12 Pola Hidup Sehat Yang Harus Anda Terapkan


Betapa banyak penyakit-penyakit yang muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Menurut badan kesehatan dunia (WHO), pola hidup sehat merupakan kondisi dimana fisik, mental dan kesejahteraan sosial bisa terjaga dengan baik, selain juga tubuh yang terbebas dari penyakit-penyakit berbahaya.

Untuk memiliki pola hidup yang sehat maka harus berkomitmen kuat dari hari ke hari. Kuatkan hati untuk berusahalah memperbaiki pola hidup, sehingga nantinya agar tidak melempem di tengah jalan.

Mengubah kebiasaan adalah sesuatu yang membutuhkan usaha dan tekad yang kuat. Tentunya Anda sangat menginginkan agar tubuh bisa sehat dan jiwa berbahagia, maka miliki-lah tekad yang kuat untuk bisa mencapai hal tersebut.

Pola Hidup Sehat

Tips Menjalani Pola Hidup Sehat

1. Aktif Setiap Hari
Agar bisa memiliki pola hidup yang sehat, maka sangat penting agar Anda aktif dalam kehidupan sehari-hari, sehingga setiap waktu Anda terisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Hindari seharian hanya menonton TV ataupun bermain game saja, lakukanlah berbagai kegiatan yang lain, terutama kegiatan yang membuat tubuh selalu bergerak, sehingga secra tidak langsung akan melatih fisik untuk lebih kuat.

Mungkin berkeringat terbayang tidak begitu menyenangkan karena identik dengan suhu ruangan yang panas. Padahal dengan berkeringat setelah melakukan aktivitas fisik akan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Untuk bisa berkeringat maka lakukanlah olahraga pagi secara rutin, Anda bisa melakukan jogging selama 20-30 menit atau berbagai jenis olahraga lainnya. Manfaat dari berkeringat yaitu:
  • Menurunkan berat badan, dimana berkeringat cara yang terbaik untuk membakar kalori.
  • Melakukan aktivitas fisik (terutama olahraga) dapat meredakan stres. Saat berolahraga maka tubuh akan memproduksi hormon “bahagia” di dalam tubuh.
  • Membuang racun dari dalam tubuh, dimana semua zat racun yang berada di dalam tubuh akan dikeluarkan ketika berkeringat. Bagian-bagian tubuh akan dibersihkan dari racun seperti hati, usus, ginjal dan organ vital lainnya.
  • Menyeimbangkan cairan tubuh, dengan cara mengatasi masalah kelebihan natrium atau kalium di dalam tubuh.
  • Membersihkan pori-pori kulit, dimana jerawat dan infeksi kulit terjadi karena pori-pori kulit tersumbat.
  • Meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mempercepat metabolisme tubuh.

Jalani aktivitas padat sehari-hari dengan kondisi tubuh yang fit dan prima. Hindari datangnya rasa lesu di pagi hari yang akan menghancurkan semangat Anda dalam beraktivitas.

Tubuh yang lesu akan merusak produktivitas dan kreativitas Anda. Untuk membuang rasa lesu ini, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Yang pertama, kelilingi diri dengan warna cerah, hal itu karena dengan melihat warna-warna cerah maka bisa membuat adrenalin meningkat, energi tubuh dan jiwa akan muncul, serta rasa kantuk akan lenyap.

Anda disarankan menggunakan sprei dan sarung bantal yang warnanya cerah, selain itu letakkan bunga yang berwarna-warni di sudut kamar Anda, sehingga Anda di pagi hari akan melihat berbagai pemandangan dan tampilan yang cerah, hal ini ternyata bisa membantu Anda agar bisa bersemangat di pagi hari.

Yang kedua, gerakan tubuh atau lakukan olahraga ringan hingga Anda berkeringat, hal ini akan memacu minculnya semangat di dalam jiwa, serta menghilangkan rasa lesu.

Yang ketiga, pastikan Anda sarapan dengan asupan protein yang banyak (mencukupi). Pastikan Anda mengonsumsi asupan makanan yang mengandung protein.

Yang keempat, pastikan Anda tidak begadang, kurang tidur akan menyebabkan Anda tidak bersemagat dan tidak fit di pagi hari.

Yang kelima, bayangkan kegiatan yang bersemangat, awali hari dengan sesuatu yang positif dan dapat membuat semangat bangkit. Bayangkan kegiatan-kegiatan yang membuat Anda bersemangat.

Isi pikiran Anda di pagi hari dengan hal-hal dan kegiatan yang menyenangkan. Berdasarkan penjelasan dari psikolog asal Amerika, yaitu Dana Lightman, Ph.D, bahwa ketika seseorang melakukan suatu hal akan ada bagian otak yang aktif.

Separuh bagian otak ini dapat dibangkitkan dengan membayangkan hal-hal yang bisa memacu semangat.

Dengan membayangkan sesuatu yang membuat bersemangat, maka berarti hal ini menjadikan separuh bagian otak sudah lebih dulu bekerja untuk membangkitkan energi postif.

Dan kemudian, Saat kita benar-benar melakukan hal yang dibayangkan tersebut, maka tingkat energi dan semangat jiwa akan bertambah lagi. Alhasil semangat untuk menjalankan aktivitas menjadi berlipat ganda.

2. Perbaiki Kualitas Tidur, Pastikan Anda Tidur Nyenyak Setiap Malam
Agar pola hidup yang Anda jalani sehat, maka pastikan Anda memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas. Kualitas tidur malam yang baik, sangat penting agar Anda bisa segar dan fit keesokan harinya.

Kurang tidur menyebabkan daya pikir dan daya ingat melemah. Apabila kualitas tidur seseorang buruk serta mengalami kurang tidur dalam jangka waktu lama, maka beresiko terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Beberapa masalah lainnya dari kualitas tidur yang buruk adalah membuat seseorang murung, tidak bersemangat, beresiko terkena obesitas, dan rentan terhadap serangan penyakit seperti flu dan demam.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang berkualitas sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak, berikut tips-tipsnya:
  • Pastikan Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup dalam setiap harinya, jangan melulu berada di depan komputer atau laptop. Aktivitas fisik yang cukup akan membantu Anda agar bisa cepat tidur di malam hari.
  • Hindari kebiasaan suka begadang. Begadang akan membuat Anda lemas dan tidak bersemangat di keesokan hari.
  • Hindari Anda hari ini tidur jam 9 malam, keesokan harinya tidur jam 12 malam bahkan lebih. Keteraturan tidur bermanfaat agar metabolisme tubuh anda berjalan dengan baik.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur. Jangan konsumsi nasi terlalu banyak saat makan malam.
  • Matikan komputer dan laptop Anda satu jam sebelum tidur. Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur sehabis menggunakan komputer. Sesaat sebelum tidur maka buatlah pikiran dan tubuh Anda rileks, adapun mengoperasikan komputer akan membuat otak ‘panas’.
  • Tidurlah dalam kondisi gelap yaitu mematikan lampu kamar Anda. Umumnya ahli kesehatan merekomendasikan agar mematikan lampu saat tidur di dalam hari. Tidur dalam keadaan gelap akan membuat tidur Anda menjadi berkualitas tinggi. Kondisi gelap juga akan membuat tidur menjadi nyenyak.
  • Pastikan kasur tempat tidur Anda masih nyaman digunakan. Jika kasur sudah terlalu tua maka disarankan untuk diganti.

Dengan memiliki tidur yang berkualitas dan nyenyak bermanfaat agar Anda bisa segar di pagi harinya, memori meningkat, konsentrasi terjaga dengan baik, pikiran bisa lebih kreatif, terhindar dari stres, dan jiwa lebih tenang.


3. Jadikan Air Putih Sebagai Minuman Utama

Minum Air Putih
Sumber gambar: Torange.biz

Minum air putih yang cukup dalam setiap harinya adalah sebuah kewajiban, kalau tidak maka akan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan.

Air putih tidak cuma bermanfaat untuk mencegah dehidrasi tubuh, tetapi terdapat segudang manfaat di dalamnya. Minuman jenis lain seperti soft drink, memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kegemukan, sehingga tidak sehat.

Adapun air putih bebas kalori dan gula, menjadi minuman paling sehat dan paling bermanfaat bagi kesehatan tubuh, cukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum air putih.

Berikut manfaat minum air putih bagi kesehatan:
  • Mengoptimalkan proses pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan tubuh dan zat racun melalui proses keringat, urine (buang air kecil) dan buang air besar.
  • Menjaga kadar cairan tubuh, hal ini penting untuk menghindari gangguan pada fungsi ginjal, pencernaan dan penyerapan makanan.
  • Melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. 
  • Menjaga suhu tubuh yang normal.
  • Minum air putih mampu mencegah peningkatan berat badan (obesitas).
  • Menjaga kesehatan dan kesegaran kulit.

Dengan begitu, kekurangan minum air putih akan memberikan dampak serius bagi kesehatan.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami kekurangan cairan, maka tanda-tandanya adalah muncul sakit kepala, sulit berkonsentrasi, daya ingat melemah, terasa lesu, merasa kurang berenergi, dan warna urine tidak bening, bahkan warnanya bisa pekat.

4. Pastikan Anda Setiap Hari Mengonsumsi Sayuran dan Buah
Usahakan agar Anda setiap hari bisa mengonsumsi buah dan sayuran, manfaatnya mampu melindungi sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat. Senyawa antioksidan yang banyak terkandung di dalam sanyuran dan buah memiliki banyak manfaat.

Kandungan antioksidan bermanfaat untuk mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi ini merupakan suatu reaksi kimia berbahaya yang bisa menimbulkan terjadinya serangan radikal bebas, dampaknya bisa merusak sel, bahkan bisa memicu kanker.

Konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan serat bermanfaat untuk menghindari kegemukan, dimana kandungan serat bisa membuat seseorang kenyang lebih tahan lama, hal ini penting untuk mencegah makan berlebih.

Tingginya kandungan serat juga bermanfaat untuk kelancaran proses metabolisme tubuh, dan proses BAB (buang air besar) bisa berjalan dengan lancar.

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalam sayuran dan buah bermanfaat sangat penting. Kandungan vitamin dan mineral penting tersebut berupa vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium magnesium, seng, fosfor, dan asam folat.

Kandungan-kandungan tersebut sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, serta bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Seperti kandungan kalium yang banyak terdapat di dalam buah pisang, memiliki manfaat yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga massa tulang, dan mencegah batu ginjal.

Kandungan serat dalam sayur dan buah juga bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit sistem pencernaan.

Kandungan serat bekerja untuk melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan mengontrol kestabilan kadar gula darah.

Bermacam-macam warna yang terdapat pada sayur dan buah ternyata memiliki tanda manfaat masing-masing, yaitu:
  1. Sayur dan buah berwarna hijau (seperti brokoli, bayam, kale) memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit mata terkait usia, seperti katarak.
  2. Sayur dan buah berwarna merah (seperti semangka, tomat) di dalamnya terdapat kandungan likopen yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit jantung dan kanker kanker prostat.
  3. Sayur dan buah berwarna biru dan ungu (seperti bluberry dan terong) di dalamnya memiliki asupan antosianin yang bermanfaat untuk membantu pencegahan penyakit kanker.
  4. Sayur dan buah berwarna putih (seperti kembang kol) memiliki kandungan sulforaphane.

5. Bersyukur Agar Hidup Sehat
Hati yang dipenuhi dengan rasa iri, dengki, kecewa berlebihan, dendam, tidak perasa puas dengan nikmat yang diperoleh, dan semacamnya, itu semua merupakan cermin dari hati yang mengalami sakit, yang dampaknya akan menghilangkan rasa syukur dari diri seseorang.

Hati yang tidak ikhlas dan rela dengan apa yang telah terjadi, maka bukannya kebahagiaan yang diperoleh justru penyakit hati akan berdatangan satu per satu, yang membuat jiwa menjadi sempit dan sengsara.

Hati yang bermasalah bisa memicu penyakit fisik, hal itu karena umumnya segala jenis penyakit fisik bermula dari hati yang sakit, kotor dan bermasalah.

Agar hidup Anda bahagia dan sehat maka milikilah dada yang senantiasa lapang, jika membiarkan dada terus dalam keadaan sempit maka bisa membuat hidup menjadi sengsara.

Bersyukur sangat penting agar membuat dada bisa selalu lapang dan bahagia. Betapa banyak orang-orang yang tidak seberuntung Anda, maka jadikan hal itu untuk bersyukur.

Bersyukur dengan apa yang telah dimiliki akan membuat jiwa menjadi tenang, hindari terlalu sering melihat orang yang diatas Anda karena membuat Anda sulit bersyukur. Melihat keatas jika dalam hal untuk memotivasi diri saja untuk bekerja keras.

Ketenangan dan kebahagiaan yang selalu Anda miliki dalam setiap waktu, ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan karena seluruh sel-sel tubuh bisa berfungsi lebih baik sesuai dengan kondisi suasana hati.

loading...

6. Jaga Hubungan Sosial Anda

Jaga Hubungan Sosial
Sumber gambar: Wikimedia.org

Hidup sehat bukan saja mengenai diet, makanan dan olahraga, tetapi juga mencangkup baiknya hubungan dan pergaulan dengan keluarga, teman-teman dan lingkungan secara umum.

DeWall, psikolog sosial University of Kentucky, memberikan kiat untuk bisa memperluas jaringan sosial Anda, yaitu carilah orang-orang yang seperti Anda sehingga cocok bergaul dengan Anda.

Mereka tidak harus sesuai dengan keinginan Anda, namun pastikan teman yang Anda cari nantinya bisa saling memiliki keterbukaan yang serupa dengan Anda.

Anda bisa mencari teman yang memiliki hobi sama dan semacamnya, sehingga ini akan membuat Anda nyaman dalam bergaul dengannya, Anda bisa saling bertukar pikiran dengannya yang memjadikan hubungan pertemanan Anda bermanfaat.

Dengan begitu, kunci hidup sehat bukan hanya mengenai rutin olahraga, tetapi faktor ikatan sosial yang kuat adalah hal yang sangat penting. Kurang bergaul dengna masyarakat dinilai bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Profesor Kathleen Mullan Harris dari University of North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa perlu kiranya para pemuda untuk membangun keterampilan sosial yang bagus.

Dimana seseorang bisa lebih panjang umur ketika mempunyai hubungan sosial yang baik. Dengan menjaga dan memiliki pergaulan yang baik, maka manfaatnya baik untuk kesehatan mental maupun fisik.

Para peneliti di Universitas Chicago menjelaskan bahwa berlarut-larut dalam kesepian bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, yang mengakibatkan tubuh mudah sakit.

7. Ketahui Kondisi Kesehatan Sedini Mungkin
Dari survei yang pernah dilakukan, diketahui bahwa umumnya orang baru akan mengubah pola hidupnya setelah mengalami sakit. Ini sebuah kesalahan, maka hindari hal seperti ini.

Hendaknya Anda peka untuk mengetahui kondisi tubuh saat ini, jika ada yang tidak beres maka jangan ragu untuk memeriksakan diri, hal ini penting untuk mencegah sakit benar-benar muncul.

8. Cegah Timbulnya Stres di dalam Diri
Rutinitas kerja berangkat pagi dan malam harinya baru pulang ke rumah bisa memicu stres, apalagi jika pekerjaan di kantor sangat menumpuk.

Apabila Anda dalam kondisi seperti ini, maka penting untuk bisa memanajemen stres dengan baik, karena jika tidak bisa mengakibatkan terjadinya depresi.

Jangan memaksakan diri untuk terus lembur bekerja, sesekali cobalah minta kepada bos agar Anda tidak melakukan lembur, sehingga Anda pada sore hari bisa pulang ke rumah, dan bercengkrama dengan anak-anak, tentunya hal ini sangat menyenangkan.

Adapun jika setiap hari terus-terusan bekerja dari pagi sampai malam, maka hal ini bisa mengakibatkan Anda terkena stres dan depresi.

Untuk menghindari stres, maka jalani hobi Anda. Hobi akan menjadi hiburan tersendiri yang membuat Anda senang, selain itu cobalah sesekali lakukan rekreasi ke tempat yang tenang dan hijau, seperti pedesaan, daerah pegunungan, taman kota, dan sebagainya.


9. Buang Semua Kebiasaan Buruk

Dilarang Merokok
Sumber gambar: Pixabay.com

Agar Anda bisa hidup sehat maka hindari semua kebiasaan buruk. Hindari yang namanya merokok, minum alkohol, terlalu banyak mengonsumsi makanan /minuman manis, berlemak, tinggi kandungan minyak, junk food dan makanan instan.

Buang semua kebiasaan buruk dan pelihara kebiasaan-kebiasaan baik, berikut di bawah ini dipaparkan poin-poninya:
  • Pastikan Anda melakukan sarapan setiap hari, karena melewatkan waktu sarapan akan membuat Anda lemas, tidk bersemangat dan cenderung makan lebih banyak.
  • Hindari begadang hingga larut malam untuk sekedar menonton TV maupun mengerjakan tugas.
  • Hindari terlalu sering menonton televisi, karena bahayanya bisa memicu resiko serangan jantung, stroke, kerusakan mata dan obesitas.
  • Hindari menggunakan sepatu hak tinggi karena bisa menyebabkan masalah persendian, sakit pinggang dan lainnya.
  • Hindari kebiasaan makan camilan tidak sehat, yang bisa memicu penyakit diabetes, jantung dan lambung.
  • Hindari kebiasaan menggigit kuku karena bisa menimbulkan potensi penyebaran kuman ke mulut.
  • Hindari menggunakan ponsel, tablet dan laptop di atas kasur sebelum tidur.
  • Hindari merokok, ganti rokok Anda dengan permen.
  • Hindari duduk bersama orang yang sedang merokok, papasan asap rokok sangat tidak hehat, yang berdampak sangat buruk bagi organ jantung.
  • Hindari terlalu sering merasa kesepian atau sedih berkepanjangan, karena dampaknya bis buruk bagi kesehatan tubuh.

10. Rajinlah Menjaga Kebersihan Lingkungan
Membiarkan lingkungan tempat Anda kotor maka sama saja dengan membiarkan berkembangnya bakteri dan virus penyebab penyakit. Sangat penting untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin, terutama bersihkan tempat-tempat yang Anda sering berada disana (termasuk kamar tidur), bersihkan debu, plastik yang berserakan dan hal-hal lainnya yang perlu dibersihkan..

Selain itu, rapihkan juga ruangan agar tidak berantakan dan enak dipandang. Anda juga harus menJaga kebersihan diri sendiri, lakukan mandi secara teratur, rajin cuci tangan dan hal-hal penting lainnya.

11. Milikilah Jiwa yang Penuh Rasa Optimis dan Percaya Diri
Memiliki jiwa yang optimis adalah hal yang sangat penting untuk bisa menggapai kesuksesan hidup. Orang yang optimis akan mempunyai peluang sukses yang lebih besar, karena orang yang optimis memiliki motivasi yang kuat, tidak melempem.

Orang yang optimis, maka dirinya selalu mampu untuk mengambil pelajaran dari berbagai kejadian buruk di dalam hidupnya.

Hendaknya kejadian buruk bukan untuk disesali karena tidak ada gunanya, hendaknya Anda melakukan analisa terhadap kegagalan dan hal-hal buruk yang terjadi, sehingga Anda bisa mengambil pelajaran darinya, serta menambah pengalaman dan kematangan Anda.

Untuk memiliki jiwa yang optimis maka buanglah sifat suka mengeluh, hindari bergaul dengan orang-orang yang hobinya mengeluh, sebaliknya bergaulah dengan orang-orang yang bermental baja dan memiliki percaya diri yang tinggi.

Orang yang optimis dan percaya diri umumnya memiliki kesehatan tubuh yang baik di dalam hidupnya.

12. Tipa Sehat dalam Agama Islam
Nabi Muhammad cepat tidur dan cepat bangun, agama Islam tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal inilah yang melatarbelakangi Rosulullah tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Tidur cepat dan bangun sebelum waktu shubuh sangat sehat. Oleh karena itu, usahakan agar Anda tidur sebelum jam pukul 21.00, lalu bangunlah jam 03.30 atau 04.00. Gunakan waktu tersebut untuk sholat malam hingga waktu shubuh tiba.

Dalam Islam hendaknya seseorang tidak pemarah. Rasulullah pernah menasihati sahabatnya “Jangan marah”sebanyak tiga kali.

Sehingga dibalik pentingnya kekuatan jasad, ternyata lebih penting lagi kebersihan jiwa sehingga tidak mudah marah pada orang lain, hal ini ternyata telah terbukti menyehatkan tubuh.

Umat Islam dianjurkan untuk berbekam, oleh karena itu carilah orang yang bisa terapi bekam, karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman