[LENGKAP] 25 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal


Anda pasti mampu untuk menurunkan berat badan menjadi ideal, asalkan Anda memiliki keinginan yang kuat dan juga bersungguh-sungguh dalam berusaha.

Untuk menurunkan berat badan Anda hanya perlu melakukan hal-hal sederhana saja, bukan hal yang rumit. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah berdoa agar Anda diberikan keberkahan dari usaha diet Anda.

Langsung saja, berikut di bawah ini kumpulan tips dan kebiasaan baik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan:

Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal
Sumber gambar: Flickr.com

1. Minum air sebelum makan
Cobalah untuk memulai terbiasa minum segelas / setengah gelas air sebelum makan. Cara ini ampuh untuk menurunkan berat badan. Dengan minum air, maka membuat Anda tidak merasa lapar secara berlebihan. Sehingga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak.

Jadi, jika Anda sebelumnya ketika lapar, lalu biasanya mengambil nasi dan lauk-pauk, lalu makan dengan segera dan sebanyak-banyaknya. Maka mulai sekarang... ketika Anda lapar maka segera minum air putih dahulu, baru setelahnya makan. Anda perlu menerapkan hal ini di kehidupan Anda.

Hanya saja... bukan berarti Anda minum terlalu banyak hingga perut kembung, sehingga Anda menjadi kesulitan untuk makan karena perut yang kembung dengan air. Ini juga tidak baik dan tidak sehat. Minum hingga perut kembung adalah hal yang tidak sehat.

2. Sarapan setiap hari
Tidak sedikit orang yang membenarkan anggapan yang keliru bahwa jika ingin menguruskan badan dengan cepat maka jangan sarapan, anggapan ini jelas-jelas salah. Yang benar justru jika ingin menurunkan berat badan maka jangan sampai melewatkan sarapan.

Dimana jika Anda tidak sarapan justu bisa menjadi BUMERANG, Anda akan merasa sangat lapar yang mengakibatkan Anda beresiko makan terlalu banyak pada siang hari, bahkan lebih buruk lagi yaitu Anda beresiko mengemil makanan sepanjang pagi karena tidak sarapan.

Niatnya tidak sarapan untuk cepat kurus, justru karena tidak tahan lapar nantinya malah membuat Anda bisa makan secara berlebihan pada siang hari. Sehingga, sebuah kesalahan jika Anda sengaja melaparkan diri, karena nantinya malah membuat Anda rentan untuk makan terlalu banyak.

Oleh karena itu, hendaknya Anda tetap sarapan. Yang menjadi perhatian sebenarnya adalah porsi sarapan yang normal (jangan berlebihan), mentang-mentang lauknya enak maka Anda makan sangat banyak, ini sebuah kesalahan yang akan menggagalkan diet Anda. Anda harus menahan nafsu makan agar tidak makan berlebihan.


3. Perhatikan asupan makanan saat sarapan
Hal yang perlu Anda perhatikan dalam sarapan adalah banyaknya asupan yang Anda konsumsi saat sarapan. Ada beberapa jenis Asupan yang harus dipenuhi dalam sehari-hari, yaitu vitamin, serat, protein, karbohidrat dan gula.

Untuk memperoleh sumber serat yang baik, yang Anda bisa konsumsi saat sarapan yaitu sayuran berdaun hijau, buah berry, apel dan buah pir.

Untuk sumber protein yang baik, maka Anda bisa memiliki dari makanan ikan, telur, kacang-kacangan, produk susu, susu kedelai, dan biji-bijian.

Untuk memperoleh sumber kalori / tenaga, yang disarankan yaitu mengonsumsi buah pisang, beras merah, telur, sereal, oat dan brokoli.

Anda juga bisa mengonsumsi asupan gula karena manfaatnya yang dapat meningkatkan energi tubuh. Hanya saja Anda perlu hati-hati, Anda harus mengonsumsi asupan gula dari sumber yang sehat. Hindari mengonsumsi gula pasir.

Anda hendaknya mengambil sumber gula alami yang berasal dari buah pisang, mangga, apel, strawberry dan jeruk.

Untuk asupan lemak, pilih asupan lemak sehat yang terdapat pada minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan, biji-bijian dan buah alpukat.

Jika Anda sarapan ingin makan nasi, maka lebih baik Anda mengsumsi nasi dari beras merah dari pada dari beras putih. Beras merah lebih rendah kandungan gulanya, dimana kadungan gula yang tinggi bisa membuat seseorang lebih beresiko mengalami kegemukan.

4. Disarankan porsi makan dipecah
Anda mungkin selama ini kesulitan dalam usaha diet karena terbiasa untuk menggunakan piring atau mangkuk yang berukuran besar. Sehingga mulai saat ini, terapkan makan dengan menggunakan piring / mangkuk yang lebih kecil.

Hal ini mungkin dianggap tidak berpengauh, tetapi pada kenyataan memberikan peran yang cukup besar dalam keberhasilan diet seseorang. Dengan menggunakan piring / mangkuk yang berukuran lebih kecil maka Anda akan lebih dapat terhindar makan sangat banyak.

Makan dalam porsi sedikit sebenarnya sudah dapat membuat Kamu kenyang, tetapi agak sedikit lambat prosesnya dalam mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Yang tidak boleh adalah sengaja melaparkan diri karena tidak sehat.

Disarankan agar Anda makan tidak terburu-buru, hendaknya makan dengan perlahan. Sehingga tubuh memiliki cukup waktu untuk mengirim sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang sebelum Anda berencana menambah konsumsi makanan.

Mungkin Anda mengalami kesulian dalam menerapkan penggunaan piring yang lebih kecil untuk makan, suatu saat Anda mungkin merasakan lapar karena makan dengan porsi kecil. Dalam kondisi ini Anda bisa menambah frekuensi makan dengan porsi kecil lagi, sehingga mungkin Anda makan sebanyak 4-5 kali dalam sehari, tetapi dalam porsi kecil.

Makan 4-5 kali sehari dalam porsi kecil ternyata lebih baik untuk membantu Anda sukses dalam menurunkan berat badan. Sebagai kunci dari tips keempat ini, bahwa Anda harus menghindari makan sampai kekenyangan. Hal itu karena jika Anda sering makan sampai kekenyangan maka beresiko besar membuat usaha diet Anda menjadi gagal.

Jikapun ingin makan sampai kekenyangan, maka Anda bisa melakukannya 1-2 kali saja dalam seminggu.

5. Anda tidak perlu membenci makanan
Maksudnya, Anda tidak sebegitunya harus anti pada makanan yang sebenarnya Anda sukai. Yang perlu Anda lakukan hanya membatasinya saja, jika makanan tersebut memiliki kandungan yang membuat tubuh gemuk seperti kandungan lemak tak sehat, maka Anda boleh mengonsumsinya sesekali saja.

Tidak perlu memaksakan diri sebegitunya, yang perlu Anda selalu perhatikan yaitu hanya menahan tangan Anda agar tidak berlebihan dari memasukan makanan berlemak ke dalam mulut. Itu saja sudah sangat baik.

Apabila Anda memaksakan diri untuk menjauhi dan tidak mau mengonsumsi makanan yang sebenarnya Anda sukai, hal ini dikhawatirkan justru membuat hasrat Anda untuk melahapnya menjadi lebih besar dari sebelumnya. Sehingga berpotensi menggagalkan diet Anda.

Anda hanya perlu membatasinya saja, bukan anti pada suatu makanan yang sebenarnya itu adalah makanan favorit Anda. Misalnya, Anda menyukai sebuah kue lezat yang memiliki kandungan lemak dan gula, maka Anda boleh membelinya dalam jumlah satuan, jangan membelinya dalam bentuk satu paket besar.

6. Tidur yang cukup (jangan bergadang)
Tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh akibat dari tubuh kurang? Tubuh akan secara alami memproduksi tinggi hormon ghrelin yang fungsinya meningkatkan nafsu makan. Akiabtnya mengakibatkan Anda akan kesulitan untuk mengontrol nafsu makan, yang akhirnya bisa mengakibatkan berat badan meningkat.

Masalah lainnya dari kurang tidur adalah teradinya masalah pada kerja metabolisme tubuh, dimana tubuh akan menurunkan kemampuannya dalam memecah zat-zat makanan menjadi energi. Hal ini mengakibakan zat-zat tersebut bisa tertimbun di dalam tubuh sehingga nantinya dikonversi menjadi lemak tubuh.

loading...

7. Konsumsi makanan yang tepat
Ini yang harus Anda ketahui, makanan yang utama dikonsmusi dalam rangka menurunkan berat badan yaitu makanan dengan asupan tinggi protein dan serat. Manfaat asupan protein dan serat ini membuat tubuh Anda dapat tahan lama kenyangnya. Kandungan protein berfungsi untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak ddi alam tubuh.

Untuk makanan yang kaya protein yaitu yogurt rendah lemak, putih telur, makanan laut, daging tanpa lemak, kedelai, dan kacang-kacangan.

Khusus kegunaan dari mengonsumsi makanan tinggi serat yaitu membuat Anda tidak mudah lapar, hal baik dari makanan berserat adalah memiiliki kandungan kalori yang rendah. Beberapa makanan yang harus Anda konsumsi agar rencana diaet Anda berhasil, yaitu sayur-sayuran, buah dan biji-bijian.

Saat makan, Anda juga bisa mengonsumsi cabai yang membuat makan akan menjadi lebih nikmat. Karena dari penelitian yang telah dilakukan, menemukan bahwa seseorang yang merasakan puas  dengan lezatnya makanan yang dikonsumsi, maka dapat tercegah dari banyak makan.

Konsumsi air kelapa juga membantu untuk menurunkan berat badan.

8. Jangan makan terlalu malam
Makan malam diatas jam 20.30 beresiko menggagalkan usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Hal itu karena saat malam hari tubuh tidaklah banyak bergerak, sehingga saat-saat seperti jika makan banyak adalah sebuah sesalahan.

Makan terlalu malam, mengakibatkan makanan berkalori yang dikonsumsi nantinya bukan dikonversi menjadi energi, melainkan menjadi lemak.

Sehingga agar Anda bisa lebih berhasil dalam diet Anda maka jangan makan terlalu malam, apalagi makan malam pada jam 23.00, lebih buruk lagi jika jenis asupan makanan yang dikonsumsi adalah asupan tinggi lemak yang tidak sehat.

Makan malam yang paling bagus adalah setelah melakukan shalat isya, yaitu sekitar jam 19.30 malam, lebih baik lagi (jika Anda mampu) yaitu makan malam dilakukan sekitar jam pada 18.00.

9. Hati-hati tehadap makanan manis
Sebenarnya makanan manis bermanfaat untuk memberikan tenaga bagi tubuh, seperti halnya manfaat yang terdapat dari asupan protein dan kalori. Akan tetapi, jika makan-makanan manis yang terlalu banyak justru mengakibatkan kadar glukosa dalam tubuh menjadi tinggi, yang beresiko mebahayakan kesehatan. Termasuk dapat membuat berat badan meningkat.

Dengan begitu Anda sudah tahu jadinya, hati-hati agar Anda tidak berlebihan menkonsumsi makanan seperti kue brownies, donat, teh manis, kopi (campur gula), minuman bersoda, alkohol dan lainnya.

10. Disarankan mengonsumsi makanan mengandung merica / lada
Dari penelitian yang dilakukan para ahli, menemukan bahwa kandungan yang ada di dalam lada atau merica berguna untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak berlebih di dalam tubuh. Termasuk juga dapat membantu proses pembakaran lemak di usus besar saat tidur.

Manfaat ini terdapat pada cabai, dimana cabai juga memiliki kandungan yang memunculkan rasa pedas dan panas, seperti halnya lada. Oleh karena itu, jangan lupa memenuhi menu makanan Anda sehari-hari dengan makanan yang memiliki asupan lada atau cabai di dalamnya.

11. Olahraga...olahraga...
Ini dia yang jangan sampai Anda lupakan, yaitu olahraga. Karena olahraga adalah ‘syarat utama’ bagi  mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Jarang berolahraga membuat usaha diet seseorang kemungkinan besar akan gagal. Menurut penelitian yang sudah dilakukan banyak para ahli kesehatan, semuanya bersekapat bawha olahraga mampu menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh.

Dengan lemak tubuh yang terbakar secara optimal maka Anda akan memiliki berat badan yang ideal. Olahraga lari pagi efktif untuk menurunkan berat badan secara cepat. Khusus wanita, olahraga lari bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi menstruasi.

Olahraga membakar sekitar 748 kalori dalam satu jam. Anda bisa olahraga lari selama 15-20 menit dalam setiap harinya. Jika Anda ingin olahraga lebih santai daripada lari, maka Anda bisa jogging, lebih seru lagi jogging bersama teman-teman, lakuka jogging setidaknya selama 30 menit dalam setiap harinya di pagi hari.

Anda juga bisa melakukan bentuk olahraga lainnya sehingga lebih bervriasi yaitu berenang, lompat tali, bersepeda dan aerobik.

12. Bersungguh-sungguh
Sangat penting bersungguh-sungguh dan memiliki komitmen kuat agar Anda berhasil menurunkan berat badan. Hal buruk yang bisa saja terjadi, mungkin seseorang pada minggu ini sangat baik performanya untuk melakukan olahraga dan menjaga asuapan makanan yang sehat. Akan tetapi, setelahnya lama kelamaan semakin malas dalam berolahraga.

Dirinya tidak lagi memperhatikan asupan makanan yang baik dan sehat, serta mulai berkurang aktivitas olahraganya. Hal inilah yang menjad kendala, jika ingin berhasil dalam diet maka Anda harus bersungguh-sungguh sejak awal hingga akhir. Janganlah menjadi orang yang patah semangat di tengah jalan

Keberhasilan menurunkan berat badan sangat membutuhkan semangat yang tinggi. Sebagai tips yaitu carilah tempat yang tepat dan bisa menyenangkan Anda, dan cari teman yang bisa mendukung dan memotivasi Anda untuk menurunkan berat badan.


13. Jangan punya sifat suka menunda-nunda
Tidak baik memiliki sifat suka menunda-nunda, termasuk menunda-nunda untuk melakukan usaha diet, sehingga masih saja makan yang sembarangan asupannya, dan masih saja berada di depan TV berjam-jam, tidak berolahraga.

Kapan Anda mulai untuk usaha diet? Maka jawabanyna lakukan mulai hari ini juga, jangan menunda-nundanya sampai minggu bahkan bulan depan. Yang nantinya Kamu malah kehilangan keinginan dan semangat untuk usaha diet. Menunda-nunda diet bisa menjadi sebuah masalah, karena kalau begitu kapan tubuh bisa lebih kurus jadinya.

14. Jangan memaksakan diri
Tidak baik memaksakan diri agar berat badan cepat turun. Seperti seseorang yang memiliki berat 100 kg, lalu ingin dalam 4 bulan saja berat badannya menjadi 65 kg. Tentunya akan sangat sulit dan juga berbahaya apabila memaksakan diri untuk berat badan turun 35 Kg dalam 4 Bulan. Jadi, menurunkan berat badan membutuhkan proses jangka, benar-benar tidak makan dengan dalih diet akan mencelakakan diri.

Prosea yang masuk akal untuk menurunkan berat badan adalah sebanyak 5 kg dalam 1 bulan. Jika Anda berhasil mencapai target ini saja maka sudah sangat luar biasa. Bahkan untuk mencapai target itu diperlukan aktivias olahraga yang rutin, dan tidak boleh makan di tengah malam, karena makan pada itu dapat menimbun lemak di dalam tubuh.

Anda juga harus menghindari stres. Hal itu karena stres dapat menggagalkan diet Anda. Saat stres seseorang akan mengonsumsi makanan yang cenderung berlebihan.

Hal lainnya yang penting diketahui agar Anda mampu menurunkan berat badan:

15. Ubah dengan makanan rendah lemak, yaitu pilih asupan kolari yang menghasilkan tenaga berupa makanan yang rendah lemak. Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Lebih baik pilih makanan yang diolah dengan cara direbus dan dikukus.

16. Ubahlah kebiasaan makanan nasi yang banyak ataupun makan daging tanpa pernah makan sayuran, ini sebuah kesalahan. Jika ingin makan nasi maka pilih nasi merah. Lalu wajib bagi Anda yang ingin diet untuk mengonumsi sayuran yang kaya serat dan mineral, serta buah yang kaya vitamin.

17. Tepati waktu makan dengan benar. Hal itu karena makan teratur dan tidak melewatkan jam makan sangatlah penting. Adapun makan tidak teratur dan melewatkan jam makan justru membuat Anda nantinya akan sangat lapar sehingga rentan untuk makan terlalu banyak.

18. Kunyah makanan dengan benar. Caranya mengunyah perlahan sampai halus dan lebih lama waktu mengunyah-nya. Cara makan yang baik dan benar seperi ini berguna agar kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa lebih maksimal dimanfaatkan oleh tubuh. Hal ini membantu berat badan Anda untuk turun.

Studi para ahli menemukan bahwa saat mengunyah lama, maka ada waktu yang cukup bagi tubuh agar mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Hal ini mencegah Anda makan berlebihan. Jumlah kunyahan yang benar dalam satu suap makanan adalah sekitar 35 kali kunyahan. Hal ini juga tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Intinya kunyah makanan sampai halus sebelum masuk ke dalam perut.

19. Jaga pola hidup yang baik dan sehat, yaitu hindari konsumsi makanan cepat saji, berlemak tinggi, batasi asupan kalori sehari-hari (yang berlebihan), jangan mengonsumsi alkohol dan jangan bergadang.

20. Ingatlah, sekali saja Anda lalai, sehingga Anda salah dalam mengonsumsi asupan makanan dan tidak lagi beolahraga maka Anda rentan untuk sulit bangkit. Anda dikhawatirkan akan tenggelam dalam konsumsi makanan tinggi lemak dan kurang sehat, serta tidak lagi olahraga pagi. Dengan begitu, Anda harus KATAKAN TIDAK pada hal-hal yang dapat menggagalkan diet Anda.

21. Hindari penggunaan obat-obat kimia instan untuk menurunkan berat badan. Tubuh tidak akan menurun beratnya jika tidak beorlahraga. Hindari penggunaan produk penurun badan yang tidak resmi dan juga tidak terjamin keamanannya. Karena bukannya berat badan yang turun justru mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Melakukan cara-cara alami ini justru lebih efektif dan lebih aman untuk menurunkan berat badan.

22. Konsumsi banyak sayuran adalah hal sangat baik untuk bisa menguruskan badan. Konsumsilah sayuran yang ada banyak jenisnya, seperti mentimun, brokoli, kubis, selada, seledri, bunga kol, dan bayam. Mengonsumsi sayuan kaya serat membuat Anda terhindar dari terlalu banyak mengambil asupan lemak dan karbohidrat

23. Sebuah MITOS jika tidak makan akan membuat berat badan turun dengan cepat. Hal itu karena ketika Anda makan sedikit maka tubuh justru melakukan penyesuaikan pada kondisi Anda yang makan sedikit atau bahkan tidak makan.

Tubuh akan memperlambat sistem metabolisme (barakibat proses pembakaran lamak dan kalori menurun), yang kemudian tubuh juga malah memproduksi hormon untuk memberikan sinyal rasa lapar ke otak. Sehingga Anda akan dipaksa makan oleh tubuh jadinya.

Sehingga mulai saat ini, hilangkan pikiran agar diet berhasil maka harus ‘menyiksa diri’ dengan terlalu sedikit makan, karena hal ini saya katakan tidak berguna, dan malah menimbulkan masalah kesehatan. Yang perlu Anda lakukan hanya menekan nafsu makan agar tidak berlebih.

24. Perlu Anda ketahui, Mengonsumsi obat-obatan yang diperoleh dari resep dokter maaupun yang dibeli sendiri di apotek bisa membuat gemuk jika terlalu sering digunakan. Hal ini terutama pada obat untuk hipertensi, diabetes dan sakit kepala.

25. Miliki motivsi yang kuat. Untuk itu akan saya sebutkan berbagai manfaat yang diperoleh jika Anda berhasil menurunkan berat badan, sehingga hal ini dapat menambah motivasi Anda.

-Ingatan semakin kuat. Sebuah penelitian yang dikeluarkan tahun 2011, menemukan bahwa keberhasilan penurunan berat badan seseorang akan berhubungan erat dengan peningkatan daya ingat otak. Sehingga orang yang sukses untuk menurunkan berat badan maka akan lebih tajam dan cepat dalam berpikir.

-Hidup semakin bahagia, dimana penurunan berat badan berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan. Bukan hanya karena penampilan yang baru (memiliki tubuh ideal), ternyata menurunkan berat badan juga dapat menurunkan resiko depresi. Dengan keberhasilan menurunkan berat badan, hidup Anda akan lebih nyaman.

-Bernafas akan semakin mudah daripada sebelumnya. Mereka yang mengalami obesitas, maka kondisi paru-paru dan tulang rusuk terlalu banyak timbunan lemak, kondisi ini akan membebani proses pernafasan. Saat berat badan kembali ideal, maka hal ini akan mempermudah organ paru-paru mengambil asupan oksigen yang sangat dibutuhkan tubuh.

-Manfaat lainnya dari sukses menurunkan berat badan adalah Anda lebih percaya diri, produktivitas meningkat, mencegah nyeri sendi, dan menghilangkan sakit pinggang.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman