24 Cara Relaksasi Yang Ampuh Untuk Menenangkan Pikiran & Menghilangkan Stres


Pikiran yang tidak tenang dan stres dapat muncul setiap waktu, tekanan pekerjaan dan berbagai masalah bisa memicu gangguan psikologi, yang membuat jiwa menjadi tidak tenang.

Kondisi jiwa yang terlalu sering mengalami stres juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan fisik (tubuh). Oleh karena itu, maka sangat perlu adanya relaksasi pada diri, sehingga bisa membuat jiwa menjadi lebih tenang.

Kondisi stress juga bisa memicu penyakit-penyakit serius seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, depresi, lebih sering terkena sakit kepala dan jiwa sangat cemas. Kondisi stres menyebabkan seseorang sangat rentan  terserang sakit kepala.

Stres menyebabkan resiko tekanan darah tinggi dan memicu serangan jantung. Dimana saat stres maka jantung akan berdetak lebih cepat dan tidak teratur, apalagi jika seseorang memiliki kebiasaan buruk merokok dan konsumsi junk food maka sangat rentan terkena penyakit jantung.

Cara Relaksasi Untuk Menenangkan Pikiran
Sumber gambar: Pixabay.com

Dengan begitu, sangat penting untuk membuat jiwa menjadi rileks agar terhindar dari stres dan berbagai penyakit berbahaya. Berikut di bawah ini berbagai cara relaksasi agar jiwa menjadi tenang:

1. Minum Teh Hangat (Terutama Saat Sore Hari)
Minum teh hangat dalam membuat tubuh dan pikiran menadi rileks, sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Kandungan di dalam teh mampu menurunkan kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres).

Jika sedang bad mood sehingga perasaan menjadi tidak tenang. Jika kondisi ini berlarut-larut maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Minum teh, chamomile, black tea maupun green tea dapat memperbaiki suasana hati.

Anda bisa minum teh chamomile yang dicampur dengan batang serai. Maka minuman ini ampuh untuk membuat Anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Meminum secangkir teh bisa memperbaiki suasana hati dan akan memberikan energi baru ke seluruh tubuh. Minum teh hijau dan jenis teh lainnya juga dapat menjaga kemampuan konsentrasi dan fokus.

2. Bernapas Dalam-dalam
Cara yang sangat mudah dan cepat untuk membuat tubuh rileks adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Bernapas dalam dan perlahan bisa bermanfaat untuk mencegah sakit kepala.

Buat posisi tubuh menjadi senyaman mungkin, lalu tariklah napas panjang secara perlahan-lahan. Latihan pernapasan menjadi cara bagus untuk relaksasi dan menghindari stress. Dengan latihan membuat Anda nantinya lebih tenang dan tidak lagi tegang.

Teknik Latihan Pernapasan untuk Relaksasi:
  1. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman (bisa duduk, berdiri atau berbaring).
  2. Lalu bersihkan pikiran Anda, buanglah hal-hal yang tidak penting di pikiran, dan jangan memikirkan hal-hal yang berat. 
  3. Fokuslah pada pernapasan Anda. 
  4. Tarik napas yang lebih dalam dari biasanya, lakukan terapi ini selama beberapa menit, hingga Anda merasakan rileks.
  5. Rasakan udara yang datang ke dalam paru-paru dan keluar dari paru-paru Anda. 

Dalam bernapas pastikan menutup bibir Anda. Adapun cara bernapas dilakukan secara perlahan, lambat dan teratur guna membuat timbulnya rasa rileks.

Saat melakukan terapi pernapasan ini, biarkan perut mengembang, jangan ditahan. Anda bisa melakukan terapi pernapasan beberapa kali untuk menghilangkan ketegangan pada tubuh dan pikiran.


3. Menutup Mata
Kondisi saat menutup mata maka akan mengurangi masukan pada otak. Menutup mata menghilangkan sekitar 80% dari input eksternal otak. Cara relaksasi ini bagus untuk para pekerja kantor, hal itu karena para pekerja kantor menggunakan komputer seharian, sehingga seringkali mengalami masalah pada mata.

Anda bisa mencoba terapi menutup mata dengan tangan. Terapi ini dilakukan untuk membiarkan mata santai sejenak, yang nantinya akan memberikan perbedaan besar dalam hari-hari Anda, dimana Anda bisa menjadi jauh lebih rileks.

Untuk melakukan, pertama-tama tarik napas dalam-dalam sebelum memulai, setelah itu kondisikan pikiran dan posisi tubuh agar senyaman mungkin.

Lalu condongkan tubuh agak sedikit ke depan, biarkan posisi siku bertumpu pada meja.

Setelah itu tutuplah kedua mata menggunakan tangan Anda. Dalam menutup mata, maka pastikan Anda masih bisa berkedip bebas dan jangan sampai menekan mata.

4. Hilangkan Tekanan Diri
Ketegangan adalah musuh terburuk, dimana terlalu banyak pikiran seringkali membuat tegang. Oleh karena itu, bayangkanlah sesuatu yang membuat Anda bisa lebih rileks, serta hindari berbagai pikiran yang membuat Anda merasa terkekan.

Saat kondisi tertekan dan stres, maka pikiran di dalam kepala akan sangat aktif dan kompleks, sehingga akan sangat menyulitkan untuk bisa membuat pikiran yang tenang.

Sangat penting untuk bisa memanajemen pikiran agar terhindari dari memikirkan hal yang tidak-tidak. Selain itu, cobalah untuk menciptakan visualisasi yang damai di pikiran, yang bisa menenangkan.

Caranya bisa dengan memikirkan sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat Anda merasa tertekan. Anda bisa membayangkan suasana pegunungan, pantai dan semacamnya,  yang membuat pikiran menjadi lebih damai karenanya.

Ketika pikiran mumet, maka bayangkan sebuah tempat yang membuat anda paling santai sepeti pegunungan, pinggir pantai, tempat tidur, dll. Dengan memikirkan suasana tempat untuk bersantai seperti itu, menjadi cara terbaik untuk “menipu” tubuh dan pikiran agar bisa ikut menjadi santai.

5. Lemaskan Tubuh Saat Anda Merasa Tegang 
Ketika Anda merasakan bagian-bagian tertentu dari tubuh mengalami tegang, maka itulah cara tubuh untuk memberitahu Anda bahwa pada bagian-bagian tubuh tersebut memerlukan rileks.

Ketika dirasakan pada bagian tangan, kaki, lengan atau bagian tubuh lainnya mengalami tegang, maka lemaskan bagian tubuh yang tegang tersebut secara perlahan.

Untuk melakukan terapi ini, maka kondisikan tubuh dengan senyaman mungkin, umumnya agar nyaman maka posisikan tubuh dalam keadaan duduk. Setelah itu mulailah melemaskan bagian tubuh, sehingga nantinya Anda akan merasakan syaraf tubuh benar-benar rileks.

Dalam melakukan terapi ini, maka gunakan pakaian yang longgar, hindari menggunakan pakaian yang ketat.

6. Relaksasi dengan Posisi Tidur Terlentang
Terdapat banyak cara untuk mendapat relaksasi dan kesegaran pikiran. Anda bisa mencoba untuk memperoleh relaksasi tersebut dengan cara tidur terlentang.

Anda bisa tiduran terlentang selama 10, 20 atau 30 menit, sembari mengosongkan pikiran, agar pikiran menjadi rileks.

Melakukan terapi tidur terlentang dalam rangka relaksasi, tentunya berbeda dengan kebiasaan tidur terlentang setiap hari.

Posisi tidur terlentang ini hanya sementara, tidak boleh dalam waktu yang berjam-jam. Hal itu karena berdasarkan penjelasan dari Prof. Dr Yosihiro (seorang pakar kesehatan dari Jepang) menjelaskan bahwa tidur terlentang tidak baik bagi kesehatan

Posisi terlentang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitiannya, tidur terlentang bisa menyebabkan kesulitan bernafas, pencernaan terganggu, tersedak, hingga yang terburuk bisa mengakibatkan kematian.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk mencegah tubuh dalam waktu lama dalam posisi tidur terlentang.

Adapun terapi tidur terlentang hanya dilakukan paling lama 30 menit, maka hal ini boleh. Anda bisa melakukan terapi ini kapan saja.

Adapun saat paling bagus untuk melakukan terapi ini adalah saat waktu sejuk, yaitu sore atau malam hari.

Untuk pakaian yang digunakan, maka gunakan pakaian yang longgar. Cara melakukannya, diawali dengan tidur telantang, lalu kepala menghadap ke atas (langit).

Kedua tangan bisa diluruskan di samping badan saja.

Pastikan pada tubuh bagian belakang, yaitu mulai dari belakang leher, tulang belakang, pinggul, belakang lutut, hingga bagian tumit, semuanya menyentuh alas tidur.

Saat melakukan terapi ini, sangat dibutuhkan suasana yang tenang dan damai, usahakan agar tidak ada kebisingan.

loading...

7. Berendam Air Hangat
Racun yang terdapat di dalam tubuh dapat meicu terjadinya stres. Dengan melakukan mandi maka dapat merelaksasi tubuh, sehingga disarankan agar berendam air hangat dan juga gunakan aromaterapi.

Mandi air hangat beserta aromaterapi dapat merilekskan tubuh, serta akan menimbulkan efek yang menenangkan bagi tubuh dan pikiran. Dengan mandi air hangat, juga bisa meningkatkan kualitas tidur, serta meminimalisir munculya rasa tegang.

8. Stretching (Peregangan Tubuh)
Stretching berguna untuk membuat rileksk kembali otot-otot tubuh yang dalam kondisi tegang akibat aktivitas padat yang dilakukan.

Untuk melakukan peregangan adalah hal yang sangat mudah, misalnya bisa dilakukan dengan posisi berdiri, lalu mengangkat tangan dengan tinggi-tinggi, lalu membungkuk dan turunkan tangan dengan serendah mungkin yang dimampu.

Sebenarnya bentuk peregangan ada sangat banyak, Anda juga bisa menggerakan kedua pundak untuk mengilangkan rasa pegal yang terasa di leher, serta lakukan berbagai gerakan peregangan yang membuat tubuh Anda menadi lebih nyaman dan tenang.

9. Jalan Kaki
Ketika muncul rasa gundah dan tidak nyaman di hati, maka cobalah melakukan terapi jalan kaki selama 10-30 menit.

Dimana dengan berjalan kaki bermanfaat untuk meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh. Itu merupakan hormon yang bermanfaat untuk memberikan ketenangan dalam tubuh, rasa rileks dan menurunkan kadar stres.

Dengan berjalan maka Anda juga sembari melatih kedua lengan dan kaki, serta bagian tubuh lainnya. Sehingga berlajan kaki saja sudah efektif untuk membuat tubuh sehat.

Kalau bisa, usaahakan berjalan-jalan di wilayah alam, atau bisa juga di taman yang hijau (banyak pohon). Manfaatnya dapat menenangkan pikiran, dan jiwa pun menjadi lebih rileks. Selain itu, berjalan-jalan di pagi hari memberikan manfaat tambahan berupa vitamin D dari matahari.

10. Alihkan Pandangan
Ketika Anda selama berjam-jam hanya layar komputer sehingga mata dan pikiran pun menjadi lelah. Maka cara mengatasinya yaitu dengan mengalihkan pandangan sejenak dengan melihat benda lain.

Namun yang sangat disarankan adalah melihat sesuatu yang berwarna dan alami, seperti memandang pepohonan yang rimbun, kebun, dedaunan, langit yang tampak indah dan menyenangkan, dll.

11. Berbaring
Berbaring adalah cara yang terbaik untuk menghilangkan rasa capek, sehingga membuat tubuh menjadi rileks.

Oleh karena itu, ketika tubuh lelah dan pikiran mumet maka temukan tempat yang nyaman untuk berbaring. Utamanya tentu di kasur dan tempat yang sunyi agar memperoleh manfaat lebih besar dari berbaring.

Saat berbaring maka lakukan sambil menarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Jangan memikirkan hal apapun selama berbaring ini, sehingga Anda nantinya benar-benar rileks.


12. Percikan Air Dingin
Air dingin atau biasa dapat menghilangkan rasa kantuk, serta dapat membuat wajah terasa segar dan pikiran fresh kembali. Sehingga hal ini akan menjadikan Anda nantinya bersemangat kembali.

Percikkan-lah air dingin di bagian wajah, belakang daun telinga, dan pergelangan tangan. Maka hal ini sangat “manjur” untuk membuat Anda merasa segar.

Pada bagian pergelangan tangan dan belakang telinga terdapat arteri utama, sehingga dengan menyegarkan atau mendinginkan bagian ini bisa membuat seluruh tubuh menjadi ikut segar.

13. Konsumsi Makanan Kaya magnesium
Konsumsilah makanan yang kaya kandungan magnesium seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan dan pisang. Mengonsumsinya akan sangat baik untuk sistem saraf dan jantung, serta membantu untuk mencegah stres dan menenangkan pikiran saat kondisi tertekan.

14. Tidur yang Cukup
Kondisikan lingkungan tidur yang baik agar bisa memperoleh tidur yang cukup. Kurang tidur akan memicu stres, demikian juga sering begadang akan memicu stres.

Adapun dengan memiliki pola tidur yang baik dan teratur, maka hal ini bisa membuat jiwa menadi tenang, dan di pagi hari (setelah bangun tidur) Anda akan siap untuk menjalani aktivitas seharian.

15. Melompat di Atas Trampolin
Jalan kaki atau jogging memang cara yang baik untuk membuat jiwa tenang dan menurunkan kadar stres.

Namun ilmuwan NASA menjelaskan bahwa melakukan selama sepuluh menit melompat di atas trampolin maka 68 persen lebih efisien untuk mengurangi stres daripada 30 menit jogging.

16. Menghirup Aroma Sedap
Menurut penjelasan dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation of Chicago bahwa dengan menghirup aroma kue lezat yang baru dibeli, dapat bermanfaat untuk membuat Anda rileks. Hal ini juga berlaku untuk jenis aroma lainnya yang bisa membuat Anda nyaman.

17. Berwudhu
Bagi yang muslim maka biasakan setiap waktu untuk berwudhu, bukan hanya saat sholat lima waktu saja. Ketika pikiran sedang sumpek maka segera berwudhu, walaupun bukan saat waktu sholat.

Berwudhu akan memberikan relaksasi yang sangat bermafaat bagi tubuh dan pikiran, dengan berwudhu maka tubuh Anda nantinya menjadi sangat segar.

Hal itu karena aliran air akan membantu syaraf-syaraf tubuh menjadi lebih rileks, serta peredaran darah menjadi lebih lancar.

18. Matikan Lampu Saat TIdur 
Cahaya yang cukup terang ketika malam hari dapat menyebabkan munculnya pelepasan hormon kortisol yang tinggi.

Hormon kortisol ini merupakan hormon pemicu stress, yang bisa menyebabkan seseorang susah tidur, atau menyebabkab seseorang memiliki tidur yang tidak berkualitas.

Oleh karena itu, ketika mendekati waktu tidur, usahakan untuk memadamkan cahaya lampu, hal ini akan membuat Anda bisa lebih nyaman saat tidur, sehingga tidur menjadi pulas dan berkualitas.

19. Berhentilah Sejenak (Time-Out)
Ketika kondisi tekanan dirasa sangat berat, atau saat emosi memuncak, maka hentikan sejenak segala aktivitas, apapun itu aktivitasnya.

Kemudian biarkan diri untuk berada di tempat yang tenang, hilangkan segala pikiran di kepala yang bikin mumet, sembari tarik napas lebih dalam dari biasanya.

Biarkan diri Anda dalam kondisi seperti ini hingga akhirnya jiwa menuju rileks dan tenang. Ketika Anda telah rileks, maka lanjutkan kembali aktivitas.

Jika rasa mumet di kepala dan stres muncul kembali, maka lakukan terapi ini kembali, hingga Anda nantinya kembali rileks.

20. Bersih-Bersih Rumah
Membersihkan rumah atau ruangan Anda sering berada disana, ternyata bisa membantu untuk menjernihkan pikiran. Buntunya pikiran karena kondisi ruangan tempat berada yang kotor dan barang-barang yang tidak tertata rapi.

Oleh karena itu, jika Anda temukan di rumah ada banyak sampah berserakan di sana-sini, maka jangan ragu untuk membersihkan dan membereskannya. Setelah itu Anda akan merasakan manfaatnya.

21. Cintai Diri Sendiri
Rasa khawatir di dalam diri bersumber dari kurangnya rasa percaya diri, rasa khwatir ini membuat pikiran dan perasaan menjadi tidak tenang.

Penting bagi seseorang agar mencintai dirinya sendiri, semakin kita mencintai diri kita maka akan semakin mudah dicapai pikiran yang damai.

Sebagai bukti dari kecintaan kita pada diri sendiri, yaitu bergairah untuk menerima segala kekurangan dan kelebihan diri.

Mencintai diri sendiri akan menimbulkan dorongan bagi Anda untuk terus memperbaiki diri. Hal ini seperti cinta orang tua kepada anaknya, maka orang tua ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik.

22. Nikmati Alam yang Indah
Polusi dan debu bisa membuat seseorang stres. Oleh karena itu, cobalah untuk sesekali pergi ke desa, pegunungan, atau tempat yang hijau, yang banyak pohonnya. Berada di alam yang indah dan alami, akan membuat batin Anda menjadi tenang.

23. Bersyukur
Seseorang yang cenderung untuk lebih mengingat hal-hal atau kejadian yang negatif, maka hal ini membuatnya tidak akan bersyukur.

Dimana orang yang tidak bersuyukur, maka hidupnya menjadi penuh kegalauan, tidak tenang, stres dan banyak pikiran.

Janganlah menjadi orang yang suka melihat keburukan, padahal ada banyak kebaikan yang dimiliki tetapi tidak pernah disyukuri, hal ini akan membuat hidup menjadi sengsara.

Contoh salah satu hal agar kita bisa bersyukur: Ketika tubuh dalam kondisi sehat, maka ingatlah pada saat yang bersamaan ada banyak orang yang sakit, yang hanya bisa berbaring di tempat tidur selama berbulan-bulan.

24. Sadar penuh
Ketika kita sadar penuh, maka kita akan bisa merasakan apa saja rangsangan pada kelima indra. Dimana hal ini sangat jarang dialami bagi orang-orang modern yang super sibuk.

Ketika makan, mungkin hanya detik pertama lidah akan merasakan makanan. Pada detik berikutnya, otak sudah disibukkan dengan obrolan, browsing, telepon, membuka sosial media, dll.

Kebiasaan multi-tasking ini kurang baik bagi kejiwaan seseorang, yang dapat membuat jiwa menjadi kurang tenang. Ketika makan, maka fokuslah pada makanan Anda, demikian juga untuk hal-hal lainnya.

Oleh karena itu, Anda bisa sesekali bersama teman-teman atau keluarga untuk pergi ke tempat yang menyediakan fasilitas trampolin. Bermain trampolin nantinya juga akan membuat tidur Anda nyenyak setelahnya.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman