinya racun-racun akan diluruhkan dengan ekskresi ginjal melalui proses urinisasi, adapun racun pada organ hati akan dibuang melalui proses keringat.

Pentingnya proses pembuangan racun ini, juga untuk membuang sisa metabolisme tubuh. Penumpukan sisa metabolisme di dalam tubuh dan zat-zat berlebih yang tidak diperlukan oleh tubuh maka dapat menimbulkan masalah serius bagi kesehatan.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa konsumsi serai membantu membersihkan dan membuang limbah beracun dan berbahaya dari dalam tubuh, ini karena serai memiliki sifat diuretik.

Yang manfaatnya bisa membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal, serta dapat membantu menurunkan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh.

Yang akan dirasakan setelah mengonsumsi air rebusan atau teh serai yaitu akan meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil.

11. Melawan Penyakit Malaria

Nyamuk Malaria
Nyamuk Malaria | Sumber gambar: Pixabay.com

Dari laman Sfgate.com menjelaskan bahwa serai tumbuh banyak di daerah beriklim panas dan tropis, itu merupakan jenis tempat dimana penyakit malaria sering menyerang. Serai mampu memerangi infeksi malaria.

Penyakit malaria ini disebabkan oleh parasit dan ditularkan ke tubuh manusia oleh nyamuk. Jika diabaikan maka penyakit malaria ini bisa menyebabkan kematian.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal obat tanaman internasional "Planta Medica", hasil menunjukkan bahwa minyak esensial yang ditemukan di dalam serai mampu menekan resiko penyakit malaria sebesar 62 sampai 87 persen.

Studi tersebut dengan menggunaan obyek tikus percobaan. Dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui besarnya manfaat yang diperoleh pada manusia.

Laman Sfgate.com menyebutkan bahwa serai bisa memberikan peran yang sangat besar dan penting  kepada orang-orang yang tinggal di daerah terpencil di dunia ini, dimana mereka umumnya tidak menerima pengobatan medis modern untuk pengobatan malaria.

12. Mengatasi Masalah Gangguan Pernafasan

Dari laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa serai digunakan secara luas dalam pengobatan Ayurveda karena kandungannya yang memiliki efek penyembuhan dalam mengobati penyakit batuk dan pilek.

Selain itu, di dalam serai terkandung vitamin C yang memiliki efek penyembuhan, yang membantu mengatasi masalah penyumbatan hidung, flu dan gangguan pernafasan lainnya, seperti asma bronkial dan lainnya.

13. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Minyak Angin

Serai memiliki kandungan senyawa citral. Dan senyawa citral merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak atsiri.

Sehingga rebusan serai bisa dimanfaatkan sebagai minyak angin karena di dalamnya terdapat minyak atsiri yang sangat baik dan berkhasiat untuk mengatasi masalah pernafasan dan meringankan gejala flu. Selain itu, rebusan serai tersebut akan memberikan kehangatan pada tubuh.

14. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Penyakit Flu

Laman Top10homeremedies.com menyebutkan serai memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang membantu dalam mengobati batuk, demam dan gejala flu lainnya. Plus, di dalam serai sarat akan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan minyak sereh untuk menghilangkan rasa sakit pada otot dan persendian, disamping juga memanfaatkannya untuk pengobatan flu dan sakit kepala akibat flu.

Bahkan kandungan di dalam serai berkhasiat secara efektif untuk “mendobrak” lendir dan mengatasi masalah penumpukan dahak, sehingga bermanfaat untuk meringankan masalah pernafasan. Hal ini berguna sekali begi mereka yang menderita bronkitis atau asma.

Anda bisa membuat minuman ramuan dari bahan sereh ini. Caranya:
  1. Pertama-tama rebus beberapa helai sereh segar, dua atau tiga cengkeh, sepotong kecil kayu manis, dan satu sendok teh bubuk kunyit di dalam satu cangkir susu.
  2. Saring dan minumlah ketika rebusan agak mendingin.
  3. Minum sebanyak satu kali dalam sehari. Jangan berlebihan.

Laman Food.ndtv.com menyebutkan bahwa serai memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang membantu untuk mengobati pilek, batuk dan flu. Dan juga kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh.

Rebus beberapa serai segar beserta beberapa cengkeh, sejumput daun kunyit dan teh. Ramuan sederhana ini mampu secara efektif untuk mengobati flu dan batuk, serta dapat menghilangkan lendir.

15. Menjaga Sistem Saraf

Serai yang mengandung magnesium, fosfor dan folat berkhasiat untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Yang hal ini penting dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kemampuan otak untuk memproses informasi.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa sereh telah terbukti menjadi tonik untuk sistem saraf, yang manfaatnya dapat merangsang pikiran, serta juga membantu untuk menghindari munculnya perasaan gugup, kejang, vertigo dan beberapa gangguan neuronal seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Kandungan di dalam sereh juga berkhasiat untuk membantu menenangkan saraf dan juga membantu mencegah timbulnya kecemasan dan stres.

16. Mengurangi Nyeri Radang Sendi

Laman Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa sereh memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakitnya. Sereh membantu mengobati radang sendi, rematik, osteoartritis, asam urat dan beberapa jenis nyeri sendi lainnya.

Dengan sifat anti-inflamasinya ini membantu untuk meminimalisir aktivitas siklooksigenase-2, itu merupakan jenis enzim yang memicu masalah peradangan dan timbulnya rasa sakit, yang umumnya menyerang bagian persendian.

Selain itu, serai juga membantu meredakan kejang otot atau keseleo dengan merilekskan otot.

Anda dapat mencampur minyak sereh dengan minyak kelapa (dengan perbandingan 1: 2), setelah dicampur maka digosokan pada bagian tubuh yang terkena sakit. Kemudian biarkan selama 1 jam atau lebih, setelah itu barulah dibilas. Lakukan satu kali dalam sehari.

Anda juga disarankan untuk minum teh sereh sebanyak dua kali dalam sehari agar memperoleh manfaat terbaik.

17. Untuk Ibu yang Baru Memiliki Anak

Laman Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa serai sangat bermanfaat bagi ibu baru yang sedang menyusui bayinya. Serai memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Selain itu sifat antimikroba dan antibakterinya juga membantu bayi agar dan terbebas dari infeksi sehingga bisa selalu sehat. Ibu menyusui ini bisa minum satu sampai dua cangkir teh sereh dalam sehari.

Hanya saja, jangan berlebihan dalam mengonsumsi teh sereh ini, maksimal dua cangkir teh untuk Ibu menyusui.

Demikian juga konsumsi sereh ini harus dihindari bagi wanita yang selama masa kehamilan.

18. Meredakan Nyeri Haid

Laman Food.ndtv.com menyebutkan bahwa teh sereh baik untuk kesehatan wanita, membantu mengurangi rasa sakit menstruasi karena efek kandungan di dalam sereh yang menenangkan.

19. Menghindari Depresi

Kondisi Depresi
Kondisi Depresi | Sumber gambar: Pexels.com

Laman Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa sereh memiliki sifat antidepresan serai yang membantu mengobati masalah depresi.

Kandungan di dalamnya akan bekerja untuk mengaktifkan pelepasan serotonin yang berfungsi untuk memerangi depresi, kecemasan, meningatkan semangat dan memberikan efek menenangkan.

Anda bisa meminum secangkir teh sereh ketika merasa tertekan atau mood rendah. Teh ini akan membantu Anda tetap tenang.

20. Mengatasi Rematik

Pada laman Organicfacts.net menyebutkan serai efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Selain itu juga bermanfaat dalam mengatasi masalah keseleo dan semacamnya.

21 Untuk Sistem Imun Tubuh

Laman Organicfacts.net menyebutkan serai memiliki manfaat untuk sistem vital tubuh seperti pencernaan, pernapasan, ekskresi dan sistem saraf. Manfaatnya untuk memaksimalkan proses penyerapan nutrisi dan memperkuat mekanisme imun tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memberikan tindakan anti-inflamasi bagi tubuh.

22. Untuk Aromaterapi

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa serai terdiri dari bahan bermanfaat minyak atsiri seperti nerol, sitronelol, dipentene, myrcene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti jamur, insektisida dan antiseptik.

Hal itu membuatnya sering  digunakan dalam aromaterapi, yang membantu menyegarkan tubuh. Efek pendinginannya  bermanfaat bagi tubuh selama cuaca panas, serta bisa meningkatkan semangat dalam jiwa.

23. Mengatasi Masalah Bau Badan

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa serai digunakan dalam pembuatan deodoran karena sifat pembersihan dan antibakterinya, yang ini membantu melawan bau badan dan mencegah infeksi jamur dan bakteri.

Anda bisa menambahkannya ke pemandian kaki untuk membersihkan kaki, sehingga menjadi harum.

24. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Laman Food.ndtv.com menyebutkan bahwa minum teh sereh dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang membuat pencernaan lebih lancar dan mengoptimalkan proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

25. Manfaat Daun Serai Untuk Kulit dan Rambut

Laman Food.ndtv.com menyebutkan bahwa serai merupakan sumber Vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menutrisi kulit dan rambut. Dengan cara memperbaiki sirkulasi darah, membersihkan kulit tubuh, bahkan bisa mengobati jerawat dan eksim.

Pada sebuah tulisan berjudul “The Benefits of Lemongrass for Skin”, menjelaskan bahwa konsumsi serai membantu untuk meringankan berbagai masalah kulit. Serai yang bersifat anti mikroba dan anti bakteri bermanfaat untuk menghambat dampak buruk bakteri atau mikroba pada kulit.

Hal ini juga membantu menghindari masalah infeksi kulit akibat bakteri seperti folikulitis dan selulitis. Serai juga sebagai fungisida yang membantu penyembuhan kulit akibat infeksi jamur.

Ramuan ini juga mampu bertindak dalam membatasi sekresi minyak dan mengencangkan kulit.

Sereh bisa dibuat menjadi teh dengan menggunakan daun serai, baik yang kering maupun yang segar.

Anda juga bisa mengplikasikannya sebagai minyak esensial. Oleskan minyak esensial serai ke area kulit yang mengalami masalah.

Hanya saja minyak esensial sereh hendaknya tidak digunakan oleh orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau mengalami masalah kulit yang parah, karena bisa menyebabkan iritasi.

Sebelum mengoleskan minyak ke kulit, maka uji dahulu sedikit. Apabila Anda tidak melihat reaksi negatifnya dalam 14 jam, maka barulah Anda bisa benar-benar mengoleskannya ke kulit. Hindari penggunaan yang berlebihan.

Sebagai peringatan, pastikan bahan yang Anda beli adalah sereh murni.

Berbagai Cara Konsumsi Serai
Demikian diatas telah disebutkan manfaat-manfaat serai. Umumnya masyarakat mengkonsumsi rebusan serai dengan cara menumbuk batang serai, lalu diseduh menggunakan air panas atau direbus hingga mendidih, setelah itu ditambahkan dengan madu atau gula.

Mengonsumsinya ketika ramuan rebusan serai tersebut masih dala kondisi hangat.

Penggunaan daun serai ini juga biasanya dengan dihancurkan untuk memperoleh aroma lemon, yang akan digunakan untuk membuat wangi masakan. Serai sering digunakan dalam membuat sup, kaldu, kari, saus, salad dan lainnya. Bagian daun, batang dan umbi serai bisa Anda manfaatkan.

Cara Membuat Teh Serai

Teh Serai
Teh Serai | Sumber gambar: Flickr.com

Minum teh serai bermanfaat untuk mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh, menjaga kadar kolesterol normal, mengatasi masalah lemak berlebih, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh serai secara teratur bisa membantu mencegah perkembangan jerawat pada kulit.

Munculnya jerawat akibat serangan bakteri, adapun teh serai memiliki manfaat yang salah satunya sebagai anti-bakteri.

Apabila Anda menambahkan sejumput merica pada campuran teh ini, bermanfaat untuk meringankan masalah mual.

Untuk membuat teh serai, maka siapkan bahan:
  • Beberapa batang serai
  • Air, sebanyak 235 ml
  • Susu (tidak wajib)
  • Gula atau madu (sesuai selera)
  • Saringan

Cara membuatnya:
  1. Kupas dan buang lapisan luar daun. Dimana lapisan luar ini menimbulkan rasa pahit.
  2. Lalu rebus air.
  3. Lalu masukkan serai.
  4. Biarkan air mendidih pada panas api kecil selama dua puluh menit. Tujuannya agar semua saripati dari daun serai bisa terekstrak secara maksimal.
  5. Lalu tambahkan pemanis. Apabila mau, maka Anda bisa menambahkan beberapa sendok susu. Didihkan selama lima menit
  6. Lalu matikan api, saring dalam cangkir dan konsumsi air ramuan selagi hangat.

Untuk menu penyajian lain, Anda bisa menambahkan teh serai dengan es. Tentunya apabila membuat es teh serai, maka tidak perlu menambahkan susu karena akan menimbulkan rasa eneg.

Untuk resep lainnya membuat teh serai, yaitu dengan menggunakan bahan berupa air secukupnya, 2 batang serai, 2 buah teh celup dan 3 sendok makan gula pasir.

Anda hanya perlu merebus batang serai dengan air hingga mendidih, setelah itu masukan teh celup kedalam air rebusan, lalu tambahan gula pasir, setelah itu tinggal aduk rata.

Dalam menyajikannya bisa dalam kondisi hangat maupun dingin (dengan menambahkan es batu ).

Penutup
Anda harus menghindari berlebihan dalam konsumsi teh serai, karena sifatnya yang meningkatkan panas tubuh. Apabila dirasakan efek negatif setelah minum teh serai maka segera hentikan. Jangan minum teh serai selama masa kehamilan.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman