Makanan Anjuran & Pantangan Penderita Asam Urat (Cara Agar Asam Urat Tidak Kambuh)


Penyakit asam urat membuat timbulnya rasa sangat nyeri pada sendi, hingga bisa mengakibatkan pembengkakan, umumnya pembengkakan yang paling sering terlihat di jempol kaki.

Terjadinya peradangan sendi ini akibat adanya penumpukan kristal natrium urat, itu sebenarnya adalah limbah alami pada tubuh.

Adapun asam urat ini merupakan hasil pemecahan zat purin yang ada di dalam tubuh. Purin merupakan zat alami yang bisa masuk ke dalam tubuh. Zat ini terdapat pada makanan, kadarnya sangat terkandung dari tingkat kesehatan makanan yang dikonsumsi.

Seseorang yang sering mengonsumsi makanan yang terdapat banyak zat purin, hal inilah yang membuatnya terkena asam urat, yang sangat menganggu aktivitas sehari-hari, disamping rasa sakitnya yang terasa sangat.

Asam Urat
Source image: Medicinenet.com

Penyakit asam urat yang merupakan perdangan pada sendi. Para ahli kesehatan telah menyatakan bahwa asam urat dapat diringankan rasa sakitnya, serta dapat dicegah kambuhnya.

Dengan syarat agar asam urat bisa terasi, harus selektif dalam memilih makanan. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang dapat membuat asam urat semakin parah.

Bagi penderita asam urat, pada dasarnya masih bisa menerapkan pola makan seperti pada umumnya, yaitu dapat mengonsmsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, hingga mengonsumsi lemak jenuh dalam kadar rendah.

Untuk mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hanya perlu diingat, menjaga asupan makanan ini bukan bertujuan sebagai pengobatan, akan tetapi sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala asam urat, baik dari frekuensi munculnya asam urat yang lebih sedikit maupun rasa sakitnya yang lebih ringan.

Untuk mengatasi Asam urat maka pilih makanan yang di dalamnya memiliki kandungan berfungsi untuk memperlancar sekresi purin. Disamping Anda juga harus menghinari makanan yang tinggi kadar zat purin.

Makanan Anjuran Untuk Penderita Asam Urat
Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asm urat:

1. Air Putih
Penting untuk mencukupi kebutuhan air putih dalam setiap harinya, karena sangat penting dalam membantu mengeluarkan asam urat dan racun dari dalam tubuh. Mencukupi kebutuhan air putih menjadi awal yang sangat baik dalam mengatasi asam urat.

2. Buah apel
Buah apel mengandung asam malat yang berfungsi agar menormalkan buat kadar asam urat di dalam tubuh. Konsumsilah apel secara rutin, kalau bisa 1 buah dalam sehari.

3. Buah Ceri
Buah kecil ini terdapat zat antosianin yang berfungsi melawan peradangan. Sehingga mampu menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi. Fungsinya juga dapat mencegah terjadinya pengkristalan pada asam urat.


4. Jeruk Nipis
Pada jeruk nipis terdapat kandungan asam sitrat yang bisa berperan sebagai pelarut asam urat alami di dalam tubuh. Rutinlah mengonsumsi air perasan jeruk nipis.

5. Buah Berry
Buah berry yaitu stowberry, blueberry dan acai berry. Di dalamnya terkandung zat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan. Dimana buah berry kaya akan kandungan vitamin C, yang nantinya menjadi antioksidan yang melawan radikal bebas sehingga membantu tubuh dalam mengatasi asam urat. Hanya saja jangan terlalu banyak konsumsi stroberi, karena di dalamnya terdapat kandungan fruktosa yang berbahaya jika dimakan berlebihan.

6. Kacang Pinto
Kacang pinto memiliki nutsiri asam folat yang sangat tinggi, yang mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Jika ingin alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi biji bunga matahari.

7. Buah Pisang
Buah pisang sangat baik dan disarankan mengonsumsi buah pisang bagi penderita asam urat. Karena manfaat kandungannya yang mampu mengurangi bahkan menghilangkan masalah peradangan pada sendi ini.

8. Ikan salmon
Ikan salmon memiliki asupan omega 3 yang sangat tinggi, manfaat amat penting dalam membantu mengurangi masalah peradangan pada sendi akibat asam urat yang tinggi.

9. Ekstrak Biji Seledri
Penggunaan ekstrak biji seledri sudah cukup sering digunakan sebagai pengobatan tradisional masyarakat, yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat.

10. Jus Sayur Mayur
Sebagian jenis sayuran yang disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat (sebagian jenis sayuran juga ada yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat). Adapun beberapa jenis sayuran yang disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah wortel, timun, tomat dan bit. Anda bisa membuatnya menjadi dalam bentuk jus.

11. Kentang dan Jagung
Kentang dan jagung dapat juga diandalkan dalam menjaga kadar asam urat agar tidak tinggi.

12. Cokelat hitam.
Di dalamnya terdapat senyawa teobromin, yang berfungsi untuk mengontrol kadar asam urat agar tetap stabil.

loading...

13. Cuka Apel
Mengonsumsi cua apel bisa dengan memasukan 2-3 sendok cuka apel ke dalam segelas air minum.

14. Sayuran hijau, tomat, wortel.

15. Biji-bijian utuh, atau makanan olahan yang mengandung biji-bijian utuh.

16. Susu dan yoghurt rendah lemak. (hindari produk susu tinggi lemak)

17. Sumber karbohidrat kompleks, seperti oat.

18. Makanan yang mengandung serat tinggi
Dimana pada salah satu penelitian menemukan bahwa makanan berserat mampu membuat kadar asam urat yang awalnya tinggi menjadi ke tahap normal. Asupan serat bekerja untuk menyerap asam urat yang ada di dalam darah. Beberapa jenis makanan kaya serat yaitu brokoli, stawberry, apel, pir, blueberry, oats, timun dan wortel.

19. Makanan kaya asupan potasium
Asupan potassium juga disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Asupan tinggi potassium terdapat pada yogurt rendah lemak, tomat, dan kentang.

20. Buah yang kaya akan kandungan Vitamin C
Buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu buah pepaya, pisang, stawberry, melon. jeruk, jeruk nipis, lemon, tomat, kiwi dan jambu.

Makanan yang harus Anda hindari (batasi)
Berikut makanan pantangan penderita asam urat yang harus dihindari konsumsinya:

1. Sebagian jenis sayuran, yaitu bayam, kembang kol, kacang polong, jamur kacang merah, kacang panjang dan asparagus.

2. Jeroan seperti hati, ginjal, otak dan jantung.

3. Daging merah: daging bebek, sapi, kambing, kalkun dan angsa.

4. Sebagian  jenis ikan, yaitu tuna, sarden, makarel dan reri.

5. Segala jenis makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya. Contohnya: minuman ringan, minuman bersoda dan lainnya.

6. Makanan mengandung ragi.

7. Makanan laut: Kepiting, cumi-cumi, tiram, udang, ikan sarden, ikan teri dan kerang

8. Makanan sungai: Lele dan belut


9. Makanan olahan berupa sirup jagung yang terdapat kandungan fruktosa tinggi. Selain itu, makanan olahan yang tinggi kandungan zat aditif dan pengawet.

10. Susu kedelai. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kadar asam urat bisa naik sekitar 10 persen setelah minum susu kedelai.

11. Minum-minuman keras.

12. Es krim, air kelapa dan yang semacamnya.

13. Ekstrak daging (dendeng, abon).

14. Kacang kedelai (termasuk hasil olahannya berupa tahu, tempe, oncom, tauco, kacang tanah, kacang hijau dan emping / melinjo.

Tips bagi penderita asam urat
Pederita asam urat harus menjaga asupan makanannya. Benar-benar penting memperhatikan mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang perlu dihindari. Hal lainnya yang penting diketahui bagi penderita asam urat adalah menghindari obesitas (kegemukan), sehingga Anda harus mulai rutin melakukan olahraga, agar berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko asam urat, sebaliknya menurunnya berat badan akan menurunkan risiko asam urat.

Sangat penting untuk menjaga asupan cairan tubuh, utamakan untuk minum air putih. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sudah menunjukan bahwa peningkatan konsumsi air putih memiliki keterkaitan dengan menurunnya serangan asam urat.

Anda harus menghindari asupan lemak jenuh, terutama dari daging merah, unggas lemak dan produk susu tinggi lemak. Anda harus menghindari berbagai hal yang menyebabkan zat purin di dalam tubuh semakin tinggi.

Usahakan jangan mengonsumsi zat aspirin jika kondisi asam urat masih parah. Anda juga jangan bekerja terlalu keras, usahakan untuk menjaga kebutuhan istirahat tubuh. Lalu hindari juga konsumsi buah durian, avokad, nanas dan air kelapa.

Referensi:
  1. Recommended Diet for Gout Patients - Mercola.com
  2. Gout diet: What's allowed, what's not
  3. Gout-Friendly Eating: Nutrition Guidelines & Diet Restrictions



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman