20 Cara Merawat Wajah Secara Efektif, Agar Wajah Bercahaya & Awet Muda


Tentunya Anda ingin punya kulit wajah yang cerah, mulus, bercahaya, serta terhindar dari masalah-masalah seperti kulit wajah kusam, berminyak apalagi berjerawat. Untuk itulah, disini pentingnya mengetahui cara perawatan wajah yang benar dalam sehari-hari.

Dengan memiliki wajah yang bersih, sehat dan cerah maka akan terlihat mempesona, hal ini tentunya keinginan dari semua orang. Dengan wajah yang bersih dan cerah juga bermanfaat untuk menambah kepercayaan diri.

Banyak yang pergi ke salon dan semacamnya guna mendapatkan perawatan wajah yang maksimal dan profesional. Akan tetapi, bukan berarti untuk memiliki wajah yang bersinar dan cerah harus mengeluarkan banyak uang.

Anda tidak diharuskan untuk pergi ke tempat perawatan wajah yang akan menguras isi kantong. Untuk itu, akan diapaparkan disini banyak hal yang bisa Anda praktekan untuk memiliki wajah yang bersih, bercahaya dan awet muda.

Cara Merawat Wajah

Cara Merawat Wajah

1. Pertama-tama Ketahui Masalah-Masalah yang Ada pada Kulit Wajah
Terdapat banyak masalah pada kulit yang jenisnya berbeda-beda. Seperti masalah kulit berminyak yang terjadi akibat berlebihannya cairan keluar di wajah.

Ada juga masalah kulit kering dan kusam, yang membuat kulit menjadi pecah-pecah, kasar, bahkan bsa mengalami peradangan. Masalah lainnya yaitu kulit berjerawat dan berkomedo yang ditandai dengan kemunculan benjolan-benjolan kecil di wajah.

Masalah-masalah tersebut tentunya tidak kita inginkan, masing-masing penyebab dan penanganannya juga berbeda-beda, akan dibahas semuanya pada kali ini.

2. Penting Untuk Minum Air Putih yang Cukup
Dengan minum air putih yang cukup, manfaatnya sangat penting dalam membuat kulit menjadi lebih sehat, bersih dan terhindar dari masalah kulit kering dan kusam.

Boleh-boleh saja minum jus buah atau minuman sehat lainnya, tetapi minum air putih yang cukup dalam setiap harinya penting untuk dilakukan. Dimana semua bagian organ tubuh sangat membutuhkan asupan air putih, termasuk kulit.

Oleh karena itu, ketika haus jangan lupa minum air putih. Minum air putih membuat proses metabolisme tubuh menjadi lancar, yang dengan semakin lancarnya metabolisme tubuh maka akan membuat kulit semakin sehat dan bersih.

Dilansir dari laman Dailymail.co.uk, Seorang wanita bernama Sarah Smith (42), seorang ibu dua anak ini kerap merasakan sakit di bagian kepalanya, serta mengalami gangguanpencernaan. Maka diapun mendapatkan rekomendasi untuk minum 3 liter air mineral (air putih) setiap hari dari ahli nutrisi yang dikunjunginya.

Sarah Smith menjelaskan bahwa dirinya biasanya mengawali hari-hari dengan minum secangkir teh. Dia minum segelas air putih saat makan siang dan malam. Jika ditotal maka dia mengonsumsi cairan sekitar 1 liter cairan dalam sehari.

“Rasanya sudah cukup banyak, tapi ternyata masih jauh dari cukup," katanya.

Maka Smith pun mencoba untuk mengikuti rekomendasi dari dokternya untuk mulai minum 3 liter air putih dalam setiap harinya. Setelah 1 bulan penuh dia melakukannya, hasilnya sangat luar biasa.

Setelah minggu pertama dia rajin minum air putih, maka jerawat yang ada mulai menghilang. Selain itu, rasa sakit kepala tidak lagi muncul, serta sendi-sendi tubuhnya juga lebih nyaman.

Setelah minggu kedua, kantung matanya mulai mengurang, warna kulit wajahnya menjadi lebih merata, jerawat di wajah mulai menghilang, serta nafasnya lebih segar.

Setelah minggu ketiga, kantung mata dan garis-garis halus di wajah sudah menghilang sepenuhnya. Disamping itu, kulitnya menjadi terlihat lebih cerah dan kencang.

Hal itu karena mencukupi kebutuhan cairan tubuh (terutama air putih) membuat proses regenerasi kulit berjalan dengan maksimal.

Setelah 28 hari Smith menerapkan aturan untuk minum 3 liter air putih dalam sehari, dirinya menjadi lebih langsing dan bugar. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dirinya terlihat lebih muda 10 tahun.


3. Masker Pepaya
Untuk merawat wajah berminyak dan kusam agar bisa teratasi, maka Anda bisa memanfaat pepaya, di dalamnya terkandung zat yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Di dalam pepaya hijau terdapat enzim papain yang bisa membuat kulit menjadi cerah dan lebih putih. Cara memanfaatkannya yaitu pertama-tama siapkan satu sendok makan pepaya hijau.

Disarankan untuk memilih pepaya yang masih mangkal, Anda sebelumnya perlu untuk menghaluskan pepaya.

Setelah itu, sediakan juga sebanyak satu sendok makan pepaya masak, lalu campurkan keduanya.

Setelah keduanya tercampur maka aplikasikan pada wajah sebagai masker. Setelah itu diamkan 15 menit, lalu baru bersihkan wajah menggunakan air bersih.

4. Hindari Wajah Terlalu Lama Terkena Sinar UV Yang Berbahaya
Hal ini berguna agar wajah bisa tetap cerah, sehingga Anda perlu meminimalisir wajah terkena paparan polusi dan sinar UV (matahari), terutama hindari tekrena paparan sinar matahari pada siang bolong. Sinar matahari yang sehat adalah pada saat pagi hari.

Anda perlu menghidari dari terlalu lama kulit wajah dan secara umum kulit tubuh dari terkena paparan sinar matahari, karena dampaknya yang merusak dan membakar jaringan kulit.

Adapun polusi bisa menyebabkan masalah dan kerusakan pada wajah, didalam polusi terdapat zat beracun dan kotoran, hal ini bisa mengakibatkan dampak buruk pada sel kulit, yang juga bisa menyebabkan munculnya jerawat jika wajah terlalu sering terkena polusi.

Jika Anda bekerja atau beraktivitas di tempat yang sering terkena paparan sinar matahari, maka untuk mengantisipasinya bisa dengan menggunakan tabir surya. Selain itu, sebagai tambahan disarankan untuk menggunakan masker dan kacamata ketika di jalan raya.

5. Manfaatkan Minyak Alpukat
Untuk merawat wajah agar awet muda dan lebih putih maka Anda bisa menggunakan bahan minyak alpukat. Menggunakan minyak alpukat bisa menjad pilihan mudah sebelum tidur.

Penggunaan minyak alpukat ini bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa riasan wajah secara efektif, dimana jika sisa makeup jika dibiarkan saja semalaman (selama tidur) akan menyebabkan penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya jerawat dan komedo.

Anda dapar memakai tisu untuk menyerap jika ada kelebihan minyak yang tertinggal di wajah.

6. Biasakan Untuk Mencuci Wajah, Terutama Ketika Baru dari Luar
Anda perlu lebih rajin lagi untuk membasuh wajah, Anda bisa membasuh wajah dengan menggunakan air hangat maupun air biasa. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat wajah selalu segar, bersih dan berseri-seri.

Jika memang memberatkan, maka Anda sebenarnya cukup membasuh wajah dengan air tanpa menggunakan produk mencuci muka, ini saja sudah cukup karena yang penting Anda harus rajin untuk mencuci muka, terutama setelah dari luar atau jalan raya.

Adapun untuk membersihkan wajah menggunakan produk sabun pencuci muka, maka tidak perlu dilakukan sering-sering, cukup satu atau dua kali saja dalam sehari.

Disarankan mencuci wajah menggunakan sabun jika Anda sebelumnya terkena banyak polusi, kotoran atau debu, salah satunya seperti dari jalan raya. Sehingga diperlukan sabun pencuci muka untuk agar kotoran yang menempel pada kulit wajah dibersihkan sepenuhnya.

Gunakan sabun pencuci wajah yang mampu berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan wajah berminyak.

loading...

7. Lemon Dan Jeruk Nipis
Anda bisa memanfaatkan lemon dan jeruk nipis yang mudah didapatkan ini, dalam merawat wajah berminyak. Jeruk nipis sudah dikenal mempunyai manfaat kandungan vitamin C yang bisa menjadikan wajah tampak lebih bercahaya, menghaluskan kulit dan membuat pori-pori kulit wajah menjadi lebih rapat.

Jeruk nipis dan lemon mengandung senyawa asam yang tinggi, yang mampu mencegah masalah keluarnya minyak di wajah yang berlebihan dan mengangkat sel kulit mati. Untuk pemanfaatannya, caranya:
  1. Pertama-tama sediakan satu buah jeruk nipis atau lemon, pilih satu saja.
  2. Lalu peras ke dalam mangkuk.
  3. Lalu perasannya tinggal diaplikasikan pada wajah (sebelumnya pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu).
  4. Biarkan beberapa lama, setelah itu baru basuh wajah hingga bersih kembali.
  5. Melakukan ini, disarankan selesai mandi.

8. Istirahat yang Cukup, Jangan Sering Begadang
Kebutuhan tubuh akan tidur harus terpenuhi, hindari tidur yang terlalu larut malam disebabkan dampaknya yang bisa membuat sistem tubuh menjadi kacau, yang dampaknya juga membuat kulit menjadi kusam.

Usahakan untuk tidur di bawah jam 10 malam. Tidur pada jam 12 keatas adalah sebuah kesalahan yang berdampak buruk bagi kulit Anda, dan secara umum akan mengganggu fungsi organ tubuh.

Dengan pola tidur yang baik dan teratur bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Selain itu, wajah juga menjadi terlihat segar, serta kulit wajah bisa menjadi lebih bersih. Hal itu karena pola tidur yang baik, membuat proses regenerasi kulit menjadi maksimal.

9. Masker Madu dan Alpukat
Untuk merawat wajah dari masalah kering dan kusam maka Anda bisa membuat masker dari bahan madu dan alpukat. Sering berada di ruangan yang ber-AC bisa membuat kulit wajah kehilangan kelembaban-nya sehingga kulit mengalami kering dan kusam.

Alpukat dan madu ini dapat Anda andalkan sebagai pelembab alami, penggunaannya juga dapat membuat wajah menjadi lebih berseri dan cerah. Berikut di bawah ini cara membuat maskernya:
  1. Pertama-tama haluskan daging buah alpukat sebanyak satu cangkir kecil.
  2. Lalu masukan madu (pastikan madu alami) hingga tercampur rata, nantinya akan membentuk pasta.
  3. Basuh wajah menggunakan air hingga bersih.
  4. Lalu oleskan pasta ramuan tersebut sebagai masker untuk wajah.
  5. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja selama 30.
  6. Setelah itu bilas wajah menggunakan air biasa (jangan air hangat).

10. Hindari Stres
Sering stres bisa membuat kulit kusam. Termasuk jika Anda terlalu sering bekerja di bawah tekanan. Kondisi stres bisa memberikan dampak bagi tubuh dan perasaan. Stres bisa membuat sakit kepala, membuat tegang bahu dan leher, detak jantung meningkat drastis, dan suasana hati kacau.

Saat stres, tubuh secara umum akan memproduksi lebih banyak hormon, termasuk jenis hormon kortisol. Dampak dari banyaknya kadar hormon kortisol juga mengakibatkan kelenjar minyak akan menghasilkan lebih banyak minyak, yang akhirnya berdampak buruk bagi kulit wajah.

Sehingga, seringkali orang-orang mengatakan bahwa stres menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah. Masalah lainnya akibat sering mengalami stres adalah resiko menurunnya tingkat elastisitas kulit.

Hormon kortisol juga berdampak pada meningkatnya resiko penuaan dini pada kulit. Kortisol juga memicu terjadinya peradangan pada kulit, dan merusak kolagen pada kulit tubuh.

Akibat dari terjadinya kerusakan pada kolagen, mengakibatkan timbulnya bentukan keriput pada usia dini. Kondisi stres mengakibatkan resiko tinggi kulit menjadi tampak kusam.

Masalah lainnya, sering mengalami stres akan membuat susah tidur. Kondisi susah tidur atau kurang tidur mengakibatkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Kurang tidur juga mengakibatkan gangguan pada proses regenerasi sel-sel kulit tubuh.


11. Masker Mentimun
Untuk merawat wajah berminyak, Anda bisa menggunakan mentimun yang di dalamnya terkandung vitamin C dan mineral penting, manfaatnya mampu mengontrol minyak berlebih, dan membantu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Berikut caranya:
  1. Pertama-tama haluskan mentimun yang sudah dikupas bersih (pastikan memilih mentimun yang segar).
  2. Lalu masukan sedikit perasan lemon. 
  3. Setelah tercampur, maka aplikasikan ramuan tersebut ke wajah.
  4. Anda bisa mengoleskan ramuan sambil memijat agar lebih meresap, sehingga mendapatkan manfaat maksimal.
  5. Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 30 menit.
  6. Lalu bersihkan wajah menggunakan air (disarankan menggunakan air hangat).

12. Rutinlah Berolahraga
Dengan membiasakan diri untuk rutin berolahraga, hal ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran oksigen di dalam tubuh secara maksimal, yang manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara umum, termasuk bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit.

Olahraga selain berguna untuk menurunkan berat badan, juga penting bagi kesehatan kulit Anda. Jika mengalami masalah pada kulit, seperti kulit kusam, berjerawat, dan lainnya, maka olahraga ini menjadi cara ampuh untuk mengatasinya.

Berkeringat saat berolahraga akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat. Saat berolahraga, kelenjar keringat akan menghasilkan lebih banyak keringat yang nantinya dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Sehingga kotoran yang berada di dalam pori-pori kulit menjadi ikut keluar bersamaan dengan keringat. Hal ini membuat kulit menjadi tampak segar dan bercahaya.

Dengan berolahraga, peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar, dengan peredaran darah yang lancar membuat suplai oksigen dan nutrisi bagi kulit berjalan dengan baik.

Suplai oksigen dan nutrisi yang baik akan memberikan manfaat penting bagi kulit, berupa kelembaban kulit yang terjaga, serta kulit menjadi terlihat cerah.

Timbulnya jerawat tidak hanya disebabkan kotoran yang menumpuk di kulit. Munculnya jerawat dapat menjadi tanda kemungkinan Anda sedang mengalami stres. Kondisi stres mengakibatkan produksi minyak di dalam tubuh menjadi berlebihan dan tidak terkontrol, yang akhirnya memicu munculnya jerawat.

Olahraga menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan stres, dimana dengan berolahraga bisa menjadikan tubuh dan jiwa lebih rileks. Olahraga yang dilakukan bisa meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh, hormon ini berfungsi untuk memberikan rasa nyaman dan bahagia.

Manfaat olahraga lainnya adalah membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda. Munculnya kulit yang keriput karena menurunnya produksi kolagen pada kulit. Dimana kolagen memiliki fungsi untuk menjaga tingkat elastisitas dan kekencangan kulit. Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen ini.

Jika Anda melakukan olahraga jam 09:00 ke atas, maka pastikan kulit Anda terlindungi dari telalu lama terkena sinar matahari (UV) yang bisa meimbulkan dampak negatif bagi kulit. Anda bisa menggunakan sun block dan gunakan celana yang menutupi kulit sehingga terlindungi dari sengatan sinar matahari menjelang siang.

Setelah berolahraga, maka jangan lupa untuk langsung membersihkan tubuh kembali, untuk menghindari kotoran dan debu telalu lama menempel pada kulit.

13. Ramuan Masker Minyak zaitun dan Pisang
Untuk merawat wajah kering dan kusam Anda bisa memanfaatkan kedua bahan tersebut. Minyak zaitun sudah banyak diketahui efektif dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit secara alami. Anda bisa mengombinasikannya dengan buah pisang sehingga manfaatnya semakin mantap. Berikut di bawah ini caranya:
  1. Pertama-tama siapkan tiga sendok makan minyak zaitun dan satu buah pisang.
  2. Lalu hancurkan atau haluskan buah pisang, taruh di dalam sebuah wadah.
  3. Setelah itu masukan minyak zaitun, campurkan hingga membentuk ramuan berbentuk pasta.
  4. Tinggal Anda oleskan merata pada wajah (pastikan sebelumnya wajah dicuci bersih).
  5. Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 30 menit.
  6. Setelah itu, baru bersihkan wajah kembali menggunakan air.

14. Terapkan Pola Makan Yang Sehat
Untuk memperoleh kulit yang sempurna, hal yang juga sangat perlu untuk diperhatikan adalah makanan yang Anda konsumsi. Penting untuk cerdas dalam mengambil asupan yang makanan yang menyehatkan.

Anda harus setiap hari untuk mengonsumsi sayuran, jangan sampai dalam satu hari Anda tidak mengosumsi sayuran. Selain itu perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan biji-bijian.

Jika ingin mengonsumsi susu, maka pilih jenis produk susu yang rendah lemak. Konsumsi juga makanan yang tinggi protein tetapi rendah lemak, yaitu ikan, dada ayam, telur, ikan, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak.

Dalam mengonsumsi ayam, hindari sering mengonsumsi kulit ayam. Anda penting untuk menghindari makanan yang kurang sehat, seperti makanan yang tinggi kolesterol, tinggi kandungan garam, gula, lemak jenuh dan lemak trans.

Hendaknya Anda lebih sering untuk makan di rumah daripada makan di luar, jangan terlalu sering makan di restoran, apalagi itu restoran makanan siap saji atau restoran yang menyediakan junkfood.

15. Penting Mengetahui Cara Bersihkan Kulit Wajah Secara Tepat
Kondisi kulit yang mengkilap, lengket, dan pori-pori cenderung besar, ini tanda-tanda jenis kulit berminyak. Adapun Kondisi kulit yang kasar, bersisik dan pecah-pecah,  berarti ini merupakan jenis masalah kulit kering.

Adapun jenis kulit sensitif yaitu kulit terasa perih bahkan bisa terasa terbakar, kulit juga rentan mengalami gatal.

Jika Anda mengalami masalah kulit kering, maka pilihlah jenis pembersih wajah lembut, dan pilih yang tidak terdapat kandungan alkoholnya. Penggunaan bahan alkohol bisa memperparah kondisi kulit kering.

Jika Anda memiliki kulit kering, dalam membilas wajah jangan memakai air hangat, karena beresiko menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit. Gunakanlah air biasa.

Untuk merawat wajah berminyak, caranya yaitu gunakan pembersih wajah berbusa yang bebas minyak di dalamnya. Untuk penggunaan air untuk membilas wajah, maka yang disarankan adalah menggunkan air hangat.

Anda juga bisa memakai toner ataupun astrigent untuk mengatasi minyak berlebih di wajah, gunakan dengan hati-hati agar jangan sampai justru membuat iritasi kuli.

Bagi yang mengalami kulit sensitif, maka pilih pembersih wajah yang sangat lembut (extra mild), untuk membilas wajah disarankan menggunakan air hangat. Eksfoliasi bisa mengakibatkan iritasi pada kulit sensitif.

Hendaknya menghindari penggunaan produk yang terdapat alkohol dan asam di dalamnya. Yang disarankan adalah memilih produk pembersih wajah yang mengadung bahan alami dan membuat tenang kulit seperti chamomile, lidah buaya, teh hijau, dan gandum.

Pada malam hari, jangan sampai Anda tidur dalam kondisi makeup yang masih menempel di wajah. Saat tidur, kulit akan beregenerasi. Jika tidak membersihkan make up saat tidur maka mengakibatkan  tersumbatnya pori-pori, yang akhirnya bisa memicu jerawat dan masalah lainnya pada kulit wajah.

Jika Anda memiliki jerawat, maka jangan pernah memencet jerawat karena bisa menyebabkan infeksi, serta kaan menimbulkan bekas yang permanen.

16. Saat Diperlukan, Pastikan Anda Menggunakan Pelembab Ataupun Tabir Surya
Pelembab sangat dibutuhkan, karena semua jenis kulit akan membutuhkan kelembaban. Momen yang pas dalam memakai pelembab adalah ketika kulit wajah dalam kondisi masih setengah basah, yaitu beberapa saat setelah Anda mandi atau mencuci wajah.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak maka pilih jenis produk pelembab yang bebas minyak (oil free).

Saat diperlukan, Anda perlu menggunakan tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit akibat terkena sinar matahari dalam waktu lama. Bahkan, terlalu lama berada si bawa sinar matahari langusung bisa beresiko kanker kulit.

Gunakan tabir surya yang memproteksi kulit dari UVA dan UVB dengan SPF minimal 30.

17. Pilihlah Make Up Yang Cocok
Untuk mereka yang punya normal maka bisa lebih leluasa untuk memilih produk make up, namun juga tetap memperhatikan kualitas produk make up yang dibeli. Secara umum, disarankan memilih jenis produk makeup yang berlabel "nonacnegenic" atau "noncomedogenic", yang berarti tidak memberikan efek berupa timbulnya jerawat ataupun komedo.

Dalam membeli make up, maka harus diingat pada make up juga mempunyai tanggal kadaluarsanya. Dimana banyak yang melupakan permasalan ini.

18. Jangan Melakukan Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kulit
Hindarkan kebiasaan buruk yang berefek pada kulit, hal ini penting agar kesehatan kulit bisa tetap terjaga. Contoh hal-hal yang perlu Anda perhatikan:
  1. Jangan merokok, dengan tidak merokok maka Anda bisa memiliki kulit wajah yang lebih awet muda. Kebiasaan merokok bisa membuat kulit kering, cenderung berwarna kuning dan bisa memperpendek umur kulit.
  2. Anda perlu menghindarkan wajah agar tidak terkena hairspray dan gel, karena berakibat pada tersumbatnya pori-pori kulit. 
  3. Minimalisir dari terlalu sering berada di jalanan umum.
  4. Hindari menggunakan ikat kepala yang terlalu ketat.
  5. Hindari seirng menggaruk wajah.
  6. dll.

19. Hindari Penggunaan Bleaching Dari Bahan Kimia
Bleaching merupakan terapi untuk pengelupasan kulit yang bertujuan untuk membuat kulit lebih cerah secara instan. Hanya saja, dikhawatirkan bahan kimia yang digunakan untuk terapi ini dapat berdampak buruk pada kulit, bahkan bisa beresiko munculnya kanker kulit.

Oleh karena itu, hendaknya memilih bleaching yang terbuat dari bahan alami sehingga lebih aman. Anda juga perlu menghindari melakukan bleaching yang berlebihan, karena masalah membuat kulit rusak dan menjadi gelap.

20. Nikmati Jus Lemon Segar Karena Baik Untuk Kulit
Dari pada minum-minuman bersoda, lebih baik minum jus buah yang juga lezat. Selain itu, manfaat jus lemon ini bisa membuat wajah lebih cerah. Hal itu karena di dalam lemon terkandung vitamin C yang bermanfaat untuk kulit, yang secara umum membuat kulit lebih segar dan sehat.

Untuk jenis makanan sehat yang mungkin banyak orang tidak mengetahuinya yaitu salad, dimana di damanya terkandung nutrisi dan vitamin yang berguna bagi kulit. Konsumsilah salad yang berisi kombinasi sayuran sehat. Anda bisa memasukan pada makanan salad berupa wortel, selada, tomat, kentang, mentimun, lobak dan lainnya.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman