20 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Kolesterol, Diabetes, dll


Pada sebagian orang, jantung pisang banyak dibuang begitu saja dan akhirnya jantung pisang membusuk di tanah. Padahal sebenarnya mereka bisa memanfaatkan jantung pisang untuk diolah menjadi banyak jenis makanan.

Apabila dibandingkan buahnya, harga jantung pisang jauh lebih murah. Namun, Anda jangan meremehkan manfaat jantung pisang, karena memberikan banyak manfaat kesehatan.

Jantung pisang memiliki kandungan berupa senyawa protein, serat, kalori, lemak dan karbohidrat. Jantung pisang terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Juga mengandung mineral berupa fosfor, kalsium dan zat besi.

Jantung Pisang
Jantung Pisang | Sumber gambar: Pixabay.com

Kandungan gizi jantung pisang:
Dari laman Stylecraze.com, kandungan nutrisi jantung pisang dalam 100g, yaitu:
  • 51 kkal
  • Protein: 1.6g
  • Vitamin E: 1.07mg
  • Serat: 5.7mg
  • Lemak: 0.6g
  • Karbohidrat: 9.9g
  • Kalsium: 56mg
  • Fosfor: 73.3mg
  • Kalium: 553,3 mg
  • Magnesium: 48.7mg
  • Zat besi: 56.4mg
  • Tembaga: 13mg

Antioksidan kuat berupa flavonoid juga terkandung di dalam jantung pisang.

Manfaat Jantung Pisang

1. Memperbaiki Suasana Hati
Dari laman Indiatimes.com, menyebutkan bahwa jantung pisang kaya akan kandungan magnesium. Dimana manfaat dari kandungan magnesium yaitu membantu untuk meningkatkan mood (suasana hati), serta dapat menurunkan tingkat stres yang di alami.

Mungkin inilah khasiat jantung pisang yang luar biasa, sehingga orang-orang tidak melulu bergantung pada obat-obatan anti depresan guna mengurangi kadar stress yang dialami.

Anda disarankan mencoba mengonsumsi jantung pisang ini sebagai gantinya, dengan kandungan kaya akan magnesium yang sangat penting.

Mengonsumsi jantung pisang ini berguna untuk menjaga mood, mengurangi rasa cemas, dan menangkal timbulnya stres dan depresi. Bisa dikatakan jantung pisang sebagai anti depresan alami yang tanpa efek samping.

2. Mengobati dan Mencegah Sembelit
Sembelit atau susah BAB adalah salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi. Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi sayur jantung pisang, sehingga diharapkan bisa sembuh lebih cepat.

Selain buah pisang, jantung pisang juga memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi, yang manfaat kandungan serat ini yaitu sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan, sehingga nantinya masalah sembelit bisa teratasi dengan baik.

Kandungan serat alami yang terkandung di dalam jantung pisang sangat bagus untuk mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan.

Penjelasan dari laman Lifehack.org, bahwa masalah pencernaan seperti perut mulas, sakit perut, atau konstipasi, maka konsumsi jantung pisang adalah pilihan yang sangat disarankan guna menghilangkan gangguan pencernaan.

Jantung pisang memiliki kandungan serat tidak larut yang mampu mengurangi risiko konstipasi. Serat tidak larut berfungsi dalam membantu melancarkan buang air besar sehingga menghalangi timbulnya masalah sembelit dan diare.

Serat tak larut juga bekerja untuk membantu membersihkan racun dari usus besar secara maksimal, serta membantu mempertahankan kadar pH (tingkat keasaman) usus dalam kadar yang aman. Hal ini sangat penting untuk mencegah resiko kanker usus di dalam sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, di dalam jantung pisang juga terkandung serat larut yang berfungsi untuk memperlambat proses pengosongan perut, hal ini berguna agar Anda bisa kenyang lebih lama, sehingga tercegah dari konsumsi makanan secara berlebihan.

Kedua jenis serat tersebut sangat penting, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan.


3. Membantu Mengatasi Diabetes
Anda bisa mengonsumsi jantung pisang yang bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. Penyakit diabetes membuat Anda harus berhati-hati dari konsumsi asupan manis atau gula.

Dari laman Indiatimes.com, mengungkapkan bahwa ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa kadar insulin pada pasien diabetes mengalami penurunan setelah mereka menerapkan konsumsi jantung pisang secara rutin. Tapi, studi ini masih belum terbukti secara klinis.

Dari laman Lifehack.org, bahwa orang yang terkena diabetes harus berjuang untuk menjaga tingkat gula darah mereka. Terdapat fakta bahwa jantung pisang memiliki kandungan tinggi serat, yang berfungsi sangat penting untuk membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Lonjakan tingkat gula darah sangat berbahaya, karena dalam jangka panjang bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi penyakit diabetes seperti penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

4. Mencegah Infeksi dan Peradangan
Jantung pisang mempunyai sifat anti inflamasi dan juga anti bakteri, hal ini sama seperti yang dimiliki oleh madu.

Dengan fungsinya sebagai anti bakeri dan anti peradangan, maka manfaatnya sangat penting dalam mengatasi masalah kesehatan seperti penyakit maag, infeksi jamur, radang sendi, serta berbagai masalah peradangan dan infeksi lainnya.

Dari laman Livestrong.com, ekstrak berbasis etanol dari jantung pisang mampu berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen seperti Escherichia coli, Subtalis Bacillus dan Bacillus cereus.

Selain itu mampu membantu proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi, hal ini dijelaskan oleh Mumtaz Jahan. Penelitian ini dipublikasian pada tahun2010 di “Journal of Chemical and Pharmaceutical Research”.

Pada studi lainnya yang dipublikasikan pada tahun 2011 di jurnal “Parasitologi Penelitian”, hasil studi menemukan bahwa ekstrak etil asetat yang ada di dalam jantung pisang mampu menghambat pertumbuhan “malarial parasite Plasmodium falciparum in vitro”. Namun, hal ini belum dibuktikan pada studi klinis.

5. Menurunkan Berat Badan
Jantung pisang mengandung serat yang tinggi, manfaatnya mampu menjadikan perut kenyang lebih lama dan juga melancarkan pencernaan.

Dengan kondisi perut yang bisa kenyang lebih lama maka sangat berguna untuk mencegah Anda makan secara berlebihan, termasuk mengurangi kebiasaan ngemil.

6. Mengatasi Anemia
Selain bayam yang mengandung zat besi tinggi, jantung pisang juga memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Dari laman Lifehack.org, Anemia merupakan kondisi yang cukup serius, dimana kondisi tubuh yang tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah yang mencukupi. Sel darah merah memiliki fungsi penting dalam menyebarkan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh.

Dengan begitu, tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk mencukupi produksi sel darah merah di dalam tubuh. Jantung pisang kaya akan zat besi yang mengoptimalkan proses produksi sel-sel darah merah ini.

Mengonsumsi jantung pisang akan membantu untuk mengobati penyakit anemia yang dialami, selain itu juga memberikan tenaga yang mencukupi bagi tubuh untuk beraktivitas.

loading...

7. Meningkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Menyusui
Dari laman Stylecraze.com, bahwa salah satu problem utama ibu menyusui adalah minimnya pasokan ASI. Konsumsi jantung pisang bermanfaat untuk meningkatkan pasokan ASI bagi Ibu menyusui.

Dari laman Hamil.co.id, menjelaskan bahwa jantung pisang termasuk kategori sayuran yang dapat memberikan manfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu dapat meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, jantung pisang juga bermanfat untuk mencegah terjadinya morning sickness pada ibu hamil, menyembuhkan luka lebih cepat pasca persalinan, mencegah anemia dan diabetes, serta memperbaiki mood ibu hamil.

8. Menangkal Serangan Radikal Bebas
Dari laman Stylecraze.com, bahwa serangan radikal bebas mengakibatkan gangguan yang serius bagi kesehatan tubuh. Ekstrak metanol yang terdapat pada jantung pisang merupakan antioksidan yang sangat penting bagi tubuh.

Jenis antioksidan ini bekerja untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh. Dimana radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan pada organ dan jaringan tubuh, salah satunya dampak yang mengerikan dari radikal bebas adalah kanker.

Manfaat antioksidan ini sangat penting untuk mencegah bahaya terkena kanker, penuaan dini, dan lainnya.

Dari laman Indiatimes.com, radikal bebas menyerang sel-sel sehat tubuh dan merusaknya, yang dampaknya berupa penyakit jantung, kanker dan penuaan kulit. Jantung pisang sarat dengan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkannya.

9. Mengurangi Pendarahan Selama Menstruasi
Saat masa menstruasi bisa saja timbul rasa sakit pada wanita, bahkan pada sebagian wanita mengalami masalah menstruasi yang cukup serius, kondisi ini dapat menganggu kondisi psikis serta juga bisa menimbulkan rasa sakit kepala.

Konsumsi jantung pisang yang dimasak bermanfaat untuk mengatasi masalah pendarahan selama masa menstruasi.

Dari laman Indiatimes.com , konsumsi resep secangkir jantung pisang yang dimasak dengan yoghurt mampu meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh, serta mencegah perdarahan berlebihan saat masa menstruasi. Jantung pisang juga dipercaya mampu mengatasi masalah sindrom ovarium polikistik (PCOS).

10. Mengatasi Masalah Kolesterol Tinggi
Mengkonsumsi jantung pisang bermanfaat untuk menghindari terjadinya masalah kolesterol tinggi. Hal ini karena jantung pisang banyak memiliki kandungan penting seperti serat. Selain itu jantung pisang rendah lemak.

Dengan kandungannya yang sehat, Jantung pisang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, juga mengikat kolesterol dan lemak untuk dibuang keluar tubuh bersamaan dengan kotoran.


11. Menghindari Penyakit Jantung dan Stroke
Dari laman Doktersehat.com, jantung pisang mampu mencegah terjadinya pendarahan pada otak, baik itu pada jantung maupun pembuluh darah. Apabila dikonsumsi secara rutin, jantung pisang mampu menghindari dan membantu mengobati penyakit stroke.

Jantung pisang kaya akan nutrisi, seperti mengandung vitamin, mineral, serat dan lainnya. Jantung pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Kandungan di dalam jantung pisang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mengikat kolesterol dan lemak untuk kemudian dibuang dari dalam tubuh.

Dari laman Lifehack.org, menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab nomor satu kematian, sehingga sangat berbahaya. Jantung pisang memiliki kandungan kalium telah terbukti mampu melindungi jantung.

Kalium bekerja pada tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dimana tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jantung.

12. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan flavanoid yang ada di dalam jantung pisang berfungsi penting untuk perbaikan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan, serta berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal serangan radikal bebas.

Dari laman Lifehack.org, jantung pisang  kaya akan vitamin C dan senyawa seperti tanin dan flavonoid, yang semuanya merupakan antioksidan.

Senyawa antioksidan berfungsi untuk meredakan kondisi stres pada sel-sel tubuh, serta bekerja untuk memperlambat proses penuaan, sehingga mencegah timbulnya masalah penuaan dini.

13. Untuk Kesehatan Pencernaan
Dari laman Medindia.net, bahwa jantung pisang kaya akan serat, baik itu serat larut dan tidak larut. Manfaatnya untuk melancarkan saluran pencernaan.

Asupan serat larut disarankan dikonsumsi bagi mereka yang mengalami masalah sindrom iritasi usus (IBS) dan diare.

Adapun serat tidak larut nantinya saat di dalam tubuh tidak akan larut di dalam air, manfaat serat tidak larut untuk mengatasi masalah sembelit.

Pada kedua jenis serat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan mengoptimalkan proses penyerapan makanan di dalam saluran pencernaan.

14. Membuat Jiwa Lebih Rileks
Dari laman Lifehack.org, bahwa di masa yang serba modern ini, banyak orang yang mengalami stres dan depresi. Jantung pisang kaya akan kandungan magnesium, yang berfungsi untuk membuat tubuh bisa rileks secara alami, serta membantu agar dapat tidur nyenyak. Tidur nyeyak dan berkualitas juga penting untuk meredam resiko stres dan depresi.

15. Mengatasi Masalah Premenstrual Syndrome (PMS)
Dari laman Medindia.net, keparahan gejala PMS bermacam-macam, yang berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Gejalanya juga bisa bervariasi dari bulan ke bulan.

Beberapa gejala umum PMS yaitu perubahan mood, perut kembung, masalah pencernaan, depresi, dan rentan untuk sering marah. Jantung pisang efektif untuk megatasi PMS karena manfaat kandungannya yang mampu mencegah munculnya berbagai gejala tersebut.

Anda bisa mengkukus jantung pisang bersama dengan yogurt dan parut kelapa, ini menjadi hidangan sederhana yang sehat dan lezat, yang bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS.

Yogurt yang dikonsumsi memiliki probiotik, serta jantung pisang mengandung serat, manfaatnya bisa membantu menenangkan organ pencernaan dan mencegah perut kembung. Jantung pisang juga mengadung magnesium yang membantu memperbaiki mood, serta mencegah stres dan depresi.

16. Mengobati Malaria
Penyakit malaria sangat berbahaya, penyakit ini berasal dari nyamuk. Anda bisa memanfaatkan jantung pisang sebagai pengobatan dari virus malaria. Cara membuat ramuan pengobatannya:
  1. Siapkan sebuah jantung pisang ambon dan asam jawa
  2. Lalu Anda bersihkan dan kupas kulit bagian luar buah jantung pisang ambon tersebut.
  3. Lalu Anda timbun di dalam bara api selama 30 menit
  4. Lalu parut (bisa juga ditumbuk) hingga hancur.
  5. Kemudian peras airnya dan saring.
  6. Siapkan gelas atau wadah, Anda masukkan air perasannya ke gelas tersebut.
  7. Lalu masukan sedikit asam jawa ke dalam gelas tersebut.
  8. Barulah Anda minum ramuan tersebut. 
  9. Minum pada pagi hari, lakukan satu kali dalam sehari.

17. Mengatasi Masalah Gangguan Syaraf
Dari laman Medindia.net, bahwa konsumsi bunga pisang bisa mencegah gangguan saraf, yang sangat umum seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kedua penyakit itu muncul karena terkena dampak bahaya radikal bebas. Kandungan antioksidan di dalam jantung pisang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas.

18. Mencegah Kanker
Dampak serangan radikal bebas mengakibatkan terjadinya kerusakan kinerja organ tubuh, hingga bisa menyebabkan penyakit kanker. Sistem oksidasi menyebabkan masalah penuaan pada sel-sel di dalam tubuh.

Kandungan estrak metanol yang ada dalam jantung pisang memiliki sifat antioksidan yang sangat penting, yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, sehingga membantu mencegah resiko kanker.

19. Mengatasi Datang Bulan Tidak Teratur
Jika mengalami datang bulan yang tidak teratur, mala cobalah untuk mengatasinya dengan memakan sayur jantung pisang. Diyakini bahwa manfat jantung pisang mampu untuk melancarkan siklus datang bulan. Kandungan di dalam jantung pisang bekerja untuk mengontrol hormon-hormon di dalam tubuh. Manfaat lainnya, konsumsi jantung pisang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri di perut dan panggul.

20. Menyehatkan Rahim Wanita
Jantung pisang bermanfaat untuk kesehatan rahim. Jantung pisang tidak hanya kaya akan kandungan serat saja, tetapi juga memiliki kandungan mineral yang sangat penting seperti kalsium, tembaga, dan juga zat besi. Kandungan mineral tersebut memiliki fungsi untuk memperkuat dinding rahim dan juga mencegah terjadinya infeksi pada rahim.

Penutup
Disarankan untuk memilih jantung pisang yang berasal dari pisang jenis kepok, pisang siam, atau klutuk (batu). Yang kandungan proteinnya tinggi dan juga lebih lezat dikonsumsi.

Cara pengolahannya sederhana. Anda hanya perlu membelah atau mengupas kelopak bagian luarnya, hingga hanya tersisa bagian dalam yang berwarna putih kemerahan.

Lalu cuci bersih dan lakukan mengiris dengan cara memanjang. Setelah itu, Anda barulah merebus jantung pisang tersebut.

Resep Jantung Pisang
Jantung pisang sebenarnya dapat Anda olah sebagai bahan kuah, ditumis, dan beberapa jenis masakan lainnya. Salah satunya Anda bisa membuat resep ‘tumis jantung pisang saus tiram terasi’. Berikut di bawah ini caranya.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:
  • Sebuah jantung pisang, belah menjadi 2
  • 10 buah cabai rawit (jumlahya bebas, bisa kurang atau bisa lebih, sesuai selera Anda)
  • 6 siung bawang merah, iris secara tipis
  • 4 siung bawang putih, iris secara tipis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 cm terasi
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm saus tiram
  • Gula, secukupnya
  • Garam, secukupnya

Cara membuatnya:
  1. Rebus jantung pisang sampai matang (ditandai dengan jantung pisang yang empuk). 
  2. Lalu Anda buang airnya, dan potong-potong kecil. 
  3. Lalu di tempat lainnya, tumis bawang putih dan bawang merah hingga tercium bau harum. 
  4. Anda tambahkan ke dalamnya cabai rawit yang sudah dihaluskan, daum salam, daun jeruk dan lengkuas. 
  5. Kemudian tumis kembali (jangan terlalu lama).
  6. Anda tambahkan juga terasi dan saus tiram, kemudian aduklah sampai tercium bau harum.
  7. Lalu, barulah masukkan jantung pisang tadi (yang sudah direbus).
  8. Lalu Anda masak sampai bumbu akhirnya tercampur dengan rata. 
  9. Lalu Anda teruskan melakukan tumis sampai bumbu meresap.
  10. Selesai, Anda bisa menyajikannya dengan tambahan taburan bawang goreng. 

Resep Opor Ayam Jantung Pisang 
Opor ayam sudah sangat populer di indonesia, yang mempunyai cita rasa khas. Anda bisa membuat opor ayam yang ditambah dengan jantung pisang, serta dimasak dengan kuah santan pedas. Berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:
  • 500 gram daging ayam (cuci bersih, kukus sebentar, untuk cara memotongnya bebas)
  • 500 ml santan kelapa
  • 200 gram jantung pisang (direbus)
  • Minyak (secukupnya)
  • 1 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 cm lengkuas (memarkan)
  • 4 cm jahe (memarkan)
  • 2 batang serai (memarkan)

Bahan Untuk Membuat Bumbu Halus:
  • 6 cm kunyit
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 20 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah besar (buang isinya)
  • 5 butir kemiri
  • Merica (kira-kira sepucuk sendok teh)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)

Cara Membuatnya:
  1. Pertama-tama Anda panaskan minyak, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga sampai harum. Anda masukkan jahe, daun salam, daun jeruk, batang serai dan lengkuas.
  2. Apabila bumbu telah harum, maka masukkan daging ayam, serta berikan sedikit air lalu rebus hingga mendidih.
  3. Kemudian masukkan jantung pisang, dan rebus lagi hingga air kembali mendidih, serta pastikan bumbu sudah meresap sepenuhnya (baik itu meresap ke dalam jantung pisang maupun daging ayam).
  4. Apabila air telah mendidih, serta bumbu telah meresap sempurna, lalu Anda masukkan santan kelapa. 
  5. Kemudian Anda rebus kembali sembari diaduk-aduk hingga akhirnya mendidih.
  6. Terakhrir, tinggal diangkat ‘opor ayam spesial’ tersebut, kemudian disajikan di piring.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman