22 Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan, Pengobatan & Diet


Buah asam memiliki rasa yang seperti namanya. Biasanya buah asam dimanfaatkan ibu-ibu untuk dijadikan bumbu masakan. Tujuannya agar masakan tampak terasa lebih segar.

Tidak jarang juga buah asam dijadikan bahan minuman kesehatan. Dimana kata orang-orang, setelah meminumnya tubuh menjadi segar.

Nutrisi yang dimiliki buah asam yaitu berupa kandungan asam tatrat, malat, suksinat, sitrat dan asetat.

Terdapat cukup banyak khasiat buah asam yang dapat Anda manfaatkan. Tapi Anda tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak buah asam karena justru akan mengakibatkan masalah pada pencernaan dan lambung.

Buah asam memiliki warna kulit yang cokelat, dan warna daging yang putih. Harganya sangat murah.

Manfaat Buah Asam
Buah Asam | Sumber gambar: Pixabay.com

Kandungan buah Asam
Buah asam ini juga dikenal di dunia, hal itu karena nutrisi yang terkandung di dalam buah asam yang cukup menjanjikan. Kandungan di dalam buah asam yaitu serat, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, fosfor, zat besi, mangan dan kalium.

Buah asam bisa dimakan secara mentah, atau bisa dimasukan sebagai bahan tambahan untuk makanan penutup setelah dimasak, atau juga dilakukan bumbu (dengan cara dikeringkan lalu digiling).

Selain itu, buah asam juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan saus, selai, hingga juga sebagai bahan pembuatan permen.

Manfaat buah Asam bagi kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung
Pada penelitian yang dilakukan pada ahli mengenai kandungan buah asam, mereka menemukan tentang manfaatnya yang besar dalam menstabilkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Buah asam memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Pada buah asam memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kondisi sistem kardiovaskular agar tetap baik. Kandungan vitamin C di dalam buah asam juga berfungsi sebagai antioksidan tubuh yang berperan penting dalam menangkal serangan radikal bebas. Dengan fungsi kandungannya ini, membuat konsumsi buah asam mampu untuk menjaga kesehatan jantung.

Sehingga buah asam diharapkan berkhasiat besar dalam menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular.

2. Untuk diet
Asam hidroksisitrat (HCA) merupakan sebuah bentuk senyawa hasil ekstraksi dari buah asam. Para ilmuwan sudah menghubung-hubungkan HCA dengan keberhasilan seseorang untuk diet. Dimana senyawa HCA membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya.

Dijelaskan oleh para ahli, senyawa asam hidroksisitrat bekerja untuk mencegah enzim tubuh tertentu yang menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Senyawa ini juga berfungsi untuk menekan nafsu makan agar tidak tinggi, Asam hidroksisitrat memberikan efek yang merangsang kerja neurotransmitter serotonin.

Para ahli terus melakukan penelitian mengenai khsiat kandungan buah asam. Penelitian yang dilakukan semakin memberikan hasil bahwa buah asam mampu secara efektif untuk membantu proses diet. Dan buah asam dapat juga dijadikan suplemen untuk diet yang efektif.


3. Menjaga fungsi syaraf tubuh
Vitamin B kompleks dibutuhkan oleh tubuh, tiamin merupakan jenis senyawa utama dari jenis-jenis vitamin B kompleks. Senyawa Tiamin terdapat di dalam buah asam dengan jumlah yang cukup banyak. Adapun fungsi dari senyawa tiamin adalah untuk mengoptimalkan kinerja syaraf tubuh. Selain juga bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan otot tubuh.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Masyarakat sudah banyak yang menganggap bahwa buah asam adalah pencahar alami bagi tubuh. Hal ini disinyalir karena kandungan seratnya yang cukup banyak. Konsumsi buah asam mampu untuk mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan.

Kandungan di dalam buah asam mampu memberikan dorongan untuk aktivitas empedu, yang bermanfaat agar lebih cepat dan efektif pada proses pelarutan makanan di dalam tubuh. Kandungan serat juga bekerja untuk membantu fungsi asam lambung agar bisa membuat proses pencernaan maksimal.

Dengan begitu, buah asam memiliki fungsi agar proses makanan yang masuk dan melewati saluran pencernaan menjadi lebih cepat dan maksimal. Anda dapat memanfaatkan buah asam sebagai obat pencahar ketika mengalami masalah sembelit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Memperlancar sirkulasi darah
Kandungan mineral zat besi juga terkandung di dalam buah asam ini. Mineral zat besi sangat dibutuhkan keberadaannya oleh tubuh, karena fungsinya yang menjaga dan mencegah kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini penting agar proses pengiriman nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.

Dimana organ tubuh sangat memerlukan akan kecukupan pasokan oksigen. Jika kebutuhan akan oksigen tidak terpenuhi, mengakibatkan fungsi organ tubuh tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini bisa memberikan masalah yang fatal jika fungsi organ-organ vital terganggu.

Agar pasokan oksigen dan nutirisi di dalam darah bisa berjalan dengan optimal, maka Anda bisa memanfaatkan buah asam yang mampu mencegah penyakit anemia (kurang darah) akibat kekurangan zat besi. Tubuh yang kurang darah (anemia) gejalanya adalah merasa lemas, lemah, mudah lelah, sering sakit kepala, dan mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan pikir.

6. Anti-inflamasi
Minyak esensial yang terkandung di dalam buah asam memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi tubuh. Manfaat yang diperoleh antara lain: mengatasi dan menurunkan gejala nyeri sendi, asam urat, peradangan, rematik dan arthritis.

Bentuk manfaat lainnya dari peran buah asam sebagai anti-inflamasi adalah mencegah dan menurunkan gejala akibat iritasi pada mata. Kondisi iritasi pada mata adalah masalah konjungtivitis yang sering terjadi.

7. Mengobati eksim
Sebuah penyakit pada kulit yang sangat dikeluhkan penderitanya yaitu penyakit eksim. Penyakit ini terjadi dimana adanya masalah pada jaringan kulit, yang umumnya akan membentuk sebuah ruam, bahkan dalam satu kondisi bisa menyebabkan munculnya nanah di permukaan kulit. Penyakit eksim yang paling menyakitkan adalah pada bagian selangkangan, yang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit eksim sangat rentan menyerang orang-orang yang kurang menjaga kebersihan. Anda dapat memanfaatkan buah asam ini untuk mengatasi eksim. Yang perlu Anda sediakan adalah segenggam buah asam, temulawak dan gula jawa.

Anda campurkan ketiga bahan itu, kemudian ditumbuk lalu direbus hingga matang.

Setelah matang, maka saring airnya. Kemudian Anda minum airnya secara rutin, lakukan dua kali dalam sehari.

Adapun untuk pengobatan luar, sediakan daun asam dan kunyit. Kemudian keduanya ditumbuk hingga hancur dan halus. Setelah itu, Anda oleskan ramuan dari tumbukan tersebut pada bagian kulit yang terkena eksim.

loading...

8. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Buah asam mempunyai kandungan vitamin C yang lumayan tinggi, yang nantinya akan bereaksi di dalam tubuh sebagai antioksidan, bersamaan dengan kandungan minyak esensial maka buah asam memiliki manfaat penting untuk memperkuat imun tubuh. Selain itu, berfungsi membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas, serta melawan infeksi, bakteri dan jamur.

Dengan begitu, konsumsi buah asam memiliki kontribusi yang besar dalam membunuh parasit jahat yang bersarang di dalam tubuh. Hal ini karena efek antimikroba dan antiseptik yang dimiliki buah asam. Ahli kesehatan juga telah menghubung-hubungkan antara buah asam dengan manfaat mengatasi cacingan pada anak-anak.

9. Bahan untuk mengatasi tekanan darah rendah
Kondisi darah rendah yang dialami akan sangat menghambat kegiatan sehari-hari, dimana orang yang mengalami tekanan darah rendah sering sekali mengalami kelelahan yang tidak wajar, kurang bersemangat bahkan bisa pingsan. Anda bisa memecahkan masalah tersebut dengan memanfaatkan buah asam ini.

Cara membuat ramuannya (berbentuk makanan), maka pertama-tama sediakan buah asam, gula aren, garam, cabai, bawang merah dan bawang putih. Sebelumnya juga rebus bayam yang akan dijadikan bahan lalapan.

Kemudian bahan-bahan makanan yang telah disediakan tersebut dijadikan sambal, kemudian Anda tinggal mengonsumsinya dengan mencocol bayam (yang direbus tadi) kepada sambal yang telah Anda buat.

Dengan begitu, Anda nantinya memperoleh lezatnya makanan tersebut saat mengonsumsinya. Selain itu, Anda juga dapat menurunkan resiko tekanan darah rendah.

10. Menurunkan demam
Anda dapat memanfaatkan kandungan di dalam buah asam untuk menurunkan suhu demam dengan lebih cepat. Lebih penting pada bayi yang mengalami demam karena mereka lebih membutuhkan perhatian. Buah asam dapat Anda andalkan untuk mengobati demam.

Untuk membut ramuannya, pertama-tama tumbuk hingga halus buah asam, kunyit, daun bawang, dan daun melati muda. Setelah semuanya halus dan tercampur, maka tinggal diaplikasikan pada dahi yang kondisinya sedang panas. Penggunaan ramuan ini mampu untuk menurunkan demam.

11. Mencegah anemia
Buah asam memiliki nutrisi mineral besi yang tinggi, sering mengkonsumsi buah asam membantu Anda dalam mencegah maupun mengobati penyakit anemia. Satu buah asam memenuhi 16% kebutuhan harian akan zat besi. (berdasarkan data USDA)

12. Mengobati disentri
Penyakit disentri merupakan masalah pada organ pencernaan. Beberapa tanda seseorang mengalami disentri yaitu perut mulas, mual, muntah dan meningkatnya frekuensi BAB secara signifikan. Bahkan BAB dalam suatu kondisi disentri, bisa dibarengi dengan munculnya perciakan darah pada feses.

Seseorang terkena penyakit disentri karena mengalami serangan bakteri amoeba. Anda dapat menggunakan manfaat kandungan buah asam untuk mengobati penyakit disentri.

Cara membuat ramuannya, pertama-tama rebus buah asam, kunyit dan temulawak secara bersamaan.

Setelah airnya mendidih, maka matikan kompor, tunggu agak mendingin.

Setelah tidak terlalu panas (hangat) maka saring airnya, lalu minum.

Untuk mengoptimalkan manfaat pengobatan maka disarankan Anda menyertakan madu atau gula jawa pada ramuan tersebut. Selain sehat, juga lebih lezat untuk dikonsumsi.

13. Membantu mengontrol tekanan darah
Pada setiap 100 gram buah asam, ternyata memiliki kandungan potasium 2 kali lipatnya buah pisang. Buah asam memenuhi 18% kebutuhan harian akan potasium. Manfaat kandungan potasium untuk membantu mengontrol kestabilan tekanan darah. Kandungan ini mampu mengontrol efek sodium di dalam tubuh agar tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.


14. Mengobati penyakit difteri
Penyakit difteri mengakibatkan masalah pada organ pernafasan. Penderitanya akan mengalami masalah sakit di tenggorokan, sehingga membuatnya akan kesulitan untuk makan / menelan. Masalah lainnya yang ditimbulkan adalah keluarnya lendir dari tenggorokan dan munculnya demam sehingga membuat tubuh benar-benar lemah.

Untuk mengatasi penyakit yang menyerang tenggorokan ini, maka Anda bisa membuat ramuan. Caranya: rebuslah secara bersamaan buah asam, lobak, kencur, bawang merah, kencur dan daun papaya. Setelah airnya matang, lalu tunggu airnya agak mendingin dan saring ke dalam wadah gelas.

Setelah itu, baru gunakan air ramuan tersebut untuk berkumur, lakukan tiga kali dalam sehari.

15. Mencegah sembelit
Kandungan serat di dalam buah asam sangat tinggi, memenuhi 20% kebutuhan harian tubuh. Buah asam termasuk buah yang memiliki serat paling banyak. Manfaat kandungan serat ini sangat penting dalam mengobati sembelit agar sembuh. Sehingga Anda tidak lagi bolak-balik ke kamar mandi.

16. Mengobati ambeien
Ambeien membuat penderitanya mengalami masalah pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus, yang akhirnya bisa pecah kemudian munculah infeksi yang membahayakan di bagian tubuh tersebut. Anda bisa mengoba ambeien dengan memanfaatkan buah asam ini.

Untuk membuat ramuannya, pertama-tama siapkan asam jawa, daun biji, daun meniran dan temulawak.

Kemudian Anda rebus semua bahan tersebut menjadi satu. Setelah itu, ambil dan saring air hasil rebusannya itu. Lalu minum tiga kali dalam sehari.

17. Menjaga kekuatan tulang
Pada buah asam memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Pada beberapa studi yang dilakukan pada ahli, menemukan hasil bahwa orang-orang yang mencukupi kebutuhan tubuh akan potasium dan magnesium, akan mempunyai tulang yang lebih sehat serta kepadatan tulang yang lebih baik, dibandingkan orang-orang yang kurang dalam memenuhi asupan potasium dan magnesium.

18. Mengatasi nyeri haid
Cara membuat ramuan untuk mengatasi nyeri haid, pertama-tama tumbuk hingga hancur buah asam dan kunyit. Lalu Anda rebus sampai mendidih. Kemudian, ambil dan saring air rebusannya. Anda minum secara teratur saat nyeri haid.

19. Menjaga fungsi sistem saraf
Jika Anda merasakan kaki yang sering kesemutan saat duduk bersila, ataupun otot tubuh yang terasa lemah. Maka kemungkinan terdapat kelemahan pada fungsi syaraf tubuh Anda. Hal itu disebabkan tubuh yang kekurangan asupan thiamin dan vitamin B.

Dimana kandungan tersebut memiliki manfaat utama dalam menjaga fungsi saraf dan otot tubuh. Kandungan thiamin di dalam buah asam memenuhi 29% kebutuhan harian tubuh.

20. Memperkuat daya tahan tubuh
Buah asam memiliki kandungan protein. Dimana cukup jarang pada buah atau sayur memiliki asupan protein. Hanya beberapanya saja yang memiliki asupan protein, salah satunya adalah buah asam. Manfaat kandungan protein untuk membantu proses produksi antibodi alami di dalam tubuh. Dimana antibodi berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri

21. Membantu proses pembekuan darah
Buah asam juga kaya akan kandungan kalsium. Dimana kandungan kalsium yang dikoloborasikan dengan kandungan vitamin K yang masuk ke dalam tubuh, memiliki fungsi penting untuk membantu proses pembekuan darah, manfaat ini terutama sangat penting saat mengatasi luka.

22. Menjaga kesehatan gigi
Jika seseorang mengalami gigi yang mudah tanggal maupun mengalami gusi berdarah. Maka permasalahan seperti itu bisa terjadi karena kondisi tubuh yang kekurangan asupan vitamin C. Buah asam memiliki asupan vitamin C yang baik.

Hal terakhir yang perlu diketahui
Buah asam dapat Anda jadikan buah untuk dikonsumsi maupun dijadikan sayur. Misalnya Anda dapat memanfaatkan asam untuk ditambahkan sebagai bahan untuk sup. Makanan sering dibuat orang-orang adalah sayur asam.

Di kota Solo, disana buah asam digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan Brambang Asem, yaitu sejenis sayur kangkung yang dimasukan saus sambal terasi ke dalamnya, yang disertai juga dengan gula jawa dan asam. Kemudian ditambah lagi dengan tempe bacem sehinga makanan Brambang Asem ini populer di kota Solo.

Buah asam memiliki kandungan zat besi, magnesium, vitamin, niasin, protein, fosfor dan potasium. Akan tetapi, bagi Anda yang terkena masalah diabetes maka Anda perlu menghindari buah asam ini, karena di dalamnya terkandung gula dan kalori yang cukup tinggi. 



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman