25 Cara Merawat Rambut Agar Kuat, Lembut & Berkilau


Tentunya orang-orang akan menginginkan untuk memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Oleh karena itu, disinilah pentingnya setiap orang untuk mengetahui cara merawat rambut, terutama untuk kaum wanita.

Jangan terlalu bergantung pada salon, Anda juga harus memiliki inisiatif sendiri dan kebiasaan yang baik agar bisa memiliki rambut yang sehat dan indah. Selain itu, biaya perawatan rambut di salon tidaklah murah, tidak semua orang mampu melakukannya.

Cara Merawat Rambut Agar Sehat, Kuat, Lembut & Berkilau

Jangan berlebihan untuk bergantung pada produk buatan pabrik, tidak semua produk kecantikan dan produk perawatan rambut bisa cocok, disamping itu manfaat yang diperoleh belum tentu sesuai dengan harapan.

Merawat rambut dengan mengandalkan salon dan produk pabrik tidaklah masalah (karena memang juga diperlukan), hanya saja jangan berlebihan dan jangan terlalu bergantung.

Langsung saja, berikut di bawah ini penjelasan lengkap tentang cara merawat rambut:

1. Ketahui Cara Keramas Yang Baik
Saat akan memilih sampo, maka sangat penting untuk memilih yang sesuai pada jenis rambut. Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, diantara mereka ada yang memiliki rambut yang rentan berminyak dan rentan mengalami kekeringan.

Pemilihan sampo juga harus sesuai dengan kondisi yang dialami rambut saat ini. Perhatikan kondisi rambut Anda, apakah sedang dalam kondisi normal, atau sedang mengalami masalah kerontokan, ketombe, ataupun bercabang. Pilih sampo yang paling sesuai dengan Anda.

Anda juga harus menghindari jenis sampo yang di dalamnya memiliki kandungan bahan yang keras. Jenis bahan-bahan yang keras, contohnya yaitu sodium lauryl sulfate dan ammonium lauryl sulfate.

Dalam keramas, jangan menggunakan air yang cenderung panas karena akan menghilangkan minyak alami rambut yang keberadaannya bermanfaat, jangan juga menggunakan air yang cenderung dingin karena dampaknya bisa mengakibatkan rambut beresiko mengalami kekusaman.

Sesudah keramas, kondisi rambut yang basah ternyata beresiko tinggi bisa rusak, sehingga jangan terburu-buru untuk menyisir rambut ketika rambut masih basah (setelah sampo). Sisirlah rambut ketika basah di rambut sudah berkurang, atau rambut sudah agak mengering.

Ingat, setelah mandi jangan langsung menyisir rambut, tetapi tunggu sesaat agar basah di rambut berkurang. Selain itu, hindari kebiasaan menggosok-gosok rambut dengan handuk setelah mandi.

2. Batasi Penggunaan Aksesoris Rambut
Sangat penting bagi kesehatan rambut, agar Anda jangan berlebihan dalam memakai aksesoris rambut. Contonya, jangan membiasakan diri untuk mengepang atau menguncir rambut, Anda hanya boleh melakukannya sesekali saja. Dalam mengepang atau menguncir rambut juga jangan terlalu kencang karena beresiko tinggi dapat merusak rambut.

Selain itu, batasi penggunaan produk rambut yang memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya, serta jangan terlalu sering menggunakan alat khusus penata rambut yang mengeluarkan hawa panas (dari alat tersebut), karena akibatnya bisa merusak rambut.

Ikat rambut memang barang penting bagi kaum hawa, tapi sering mengikat sangat tidak baik, yang bisa menyebabkan kesehatan rambut terganggu dan rambut mudah patah.


3. Potong Bagian Ujung Rambut
Anda perlu memotong ujung rambut ketika kondsi rambut sudah ada yang bercabang, munculnya rambut bercabang biasanya karena kondisi rambut yang kering. Namun, memotong bagian rambut yang bercabang tidak boleh sembarang dilakukan.

Kalau dilakukan sendiri di rumah mungkin agak merepotkan, maka Anda bisa melakukannya di salon. Hal itu karena di salon biasanya sudah terdapat alat-alat yang lengkap untuk melakukan hal ini dengan baik.

Hal yang dikhawatirkan ketika memotong rambut di rumah, yang digunakan justru gunting yang sudah tumpul atau yang ketajamannya tidak sesuai, sehingga bisa berdampak buruk bagi rambut.

4 Gunakan Ramuan Lidah Buaya & Alpukat
Cobalah sesekali untuk membuat shampo alami. Manfaatkan bahan alami berupa alpukat dan lidah buaya. Anda bisa memanfaatkan kedua bahan itu untuk masker rambut.

Cara membuat ramuannya, pertama-tama ambil daging lidah buaya, kemudian hancurkan bersamaan dengan alpukat.

Setelah ramuan benar-benar hancur dan halus, maka Anda tinggal mengoleskan ramuan tersebut ke rambut. Anda hanya perlu mengaplikasikan ramuan tersebut ke rambut seperti saat keramas biasa.

5. Jagalah Kesehatan Kulit Kepala 
Penting untuk memastikan kondisi kulit kepala agar tetap sehat, sebab akar rambut tertanam di bawah kulit kepala. Baiknya kfolikel rambut sangat dipengaruhi dari kondisi kesehatan kulit kepala.

Dimana dengan aliran darah yang lancar di jaringan kulit kepala dan sekitarnya, berdampak baik bagi folikel rambut, yang membuat kondisi kesehatan kulit kepala tetap terjaga.

Dalam menggunakan produk perawatan rambut, Anda hendaknya memilh produk yang memiliki kandugan fatty alcohol atau yang bertuliskan stearyl, myristyl dan cetyl.

Saat melakukan keramas, Anda hendaknya melakukannya sambil memijat kulit kepala, tidak usah lama-lama melakukannya, sekitar setengah menit saja.

Manfaat dari melakukan pemijatan kulit kepala adalah dapat membantu sirkulasi darah di daerah yang dipijat bisa optimal. Hal ini berguna untuk memberikan rangsangan pada folikel rambut untuk memberikan manfaat pertumbuhan yang baik pada rambut.

Dalam menjaga kesehatan kulit kepala, Anda juga disarankan untuk sesekali mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala. Hindari juga rambut sering terkena sinar matahari.

loading...

6. Masker Jus Daun Seledri
Bahan alami daun seledri bisa Anda manfaatkan untuk perawatan rambut. Buatlah jus yang berasal dari bahan daun seledri, setelah itu Anda perlu membiarkan semalaman. Jadi Anda buat pada malam atau sore hari, lalu gunakan pada keesokan paginya.

Pada pagi hari aplikasikan ramuan jus daun seledri tersebut pada rambut secara merata, lalu setelah selesau mengoleskan maka diamkan selama 15 menit. Setelah itu baru bilas rambut sampai bersih.

7. Sangat Penting Untuk Memilih Produk yang Tepat
Anda harus memilih produk perawatan rambut yang benar-benar cocok dan sesuai kebutuhan Anda. Baik itu dalam memilih produk sampo, gel, kondisioner dan yang lainnya.

Contohnya, bagi Anda yang memiliki jenis rambut yang mudah kering, maka pilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut Anda yaitu produk yang dibuat khusus untuk rambut yang rentan kering. Dimana produk yang cocok yaitu yang berkadar pH rendah untuk rambut kering.

Mengenai pemilihan produk ini, maka Anda perlu berkonsultasi atau menanyakan tentang kualitas dan manfaat suatu produk pada orang yang telah menggunakannya. Jangan memaksakan diri untuk menggunakan produk yang tidak cocok bagi rambut Anda.

8. Masker Cuka Sari Apel
Untuk mengatasi masalah rambut yang mudah lepek, Anda bisa memanfaatkan cuka sari apel. Cara membuat ramuannya, pertama-tama campurkan cuka sari apel dengan air hangat. Untuk perbandingannya yaitu sama banyak (1:1).

Setelah cuka sari apel dan air hangat dicampurkan, maka setelahnya tinggal diaplikasikan pada rambut. Basahi rambut dengan menggunakan ramuan tersebut.

Setelah itu biarkan sekitar 5 menit, kemudian bilas rambut menggunakan air sampai bersih, yaitu hingga bau cuka sudah tidak ada di rambut.

9. Menyisir Rambut dengan Benar
Tentunya Anda dalam sehari akan berkali-kali dalam menyisir rambut, hanya saja ada hal yang perlu diperhatikan dalam menyisir rambut sehingga mencegah timbulnya masalah para rambut, seperti salah satunya rambut rontok.

Menyisir rambut jangan dilakukan terlalu cepat, asal-asalan dan terburu-buru karena dapat merusak rambut. Selain itu dalam menggunakan sisir, maka pilih jenis sisir yang bergigi lebar.

Disarankan dalam menyisir rambut, lakukan dengan gerakan yang dimulai dari bagian bawah rambut hingga akhirnya ke bagian atas rambut, cara ini berguna untuk mencegah rambut rentan mengalami kerontokan.

Sebagian orang menyisir rambutnya dengan cara yang kasar, ini adalah sebuah kesalahan. Apalagi saat seorang wanita yang rambut panjangnya sedang kusut, maka seringkali kasar dalam menyisir. Penting untuk menyisir rambut secara lembut dan perlahan, sehingga tidak merusak rambut.

Sisir rambut secukupnya saja, terlalu sering menyisir rambut karena berarti Anda akan terlalu sering menarik rambut, hal ini bisa memicu kerusakan rambut, bahkan bisa sampai ke akar-akarnya.

Hal yang kurang baik menyisir rambut dalam keadaan rambut sedang basah. Hendaknya menyisir rambut ketika rambut sudah mulai mengering.

Hindari menyisir rambut yang langsung dari akarnya (terlalu ke bawah). Menyisir langsung dari akar rambut bisa mengakibatkan rambut akan tertarik terlalu kuat, yang akhirnya membuat rambut rentan rontok. Hendaknya sisir rambut beberapa inci di atas akar rambut, hal ini jauh lebih aman.

Dalam menyisir, juga pastikan sisir dalam kondisi bersih. Hal itu karena kondisi sisir kotor bisa mengakibatkan kulit kepala menjdi kotor.

Hal ini akhirnya dapat menyumbat pori-pori di kulit kepala, yang akibatnya dapat membuat gatal di kulit kepala, bahkan dapat mengakibatkan munculnya ketombe.


10. Masker Rambut dari Jus Lemon
Lemon seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus yang sangat menyegarkan badan, namun selain itu Anda dapat memanfaatkan lemon dalam rangka untuk merawat rambut yang sehat dan indah.

Manfaatkan ‘ramuan’ jus lemon ini untuk kesehatan rambut dan menanggulangi masalah rambut kusam. Anda hanya perlu mengoleskan jus lemon ke rambut, lalu setelah selesai mengoleskan maka biarkan saja selama 10 menit.

Setelah kandungan lemon meresap ke rambut dan kulit kepala, terakhir tinggal Anda bersihkan rambut menggunakan air bersih.

11. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer
Yang disarankan dalam mengeringkan rambut adalah dengan cara alami, yaitu dibiarkan saja hingga rambut kering atau jika Anda ingin rambut cepat kering maka bisa menganginkannya atau dikipas.

Adapun pemakaian alat seperti hair dryer maka bisa memberikan efek buruk pada rambut, berupa rambut akan rentan mengalami kekeringan, bahkan lebih buruk lagi bisa merusak rambut.

Oleh karena itu, Anda harus membatasi pemakaian alat hair dryer ini, gunakan jika memang sedang darurat saja.

12. Manfaatkan Minyak Almond
Anda dapat memanfaatkan minyak almond untuk mengatasi masalah rambut kusam, mudah rapuh dan kering. Dengan kandungan di dalamnya, minyak almond dapat dikatakan sebagai vitamin untuk rambut.

Untuk memanfaatkan minyak almond untuk kesehatan rambut, maka Anda hanya perlu memanaskan minyak almond, yang kemudian tunggu hingga dingin, lalu tinggal aplikasikan ke rambut. Oleskan secara merata pada rambut.

Setela selesai mengoleskan, maka diamkan saja rambut selama 20-30 menit, terakir bersihkan rambut menggunakan air bersih. Jika memungkinkan (tidak wajib), Anda bisa melakukan shampo setelah itu.

13. Memotong Rambut Secara Rutin
Sekalipun Anda wanita yang ingin memiliki rambut panjang, tetapi Anda juga perlu untuk sesekali memotong rambut.

Tujuan dari memotong rambut secara rutin (misalnya 4 kali dalam setahun, atau sesuai kondisi Anda) manfaatnya adalah untuk mencegah timbulnya masalah rambut kering. Sehingga kondisi rambut tetap sehat dan kuat.

14. Hot Oil Treatment
Anda bisa melakukan cara alami dari hot oil treatment. Caranya: Pertama-tama tuang campuran dari 2 sdm minyak almond, minyak kelapa murni, minyak zaitun dan minyak jojoba ke dalam wadah, lalu hangatkan suam-suam kuku.

Ingat hanya hangatkan saja... Jangan terlalu panas. Karena jika terlalu panas bisa merusak kulit kepala.

Setelah selesai menghangatkan, maka tunggu agak mendingin. Lalu aplikasikan pada rambut, pijat rambut menggunakan campuran dari beberapa minyak ini.

Setelah selesai mengoleskan, maka tunggu selama 30 menit. Setelah itu baru bilas rambut menggunakan  air hingga bersih.

15. Konsumsi Makanan dan Vitamin Rambut
Perlu diketahui, baiknya kondisi kesehatan dan pertumbuhan rambut sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan protein, seperti susu, ikan, telur, kacang-kacangan, unggas dan daging.

Konsumsi juga makanan yang kaya akan kandungan zat besi, seperti bayam, biji labu, kacang-kacangan, kerang dan tiram. Juga konsumsi asupan asam lemak omega-3 yang bisa diperoleh dari yogurt, salmon dan sarden.

Penting bagi Anda untuk memilih asupan makanan yang sehat dan bergizi dari sayur-sayuran maupun buah-buahan sehingga nantinya berdampak baik pada rambut. Selain itu, juga pernuhi kebutuhan tubuh akan air putih.

16. Ramuan Air Beras dan Madu
Ramuan lainnya yang bisa Anda buat untuk terapi rambut yaitu campuran air beras dan madu. Cara membuatnya: Pertama-tama siapkan secangkir air beras, lalu masukan 2 sdt madu ke dalamnya. Aduk merata.

Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan campuran tersebut ke rambut, tunggu selama 15 menit.

Terakhir, bersihkan rambut menggunakan air. Manfaat dari melakukan ini adalah untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau, serta mencegah rambut kering.

17. Masker Alpukat dan Pisang
Melakukan ini berguna untuk membuat kelembaban rambut terjaga dengan baik. Caranya: Pertama-tama siapkan 1 buah pisang matang dan 2 alpukat matang.

Anda korek dan ambil daging alpukat, lalu campurkan pada pisang yang telah dihaluskan. Sehingga nantinya akan menjadi pasta.

Gunakan pasta ramuan tersebut untuk mengoleskannya pada rambut. Setelah selesai mengoleskan biarkan selama 20 menit. Lalu cuci rambut hingga bersih.

18. Kondisioner Rambut
Anda juga perlu sesekali melakukan kondisioner rambut, manfaatnya bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut. Anda akan dapat lebih tercegah dari masalah kerusakan rambut, rambut kering dan kusam.

Hal lainnya yang penting diketahui dalam perawatan rambut:

19. Jangan terlalu sering rambut terkena paparan sinar matahari. Sehingga bagi Anda yang banyak bekerja di luar ruangan, maka Anda bisa menutup rambut saat berjalan di bawah paparan sinar matahari langsung.

20. Hindari styling rambut karena beresiko membuat rambut menjadi kering. Hindari berlebihan dalam melakukan styling rambut.

21. Hindari terlalu banyak zat kimia yang menempel pada rambut. Boleh-boleh saja menggunakan produk perawatan rambut, hanya saja pastikan produk yang digunakan aman dan tidak mengakibatkan efek samping yang buruk.

22. Hindari rambut terlalu sering terkena polusi udara, contohnya asap kendaran yang banyak menerpa rambut di jalan, terutama di jalan-jalan utama di kota besar.

23.  jangan terlalu sering melakukan semir rambut untuk mewarnai rambut.

24. Jangan terlalu sering memakai hairsray rambut, karena beresiko merusak rambut.

25. Hindari sering menggosok rambut. Hal itu karena bisa mengakibatkan terjadinya gesekan yang cukup keras pada rambut, yang akhirnya bisa membuat rambut mengalami kerusakan. Contoh kesalahan yang dilakukan, yaitu sering menggosok rambut menggunakan handuk setelah baru selesai mandi.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman