30 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Membandel (Alami & Modern)


Tentunya semua orang tidak menginginkan adanya jerawat di wajah. Seringkali jerawat yang muncul membuat tidak percaya diri.

Munculnya jerawat yang berupa benjolan ini, terjadi karena adanya kejadian pori-pori di wajah yang tersumbat.

Selain itu faktor pemicu jerawat di wajah adalah adanya inflamasi atau peradangan yang terjadi di kulit wajah.

Secara umum, jerawat muncul karena kebiasaan atau pola hidup yang kurang sehat, diantaranya malas membasuh wajah dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Cara Menghilangkan Jerawat
Jerawat | Sumber gambar: Pixabay.com

Berikut berbagai cara atau tips-tips penting untuk menghilangkan jerawat membandel:

1. Hal Pertama, Usahakan Untuk Tidak Menyentuh Jerawat, Apalagi Dipencet

Tangan Diborgol
Tangan diborgol saja.. biar tidak menyentuh jerawat | Credit: Pixabay.com

Sebuah kesalahan besar ketika Anda sampai memencet jerawat, ada banyak masalah yang muncul. Masalah yang pertama yaitu terjadi iritasi parah yang menyebabkan rasal gatal muncul dan semakin menjadi-jadi, terjadinya luka pada kulit, kulit memerah, hingga bisa muncul rasa perih pada jerawat.

Terjadinya iritasi ini karena kuman dan bakteri yang ada di dalam jerawat, kemudian dipencet sehingga menyebabkan kuman dan jerawat keluar.

Dampak dari bakteri dan kuman yang keluar ini, justru akhirnya mengakibatkan masalah serius pada wajah. Kuman semakin menyebar di wajah (untuk mengifeksi), yang awalnya hanya berada di satu titik.

Masalah selanjutnya yaitu terjadi infeksi pada wajah. Setelah jerawat di wajah dipencet, memang jerawat terlihat mengempes, akan tetapi ini bukanlah tanda-tanda baik karena akan muncul masalah infeksi pada wajah yang jerawatnya dipencet.

Munculnya infeksi ini bisa berakibat cukup fatal, dimana kuman dan bakteri akan dapat berkembang biak sangat cepat, yang akhirnya menimbulkan masalah pada wajah. Hal ini mengakibatkan kemunculan jerawat menjadi bertambah parah.

Memencet jerawat justru akan mengakibatkan jerawat menyebar di wajah, yang membuat kondisi jerawat semakin buruk berupa munculnya jerawat di bagian lain pada wajah.

Masalah lainnya dari memencet jerawat adalah menimbulkan bekas luka yang terlihat jelas dan beresiko permanen bekasnya.

Bahaya paling serius dari memencet jerawat adalah dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan. Terutama dapat terjadi pada orang yang mengalami masalah kelainan sistem pembekuan darah.

Dengan bahayanya yang sudah Anda ketahui, jadi jangan sampai memencet jerawat. Selain itu, usahakan juga agar tangan tidak menyentuh jerawat.

Karena kondisi tangan yang umumnya banyak kuman, sehingga untuk meminimalisirnya usahakan tangan untuk sering-sering dibersihkan, karena sering tanpa sadar tangan menyentuh wajah.

2. Ramuan Masker Alpukat dan Madu

Untuk membantu menghilangkan jerawat dengan cepat, maka Anda bisa memanfaat bahan alami berupa madu dan alpukat. Bahan seperti madu memiliki fungsi untuk membunuh bakteri.

Adapun bahan alpukat kelebihannya yaitu mengandung vitamin E yang cukup banyak, yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah inflamasi atau radang di kulit wajah.

Berikut cara memanfaatkan alpukat dan madu untuk menghilangkan jerawat secara alami:
  1. Pertama-tama, sediakan buah alpukat, lalu ambil dagingnya.
  2. Masukan daging buah alpukat ke dalam sebuah wadah.
  3. Kemudian, jadikan daging buah alpukat menjadi halus.
  4. Masukan satu sendok madu, kemudian aduk secara merata
  5. Masukan perasan lemon (kalau tidak ada, tidak apa-apa)
  6. Setelah ‘masker wajah’ jadi, maka gunakan (oleskan) ke wajah.
  7. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan selama 20 menit.
  8. Setelah itu, baru bersihkan wajah menggunakan air hangat (INGAT! Air hangat, jangan terlalu panas airnya karena membahayakan wajah).


3. Mulailah Rutin Berolahraga

Jogging
Credit: Flickr.com

Mungkin Anda bertanya-tanya: “Apa hubungannya antara rajin beroahraga dengan menghilangkan jerawat?” Perlu diketahui, aktivitas fisik memiliki manfaat penting bagi kesehatan kulit.

Pada sebuah studi baru, ilmuwan telah mengungkapkan bahwa mereka yang berjerawat umumnya kurang berolahraga (aktivitas fisik) dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berjerawat.

Intinya, orang-orang yang tidak berjerawat umumnya mereka adalah orang yang terbiasa berolahraga.

Olahraga yang dilakukan berfungsi untuk meningkatkan proses aliran darah di dalam tubuh. Manfaat dari lancarnya aliran darah di dalam tubuh adalah kulit akan memperoleh oksigen yang mencukupi.

Selain itu, seseorang yang mengeluarkan keringat saat berolahraga, maka racun yang ada di dalam tubuh akan ikut terbuang bersamaan dengan keluarnya keringat.

Sehingga olahraga yang membuat tubuh berkeringat sangatlah penting, untuk membersihkan pori-pori di kulit Anda.

Olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan dan fungsi organ-organ tubuh. Salah satunya organ ekskretoris yang nantinya akan berfungsi lebih optimal.

Organ ekskretoris berfungsi untuk mengekstrak dan mengambil manfaat nutrisi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi, serta berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh.

Manfaat lainnya dari olahraga adalah mampu menurunkan resiko stres dan menyeimbangkan produksi hormon di dalam tubuh agar sesuatu kebutuhan tubuh (tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan).

Orang yang sering mengalami stres, maka dirinya semakin beresiko mengalami jerawat. Olahraga yang dilakukan dapat menurunkan resiko stres dan meningkatkan mood (suasana hati).

4. Hal-hal yang perlu diperhatikan selama berolahraga

-Hindari menyentuh wajah dengan tangan saat berolahraga, karena dikhawatirkan akan menyebarkan bakteri atau kuman ke wajah.

-Setelah olahraga, istirahat sebentar lalu segera mandi. Sehingga tubuh menjadi bersih dan menutup segala kemungkinan penyebaran kuman ke wajah dan bagian tubuh lainnya.

-Anda juga harus rutin membersihkan peralatan olahraga. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penumpukkan bakteri dan kuman di peralatan olahraga.

-Jangan lupa mencuci wajah setelah berolahraga. Hal itu karena keringat dikhawatirkan dapat ‘mengundang’ bakteri. Mencuci wajah sangat penting untuk menjaga kebersihan wajah dari kotoran, kuman atau bakteri.

-Disarankan melakukan olahraga dengan mengenakan pakaian berbahan katun yang longgar. Hal itu karena bahan katun mampu mencegah terjadinya penumpukkan keringat pada kulit.

5. Manfaatkan Lemon

Lemon memiliki kandungan asam karbonat yang berfungsi untuk melawan inflamasi pada kulit. Dimana inflamasi (perandangan) pada kulit bisa memicu terjadinya jerawat.

Selain itu, lemon juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat di wajah, serta dapat mencerahkan wajah.

Cara menggunakan buah lemon:
  1. Pertama-tama siapkan satu buah lemon.
  2. Potong menjadi dua bagian, lalu tinggal Anda peras lemon tersebut.
  3. Kemudian oleskan pada wajah.
  4. Tunggu selama 15 menit agar cairan lemon menyerap ke wajah.
  5. Setelah itu, baru bilas wajah memakai air bersih.
  6. Anda perlu melakukan ini secara rutin, 5-7 kali dalam seminggu.

6. Hindari Menggunakan Produk Make-up Secara Berlebihan

Produk Make-up
Credit: Pixabay.com

Masalah alergi, iritasi, komedo dan jerawat dapat terjadi akibat wajah yang terlalu berlebihan diberikan make up. Hindari terlalu sering memakai bahan produk make up. Selain itu, Anda harus menggunakan produk makeup yang memang cocok untuk Anda, yaitu cocok dengan jenis kulit Anda.

Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus mengenali jenis kulit wajah Anda, serta mengerti tentang masalah utama yang Anda hadapi. Dengan begitu Anda akan lebih tahu produk mana yang tepat untuk Anda.

Produk pembersih wajah yang bagus, yaitu yang mampu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah, namun tidak berlebihan dalam ‘membasmi’ minyak alami wajah dan sel-sel kulit.

Pelajari komposisi yang terkandung di produk yang Anda beli. Anda perlu menghindari bahan berbahaya, seperti parabens, pewarna dan pengharum. Juga hindari bahan SLS (sodium lauril sulfat).

SLS merupakan bahan yang memiliki konsentrasi tinggi, yang biasanya digunakan sebagai bahan di dalam produk pembersih lantai dan produk shampo mobil.

Kandungan SLS ini sangat rentan mengakibatkan terjadinya masalah iritasi dan alergi pada wajah.

Selain menghindari bahan yang berbahaya, Anda juga harus menghindari penggunakan produk makeup secara berlebihan, karena justru berdampak buruk bagi kulit wajah.

Juga jangan lupa membersihkan make up di malam hari sebelum Anda tidur. Pastikan agar semua sisa-sisa dari make up telah bersih sebelum Anda beranjak ke tempat tidur.

Hal itu karena sisa makeup yang menempel di wajah dalam waktu lama, bisa mengakibatkan zat kimia pada produk makeup akan berefek negatif pada kulit.

Loading...

7. Manfaatkan Mentimun untuk Wajah Sehat dan Bersih

Mentimun yang mudah kita dapatkan, serta harganya sangat murah, mempunyai khasiat yang ternyata sangat penting bagi kesehatan kulit. Mentimun memiliki kandungan super berupa asam amon, antidioksidan, mineral dan vitamin C.

Kandungan-kandungan yang dimiliki mentimun, memiliki banyak manfaat begi kesehaan, salah satunya yaitu untuk membantu mengoptimalkan proses pembuangan racun keluar tubuh, yang dampak positifnya berupa wajah yang lebih sehat dan bersih.

Kandungan air yang banyak di dalam mentimun, bermanfaat untuk melembabkan kulit, sehingga Anda terhindar dari masalah kulit kering.

Untuk memanfaatkan mentimun ini bagi wajah. Pertama-tama potong tipis mentimun, kemudian tinggal digunakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit mentimun di wajah.

Setelah itu, barulah bilas wajah menggunakan air bersih.

Selain pengaplikasian dari luar, anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk pengobatan dalam untuk mengatasi jerawat. Masukan mentimun di dalam menu makanan Anda.

8. Rutin Membersihkan Wajah

Cuci Wajah dengan Air Bersih
Credit: Pexels.com

Untuk mencuci wajah maka Anda bisa melakukan beberapa kali dalam sehari, yaitu mencuci wajah setiap 2-3 jam dengan menggunakan air biasa.

Adapun untuk merawat wajah yang menggunakan produk pembersih wajah, maka lakukan dua kali dalam sehari (terutama sebelum tidur, sehingga wajah dalam keadaan yang bersih).

Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, sehingga penggunaannya aman dan sehat untuk kulit wajah.

Sekarang telah terdapat banyak dijual produk untuk membersihkan wajah yang dibuat menggunakan bahan alami, sehingga lebih aman.

Anda juga bisa memilih sabun khusus pembersih jerawat, yang bekerja agar jerawat di wajah bisa mengempes dengan cepat, untuk kemudian menghilang. Pakailah sabun cuci muka, krim, dan toner yang memiliki manfaat untuk membersihkan kulit dari jerawat.

Produk umumnya bisa dibeli di toko kosmetik, atau Anda bisa juga langsung meminta resep dari dokter kulit. Sehingga nantinya akan lebih aman, ampuh dan cepat untuk menghilangkan jerawat.

Intinya juga, hindari produk yang memiki kandungan hydroquinone atau merkuri.

Saat membersihkan wajah, maka penting selalu diingat agar dikerjakan secara perlahan dan hati-hati (jangan terburu-buru). Hal ini agar terhindar dari jerawat yang luka atau pecah.

Dengan rutin membersihkan wajah, hal ini penting agar wajah dapat terhindari dari masalah penumpukan kotoran dan minyak berlebih di wajah. 

9. Terapkan Pola Makan yang Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat
Ilustrasi Makanan Sehat | Credit: Freegreatpicture.com

Untuk memiliki kulit yang sehat (termasuk kulit wajah) maka Anda harus berusaha untuk memenuhi asupan makanan yang seimbang dan bergizi. Dalam mengonsumsi makanan, jangan lupa memasukan menu buah dan sayuran dalam menu sehari-hari.

Hal itu karena mengonsumsi sayur-sayuran dan buah bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk bisa membantu untuk membersihkan wajah, dengan cara membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh.

Beberapa makanan yang disarankan:

-Alpukat, kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk mengoptimalkan vitalitas kulit. Selain itu, kandungan vitamin C-nya bermanfaat untuk meminimalisir masalah peradangan pada kulit, serta mampu melembabkan kulit, sehingga mencegah kulit kering.

-Brokoli, mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Sifat antioksidan di dalam brokoli berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merusak kulit.

-Semangka mengandung air, vitamin dan antioksidan yang membantu penyembuhan infeksi pada kulit.

-Buah Berry, jenis-jenisnya berupa strawberry, blueberry dan raspberry. Buah ini kaya akan asam salisilat alami yang bermanfaat untuk membasmi jerawat di wajah. Selain itu terdapat kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk mengoptimalkan penyembuhan infeksi kulit.

-Wortel, kaya akan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

-Mentimun, kaya akan kandungan air yang bermanfaat untuk membantu membersihkan kulit. Selain itu, mentimun mengandung vitamin C dan serat.

-Biji-bijian, mengandung asupan selenium yang cukup tinggi, yang bermanfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan jerawat.

-Air Putih, ini wajib Anda konsumsi setiap harinya. Kekurangan cairan (terutama air putih) menyebabkan kondisi jerawat semakin buruk.

-Teh hijau bisa berperan sebagai detoks (pembuangan racun) alami bagi tubuh. Yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah infeksi yang dihadapi. Selain itu, teh hijau mengandung zat antioksidan yang bermanfaat besar bagi kulit.

Adapun jenis makanan yang harus anda hindari, yaitu makanan berminyak, makanan tinggi lemak, makanan cepat saji, junk food, gorengan dan semacamnya.

Makanan yang tinggi kandungan lemak dikhawatirkan akan membuat tubuh berlebihan dalam memproduksi minyak. Dimana terlalu tinggi produksi minyak oleh tubuh, bisa membuat pori-pori tersumbat.

Kondisi pori-pori yang tersumbat akhirnya bisa memicu jerawat dan komedo.

Disarankan bagi Anda untuk mengganti minyak trans yang kurang sehat, diganti dengan minyak zaitun yang sangat sehat.


10. Hindari Stres

Stress
Credit: Wikimedia.org

Stres yang sering dialami bisa menyebabkan munculnya jerawat. Sudah lama para pakar kesehatan curiga bahwa kondisi stres yang dialami bisa meningkatkan resiko terjadinya jerawat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sel-sel yang bekerja untuk menghasillan sebum, yaitu sebuah zat berminyak yang berfungsi sebagai reseptor pada hormon stres.

Zat sebum dijelaskan oleh para ilmuwan, merupakan zat yang bisa menjadi buruk ketika sampai bercampur dengan bakteri dan sel-sel kulit mati. Yang akibatnya bisa terjadi penyumbatan, yang akhirnya mengakibatkan jerawat ataupun komedo

Seseorang yang dalam kondisi stres yang amat buruk, mengakibatkan zat berminyak (sebum) akan diproduksi menjadi lebih banyak dari biasanya. Hal ini beresiko jerawat akan semakin buruk.

Peneliti masih terus mendalami tentang temuan hubungan stres dan munculnya jerawat ini.

Dengan bagitu, jangan biarkan jiwa Anda berada dalam kubangan stres, Anda harus selalu siap siaga dalam menajemen waktu Anda dengan baik. Gunakan waktu untuk hal-hal yang positif, hal ini sangat membantu unuk mencegah timbulnya stres.

11. Perbaiki Kualitas Tidur

Tidur
Credit: Pixabay.com

Tidur terlalu larut malam bisa memperburuk kondisi jerawat. Penelitian mengungkapkan bahwa secara tidak langsung, orang yang kurang tidur akan berdampak buruk pada jerawat. Dimana saat tidur larut malam, berarti Anda telah mengurangi waktu tubuh untuk menjalankan proses peremajaan tubuh.

Selain itu, seseorang yang kurang tidur dapat mengalami resiko stres lebih tinggi. Dampak buruk lainnya yaitu meningkatnya resiko peradangan kulit.

Kurang tidur mengakibatkan peningkatan inflamasi sitokin, yang berarti tubuh sangat rentan mengalami peradangan. Perlu diketahui, jerawat muncul akibat peradangan di pori-pori kulit.

Kurang tidur juga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga mengakibatkan produksi sebum meningkat.

12. Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih sehingga mencukupi kebutuhan tubuh, bermanfaat untuk membersihkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, meregenerasi sel kulit, dan banyak manfaat lainnya.

Dengan banyak minum air putih maka kulit akan terhindar dari kotoran-kotoran penyebab jerawat, kulit menjadi lembab dan kenyal, dan secara umum tubuh akan lebih sehat.

Minum banyak air putih akan mengembalikan kelembaban alami kulit wajah, adapun jika sering menggunakan produk pelembab akan membut sel-sel kulit mati semakin menumpuk, sehingga menyumbat pori-pori, yang memicu jerawat atau memperparah kondisi jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat maka memerlukan waktu yang panjang, sehingga Anda harus memiliki kebiasaan minum air putih yang mencukupi, hal ini bermanfaat agar proses regenerasi Kulit berjalan dengan baik dan sehat, yang kemudian akan sangat membantu dalam menyamarkan bekas jerawat, noda kehitaman, maupun bopeng-bopeng pada kulit wajah, digantikan dengan kulit wajah yang cerah dan bersih.

13. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang banyak mengandung lemak mengakibatkan tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak. Masalah ini bisa berdampak buruk pada kulit, dimana masalah minyak yang berlebih pada kulit menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat, yang membuat kondisi jerawat dan komedo semakin buruk.

14. Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur umumnya kaya akan kandungan vitamin dan air, kedua jenis kandungan ini sangat diperlukan oleh kulit, yang manfaatnya juga untuk melarutkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh.

Hal ini penting agar mencegah berlebihannya produksi minyak di kulit, sehingga membantu proses pembersihan jerawat dengan lebih maksimal dan cepat.

15. Biasakan Cuci Muka Sebelum tidur

Ketika tidur terjadi peningkatan hormon yang akan membuat  meningkatnya produksi minyak pada kulit wajah. Nah, jika saat tidur kondisi kulit wajah kotor maka beresiko pada pagi harinya muncul jerawat.

Oleh karena itu, agar proses penyembuhan jerawat bisa lebih cepat, maka usahakan untuk selalu cuci muka dengan air bersih sebelum beranjak tidur.

loading...

16. Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol bisa memperparah kondisi jerawat. Dimana sifat alkohol yaitu menghilangkan cairan tubuh, sehingga mengakibatkan tubuh akan kekurangan cairan yang akhirnya membuat kondisi jerawat semakin parah.

Selain itu di dalam alkohol terkandung banyak gula yang memiliki keterkaitan dengan tingginya resiko jerawat.

Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

17. Menghilangkan jerawat dengan minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Zat terpenoid di dalam minyak pohon teh berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat . Untuk penggunannya:
  1. Pertama-tama campur 5 ml minyak pohon teh dengan 100 ml air.
  2. Setelah itu, oleskan ramuan menggunakan bantuan kapas pada bagian wajah yang mengalami jerawat.
  3. Lakukan 2 kali dalam sehari

Hati-hati! Minyak pohon teh pada sebagian orang bisa menyebabkan alergi. Sehingga, sebelumnya perlu menguji reaksinya.

Anda bisa mengujinya dengan mengoleskan sedikit minyak pada bagian tangan, tunggu beberapa jam, apakah muncul reaksi? Jika tidak, Anda bisa menerapkannya pada wajah.

18. Menghilangkan jerawat dengan kulit Jeruk

Kandungan Vitamin C dan asam alpha hidroksi pada kulit jeruk bermanfaat untuk membersihkan pori-pori kulit, dan membantu mengangkat sel kulit mati. Cara memanfaatkan kulit jeruk:
  1. Pertama-tama keringkan kulit jeruk di bawah matahari, lakukan beberapa hari hingga kulit jeruk sangat kering.
  2. Kemudian haluskan kulit jeruk.
  3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk.
  4. Kemudian aduk campuran tersebut sehinggan nantinya berbentuk ramuan pasta
  5. Aplikasikan ramuan pasta tersebut ke wajah.
  6. Setelah selesai, diamkan beberapa menit.
  7. Terakhir, bilas wajah menggunakan air hangat (air jangan terlalu panas karena membahayakan wajah).

19. Menghilangkan jerawat dengan pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain di dalamnya, yang bekerja untuk membantu membuang dan membersihkan tubuh dari sel kulit mati. Selain itu terdapat kandungan antioksidan. Cara memanfaatkan pepaya untuk mengatasi jerawat:
  1. Pertama-tama bersihkan pepaya.
  2. Kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  3. Potongan-potongan pepaya kemudian dihaluskan.
  4. Masukan satu sendok madu atau lemon ke dalamnya.
  5. Oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat.
  6. Diamkan saja selama 15 menit.
  7. Terakhir, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

20. Menghilangkan jerawat dengan es batu

Manfaat es batu ini yaitu mampu membuang atau membersihkan minyak berlebih dan kotoran pada wajah. Cara penggunannya:
  1. Pertama-tama yang sangat penting, Anda harus memastikan bahwa air yang digunakan untuk membuat es batu adalah steril dan bersih.
  2. Gunakan es tersebut, dengan cara membungkus es batu memakai kain bersih.
  3. Kemudian aplikasikan kain berisi es batu tersebut ke bagian wajah yang terkena jerawat.
  4. Tempelkan selama beberapa detik, tetapi jangan terlalu lama.
  5. Anda tinggal mengulangi proses ini beberapa kali, pada bagian wajah yang terkena jerawat.

21. Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal mempunyai segudang khasiat dan manfaat untuk kesehatan, Anda dapat memanfaatkannya untuk wajah karena bisa membantu untuk mengilangkan jerawat dan bekasnya, serta bisa membuat wajah lebih cerah.

Kandungan Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis inilah yang berkhasiat untuk membantu proses peremajaan sel-sel kulit dan juga melarutkan lemak yang ada pada jerawat.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda dalam memanfaatkan jeruk nipis untuk membersihkan jerawat di wajah:

Cara Pertama: Pertama-tama belah jeruk nipis yang memiliki tingkat kematangan yang sedang (tidak terlalu hijau dan tidak terlalu tua).

Setelah itu, Anda aplikasikan (oleskan) potongan jeruk tersebut pada wajah, pastikan olesan jeruk nipis tersebut mengenai jerawat di wajah. Tapi hindari mengenai bagian wajah yang terdaapt luka.

Setelah itu, diamkan sekitar 5-10 menit, hal ini agar kandungan di dalam cairan jeruk nipis bisa meresap secara maksimal.

Melakukan hal ini akan bisa menimbulkan efek samping berupa rasa perih pada wajah. Rasa perih ini muncul karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang sedang bekerja.

Cara kedua: Mirip dengan cara pertama, hanya saja Anda perlu mencampurkan jeruk nipis dengan air hangat. Awalnya, Anda peras air jeruk nipis, setelah itu campurkan dengan air hangat secukupnya.

Lalu gunakan cairan campuran tersebut untuk membasuh wajah, terutama pada bagian yang mengalami jerawat.

Tujuan penggunaan air hangat ini untuk membuka pori-pori wajah agar manfaat dari kandungan air jeruk nipis bisa diserap lebih maksimal lagi oleh kulit.

Cara ketiga: Sediakan air perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok makan, lalu taruh pada mangkuk (wadah), lalu Anda masukan madu sekitar 1 sendok teh.

Setelah itu, aduk keduanya secara merata, setelah itu gunakan campuran tersebut sebagai masker untuk wajah.

Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

22. Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Pasta gigi menjadi cara yang praktis untuk menghilangkan jerawat. Bahan-bahan yang secara umum ada di dalam pasta gigi yaitu:
  • Fluoride, adalah bahan aktif yang ditemukan pada semua jenis odol, senyawa ini bekerja untuk membersihkan atau menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Tetrasodium Pirofosfat
  • Sodium Bikarbonat
  • Triclosan
  • Hidrogen Peroksida
  • Natrium Benzoat

Fluoride, triclosan maupun hidrogen peroksida adalah beberapa bahan aktif di dalam pasta gigi yang memberikan efek berupa pencegahan iritasi kulit dan mengeringkan jerawat. Berikut manfaat pasta gigi jika dijadikan masker wajah yaitu:
  • Membantu membersihkan jerawat, bahan aktif hidrogen peroksida bekerja untuk membersihkan jerawat.
  • Membantu mengecilkan jerawat, bahan asam salisilat dan benzoil peroksida memiliki efek untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada jerawat, membantu mengecilkan ukuran jerawat, serta menjadikan permukaan jerawat menjadi lebih kering dan lebih lembut.  
  • Mempercepat penyembuhan jerawat, kandungan benzoil peroksida bekerja untuk mengurangi efek merah pada bagian jerawat.

Adapun jenis pasta gigi untuk jerawat, perlu memenuhi kriteria pasta gigi yang teraman digunakan untuk mengatasi jerawat, yaitu:
  • Gunakan pasta gigi berwarna putih.
  • Hindari pasta gigi berbentuk gel.
  • Jangan menggunakan pasta gigi dengan whitening.
  • Usahakan untuk memilih pasta gigi yang memiliki kadar fluoride rendah.
  • Usahakan memilih pasta gigi dengan bahan organik.

Pasta gigi mengandung zat kimia aktif, sehingga memiliki efek samping jika diterapkan pada jerawat, berupa memicu reaksi alergi, kulit kering, peradangan dan pembengkakan pada jerawat.

Langkah-langkah menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat:
  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan wajah dan jerawat menggunakan air hangat atau air dingin, pastikan sisa-sisa kosmetik pada wajah dibersihkan seluruhnya.
  2. Oleskan odol (pasta gigi) pada bagian kulit yang berjerawat saja, olesan dengan tipis-tipis (jangan terlalu banyak).
  3. Setelah selesai mengoleskan odol pada bagian jerawat saja, diamkan semalaman agar memperoleh hasil optimal (jika tidak bisa, maka setidaknya biarkan selama dua jam).
  4. Setelah itu, barulah membersihkan wajah dengan waslap hingga benar-benar bersih dari pasta gigi. Sebelumnya basahi waslap dengan air hangat.
  5. Setelah melakukan ini, maka Anda jangan menggunakan produk kosmetik apapun selama beberapa jam kedepan karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek buruk.

Beberapa hal yang penting diketahui mengenai penggunaan pasta gigi pada wajah, Anda tidak boleh melakukannya setiap hari, dimana perlu diketahui bahwa pasta gigi bisa menimbulkan iritasi pada kulit, sehingga akan bisa berdampak jika terlalu sering dilakukan, maksimal hanya tiga hari sekali.

Jika keadaan jerawat benar-benar mengering, maka hentikan pengolesan.

Penggunaan pasta gigi diyakini bisa menyembuhkan jerawat, hanya saja melakukannya tidak direkomendasikan oleh dokter.

23. Menghilangkan jerawat dengan baking soda

Kandungan di dalam baking soda memberikan efek berupa menetralkan keasaman kulit, hal ini mengakibatkan bakteri penyebab jerawat tidak bisa tumbuh. Selain itu, baking soda juga bermanfaat untuk mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat.

Cara menggunakan baking soda ini:
  1. Pertama-tama, campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air.
  2. Lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat.
  3. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu, barulah membilas dengan air hangat.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan baking soda, hendaknya Anda meneliti terlebih dahulu reaksinya terhadap kulit, yaitu dengan cara mengoleskan sedikit pasta saja pada sebagian kecil area wajah.

Nah, apabila setelahnya tidak muncul reaksi negatif pada kulit berupa warna kemerahan, perih dan semacamnya, maka barulah gunakan cara ini.

24. Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Di dalam lidah buaya terkandung zat alami yang berkhasiat untuk membantu membersihkan jerawat, seperti kandungan hormon giberelin dan polisakarida yang berfungsi untuk menghambat perkembangan bakteri dan membunuhnya.

Selain itu, di dalam lidah buaya terkandung antioksidan, vitamin C, vitamin E dan beberapa mineral penting yang berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan jerawat.

Berikut cara memanfaatkan lidah buaya:
  1. Siapkan lidah buaya, lalu potong menjadi dua bagian.
  2. Potong bagian samping lidah buaya (bagian yang berduri).
  3. Lalu Anda iris bagian atasnya untuk mengambil gelnya.
  4. Masukan gelnya ke dalam mangkuk atau wadah yang bersih.
  5. Lalu haluskan gel lidah buaya
  6. Lalu Anda aplikasikan (oleskan) gel tersebut pada bagian kulit yang berjerawat.
  7. Lalu diamkan selama 5 menit.
  8. Setelah itu, barulah membersihkan kulit wajah kembali dengan air bersih.

25. Menghilangkan jerawat dengan ketimun

Ketimun kaya akan kandungan antioksidan, asam amino, vitamin C dan mineral, yang manfaatnya bisa melembabkan kulit dan membersihkan jerawat.

Cara memanfaatkan ketimun:
  1. Bersihkan dan potonglah ketimun tipis-tipis.
  2. Setelah itu aplikasikan pada wajah yang berjerawat.
  3. Lalu biarkan dalam kondisi demikian selama 15 menit.
  4. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

26. Menghilangkan jerawat dengan cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam laktat yang berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati. Selain itu terdapat kandungan antioksidan yang bekerja dalam proses penyembuhan jerawat. Cuka sari apel bisa dibeli di supermarket.

Cara menggunakan cuka sari apel:
  1. Pertama-tama campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air.
  2. Lalu campuran tersebut dioleskan pada jerawat di wajah dengan memakai kapas.
  3. Lalu diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu barulah membersihkan wajah, dengan cara membilas wajah dengan air hangat.

27. Menghilangkan jerawat dengan putih telur

Kandungan di dalam putih telur dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat. Seperti kandungan enzim lysozim yang ditemukan di dalam putih telur berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara memanfaatkan putih telur:
  1. Siapkan satu butir telur.
  2. Lalu Anda pisahkan bagian kuning dan putih telur.
  3. Lalu kocok putih telur hingga mengembang.
  4. Setelah itu, oleskan pada wajah, terutama pada bagian jerawat.
  5. Setelah seelsai mengoleskan, biarkan dalam  kondisi demikian hingga ramuan mengering dan menyerap maksimal ke kulit wajah.
  6. Lalu bilas wajah dengan air hangat

28. Menghilangkan jerawat dengan bawang putih

Di dalam bawang putih ditemukan senyawa thiacremonon sulfur yang berfungsi untuk mengeringkan jerawat. Selain itu terdapat kandungan senyawa allicin yang memiliki fungsi antiseptik bagi kulit, sehingga bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Cara memanfaatkan bwang putih:
  1. Siapkan bawang putih secukupnya.
  2. Lalu haluskan bawang putih.
  3. Setelah bawang putih benar-benar halus maka segera oleskan pada jerawat.
  4. Biarkan dalam kondisi demikian selama beberapa menit.
  5. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

29. Menghilangkan jerawat dengan madu

Madu dari dulu telah sering dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Di dalam madu terkandung sifat antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

Cara memanfaatkan madu:
  1. Ambil beberapa tetes madu.
  2. Setelah itu, oleskan pada bagian yang berjerawat dengan memakai kapas.
  3. Setelah selesai mengoleskan, lalu biarkan selama 30 menit. Hingga akhirnya madu mengering dan lengket pada kulit wajah.
  4. Setelah itu, barulah membilas wajah dengan air bersih. 

Lalukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

30. Pengobatan Medis Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Tujuan pengobatan medis yaitu mematikan bakteri penyebab jerawat yang ada di dalam pori-pori kulit, membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat, dan mengobati kulit dan pori-pori dengan efektif.

Untuk bisa merealisasikan cara diatas maka gunakan produk dan peralatan yang memiliki fungsi khusus untuk mengobati jerawat. Nah, yang dibutuhkan produk medis berupa:
  • Sabun dari bahan alami.
  • Asam Salisilat.
  • Asam Glikolat.
  • Benzoil Peroksida, bisa menggunakan yang krim ataupun gel (kadar 2-10%).
  • Neosporin
  • Alat pengangkat / pencungkil jerawat.
  • Concealer atau makeup.

Bahan-bahan diatas dapat diperoleh di apotik. Adapun langkah-langah pengobatannya berikut di bawah ini:
  1. Cuci tangan hingga bersih menggunakan air hangat. Cuci tangan disertai menggosok hingga bagian jari-jari tangan.
  2. Lalu cuci muka dengan sabun alami bersama air hangat.
  3. Apabila Anda merasa kurang nyaman jika mencuci muka secara langsung dengan air hangat, maka Anda dapat memakai kain yang dibasahi air panas untuk membersihkan sembari memijat lembut pada bagian wajah (terutama bekas jerawat), hindari melakukannya dengan cara menggosok-gosok.
  4. Lalu cuci bagian kulit yang terdapat jerawat atau bekas jerawat dengan asam Salisilat, lalu bilas. Ingat! jangan digosok.
  5. Lalu gunakan alat pengangkat jerawat guna mengeluarkan jerawat yang ada dari pori-pori. Apabila jerawat tidak mau keluar maka jangan dipaksakan, karena kemungknan belum saatnya jerawat dikeluarkan.
  6. Jika sudah, lalu oleskan benzoil peroksida. Biarkan hingga mengering.
  7. Setelah kering, oleskan asam glikolat 10%, biarkan kembali hingga mengering.
  8. Oleskan sedikit saja Neosporin atau gel antibiotik, lalu biarkan hingga mengering.
  9. Lalu Anda ambil atau angkat sisa-sisanya yang ada di wajah secara perlahan. Lakukan secara perlahan dan jangan menggosoknya.
  10. Gunakan Concealer (jika dibutuhkan saja).

Ingat! Hindari menggosok atau memencet jerawat selama proses penyembuhan ini.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman