17 Khasiat Putri Malu Untuk Kesehatan, Susah Tidur, Diabetes, Demam, dll


Tentunya Anda sudah sangat mengenal keunikan dari tumbuhan putri malu, dimana daunnya mengatup ketika disentuh. Mungkin waktu masa anak-anak Anda pernah memainkan tumbuhan putri malu di lingkungan sektiar.

Tumbuhan putri malu ini sangat sensitif terhadap rangsangan, sehingga akan mengatupkan daunnya saat disentuh, karena itulah tanaman ini dinamakan dengan putri malu.

Pada dasarnya, tumbuhan ini akan mengatupkan daunnya saat kondisi matahari terbenam, kemudian membukanya daunnya lagi saat waktu matahari terbit.

Tanaman Putri Malu
Tanaman Putri Malu | Sumber gambar: Wikimedia.org

Tumbuhan putri malu di dalamnya memiliki kandungan tanin, mimosin dan asam pipekolinat. Kandungan-kandungan tersebut baik bagi tubuh.

Tumbuhan putri malu memiliki nama latin Mimosa pudica L. Dalam bahasa Inggris, tumbuhan putri malu sering disebut dengan nama “touch-me-not” atau “sensitive plant”.

Putri malu memiliki manfaat dari kandungan yang ada di dalamnya, adapun bagian dari putri malu yang bisa digunakan yaitu semua bagiannya (terutama bagian daun akar).

Khasiat Tanaman Putri Malu

1. Mengobati Luka Diabetes
Dari laman Viva.co.id, menyebutkan bahwa tumbuhan putri malu memiliki khasiat untuk mengobati luka bagi penderita Diabetes. Hal ini berdasarkan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Penelitian ini dipimpin oleh Adhi Satriyo Utomo bersama dengan kawan-kawan dari tim peneliti. Peneltian ini mencari tahu tentang manfaat akar putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform untuk penyembuhan luka diabetes. Penelitian ini menggunakan obyek tikus.

Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan di dalam tumbuhan putri malu mampu berkhasiat untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes.

Adhi Satriyo Utomo menjelaskan bahwa orang-orang yang mengalami diabetes kronis (stadium akhir) umumnya akan terkena masalah lainnya pada bagian gigi dan gusinya (sebagai komplikasi dari penyakit diabetes).

Pihak kesehatan atau dokter, umumnya dalam mengatasi komplikasi pada gigi dan gusi ini, akan melakukan prosedur tindakan operasi. Hal ini diperlukan karena kondisi banyaknya karang gigi dan kuman-kuman yang bersarang di dalam mulut (pada gigi dan gusi).

Tindakan operasi yang dilakukan umumnya akan memberikan efek berupa luka pada gusi, yang juga bisa menyebabkan gigi menjadi goyang, hingga akhirnya bisa lepas.

Adhi Satriyo Utomo menjelaskan bahwa dirinya beserta tim peneliti akan mencari sebuah solusi agar meminimalisir komplikasi luka yang dampaknya dapat mengakibatkan kegagalan fungsi organ mulut ini. Solusi ini dengan memanfaatkan ekstrak akar Putri Malu.

Pada awalnya, para peneliti akan memakai obyek tikus percobaan. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa ekstrak akar putri malu mampu bekerja (pada penderita diabetes) untuk mengoptimalkan dan mempercepat proses penyembuhan luka pada bagian gigi dan gusi.

Adhi bahkan memaparkan bahwa dengan pemanfaatan tanaman putri malu ini, hanya dalam waktu dua hari gula darah sudah bisa menurun, padahal apabila memanfaatkan tumbuhan herbal lainnya maka durasi penurunan gula darah memerlukan waktu 20 hari hinggai 1 bulan.

Adhi juga mengungkapkan bahwa ekstrak akar putri malu ini mampu dengan lebih cepat menutup luka pada gusi. Walaupun penelitian ini memakai tikus sebagai hewan percobaan, namun saat diterpakan pada manusia, khasiat kandungan di dalam akar putri malu mampu berfungsi dengan baik.

Adhi juga menceritakan pengalaman bersama tim peneliti. Dimana tim peneliti pernah mencoba untuk mengaplikasikan ekstrak akar Putri Malu pada tangan seorang anggota tim peneliti yang terkena gigitan tikus, dan hasilnya luka pada tangan bisa lebih cepat sembuh, serta tidak memberikan dampak atau efek samping.

Untuk menggunakan ramuan dari bahan akar putri malu ini untuk mengobati luka pada gusi penderita diabetes. Carana, pertama-tama akar putri malu perlu dijemur hingga kering.

Setelah itu, tinggal Anda ambil ekstraknya. Kemudian dihancurkan hingga akhirnya berbentuk bubuk.

Setalah itu bubuk dari bahan tanaman putri malu tersebut direndam didalam methanol selama tiga minggu.

Kemudian setelah tiga minggu, lalu disaring menggunakan kertas saring. Setelah itu lakukan pengekstrakan, lalu diuapkan.

Barulah setelah itu ditambahkan cairan pelarut sesuai dengan dosis yang diinginkan. Demikian cara yang dipaparkan oleh Gayuh Anggita, salah seorang dari tim peneliti.


2. Mengobati Batuk
Untuk Anda yang mengalami masalah batuk, apalagi jika batuk yang dialami disertai dengan dahak. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa membuat ramuan air rebusan putri malu.

Anda bisa membuatnya dengan merebus sekitar 10 sampai 15 gram bersama dengan air secukupnya, rebuslah hingga mendidih. Setelah airnya sudah mendingin, maka tinggal meminum airnya.

Dari laman Globalhealingcenter.com, menyebutkan bahwa khasiat putri malu bisa untuk mengatasi pilek dan batuk. Kandungan di dalam tanaman putri malu mampu membantu untuk mengurangi indikasi penyakit pernapasan bagian atas dan juga batuk.

3. Menyembuhkan Luka
Sebuah penelitian yang menggunakan obyek tikus percobaan, hasil penelitian menemukan bahwa kandungan ekstrak akar putri malu dengan konsentrasi 2% mampu untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

Penelitian dengan memberikan ekstrak akar putri malu pada tikus percobaan yang mengalami luka.

Manfaat ini karena adanya kandungan senyawa fenol pada tanaman putri malu. Akar putri malu yang terkandung banyak senyawa fenol bekerja untuk membunuh bakteri penyebab infeksi kulit.

Dari laman Globalhealingcenter.com, menyebutkan bahwa tanaman putri malu berkhaisat dalam perawatan luka bakar. Tanaman ini terbukti bisa menjadi pertolongan pertama untuk korban yang terbakar.

Pada sebuah peristiwa kebakaran di di San Juanico Bencana pada tahun 1984, yang membakar lebih dari 5.000 orang. Hal itu karena tejadinya ledakan gas minyak bumi di negara Meksiko tersebut.

Ahli kesehatan memanfaatkan tanaman putri malu sebagai salep penyembuhan untuk cedera pada korban yang jumlahnya ribuan.

4. Mengobati dan Mencegah Hepatitis
Tumbuhan putri malu memiliki manfaat penting dalam mengatasi penyakit hepatitis. Mengonsumsi rebusan air putri malu berkhsiat untuk meredakan penyakit hepatitis, serta juga meminimalisir gejala peradangan pada organ hati. Terjadinya peradangan pada organ hati akibat dari serangan virus hepatitis.

5. Melindungi Hati dari Racun
Dari laman Wildturmeric.net, menyebutkan sebuah penelian yang menggunakan obyek hawan tikus. Dimana tikus diberikan etanol beracun sehingga tikus mengalami keracunan. Kemudian tikus diberikan ekstrak tanaman putri malu.

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kandungan esktrak tanaman putri malu tersebut efektif untuk melindungi organ hati dari racun.

6. Mengatasi Susah Tidur
Masalah susah tidur ini akan sangat menganggu aktivitas di pagi hari, selain itu susah tidur juga berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa mengatasi masalah susah tidur ini dengan menggunakan daun putri malu.

Kandungan di dalam daun putri malu bekerja untuk membuat tidur bisa lebih nyenyak. Anda bisa membuat ramuannya hanya dengan merebus 50 gram putri malu dengan air secukupnya.

7. Mengobati Reumatik
Penyakit rematik merupakan masalah peradangan pada sendi, terjadinya penyakit rematik karena adanya masalah autoimun pada tubuh. Dari hasil sebuah survey yang telah dilakukan, menunjukan bahwa penyakit rematik lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria.

Penyakit rematik yang dialami akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari akibat adanya masalah pada sendi tubuh, yang membuat munculnya rasa nyeri.

Anda bisa meminimalisir gejala rasa nyerinya, caranya pertama-tama rendam tumbuhan putri malu ke dalam arak putih. Biarkan putri malu direndam selama 2 minggu di dalam arak putih.

Setelah selesai direndam dalam waktu yang cukup lama tersebut, maka ambilah tumbuhan putri malu tersebut, lalu ditempelkan pada bagian sendi tubuh yang terasa nyeri. 

Loading...

8. Menangkal Bisa Ular
Dari laman Wildturmeric.net, sebuah studi dilakukan untuk mengetahui manfaat kandungan tanaman putri malu sebagai anti-bisa.  Studi mencari tahu tetang khasat putri malu untuk menangkal bahaya racun ular kobra.

Studi dilakukan dengan cara membuat ekstrak dari akar putri malu (merebus akar kering di dalam air). Hasil studi menunjukan bahwa kandungan di dalam ekstrak tersebut sangat efektif dalam menghambat bahaya bisa ular.

Namun, pemanfaatan dari tanaman putri malu ini harus dilakukan oleh seorang penyembuh yang berpengalaman atau herbalis.

9. Mencegah Penyakit Disentri
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, memenukan bahwa kandungan ekstrak tumbuhan putri malu mempunyai kandungan antibakteri.

Kandungan antibakteri ini memiliki peran penting dalam menangkal pertumbuhan dam perkembangan bakteri Shigella dysentriae, dimana itu adalah bakteri pemicu penyakit disentri. Ektrak tumbuhan putri malu mampu untuk membunuh bakteri tersebut.

10. Menghentikan Pendarahan dan Mencegah Infeksi
Dari laman Globalhealingcenter.com, menyebutkan bahwa ekstrak bubuk dari tanaman putri malu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, hal itu karena di dalam tanaman putri malu terkandung senyawa tanin dan zat antioksidan yang sangat penting.

Manfaatnya mampu menghentikan masalah pendarahan, mencegah resiko infeksi, dan membantu proses pembentukan jaringan kulit yang sehat.

11. Mengatasi Peradangan
Kandungan di dalam daun putri malu memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, yang manfaatnya untuk meredakan peradangan. Manfaat dari daun putri malu ini sangat penting guna mencegah dan mengatasi masalah peradangan dan pembengkakan pada tubuh.

12. Menurunkan Resiko Diabetes
Dari laman Naturalnews.com, bahwa konsumsi tanaman putri malu bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan di dalam tanaman putri malu memiliki khasit untuk menurunkan risiko diabetes, dan menekan perkembangan diabetes sebesar 13 persen. 

13. Mengobati Demam
Daun putri malu berkhasiat untuk mengobati demam dan meminimalisir gejalanya. Kandungan di dalam daun putri malu bekerja untuk menurunkan panas ketika mengalami demam.

Khasiat putri malu juga mampu mengontrol agar suhu tubuh bisa selalu dalam kondisi normal. Hal ini berguna agar demam atau rasa panas tidak muncul kembali.


14. Mengencerkan dahak
Daun putri malu berkhasiat untuk mengencerkan dahak di tenggorokan, hal ini bermanfaat untuk mengatasi masalah batuk berdahak yang mengganggu. Dimana nantinya dahak yang memicu timbulnya batuk dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dari laman Globalhealingcenter.com, bahwa tanaman putri malu kaya akan mikronutrien yang penting, termasuk mengandung mineral tembaga, magnesium, zat besi, seng dan mangan. Manfaat kandungan tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan selsel tubuh, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

16. Melancarkan Saluran Kemih
Anda dapat memanfaatkan ramuan rebusan daun putri malu untuk melancarkan saluran kemih. Dengan mengonsumsi ramuan air rebusannya, berfungsi agar menjadikan saluran kemih bisa terhindar dari  serangan bakteri atau kuman.

17. Khasiat Lainnya dari Tanaman Putri Malu
Dari laman Earthclinic.com, bahwa semua bagian dari tanaman putri malu dapat digunakan sebagai pengobatan, seperti akar, daun, dan bijinya, semua bisa digunakan dengan cara yang berbeda-beda. Tanaman putri malu memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif, serta juga bertindak sebagai antibakteri.

Sehingga tanaman putri malu ini cukup efektif dalam mengobati berbagai kondisi, seperti pengobatan untuk pembengkakan dan peradangan, luka, diabetes, ejakulasi dini, sakit ginjal, dan asma.

Selain itu, juga dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan kulit, mengatasi tekanan darah tinggi, insomnia dan demam.

Penutup
Tanaman putri malu memliki sifat sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, anti biotik, anti mikrobial, anti-kuman, meredakan nyeri, penenang organ tubuh, ekspektoran dan kontraseptif.

Tanaman putri malu juga banyak dimafaatkan untuk meredakan demam, disentri, mengobati lepra (kusta), wasir, penyakit kuning, asma, mengatasi nyeri organ kewanitaan dan rahim, melawan peradangan, mengatasi kelelahan, leucoderma, dan penyakit yang berkaitan dengan darah.

Wanita hamil dilarang untuk mengkosumsi tumbuhan putri malu karena mengakibatkan masalah pada janin. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi tanaman putri malu berakibat pada timbulnya keracunan dan muntah-muntah.

Hal yang penting diingat bahwa pada semua bagian dari tanaman putri malu terdapat kandungan racun, walaupun memang khasiat tanaman putri malu ini sangat banyak. Hal ini membuat Anda dalam mengonsumsi tanaman putri malu harus berdasarkan arahan dari ahli herbal ataupun dokter.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman