23 Cara Mengatasi Rambut Keriting & Bergelombang (Agar Lurus)


Sebenarnya pada masing-masing rambut setiap orang memiliki keunikan tersendiri, dimana ada orang yang memiliki rambut yang lurus, ikal, bergelombang dan keriting.

Memiliki rambut yang keriting sebenarnya bukanlah sebuah kekurangan, karena rambut keriting juga bisa terlihat indah, tergantung rajinnya dalam merawat rambut.

Penyebab yang memicu rambut keriting dan bergelombang:
  • Lingkungan yang banyak polusi dan kotor.
  • Posisi kepala saat tidur yang memicu rambut menjadi keriting.
  • Terlalu sering melakukan ribonding, catok dan smoting.
  • Terlalu sering menggunakan topi atau penutup kepala lainnya.
  • Malas merawat rambut.
  • Faktor keturunan (kalau faktor ini tidak dapat dicegah)

Cara Mengatasi Rambut Keriting

Anda sebenarnya masih bisa mengusahakan agar rambut keriting sedikit demi sedikit bisa menjadi lurus. Jangan memaksakan diri merogoh banyak uang untuk menjalani perawatan rambut lurus, karena biayanya yang cukup mahal.

Anda masih bisa berupaya meluruskan rambut keriting dengan cara yang alami, yang biayanya murah dan lebih aman. Langsung saja hal ini akan dibahas di bawah.

1. Jaga Selalu Kelembaban Rambut Anda dengan Baik
Dalam rangka menjaga kelembaban alami rambut, maka hendaknya Anda tidak berlebihan dalam mencuci rambut dengan shampoo berbahan kimia.

Penggunaan shampo memang diperlukan, akan tetapi jika penggunaannya berlebihan bisa memberikan dampak negatif bagi rambut.

Bahan kimia yang terkandung di dalam shampo tidaklah terlalu bersahabat dengan kesehatan rambut.

Nah untuk itu, Anda juga bisa menggunakan pembersih rambut alami, seperti dengan menggunakan baking soda yang kegunaannya mampu menghilangkan ketombe pada akar rambut.

Sehingga nantinya baking soda digunakan layaknya shampo, yaitu digunakan seperti keramas biasa.

Setelah dibilas, maka Anda juga bisa membasahi rambut dengan perasan jeruk nipis ataupun lemon, kegunaannya untuk menutrisi rambut, serta membuat rambut bisa menjadi lebih lembut, rapih dan sehat.

Untuk menjaga kelembaban rambut agar tetap baik, maka hindari terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari langsung, yang menyebabkan rambut kekeringan dan menjadi tidak indah, Hal ini juga bisa berkontribusi memicu keriting pada rambut.

2. Manfaatkan Buah Pisang
Selain bisa diknosumsi langsung, yang buah pisang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda juga bisa memanfaatkan buah pisang untuk membantu meluruskan rambut keriting dan bergelombang, serta menutrisi rambut. Caranya:
  1. Pertama-tama siapkan buah pisang dalam keadaan benyek.
  2. Siapkan juga 2 sdm madu.
  3. Haluskan pisang menggunakan blender.
  4. Kemudian, campurkan pisang (yang sebelumnya sudah dihaluskan) dengan 2 sdm madu. 
  5. Setelah itu, kedua bahan tersebut diaduk sampai merata.
  6. Setelah selesai mengaduk, maka saatnya untuk mengoleskannya pada seluruh bagian rambut (termasuk kulit kepala).
  7. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 1 jam.
  8. Kemudian barulah bersihkan rambut menggunakan air bersih.
  9. Setelah itu, Anda bisa mengunakan shampo untuk membilas rambut.

Perawatan ini hendaknya dilakukan secara rutin seminggu sekali.


3. Biasakan Mengeringkan Rambut Secara Alami
Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut setelah keramas, hal itu karena dampaknya yang bisa menyebabkan rambut keriting menjadi semakin terlihat mengembang. Hal ini juga membuat ujung rambut menajadi bercabang, serta rambut akan cenderung kering.

Sebagai saran, setelah Anda mencuci rambut cobalah membungkus rambut menggunakan handuk, hal ini agar air pada rambut bisa terserap dengan cepat.

Anda juga bisa mengeringkan rambut dengan cara dikipas-kipas atau dianginkan. Dengan mengeringkan secara alami ini maka mencegah rambut menjadi mudah kering, mengembang dan tidak tertata.

Dengan cara alami ini, maka jangan biasakan untuk sering menggunakan alat hairdryer yang penggunaannya bisa beresiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan keindahan rambut.

4. Buah Pepaya
Kandungai di dalam buah pepaya bisa membantu untuk menutrisi rambut dan meluruskan rambut secara alami. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama siapkan pepaya matang dan madu.
  2. Lalu haluskan pepaya memakai blender.
  3. Lalu Anda campurkan sedikit madu pada pepaya yang telah dihaluskan tersebut.
  4. Lalu aduk keduanya hingga merata.
  5. Setelah selesai mengaduk, maka saatnya untuk mengoleskan pada bagian seluruh rambut, termasuk kulit kepala.
  6. Setelah selesai mengoleskan, maka birkan 1 jam dalam kondisi demikian, hal ini agar kandungannya meresap. 
  7. Setelah itu barulah membilas rambut menggunakan air bersih.
  8. Lalu pakailah shampo untuk membilas rambut.

Perawatan dengan bahan pepaya dan madu ini hendaknya dilakukan secara rutin seminggu sekali.

5. Hindari Mengacak Rambut
Mengacak rambut merupakan kebiasaan yang buruk, terutama bagi mereka yang memiliki rambut keriting. Hal ini karena dampaknya menyebabkan rambut menjadi terlihat berantakan dan terlihat tidak enak.

Apabila Anda memang sangat ingin menata rambut ikal dengan model acak, maka cobalah mencari tutorialnya di internet, sehingga penataan rambut model acak yang dilakukan bisa dilakukan dengan benar.

6. Jeruk Nipis dan Santan
Kedua bahan alami ini dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut keriting menjadi lurus dan juga bisa menghaluskan rambut, berikut langkah-langkahnya:
  1. Siapkan satu cangkir santan dan dua sdm air perasan jeruk nipis.
  2. Lalu campurkan 1 cangkir santan kelapa dan 2 sdm air perasan jeruk nipis tersebut, di dalam atu wadah.
  3. Lalu aduk keduanya hingga tercampur rata.
  4. Lalu simpan di dalam kulkas, hingga masker rambut mengental.
  5. Setelah kental, maka aplikasikan (balurkan) masker rambut alami tersebut pada semua bagian rambut.
  6. Setelah selesai mengaplikasikan masker, lalu sisir rambut Anda hingga rapi.
  7. Lalu bungkus rambut menggunakan shower cap supaya tidak ada udara yang masuk dan mengenai rambut.
  8. Biarkan selama beberapa menit, kemudian shower cap dan bersihkan rambut menggunakan air bersih.

Disarankan untuk melakukan perawatan ini setiap hari, hingga nantinya terlhiat manfaatnya.

loading...

7. Lindungi Rambut
Agar dapat mencegah rambut keriting menjadi kering, ketika berenang pakai topi renang khusus yang berguna untuk melindungi rambut dari cairan desinfektan yang terdapat di dalam kolam renang.

Cairan desinfektan bekerja untuk mematikan kuman, yang bisa berdampak negatif bagi rambut, yaitu bisa membuat rambut menjadi kekeringan.

Selain itu, ketika Anda berada atau beraktifitas di luar ruangan maka hendaknya melindungi rambut dari paparan sinar matahari, Anda disarankan menggunakan topi atau penutup dari kain.

Hal-hal sederhana seperti ini perlu diperhatikan agar rambut Anda bisa selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari masalah kekeringan.

8. Minyak Zaitun
Telah banyak diketahui bahwa minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat luar biasa, bahkan minyak sehat yang satu ini diyakini bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Hal itu karena penduduk yang berada di dataran Mediterania ternyata mempunyai jumlah penderita serangan jantung yang presentasenya paling rendah. Penduduk di dataran mediterania secara umum menggunakan minyak zaitun.

Kandungan di dalam minyak zaitun juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, serta dapat meluruskan rambut. Dengan menggunakannya secara rutin, juga bermanfaat agar rambut Anda bisa menjadi lebih hitam dan ternutrisi dengan baik. Berikut caranya:
  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  2. Setelah itu panaskan minyak zaitun beberapa menit, jangan sampai mendidih (sebentar saja). Lalu matikan api.
  3. Kemudian tambahkan secangkir daun rosemary kering yang sebelumnya diremas-remas halus, tunggu hingga minyak mendingin.
  4. Setelah mendingin, maka aplikasikan masker rambut alami ini pada rambut secara merata.
  5. Anda bisa mengaplikasikan masker rambut sambil memijat, setelah itu diamkan 30 menit agar kandungan meresap sempurna.
  6. Setelah itu barulah membersihkan rambut menggunakan air bersih, kemudian keramas.

Sebagai catatan, apabila Anda ingin mengeringkan rambut, maka hendaknya dilakukan secara alami yaitu dengan menutup rambut menggunakan handuk hangat, sehingga biarkan rambut mengering secara alami.

9. Berhati-hati pada Kandungan Shampo
Sheri Harbinger mengatakan “hendaknya menghindari penggunaan sampo biasa”. Sheri Harbinger adalah seorang VP Education of DevaCurl, produsen produk perawatan rambut ikal.

Hal itu karena shampo biasa memiliki kandungan sulfat, yang merupakan bahan detergen penghasil busa, dampaknya bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

Padahal rambut yang bersifat keriting dan ikal pada dasarnya telah kering, sehingga penggunaan bahan sulfat pada rambut ini bisa membuat rambut cenderung rapuh.

Shari memberikan rekomendasi untuk menggunakan shampo bebas sulfat (sulfate free) yang kemudian diikuti dengan penggunaan kondisioner. Produk Shampo yang bebas sulfat tidak berbusa, serta tidak menyebabkan rambut menjadi cenderung kering.

Selain itu, setelah melakukan keramas maka hindari menggosok-gosok rambut menggunakan handuk secara keras supaya tekstur ikal tidak berantakan.

Anda bisa melakukannya dengan menekan-nekankan handuk secara lembut pada rambut yang basah untuk menyerap air di rambut.

10. Pepaya dan Pisang
Saat ini sudah banyak bermunculan produk masker pelurus rambut yang dibuat dari bahan dasar pepaya dan pisang. Manfaatkan bahan alami ini di rumah, yang harga buah ini sangat mudah. Kandungan di dalamnya memiliki beragam nutrisi yang sangat penting. Untuk penggunaannya pada rambut, caranya:
  1. Pertama-tama sediakan mangkuk berukuran sedang yang telah dibersihkan sebelumnya.
  2. Kemudian ambil daging pepaya dan pisang secukupnya saja, letakan ke dalam mangkuk.
  3. Kemudian campurkan dan tumbuk keduanya.
  4. Kemudian remas-remas sampai hingga nantinya berbentuk masker. 
  5. Jika Anda rasa bentuknya terlalu pekat, maka Anda dapat menambahkan sedikit air hangat.
  6. Tambahkan beberapa sendok makan madu. 
  7. Kemudian masker rambut alami ini siap digunakan, aplikasikan pada semua bagian rambut
  8. Setelah selesai mengaplikasikan masker rambut ini, maka biarkan selama 30 menit.
  9. Setelah itu barulah membilas dengan menggunakan air bersih.
  10. Lakukan keramas rambut.
  11. Hindari mengeringkan rambut dengan menggosokan handuk secara keras pada rambut.
  12. Selesai.

11. Hindari Terlalu Sering Menyisir Rambut
Sering menyisir rambut dikhawatirkan nantinya rambut menjadi mengembang dan sulit ditata. Hindari dari terlalu sering menyisir atau menyikat rambut ikal.

Nah, agar bisa menghindari kusut, maka Anda bisa menggunakan jari-jari tangan untuk menyisir rambut. Atau Anda bisa menyisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang, yang tidak terlalu memberikan dampak buruk.

Utamanya lagi hindari sering menyisir rambut ketika rambut masih basah. Selain itu, dalam mengeringkan rambut maka biasakan mengeringkan rambut secara alami.


12. Manfaatkan Gel Lidah Buaya
Lidah buaya sudah umum diketahui bermanfaat bagi rambut. Selain memiliki banyak nutrisi bermanfaat untuk rambut, gel lidah buaya juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti bisa dijadikan obat herbal dan lainnya.

Untuk penggunaan lidah buaya pada rambut agar membantu meluruskan rambut, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama patahkan satu batang lidah buaya yang masih segar, gunakan lidah buaya yang baru saja dipetik.
  2. Setelah itu potong, dan ambilah gel yang ada di dalam lidah buaya tersebut.
  3. Kemudian, panaskan gel lidah buaya tersebut beberapa menit saja.
  4. Setelah itu, tunggu hingga mendingin.
  5. Lalu, barulah mengaplikasikannya (mengoles) secara merata ke semua bagian kulit kepala dan rambut.
  6. Biarkan selama beberapa saat, hingga nutrisi dari gel lidah buaya terserap habis.
  7. Kemudian barulah bilas rambut hingga bersih kembali. Lakukan secara rutin.

13. Hindari atau Batasi Penggunakan Hairdryer
Hembusan angin yang keluar dari hairdryer ternyata jika terlalu sering terkena rambut dapat menyebabkan tekstur rambut (terutama rambut keriting dan ikal) bisa menjadi mengembang berantakan.

Akan tetapi, apabila Anda ingin memakai hairdryer, maka gunakan diffuser (yang bentuknya berupa corong yang dipasang di mulut hairdryer). Kegunaan alat tambahan ini adalah agar angin yang keluar dari hairdryer bisa menjadi lebih lembut, sehingga tekstur tambut tetap terjaga dengan baik.

14. Minyak Katsor
Mungkin Anda kurang familiar dengan nama minyak katsor. Sebenarnya minyak ini sama dengan minyak jarak, hanya memang pada beberapa daerah disebut sebagai katsor.

Kegunaan dari kandungan minyak katsor adalah dapat membantu agar rambut bisa lurus tanpa perlu dilakukan rebonding, selain juga terdapat banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Cara pemanfaatannya:
  1. Pertama-tama panaskan minyak jarak sebentar saja.
  2. Setelah itu, tunggu minyak agar tidak teralu panas, setelah itu baru dioleskan secara merata ke semua bagian kulit kepala.
  3. Anda bisa mengoleskan sambi memberikan pijatan lembut.
  4. Setelah itu, bungkus kepala menggunakan handuk hangat (handuk sebelumnya direndam dengan air panas).
  5. Tunggu sekitar 30 menit, kemudian barulah membilas menggunakan air bersih.

Kandungan di dalam minyak biji jarak ini bermanfaat untuk membantu meluruskan rambut secara alami.

15. Hindari Produk Tata Rambut Yang Mengandung Silikon
Kebiasaan untuk menambahan bahan silikon pada produk tata rambut, walaupun dapat menjadikan rambut terlihat mengilap, akan tetapi melakukan hal seperti ini tidak dianjurkan.

Hal itu karena bahan silikon bisa menutup lapisan luar rambut, yang dampaknya adalah kelembapan tidak bisa menembus sampai ke korteks rambu, sehinga kondisi rambut akan menjadi cenderung kering.

Hendaknya untuk kemanaan, maka mulai dari sekarang Anda perlu mempelajari kandungan bahan yang terdapat di dalam produk rambut.

Sebagai pengetahuan, apabila pada suatu produk yang Anda lihat pada labelnya, disana tertulis suatu bahan yang namanya memiliki kata cone (seperti dimethicone dam silicone), siloxane (seperti cyclopentasiloxane) dan conol (seperti dimethiconol), hal itu menunjukan bahwa produk tersebut memiliki kandungan silikon.

16. Susu
Dari laman Top10homeremedies.com, susu sudah dikenal memiliki khasiat pelembab yang bisa membantu untuk meluruskan rambut.

Selain itu, di dalam susu terkandung protein yang bermanfaat untuk memperkuat poros rambut, sehingga menjadikan rambut halus dan bebas keriting. Cara membuat ramuannya:
  1. Campurkan minuman satu gelas susu dengan setengah cangkir air. 
  2. Lalu campuran tersebut disemprotkan secara merata di rambut hingga akar rambut. 
  3. Supaya hasilnya maksimal maka diamkan selama 1 jam lalu sisir menggunakan sisir yang renggang. 
  4. Lalu bilas rambut menggunakan air bersih. Sekalian melakukan keramas. 
  5. Lakukan terapi ini satu kali dalam seminggu.

17. Telur dan Minyak Zaitun
Masih dari laman Top10homeremedies.com,  telur memiliki manfaat penting dalam membuat rambut menjadi lebih kuat. Kandungan minyak zaitun membantu untuk menjaga rambut Anda tetap bersih dan sehat. Campuran dari bahan-bahan ini bisa membantu untuk meluruskan rambut secara alami.

Kocoklah dua butir telur, lalu campurkan dalam empat sendok makan minyak zaitun. Setelah itu oleskan campuran ini kepada rambut dan kulit kepala. Kemudian sisir rambut Anda dengan sisir bergigi lebar.

Lalu gunakan topi khusus mandi dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu lepas topi, dan cuci rambut hingga bersih kembali, dan lakukan keramas.

18. Jangan Terlalu Sering Blow Atau Catok
Jika hanya sesekali melakukan blow ataupun catok rambut lurus maka masih boleh-boleh saja, hanya saja jika terlalu sering melakukannya maka bisa mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak. Kondisi ini lama-kelamaan bisa menyebabkan rambut menjadi terlihat berantakan.

19. Perlakukan dengan Lembut Saat Tidur
Ketika tidur maka rambut akan bergesekan dengan sarung bantal. Sehingga untuk memberikan keamanan bagi rambut maka gunakan sarung bantal dari kain yang lembut dan licin, sehingga mencegah hal buruk bagi rambut.

20. Keringkan Rambut dengan Hati-hati
Ketika Anda ingin menggunakan pelurus rambut, maka sebuah kesalahan besar ketika menggunakannya dalam kondisi rambut yang masih basah (belum mengering sepnuhnya).

Panas dari alat pelurus rambut bisa mengakbiatkan perubahan suhu ekstrim pada rambut, yang dampaknya bisa beresiko mematahkan rambut.

Dalam mengeringkan rambut, jika Anda menggunakannya handuk maka tepuklah secara perlahan memakai handuk tersebut. Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya karena bisa berakbiat lapisan luar rambut menjadi kasar.

21. Jika Menggunakan Kondisioner, Gunakan Kondisioner yang Berprotein
Hendaknya Anda memilih perawatan kondisioner yang kaya akan protein untuk rambut, kegunaannya yaitu nantinya rambut menjadi lebih mudah dirapikan, hal ini penting terutama yang memiliki rambut keriting, sehingga nantinya menjadi lebih mudah ditata.

22. Batasi Penggunaan Blow Dry
Ketika memakai blow dry hendaknya dengan menggunakan fitur diffuser, hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah panasnya. Penggunaan blow dry yang terlalu sering bisa menyebabkan rambut menjadi cenderung lebih kering.

23. Jangan Ikat Rambut
Adanya pengikat rambut menyebabkan rambut menjadi tidak lurus sempurna, terutama jika mengikat rambut dengan terlalu kuat, maka bisa berdampak buruk bagi rambut. 



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman