20 Hal yang Penting Diketahui Agar Berhasil Membentuk Perut Sixpack


Banyak orang-orang yang punya ‘impian’ ingin memiliki perut sixpack, sehingga bisa lebih percaya diri dengan otot-otot tubuh yang terbentuk.

Metode-metode yang sudah sering dipratekan dalam usaha membentuk perut agar sixpack yaitu latihan seperti yang ada di fitness center. Mereka sangat bersemangat untuk latihan angkat beban, kardio, dan hingga melakukan diet makanan yang membantu agar perut bisa sixpack dengan ceapt.

Hal yang Penting Diketahui Agar Berhasil Membentuk Perut Sixpack
Sumber gambar: Commons.Wikimedia.org

Anda harus mengetahui beberapa hal agar bisa membentuk perut sixpack dengan efektif dan cepat:

1. Lakukan latihan kardio untuk mengurangi lemak berlebih di dalam tubuh
Untuk memiliki perut sixpack maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan lemak yang berlebih bagian di perut. Latihan kardio merupakan bentuk olahraga yang fokusnya untuk meningkatkan detak jantung. Beberapa macam latihan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi lemak di tubuh yaitu lari, jogging, bersepeda dan mendayung.

2. Jangan lewatkan sarapan
Tidak sedikit yang melewatkan sarapan, alasan yang paling umum karena tidak punya waktu (buru-buru). Tidak sarapan dikatakan para ahli kesehatan dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan saat siang hari. Konsumsi sarapan sehat mampu mencegah Anda makan berlebihan di siang hari.


3. Utamakan asupan protein saat sarapan
Jika ingin membetuk otot perut sehingga perut menjadi sixpack, maka wajib bagi Anda untuk menghindari makan yang berlebihan. Anda harus benar-benar membatasi asupan makanan, jika tidak maka hampir dipastikan usaha membetuk otot perut akan gagal. Orang yang memilih asupan protein saat sarapan maka dirinya tidak akan mudah lapar hingga siang hari. Selain itu, asupan protein bermanfaat besar bagi kesehatan dan kecerdasan otak.

Mengonusmsi asupan protein di pagi hari sangat membantu Anda untuk mampu mengendalikan nafsu makan. Agar memperoleh perut six pack, Anda harus menyingkirkan lemak yang bertumpuk di perut sehingga otot-otot perut nantinya lebih mudah terbentuk. Jangan sampai Anda tidak sarapan, karena sarapan sering dihubung-hubungkan para ahli kesehatan dengan perasaan kenyang yang bertahan lama.

Sarapan yang mengutamakan asupan protein juga dihubung-hubungkan dengan manfaat sepanjang hari. Beberapa jenis makanan yang disarankan dikonsumsi yaitu yoghurt, telur, gandum, bayam, kacang kedelai, ikan salmon, dada ayam, daging domba muda, daging sapi, dll.

Saat sarapan, hindari mengonsumso sereal yang manis, gandum olahan (roti tawar, dll).

4. Pilih jenis asupan karbohidrat yang baik.
Asupan makanan sangat mempengaruhi dalam keberhasilan seseorang untuk memiliki perut sixpack. Tidak seluruh jenis makanan karbohidrat itu buruk. Hal yang perlu Anda lakukan hanya menghindari jenis makanan karbohidrat putih. Lebih baik Anda mengonsumsi nasi dari beras merah daripada beras putih. Jangan ragu mengonsumsi jenis asupan karbohidrat berwarna cokelat seperti beras merah, gandum utuh, oat utuh dan quinoa.

5. Hindari konsumsi makanan olahan
Asupan kalori yang berasal dari makanan cepat saji dan makanan olahan tidaklah sehat bagi tubuh. Selain itu, makanan yang telah mengalami proses pengawetan maka gizi yang ada di dalamnya menjadi hilang. Konsumsi makanan cepat saji, olahan dan junk food membuat Anda asulit untuk melangsingkan pinggang.

Kondisi bisa lebih buruk apabila makanan juga berisi asupan lemak tidak sehat, gula, MSG, pemanis buatan dan pewarna buatan. Makanan yang seharusnya Anda konsumsi yaitu buah dan sayuran yang super bergizi. Anda bisa mengonsumsi brokoli, wortel dan lainnya.

6. Minumlah banyak air putih
Penelitian para ahli telah menemukan bahwa mereka yang memenuhi kebutuhan air putih yang cukup maka mereka lebih mampu untuk mengontrol berat badan, dan lebih mudah dalam usaha menurunkan berat badan. Setelah minum air putih, terjadi peningkatan proses metabolisme di dalam tubuh.

7. Lakukan sit up
Melakukannya dengan berbaringlah di lantai, kondisi kaki menempel pada lantai, lutut sedikit naik, dan tangan menyilang di dada. Agar lebih mudah dalam melakukannya, minta tolong pada teman agar memegangi kaki Anda. Atau cara lainnya dengan menghimpit kaki di bawah sesuatu yang berat. Sehingga kaki tidak mengangkat.

Duduk dalam posisi tegak, jagalah agar punggung tetap lurus dan jangan membungkuk saat melakukan sip up.

Selain sit-up, ada banyak bentuk latihan dan gerakan yang perlu Anda lakukan, yaitu:
  • Latihan crunch
  • Latihan gerakan butt up.
  • Lakukan gerakan menahan statis.
  • Melatih otot-otot oblik.
  • Latihan crunch menggunakan sepeda.
  • Latihan ab roller.
  • Latihan pull up
  • Lakukan sit up ganda

Anda hendaknya mulai mencoba melakukan bentuk latihan-latihan tersebut. Tentunya Anda membutuhkan waktu hingga Anda akhirnya terbiasa dengan gerakan-gerakan yang dilakukan dari latihan tersebut.

loading...

8. Latihan angkat beban
Apabila semakin banyak otot di tubuh maka semakin banyak kalori yang mampu dibakar tubuh. Latihan ketahanan juga sangat diperlukan untuk meminimalisir massa otot yang hilang karena penurunan asupan kalori. Dimana, apabila yang Anda lakukan hanya bentuk olahraga kardio berupa lari, jongging, bersepeda dan lainnya, tanpa Anda melakukan latihan beban maka Anda beresiko kehilangan massa otot, yang termasuk bagian otot perut.

9. Makanlah lebih sedikit di malam hari
Konsumsi makanan di malam hari memiliki kerentanan untuk disimpan sebagai lemak di dalam tubuh, hal itu karena di malam hari metabolisme tubuh menurun. Sebagian orang konsumsi makanan manis dan berlemak sebelum tidur, sehingga wajar saja perut sulit sekali dilatih agar berotot.

10. Gantilah gandum olahan dengan gandum utuh
Pada sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan para ilmuwan, menemukan bahwa mengonsumsi gandum utuh membantu untuk menghilangkan lemak perut, jauh lebih baik daripada jenis gandum olahan. Kandungan di dalam gandum utuh berfungsi mengubah reaksi glukosa dan insulin di dalam tubuh, untuk meningkatkan proses pembakaran lemak.

11. Konsisten dalam melakukan latihan
Anda harus rutin untuk melatih otot perut, minimal 4 kali dalam seminggu Anda melakukan latihan. Disarankan melakukan variasi latihan sehingga memberikan manfaat lebih optimal untuk membentuk otot di tubuh. Variasi latihan juga untuk mencegah kejenuhan atau rasa bosan saat latihan.

Selain itu, jika hanya melakukan satu bentuk latihan saja, maka Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa membentuk otot perut. Anda perlu memvariasikan bentuk latihan lainnya, yang akan melatih semua bagian otot perut.


12. Hati-hati terhadap makanan dan minuman yang tinggi asupan gula dan garam
Makanan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat seperti gorengan, atau secara umum makanan yang bersifat siap saji dan junk food dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, asupan gula berlebih yang dikonsumsi bisa mengakibatkan timbunan lemak baru. Yang akhirnya akan menutupi otot-otot Anda.

13. Anda harus percaya diri
Anda harus yakin bahwa Anda mampu untuk menjalankan latihan untuk membetuk perut sixpack. Hal ini penting agar Anda memiliki motivasi tinggi dalam latihan. Oleh karena itu, usahakan Anda mencari orang, atau berdiskusi dengan orang yang sebelumnya memiliki tubuh agak gemuk, tetapi akhirnya dia berhasil untuk melatih tubuhnya untuk memiliki otot di perut. Anda harus mengusahakan mencari eman diskusi yang baik mengenai hal ini.

14. Jangan sampai stres
Hal itu karena stres bisa menyebabkan tubuh akan berlebihan dalam memproduksi hormon kortisol. Hormon tersebut dapat mengakibatkan nafsu makan menjadi tidak terkontrol. Anda akan rentan berlebihan dalam mengonsumsi makanan, yang akan menggagalkan cita-cita Anda.

Buatlah jiwa agar selalu tenang dan rileks, jangan memikirkan sesuatu yang tidak penting, apalagi memikirkan yang tidak-tidak, seperti memikirkan suatu hal yang bisa memicu emosi. Maka hindari pikiran seperti itu karena akan merugikan diri Anda sendiri dan juga menghabiskan waktu Anda.

15. Penuhi kebutuhan tidur
Usahakan jangan tidur larut malam, kalau bisa jam 20.30 Anda sudah mulai untuk tidur, sehingga Anda memiliki tidur yang berkualitas dan sehat. Jangan sampai Anda mengalami kurang tidur. Tubuh sangat membutuhkan jam tidur yang cukup untuk fase pembentukan dan pemulihan otot tubuh.

Penelitian para ahli menemukan bawha apabila Anda mengalami kurang tidur selama 3 hari berturut-turut, mengakibatkan sel-sel otot tubuh menjadi resisten terhadap hormon insulin, yang akan memicu  terjadinya penimbunan lemak di bagian perut dan tubuh secara umum.

Selain itu, juga mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi lambat. Untuk memperoleh tidur yang berkualitas tinggi, Anda juga harus mematikan lampu saat tidur, yang membuat tidur Anda sehat dan nyenyak.

16. Hindari hanya fokus pada latihan crunch dan sit-up
Banyak yang mengatakan bahwa sit-up dan crunch adalah cara ‘utama’ agar bisa memiliki perut sixpack dengan segera. Sehingga tidak jarang kita lihat ada orang yang super rajin melakukan sit-up hingga ratusan kali dalam sehari. Melakukan latihan hanya berupa sit-up ternyata sebuah kekeliriun besar, hal itu karena sit-up dan crunch hanya membakar sedikit kalori.

Diamana sit-up dan crunch memiliki manfaat memperkuat otot perut saja. Melakukan sit-up hanya memberikan manfaat sangat kecil bagi orang yang kondisi perutnya masih terdapat banyak lapisan lemak.

Dengan begitu juga, latihan sit-up kurang efekif bagi mereka yang masih memiliki banyak lemak yang menutupi otot perut.

Olahraga kardio sangat baik dilakukan, tetapi fungsinya hanya membakar lemak di alam tubuh
Jika Anda menyangka bahwa Anda harus latihan kardio selama berjam-jam untuk bisa membuat otot pada perut, maka ini sebuah kesalahan. Karena latihan kardio hanya berfungsi untuk membakar kalori, serta kondisi metabolisme tubuh lebih cepat. Hal ini membuat tubuh lebih cepat dalam proses pelepasan lemak.

Ada bentuk latihan yang lebih efektif dibandingkan kardio, dimana latihan kardio juga bukan satu-satunya bentuk latihan yang mampu menghilangkan lemak di perut secara cepat. Anda bisa melakukan bentuk latihan lainnya seperti angkat beban yang sangat efektif membantu Anda bisa memiliki tubuh sixpack dengan cepat.

17. Jangan sampai Anda menghentikan olahraga (tidak rutin)
Memang sangat menggembirakan bisa menggapai cita-cita punya perut sixpack, kerja keras selama ini akhirnya berbuah manis. Tapi, malas latihan menjadi masalah yang sering terjadi pada orang yang baru saja punya perut sixpack. Sebuah kesalahan jika Anda berpikir bahwa sixpack pada perut tidak akan bisa hilang.

Pada faktanya banyak orang yang dulunya punya perut sixpack tetapi sekarang sudah tidak. Ya... dengan begitu perut sixpack dapat kembali seperti keadaan ‘perut semula’ apabila tidak rutin melakukan latihan.

Hal yang Anda harus ingat, bahwa menjaga kondisi perut agar terus sixpack bukanlah pekerjaan ringan. Anda harus tetap menjaga pola makan yaitu agar membatasi asupan makanan yang mengandung lemak, disamping juga Anda harus rutin melakukan latihan.

18. Jangan hanya fokus melatih otot perut
Banyak orang yang menganggap dirinya hanya perlu fokus pada latihan perut untuk memiliki perut sixpack. Sehingga dirinya hanya memakai alat-alat fitness yang memiliki fungsi membentuk otot perut, dan meninggalkan alat fitnes yang ‘dianggapnya’ tidak berguna untuk membuat perut soxpack.

Akan tetapi pada faktanya, cara yang benar ‘satu-satunya’ untuk bisa membentuk perut sixpack adalah HARUS menurunkan persentase lemak di dalam tubuh secara keleluruhan. Dengan begitu, walaupun sudah ‘mati-matian’ untuk latihan otot perut, akan tetapi tanda-tanda kemunculan perut sixpack belum juga terlihat.

Hal ini bisa membuat seseorang putus ada, bahwa otot-otot perut tetap belum terlihat. Kondisi ini tidak akan berubah apabila ternyata masih ada lapisan lemak berlebih di atasnya.

Dengan begitu, walaupun latihan otot perut adalah sesuatu yang penting, tapi ada hal yang lebih penting lagi bahwa Anda harus memberikan perhatian juga pada bagian tubuh yang lain.

Sehingga selain melatih otot perut, Anda juga harus melatih bagian tubuh lainnya. Hal ini harus dilakukan secara proporsional. Jika bagian lemak berlebih di bagian tubuh lainnya berhasil dikikis, maka mengurangi lemak di bagian perut, dan membentuk otot perut menjadi lebih mudah.

19. Jangan hanya fokus pada satu latihan saja
Ada sangat banyak variasi latihan yang efektif dalam membentuk perut agar sixpack, dan bentuk latihan berbeda-beda. Ada sebagian orang yang bentuk latihan tertentu membuatnya mampu dengan cepat membetuk otot perut menjadi sempurna. Namun, bagi sebagian yang lain, bentuk latihan yang berbeda ternyata lebih cocok untuk dalam membentuk otot perut.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda dimotivasi untuk latihan pada satu bentuk gerakan saja. Hal itu karena saat seseorang hanya melakukan satu macam bentuk gerakan saja, maka otot-otot perut justru menjadi ‘kebal’ dengan stimulus dari gerakan yang dilakukan. Tentunya ini tidak baik dalam proses mengembangkan otot-otot tubuh.

Sehingga Anda tetap harus mengganti dari satu bentuk latihan ke bentuk lainnya. Tujuannya untuk menerapkan metode latihan yang cukup efektif, yaitu muscle confusion atau ‘kebingungan otot’.

20. Tetap perhatikan otot perut atas dan bawah
Memang, otot yang membentuk sixpack adalah otot rectus abdominis. Akan tetapi, secara prakeknya Anda tidak bisa untuk mengabaikan otot bagian atas dan bawah. Sehingga tetap melakukan gerakan untuk melatih otot bagian atas dan bawah. Hanya saja, Anda perlu lebih menekankan pada bagian-bagian tertentu, sehingga Anda harus berusaha menemukan bentuk latihan yang cocok dan efektif bagi diri Anda sendiri.

Penutup
Beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Latihlah otot punggung sebanyak otot perut, hal ini supaya Anda tidak mengembangkan postur tubuh yang buruk.

Dalam melakukan diet lemak, Anda jangan sampai melaparkan diri, yang justru bisa mengakibatkan Anda jatuh sakit.

Jangan lupa, sebelum latihan harus melakukan pemanasan dahulu.

Anda juga bisa rutin (bisa 1 kali dalam seminggu) untuk berenang, karena sangat efektif untuk menggerakkan semua bagian tubuh Anda, termasuk perut.

Jangan mengonsumsi minuman beralkohol karena akan memperlambat metabolisme Anda.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman