22 Khasiat Buah Naga: Untuk Kolesterol, Diabetes, Kanker, Tulang, Jantung, dll


Buah naga mulai terkenal karena manfaatnya yang sangat banyak. Buah dengan penampilan unik ini, memiliki kulit yang berwarna merah muda, dengan lapisan daun-daun yang bentuknya seperti duri-duri pada buah durian.

Buah naga memiliki beberapa jenis, dengan warna kulitnya maupun warna dagingnya yang bermacam-macam. Jenis-jenis buah naga, yaitu:
  1. Buah naga yang memiliki warna kulit merah muda dan dagingnya bewarna merah sangat terang.
  2. Buah naga berwarna kulit merah muda dan dagingnya bewarna merah tidak terlalu terang.
  3. Buah naga yang warna kulitnya bewarna merah, adapun dagingnya bewarna putih.
  4. Buah naga warna kulitnya kuning dan dagingnya bewarna putih.

Khasiat buah naga
Buah Naga | Sumber gambar: Commons.Wikimedia.org

Kandungan Nutrisi dalam Buah Naga
Buah naga mengandung kandungan penting yaitu Air, Serat, Protein, Thiamine (Vitamin B1), Riboflavin (Vitamin B12), Niasin (Vitamin B3), Asam askorbat (Vitamin C), Kalsium, Karbohidrat, Fosfor dan Zat besi.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

1. Untuk menjaga kesehatan tulang
Nutrisi di dalam buah naga terdapat mineral alami berupa kalsium, zat besi dan fosfor. Manfaat nutrisi tersebut, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Menurut laman Livestrong.com, kandungan kalsium dan besi di dalam buah naga cukup baik untuk organ tulang dan darah.

Badan Pangan dan Pertanian Organisasi PBB menjelaskan bahwa buah naga memiliki nilai gizi yang tinggi karena kandungan kalsium di dalamnya. Buah naga juga menjadi sumber zat besi yang baik. Selain mempromosikan untuk kesehatan tulang, asupan kalsium juga diperlukan untuk menjaga fungsi otot tubuh dan menjaga transmisi saraf.

Kandungan vitamin C yang juga tinggi pada naga buah berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi yang lebih optimal.

2. Mencegah Kanker
Kanker adalah penyakit yang menjadi momok menakutkan, terutama bagi yang menerapkan pola hidup buruk. Bahkan, banyak para ahli yang menyebutkan bahwa penyakit kanker belum ditemukan obat penyembuhannya secara pasti. Untuk terhindar dari kanker, maka salah satu cara pencegahannya adalah dengan secara rutin konsumsi buah naga.

Hal itu karena di dalam buah naga terdapat senyawa antioksidan phytoalbumin yang cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas ke dalam tubuh, sehingga bisa menhambat terjadinya perkembangan sel-sel kanker di tubuh.

Kandungan yang ada di dalam buah naga juga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Sehingga berbagai racun yang beresiko menyebabkan penyakit kanker akan dibuang.

Dilansir dari laman Caloriebee.com, bahwa buah naga bisa mengurangi risiko kanker. Warna pigmen merah di dalam buah naga kaya akan lycopene, antioksidan flavanoid, dan phytoalbumins, yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Pada jurnal American Institute for Cancer Research eNews, disebutkan bahwa kandungan likopen fitokimia yang ada di dalam daging buah naga merah berkhasiat untuk mencegah kanker prostat.

Tetapi penting untuk selalu diingat, dalam mengatasi permasalahan kanker, wajib bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Senyawa antioksidan flavanoid di dalam buah naga mencegah penyakit peradangan seperti gout dan arthritis.


3. Menurunkan kadar kolesterol tinggi
Salah satu manfaat penting dari buah naga, terutama bagi orang-orang yang dilarang dokter makan ‘enak’, Manfaatnya adalah dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi, yang manfaatnya sangat penting bagi penderita kolesterol tinggi, agar menurunkan kadar LDL sehingga mencegah timbulnya resiko penyakit serius, seperti serangan jantung.

Dari laman Caloriebee.com, Buah naga memiliki kandungan serat larut. Kndungan serat ini bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem pencernaan, yang pada gilirannya juga bermanfaat untuk mengurangi akumulasi kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh dari makanan ‘kurang sehat’ yang dikonsumsi.

Pada sebuah studi klinis yang diterbitkan di dalam American Journal of Applied Sciences, halaman 1341-1346, edisi tahun 2009. Disana disebutkan bahwa konsumsi buah naga merah selama lima minggu, mampu menurunkan dengan efektif kadar kolesterol secara total di dalam tubuh.

4. Mencegah kegemukan, membantu menurunkan berat badan
Buah naga memiliki kandungan proteinyang lumayan baik, selain itu buah naga rendah kandungan lemak dan karbohidrat. Dengan bobot kandungan seperti itu, buah naga menjadi sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga berat badan agar tidak kegemukan, atau bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan proteinnya sudah bisa diandalkan untuk kebutuhan tubuh dalam menghasilkan energi sehari-hari. Disamping juga kandungan lemak dan karbohidratnya yang rendah tersebut tidak membuat Anda menjadi gemuk.

Selain itu, serat di dalam buah naga berguna untuk membantu melancarkan pencernaan, sehingga juga membantu program diet Anda.

5. Mencegah Diabetes Melitus
Seseorang mengalami penyakit diabetes akibat pola hidup yang buruk, sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, terutama terlalu banyak makan yang manis-manis. Rutin mengonsumsi buah naga (setidaknya 1 kali dalam seminggu) bermanfaat untuk mencegah diabetes. Kandungan di dalam buah berfungsi untuk membunuh sel-sel jahat di dalam tubuh yang timbul akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Dari laman Caloriebee.com. Berdasarkan penelitian para ahli yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Sciences Universiti Sains Malaysia, dan diterbitkan di National Library of Medicine National Institutes of Health. Disana dinyatakan bahwa buah naga yang kaya kandungan betacyanin (antioksidan) yang bermanfaat untuk mencegah resiko diabetes.

Pada studi lainnnya, para peneliti melakukan pengamatan dimana pasien dengan diabetes tipe 2 diminta untuk tidak tergantung pada insulin. Akan tetapi mereka diberikan 600 dosis harian gm buah naga jenis daging merah selama empat minggu

Setelah pengamatan selesai, ditemukan bahwa terjadi penurunan tingkat gula darah sebanyak lebih dari 19% pada pasien diabetes.

Kandungan antioksidan flavanoid di dalam buah naga berperan besar dalam turunnya tingkat gula darah pada pasien diabetes.

Bagi penderita diabetes tipe 2, Anda bisa memanfaatkan buah naga berdanging merah karena membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

6. Mencegah serangan jantung
Buah naga memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi, serta mengatasi hipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi). Dengan begitu, untuk menjaga kesehatan jantung Anda, terutama agar terhindari dari yang namanya serangan jantung, maka cobalah untuk mulai mengsonsumsi buah naga.

Dari laman Caloriebee.com, biji buah naga mengandung minyak alami dan asam lemak dalam bentuk asam linoleat dan asam oleat (Omega-3 dan Omega-9). Kandungan tersebut memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

loading...

7. Menyembuhkan batuk dan asma
Penyakit batuk ini sudah umum dialami orang-orang, sehingga banyak orang yang meremehkan penyakit batuk. Walaupun dampak penyakit batuk tidak serius, tetapi dalam suatu keadaan bisa mengakibatkan terjadinya sesak nafas. Yang paling rentang adalah bagi penderita asma, dimana ‘komplikasi’ batuk dan asma dapat menyiksa pernafasan.

Konsumsi buah naga membantu untuk meringankan gejala batuk dan asma ini, sehingga gejala yang dirasakan tidak terlalu buruk.

8. Membantu pembentukan sel darah merah
Tubuh sangat memerlukan akan kecukupan jumlah sel darah merah. Adapun pembentukan sel dara merah bisa trjadi berkat bantuan dari nutrisi vitamin B12 atau riboflavin yang dikonsumsi dari makanan. Buah naga terdapat nutrisi vitamin B12 di dalamnya, jumlahnya cukup banyak. Oleh karena itu, konsumsi buah naga bermanfaat untuk proses pembentukan sel darah merah di tubuh.

9. Menjaga kesehatan organ usus
Kebiasaan orang-orang yang suka konsumsi makanan dalam jumlah banyak, bisa mengakibatkan fungsi organ usus menjadi berat, sehingga organ usus akan bekerja dengan sangat keras. Anda dapat meminimalisir masalah kenarja organ usus yang terlalu berat, dengan cara mengonsumsi buah naga secara rutin.

Hal itu karena kandungan serat di dalam buah naga berfungsi untuk meringankan kerja usus yang berat. Pada buah naga terdapat kandungan serat yang lumayan tinggi, yang bermanfaat besar bagi kesehatan organ usus.

10. Meningkatkan nafsu makan
Jika Anda merasa malas makan, atau yang paling sering adalah anak-anak yang susah sekali untuk mau makan. Sehingga bisa memberikan asupan buah naga agar keinginan makanan menjadi timbul. Hal itu karena di dalam buah naga terdapat kandungan vitamin B2 dan B1 yang berfungsi untuk merangsang keinginan mengonsumsi makanan.

11. Membantu pembentukan otot
Manfaat ini sangat penting bagi yang suka berolahraga setiap hari, yaitu manfaat buah naga yang mampu membantu pembentukan otot tubuh. Dimana kandungan protein yang terkandung di dalam buah naga memiliki fungsi untuk membentuk otot tubuh dengan lebih optimal.

Minum jus buah naga lebih baik dibandungkan minum minuman khusus supelemen protein, dimana konsumsi buah naga jauh lebih aman dalam membantu pembentukan otot tubuh.

12. Mengatasi masuknya racun ke dalam tubuh
Kandungan protein di dalam buah naga juga berfungsi untuk menetralisir zat racun yang masuk ke tubuh. Zat racun tentunya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa sangat berbahaya. Dengan mengonsumsi buah naga, bermanfaat untuk membantu tubuh agar mampu menetralisir setiap racun yang masuk, untuk kemudian dibuang keluar tubuh.

13. Memberikan energi tubuh
Kandungan vitamin B1 (thiamine) pada buah naga berfungsi untuk mengkonversi kandungan karbohidrat menjadi energi yang sempurna. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah naga akan membuat Anda lebih berenergi dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


14. Mencegah penuaan dini
Tubuh yang sering terkena debu kotoran dan polusi beresiko untuk mengalami penuaan dini. Dimana kulit yang terkena polusi dan serangan radikal bebas semakin mempercepat proses penuaan dini. Masalah ini bisa diatasi dengan mencukupi kebuatuhan antioksidan bagi tubuh. Dan di dalam buah naga terkandung zat antioksidan yang lumayan tinggi, yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Dari laman Stylecraze.com, Penuaan disebabkan oleh kerusakan sel akibat radikal bebas. Buah naga kaya antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dini. Manfaatnya membuat kulit terlihat lebih muda dan halus.

Anda bisa membuat masker wajah dari buah naga. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
-Buah naga
-1 sendok makan yoghurt

Cara membuatnya:
  1. Keluarkan daging buah naga ,dan buat pasta halus dari itu. 
  2. Lalu tambahkan yoghurt untuk pasta tersebut.
  3. Lalu oleskan pasta tersebut ke wajah dan leher.
  4. Setelah selesao mengoles merata, maka diamkan selama 20 menit. 
  5. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.
  6. Ulangi proses ini satu kali dalam seminggu selama dua bulan. Manfaatnya mampu menyingkirkan tanda-tanda penuaan di wajah.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan senyawa antioksidan pada buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh (sistem kekebalan tubuh). Dengan mengonsumsi buah naga, baik itu dalam bentuk jus maupun salad akan bermanfaat besar agar tubuh tidak mudah jatuh sakit. Terutama penyakit yang sering menyerang adalah flu, apabila Anda sering terkena flu maka Anda disarankan mengonsumsi buah naga.

16. Menjaga kelembaban kulit
Agar menjaga kesehatan kulit, maka sangat diperlukan kecukupan vitamin bagi kebutuhan tubuh. Keberadaan kandungan viamin sangat penting agar kulit terhindari dari kekeringan. Di dalam buah naga terdapat kandungan vitamin yang sangat tinggi, yang sangat bermanfaat dalam menjaga nutrisi yang dibutuhakan kulit. Adapun zat antioksidan yang menjaga tingkat kelembaban kulit.

Dari laman Stylecraze.com, mengonsumsi buah naga memberikan banyak hal baik untuk kulit Anda. Minum satu gelas jus buah naga menjadi hal yang baik saat memulai pagi Anda. Manfaatnya tidak hanya membuat tubuh sehat dan segar sepanjang hari, juga membantu memaksimalkan proses pembuangan racun dari tubuh, sehingga dapat membuat kulit lebih cerah dan bersinar.

Kandungan antioksidan menangkal radikal bebas, yang dapat menyelamatkan Anda dari kulit kendur dan kusam.

17. Mengatasi tekanan darah tinggi
Penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) terjadi akibat adanya penyumbatan arteri di dalam tubuh. Mengonsumsi buah naga membantu tubuh untuk melancarkan aliran darah, yang mampu menurunkan resiko terkena hipertensi. Dengan begitu, disarankan bagi penderita hipertensi agar mengonsumsi buah naga.

18. Membantu menjaga kesehatan gigi
Kandungan zat besi dan kalsium pada buah naga bermanfaat besar untuk kesehatan dan kekuatan gigi. Mengonsumsi buah naga baik untuk kesehatan gigi, hanya saja batasi konsumsi yang manis-manis.

19. Menghilangkan jerawat
Buah naga kaya akan kandungan vitamin, yang membantu untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Anda juga bisa memanfaatkan buah naga sebagai masker untuk wajah, yang efektif untuk menghilangkan jerawat.

20. Membantu mengobati sakit tenggorokan
Buah naga mampu mengobati sakit pada tenggorokan karena di dalamnya memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Selain itu, manfaat dari votamin C juga dapat mengobati sariawan.

21. Mengurangi Kram pada Tubuh
Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang cukup tinggi di dalam buah naga, membantu untuk mengatasi permasalahan kram yang sering muncul pada tubuh. Sehingga disarankan mengonsumsi buah naga bagi Anda yang suka terkena kram pada tubuh.

22. Manfaat untuk wanita hamil
Dari laman Caloriebee.com, wanita hamil sangat harus untuk makan buah-buahan sehat yang mengandung vitamin, mineral, serat dan asam lemak. Kandungan penting tersebut terdapat di dalam buah naga berdaging merah. Mengonsumsinya memberikan manfaat besar bagi wanita hamil dan calon bayi.

Kandungan zat besi di dalam buah naga penting bagi wanita hamil untuk terhindar dari masalah kekurangan zat besi. Ini membantu untuk mencegah terkena anemia. Kandungan folat bermafnaat untuk pembentukan sel darah merah.

RANGKUMAN
Dari laman Caloriebee.com. Berikut manfaat buah naga dari sisi kandungannya (seperti protein, kalsium, kalium, dll):

Protein: Bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mengoptimalkan produksi hormon tubuh, enzim dan memberikan energi bagi tubuh.

Kalsium: Bermanfaat untuk kesehatan dan kekuatan tulang.

Kalium: Membantu proses metabolisme asupan karbohidrat, mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Magnesium: Mengatur suhu tubuh, membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Asam askorbat (Vit C): Memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan memar dan luka pada tubuh.

Vitamin E: Untuk perlindungan tubuh dari racun, mengencerkan darah, dan menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Cobalamin (Vit B12): Untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf dan menjaga sel darah merah.

Fosfor: Untuk membantu pembentukan jaringan tubuh.

Retinol (Vit A): Untuk membantu proses detoksifikasi tubuh, menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata.

Mineral besi: Untuk produksi sel-sel darah merah, dan memberikan energi untuk tubuh.

Mineral tembaga: Untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan dan kelenjar tiroid.

Mineral seng: Untuk meningkatkan fungsi otak dan mengontrol nafsu makan.

Tiamin (Vit B1): Membantu proses metabolisme karbohidrat.

Lycopene: Untuk memnbatu menangkal serangan radikal bebas.

PENUTUP
Konsumsi buah naga yang dingin akan lebih nikmat. Beberapa orang menambahkan sedikit air jeruk nipis untuk menambah rasa. Untuk cara konsumsi lainnya, bisa dibuat menjadi jus buah, salad, sorbet, dan smoothie.

Buah naga berdaging merah lebih baik nurisinya. Berdasarkan penelitian bahwa buah naga berkulit merah yang daging merah memiliki asupan antioksidan lebih tinggi, dan pigmen merah memiliki kandungan lypopene, flavanoid dan phytoalbumins, serta memiliki sifat terapeutik.

Saat makan, jangan sampai buah naga berkulit merah tersebut terkena pakaian, karena sangat dapat menodai pakaian yang sulit dibersihkan.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman