32 Cara Meningkatkan Nafsu Makan (Untuk Orang Dewasa & Anak)


Tidak memiliki nafsu makan bisa menjadi sebuah masalah, bahkan bisa menimbulkan frustasi terutama bagi orang-orang yang memiliki tubuh kurus.

Apabila Kita melihat orang dengan tubuh yang kurus, biasanya umumnya bisa tahan lapar dalam waktu yang cukup lama, serta tidak mudah tertarik dengan makanan enak sekalipun.

Terjadinya kurang nafsu makan bisa akibat dari efek samping konsumsi obat tertentu, kondisi mood yang tidak baik juga bisa mempengaruhi nafsu makan.

Selain itu terlalu sibuk dengan pekerjaan bisa membuat orang kehilangan nafsu makannya.

Hilangnya nafsu makan bisa menjadi sebuah gejala dari masalah lainnya, seperti karena penyakit tertentu, mengalami masalah psikologis, faktor pola hidup, hingga faktor usia.

Makanan Salad
Makanan Salad | Sumber gambar: Pixabay.com

Pada kali ini akan dibahas mengenai cara meningkatkan nafsu makan untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Berikut beberapa cara untuk membantu meningkatkan nafsu makan:

1. Buatlah Makanan Penggugah Selera
Sediakan makanan yang tampilannya bisa lebih menarik serta memiliki aroma lebih dari biasanya. Dengan begini maka bisa membantu untuk meningkatkan selera makan.

Makanan yang terlihat sedap dan aromanya disukai maka kemungkinan besar akan menggugah selera Anda.

Oleh karena itu, walaupun untuk menyajikan makanan “spesial” butuh modal lebih, namun sesekali usahakan untuk memintalah anggota keluarga agar menyajikan makanan spesial yang paling Anda sukai.

Selain itu, selama makan jangan melakukan minum jika memang tidak diperlukan, karena minum saat makan bisa mengakibatkan Anda menjadi mudah merasa kenyang atau kembung, yang akhirnya selera Anda untuk makan menurun atau bahkan hilang.

2. Lakukan Aktifitas Fisik, Walaupun Ringan
Meskipun hanya melakukan olahraga ringan maka bisa meningkatkan nafsu makan. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan santai, menyapu atau bersih-bersih rumah, bersepeda, jogging, berenang, dan lainnya, yang akhirnya bisa menimbulkan rasa lapar.

Selain itu, melakukan olahraga akan memaksimalkan proses penyerapan nutrisi dari makanan. Sehingga usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin karena manfaatnya sangat banyak.

Melakukan olahraga juga agar makanan yang dicerna tubuh nantinya diubah menjadi otot daripada lemak.


3. Pancing Nafsu Makan dengan Bahan-Bahan Alami
Bahan-bahan alami yang dimaksud adalah sayur-sayuran, buah-buahan, dan nabati lainnya, yang bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Konsumsilah buah jeruk, jahe, gingseng, lemon, temulawak, pepaya, peppermint dan lainnya.

Mengonsusmsi bahan-bahan alami tersebut mungkin bisa meningkatkan nafsu makan Anda, selain itu bahan-bahan alami juga tentunya lebih sehat.

4. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi
Hal yang harus diketahui bahwa melakukan sarapan di pagi hari memiliki banyak sekali manfaatnya. Dengan melakukan sarapan bermanfaat agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar, selain itu sarapan nantinya memberikan energi yang mencukupi bagi tubuh agar bisa menjalankan aktivitas padat seharian.

Melakukan sarapan pagi secara rutin dapat membuat nafsu makan bisa menjadi baik. Manfaat lainnya dari sarapan, yaitu:
  • Memberikan energi lebih bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas seharian.
  • Agar tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah. 
  • Menyegarkan otak, sehingga otak bisa berpikir dengan lebih baik dan cepat.
  • Menjaga konsentrasi dan fokus.
  • Mencegah penyakit maag, dimana sarapan pagi berguna agar membuat lambung terisi makanan, sehingga bisa menetralisir asam lambung. Kondisi lambung yang terlalu lama kosong bisa menyebabkan terjadinya penyakit maag.
  • Menurunkan resiko stres, dimana kondisi perut kosong di pagi hari dengan kegiatan yang padat dapat menyebabkan seseorang rentan mengalami stres. Sarapan pagi bermanfaat untuk mencegah timbulnya rasa stres tersebut.

5. Terapkan Porsi Makan Sedikit Tapi Sering
Sebagian orang mengalami masalah dengan nafsu makan ketika dirinya melihat porsi makan yang terlalu besar. Untuk mengatasi masalah ini, maka solusinya dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, namun frekuensi makan dibuat menjadi lebih sering.

Dengan melakukan metode ini, sehingga porsi makan yang dikonsumsi akan sama. Manfaat lainnya dari mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil yaitu mencegah terjadinya masalah perut membuncit setelah makan.

Anda bisa mengonsumsi makanan dengan setengah piring saja, namun frekuensi makannya ditingkatkan menjadi 4-5 kali dalam sehari.

6. Lihat Foto-Foto Makanan yang Enak
Melihat foto-foto makanan lezat yang tampilannya sangat indah, maka akan dapat menggugah dan memvancing munculnya nafru makan. Oleh karena itu, bica buka di search engine google.co.id, lalu ketik “food photography”.

Disana Anda akan melihat berbagai tampilan makanan yang terlihat lezat. Selain itu bisa juga mencari Instagram, buka hastag yang berhubungan dengan tema makanan, maka Anda akan melihat banyak gambar makanan yang diupload oleh member-membernya.

Ketika melihat foto makanan lezat, maka banyak orang yang awalnya tidak terlalu nafsu makan, namun setelah itu secara mendadak mengatakan “Jadi lapeer..”.

loading...

7. Belilah Makanan yang Tampilannya Sangat Menarik, atau “Desain” Makanan yang Anda Buat Menjadi Terlihat Menarik
Nafsu makan dapat meningkat secara drastis, selain dengan cara foto-foto makanan super lezat, juga yang sangat efektif adalah dengan melihat secara langsung di depan Anda makanan lezat.

Jika Anda membuat makanan sendiri maka buatlah variasi tampilan pada makanan Anda sehingga terlihat sangat menarik, hal ini akan menambah nafsu makan Anda.

Anda bisa melakukan, misalnya dengan memberikan hiasan sayur di sisi kanan-kiri piring, memberikan saus atau bumbu tertentu dan hal-hal lainnya.

Mulailah dengan menghidangkan makanan yang matang dan memiliki warna cerah. Hindari warna pucat, dimana makanan bisa terlihat sangat menarik ketika disajikan dengan tingkat kecerahan warna yang tinggi.

Bayangkan apabila seseorang menyajikan semangkuk oatmeal pucat, pasta tanpa saus, dan semacamnya. Walaupun oatmeal telah diberikan bumbu yang lezat seperti rempah-rempah, mentega, dll, namun tetap saja akan tersaji dalam bentuk yang pucat.

Hendaknya menyajikan oatmeal dengan disertakan buah-buahan beri merah yang membuat makanan menjadi terlihat segar.

Demikian juga makanan seperti pasta disajikan dengan saus pesto (saus khas Italia) dan tomat ceri cincang. Dengan begitu tampilan sajian makanan akan terlihat sangat menarik.

Tahukah Anda, saat makanan benar-benar terlihat menarik, maka hal ini dapat membuat tubuh secara alamiah menghasilkan lebih banyak cairan yang manfaatnya untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan.

Hiasi piring agar nantinya makanan bisa terlihat lebih indah dengan daun-daunan bumbu dapur, rempah-rempah dan sebagainya.

Dalam menyajikan makanan, maka tonjolkan warna-warna sayuran yang cerah. Hindari memasak sayuran yang terlalu matang karena akan mengakibatkan sayuran kehilangan warnanya dan tampilannya cenderung kurang menarik.

Jika ragu untuk menggunakan piring putih, karena piring yang berwarna putih memberikan efek kontras, dimana akan menjadikan warna makanan lebih cerah, serta teksturnya juga lebih menarik.

Batasi ukuran porsi makanan, ingatlah agar mengisi piring dengan makanan sebanyak dua pertiga bagian saja. Adapun sepertiga bagian dikosongkan. Tujuan melakukan ini adalah bahwa ruang yang kosong pada piring nantinya memberikan efek kontras pada makanan, yang menjadikan tampilan makanan lebih menarik.

Anda bisa mengikuti tren dalam menghias makanan. Dimana gaya penyajian makanan juga dapat berubah-ubah dan “ter-update” dalam setiap waktu. Carilah berbagai bentuk gaya penyajian makanan yang dapat memunculkan selera makan.

8. Buatlah Makanan Menjadi Harum
Makanan yang tercium keharumannya dengan jelas akan membuat timbulnya nafsu makan. Dimana kalau kita lihat ada banyak makanan yang bisa dibuat menjadi sangat harum aromanya, seperti nasi goreng, ayam kentucky, soto, opor sop, tauco, dan banyak  lainnya.

Hal tersebut dapat dikatakan trik marketing pada beberapa produk kuliner yang ada di Mall-Mall, yang membuat orang-orang menjadi tertarik untuk makan disana.

Karena tingginya peranan aroma / keharuman makanan ini dalam menggugah selera makan, oleh karena itu sajikan makanan dengan aroma yang menyenangkan Anda, yang dapat memunculkan nafsu makan Anda.

9. Sajikan Makanan Kaya Nutrisi
Para ahli kesehatan sudah menjelaskan agar kita meninggalkan segala jenis makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, seperti junk food, makanan tinggi lemak dan kolesterol, makanan yang digoreng, keripik, makanan instan dan minuman soda.

Konsumsi makanan bergizi tinggi dengan kalori rendah. Mulailah untuk membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Mengonsumsi makanan yang sehat-sehat bisa membantu Anda agar bisa memiliki nafsu makan yang baik.


10. Siapkan Cemilan Sehat
Sediakan makanlah cemilan sehat, yang kemungkinan bisa sangat diperlukan ketika Anda bermasalah dengan porsi besar saat makan. Dalam memilih cemilan, maka hindari yang mengandung banyak gula buatan dan tinggi lemak.

Konsumsilah cemilan yang sehat, seperti makan buah pisang, potongan-potongan buah, kacang-kacangan, dll. Namun harus diingat, jangan melakukan ngemil yang waktunya terlalu dekat dengan jam makan, hal ini supaya selera makan Anda tetap terjaga.

11. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Bumbu Makanan dan Herbal
Nafsu makan bisa diusahakan untuk distimulasi melalui bumbu atau herbal, beberapa diantaranya yaitu daun jahe, gingseng, lemon, temulawak, daun pepaya, daun peppermint, daun alfalfa, dll.

Khusus untuk gingseng, maka bahan alami ini tidak baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Jika selama ini Anda belum menggunakan bahan-bahan yang alami, maka mulailah menggunakannya, ada kemungkinan penggunannya akan bisa bermanfaat menambah nafsu makan Anda.

12. Multivitamin
Anda bisa menggunakan multivitamin yang bisa bermanfat untuk menggantikan nutrisi yang hilang akibat nafsu makan turun. Asupan vitamin B bermanfaat untuk merangsang nafsu makan.

Selain itu asupan mineral alami zinc dan copper (tembaga) bisa mempertajam indera perasa. Anda bisa mempertimbangkan mengonsumsi multivitamin untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Dari laman tanya jawab di Alodokter.com, dr. Yosephine. S. menjelaskan bahwa suplemen vitamin B dapat meningkatkan nafsu makan. Menambah asupan vitamin C dan E juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kadar mineral seng yang rendah di tubuh mempunyai nafsu makan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang dengan kondisi kadar mineral seng yang normal di dalam tubuhnya.

Dengan begitu, memenuhi asupan mineral seng bermanfaat untuk hal ini, disarankan mengonsumsi juga suplemen yang mengandung mineral seng agar bisa menambah selera makan.

13. Jika Tidak Mendesak, Jangan Minum Selama Makan
Saat waktu-waktu makan maka hindari minum air, karena minum air bisa membuat nafsu makan menjadi menurun. Jika dipertengahan makan Anda melakukan minum, maka hal ini bisa membuat Anda cepat kenyang (karena kembung) sehingga makanan yang di piring tidak bisa habis.

Seorang ahli mikrobiotik bernama Shonali Sabherwal, menjelaskan bahwa minum air di tengah-tengah makan dapat menghambat dan mempersulit proses pencernaan makanan.

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa dengan minum air ketika makan maka hal itu akan melancarkan jalannya makanan ke tenggorokan dan organ pencernaan. Padahal kebiasaan minum saat makan ini justru mempersulit kerja organ pencernaan.

Apalagi pada orang-orang yang mempunyai penyakit lambung maka hal ini dapat berdampak serius. Shonali Sabherwal menjelaskan ketika proses pencernaan berlangsung, maka lambung akan mengeluarkan asam lambung yang tujuannya untuk mencerna makanan.

Nah, ketika seseorang minum saat makan, maka air yang diminum tersebut justru menghambat kinerja asam lambung, dimana kondisi ini menyebabkan lambung akan memberikan respon dengan memproduksi zat asam yang lebih banyak. Kondisi ini bisa mengakibatkan refluks asam dan munculnya rasa mulas.

14. Pastikan Makanan Favorit Anda Selalu Siap Sedia
Nafsu makan tentunya bisa muncul ketika melihat makanan favorit. Isilah kulkas dan dapur Anda dengan bahan-bahan makanan favorit Anda, sehingga Anda mempunyai makanan kesukaan yang selalu siap sedia. Ketika nafsu makan muncul maka segera konsumsi makanan kesukaan Anda tersebut.

15. Pertimbangkan Untuk Mengonsumsi Jamu Tradisional
Ramuan tradisional berbahan herbal atau sering disebut “jamu” dapat menjadi cara bagus untuk bisa meningkatkan nafsu makan. Pada jamu yang dibuat dari bahan alami seperti temulawak, jahe, kunyit, dan bahan alami lainnya, mengonsumsinya dapat membanut untuk meningkatkan nafsu makan.

16. Hindari Stres
Stres bisa memicu penurunan nafsu makan. Dengan begitu, lakukan relaksasi agar bisa membuat jiwa menjadi tenang dan rileks, sehingga bisa lebih terhindar dari yang namanya stres ini. Kondisikan mood agar tetap selalu baik, hindari melakukan dan memikirkan hal-hal yang membuat Anda stres.

Selain itu, kondisikan suasana yang menyenangkan saat makan, sehingga dengan melakukan hal-hal ini akan membuat nafsu makan bisa terjaga dengan baik.

17. Makan Menggunakan Piring Besar
Ini adalah sebuah trik, yang dimana dapat mempengaruhi psikologis Anda. Makan dengan memakai piring besar akan membuat kondisi psikologis Anda menganggap bahwa makanan yang dikonsumsi adalah porsi yang kecil. Trik ini dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga Anda bisa lebih terpacu untuk menghabiskan makanan yang ada di piring tersebut.

18. Pulihkan Kadar HCl dalam Tubuh
HCl merupakan zat di dalam lambung yang memiliki fungsi untuk mempengaruhi nafsu makan seseorang. Keberadaan zat HCl di dalam lambung juga membantu proses penguraian makanan yang tujuannya agar bisa mudah diserap tubuh.

Hasilnya, maka perut menjadi lapar kembali, yang kemudian diikuti dengan munculnya keinginan untuk makan. Agar dapat membuat kadar HCl meningkat di dalam lambung, maka caranya bisa dengan mengkonsumsi perasan jeruk nipis.

19. Jenis Sayuran yang Dapat Meningkatkan Nasfu Makan
Beberapa jenis sayuran yang diketahui bermanfaaat untuk memperlancar pencernaan, yang secara tidak langsung bisa meningkatkan nafsu makan yaitu mentimun, loba dan bawang putih.

Beberapa sayuran pahit seperti bayam, fenugreek dan labu pahit, kandungan di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan sekresi cairan pencernaan, yang hal ini juga membantu untuk meningkatkan nafsu makan.

Kandungan di dalam tomat juga dapat bermanfaat mengatasi masalah pencernaan. Dengan sehatnya pencernaan dan terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan, maka dapat memperbaiki nafsu makan.

20. Makan Comfort Food
Comfort food memang tidak semuanya sehat. Namun dalam satu waktu mungkin diperlukan agar bisa mengatasi nafsu makan yang rendah. Pilihlah makanan yang bisa membuat Anda merasa nyaman, sehingga dapat menggugah selera.

21. Kayu Manis
Kayu manis bisa merangsang rasa lapar, selain itu pada penelitian ditemukan bahwa kayu manis berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh.

Dimana di dalam kayu manis terkandung zat aktif yang memiliki sifat hydroxychalcone, yang manfaatnya untuk membantu meningkatkan produksi insulin, alhasil kondisi gula darah tinggi bisa membaik ke tahap normal.

Manfaat lainnya dari kayu manis adalah mencegah munculnya rasa mual. Untuk penggunaannya yaitu bisa dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan bahan makanan lainnya.

22. Makan Buah Anggur
Buah anggur memiliki zat asam yang manfaatnya bisa membantu proses pencernaan agar bisa berjalan dengan baik. Buah anggur diyakini bisa merangsang rasa lapar dan membuat nafsu makan menjadi muncul. 

Cara Agar Anak Nafsu Makan

1. Dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik anak bisa mendorong nafsu makan anak menjadi lebih besar, hal itu karena rasa lapar dan lelah nantinya membuat Anak ingin makan. 

Anda bisa memberikan aktivitas fisik pada anak berupa berenang, bermain sepak bola, bermain bola basket, bersepeda, dll.

2. Tawarkan anak makanan favoritnya, namun tetap usahakan makanan yang dikonsumsi anak adalah makanan yang sehat.

3. Atur waktu makan anak. Hal ini berguna untuk membiasakan tubuh mereka membutuhkan makan pada jam tersebut. 

4. Kondisikan waktu makan anak menjadi menyenangkan, kondisi anak yang tidak bahagia akan membuatnya tidak nafsu makan.

5. Ajak anak bereksperimen dengan makanan, oleh karena itu ajaklah si kecil dalam mengolah dan mempersiapkan makanannya. Hal ini bisa membuat si kecil bersemangat untuk mencoba makanan buatannya sendiri.

6. Pasikan anak sarapan setiap hari, karena semalaman perutnya tidak terisi. Dengan rutin sarapan, maka nafsu makan pun meningkat karena rasa laparnya di pagi hari.

7. Batasi pemberian susu pana anak, karena jika anak terlalu banyak meminum susu maka bisa mengurangi nafsu makannya.

8. Pastikan kondisi ruang makan kondusif untuk menjaga nafsu makan anak. Kondisi ruang makan yang terlalu dekat dengan dapur sehingga tercium bau dari berbagai bumbu dapur dapat membunuh nafsu makan anak. 

Kondisikan ruang makan anak yang bersih serta memiliki bau yang sedap untuk mengundang selera makan anak.

9. Kondisikan temperatur yang lebih dingin, dimana kondisi dingin akan bisa membuat nafsu makan meningkat. Adapun temperatur terlalu hangat cenderung ke panas dapat mengurangi nafsu makan. 

10. Langkah-langkah lainnya yang bisa dilakukan orang tua untuk meningkatkan nafsu makan anak:
  • Memberikan buah maupun jus buah pada pukul 9-10 pagi.
  • Pada siang hari, menu makan anak berupa nasi lembek dengan sayur dan daging cincang.
  • Untuk sore hari berikan roti dengan jus buah, atau bisa juga memberikan nasi lembek dengan lauk kesukaannya.
  • Dalam memberikan asupan susu, hanya dilakukan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman