16 Cara Ampuh Memutihkan Gigi (Alami, Modern, Serta Tipsnya)


Tentunya orang-orang ingin memiliki gigi yang putih berkilau, sehingga menjadi tampak elok.

Apabila seseorang memilki gigi yang kuning, dirinya akan terlihat seperti orang yang malas menjaga kebersihan. Kondisi gigi yang kuning juga bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Gigi yang putih membuat senyum dan penampilan lebih menarik. Penelitian menunjukan bahwa umumnya orang akan lebih senang ketika melihat orang yang tersenyum memiliki gigi yang putih.

Seseorang dilahirkan dengan memiliki gigi berwarna putih, akan tetapi lama kelamaan warna gigi bisa berubah akibat berbagai hal.

Gigi bisa menjadi kuning akibat mengonsumsi makanan tertentu, sering merokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol. Konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan warna gigi berubah.

Cara Memutihkan Gigi

Berikut di bawah ini berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi secara alami:

1. Sikat Gigi Secara Rutin, Setidaknya 2 Kali dalam Sehari

Jarang atau malas menggosok gigi mengakibatkan gigi menjadi kuning. Untuk mempunyai warna gigi yang putih, tampak menarik dan juga sehat, maka Anda harus rutin untuk menggosok gigi.

Gosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari, pastikan Anda sebelum beranjak ke tempat tidur melakukan gosok gigi. Manfaat menyikat gigi ini membuat bakteri dan sisa makanan akan dibersihkan dari mulut, sehingga mulut dan gigi menjadi sehat.

Gunakan pasta gigi yang baik untuk Anda. Adapun dalam memilih sikat gigi maka jangan asal pilih, pilihlah sikat yang sesuai dengan Anda, serta hindari memilih sikat gigi yang bulunya sangat keras, dikhawatirkan jika menggunakan bulu sikat gigi yang terlalu keras dapat membuat gusi terluka.

2. Ramuan dari Campuran Bubuk Kunyit, Minyak Kepala dan Baking Soda

Teknik memutihkan gigi seperti bleaching gigi memang dikatakan ampuh oleh banyak orang untuk memutihkan gigi. Namun biaya yang perlu disediakan untuk melakukan perawatan tersebut lumayan besar.

Tapi, bukan berarti Anda yang memiliki budget kecil tidak bisa melakukan perawatan memutihkan gigi yang ampuh.

Dari laman Tribunnews.com, menyebutkan bahwa Anda bisa membuat sendiri pasta gigi alami, yang dengannya Anda nanti bisa tersenyum lebar dengan penuh percaya diri. Pembuatan ramuan pasta gigi ini hanya sebentar saja.

Untuk membuatnya dibutuhkan kunyit dan beberapa bahan lainnya. Berikut di bawah ini semua bahan yang perlu Anda persiapkan:
  • 4 sendok makan bubuk kunyit (organik)
  • 5 sendok makan minyak kelapa (organik)
  • 2 sendok makan baking soda

Langkah-langkah membuatnya:
  1. Pertama-tama campurkan bubuk kunyit dan baking soda di dalam sebuah wadah (mangkuk, dll).
  2. Lalu masukan minyak kelapa yang telah disiapkan ke dalam wadah tersebut.
  3. Tumbuk semua bahan tersebut memakai garpu hingga tercampur rata.
  4. Setelah itu, manfaatkan campuran ini sebagai pasta gigi.

Ramuan “pasta gigi” alami buatan sendiri ini tidak ada tanggal kadaluarsa. Hanya saja tetap ada batasan, jangan menggunakannya lebih dari 20 kali.


3. Konsumsi Strawberry

Stawberry diketahui sangat lezat untuk dikonsumsi, selain itu strawberry memiliki nutrisi vitamin C dan asam ellagic di dalamnya, manfaat dari kadungan-kandungan tersebut yaitu membantu untuk memutihkan gigi.

Dailymail.co.uk menyebutkan bahwa stroberi benar-benar bisa membuat gigi menjadi putih karena kandungan asamnya. Untuk mencerahkan gigi, Anda bisa menumbuk stroberi matang dan mencelupkan sikat gigi pada stawberry yang telah dihancurkan tersebut.

Anda bisa segera membilasnya dengan benar, yaitu dengan menggunakan air hangat yang diberi sedikit soda bikarbonat, hal ini untuk mengurangi keasaman di mulut.

Jika Anda tidak ingin menggunakan sikat gigi, maka Anda bisa hanya dengan menggosokan strawberry secara langsung pada gigi, lalu diamkan beberapa menit saja agar kandungan meresap pada bagian gigi, untuk memperoleh manfaat maksimal. Setelah itu barulah berkumurlah menggunakan air hangat.

Anda juga bisa melakukan dengan cara lain, yaitu menghaluskan sebuah strawberry, lalu campurkan dengan satu sendok teh baking soda.

Silahkan pilih cara yang mana saja dengan bahan utamanya adalah stawberry. Melakukan cara ini jangan setiap hari, melainkan lakukan seminggu sekali, atau paling sering dua kali dalam seminggu.

4. Jika Anda ingin Minum Air yang Berasa, Maka Gunakan Sedotan

Sedotan ternyata dapat menbantu untuk mencegah gigi menjadi kuning, serta melindungi gigi dari warna dan suhu minuman yang tidak bersahabat untuk gigi.

Jika Anda ingin minum air yang berasa (utamanya minuman berasa manis) maka disarankan untuk memakai sedotan dalam meminumnya.

Dengan memakai sedotan, berguna agar mencegah terkena secara langsung dari paparan zat yang ada di dalam minuman, sehingga mencegah enamel gigi tertimpa hal yang buruk.

Zat warna yang ada di dalam minuman yang dikonsumsi, sangat beresiko nantinya mengendap pada gigi, yang hal ini jika berlangsung dalam jangka panjang mengakibatkan noda pada enamael gigi, sehingga gigi bisa menjadi kuning. Dengan minum menggunakan sedotan bisa meminimalisir hal ini.

5. Bersiwak

Mengenai siwak sudah umum diketahui, yaitu untuk membersihkan gigi, adapun bahannya menggunakan bagian dari pohon khusus siwak itu sendiri.

Sudah dari dulu bahan alami siwak ini digunakan dalam menjaga kebersihan gigi, termasuk membuat warna gigi bisa putih secara alami. Sehingga penggunaan siwak ini sangat aman, sekarang tidak hanya orang-orang di Arab saja yang menggunakan siwak, masyarakat di negara Barat seperti Eropa dan Amerika mulai banyak yang menggunakan siwak, mereka mengimpor siwak dari negara-negara Arab.

Untuk penggunaan siwak sangat mudah, jika Anda ingin memperoleh informasi secara visual maka bisa mencarinya di video youtube, disana sangat banyak terdapat video mengenai cara menggunakan siwak.

Adapun sebagai saran, gunakanlah siwak yang mempunyai tekstur lembut, adapun harga siwak ini sangat terjangkau.

Penggunaan siwak seperti halnya menggosok gigi. Namun ada sebagian orang yang dalam penggunaan siwak yaitu dengan cara menghaluskannya, hingga akhirnya batang siwak menjadi bubuk

Lalu campurkan bubuk siwak dengan sedikit air sehingga berbentuk pasta, kemudian oleskan pada gigi. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan mulut kembali dengan cara berkumur.

loading...

6. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan bahan kimia yang dinilai mampu memutihkan gigi. Senyawa hidrogen peroksida ini dalam konsentrasi yang pas bisa membantu memudarkan noda pada gigi, sehingga gigi menjadi putih.

Hidrogen peroksida ini bisa diperoleh di apotik. Perlu diingat, apabila Anda ingin memutihkan gigi menggunakan hidrogen peroksida, maka pilih produk hidrogen peroksida yang berlabel food grade (artinya aman untuk dikonsumsi).

Pada sebuah tanya-jawab dokter di laman Alodokter.com, seseorang bertanya bahwa dirinya ingin memutihkan gigi menggunakan hidrogen peroksida 3% yang dijual di apotik, apakah hal ini aman untuk gigi dan enamel?

Maka dr. Regina I menjawab penggunaan produk pemutih gigi hanya boleh digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter gigi. Dimana dokter gigi sebelumnya perlu memeriksa kondisi mulut dan gigi pasiennya, sehingga nantinya dokter-lah yang memutuskan untuk menggunakan produk yang cocok untuk pasien, sehingga lebih aman.

Hal ini berkaitan termasuk dalam menangani masalah gigi berlubang, gigi dalam kondisi tambalan, hingga crowning.

Hidrogen peroksida telah umum dipakai untuk memutihkan gigi oleh banyak orang. Hidrogen peroksida bekerja untuk membersihkan noda pada permukaan, serta noda pada bagian gigi yang lebih dalam.

Namun perlu diingat oleh masyarakat, bahkan penggunaan Hidrogen peroksida memiliki efek samping, yang paling umum terjadi efek sampingnya yaitu iritasi lapisan dalam mulut dan sensitivitas gigi.

Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan hidrogen peroksida akan menembus enamel hingga ke bagian pulpa gigi, hal ini bisa mengakibatkan kematian sel pulpa.

dr. Regina juga memaparkan beberapa tips untuk mengurangi noda pada gigi, yaitu jangan meminum kopi dan teh, jika tidak bisa maka batasi mengonsumsinya. Segera kumur-kumur menggunakan air putih setelah minum kopi, teh maupun minuman yang sejenisnya.

Demikian juga, Dokter menyebutkan agar gigi bisa putih maka hindari yang namanya merokok.

7. Menggunakan Kulit Pisang

Untuk penggunaannya, pertama-tama siapkan kulit pisang, sikat gigi dan pasta gigi. Lalu ambilah bagian kulit pisang yang memiliki daging, lalu tinggal digosok ke bagian gigi.

Gosoklah secara perlahan, hindari menggosok yang terlalu kasar sehingga justru berakibat buruk bagi gigi.

Setelah selesai menggosok ke semua bagian gigi, lalu biarkan beberapa menit agar kandungannya meresap ke dalam gigi.

Jika sudah, maka bersihkan gigi menggunakan air bersih, Anda kemudian juga bisa membersihkan gigi menggunakan pasta gigi.

Lakukan cara ini satu kali dalam sehari, selama satu atau dua minggu ke depan. Kandungan kulit pisang diharapkan bisa mengurangi noda pada enamel gigi.

Penjelasan ahli kesehatan mengenai hal ini
Dari laman Intoday.in, banyak pihak mengklaim bahwa pisang (termasuk kulit pisang) memiliki kandungan potasium, magnesium dan mangan yang bermanfaat untuk menghilangkan noda dari gigi, sehingga bisa memutihkan gigi.

Dimana penggunaan-nya dengan hanya mengupas pisang matang, lalu menggosokan bagian dalam kulit pisang pada gigi.

Uchenna Okoye, direktur klinis di London Smiling Dental Group, menjelaskan tentang hal ini. Menurutnya kulit pisang bisa untuk memutihkan gigi. Dengan menggosokan kulit pisang, maka hal ini bisa menjadi exfoliator yang lembut, dan akan menghilangkan beberapa noda permukaan gigi.

Selain kulit pisang yang dinyatakan bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi, Uchenna Okoye juga menjelaskan bahwa stroberi juga bisa memutihkan gigi.

Adapun penggunaan beberapa bahan seperi bubuk kunyit, cuka sari apel, dan minyak kelapa, dinyatakan Uchenna Okoye tidak bermanfaat untuk memutihkan gigi.

8.  Jeruk Nipis dan Garam

Bahan yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi yaitu garam dan jeruk nipis. Indowarta.com menyebutkan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alami untuk membuat gigi menjadi putih, bersih dan sehat.

Adapun garam tinggi akan kandungan yodium, manfaatnya dapat menjaga kesehatan gusi. Kandungan di dalam garam juga bekerja untuk membersihkan kotoran gigi, serta juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut.

Adapun untuk memutihkan gigi menggunakan bahan campuran jeruk nipis dan garam, berikut di bawah ini cara-caranya:
  1. Pertama-tama sediakan jeruk nipis.
  2. Kemudian iris jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu peras jeruk nipis.
  3. Tampung air hasil perasan jeruk nipis di dalam sebuah wadah.
  4. Lalu masukan 1 sendok teh garam pada wadah berisi perasan air jeruk nipis, tersebut.
  5. Aduk hingga merata.
  6. Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut pada gugu, bisa dengan cara menggosok gigi. Manfaatnya nantinya membuat plak pada gigi menghilang, sehingga membantu agar gigi menjadi lebih putih.

9. Campuran Lemon dan Baking Soda

Thealternativedaily.com menyebutkan lemon dapat memberikan solusi alternatif untuk memutihkan gigi. Untuk penggunaannya, pertama-tama campur sedikit baking soda dengan jus lemon segar, kemudian campuran tersebut dioleskan secara langsung ke gigi.

Setelah diaplikasikan pada gigi, lalu biarkan selama dua menit, kemudian bersihkan gigi menggunakan air bersih. Anda juga bisa menyikat gigi menggunakan pasta gigi.

Thealternativedaily.com mnyebutkan beberapa manfaat dari mengonsumsi jus lemon yaitu membantu mencerahkan kulit, dan meminimalisir masalah jerawat.


10. Penggunaan Minyak Kelapa

Minyak kelapa diklaim bisa mencegah plak, serta membuat gigi yang awalnya kuning menjadi lebih putih dan bersih. Untuk penggunaannya, pertama-tama siapkan satu sendok makan minyak kelapa.

Kemudian oleskan minyak kelapa tersebut ke gigi secara merata, lalu biarkan selama 10 menit.

Setelah itu, keluarkan minyak kelapa itu dari dalam mulut (dengan cara meludah), lalu kumur-kumurkan mulut hingga air bersih. Tunggu beberapa saat, lalu sikat gigi anda seperti biasa

Colgate.com menjelaskan tentang pemanfaatan minyak kepala untuk gigi secara langsung, dari sisi ilmiahnya. Dimana banyak yang mengklaim bahwa minyak kelapa memberikan manfaat seperti untuk gusi yang lebih sehat, menghilangkan plak, hingga membaut gigi menjadi lebih putih.

Praktik pemanfaatan minyak ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu di Asia Selatan dan India sebagai obat-obatan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, kedua budaya tersebut (Asia selatan dan India) menganggap minyak sebagai bahan yang sehat untuk jaringan tubuh, salah satunya pengaplikasian minyak pada mulut dan gigi diklaim mampu menghilangkan bakteri penyebab plak dan radang gusi.

Beberapa pihak menganggap bahwa praktik ini bisa bermanfaat untuk membuat gigi lebih putih dan mengatasi masalah sensitivitas gigi.

Penjelasan Ilmiah Mengenai Penggunaan Minyak Kepala
Untuk bukti ilmiahnya, Colgate.com menyebutkan bahw American Dental Association (ADA) mencatat tidak cukup bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa minyak kepala bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi.

Sehingga tanpa penelitian dan pengujian yang andal, maka ADA belum bisa merekomendasikan praktik ini. Sehingga bentuk pengobatan gigi (termasuk untuk memutihkan) gigi menggunakan minyak kepala masih bersifat tradisional, dan belum mendapat rekomendasi dari pihak terkait.

Colgate.com memberikan solusi lain, bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi whitening hidrogen peroksida seperti “Colgate Optic White Express White” terbukti dapat memutihkan gigi Anda dalam waktu tiga hari.

11. Banyak Minum Air Putih

Air putih menjadi bahan alami yang dapat membersihkan gigi secara alami. Minum air putih sudah umum diketahui sangatlah sehat dan dianjurkan, manfaat air putih ini termasuk untuk kesehatan gigi dan membuat gigi lebih putih.

Apabila Anda suka mengkonsumsi minuman yang memiliki pewarna, maka setelahnya segera diselingi dengan minum air putih, hal ini supaya gigi bisa tetap bersih dan lebih putih.

Ketika Anda minum soda maka minumlah segelas air guna melindungi gigi dari bahaya kandungan soda yang buruk untuk gigi.

12. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih Alami

Sebagian pasta gigi yang dijual di pasaran, dibuat dengan banyak kandungan bahan kimia di dalamnya. Hal ini tidaklah bersahabat bagi gigi, karena memberikan dampak buruk bagi gigi.

Usahakan untuk menggunakan pasta gigi yang di dalamnya terdapat kandungan pemutih alami. Bacalah kandungan pada kemasan pasta gigi sebelum membelinya.

13. Minimalisir Konsumsi Teh Hitam

Di dalam teh hitam terkandung zat kromogen yang tinggi, itu merupakan jenis zat yang bisa membentuk senyawa berwarna. Bahkan perlu diketahui, kromogen yang dihasilkan teh hitam ternyata lebih tinggi dibandingkan kopi.

Oleh karena itu, apabila Anda memang ingin mengkonsumsi teh, maka konsumsilah teh hijau atau jenis lainnya, yang penting selain teh hitam.

14. Batasi Makan Permen

Umumnya permen dibuat dari bahan pewarna buatan, sehingga hal ini menyebabkan konsumsi permen maka akan menimbulkan bekas noda di gigi. Oleh karena itu, jika terlalu sering makan permen berakbiat gigi menjadi menguning dan kusam.

15. Jangan Merokok

Merokok sangat dapat menyebabkan gigi menjadi kuning, tembakau sangat tidak baik untuk gigi. Sering merokok akan membuat gigi menjadi kuning. Berhenti merokok akan membantu Anda untuk memiliki gigi putih, serta terhindar dari resiko penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

16. Hindari Alkohol

Tentunya Anda mengetahui bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi minuman beralkohol bisa memicu masalah obesitas, penyakit jantung hingga kanker, selain itu akan membuat gigi menjadi kuning. Penting bagi Anda agar menghindari yang namanya minuman berlakohol.

Jika Anda Ingin Menggunakan Produk Pemutih Gigi

Ada beberapa hal yang penting diketahui sebelum menggunakan produk memutihkan gigi, agar terhindar dari risiko buruk yang mungkin timbul, yaitu:

1. Sebelum memulai untuk menggunakan produk memutihkan gigi, gangguan yang sedang dialami seperti sakit gigi, gigi berlubang dan masalah gusi bengkak perlu disembuhkan dahulu.

2. Apabila Anda berencana memakai produk pemutih gigi yang dijual bebas, maka sangat penting untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya (infonya terdapat pada label kemasan). Anda perlu menghindari penggunaan produk yang berisi zat peroksida dengan persentase tinggi, karena bisa berdampak buruk.

3. Penting diingat, bahan yang terkandung di dalam produk pemutih gigi lebih baik dihindari bagi ibu hamil dan menyusui.

4. Anda juga perlu tahu, bahwa sebaik apapun produk pemutih gigi yang diaplikasikan pada gigi dan gusi, maka bisa menimbulkan efek samping berupa gigi sensitif untuk beberapa saat.

5. Manfaat penggunaan produk yang membuat gigi putih, manfaatnya bisa hilang dalam beberapa bulan hingga 2 tahun. Dan manfaatnya bisa cepat hilang jika Anda sering minum kopi, teh hitam, soda, atau merokok.

Hal Lainnya
Beberapa sumber menyebutkan beberapa hal lainnya yang diklaim bisa membantu untuk memutihkan gigi, seperti mengaplikasikan kulit jeruk pada gigi, mengunyah sayuran mentah (seperti wortel dan tomat), daun salam, hingga penggunaan arang kayu. Mengenai kebenarannya maka diperlukan penelitian ilmiahnya mengenai hal itu.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman