26 Manfaat Buah Pir: Untuk Jantung, Pencernaan, Kanker, Stroke, Kecantikan Kulit, Rambut, dll


Pada buah pir yang matang, memiliki warna kulit yang kuning dengan sedikit bintik kecokelatan (terlihat samar-samar).

Buah pir memiliki rasa manis yang sedikit ada rasa asam. Rasa buah pir ini menjadikannya sebagai buah yang sangat segar dikonsumsi saat cuaca panas. Buah pir banyak disukai orang disebabkan rasanya yang segar manis.

Buah Pir
Buah Pir | Sumber gambar: Pixabay.com

Kandungan Gizi Buah Pir
Berikut di bawah ini, kandungan gizi buah pir dalam 100 g: (sumber: wikipedia.org)
  • Vitamin A: 25 IU
  • Vitamin B6: 0 mg
  • Vitamin B12: 0 µg
  • Vitamin C: 4,3 mg
  • Vitamin D: 0 IU
  • Kalsium: 9 mg
  • Serat pangan: 3,1 g
  • Gula: 10 g
  • Protein: 0,4 g
  • Zat besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 7 mg
  • Kalori (kcal): 57
  • Lemak jenuh: 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal  0,1 g
  • Kolesterol: 0 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 116 mg
  • Jumlah Karbohidrat: 15 g

Manfaat buah pir

1 . Mencegah kanker
Buah pir yang memiliki serat yang banyak, mampu mengatasi sel-sel karsinogenik yang berbahaya bagi tubuh, agar nantinya bisa dibuang dari dalam tubuh. Bahaya karsinogenik adalah dapat menyebabkan terjadinya kanker usus besar, yang merupakan sebuah penyakit serius. Selain itu, konsumsi buah pir juga dapat mencegah resiko kanker payudara, terutama pada mereka yang sudah memasuki umur tua.

Dari sumber laman Nih.Gov. Studi terbaru yang dilakukan para ilmuwan telah menunjukkan bahwa serat makanan memiliki manfaat yang tidak bisa diremehkan dalam menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan. Hal ini berimplikasi baik pada menurunnya resiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan masalah obesitas.

2. Menyehatkan jantung
Di dalam buah pir memiliki kandungna serat lumayan banyak. Para ahli kesehatan sudah menjelaskan bahwa kandungan serat ini sangat penting bagi tubuh, karena fungsinya yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Teratasinya masalah LDL (koleserol jahat) sangat penting untuk mencegah penyakit jantung yang sangat serius.

Dari sumber laman Medicalnewstoday.com. Peneliti Pangan dan Gizi dari Institut Nasional of Medicine telah mengembangkan pedoman untuk kandungan serat. Dari penelitian yang dilakukannya, mereka merekomendasikan untuk laki-laki yang berumur di bawah 50 tahun agar mengkonsumsi 38 gram serat per hari, dan wanita yang berumur di bawah 50 tahun mengkonsumsi 25 gram serat per hari.

Untuk pria yang berumur di atas 50 tahun disarankan mengkonsumsi 30 gram per hari. Adapun wanita berusia diatas 50 tahun adalah 21 gram per hari.

Ilmuwan dari pihak The National Institute of Medicine melakukan pengamtan pada beberapa penelitian besar. Maka disimpulkan bahwa diet dengan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori, sudah mampu memberikan penurunan yang signifikan risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2.

Dengan begitu, mengkonsumsi buah pir memberikan manfaat bagi Anda agar terhindari dari penyakit jantung koroner.


3 . Mencegah osteoporosis
Kesehatan tulang benar-benar harus dijaga, apalagi sekarang banyak orang yang memiliki pola makan yang buruk sehingga menyebabkan gangguan pada organ tulang. Hal ini lebih penting lagi bagi mereka yang sudah berumur, dimana mereka akan sangat perlu menjaga kesehatan tulang, terutama untuk mencegah osteoporosis yang banyak menyerang orang yang tua.

Sehingga hal yang perlu dilakukan adaah mengontrol kestabilan pH tubuh, disamping yang paling utama adalah memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi kalsium, yang berasal dari makanan atau minuman sehat.

Untuk menjaga pH tubuh maka penting memperbaiki pola makan, Anda harus mulai rutin dan jarin untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Buah pir memiliki asupan boron yang berfungai untuk membantu memaksimalkan proses penyerapan kalsium untuk sistem tubuh.

4 . Baik untuk kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang terkandung pada buah pir bersifat serat tidak larut, yang membuatnya lebih mudah dan lancar bergerak saat melewati usus besar. Manfaat hal ini penting untuk mencegah masalah polip usus. Buah pir yang kaya sehat ini dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan.

Dengan menonsumsi makanan yang kaya serat, bermanfaat untuk sistem pencernaan. Kandungan serat bekerja untuk membantu tubuh dalam proses penyerapan vitamin dan mineral yang dikonsumsi dari makanan. Yang mampu mencegah dan meringankan penyakit sembelit, mencegah penyakit wasir, hingga bisa mencegah kondisi serius berupa kanker usus besar.

5 . Baik untuk penderita diabetes 
Memang buah pir memiliki rasa yang manis, sehingga lezat untuk dikonsumsi. Walaupun berasa manis begitu, buah pir ternyata hanya mempunyai indeks gliserin yang rendah. Hal ini membuat buah pir tidak bermasalah sering dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada bah pir, justru memberikan dampak positif untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

6 . Memberikan tenaga pada tubuh
Buah pir memiliki kandungan zat glukosa yang lumayan tinggi, efek yang ditimbulkan bagi tubuh adalah mampu menimbulkan kekuatan energi (tenaga) secara instan. Sehingga bagi Anda yang sedang merasakan lemas dan lemah pada tubuh (seperti tidak bertenaga) maka disarankan konsumsi buah pir, yang mampu memberikan Anda tenaga secara cepat.

7. Menangkal serangan radikal bebas
Dialam kandungan terdapat buah pir terdapat nutrisi vitamin C, vitamin K, dan mineral tembaga. Kandungan-kandungan tersebut sangat diperlukan tubuh dalam menghadang serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Serangan radikal bebas ke dalam tubuh sangat berbahaya, karena beresiko menyebabkan kerusakan sel tubuh, meningkatkan resiko penuaan dini, hingga yang paling buruk adalah kanker.

loading...

8. Meningkatkan sistem imun tubuh
Di dalam buah pir terdapat zat antioksidan yang cukup tinggi, berasal dari vitamin A, vitaminC, dan mineral tembaga. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem imun tubuh (kekebalan tubuh). Hal ini berguna agar tubuh tidak mudah jatuh sakit, sistem tubuh mampu untuk menangkal serangan-serangan penyakit.

Terutama penyakit yang paling sering menyerang tubuh yaitu flu. Anda akan menjadi tidak mudah terkena penyakit flu /pilek dan batuk.

Kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antidioksidan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekeblaan tubuh dan mencegah infeksi, agar mampu melawan berbagai serangan penyakit. Buah lainnya yang dapat diandalkan untuk menguatkan imun tubuh yaitu jeruk, lemon dan strawberry.

9. Baik untuk bayi di dalam kandungan
Kandungan asam folat yang ada di dalam buah pir, memberikan manfaat besar untuk wanita hamil. Dimana asupan asam folat yang dikonsumsi ibu hamil akan bekerja untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan bayi, sehingga mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Untuk itu, disarankan ibu hamil untuk mengonsumsi buah pir, walaupun itu hanya sesekali saja (yang penting ibu hamil mengonsumsinya).

10 . Sehat untuk anak dan bayi
Dalam cara merawat anak bayi, terutama dalam masa penyapihan maka disarankan bagi orang tua agar memberikan konsumsi buah pir pada mereka. Hal itu disebebkan buah pir hanya memiliki tingkat keaasamannya dan reaksi alergi yang sangat rendah. Hal ini penting bagi bayi agar tidak mengalami gangguan pencernaan saat mengonsumsinya.

Cara memberikan makanan buah pir pada bayi, pertama-tama kupas buah pir lalu dipanaskan, setelah itu baru dijadikan bubur. Tetapi perlu diketahui, bahwa buah pir jangan diberikan kepada bayi maupun anak-anak ketika mereka terkena diare.

11. Mengontrol tekanan darah
Di dalam buah pir memiliki kandungan senyawa antidioksidan dan antikarsinogen glutathione yang fungsinya sangat penting, yaitu menjaga tekanan darah agar tetap dalam batasan normal.  Buah pir memiliki kandungan kalium yang berfungsi membantu kestabilan detak jantung, serta menjaga fungsi otot-otot.

12. Mencegah stroke
Dari laman Healthyeating.Sfgate.com. Konsumsi buah pir membantu untuk menurunkan resiko penyakit stroke. Pada sebuah hasil penelitian ilmiah, yang diterbitkan tahun 2011 di American Heart Association, mememukan bahwa konsumsi satu buah pir dalam sehari mampu menurunkan risiko stroke hingga 52 persen.

Mengonsumsi pir memberikan peluang untuk menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Pada sebuah laporan penelitian tahun 2007 yang diterbitkan di “American Journal of Clinical Nutrition” melaporkan bahwa senyawa flavonoid di dalam buah pir bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi buah pir mencegah penyakit stroke dan jantung.

13. Menyegarkan dan menyehatkan tenggorokan
Kandungan di dalam buah pir yang bersifat medinginkan dan menyegarkan, memberikan manfaat bagi tenggorokan Anda agar tetap merasa segar, terutama saat kondisi cuaca yang panas. Selain itu, konsumsi buah pir membantu untuk mengatasi masalah pada teggorokan. Buah pir saat kondisi udara panas, sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk jus buah pir.


14. Mengatasi peradangan
Sifat anti inflamasi yang dimiliki buah pir memiliki manfaat untuk mencegah ataupun meredakan masalah peradangan, salah satu contohnya arthritis.

15 . Mencegah sesak napas
Penyakit sesak napas ini umumnya akan lebih sering terjadi saat kondisi musim panas, dimana hawa panasnya mengakibatkan orang-orang rentan untuk mengalami sesak napas. Sehingga saat kondisi cuaca yang terasa panas, disarankan untuk memakan buah pir yang juga membantu meredakan suhu sangat panas di dalam tubuh.

16 . Mencegah timbulnya tanda penuaan dini
Bagi Anda yang khawatir bisa terkena masalah penuaan dini, maka Anda bisa mengandalkan bantuan dari kandungan buah pir ini, yang manfaatnya mampu mencegah penuaan dini. Buah pir memiliki banyak kandungan vitamin C, vitamin K dan mineral tembaga. Dimana kandungan yang ada di dalam buah pir bisa berperan sebagai antidioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

Sehingga dapat menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat yang diperoleh adalah mampu menurunkan kemungkinan timbulnya garis-garis halus di dekat daerah mata dan bibir.

17. Membantu agar kulit halus dan lembut
Asupan tinggi serat pada buah pir memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan kulit, juga agar kulit tetap lembut dan halus. Asupan serat bekerja untuk membatasi frekuensi masuknya gula ke dalam darah, manfaat yang diperoleh adalah mampu menghindarikan kulit mengalami kerusakan kolagen.

Dimana kerusakan kolagen pada kulit dapat terjadi akibat lonjakan jumlah gula di dalam darah. Dengan mengonsumsi buah pir membanu Anda agar dapat memiliki kulit yang lembut dan halus.

18. Mengatasi jerawat
Anda juga dapat mengatasi masalah jerawat dengan menggunakan buah pir, karena di dalam buah pir terdapat nutrisi vitamin dan mineral. Kandungan tersebut juga bermafaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga juga berdampak baik bagi kulit. Dimana kulit wajah dapat secara maksimal untuk menangkal serangan bakteri, kuman dan infeksi, sehingga membantu mengatasi jerawat.

19. Mengatasi masalah kulit berminyak
Buah pir yang enak rasanya ini juga berkhasiat bagi Anda yang mengalami masalah kulit berminyak. Selain dikonsumsi, Anda juga memanfaatkan buah pir sebagai masker wajah, caranya: pertama-tama hancurkan buah pir, lalu campur dengan madu.

Setelah itu akan terbentuk ramuan pasta, yang dapat Anda gunakan menjadi masker. Oleskan secara merata ramuan tersebut pada wajah, biarkan hingga kandungan di dalam ramuan menyerap ke dalam wajah, setelah kering di wajah tunggu beberapa lama.

Setelah itu baru bilas menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan terapi masker wajah ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

20. Sebagai pelembab kulit alami
Buah pir dapat Anda andalkan untuk bisa mendapatkan manfaat kulit yang lembab, sehingga Anda terhindar dari masalah kulit kering dan bersisik. Di dalam buah pir terdapat zat humectants alami yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air. Senyawa alami tersebut memiliki peran dalam menjaga kelembaban kulit.

Dimana banyak produsen perawatan kulit yang menggunakan ekstrak buah pir sebagai bahan pembuatan produk lotion pelembab kulit. Anda bisa mengonsumsi jus buah pir sehingga memperoleh kulit yang lembut dan halus.

21. Perawatan dan kesehatan bibir
Buah pir memiliki kandungan asam laktat yang berfungsi untuk menjaga sel-sel di bibir. Sehingga bibir tetap bisa dalam kondisi sehat, segar dan mampu terhidrasi lebih lama (bibir terhindar dari dehidrasi / kekeringan). Manfaatnya agar bibir bisa menjadi lebih lembut dan halus.

22. Sebagai scrub alami
Buah pir dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah sel-sel kulit mati, sehingga Anda dapat secara maksimal untuk menyingkirkan sel kulit mati yang terdapat di lapisan permukaan kulit tubuh. Ekstrak buah pir umumnya banyak digunakan dalam membuat kulit agar lebih lembut. Hal itu karena di dalam kandungan buah pir memiliki zat yang mampu mempercepat pergantian sel kulit.

23. Baik dikonsumsi bagi yang memiliki rambut kering
Di dalam buah pir terdapat kandungan yang memiliki sifat pelembab yang fungsinya untuk meminimalisir masalah kekeringan pada rambut. Pada buah pir terdapat kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami, salah satu manfaatnya untuk menghaluskan ramut, dimana zat antidioksidan mampu menjaga kesehatan sel-sel rambut.

Untuk Anda yang mengalami rambut keriting, maka buah pir ini dapat anda manfaatkan. Kandungan di dalamnya mampu mencegah rambut kusut dan kusam. Sehingga dengan manfaatnya tersebut, Anda dapat lebih mudah untuk mengatur rambut keriting.

24. Menghilangkan masalah rambut kusam
Masalah rambut kusam ini banyak dikeluhkan orang-orang, terutama bagi mereka yang memiliki rambut panjang, yaitu dari kalangan wanita. Dengan memanfaatkan buah pir, Anda bisa mengatasi rambut kusam. Manfaatkan buah pir sebgai masker rambut. Caranya: pertama-tama campurkan ekstrak 1 buah pir dengan 2 sendok makan cuka sari apel, lalu juga masukan air sekiranya.

Kemudian tinggal diaplikasikan pada ramut, sehingga nantinya Anda akan memiliki rambut berkilau, serta terhindar dari masalah rambut kusam. Dalam penggunaan buah pir, pilih buah pir yang segar dan matang.

25. Menutrisi Rambut
Kandungan sorbitol atau glusitol di dalam buah pir memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan rambut, memberi nutrisi akar rambut dan menjaga kulit kepala agar terjaga kesehatannya. Dengan mengonsumsi buah pir memiliki kegunaan agar rambut Anda terjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisinya perpenuhi.

26. Tidak memiliki resiko alergi
Dengan makan buah pir, membantu Anda agar tidak mudah terkena alergi, hal ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi buah pir yang tidak menimbulkan masalah alergi. Hal inilah yang membuat Ibu-ibu suka memberikan buah pir pada anak, walaupun masih bayi atau balita.

Dari laman Popsugar.com. Buah pir termasuk jenis buah hypoallergenic, yang berarti orang-orang yang mengalami masalah alergi makanan, biasanya bisa makan pir tanpa efek samping.

Cara memilih buah pir yang benar
Anda hendaknya memilih buah pir yang matang, karena memberikan manfaat kandungan yang terbaik, disamping juga enak rasanya. Pilihlah buah pir yang berwarna kuning keemasan dan tercium bau harum darinya. Pir yang berkualitas memiliki kulit yang lembut dan tanpa cacat luka.

Anda bisa mengecek pada bagian atas buah, yaitu di dekat dengan batang buah. Pastikan permukaannya tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Untuk mengeceknya, tekan pelan saja memakai ujung jari Anda, bukan meremas di semua bagian buah.

Hindari memilih buah yang terdapat memar dan goresan. Ushakan membel buah yang masih ada tangkainya. Hal itu karena menandakan buah pir masih segar.

Apabila Anda membeli buah pir untuk langsung dikonsumsi nantinya, maka pilih buah yang agak lembut saat ditekan. Adapun jika Anda membeli buah pir untuk disimpan di kulkas dalam waktu yang agak lama, maka pilih buah pir yang dagingya masih cenderung keras.

Tips Mengkonsumsi buah Pir
Beli buah pir yang segar, setelah itu cuci atau bersihkan lalu keringkan, setelah itu makan bersama dengan kulitnya. Sehingga Anda akan memperoleh manfaat nutrisi yang maksimal, yaitu berupa serat, vitamin, fitonutrien dan antioksidan.

Jika Anda ingin memotong buah pir, maka pastikan pisau yang digunakan dalam kondisi bersih.

Efek samping mengkonsumsi buah pir
Buah-buahan seperti apel dan pir kaya akan kandungan fruktosa, bahkan lebih tinggi dibandingkan glukosa. Mengonsumsi buah pir pada dasarnya sangat aman, hanya saja dalam kondisi tertentu ataupun mengonsumsi buah pir dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan efek samping, berupa perut kembung, meningkatkan gas di perut, nyeri dan diare bagi orang yang mengalami masalah iritasi usus besar.

Referensi lainnya: Stylecraze.com: 30 Amazing Benefits Of Pears (Nashpati) For Skin, Hair, And Health



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman