25 Cara Alami & Modern Merawat Kuku Agar Sehat, Kuat dan Berkilau


Kuku juga hendaknya mendapatkan perhatian yang baik dalam perawatannya. Agar Anda mendapatkan kuku yang kuat, indah dan berkilau.

Dengan memiliki kuku yang mendapatkan perawatan yang baik, maka kuku yang bersih bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Hal itu karena kondisi kuku yang baik dan bersih itu sebenarnya menggambarkan orang tersebut sehat dan rajin menjaga kebersihan. Hal ini bisa meningkatkan rasa PD pada seseorang.

Perlu diketahui, bahwa tangan akan sangat banyak terkena berbagai macam kotoran ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

Terutama bagi mereka yang bekerja mengetik di komputer publik, maka ini salah satu contoh yang paling rentan terhadap resiko tangan banyak terkena banyak kuman dan kotoran. Dan banyak contoh-contoh lainnya.

Oleh karena itu, merawat dan menjaga kebersihan kuku merupakan hal yang cukup perlu dilakukan secara rutin. Kali ini dibahas mengenai perawatan kuku yang baik dan besar.

Cara Merawat Kuku
Sumber gambar Pixabay.com

Cara Merawat Kuku

1. Mulai Sekarang Rutinlah untuk Mengkonsumsi Yogurt
Di dalam Yoghurt terdapat banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan kuku yang baik. Kandungan di dalam Yoghurt berupa kalsium, zat besi, folat, vitamin A, B, D, C, E, dan K, mineral seng, dan protein.

Selain itu, pada Yoghurt terdapat bakteri baik yang disebut probiotik, fungsinya untuk membantu proses pencernaan makanan yang maksimal. Serta membantu tubuh dalam menyerap mineral.

Anda disarankan Konsumsi yogurt 1 kali dalam sehari. Yang bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan kuku.

2. Jangan Sering Pergi ke Salon
Jasa perawatan kuku di salon memang merupakan cara termudah untuk merawat dan memperindah kuki. Syaratnya adalah hanya perlu menyiapkan bubget (uang), maka kuku Anda akan ‘diservice’ dengan sangat baik di salon

Namun, tahukah Anda?

Bahwa jika kebanyakan pergi ke salon (untuk merawat kuku), ternyata bisa berdampak buruk pada kuku. Hal itu karena kuku rentan untuk mengalami kerapuhan.

Dimana, saat Anda di salon maka kuku akan sering terkena berbagai bahan kimia, hal ini bisa berdampak negatif bagi kuku (jika terlalu sering terapar bahan kimia).

Oleh karena itu, boleh-boleh saja Anda melakukan perawatan kuku di salon karena memang lebih mudah dan praktis. Hanya saja, jangan terlalu sering karena kuku rentan terkena bahan kimia.


3. Jeruk Lemon untuk Membersihkan dan Mengkilapkan Kuku 
Di dalam lemon memiliki kandungan yang berfungsi sebagai pemutih alami, yang akhirnya dapat membuat kuku cerah dan putih kembali. Cara memanfaatkan lemon untuk perawatan kuku, yaitu:
  1. Iris jeruk lemon
  2. Lalu oleskan irisan jeruk lemon ke kuku
  3. Diamkan saja beberapa saat (sekitar 5 menit) hingga kandungan jeruk lemon terserap ke  kuku. 
  4. Setelah cairan lemon di kuku kering, maka tinggal Anda bersihkan kuku menggunakan air. 

Dengan melakukan bentuk perawatan menggunakan lemon ini, berkhasiat agar kuku menjadi lebih cerah, bersih dan mengkilap. Metode ini dapat juga Anda lakukan untuk menghilangkan noda kuning pada kuku akibat penggunaan cat kuku yang berlebihan.

4. Hati-hati dalam Penggunaan Kutek (Cat Kuku)
Banyak wanita memakai kutek dengan tujuan agar terlihat lebih cantik dan menarik. Dahulu cat kuku hanya satu warna, tetapi sekarang ada banyak variasi warna dan coraknya. Dibalik manfaat menggunakan kutek berupa keindahan kuku, ternyata penggunannya bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Seorang ahli epidemiologi dari Universitas Stanford, yaitu Dr Thu Quach, menjelaskan bahwa produk perawatan kuku memiliki kandungan bahan yang beracun, yang bisa membahayakan kesehatan. Kuteks mengandung bahan kimia berupa toulene, formaldehyde (formalin) dan Dibutyl Phtalate (DBP).

Zar-zat tersebut diketahui merupakan jenis zat beracun. Yang bahayanya (seperti dijelaskan Dr Thu Quach) yaitu mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf, gangguan hormon, gangguan kesuburan, hingga yang terburuk yaitu kanker.

Studi penelitian sudah dilakukannya dengan tujuan mengetahui efek kesehatan yang dialami para pekerja di salon kuku. Dr Thu Quach banyak melakukan dialog pada banyak pekerja salon, yang sudah melakukan penelitian pada ratusan pekerja di salon kuku.

Dr Thu Quach banyak mendapatkan cerita secara pribadi dari mereka tentang masalah kesehatan. Mereka (pekerja) mengaku mengalami beberapa masalah seperti sakit kepala kronis, komplikasi kehamilan hingga kanker.

Pada studi penelitian lain, yang dilakukan di Cancer Prevention Institute of California, menemukan juga masalah kesehatan yang dialami para pekerja salon kuku, berupa sakit kepala, gangguan pernapasan dan iritasi kulit.

Dengan berbagai fakta penelitian yang dilakuka para ilmuwan, maka pelajaran yang harus Anda ketahui yaitu hati-hati dalam menggunakan kutek atau cat kuku, karena bahaya yang ditimbulkan cukup serius.

Penggunaan kutek, bukan saja berdampak buruk bagi kuku yang rentan mengalami kekeringan, dan kerusakan lainnya akibat bahan kimia pada cat kuku. Tetapi bahaya lainnya jauh lebih besar yaitu kanker.

Selain itu, penggunaan produk penghapus cat kuku juga mengandung acetone yang mengakibakan kuku mengalami kekeringan. Jangan sering menggunakan produk penghapus cat kuku, bahkan Anda hanya boleh menggunakannya sekali dalam dua bulan.

Demikian juga dengan kutek (cat kuku), usahakan sedikit mungkin frekuensi Anda menggunakannya, sehingga mencegah Anda mengalami kerusakan kuku, bahkan yang terburuk yaitu kanker.

Tampaknya penting untuk mengetahui tips memilih kutek yang aman, sehingga akan saya jelaskan, beriku di bawah ini:
  1. Saat ingin membeli kutek maka cek bahan-bahan yang terkandung di dalamnya pada kemasan.
  2. Pilih kutek yang menggunakan bahan dasar air. Kutek yang aman umumnya yaitu yang tidak berbau menyengat. Apabila Anda menemukan kutek yang baunya sangat tajam, maka lebih baik hindari untuk membelinya.
  3. Selain itu perhatikan baik-baik, bahwa kutek atau cat kuku yang berkualitas dan aman maka akan tercantum tanggal kadaluarsanya pada label kemasan. 
  4. Terakhir, jika harga kutek terlalu murah dari harga umumnya produk kutek, maka perlu diwaspadai. Jangan-jangan palsu atau tidak berkualitas sehingga berbahaya bagi kesehatan.

5. Manfaatkan Minyak Zaitun untuk Membuat Kuku Mengkilap
Sebenarya manfaat dari minyak zaitun sudah sangat terkenal, yang manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh secara umum, termasuk kuku. Minyak zaitun memiliki kandungan asam linoleat, dimana fungsinya sebagai pelembab alami.

Manfaatnya dapat membantu menebalkan bulu mata, serta bisa menjadikan kuku Anda menjadi lebih mengkilap.

Cara memanfaatkan minyak zaitun:
  1. Pertama-tama campurkan minyak zaitun dan air hangat secukupnya  di dalam sebuah wadah. 
  2. Kemudian rendam kuku selama 5 menit.
  3. Selama merendam tersebut, lakukan pijatan lembut pada kuku. 
  4. Lakukan terapi ini setiap hari, sehingga Anda memperoleh manfaat nyata pada kuku.

loading...

Untuk memperoleh hasil lebih maksimal, Anda kalau bisa menambahkan air jeruk ke dalam campuran minyak zaitun dan air.

6. Jangan Lupa Untuk Rutin Memotong Kuku
Hal yang perlu secara rutin Anda lakukan dan jangan sampai telat, yaitu menggunting kuku saat telah panjang. Menggunting kuku ketika sudah panjang, penting sekali agar kesehatan kuku tetap terjaga. Dan juga membuat kuku terlihat bersih.

Setelah memotong kuku, Anda bisa menghaluskan bagian ujung kuku.

Anda juga perlu merawat bagian kutikula dengan mengasih pelembap padanya. Tetapi, lakukan secara normal, penggunaan pelembab secara berlebihan justru memberikan efek negatif.

Hindari mendorong ataupun mengupas kutitula, yang akibatnya kuku bisa mengalami kerusakan, bahkan bisa terkena infeksi. Gunakan alat pada kuku ini secara hati-hati, jangan terburu-buru yang nantinya bisa beresiko melukai kulit.

Lakukan secara perlahan saat membersihkan bagian dalam kuku, terutama saat membersihkan memakai alat yang berbentuk panjang dan runcing. Jangan memaksakan terlalu dalam, karena bisa beresiko. Jika sampai bakteri bisa masuk melalui celah antara kuku dan bantalan kuku, maka Infeksi beresiko terjadi.

7. Melembabkan Kuku dengan Menggunakan Susu
Susu sudah diketahui memiliki manfaat besar bagi kesehatan, terutama untuk menguatkan tulang. Anda juga bisa memanfaatkan susu untuk melembabkan dan membersihkan kuku.

Untuk pemakaiannya, pertama-tama siapkan segelas / secangkir susu hangat.

Kemudian rendam kuku selama 5 menit saja. Lalu bilas kuku dengan air bersih.

Anda perlu mengulangi hal ini setiap hari. Yaitu satu kali dalam sehari. Manfaatnya bisa membuat kuku mengkilap dan lembab, sehingga terlihat lebih menarik.

8. Alpukat untuk Menyehatkan Kuku
Alpukat mengandung lemak sehat dan protein, manfaatnya mampu mengatasi masalah kuku yang rapuh. Selain itu, Alpukat juga mengandung vitamin A, B, B1, B2, D, dan E, beta-karoten, kalium dan antidioksidan.

Anda dapat memanfaatkan buah alpukat ini agar menjadikan kuku yang berkilau dan sehat

Untuk penggunannya, pertama-tama campurkan alpukat yang sebelumnya telah dilembutkan dengan air mawar, sehingga nantinya akan menjadi pasta.

Setelah itu, tinggal aplikasi ke kuku, yang disertai dengan pijatan yang lembut.

Lalu biarkan selama 15 menit ramuan tersebut hingga mengering nantinya.

Barulah setelah itu bersihkan kuku menggunakan air bersih.

Lakukan secara rutin sehingga Anda memperoleh kuku yang indah, sehat dan mengkilap.


9. Jangan Terlalu Sering Memakai Alat Pengamplas Kuku dan Aseton
Memang mengamplas kuku itu berguna, dimana bisa menjadikan kuku lebih cantik. Tetapi terlalu sering memakai alat pengamplas kuku, beresiko menyebabkan masalah pada kuku, kuku bisa mengalami kerusakan. Seperti kuku dapat retak berukuran kecil. Bahkan retak yang terjadi bisa sampai tahap permanen.

Memakai alat aseton dalam membersihkan kuku juga bisa beresiko membuat kerusakan pada kuku. Pada sebuah studi, mendapatkan kesimpulan bahwa mereka yang memiiki kuku yang rapuh, kemudian memberikan kukunya menggunakan aseton, maka beresiko mengakibatkan kuku semakin rapuh.

10. Jangan Lupa Merawat Kuku dari Dalam
Penting untuk menjaga asupan gizi. Konsumsilah vitamin yang mengandung biotin. Biotin merupakan salah satu dari jenis vitamin B kompleks. Para ilmuwan telah menemukan dari penelitian yang mereka lakukan, bahwa kandungan biotin bermanfaat untuk membantu kuku agar tebalnya optimal sehingga kuat (tidak mudah patah).

Beberapa jenis makanan yang memiliki asupan biotin adalah telur, susu dan kacang-kacangan.

11. Minyak atau Losion Khusus untuk Melembabkan Kuku
Anda bisa melembabkan kuku yang rentan mengalami kering, dan membuat kuku menjadi lebih kuat, dengan memanfaatkan produk minyak atau losion yang berfungsi melembabkan kuku.

Produk pelembab kuku umumnya terbuat dari bahan seperti minyak zaitun, lidah buaya, minyak almond, minyak kelapa, minyak jarak, dan lainnya.

Untuk penggunannya, Anda hanya perlu mengoleskan losion sebelum tidur agar hasilnya maksimal, serta manfaatnya agar kuku bisa menjadi lembab secara maksimal pada pagi harinya.

12. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein
Kuku sebetulnya terbuat dari protein, sehingga kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan berakibat buruk pada kuku, dimana kuku rentan mengalami kerusakan dan bisa mengalami patah.

Asupan protein bisa Anda peroleh dari telur, ikan, daging dan tahu.

13. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Vitamin
Agar kuku Anda sehat dan kuat, maka perhatikan gizi makanan yang dikonsumsi sehari-hari, Anda perlu memenuhi asupan vitamin berupa:
  1. Vitamin A (bisa diperoleh dari wortel dan ubi jalar).
  2. Vitamin D (bisa Anda peroleh dari makanan berbahan dasar susu).
  3. Vitamin H (bisa Anda peroleh dari telur, pisang, kacang-kacangan).

14. Makan dengan gizi seimbang
Penting untuk diketahui, menerapkan diet yang terlalu ketat bisa berdampak buruk pada pertumbuhan kuku yang terganggu. Kuku yang kurang memperoleh asupan nutrisi penting akan rentan untuk mengalami kerapuhan, mudah patah dan menguning (tanda kuku tidak sehat).

Pastikan Anda memperoleh asupan kalori yang cukup, yang diperoleh dari kandungan lemak, protein dan karbohidrat. Pastikan asupan tersebut seimbang, sehingga sehat bagi tubuh secara umum.

Hal-hal Lainnya yang Perlu Anda Ketahui Dalam Merawat Kuku:

15. Hindari menggunakan produk-produk yang mengandung bahan keras pada kuku.

16. Hindari kuku dari terkena sabun cuci piring, deterjen dan produk pembersih rumah tangga lainnya yang terkandung bahan kimia yang keras. Caranya gunakan sarung tangan karet yang tidak berpori ketika mencuci piring, dll.

17. Jangan mencuci tangan menggunakan air yang cenderung panas. Dimana air panas bersifat keras pada kuku, yang mengakibatkan kuku akan cenderung lunak sehingga rentan mengalami kerusakan. Gunakan air yang hangat saja.

18. Bagi Anda yang memang tidak bisa “dipisahkan’ dari yang namanya kuteks (cat kuku) dalam kehidupan sehari-hari. Maka saya berpesan agar Anda menyediakan waktu setidaknya sehari dalam seminggu agar tidak menggunakan kutek. Sehingga kuku akan ‘beristirahat’ dari bahan kimia serta memperoleh udara segar.

19. Ingat agar kuku terhindar dari malasalah kuku kering, maka setelah memakai pewarna kuku, hindari menghapusnya memakai bahan kimia. Batasi sebisa mungkin kontak antara kuku dan bahan kimia berbahaya.

20. Anda perlu minum air putih yang cukup dalam setiap harinya, karena manfaatnya yang baik untuk kuku yang sehat dan indah, disamping juga bermanfaat besar secara umum pada tubuh.

21. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, sayuran brokoli, keju, Ikan pari, ikan sarden, biji-bijian dan kacang-kacangan, pepaya, alpukat dan stawberry.

22. Hindari kebiasaan mengigit kuku, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kuku, bahkan bisa membuat kuku menjadi patah.

23. Hindari kuku sering terpapar sinar matahari. Dimana UVA dan UVB yang berasal dari paparan sinar matahari, terutama di tengah siang hari, memberikan dampak buruk bagi kulit, serta dapat merusak kuku.

24. Lidah buaya dapat Anda manfaatkan untuk merawat kuku. Yang perlu Anda lakukan, pertama-tama bersihkan lidah buaya, kemudian oleskan secara merata pada kuku. Manfaatnya membuat kuku terlihat lebih bening jika dilakukan rutin.

25. Campuran madu, telur, dan minyak zaitun, dapat bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Untuk penggunannya, campur dua sendok makan madu dan minyak zaitun di dalam panci. Lalu panaskan dan aduk hingga merata, lalu siapkan kocokan telur.

Campurkan adonan madu dan minyak zaitun bersama kocokan telur, setelah semuanya tercampur, maka oleskan merata pada kuku.

Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan kuku menggunakan air mengalir.

Untuk bahan lainnya, Anda bisa menggunakan blimbing wuluh ataupun bawang putih yang diaplikasikan (digosokan) pada kuku. 



loading...

Tulisan Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman