12 Manfaat Telur Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Rambut, Wajah, Diet, Jerawat, Otot, dll


Telur sudah cukup dikenal sebagai sumber protein. Telur dimasak dengan berbagai metode, seperti menggorengnya, merebus, hingga tidak jarang telur dijadikan campuran sambal balado.

Berbagai makanan yang menggunakan bahan dari telur terasa sangat nikmat, disamping itu telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bahkan telur dikatagorikan sebagai super food, yang berarti nutrisi di dalamnya dinilai sangat penting oleh para pakar kesehatan.

Telur Ayam
Telur Ayam | Sumber gambar: Pixabay.com

Disarankan dalam memakan telur, hendaknya mengonsumsi baik itu kuning telurnya maupun putih telurnya. Hal itu karena pada keduanya terdapat nutrisi yang sama pentingnya, sehingga kurang dianjurkan hanya memilih kuning atau putihnya saja.

Kandungan Telur Sangat Bergizi
Telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi di planet ini. Pada semua bagian telur mengandung segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Sebuah telur rebus tunggal saja berisi kandungan nutrisi berupa:
  1. Vitamin A: 6% dari kebutuhan harian.
  2. Folat: 5% dari kebutuhan harian.
  3. Vitamin B5: 7% dari kebutuhan harian.
  4. Vitamin B12: 9% dari kebutuhan harian.
  5. Vitamin B2: 15% dari kebutuhan harian.
  6. Fosfor: 9% dari kebutuhan harian.
  7. Selenium: 22% dari kebutuhan harian.
  8. Telur juga mengandung jumlah nutrisi yang masih layak pada Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B6, kalsium dan seng.
  9. Mengandung 77 kalori, 6 gram protein dan 5 gram lemak sehat.

Sumber info kandungan telur: Nutritiondata.self.com

Manfaat telur

1. Untuk Pembentukan Otot
Telur mengandung protein yang cukup tinggi berfuungsi untuk mengoptimakan perkembangan otot tubuh. Sehingga, banyak sekali binaragawan yang suka mengkonsumsi telur karena nutrisi protein di dalamnya yang tinggi. Yang bermanfaat untuk membentuk otot tubuh dengan maksimal.

Dilansir dari laman Bodybuilding.com, Meningkatkan asupan telur adalah hal yang baik dilakukan guna meningkatkan massa otot tubuh. Telur berperan besar dalam membantu program diet sehat dan terutama untuk binaragawan.

Nutrisi protein memiliki manfaat yang penting untuk membangun otot. Kekurangan asupan protein mengakibatkan otot Anda tumbuh sangat lambat. Seorang binaragawan harus jauh lebih tinggi untuk mengonsumsi asupan protein daripada orang-orang secara umum.

Telur bernutrisi berprotein tinggi, selain itu juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E dan vitamin K. Kemudian juga mengandung berbagai vitamin B seperti B12 (energi), riboflavin dan asam folat.

Telur memiliki kandungan delapan asam amino esensial yang memiliki fungsi besar untuk membantu proses pemulihan otot yang optimal. Kemudian juga membantu tubuh agar lebih maksimal dalam penyerapan kalsium, zinc dan besi.

Anda tidak perlu khawatir mengenai kandungan lemak di dalam telur. Bagian putih telur tidak mengandung lemak, adapun bagian kuning telur hanya mengandung sekitar 5 gram lemak, dimana secara umum kandungan lemak yang terdapat di dalam telur adalah lemak baik.

Binaragawan yang ingin meningkatkan massa otot, membutuhkan salah satunya kandungan lemak baik yang terkandung di dalam makanan, guna memberikan energi bagi tubuh.

Telur mengandung kolesterol, tetapi secara umum tidak membahayakan, hanya saja Anda tetap perlu membatasi konsumsi telur. Telur mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Telur menjadi asupan yang sering dipilih untuk diet seimbang bagi binaragawan.


2. Baik Untuk Ibu Hamil
Menurut laman Momjunction.com Telur merupakan sumber nutrisi yang luar biasa, yang mengandung nutrisi berupa mineral, protein, lemak, vitamin A dan D, yang semua kandungan tersebut penting bagi wanita hamil.

Berikut ini adalah beberapa manfaat makan telur bagi Ibu hamil:

—Kaya Asupan Protein. Tingginya kandungan protein di dalam telur sangat penting untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Dimana sangat dibutuhkan nutrisi protein untuk setiap sel dari janin yang berkembang.

—Untuk Perkembangan Otak Janin. Telur mengandung asam lemak Omega 3 dan kolin, yang memiliki fungsi yang besar dalam menjaga kesehatan otak dan pertumbuhan bayi secara keseluruhan. Hal ini juga penting untuk mencegah timbulnya cacat saraf pada janin.

—Mengatur Kolesterol. Apabila kadar kolesterol darah Anda dalam kondisi normal, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi satu atau dua telur dalam sehari, hal ini untuk menyeimbangkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh. Adapun jika Anda mengalami kadar kolesterol tinggi, maka penting untuk membatasi konsumsi kuning telur selama masa kehamilan.

—Kalori. Telur mengandung sekitar 70 kalori, yang membantu untuk memenuhi asupan kebutuhan kalori harian tubuh yaitu sebesar 200 sampai 300 kalori. Hal ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan.

Seiring dengan manfaatnya, telur juga memiliki faktor risiko yang berbahaya bagi ibu hamil. Seorang Ibu hamil harus menghindari mengonsumsi telur yang masih mentah atau setengah matang.

Dikhawatirkan seperti telur rebus yang belum matang maka akan membawa bakteri salmonella.

Oleh karena itu, selama masa kehamilan, Anda harus memasak telur hingga benar-benar matang, yaitu sampai putih telur dan kuning telur berubah menjadi padat sepenuhnya. Sehingga bakteri tersebut akan terbunuh, maka telur aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Walaupun keracunan akibat bakteri salmonella tidak membahayakan bayi di dalam kandungan, tetapi tetap saja akibat yang ditimbulkan cukup buruk, yang mengakibatkan Ibu Hamil beresiko mengalami:
  1. Diare dan muntah yang parah
  2. Sakit perut
  3. Mengalami suhu tubuh yang tinggi
  4. Sakit kepala

Berapa Banyak Telur Yang Boleh Dimakan Wanita Hamil?

Kuning telur mengandung sekitar 185 miligram kolesterol. Dimana batasan orang dewasa boleh mengkonsumsi maksimal 300 miligram. Oleh karena itu, selama kehamilan maka Ibu Hamil boleh mengonsumsi dua telur dalam sehari, tetapi hindari lebih dari itu.

Makan 2 telur setiap hari tidak berbahaya. Akan tetapi, jika Anda sedang mengalami kadar kolesterol tinggi ataupun kelebihan berat badan maka makan telur setiap hari bisa meningkatkan risiko komplikasi penyakit berbahaya.

Badan ‘US National Institute of Health’ juga menyarankan agar membatasi konsumsi telur, terutama kuning telur. Sehingga, jika ingin makan telur maka Ibu hamil jangan terlalu banyak mengonsumsi kuning telurnya.

Pilihan terbaik adalah mengutamakan konsumsi putih telur (jika Anda mengonsumsi banyak telur dalam sehari). Oleh karena itu, sesekali Anda bisa memberikan kuning telur pada orang lain, adapun Anda hanya mengonsumsi putih telurnya saja.

3. Untuk Rambut
Rambut sering dikatakan sebagai mahkota. Keadaan rambut yang kurang nutrisi sehingga kurang sehat, juga akan merusak keindahan rambut, dimana ramut telihat kusam dan tidak enak dipandang.

Dari laman Livestrong.com memaparkan tentang cara memanfaatkan telur untuk keindahan dan pertumbuhan rambut yang baik. Pemanfaatan telur ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut, hal itu karena telur mengandung protein yang cukup tinggi. Dimana rambut terdiri dari 70 persen protein keratin.

Dengan manfaat protein di dalam telur membantu memperbaiki dan membangun kembali rambut rusak, yang akhirnya juga mampu memperkuat rambut.

Untuk memanfaatkan telur ini, pertama-tama pecahkan telur, dan tempatkan putih telur dan kuning telur ke dalam mangkuk.

Lalu tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Campurkan telur dan minyak zaitun, lalu gunakan garpu untuk mengaduk.

Anda perlu menempatkan sepotong bungkus plastik di atas mangkuk, sebelum Anda siap untuk menggunakannya.

Cara mengaplikasikan ramuan telur tersebut:
  1. Lakukan terapi ini di kamar mandi.
  2. Taruh ramuan telur di tempat yang dekat kamar mandi, agar mudah untuk diambil nantinya.
  3. Cuci rambut Anda dengan shampoo terlebih dahulu guna menghilangkan penumpukan kotoran dan minyak alami di rambut.
  4. Keringkan rambut, caranya peras rambut dari kelebihan air. Kemudian tempatkan handuk di atas rambut guna menghilangkan lebih banyak air. Tetapi tentunya ini tidak bisa untuk menjadikan rambut kering sepenuhnya.
  5. Aplikasikan ‘kondisioner’ telur ini untuk semua bagian rambut, lakukan secara perlahan. Dan pastikan mengenai semua bagian hingga ujung helai rambut.
  6. Setelah itu, biarkan ramuan alami ini bekerja selama 10-20 menit.
  7. Setelah menunggu 10-20 menit, barulah cuci ramuan telur tersebut hingga bersih dari rambut.
  8. Kemudian oleskan kondisioner pelembab, lalu biarkan beberapa menit saja (minimal 2 menit).
  9. Terakhir, cuci lagi rambut seperti biasa hingga benar-benar bersih.

Beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan terapi alami ini yaitu mangkuk, pengadukan, garpu, 1 butir telur, 1 sdm minyak zaitun, bungkus plastik, shampo, handuk, topi mandi, kondisioner pelembab.

Topi mandi bisa Anda gunakan saat menunggu 10-20 menit tersebut (yaitu setelah Anda mengoleskan ramuan telur yang Anda buat). Hal ini untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi ke rambut.

loading...

4. Menghaluskan Kulit Wajah dan Mengatasi Jerawat
Bukan hanya alpukat dan tomat yang dapat diandalkan untuk menjadi masker wajah. Telur bagian putihnya dapat juga dimanfaatkan untuk membuat kulit wajah menjadi cerah.

Dilansir dari Bellatory.com, bahwa putih telur sangat bagus untuk mengencangkan kulit, mengatasi permasalahan kulit berminyak, mencegah jerawat, mengecilkan pori-pori besar pada permukaan kulit, dan mengurangi kelebihan sebum.

Kondisi pori-pori yang besar beresiko menjadi tempat berkembang biak bakteri, yang kemudian memuculkan masalah jerawat dan kista. Dengan begitu, putih telur bisa membantu untuk mengurangi masalah jerawat.

Putih telur mengandung bahan yang dikenal dengan nama ‘lisozim’, ini adalah enzim yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Lihatlah semua nutrisi yang ada di dalam telur yang bermanfaat bagi kulit:

Protein, untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan kulit.

Kalium, berguna untuk melembabkan kulit, dengan mempertahankan kelembaban di sel-sel kulit.

Riboflavin, berguna untuk menghilangkan racun dan sel-radikal bebas yang merusak, dan memicu kerutan pada kulit.

Magnesium, membantu Anda untuk memiliki kulit bercahaya dan bisa tampak lebih muda. Kandungan ini penting untuk membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Untuk memanfaatkan telur menjadi masker wajah, maka diperlukan tambahan bahan, yaitu jus lemon dan madu.

Bahan yang perlu disiapkan:
  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh jus lemon segar
  • ½ sendok teh madu

Sekarang mari kita lihat manfaat dari masing-masing bahan tambahan ini:
—Madu, memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Yang juga bermanfaat sebagai pelembab kulit dan membantu mencerahkan kulit.

—Jus lemon, sebagai astringent kuat yang berfungsi untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Cara membuat ramuannya:
  1. Dialam mangkuk, Masukan putih telur dan jus lemon, lalu kocok keduanya sampai bercampur dan muncul busa. 
  2. Lalu tambahkan ½ sendok teh madu, aduk rata kembali.
  3. Cuci wajah menggunakan air hangat, tujuannya untuk membuka pori-pori Anda. Anda bisa mencuci wajah menggunakan tangan (yang sebelumnya dibersihkan) atau menggunakan bola kapas. 
  4. Kemudian oleskan campuran ramuan yang dibuat tadi ke wajah Anda. Dalam mengoleskan hindari daerah yang sensitif, seperti di sekitar mulut dan mata.
  5. Lalu bersantai-lah menunggu ramuan tersebut meresap di wajah Anda, hingga akhirnya kering. Waktu menunggu selama 10-15 menit. 
  6. Setelah campuran benar-benar kering di wajah, maka gosok dan bersihkan wajah secara lembut menggunakan air hangat. Lakukan menggosok menggunakan air hangat dengan gerakan melingkar. 
  7. Setelah wajah bersih maka keringkan wajah, Anda akan merasakan sensasi kehalusan pada kulit wajah Anda.

Ketika Anda mengoleskan ramuan, mulailah dari bawah ke atas. Mulai dari dagu, lalu ke pipi, hingga akhirnya ke dahi. Lakukan pengolesan dengan gerakan melingkar secara lembut.

5. Mencerahkan Kulit Wajah
Menurut laman Bellatory.com. Selain dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit wajah, masker putih telur juga bisa Anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit. Untuk membuat resep ramuan ini, Anda juga memerlukan kunyit.

Bahan yangperlu disipakan:
  • 1 sendok teh jus jeruk
  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh bubuk kunyit

Kunyit, kandungan di dalamnya berguna untuk mengurangi bintik-bintik gelap yang disebabkan oleh jerawat.

Cara pembuatan ramuannya
  1. Masukan putih telur dan jus jeruk ke dalam mangkuk kecil
  2. Lalu aduk hingga menjadi berbusa.
  3. Lalu tambahkan bubuk kunyit, aduk rata kembali secara perlahan.
  4. Oleskan campuran ramuan tersebut ke wajah Anda (Pastikan tangan sudah dibersihkan).
  5. Oleskan sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar pada wajah. Tujuannya agar nutrisi ramuan lebih meresap ke kulit.
  6. Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 15 menit. Anda bisa berbaring.
  7. Setelah 15 menit selesai dimana masker mengering, lalu gosok masker dari wajah Anda. 
  8. Lalu oleskan pelembab alami yang sempurna yaitu 3-4 tetes minyak zaitun.

Dalam melakukan terapi ramuan ini, pakaian bisa saja terkena noda kuning dari kunyit yang sulit menghilang, walaupun sudah ducuci.

Hendaknya Anda saat menggunakan masker selama 15 menit, sementara tahan diri dari berbicara atau tersenyum, kondisi peregangan kulit wajah (saat menggunakan masker) bisa menyebabkan resiko keriput.

6. Mengatasi Kulit Wajah Kering
Menurut laman Bellatory.com. Anda bisa memanfaatkan putih telur untuk mengatasi masalah kulit. Dimana manfaatnya hampir sama seperti yang terdapat pada alpukat, dan sangat baik untuk dikombinasikan. Yang manfaatnya untuk melembabkan kulit, menghindrasi kulit, membuat kulit kenyal dan lembut.

Bahan yang perlu Anda persiapkan:
  • 1 putih telur
  • ¼ alpukat matang
  • 1 sendok teh yogurt

Alpukat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan membuat kulit tampak bercahaya.

Yogurt bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat, mengatasi kulit kering, kulit terkelupas, melembutkan kulit, kulit kenyal, dan membuat Anda awet muda.

Cara membuat ramuannya:
  1. Dengan memakai garpu, ambil isi alpukat, hingga nantinya dijadikan pasta.
  2. Lalu tambahkan putih telur dan yogurt dan aduk rata di dalam wadah.
  3. Lalu, aplikasikan ramuan ini ke wajah Anda menggunakan jari (sebelumnya dibersihkan).
  4. Biarkan masker selama 15 menit.
  5. Setelah itu. cuci masker menggunakan air hangat.
  6. Keringkan wajah Anda menggunakan handuk. 

Dalam memilih alpukat, pilih alpukat yang matang sehingga lebih mudah untuk dijadikan pasta. Dalam memilih yogurt, pilih yang tanpa gula.


7. Menjaga kesehatan mata
Telu mengandung vitamin A yang bermanfaat penting untuk kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin mengakibatkan kesehatan dan ketajaman mata berkurang. Masalah lainnya dari kekurangan vitamin A adalah meningkatkan resiko penyakit degenerasi makula serta katarak.

Telur juga mengandung Zeaxanthin dan Lutein yang merupakan dua jenis antioksidan bermanfaat untuk fungsi organ mata, serta juga melindungi mata dari gangguan dan serangan dari luar.

Studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jumlah yang cukup kandungan antidioksidan Lutein dan Zeaxanthin, secara signifikan mampu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, yang merupakan dua jenis gangguan mata sangat umum terjadi. sumber 1 sumber 2 sumber 3

Kuning telur mengandung antidioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang cukup tinggi. Dalam satu penelitian, makan hanya 1,3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu bisa meningkatkan kadar Lutein sebesar 28-50% dan Zeaxanthin sebesar 114-142%. sumber

Telur tinggi kandungan vitamin A. Kekurangan vitamin A adalah penyebab paling umum di dunia terjadinya kebutaan. sumber

8. Membantu Anda dalam menurukan berat badan
Diet makanan sehat adalah hal yang sangat sering disarankan oleh para pakar kesehatan pada orang yang ingin menurunkan berat badan. Anda bisa memanfaatkan asupan yang terkandung di dalam telur dalam usaha penurunan berat badan.

Hal itu karena telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk membuat perut terasa lebih lama kenyangnya. Rasa kenyang yang tahan lama ini membuat Anda terhindar dari mengonsumsi makanan scara berlebihan. sumber

Untuk memperoleh gizi lebih besar dan sehat, kombinasikan telur dengan asupan sehat lainnya seperti gandum utuh dan sayur-sayuran.

Pada sebuah penelitian, yang melibatkan 30 orang wanita gemuk, makan telur saat sarapan mampu meningkatkan perasaan kenyang. Dan membuat mereka bisa makan lebih sedikit asupan kalori untuk 36 jam berikutnya. sumber

Pada studi lainnya, memasukan menu telur saat arapan mampu menurunan berat badan secara signifikan selama periode 8 minggu. sumber

9. Untuk Kesehatan Tulang
Telur mengandung vitamin D yang berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium bagi tulang. Sehingga manfaatnya sangat penting untuk mencegah terjadinya pengereposan tulang. Hal ini sangat baik jika Anda mampu memenuhi asupan kalsium dengan baik.

10. Untuk Kuku dan Rambut
Telur memiliki manfaat kesehatan untuk rambut dan kuku, dimana telur memiliki nutrisi berupa vitamin A, vitamin E, asam amino dan mineral. Seringkali rambut dan kuku dijadikan indikator akan kondisi tubuh, apakah tubuh dalam keadaan baik atau apakah telah tercukupi nutrisi tubuh

Asupan vitamin A, vitamin B12, sulfur yang erkandung di dalam telur bermanfaat untuk kesehatan dan kekuatan rambut.

11. Untuk Kekebalan Tubuh
Telur juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dengan kondisi sistem kekebalan tubuh yang baik maka tubuh tidak mudah untuk jatuh sakit. Penyakit yang umum menyerang adalah flu, Anda tidak akan mudah terkena flu dengan syarat menjaga sistem imun tubuh agar tetap baik.

Kandungan vitamin A, vitamin B12 dan selenium yang terkandung di dalam telur, menjadi kunci penting untuk memiliki sistem imun tubuh kuat.

12. Menyehatkan organ otak
Telur mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, yang diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi sel di dalam tubuh, termasuk otak, sistem saraf, memori dan juga metabolisme tubuh yang lancar.

Berikut ringkasan mengenai kandungan gizi di dalam telur:
  1. Vitamin A: kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata.
  2. Vitamin B2 (riboflavin): untuk metabolisme tubuh, menghasilkan energi, sel darah merah, dan sistem saraf.
  3. Vitamin B12: untuk metabolisme tubuh, sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.
  4. Vitamin B5 (asam pantotenat): untuk metabolisme tubuh dan fungsi mental.
  5. Vitamin D: untuk kesehatan tulang dan gigi dan membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.
  6. Vitamin E: menjaga sistem reproduksi, kesehatan sistem saraf dan otot yang sehat.
  7. Biotin: untuk metabolisme tubuh, kesehatan kulit, rambut.
  8. Kolin: untuk fungsi hati.
  9. Asam Folat: untuk membantu pembentukan darah di dalam tubuh dan pertumbuhan jaringan selama kehamilan.
  10. Yodium: untuk membantu fungsi kelenjar tiroid, dan kesehatan sistem saraf.
  11. Zat Besi: untuk membantu produksi sel darah merah, dan melancarkan pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.
  12. Lutein dan zeaxanthin: untuk kesehatan mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia.
  13. Fosfor: untuk kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi.
  14. Protein: untuk kesehatan dan kekuatan otot, kesehatan kulit dan jaringan; dan memproduksi antibodi, enzim dan hormon.
  15. Selenium: melindungi sel dari kerusakan oksidatif, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu fungsi kelenjar tiroid.

Efek Samping Mengonsumsi Telur
Selain bermanfaat, Anda juga perlu mengetahui efek samping dari mengonsumsi telur berupa alergi dan gangguan lainnya. Alergi umumnya terjadi pada anak-anak. Reaksi alergi dari makanan telur ini bisa dirasakan 30 menit hingga beberapa jam setelah mengonsumsi telur.

Gejala lainnya selain alergi, yaitu gatal-gatal pada kulit, kulit mengalami bengkak, batuk, mual dan muntah. Pada beberapa anak, gejala mengonsumsi telur bisa berupa asma. Umumnya gejala yang dialami berlangsung kurang dari satu hari.

Di dalam telur memiliki zat natrium yang cukup tinggi, hal ini membuat Anda yang suka makan telur diharuskan mengurangi asupan sodium. Yang selama ini dikonsumsi. Dimana kandungan natrium bisa memicu hipertensi (tekanan darah tinggi).

Adapun penelitian telah menemukan, bahwa konsumsi telur tidak memiliki keterkaitan dengan munculnya penyakit jantung, kecuali pada penderita diabetes.

Jenis-jenis Telur yang Bisa Anda Makan
Kalau dikatakan telur maka yang terbayang adalah telur ayam karena saking populernya. Padahal ada banyak jenis telur yang bisa Anda makan, yaitu::
  1. Telur ayam: Kaya akan kandungan kalsium, mineral seng dan protein. 
  2. Telur puyuh: Kaya akan kandungan vitamin B. 
  3. Telur bebek: Kaya akan vitamin B kompleks. 
  4. Telur Kaviar: Kaya akan antioksidan (jenis telur ikan yang harganya sangat mahal).
  5. Telur kalkun: Kaya kandungan kalsium RDA.
  6. Telur hisa: Kaya Omega-3.
  7. Telur angsa: Kaya akan protein.

Referensi Lainnya:
  1. Top 10 Health Benefits of Eating Eggs
  2. Eggs: Health Benefits, Nutritional Information, Risks



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman