15 Manfaat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan, Khasiat Pengobatan & Lingkungan


Meskipun jenis tanaman ini berasal dari India, tapi pohon yang mempunyai nama ilmiah Ficus elastica ini umum terdapat di negeri kita. Daun karet kebo merupakan sebutan dari bahasa Jawanya. Adapun untuk sebutan bahasa Inggrisnya "Rubber Plants".

Biasanya karet kebo tumbuh di perkarangan yang luas, bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias di rumah.

Karet Kebo memiliki ciri daun yang besar dan lebar, yang daunnya berwarna merah hati saat muda dan berwarna hijau tua saat daunnya dewasa.

Bentuk daunnnya dinilai unik (lebar menyerupai kebo), dengan mempunyai khasiat yang segudang. Banyak yang memanfaatkan daun karet kebo untuk khasiat kesehatan dan obat tradisional.

Yang hebatnya, daun karet kebo juga telah mendunia, dimana telah dikenal di benua Eropa dan China. Daun karet kebo memiliki banyak kandungan senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh. Daun karet kebo juga umum dimanfaatkan masyarakat di India.

Daun Karet Kebo
Gambar: Daun Karet Kebo

Manfaat Daun Karet Kebo

1. Mengatasi Penyakit Stroke
Laman Malangtimes.com menyebutkan bahwa daun karet kebo berkhasiat untuk membantu penyembuhan penyakit stroke, rematik, maag, berbagai bentuk masalah penyakit kulit dan juga membantu proses peredaran darah di dalam tubuh agar lancar.

Sebagai obat, Karet Kebo mempunyai rasa yang pedas dan sifatnya netral, di dalamnya terkandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, flavonoid, dan polifenol.

"Kebo karet sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh dengan dikonsumsi secara rutin. Bahkan diyakini bisa (membantu) menyembuhkan penyakit stroke. Karena itu kami tampilkan dalam lomba olah produk Dinas Pertanian ini," ujar Suliatini yang merupakan orang yang dipilih sebagai duta lomba dari Pagak ini.

Suliatini yang juga rekan-rekannya mencoba untuk mengolah daun karet kebo, agar nantinya berubah menjadi minuman. Dalam lomba ini nantinya minuman akan disajikan bagi tim juri untuk penilaian.

Suliatini menjelaskan bahwa untuk mengolah daun karet kebo adalah hal yang mudah dan sederhana, dimana daun karet kebo pertama-tama dicincang, kemudian dijemur.

Setelah selesai dijemur, Anda bisa memasaknya bersama tiga gelas air yang menggunakan panci tanah liat. Nantinya air rebusan daun karet kebo ini perlu secara rutin untuk diminum.

Tiga gelas air yang sedang direbus tersebut, nantinya dibiarkan saja dalam kondisi mendidih, hingga menjadi tersisa 1,5 gelas, setelah itu baru matikan kompor. Air rebusannya ini bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan stroke.

Selain daunnya memiliki manfaat penting bagi kesehatan, ternyata akar dan batang karet kebo bisa juga dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit.

Akar karet kebo bisa berkhasiat untuk mengobati bisul, maag, rematik sendi dan amenorrhoea sekunder.

Cara mengolahnya adalah pertama-tama cucilah akar hingga bersih, kemudian akar tersebut digiling hingga halus.

Lalu tambahkan sedikit air padanya, kemudian diaduk hingga akhirnya bentuknya menjadi bubur.

Setelah itu, barulah Anda membubuhkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Adapun untuk khasiat pengobatan maag, rematik sendi, dan amenorrhoea sekunder, maka caranya adalah dengan direbus, setelah itu air hasil rebusannya diminum.

Untuk pemanfaatan batangnya, dimana batang karet kebo bisa dijadikan sebagai obat. Untuk melakukannya yaitu dengan cara disadap hingga keluar getahnya, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Mengobati penyakit maag
Manfaat daun karet kebo ini bisa untuk menghilangkan penyakit maag, sehingga tubuh bisa nyaman kembali.

Di dalam daun karet kebo terkandung senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh, khasiatnya untuk menurunkan asam lambung yang sebelumnya naik. Dengan begitu penyakit maag menjadi bisa teratasi, dan tubuh bisa kembali berkativitas seperti biasa dengan lancar.


3. Obat bisul
Khasiat daun karet kebo ini bisa sebagai obat luar, yaitu untuk menyembuhkan bisul. Kandungan di dalam daun ini bekerja untuk membantu kulit agar bisul yang muncul bisa sembuh dengan lebih cepat.

Pada sebuah tulisan yang berjudul “Menguak Kedahsyatan Karet Kebo Menggilas Bisul dan Maag. Seperti Apa?”, disana dijelaskan bahwa karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Pada karet kebo terdapat getah berupa senyawa karet (lateks).

Di dalam akar dan kulit kayu terdapat zat saponin, flavonoid, dan polifenol. Adapun pada daun karet kebo terkandung zat saponin, polifenol, dan tanin. Adapun efek farmakologis yang dimilikinya yaitu bisa berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, serta membantu untuk menghilangkan sakit atau analgentik.

Untuk pengobatan bisul, maka caranya dengan menyiapkan akar karet kebo secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu akar tersebut digiling sampak halus.

Tambahkan sedikit air lalu aduk sampai bentuknya menjadi seperti bubur, lalu bubuhkan pada area yang sakit.

Adapun untuk pengobatan maag, maka caranya: pertama-tama cuci bersih 35 gram akar karet kebo.

Kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Lalu minum air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).

Untuk pengobatan rematik sendi, cara membuat ramuannya yaitu pertama-tama cuci bersih 30-50 gram akar karet kebo, kemudian direbus bersama 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas.

Kemudian tinggal Anda minum air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).

Untuk pengobatan amenorrhoea sekunder, caranya: pertama-tama cuci bersih sebanyak 40 gram akar karet kebo.

Kemudian direbus bersama 2 gelas air hingga akhirnya hanya tersisa 1 gelas saja.

Setelah itu minum air rebusan sebanyak 2 kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).

4. Untuk Membantu Melancarkan haid
Manfaat kandungan di dalam daun karet kebo ini juga ada yang khusus bagi kaum wanita, dimana manfaatnya mampu membantu para wanita untuk melancarkan haidnya.

Tentunya dengan kondisi haid yang lancar sangat penting agar kualitas kesehatan secara umum meningkat, sehingga mencegah timbulnya penyakit. Selain itu, jika terjadi masalah pada kelancaran haid tentunya ini akan memberikan gangguan pada aktivitas para wanita.

5. Sebagai Anti-inflamasi
Khasiat daun yang berbentuk lebar ini juga dapat berfungsi sebagai anti-peradangan. Pemanfaatan daun karet kebo dapat mengatasi masalah radang ditunjang oleh zat alami yang terkandung di dalamnya, yang bersifat anti inflamasi.

Dengan kandungan alaminya ini, daun karet kebo bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami masalah pembengkakan di bagian tubuh tertentu.

Zat-zat anti inflamasi berfungsi untuk mempercepat pemulihan radang kulit. Untuk penggunannya maka cukup mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan bubuk daun Karet Kebo yang telah dihancurkan sebelumnya, pada bagian tubuh yang mengalami sakit. Lalukan hal ini sampai kondisi pulih.

6. Menyehatkan Lambung
Daun karet kebo diyakini berkhasiat untuk menyehatkan lambung. Dimana kandungan di dalamnya bekerja untuk menjaga organ lambung tetap sehat dan berfungsi dengan baik dalam menyerap sari makanan yang dikonsumsi tubuh.

Daun Karet Kebo dipercaya masyarakat dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Sehingga pemanfaatannya bisa sebagai ramuan alami yang menjadikan proses pencernaan menjadi lancar dan bekerja optimal.

Hanya saja, hendaknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya untuk kesehatan lambung, karena bagaimanapun masih belum ada studi ilmiah yang berhasil membuktikan akan manfaatnya ini secara detail.

loading...

7. Mencegah gatal pada kulit
Umumnya terjadinya rasa gatal pada kulit, bisa menyebabkan kulit menjadi cenderung memerah bahkan bisa meradang. Mengatasi hal ini bisa dengan memanfaatkan daun karet kebo.

Penggunaannya bisa bermanfaat untuk membantu menyembuhkan masalah kulit seperti gatal.

Demikian juga masalah seperti bisul dan beragam penyakit kulit lain yang menyebabkan timbulnya gatal dapat dibantu untuk disembuhkan dengan memanfaatkan daun ini.

Daun karet kebo memiliki kandungan zat yang memiliki khasiat untuk mengatasi bengkak dan kemerahan pada kulit.

Untuk menggunakannya, maka Anda hanya perlu menumbuk daun karet kebo hingga halus, setelah itu oleskan pada kulit yang mengalami masalah gatal dan semacamnya. Bahkan manfaatnya juga bisa membantu mengempeskan bisul serta warna kemerahan nantinya bisa memudar.

8. Menghilangkan rasa nyeri
Daun Karet Kebo di dalamnya terdapat sifat zat analgetik, hal ini membuat daun karet kebo sering dijadikan bahan ramuan alami oleh masyarakat guna membantu meringankan atau menghilangkan rasa nyeri, yang terjadi karena luka ataupun peradangan.

Apabila kulit mengalami rasa nyeri, maka cara mengatasinya yaitu dengan membalurkan atau mengoles tumbukan daun karet kebo (sebelumnya dihaluskan).

Adapun untuk mengatasi masalah nyeri pada gigi, maka caranya yaitu dengan menjadikan air rebusan daun karet kebo sebagai obat kumur.

Khasiat daun karet kebo juga membantu untuk menghilangkan rasa nyeri rematik dan juga meringankan nyeri saat haid.

9. Mencegah hipertensi
Tekanan darah tinggi biasanya memberikan gejala berupa munculnya rasa pusing, yang timbulnya bisa secara mendadak, bahkan terkadang bisa menyebabkan terjadinya pingsan.

Masalah seperti hipertensi bisa diminimalkan dengan memanfaatkan daun karet kebo, disamping juga perlu adanya tindakan medis apabila kondisi hipertensi tergolong cukup parah.

Anda bisa meminimalisir dampak buruk dari tekanan darah tinggi dengan metode tradisional ini, kandungan di dalam daun Karet Kebo mampu berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun Karet Kebo ketika muncul gejalanya seperti pusing.

Agar penggunaannya aman, maka Anda bisa mengonsultasikan hal ini ketika berkunjung ke dokter.

10. Melancarkan aliran darah
Khasiat daun ini juga membantu kelancaran aliran darah di dalam tubuh, selain itu juga manfaatnya mampu mencegah terjadinya penyumbatan darah.

Di dalam daun Karet Kebo terkandung zat-zat aktif yang membantu untuk melancarkan aliran darah. Bagi mareka yang mengalami masalah kolesterol tinggi, disarankan untuk mengonsumsi daun ini.

Khasiatnya juga penting dimana mencegah terjadinya penumpukan plak (lemak dan kolesterol) di dalam pembuluh, hal ini berguna agar aliran darah bisa lancar. Lancarnya aliran darah di dalam tubuh juga sangat penting untuk menghindari penyakit jantung.


11. Mengatasi Keputihan
Masalah keputihan ini tidak jarang dikeluhkan oleh para wanita, dimana keputihan sebenarnya adalah hal yang bersifat alamiah, dimana setiap wanita dewasa akan mengalaminya.

Jika keputihan yang muncul menyebabkan suatu gejala yang memberikan masalah, maka hal ini perlu diatasi.

Dimana kondisi keputihan yang tidak normal maka umumnya akan menimbulkan bau tak sedap, dan jumlahnya juga terlalu banyak, selain itu masalah keputihan yang tidak normal bisa menjadi gejala penyakit serius.

Anda perlu mengatasi masalah keputihan tidak normal, salah satunya caranya bisa dengan memanfaatkan bahan alami daun Karet Kebo, yang khasiatnya dipercaya mampu mengurangi keputihan yang berlebihan, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan.

12. Untuk Kesehatan Lingkungan
Pada sebuah tulisan yang berjudul “Information About Rubber Plants & Cleaning the Air” memaparkan tentang manfaat tanaman yang bernama ilmiah Ficus robusta jika ditanam sebagai tanaman hias, dimana tanaman karet kebo ini sangat mudah dirawat.

Manfaatnya ternyata dapat memperbaiki kualitas udara menjadi lebih baik, menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA. Daun karet kebo mampu menyerap bahan kimia berbahaya di udara.

Daun karet kebo menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang menyehatkan untuk bernapas. Selain itu juga menghilangkan bakteri dan spora jamur di udara. Bahkan mampu mengurangi jamur dan bakteri yang ada di ruangan sebanyak 50 atau 60 persen.

Pada tulisan berjudul “The Best Air-Purifying Plants for Your Home”, menyebutkan tentang cara perawatan tanaman karet kebo, dimana Anda bisa meletakan tanamannya di rumah atau ruangan.

Untuk merawatnya maka Anda hanya perlu memberikan air secukupnya supaya tanah bisa tetap lembab. Tanaman ini mampu hidup walaupun kurang mendapatkan sinar matahari.

Anda bisa memangkas daunnya dan bersihkannya supaya terlihat tetap indah. Manfaatnya mampu menghilangkan zat berbahaya seperti karbon monoksida, formaldehid, trichloroetilena dan banyak lagi.

Hanya saja, tanaman karet kebo ini tidak bersahabat bagi kucing dan anjing, sehingga Anda perlu menghindarinya supaya tidak dekat-dekat dengan tanaman ini.

13. Meningkatkan Kualitas Udara Sehingga Tubuh Menjadi Sehat
Pada sebuah tulisan berjudul “Go Green: Health Benefits Of Houseplants”, menyebutkan bahwa studi telah menemukan manfaat memiliki tanaman di rumah yaitu akan memberikan manfaat kesehatan mental dan fisik, karena kualitas udara yang meningkat.

Dengan memiliki tanaman karet kebo yang dijadikan tanaman hias di rumah maka membantu Anda untuk bernafas lebih mudah dan lebih baik kualitas udaranya.

Polutan berbahaya seperti formaldehida, aseton dan benzena bisa muncul dari adanya barang-barang di dalam rumah seperti karpet, asap rokok, cat, dll.

Menurut NASA, tanaman mampu menghilangkan racun di udara, yang mampu membersihkan hingga 87 persen senyawa organik volatil (VOC) di udara. Tanaman ini menjadi penghilang toksin paling efektif.

14. Meringankan gejala alergi dan asma
Manfaat lainnya dari menaruh tanaman ini di rumah, yaitu membantu untuk mengatasi gejala asma dan alergi akibat kualitas udara yang buruk.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia, menemukan bahwa tanaman hias (seperti tanaman karet kebo) dapat membantu meringankan gejala alergi.

Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelembaban dan mengurangi debu di rumah Anda. Studi juga menunjukkan bagaimana dengan adanya tanaman indoor bermanfaat untuk mengurangi batuk, sakit tenggorokan, asma dan gejala dingin lainnya hingga 30 persen.

Tanaman ini mampu melepaskan sekitar 97 persen air yang mereka serap, yang dapat meningkatkan tingkat kelembaban ruangan, sehingga dapat membantu untuk mencegah penyakit pernafasan.

Manfaat lainnya dari kualitas udara yang bersih ini yaitu menjaga fungsi kognitif agar tetap baik. Dengan memiliki tanaman yang menyehatkan udara di rumah bemanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, konsentrasi dan daya ingat, mental dan menghindari stres.

Sebuah studi menunjukkan bahwa siswa bisa 70 persen lebih fokus dan perhatian ketika kelasnya terdapat tanaman yang menyehatkan udara.

Dengan kualitas udara yang bagus dan berkualitas maka akan membantu menjaga kesehatan mental dan suasana hati. Selain itu juga mengurangi stres dan kegelisahan.

Perawatan tanaman ini sangat mudah, anda cukup menyiraminya secara teratur, dan tanaman ini dapat tahan pada udara dingin dan tempat yang kurang pasokan cahaya.

15. Manfaat Lainnya
Beberapa manfaat lainnya dari daun karet kebo yaitu baik untuk kesehatan pencernaan, dapat menyehatkan usus, menyehatkan kulit dan mengatasi masalah pembengkakan.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman